//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Motivasi dan Inspirasi  (Read 168150 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
2 manusia kecil (super) di jembatan setiabudi
« Reply #360 on: 27 December 2008, 02:39:45 PM »
Dapat email dari teman neh.. Bagus juga dijadikan bahan renungan..


Sekedar berbagi cerita di forum orang orang super dalam keindahan hari  ini :

Siang ini February 6, 2008 , tanpa sengaja ,saya bertemu dua manusia  super.
Mereka mahluk mahluk kecil , kurus ,kumal berbasuh keringat. Tepatnya  diatas jembatan penyeberangan setia budi , dua sosok kecil berumur  kira kira delapan tahun menjajakan tissue dengan wadah kantong plastik
hitam. Saat menyeberang untuk makan siang mereka menawari saya tissue  diujung jembatan , dengan keangkuhan khas penduduk Jakarta saya hanya  mengangkat tangan lebar lebar tanpa tersenyum yang dibalas dengan
sopannya oleh mereka dengan  ucapan "Terima kasih Oom !".
Saya masih tak menyadari kemuliaan mereka dan cuma mulai membuka  sedikit senyum seraya mengangguk kearah mereka.

Kaki - kaki kecil mereka menjelajah lajur lain diatas jembatan ,  menyapa seorang laki laki lain dengan tetap berpolah seorang anak  kecil yang penuh keceriaan, laki laki itupun menolak dengan gaya yang  sama dengan saya, lagi lagi sayup sayup saya mendengar ucapan terima  kasih dari mulut kecil mereka. Kantong hitam tampat stok tissue
dagangan mereka tetap teronggok disudut jembatan tertabrak derai angin  Jakarta . Saya melewatinya dengan lirikan kearah dalam kantong itu ,  duapertiga terisi tissue putih berbalut plastik transparan .

Setengah jam kemudian saya melewati tempat yang sama dan mendapati  mereka tengah mendapatkan pembeli seorang wanita , senyum diwajah  mereka terlihat berkembang seolah memecah mendung yang sedang
manggayut langit Jakarta .
" Terima kasih ya mbak ...semuanya dua ribu lima ratus rupiah!" tukas  mereka, tak lama siwanita merogoh tasnya dan mengeluarkan uang  sejumlah sepuluh ribu rupiah .
" Maaf , nggak ada kembaliannya ..ada uang pas nggak mbak ? " mereka  menyodorkan kembali uang tersebut. Si wanita menggeleng, lalu dengan  sigapnya anak yang bertubuh lebih kecil menghampiri saya yang tengah
mengamati mereka bertiga pada jarak empat meter.
" Oom boleh tukar uang nggak , receh sepuluh ribuan ?" suaranya  mengingatkan kepada anak lelaki saya yang seusia mereka . sedikit  terhenyak saya merogoh saku celana dan hanya menemukan uang sisa  kembalian food court sebesar empat ribu rupiah .  " Nggak punya" , tukas saya  lalu tak lama siwanita berkata " ambil saja kembaliannya , dik !"  sambil berbalik badan dan meneruskan langkahnya kearah  ujung sebelah timur.
Anak ini terkesiap , ia menyambar uang empat ribuan saya dan  menukarnya dengan uang sepuluh ribuan tersebut dan meletakkannya  kegenggaman saya yang  masih tetap berhenti , lalu ia mengejar wanita tersebut untuk
memberikan uang empat ribu rupiah tadi. Si wanita kaget , setengah  berteriak ia bilang  "sudah buat kamu saja , nggak apa..apa ambil saja !",  namun mereka berkeras mengembalikan uang tersebut.
" maaf mbak , cuma ada empat ribu , nanti kalau lewat sini lagi saya  kembalikan !"
Akhirnya uang itu diterima si wanita karena si kecil pergi  meninggalkannya.

Tinggallah episode saya dan mereka , uang sepuluh ribu digenggaman  saya tentu bukan sepenuhnya milik saya . mereka menghampiri saya dan  berujar  " Om, bisa tunggu ya , saya kebawah dulu untuk tukar uang ketukang ojek
!".
" eeh ...nggak usah ..nggak usah ..biar aja ..nih !" saya kasih uan g  itu  ke si kecil, ia menerimanya tapi terus berlari kebawah jembatan  menuruni tangga yang cukup curam menuju ke kumpulan tukang ojek.
Saya hendak meneruskan langkah tapi dihentikan oleh anak yang satunya ,  "Nanti dulu Om , biar ditukar dulu ..sebentar "   
"Nggak apa apa , itu buat kalian " Lanjut saya
" jangan ..jangan Om , itu uang om sama mbak yang tadi juga " anak itu  bersikeras
" Sudah ..saya Ikhlas , mbak tadi juga pasti ikhlas ! " saya berusaha  membargain, namun ia menghalangi saya sejenak dan berlari keujung  jembatan berteriak memanggil temannya untuk segera cepat , secepat  kilat juga ia meraih kantong plastik hitamnya dan berlari kearah saya.
" Ini deh om , kalau kelamaan , maaf .." ia memberi saya delapan pack  tissue
" Buat apa ?" saya terbengong  " Habis teman saya lama sih Om , maaf , tukar pakai tissue aja dulu "
walau dikembalikan ia tetap menolak .

Saya tatap wajahnya , perasaan bersalah muncul pada rona mukanya .
Saya kalah set , ia tetap kukuh menutup rapat tas plastic hitam  tissuenya .
Beberapa saat saya mematung di sana , sampai si kecil telah kembali  dengan genggaman uang receh sepuluh ribu , dan mengambil tissue dari  tangan saya serta memberikan uang empat ribu rupiah.

"Terima kasih Om , !"..mereka kembali keujung jembatan sambil sayup  sayup terdengar percakapan " Duit mbak tadi gimana ..? " suara kecil  yang lain  menyahut  "lu hafal kan orangnya , kali aja ketemu lagi ntar kita kasihin"
percakapan itu sayup sayup menghilang , saya terhenyak dan kembali ke  kantor dengan seribu perasaan.

Tuhan ......Hari ini saya belajar dari dua manusia super , kekuatan  kepribadian mereka menaklukan Jakarta membuat saya trenyuh , mereka  berbalut baju lusuh tapi hati dan kemuliaannya sehalus sutra , mereka  tahu hak mereka dan hak orang lain , mereka berusaha tak meminta minta  dengan berdagang Tissue .
Dua anak kecil yang bahkan belum baligh , memiliki kemuliaan diumur  mereka yang begitu belia.

*YOU ARE ONLY AS HONORABLE AS WHAT YOU DO*
Engkau hanya semulia yang kau kerjakan.
MT

Saya membandingkan keserakahan kita , yang tak pernah ingin sedikitpun  berkurang rizki kita meski dalam rizki itu sebetulnya ada milik orang  lain ..

* "Usia memang tidak menjamin kita menjadi Bijaksana , kitalah yang  memilih untuk menjadi bijaksana atau tidak"*

Semoga pengalaman nyata ini mampu menggugah saya dan teman lainnya  untuk lebih SUPER.

*Aryadi N* SM 0304
QHSE Manager I BHM Corp I 0817 149369 I Oil and Gas
.
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Marilah mengkaji cinta (duniawi)
« Reply #361 on: 27 December 2008, 03:01:28 PM »
Marilah mengkaji cinta (duniawi),
mengapa orang tua / kekasih meninggal kita menangis?
Jawaban yang umum adalah karena kita merasa kehilangan.
Tetapi sesungguhnya dibalik semua itu, ada suatu rasa mengasihani diri
yg bersumber pada diri si "aku", setidaknya adalah karena si "aku"
membutuhkan tempat mengobyekkan cinta.
Cinta butuh obyek; dan orang tua, kekasih kita adalah obyeknya.
Kala obyek itu hilang atau pergi meninggalkan kita, rasanya seperti
kita kehilangan sebagian dari diri kita. Karena keutuhan diri kita
diproyeksikan ke obyek2 itu terkubur dalam kenyataan ditinggalkan.
Karena sadar obyek itu tidak kekal, maka manusia menggunakan akalnya
untuk mencari obyek obyek yang kekal, yang tak pernah mati,
dan itu dinamakan dewa-dewa, tuhan, dsb.
Dengan obyek seperti itu seperti kita serasa mendapatkan cinta dan
memberi cinta kepadanya.
Obyek itu akan membentuk diri kita. Yang kita pegang/melekati selama
kita masih hidup.
Kita merasakan kemananan dan kepastian dalam obyek itu, tapi sekaligus
memberikan kekuatan dalam hidup ini, memberi inspirasi2.
Hal itulah yang menyebabkan orang komunis tetap bersemangat hidup.
Meskipun tiada tuhan, atau dewa2.
Mengapa?
Karena mereka memiliki obyek pujaannya yang tersendiri, yaitu : partai
suatu komune, suatu ideologi, suatu cita-cita.
Obyek2 itu adalah extension dari kita sendiri.
Saya tidak menyalahkan manusia dengan obyek2nya tersebut itu menjadi
suatu pegangan hidup.
Yang menjadi salah adalah karena kita tidak menyadarinya bahwa kita
melakukan hal itu. Sehingga akhirnya tetap saja kita serapuh yang dulu.
Mengapa dengan obyek2 cinta itu (Tuhan, Juruselamat, dsb) kita merasa
teguh, kuat, dikuatkan, terinspirasi, ter'transformasi' ?
Betulkah kita ter'transformasi' ? Saya merasa lebih tepat bila
menyebutnya dengan 'termanipulasi' atau 'termanage'.
Dengan obyek-obyek itu, dengan sarana cinta, kita membebaskan konsep
diri yang rapuh dan serba terbatas ini keluar menuju suatu obyek
angan-angan yang 'bandel'. Pikiran kita sadar bahwa diri ini adalah
kenyataan yang sulit untuk dipungkiri, sedangkan obyek-obyek itu bisa
dilindungi oleh pikiran kita agar bebas dari keruntuhannya, dengan
menggunakan dalih-dalih dan teori-teori. 'Sesuatu yang lebih besar'
itu diresapi sebagai diri ideal kita, setelah kita menyerahkan diri
fana kita kepadanya. Dengan demikian, maka diri baru itu menjadi
seakan infallible. Apalagi dengan semakin banyaknya orang-orang lain
(umat) yang memuja pada suatu angan-angan kedirian yang sama. Ini
adalah pembentukan suatu diri yang komunal. Hal ini menimbulkan kesan
kuat, dikuatkan. Hal ini memberi inspirasi, karena pengalaman proyeksi
diri massal ini merupakan pool dari ribuan potensi inspirasi dari
massa sepanjang sejarah, dimana dengan segala pahit-getirnya
kehidupan, kerumunan massa itu survive dalam perjuangan hidup ini.
Tapi jangan salahkan bila aku mengamuk ketika 'diri artifisial' itu
terancam oleh kata-kata dari para skeptis dan penghujat. Karena hal
itu berarti mengancam meruntuhkan diriku.

sumber: tdk tahu dari mana?? lupa euyyy
Wednesday, October 04, 2006, 3:29:56 AM

Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Cerita Cinta Menyentuh relung Hati Yang Paling Dalam
« Reply #362 on: 27 December 2008, 03:15:13 PM »
Boy adalah seorang cowo yg menjadi buta karena sebuah kecelakaan..
Sejak ia menjadi buta..ia merasa terasing dari lingkungannya..
Ia merasa tidak ada seorang pun yg memperhatikan atau menyayanginya..

Hingga kemudian hadirlah Girl dalam hidupnya..
Girl sangat sayang dan perhatian pada Boy..
Ia tidak pernah mempermasalahkan kebutaan Boy sebagai suatu kekurangan yg berarti..
Ia sungguh-sungguh mencintai Boy dengan tulus...

Suatu hari berkatalah Boy kepada Girl..

B : Girl...mengapa kamu begitu menyayangiku..?

G: hmmm..entahlah..aku tidak pernah tau alasan mengapa aku begitu menyayangimu..yg
aku tahu..aku benar-benar tulus menyayangimu

Boy.. (tersenyum)

B : tapi..aku kan buta..apa yg bisa aku perbuat untukmu..? apa yg bisa aku berikan buatmu..?

G : Boy..aku tidak mengharap apapun darimu..buatku..kamu bisa ceria setiap hari dan menyayangiku

dengan tulus itu sudah cukup.. aku senang ketika kau merasa senang..

B : (terharu) belum pernah ada orang yg begitu menyayangi aku yg buta seperti ini..

G : (menggenggam tangan Boy sambil tersenyum)

B : Girl..kalo sampai suatu saat nanti aku bisa melihat lagi..aku pasti akan menikahimu.. karena
hanya kamu satu-satunya orang yg dengan tulus menyayangiku...

G : benarkah..?

B : iya..aku janji..kalau suatu saat nanti aku bisa melihat, PASTI aku akan menikahimu..

G : (terharu) terima kasih Boy..aku sangat menyayangimu...

B : (tersenyum) ya..aku tahu itu..aku juga sangat menyayangimu Girl..

singkat cerita..
Boy melakukan operasi cangkok mata dan berhasil..ia mampu melihat lagi.. Ia pun tidak sabar untuk

segera menemui Girl..

Pergilah ia mencari Girl.. sampai ia berhasil menemukannya...

Namun... alangkah terkejutnya ia mengetahui bahwa ternyata Girl adalah seorang gadis buta..
Ia tidak bisa menerimanya..Ia pun menolak Girl ..
Ia lupa akan semua janjinya...

G : Boy..bukankah kamu sudah berjanji akan menikah denganku..?

B : ummm....(bimbang) ya memang aku pernah berkata begitu..tapi tidak dengan
keadaanmu yg seperti ini..

G : Bagaimana mungkin kamu mengingkari janjimu sendiri..? bukankah kau bilang
hanya aku satu-satunya orang yg menyayangimu..?

B : eeeerr...maaf Girl..tapi aku tidak bisa menikah dengan gadis buta..maaf..

Boy pun pergi meninggalkan Girl..

Girl yang kecewa dan merasa dikhianati.. memilih untuk bunuh diri..

Saat ia ditemukan meninggal..ada sepucuk surat disakunya..

"Dear Boy...
Memang tidak banyak yg bisa aku berikan padamu..tidak banyak yg bisa aku lakukan
untukmu... Namun..aku sungguh-sungguh tulus menyayangimu...
Semoga kedua mataku itu bisa berguna bagimu..bisa membawakan terang dan
keceriaan dalam hidupmu kembali.."

~Kadang kala kita tidak boleh melihat sesuatu hanya dengan mata..melainkan juga
dengan hati kita.. Mata itu bisa menipu..namun hati tidak..
kata hati selalu merupakan kejujuran terdalam dalam hidup manusia..~
 _/\_
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
JAngan Mengeluh..
« Reply #363 on: 27 December 2008, 03:30:12 PM »
[-X [-X [-X

   JANGAN MENGELUH

Ada cerita menarik mengenai seorang kakek yang mengeluh karena tak dapat membeli
sepatu, padahal sepatunya sudah lama rusak. Suatu sore ia melihat seseorang yang
tak mempunyai kaki, tapi tetap ceria. Saat itu juga si kakek berhenti mengeluh
dan mulai bersyukur.

Hal kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalah kecenderungan
membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang lain lebih
beruntung. Kemanapun kita pergi, selalu ada orang yang lebih pandai, lebih
tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.

Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di
pekarangan sendiri. Ada cerita menarik mengenai dua pasien rumah sakit jiwa.
Pasien pertama sedang duduk termenung sambil menggumam, "Lulu, Lulu."
Seorang pengunjung yang keheranan menanyakan masalah yang dihadapi orang ini. Si
dokter menjawab, "Orang ini jadi gila setelah cintanya ditolak oleh Lulu."
Si pengunjung manggut-manggut, tapi begitu lewat sel lain ia terkejut
melihat penghuninya terus menerus memukulkan kepalanya di tembok dan berteriak, "Lulu, Lulu".
"Orang ini juga punya masalah dengan Lulu?" tanyanya keheranan.
Dokter kemudian menjawab, "Ya, dialah yang akhirnya menikah dengan Lulu."

Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki.
Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.
Cerita terakhir adalah mengenai seorang ibu yang sedang terapung di laut karena
kapalnya karam, namun tetap berbahagia. Ketika ditanya kenapa demikian, ia
menjawab, "Saya mempunyai dua anak laki-laki. Yang pertama sudah meninggal, yang
kedua hidup di tanah seberang. Kalau berhasil selamat,saya sangat bahagia karena
dapat berjumpa dengan anak kedua saya. Tetapi kalaupun mati tenggelam, saya juga
akan berbahagia karena saya akan berjumpadengan anak pertama saya di surga."

 _/\_
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
KIsah Bermakna
« Reply #364 on: 27 December 2008, 03:30:33 PM »
_/\_

Kisah Anne

Kisah berikut ini dikutip dari buku "Gifts >From The Heart for
Women"
karangan Karen Kingsbury.  Buku ini dapat Anda peroleh di toko buku
Gramedia, maupun toko buku  lainnya.
Inti ceritanya kira-kira sbb :

Ada pasangan suami isteri yang sudah hidup beberapa lama tetapi
belum mepunyai keturunan.  Sejak 10 tahun yang lalu, sang istri terlibat aktif dalam kegiatan untuk  menentang ABORSI,karena menurut pandangannya, aborsi berarti membunuh  seorang bayi.

Setelah bertahun-tahun berumah-tangga, akhirnya sang istri hamil, sehingga
pasangan tersebut sangat bahagia. Mereka menyebarkan kabar baik ini
kepada Famili, teman2 dan sahabat2, dan lingkungan sekitarnya. Semua orang ikut bersukacita dengan mereka. Dokter menemukan bayi kembar dalam perutnya, seorang bayi laki2 dan  perempuan.Tetapi setelah beberapa bulan,sesuatu yang buruk terjadi. Tetapi bayi perempuan mengalami kelainan, dan ia mungkin tidak bisa hidup sampai masa kelahiran tiba.  Dan kondisinya juga dapat mempengaruhi kondisi bayi laki2. Jadi dokter menyarankan untuk dilakukan aborsi, demi untuk sang ibu dan  bayi laki2 nya.

Fakta ini membuat keadaan menjadi terbalik. Baik sang suami maupun sang istri mengalami depressi. Pasangan ini bersikeras untuk tidak menggugurkan bayi perempuannya (membunuh bayi tsb), tetapi juga  kuatir terhadap kesehatan bayi laki2nya. "Saya bisa merasakan  keberadaannya, dia sedang tidur nyenyak", kata sang ibu di sela  tangisannya.  Lingkungan sekitarnya memberikan dukungan moral kepada pasangan tersebut,dengan mengatakan bahwa ini adalah kehendak Tuhan.Ketika sang istri semakin mendekatkan diri dengan Tuhan, tiba-tiba dia tersadar bahwa Tuhan pasti memiliki rencanaNya dibalik semua ini.
Hal ini membuatnya lebih tabah. Pasangan ini berusaha keras untuk menerima fakta ini. Mereka mencari informasi di internet, pergi ke perpustakaan, bertemu dengan banyak dokter, untuk mempelajari lebih banyak tentang masalah bayi mereka.
Satu hal yang mereka temukan adalah bahwa mereka tidak sendirian.
Banyak pasangan lainnya yang juga mengalami situasi yang sama, dimana bayi mereka tidak dapat hidup lama. Mereka juga menemukan bahwa  beberapa bayi akan mampu bertahan hidup, bila mereka mampu memperoleh donor organ dari
bayi lainnya. Sebuah peluang yang sangat langka. Siapa yang mau mendonorkan organ bayinya ke orang lain ?  Jauh sebelum bayi mereka lahir, pasangan ini menamakan bayinya, Jeffrey dan  Anne. Mereka terus bersujud kepadaTuhan. Pada mulanya,mereka memohon keajaiban  supaya bayinya sembuh.Kemudian mereka tahu, bahwa mereka seharusnya  memohon agar diberikan kekuatan untuk menghadapi apapun yang terjadi, karena mereka yakin Tuhan punya rencanaNya sendiri.

Keajaiban terjadi, dokter mengatakan bahwa Anne cukup sehat untuk dilahirkan, tetapi ia tidak akan bertahan hidup lebih dari 2 jam. Sang istri kemudian berdiskusi dengan suaminya, bahwa jika sesuatu yang buruk
terjadi pada Anne, mereka akan mendonorkan organnya. Ada dua bayi yang sedang berjuang hidup dan sekarat, yang sedang menunggu donor organ bayi. Sekali lagi, pasangan ini berlinangan air mata. Mereka menangis dalam posisi sebagai orang tua, dimana mereka bahkan tidak mampu menyelamatkan
Anne. Pasangan ini bertekad untuk tabah menghadapi kenyataan yg akan terjadi. Hari kelahiran tiba. Sang istri berhasil melahirkan kedua bayinya dengan selamat.  Pada momen yang sangat berharga tersebut, sang suami menggendong Anne dengan sangat hati-hati, Anne menatap ayahnya, dan tersenyum dengan manis.  Senyuman Anne yang imut tak akan pernah terlupakan dalam hidupnya.Tidak ada kata2 di dunia ini yang mampu menggambarkan perasaan pasangan tersebut  pada saat itu. Mereka sangat bangga bahwa mereka sudah melakukan pilihan yang tepat (dengan tidak mengaborsi Anne),mereka sangat bahagia melihat Anne yang begitu mungil tersenyum pada mereka, mereka sangat sedih karena kebahagiaan ini akan berakhir dalam beberapa jam  saja.

Sungguh tidak ada kata2 yang dapat mewakili perasaan pasangan tersebut.
Mungkin hanya dengan air mata yang terus jatuh mengalir, air mata yang berasal dari jiwa mereka yang terluka..Baik sang kakek, nenek, maupun kerabat famili memiliki kesempatan
untuk melihat Anne. Keajaiban terjadi lagi, Anne tetap bertahan hidup setelah lewat 2 jam.  Memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi keluarga tersebut untuk saling  berbagi kebahagiaan. Tetapi Anne tidak mampu bertahan setelah enam jam.....Para dokter bekerja cepat untuk melakukan prosedur pendonoran
organ. Setelah beberapa minggu, dokter menghubungi pasangan tsb bahwa donor tsb
berhasil. Dua bayi berhasil diselamatkan dari kematian. Pasangan tersebut sekarang sadar akan kehendak Tuhan. Walaupun Anne hanya  hidup selama 6 jam, tetapi dia berhasil menyelamatkan dua nyawa.  Bagi pasangan tersebut, Anne adalah pahlawan mereka, dan sang Anne yang  mungil akan hidup dalam hati
mereka
selamanya...

 =============
 Ada 3 point penting yang dapat kita renungkan dari kisah ini :

 1. SESUNGGUHYA, tidaklah penting berapa lama kita hidup, satu hari
    ataupun
    bahkan seratus tahun.  Hal yang benar2 penting adalah apa yang
    kita telah
   kita lakukan selama hidup kita, yang bermanfaat bagi orang lain.
 
  2. SESUNGGUHNYA, tidaklah penting berapa lama perusahaan kita telah
    berdiri, satu tahun ataupun bahkan dua ratus tahun. Hal yang benar2 penting adalah
 apa yang dilakukan perusahaan kita selama ini, yang bermanfaat bagi orang lain.

 3. Ibu Anne mengatakan "Hal terpenting bagi orang tua bukanlah
    mengenai bagaimana karier anaknya di masa mendatang, dimana mereka tinggal,maupun berapa banyak uang yang mampu mereka hasilkan.  Tetapi hal terpenting bagi kita sebagai orang tua adalah untuk memastikan  bahwa anak2 kita melakukan hal2 terpuji selama hidupnya, sehingga ketika kematian menjemput mereka, mereka akan menuju surga".

 Mohon KEMURAHAN HATI Anda untuk menyebarkan kisah ini kepada sanak keluarga Anda, famili, teman2, rekan2 kerja, rekan2 bisnis, atasan, bawahan, sebuah kelompok organisasi ataupun perusahaan , PELANGGAN, serta siapa saja yang Anda temui.

Berhentilah Untuk Selalu Memikirkan Kepentingan Diri Sendiri, Jadikanlah Kehadiran Anda Di Dunia Ini Sebagai RAHMAT Bagi Orang Banyak dan Bagi Orang2 Yang Anda Cintai (Ayah, Ibu, Saudara/i,Suami/Istri, Anak2 Anda, dst)

 _/\_ Diambil dari milist SP.. :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Andai Dia Bisa Hidup Sehari Lagi
« Reply #365 on: 27 December 2008, 03:33:10 PM »
Cerita ini adalah kisah nyata yang gw dengar langsung dari teman gw yang mengalaminya. ...gw ga bisa nahan...gw sampe nangis  denger kisahnya...mari kita mulai ceritanya... .

Peter dan Tina sedang duduk bersama di taman kampus tanpa melakukan apapun, hanya memandang langit sementara sahabat-sahabat mereka sedang asik bercanda ria dengan kekasih mereka masing-masing.

Tina: "Duh bosen banget. Aku harap aku juga punya pacar yang bisa berbagi waktu denganku."
Peter: "kayaknya cuma tinggal kita berdua deh yang jomblo. cuma kita berdua saja yang tidak punya pasangan sekarang." (keduanya mengeluh dan berdiam beberapa saat)
Tina: "Kayaknya aku ada ide bagus deh. kita adakan permainan yuk?"
Peter: "Eh? permainan apaan?"
Tina: " Eng. .. gampang sih permainannya. Kamu jadi pacarku dan aku jadi pacarmu tapi hanya untuk 100 hari saja. gimana menurutmu?"
Peter: "baiklah... lagian aku juga ga ada rencana apa-apa untuk beberapa bulan ke depan."

Tina: "Kok kayaknya kamu gak terlalu niat ya... semangat dong! hari ini akan jadi hari pertama kita kencan. Mau jalan-jalan kemana nih?"
Peter: "Gimana kalo kita nonton saja? Kalo gak salah film The Troy lagi maen deh. katanya film itu bagus"
Tina: "OK dech.... Yuk kita pergi sekarang. tar pulang nonton kita ke karaoke ya... ajak aja adik kamu sama pacarnya biar seru."
Peter : "Boleh juga..."
(mereka pun pergi nonton, berkaraoke dan Peter mengantarkan Tina pulang malam harinya)

Hari ke 2:

Peter dan Tina menghabiskan waktu untuk ngobrol dan bercanda di kafe,
suasana kafe yang remang-remang dan alunan musik yang syahdu membawa hati mereka pada situasi yang romantis. Sebelum pulang
Peter membeli sebuah kalung perak berliontin bintang untuk Tina.

Hari ke 3:

Mereka pergi ke pusat perbelanjaan untuk mencari kado untuk seorang sahabat Peter. Setelah lelah berkeliling pusat perbelanjaan, mereka memutuskan membeli sebuah miniatur mobil mini. Setelah itu mereka beristirahat duduk di foodcourt, makan satu potong kue dan satu gelas jus berdua dan mulai berpegangan tangan untuk pertama kalinya.

Hari ke 7:

Bermain bowling dengan teman-teman Peter. Tangan tina terasa sakit karena tidak pernah bermain bowling sebelumnya. Peter memijit-mijit tangan Tina dengan lembut.

Hari ke 25:

Peter mengajak Tina makan malam di Ancol Bay . Bulan sudah menampakan diri, langit yang cerah menghamparkan ribuan bintang dalam pelukannya.
Mereka duduk menunggu makanan, sambil menikmati suara desir angin berpadu dengan suara gelombang bergulung di pantai. Sekali lagi Tina memandang langit, dan melihat bintang jatuh.

Dia mengucapkan suatu permintaan dalam hatinya.

Hari ke 41:

Peter berulang tahun. Tina membuatkan kue ulang tahun untuk Peter.
Bukan kue buatannya yang pertama, tapi kasih sayang yang mulai timbul dalam hatinya membuat kue buatannya itu menjadi yang terbaik. Peter terharu menerima kue itu, dan dia mengucapkan suatu harapan saat meniup lilin ulang tahunnya.

Hari ke 67:

Menghabiskan waktu di Dufan. Naik halilintar, makan es krim bersama,dan mengunjungi stand permainan. Peter menghadiahkan sebuah boneka teddy bear untuk Tina, dan Tina membelikan sebuah pulpen untuk Peter.

Hari ke 72:

Pergi Ke PRJ. Melihat meriahnya pameran lampion dari negeri China .
Tina penasaran untuk mengunjungi salah satu tenda peramal.
Sang peramal hanya mengatakan "Hargai waktumu bersamanya mulai sekarang"......kemudian peramal itu meneteskan air mata.

Hari ke 84:

Peter mengusulkan agar mereka refreshing ke pantai.
Pantai Anyer sangat sepi karena bukan waktunya liburan bagi orang lain.
Mereka melepaskan sandal dan berjalan sepanjang pantai sambil berpegangan tangan, merasakan lembutnya pasir dan dinginnya air
laut menghempas kaki mereka. Matahari terbenam, dan mereka berpelukan
seakan tidak ingin berpisah lagi.

Hari ke 99:

Peter memutuskan agar mereka menjalani hari ini dengan santai dan sederhana. Mereka berkeliling kota dan akhirnya duduk di sebuah taman kota .

Tina: "Aku haus. Istirahat dulu yuk sebentar. "
Peter: "Tunggu disini, aku beli minuman dulu. Aku mau teh botol saja. Kamu mau minum apa?"
Tina: "Aku saja yang beli. kamu kan capek sudah menyetir keliling kota hari ini. Sebentar ya" Peter mengangguk. kakinya memang pegal sekali karena dimana-mana Jakarta selalu macet.

15:30 pm

Peter sudah menunggu selama 10 menit dan Tina belum kembali juga.
Tiba-tiba seseorang yang tak dikenal berlari menghampirinya dengan wajah panik.

Peter : " Ada apa pak?"
Orang asing: " Ada seorang perempuan ditabrak mobil. Kayaknya perempuan itu adalah temanmu" Peter segera berlari bersama
dengan orang asing itu. Disana, di atas aspal yang panas terjemur terik
matahari siang,tergeletak tubuh Tina bersimbah darah, masih memegang botol minumannya.

Peter segera melarikan mobilnya membawa Tina ke rumah sakit terdekat.
Peter duduk diluar ruang gawat darurat selama 8 jam 10 menit.
Seorang dokter keluar dengan wajah penuh penyesalan.

23:53 pm

Dokter: "Maaf, tapi kami sudah mencoba melakukan yang terbaik. Dia masih bernafas sekarang tapi Yang kuasa akan segera menjemput.
Kami menemukan surat ini dalam kantung bajunya."

Dokter memberikan surat yang terkena percikan darah kepada Peter dan dia segera masuk ke dalam kamar rawat untuk melihat Tina. Wajahnya pucat tetapi terlihat damai. Peter duduk disamping pembaringan tina dan
menggenggam tangan Tina dengan erat. Untuk pertama kali dalam hidupnya Peter merasakan torehan luka yang sangat dalam di hatinya.

Butiran air mata mengalir dari kedua belah matanya. Kemudian dia mulai membaca surat yang telah ditulis Tina untuknya.

Dear Peter...sayang

ke 100 hari kita sudah hampir berakhir. Aku menikmati hari-hari yang kulalui bersamamu. Walaupun kadang-kadang kamu jutek dan tidak
bisa ditebak, tapi semua hal ini telah membawa kebahagiaan dalam hidupku. Aku sudah menyadari bahwa kau adalah pria yang berharga dalam hidupku.

Aku menyesal tidak pernah berusaha untuk mengenalmu lebih dalam lagi sebelumnya. Sekarang aku tidak meminta apa-apa, hanya berharap kita bisa memperpanjang hari-hari kebersamaan kita. Sama seperti yang
kuucapkan pada bintang jatuh malam itu di pantai, Aku ingin kau menjadi cinta sejati dalam hidupku. Aku ingin menjadi kekasihmu selamanya dan berharap kau juga bisa berada disisiku seumur hidupku. Peter, aku sangat
sayang padamu.

23:58

Peter: "Tina, apakah kau tahu harapan apa yang kuucapkan dalam hati saat meniup lilin ulang tahunku? Aku pun berdoa agar Tuhan mengijinkan kita bersama-sama selamanya.

Tina, kau tidak bisa meninggalkanku! hari yang kita lalui baru berjumlah 99 hari! Kamu harus bangun dan kita akan melewati puluhan ribu hari bersama-sama! Aku juga sayang padamu, Tina. Jangan tinggalkan aku, jangan biarkan aku kesepian!

Tina, Aku sayang kamu...!"

Jam dinding berdentang 12 kali.... jantung Tina berhenti berdetak.
Hari itu adalah hari ke 100...

PS:

Katakan perasaanmu pada orang yang kau sayangi sebelum terlambat.
Kau tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok.
Kau tidak akan pernah tahu siapa yang akan meninggalkanmu dan tidak akan pernah kembali lagi.

True love doesn't have a happy ending,

because true love never ends....

Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
10 Alasan Untuk Tersenyum
« Reply #366 on: 27 December 2008, 03:41:16 PM »
Senyum, menurut seorang ahli adalah cara terbaik untuk membantu tubuh berfungsi lebih baik. Senyuman meningkatkan kesehatan, menurunkan level stress, dan membuat Anda lebih atraktif.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat senyuman:


1. Senyum membuat Anda lebih menarik. Orang yg byk tersenyum memiliki daya tarik. Orang yg suka tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang. Orang yg selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yg byk tersenyum memiliki byk teman.


2. Senyum mengubah perasaan. Jika Anda sedang sedih, cobalah tersenyum. Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.


3. Senyum menular. Ketika seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia.


4. Senyum menghilangkan stres. Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika Anda stres, ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.


5. Senyum meningkatkan imunitas. Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.


6. Senyum menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat Anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat Anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.


7. Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.


8. Senyum membuat awet muda. Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga Anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan byk tersenyum, Anda akan terlihat lebih awet muda.


9. Senyum membuat Anda terlihat sukses. Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri, terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.


10. Senyum membuat orang berpikir positif. Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika Anda tersenyum, tubuh mengirim sinyal "hidup adalah baik". Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah.

_/\_ :) :) :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #367 on: 27 December 2008, 05:54:27 PM »
Quote from: Felix Thioris
Jumat, 2 Mei 2008 | 15:57 WIB

    Pernikahan tanpa masalah memang mustahil, tapi bukan berarti masalah boleh menghampiri Anda dan pasangan setiap saat. Kalau ini yang terjadi, berhati-hatilah. Coba teliti kembali penyebab persoalan rumah tangga Anda.

Barangkali Anda melakukan satu atau beberapa kesalahan dalam pernikahan, seperti yang dijabarkan berikut ini.

1. TIDAK MENGHARGAI
    Meski pasangan Anda punya kekurangan, jangan membeberkannya kepada sahabat atau rekan kerja. Bagaimanapun, pasangan ingin dan harus dihargai.

2. TIDAK MENDENGARKAN
    Anda pura-pura tidak mendengar saat ia berbicara, Anda malah makin asyik menatap layar teve atau komputer di depan Anda, bahkan pergi meninggalkannya. Kalaupun mendengarkan, Anda langsung memotong pembicaraannya dan ngotot pada pendirian Anda.

3. KEHIDUPAN SEKSUAL "SURAM"
    Setiap kali diajak berhubungan intim, Anda menolak dengan segudang alasan, membuat pasangan bingung dengan sikap Anda ini. Hati-hati, kehidupan seksual yang nyaris mati bisa mengancam perkawinan. Apalagi, bila usia pernikahan masih tergolong muda. Segera konsultasikan masalah ini kepada dokter, psikolog, atau psikiater.

4. SELALU MERASA BENAR
    Dilihat dari sudut pandang mana pun, Anda merasa pasangan selalu salah, dan Andalah yang tahu bagaimana yang seharusnya. Tak mau mengakui kesalahan juga termasuk dalam kategori ini. Kalaupun akhirnya mengakui, Anda siap dengan sederet alasan yang ujung-ujungnya tetap menyalahkannya. Sebaiknya, jawab pertanyaannya yang sederhana dengan jawaban yang logis dan simpel, bukan melebar ke masalah lain.

5. JANJI PALSU
    Anda sudah berjanji akan memperbaiki sikap, tapi tetap saja kesalahan yang sama diulang lagi, bahkan berkali-kali. Samakan ucapan dengan perbuatan. Kalau memang tak mau melakukannya, jangan memberi janji palsu.

6. TIDAK PEKA
    Ketika dia mengatakan bahwa ucapan Anda sudah membuat hatinya terluka atau tidak seharusnya diungkapkan, sebaiknya hentikan kata-kata Anda. Hargai perasaannya, bukan malah mengatakan bahwa ia punya selera humor yang jelek atau terlalu sensitif.

7. TIDAK JUJUR
    Hindari kebiasaan berbohong dan menyimpan rahasia pada pasangan. Sekali berbohong, tak jarang, Anda harus melakukannya lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya Sehingga, lama-kelamaan Anda makin lihai. Hati-hati, ini bisa merusak rasa saling percaya.

8. KEBIASAAN BURUK   
    Meski tahu punya kebiasaan buruk, tetap saja Anda melakukannya. Padahal, pasangan sudah gerah pada sikap Anda. Misalnya, Anda selalu membuatnya menunggu berjam-jam setiap kali membuat janji bertemu, dandan terlalu lama, atau malas membereskan rumah yang berantakan.

9. EGOIS
    Anda boleh membeli tas dan sepatu mahal kapan pun Anda mau, tapi melotot dan mengomel ketika pasangan membeli tas untuk menggantikan miliknya yang sudah kusam. Anda juga tak suka bila ada keluarga dan teman yang berkunjung ke rumah karena malas harus menjamu mereka. Bila pasangan mengajak nonton film ke bioskop, Anda sering menolak, tapi selalu memaksanya menemani Anda berbelanja.

10. TEMPERAMENTAL
    Belum selesai pasangan menjelaskan alasan, Anda sudah mencak-mencak tak keruan dan menuduhnya macam-macam. Buntutnya, sering kali Anda yang malu sendiri karena ternyata situasinya tidak seperti yang Anda kira. Sebaiknya, biasakan meredam emosi sehingga persoalan bisa didiskusikan dengan pikiran jernih dan suasana tenang.

LIL

Kompas.
Smile Forever :)

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #368 on: 29 December 2008, 04:32:35 PM »
PERBEDAAN PERSEPSI

Ada seorang ayah yang menjelang ajalnya di hadapan sang Istri berpesan DUA hal
kepada 2 anak laki-lakinya :
   
 
- Pertama : Jangan pernah menagih hutang kepada orang yg berhutang kepadamu.
- Kedua    : Jika pergi ke toko jangan sampai mukanya terkena sinar matahari


Waktu berjalan terus.
Dan kenyataan terjadi, bahwa beberapa tahun setelah
ayahnya meninggal anak yang sulung bertambah kaya sedang yang bungsu menjadi
semakin miskin.

Pada suatu hari sang Ibu menanyakan hal itu kepada mereka.

Jawab anak yang bungsu :
 
"Ini karena saya mengikuti pesan ayah. Ayah berpesan bahwa saya tidak
boleh menagih hutang kepada orang yang berhutang kepadaku, akibatnya modalku
susut karena orang yang berhutang kepadaku tidak membayar sementara aku tidak
boleh menagih".
"Juga Ayah berpesan supaya kalau saya pergi atau pulang dari rumah ke toko
dan sebaliknya tidak boleh terkena sinar matahari. Akibatnya saya harus naik
becak atau andong, padahal sebetulnya saya bisa berjalan kaki saja, tetapi
karena pesan ayah itu, akibatnya pengeluaranku bertambah banyak".

Kepada anak yang sulung yang bertambah kaya, sang Ibu pun bertanya hal yang
sama.
Jawab anak sulung :
 
"Ini semua
 adalah karena saya mentaati pesan ayah. Karena Ayah berpesan
supaya saya tidak menagih kepada orang yang berhutang kepada saya, maka saya
tidak pernah menghutangkan sehingga dengan demikian modal
tidak susut".

"Juga Ayah berpesan agar supaya jika saya berangkat ke toko atau pulang
dari toko tidak boleh terkena sinar matahari, maka saya berangkat ke toko
sebelum matahari terbit dan pulang sesudah matahari terbenam.
Karenanya toko saya buka sebelum toko lain buka, dan tutup jauh sesudah toko
yang lain tutup."

"Sehingga karena kebiasaan itu, orang menjadi tahu dan tokoku menjadi
laris, karena mempunyai jam kerja lebih lama".

MORAL CERITA :
Kisah diatas menunjukkan bagaimana sebuah kalimat di tanggapi dengan presepsi
yang berbeda. Jika kita melihat dengan positive attitude maka segala kesulitan
sebenarnya adalah sebuah perjalanan membuat kita sukses tetapi kita bisa juga
terhanyut dengan adanya kesulitan karena rutinitas kita... pilihan ada di tangan
anda.

'Berusahalah melakukan hal biasa dengan cara yang luar biasa'

copas from email, kalo repost, pls delete.. thanks  _/\_
 
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #369 on: 29 December 2008, 04:34:37 PM »
SAAT-SAAT
 
Saat bertemu dengan orang yang benar-benar engkau kasihi,
Haruslah berusaha memperoleh kesempatan untuk bersamanya seumur hidupmu.
Karena ketika dia telah pergi, segalanya telah terlambat.
 
Saat bertemu teman yang dapat dipercaya, rukunlah bersamanya.
Karena seumur hidup manusia, teman sejati tak mudah ditemukan.
 
Saat bertemu penolongmu,
Ingat untuk bersyukur padanya.
Karena ialah yang mengubah hidupmu
 
Saat bertemu orang yang pernah kau cintai,
Ingatlah dengan tersenyum untuk berterima-kasih .
Karena ia lah orang yang membuatmu lebih
 mengerti tentang kasih.
 
Saat bertemu orang yang pernah kau benci,
Sapalah dengan tersenyum.
Karena ia membuatmu semakin teguh / kuat.
 
Saat bertemu orang yang pernah mengkhianatimu,
Baik-baiklah, berbincanglah dengannya.
Karena jika bukan karena dia, hari ini engkau tak memahami dunia ini.
 
Saat bertemu orang yang pernah diam-diam kau cintai,
Berkatilah dia.
Karena saat kau mencintainya, bukankah berharap ia bahagia ?
 
Saat bertemu orang yang tergesa-gesa meninggalkanmu,
Berterima-kasihlah bahwa ia pernah ada dalam hidupmu.
Karena ia adalah bagian dari nostalgiamu
 
Saat bertemu orang yang pernah salah-paham padamu,
Gunakan saat tersebut untuk menjelaskannaya.
Karena engkau mungkin hanya punya satu kesempatan itu saja untuk menjelaskan.
 
Saat bertemu orang yang saat ini menemanimu seumur hidup,
Berterima-kasihlah sepenuhnya
 bahwa ia mencintaimu.
Karena saat ini kalian mendapatkan kebahagiaan dan cinta sejati.

copas from mail, kalo repost, pls delete , thanks
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline 53121f4n71

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.111
  • Reputasi: 95
  • Gender: Female
  • semoga semua makhluk berbahagia
Kebahagiaan
« Reply #370 on: 02 January 2009, 09:39:28 PM »
KEBAHAGIAAN

Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai
selera tinggi,percaya diri, dan bangga akan dirinya sendiri,
yang selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam 8 pagi,

dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun dia buta,
masuk ke panti jompo hari ini.

Istrinya yang berumur 70 tahun baru-baru ini meninggal,

sehingga dia harus masuk ke panti jompo.
Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi,

Dia tersenyum manis ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap.

Ketika dia berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator,
aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil,
termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.
Saya menyukainya, katanya dengan antusias seperti seorang

anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.
Pak, Anda belum melihat kamarnya,   tahan dulu perkataan tersebut.
Hal itu tidak ada hubungannya, dia menjawab.
Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal.

Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak,

tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur

tapi bagaimana aku mengatur pikiranku.
Aku sudah memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat

setiap pagi ketika aku bangun tidur.
Aku punya sebuah pilihan; aku bisa menghabiskan waktu

di tempat tidur menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi

padaku karena ada bagian tubuhnya yang tidak bisa berfungsi lagi,
atau turun dari tempat tidur dan berterima kasih
atas bagian-bagian yang masih berfungsi.
Setiap hari adalah hadiah, dan selama mataku terbuka,

aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan

semua kenangan indah dan bahagia yang pernahku alami dan kusimpan.
Hanya untuk kali ini dalam hidupku.

Umur yang sudah tua adalah seperti simpanan dibank.
Kita akan mengambil dari yang telah kita simpan.

Jadi, nasehatku padamu adalah untuk menyimpan sebanyak-banyaknya

kebahagiaan di bank kenangan kita.

Terima kasih padamu yang telah mengisi bank kenanganku.

Aku sedang menyimpannya.   



NB : copas dr email...
this too will pass

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #371 on: 07 January 2009, 09:31:12 AM »
Ketika Uang Menjadi Panglima


“Uang hanyalah sebuah alat. Ia dapat membawa Anda kemanapun tempat yang di inginkan, tetapi ia tak akan dapat menggantikan Anda sebagai pengemudinya.”
-- Ayn Rand, penulis asal Amerika kelahiran Rusia, 1905-1982

BEBERAPA waktu yang lalu seorang penegak hukum diberitakan tertangkap basah menerima uang suap dalam jumlah miliaran rupiah terkait kasus yang diselidikinya. Reputasinya yang selama ini dikenal baik, hancur lebur dalam sesaat. Perjalanan karirnya pun akhirnya terhenti cukup sampai disini. Anggota Dewan kita yang terhormat pun tak luput dari berita yang tak sedap. Walau penghasilan resminya di atas rata-rata dibandingkan penghasilan kebanyakan rakyat, plus ditambah tunjangan sana-sini, tetapi toh tetap saja kita mendengar ada Anggota Dewan tertangkap basah sedang menerima suap. Banyak kasus serupa yang terjadi. Mulai dari penegak hukum, Anggota Dewan, hingga pejabat Pemerintah level bawah, terlibat kasus suap.

Kesemua kasus tersebut bermuara pada satu hal, yakni uang. Pada satu titik tertentu, uang mungkin menjadi sumber masalah, tetapi di titik lain, uang dapat pula menjadi sumber kebahagiaan. Kahlil Gibran, seorang penyair kelahiran Lebanon, pernah mengingatkan, “Uang seperti cinta, yang dapat membunuh dan melukai orang yang hanya bisa menggenggamnya saja, tapi juga dapat menjadi penambah semarak kehidupan bagi yang dapat memberikannya kepada orang lain.”

Sebagian orang mempersepsikan, bahwa dengan memiliki banyak uang akan membuat hidup menjadi lebih baik dan bahagia. Pada tingkat tertentu, bisa jadi uang mungkin dapat memberikan kebahagiaan. Seseorang tidak harus memiliki banyak uang untuk menjadi bahagia. Sebaliknya, jika tidak memiliki uang yang cukup, tidak berarti orang tidak bisa bahagia.

Pada hakekatnya, kebahagiaan lebih ditentukan oleh pikiran dan hati yang ada dalam diri seseorang. Jika sedari awal Anda berpikir dan merasa tidak bahagia, maka tidak bahagialah Anda. Barangkali malang bagi mereka yang berpikir seperti ini. Pepatah yang mengatakan bahwa uang tak dapat membeli kebahagiaan mungkin ada benarnya. Meskipun harus diakui uang dapat mempercepat proses mencapai kebahagiaan tersebut jika diperoleh dan digunakan secara bijaksana.

Tak selamanya orang melakukan sesuatu demi uang. Seorang public figure di negeri ini rela melepaskan jabatan komisaris di berbagai perusahaan, hanya untuk menjadi seorang pejabat publik. Padahal insentif yang didapatkan ketika ia menjadi pejabat publik jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya ketika ia masih menjabat komisaris di berbagai perusahaan tersebut. Tetapi mengapa ia mau melakukan hal itu? Ternyata ada hal yang lebih bermakna daripada sekedar uang. Ada tingkat kepuasan tertentu yang dirasakan ketika ia menjabat sebagai pejabat publik. Pekerjaan-pekerjaan yang digeluti merupakan sesuatu hal yang jauh lebih bermakna. Nilainya dirasakan jauh lebih berharga daripada hanya sekedar uang.

Memiliki uang memang jauh lebih baik daripada tidak memilikinya. Kepemilikan atas uang mungkin diperlukan, misalnya untuk menjalani hidup ini atau untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Dengan uang, Anda dapat melakukan banyak hal. Namun mungkin perlu disadari, bahwa uang sesungguhnya hanyalah suatu cara, suatu alat bantu untuk mencapai tujuan, bukan tujuan itu sendiri atau penggantinya.

Ketika orang-orang mulai meletakkan uang sebagai sesuatu keharusan dan akhir dari apa yang dicari, barangkali disitulah awal mula kekeliruan yang terus berlanjut pada kekeliruan berikutnya yang lebih fatal. Karena akhirnya uang menjadi panglima atas dirinya, bukan sebaliknya. Uang seharusnya diletakkan dalam fungsi sebagai instrumen belaka, dan selayaknya harus berada di bawah kendali kita.

Berbicara tentang uang tidak akan pernah habis, karena begitu besar pengaruhnya dalam seluruh aspek kehidupan kita. Tetapi seperti juga benda-benda kebutuhan hidup lainnya, sesungguhnya masih banyak di dunia ini yang jauh lebih penting daripada sekedar uang. Tujuan hidup kita di dunia ini misalnya, seringkali terlupakan, termasuk upaya-upaya pencapaiannya, karena terlampau mengacu pada uang dan materi yang menjadi tolok ukurnya. Akibatnya, kita lalai dalam mengukur hal-hal yang seharusnya tidak dapat diukur dengan uang, kebahagiaan misalnya.

Barangkali kita harus memulai sebuah perencanaan hidup yang lebih baik, yang menempatkan uang bukan sebagai satuan ukuran semata. Melainkan sebagai bagian untuk mewujudkan rencana hidup kita dalam mencapai tujuan hidup yang lebih mulia di dunia ini, sesuai dengan cara dan kecepatan kita dan yang kita inginkan.

Sumber: Ketika Uang Menjadi Panglima oleh Sonny Wibisono, penulis, tinggal di Jakarta

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #372 on: 08 January 2009, 09:59:47 AM »
Di Balik Kesuksesan dan Kebahagiaan Hidup Pria dan Wanita

Ada cinta, perhatian dan penghargaan dibalik kesuksesan dan
kebahagiaan pria dan wanita. Tak heran jika sampai ada pepatah
mengatakan bahwa di belakang seorang pria hebat pasti ada seorang
wanita yang hebat. Begitupun sebaliknya, karena wanita dan pria
diciptakan untuk saling melengkapi.

Contohnya dalam kehidupan Barrack Husein Obama, presiden AS terpilih
ke-44. Tak hanya satu tetapi 3 wanita yang berperan besar terhadap
kehidupan pria yang sedang hangat dibicarakan dunia akhir-akhir
karena begitu diharapkan mampu menyelesaikan masalah-masalah
peperangan, inflasi, krisis keuangan global dan menorehkan sejarah
baru di AS maupun dunia. Ibu, nenek dan istrinya sangat berpengaruh
terhadap sikap, pola pikir, hingga proses ia terpilih menjadi
presiden pada tanggal 5 Oktober 2008 lalu.

Barrack Husein Obama adalah putra Ann Dunham, seorang wanita asal
Wichita Kansas. Ibunya dikenal pandai bergaul dan mengedepankan
pendidikan putra-putrinya. Oleh sebab itu, pada tahun 1972 ia
membawa Obama kembali ke Honolulu-Hawaii untuk belajar dan diasuh
neneknya. Obama dianggap mewarisi kepintaran ibunya dalam bergaul
dan berbahasa.

Madelyn Dunham adalah wanita yang banyak mempengaruhi pola pikir dan
sikap Obama. Wanita tersebut sangat realitis, disiplin, dan hanya
berbicara seperlunya. Sikap dan pola pikir Obama pun terbentuk tak
jauh berbeda dengan perilaku neneknya itu.

Sedangkan Michelle Robinson adalah wanita yang dinikahi Obama pada
tanggal 3 Oktober 1992. Wanita yang mendapat Juris Doctor (J.D)
degree dari Sekolah Hukum Harvard dan B.A cum laude di Princenton
University tahun 1985 itu sangat besar perhatiannya terhadap
keluarga terutama terhadap pendidikan kedua putrinya dan karir
Obama. Ia adalah motivator yang handal bagi Obama terlebih selama
masa kampanye pemilihan presiden AS.

Sejak bulan Mei 2007, wanita kelahiran Chicago 17 Januari 1964 itu
makin intensif mendampingi suaminya berkampanye. Bahkan pada bulan
Februari, dalam 8 hari Michelle menghadiri 33 acara dan 2 kali
tampil dalam acara Oprah Winfrey Show. Michelle dianggap sebagai
figur publik yang kharismatik sejak awal kampanye. Setiap pidatonya,
terutama pada malam konvensi tanggal 25 Agustus 2008, telah berhasil
memikat hati publik. Obama sangat beruntung memiliki istri, ibu dan
nenek yang sangat membantu meraih keberhasilannya.

Begitulah wanita memiliki kekuatan sekaligus kelembutan sehingga
mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tuhan
menjadikan wanita mahkluk verbal, yang dapat menyebabkan orang lain
merasa nyaman dan bahagia, tetapi juga dapat menyebabkan frustasi
dan stres. Begitupun seorang pria, ia juga berperan besar memberikan
efek positif ataupun negatif.

Masing-masing individu, pria atau wanita sama-sama berperan penting
sebagai agen perubahan positif, dengan syarat harus ada nilai-nilai
penghargaan, perhatian dan cinta yang terpelihara diantara keduanya.
Wanita memerlukan cinta, perhatian dan penghargaan seperti
membutuhkan udara untuk bernafas, begitupun laki-laki. Oleh sebab
itu perlakukan pasangan dengan cinta, perhatian dan penghargaan yang
ia butuhkan, sebab setiap orang diciptakan sama-sama memiliki
kekuatan sekaligus harga diri.

Penghargaan meliputi perhatian terhadap apa yang mereka lakukan,
membiarkan masing-masing menjadi diri mereka sendiri dan berbeda
dari diri Anda. Laki-laki dan perempuan sama-sama ingin dimengerti
dan dihargai atas apa yang telah mereka usahakan. Untuk itu
berusahalah saling mengikuti harapan atau kebijaksanaan masing-
masing. Bertumbuhlah bersama, termasuk dalam hal intelektual.

Sementara itu, laki-laki dan perempuan mempunyai bahasa yang berbeda
dalam mengungkapkan cinta, perhatian dan penghargaan. Dalam banyak
hal wanita dan pria juga mempunyai cara yang berbeda dalam
mengekspresikan cinta, perhatian dan penghargaan. Oleh sebab itu
buatlah jurnal atau catatan yang dapat mengingatkan Anda untuk
menghargai cinta dan perhatian pasangan.

Tentu saja tanpa memberi cinta, perhatian dan penghargaan terhadap
orang lain maka Anda akan kesulitan mendapatkan hal serupa. "Jika
ingin mengambil, Anda harus memberi lebih dulu. Inilah awal mula
kecerdasan," kata Lao Tzu (600-531 SM), seorang filsuf Cina, penemu
ajaran Taoisme. Oleh sebab itu jangan segan mengekspresikan cinta,
perhatian, dan penghargaan yang tulus terhadap pasangan. Karena Anda
juga akan mendapatkan cinta dan penghargaan, yaitu modal maya paling
berharga dibalik keberhasilan dan kebahagiaan hidup Anda.

Sumber: Di Balik Kesuksesan dan Kebahagiaan Hidup Pria dan Wanita
oleh Andrew Ho, seorang pengusaha, motivator, dan penulis buku-buku
best seller.

Offline tanpa_aku

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 7
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #373 on: 10 February 2009, 02:56:08 PM »
Cantik itu relatif. umumnya cantik itu berkaitan dengan salah satu dari 3B : Beauty, Behavior, and Brain.
[Martha Tilaar]

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
BUKU TABUNGAN
« Reply #374 on: 26 February 2009, 06:20:26 AM »
Priya menikah dengan Hitesh. Pada pesta pernikahan, ibu Priya memberinya sebuah buku tabungan. Di dalamnya berisi tabungan sejumlah Rs.1000 (Rp 246.000). Dia berkata, "Priya, terimalah buku tabungan ini. Gunakan sebagai buku catatan dari kehidupan pernikahanmu. Jika ada satu peristiwa bahagia atau yang bisa dikenang, masukkan sejumlah uang tabungan di dalamnya. Tulis kejadian yang kamu alami di baris catatan yang ada di sampingnya. Semakin besar kenangan terhadap peristiwa itu, masukkan uang tabungan yang lebih besar. Ibu sudah melakukan di awal pernikahanmu ini.. Lakukan selanjutnya bersama Hitesh. Saat kamu melihat kembali tahun-tahun yang telah berlalu, kamu akan mengetahui betapa bahagianya kehidupan pernikahan yang kamu miliki."Priya memberitahukan hal ini kepada Hitesh setelah pesta usai. Mereka berdua setuju bahwa ini adalah ide yang sangat bagus dan mereka tidak sabar menanti saatnya untuk memasukkan tambahan uang tabungan ke dalam buku itu.Ini yang mereka lakukan setelah beberapa waktu :- 7 Februari : Rs 100 (Rp 24.600), perayaan ultah pertama untuk Hitesh setelah menikah.- 1 Maret : Rs 300 (Rp 73.800), gaji Priya naik- 20 Maret : Rs 200 (Rp 49.200), berlibur ke Bali- 15 April : Rs 2.000 (Rp 492.000), Priya hamil- 1 Juni ; Rs 1,000 (Rp 246.000), Hitesh dipromosikan ... dan seterusnya ...Akan tetapi setelah beberapa tahun berlalu, mereka mulai beradu pendapat dan bertengkar untuk hal-hal yang sepele. Mereka saling diam. Mereka menyesal telah menikahi orang yang paling buruk di dunia ... tidak ada lagi cinta ... sesuatu yang sangat tipikal di masa ini.Suatu hari Priya berkata pada ibunya, "Ibu, kami tidak bisa bertahan lagi. Kami setuju untuk bercerai. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana saya telah memutuskan menikah dengan orang ini !"Ibunya menjawab, "Baiklah, apa pun yang kamu ingin kerjakan kalau sudah tidak bisa bertahan. Tetapi sebelum kamu melangkah lebih jauh, tolong lakukan hal ini. Ingat buku tabungan yang ibu berikan saat pesta pernikahan kalian? Ambil semua uangnya dan belanjakan sampai habis. Kamu tidak bisa terus menyimpan catatan di buku tabungan itu untuk sebuah pernikahan yang buruk."Priya berpikir bahwa itu benar. Jadi dia pergi ke bank, menunggu di antrian dan berencana menutup buku tabungan itu. Ketika menunggu, dia melihat catatan yang ada di buku tabungan di tangannya. Dia melihat, melihat, dan melihat. Kemudian ingatan akan semua kebahagiaan dan sukacita di masa-masa yang telah lewat muncul kembali di pikirannya. Air mata menggenang dan berurai di pipinya. Kemudian dia bergegas meninggalkan bank dan pulang.Ketika sampai di rumah, Priya memberikan buku tabungan itu pada Hitesh, dan memintanya untuk memasukkan sejumlah uang ke tabungan itu sebelum mereka bercerai.Hari esoknya, Hitesh mengembalikan buku tabungan itu pada Priya. Dia menemukan tambahan tabungan sebesar Rs 5000 (Rp 1.230.000) dengan catatan di dalam buku tabungan: 'Ini adalah hari dimana saya menyadari betapa saya mencintaimu sepanjang tahun-tahun yang telah kita lewati. Betapa besar kebahagiaan telah kamu bawa untukku." Mereka berdua berpelukan dan menangis, dan meletakkan buku tabungan itu kembali di tempat semula.Anda tahu berapa uang yang terkumpul saat mereka pensiun? Saya tidak bertanya pada mereka. Saya percaya uang bukan masalah lagi setelah mereka berhasil melalui tahun-tahun yang indah di sepanjang kehidupan pernikahan mereka.* * * * *"Saat engkau jatuh, jangan melihat tempat di mana kamu jatuh, tetapi lihatlah tempat di mana kamu mulanya tergelincir. "= Hidup adalah memperbaiki kesalahan-kesalahan =


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

 

anything