//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Motivasi dan Inspirasi  (Read 168147 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline DhammaChando

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 216
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata
Berpikir Positif...
« Reply #285 on: 29 October 2008, 10:00:40 AM »
Luangkan 5 menit waktu anda untuk membaca kisah nyata dibawah ini, semoga sedikit banyak dapat memberikan manfaat bagi diri Anda...

Suatu ketika di Negara Eropa, seorang kriminal buronan negara berhasil tertangkap. Sang kriminal adalah buronan kelas kakap yang telah melakukan banyak sekali kejahatan, perampokan, pembunuhan, terorisme dan tidaklah terhitung daftarnya.

Pengadilan Negara menjatuhkan vonis hukuman mati kepadanya dan mereka mulai mendiskusikan hukuman apa yang akan mereka berikan kepada sang kriminal.

Mereka memilih beberapa alternatif, diantaranya hukuman gantung, hukuman tembak, kursi listrik, ruang beracun, dll.

Pada saat diskusi tersebut berlangsung, seorang ilmuwan mencadangkan suatu metode baru sebagai percobaan untuk memberi vonis hukuman mati, suatu metode yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Mereka pun mendengarkan ide tersebut dan akhirnya mereka pun menyetujui ide tersebut dan membiarkan sang ilmuwan melakukan riset terhadapnya.

Sang kriminal dimasukkan kedalam suatu ruangan dan dibaringkan dengan tubuh terikat. Matanya ditutup dan dibisikkan :
"Kamu akan segera dihukum mati! dengan metode terbaru maka urat nadi di pergelanganmu akan kami potong dan darahmu akan segera menetes. Kamu tidak akan merasa sakit karena teknologi yang kami gunakan sangat canggih.

Darahmu akan menetes perlahan-lahan dan akan membiarkan dirimu mendengar suara tetesannya. Secara perlahan kamu akan kehabisan darah dan tubuhmu akan melemah, detak jantungmu semakin perlahan.. semakin lemah.. sampai akhirnya kamu akan mati !”

Mereka pun kemudian eksekusi, sang kriminal mulai merasakan potongan dipergelangan tangan kanannya, segera ia merasakan aliran darahnya menetes..tes..tes... suara tetesan tersebut membuatnya tahu bahwa dia semakin kehilangan darah.. dan tubuhnya semakin lemah.. sampai jantungnya berdetak semakin perlahan.. dan tragisnya diapun mati.
 
Ironisnya... walaupun sang kriminal tersebut mati. Dia tidak sempat menyadari bahwa percobaan yang dilakukan terhadapnya bukanlah teknologi canggih untuk memotong pergelangannya.. Tetapi.. yang mereka lakukan hanyalah.. mengambil sepotong es dingin yang tajam.. kemudian digunakannya potongan tersebut melewati pergelangannya yang sesungguhnya tidak memotong apapun!

Sang kriminal, yang dibuat percaya bahwa pergelangannya telah dipotong, mengikuti semua sugesti palsu yang dikatakan oleh sang ilmuwan. Walaupun yang dikatakan palsu, tetapi sugesti tersebut menjadi 'kenyataan' karena sang kriminal memang mempercayainya!

Apa inti cerita diatas?? Dalam otak kita, ada sesuatu yang dinamakan alam bawah sadar, dan apapun yang kita berikan kedalamnya, akan menjadi kenyataan! Tubuh kita akan mempercayai informasi apapun, walaupun itu palsu! Jika kita mempercayainya, maka tubuh kita akan bereaksi seolah-olah itu adalah kenyataan. Sama juga dengan kehidupan, Jika Anda menonton TV yang membentuk pikiran Anda dengan hal-hal yang tidak berguna setiap harinya.. maka diri andapun menjadi pribadi yang tidak berguna.

Karena itu, jika Anda menginginkan hal yang terbaik segera isilah pikiran Anda dengan hal-hal positif.. Jika ingin kaya.. isilah otak Anda dengan kekayaan.. Jika ingin sukses, isilah pikiran Anda dengan kesuksesan.

Statistik menyatakan 90% dari orang di sekitar Anda adalah Negatif! Apakah Anda salah satunya?? Jika ya, maka segera keluarlah dari zona nyaman Anda serta isilah segera diri Anda dengan ide-ide dan kepercayaan dari 10% orang yang kaya dan sukses!!! Kebanyakan orang berpikir bahwa 'Orang Kaya' itu berbeda, mereka lebih pintar, mereka lebih beruntung, atau lebih berpendidikan daripada kita.

Sesungguhnya 'Orang Kaya' berbeda karena mereka berpikir dengan cara yang berbeda!!! Jika Anda ingin menjadi seperti mereka, maka Anda harus belajar kepercayaan- kepercayaan dan pola pikir mereka tentang uang. Jika Anda ingin kaya, buang semua kepercayaan lama, ubah mindset negatif Anda tentang uang, ubah kepercayaan Anda tentang uang, maka Anda akan segera berhenti mengejar uang, dan yang terjadi malah sebaliknya Uang yang akan mengejar Anda!!!

Untuk mengubah keadaan di sekitar Anda, semua harus dimulai dari dalam pikiran Anda dan dari kepercayaan Anda..

 :)
Kebencian tak akan pernah berakhir apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi.

Hate is not overcome by hate; by Love (Metta) alone is hate appeased. This is an eternal law.

Dhammapada 5

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
I wanna be like dad
« Reply #286 on: 29 October 2008, 11:57:54 AM »


duh teman2 kayaknya artikel ini menyentuh sekali deh palagi bagi kita yang suka kerja mpe lupa waktu.selamat menikmati bacaan ini yach...

Untuk Para Orang Tua, mudah-mudahan bermanfaat :

Suatu hari suami saya rapat dengan beberapa rekan bisnisnya yang kebetulan mereka sudah mendekati usia 60 tahun dan dikaruniai beberapa orang cucu. Di sela-sela pembicaraan serius tentang bisnis, para kakek yang masih aktif itu sempat juga berbagi pengalaman tentang kehidupan keluarga di masa senja usia.

Suami saya yang kebetulan paling muda dan masih mempunyai anak balita, mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, dan untuk itu saya merasa berterima kasih kepada rekan-rekan bisnisnya tersebut. Mengapa? Inilah kira-kira kisah mereka.

Salah satu dari mereka kebetulan akan ke Bali untuk urusan bisnis, dan minta tolong diatur tiket kepulangannya melalui Surabaya karena akan singgah kerumah anaknya yang bekerja di sana .

Di situlah awal pembicaraan "menyimpang" dimulai. Ia mengeluh,

" Susah anak saya ini, masak sih untuk bertemu bapaknya saja sulitnya bukan main."

"Kalau saya telepon dulu, pasti nanti dia akan berkata jangan datang sekarang karena masih banyak urusan. Lebih baik datang saja tiba-tiba, yang penting saya bisa lihat cucu."

Kemudian itu ditimpali oleh rekan yang lain.

"Kalau Anda jarang bertemu dengan anak karena beda kota , itu masih dapat dimengerti," katanya.

"Anak saya yang tinggal satu kota saja, harus pakai perjanjian segala kalau ingin bertemu."

"Saya dan istri kadang-kadang merasa begitu kesepian, karena kedua anak saya jarang berkunjung, paling-paling hanya telepon."

Ada lagi yang berbagi kesedihannya, ketika ia dan istrinya mengengok anak laki-lakinya, yang istrinya baru melahirkan di salah satu kota di Amerika.

Ketika sampai dan baru saja memasuki rumah anaknya, sang anak sudah bertanya,"Kapan Ayah dan Ibu kembali ke Indonesia ?"

"Bayangkan! Kami menempuh perjalanan hampir dua hari, belum sempat istirahat sudah ditanya kapan pulang."

Apa yang digambarkan suami saya tentang mereka, adalah rasa kegetiran dan kesepian yang tengah melanda mereka di hari tua. Padahal mereka adalah para profesional yang begitu berhasil dalam kariernya.

Suami saya bertanya, "Apakah suatu saat kita juga akan mengalami hidup seperti mereka?" Untuk menjawab itu, saya sodorkan kepada suami saya sebuah syair lagu berjudul Cat's In the Cradle karya Harry Chapin. Beberapa cuplikan syair tersebut saya terjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia agar relevan untuk konteks Indonesia .

Serasa kemarin ketika anakku lahir dengan penuh berkah. Aku harus siap untuknya, sehingga sibuk aku mencari nafkah sampai 'tak ingat kapan pertama kali ia belajar melangkah. Pun kapan ia belajar bicara dan mulai lucu bertingkah.

Namun aku tahu betul ia pernah berkata,

"Aku akan menjadi seperti Ayah kelak"

"Ya betul aku ingin seperti Ayah kelak"

"Ayah, jam berapa nanti pulang?"

"Aku tak tahu 'Nak, tetapi kita akan punya waktu bersama nanti, dan tentu saja kita akan mempunyai waktu indah bersama"

Ketika saat anakku ulang tahun yang kesepuluh; Ia berkata,

"Terima kasih atas hadiah bolanya Ayah, wah ... kita bisa main bola bersama. Ajari aku bagaimana cara melempar bola"

"Tentu saja 'Nak, tetapi jangan sekarang, Ayah banyak pekerjaan sekarang"

Ia hanya berkata, "Oh ...."

Ia melangkah pergi, tetapi senyumnya tidak hilang, seraya berkata, "Aku akan seperti ayahku. Ya, betul aku akan sepertinya"

"Ayah, jam berapa nanti pulang?"

"Aku tak tahu 'Nak, tetapi kita akan punya waktu bersama nanti, dan tentu aja kita akan mempunyai waktu indah bersama"

Suatu saat anakku pulang ke rumah dari kuliah; Begitu gagahnya ia, dan aku memanggilnya, "Nak, aku bangga sekali denganmu, duduklah sebentar dengan Ayah"

Dia menengok sebentar sambil tersenyum,"Ayah, yang aku perlu sekarang adalah meminjam mobil, mana kuncinya?"

"Sampai bertemu nanti Ayah, aku ada janji dengan kawan"

"Nak, jam berapa nanti pulang?"

"Aku tak tahu 'Yah, tetapi kita akan punya waktu bersama nanti dan tentu saja kita akan mempunyai waktu indah bersama"

Aku sudah lama pensiun, dan anakku sudah lama pergi dari rumah;

Suatu saat aku meneleponnya. "Aku ingin bertemu denganmu, Nak"

Ia bilang, "Tentu saja aku senang bertemu Ayah, tetapi sekarang aku tidak ada waktu. Ayah tahu, pekerjaanku begitu menyita waktu, dan anak-anak sekarang sedang flu. Tetapi senang bisa berbicara dengan Ayah, betul aku senang mendengar suara Ayah"

Ketika ia menutup teleponnya, aku sekarang menyadari; Dia tumbuh besar persis seperti aku; Ya betul, ternyata anakku "aku banget".

Rupanya prinsip investasi berlaku pula pada keluarga dan anak. Seorang investor yang berhasil mendapatkan return yang tinggi, adalah yang selalu peduli dan menjaga apa yang diinvestasikannya. Saya sering melantunkan cuplikan syair tersebut dalam bahasa aslinya,

"I'm gonna be like you, Dad, you know I'm gonna be like you",

kapan saja ketika suami saya sudah mulai melampaui batas kesibukannya.

Copas from email, kalo repost, hapus aja  _/\_
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Ikatkan pita kuning bagiku
« Reply #287 on: 29 October 2008, 05:39:26 PM »
Ikatkan Sehelai Pita Kuning Bagiku......

 
 
Pada tahun 1971 surat kabar New York Post menulis kisah
nyata tentang seorang pria yang hidup di sebuah kota kecil
di White Oak ,, Georgia , Amerika.
 
Pria ini menikahi seorang wanita yang cantik dan baik,
sayangnya dia tidak pernah menghargai istrinya.
 
Dia tidak menjadi seorang suami dan ayah yang baik. Dia
sering pulang malam-malam dalam keadaan mabuk, lalu memukuli
anak dan isterinya.
 
 
Satu malam dia memutuskan untuk mengadu nasib ke kota
besar, New York. Dia mencuri uang tabungan isterinya, lalu
dia naik bis menuju ke utara, ke kota besar, ke kehidupan
yang baru.
 
Bersama-sama beberapa temannya dia memulai bisnis baru.
Untuk beberapa saat dia menikmati hidupnya. Sex, gambling,
drug. Dia menikmati semuanya. Bulan berlalu. Tahun berlalu.
Bisnisnya gagal, dan ia mulai kekurangan uang.
 
 
Lalu dia mulai terlibat dalam perbuatan kriminal. Ia
menulis cek palsu dan menggunakannya untuk menipu uang
orang. Akhirnya pada suatu saat naas, dia tertangkap. Polisi
menjebloskannya ke dalam penjara, dan pengadilan menghukum
dia tiga tahun penjara. Menjelang akhir masa penjaranya, dia
mulai merindukan rumahnya. Dia merindukan istrinya.
 
Dia rindu keluarganya. Akhirnya dia memutuskan untuk
menulis surat kepada istrinya, untuk menceritakan betapa
menyesalnya dia. Bahwa dia masih mencintai isteri dan
anak-anaknya. Dia berharap dia masih boleh kembali.
 
Namun dia juga mengerti bahwa mungkin sekarang sudah
terlambat, oleh karena itu ia mengakhiri suratnya dengan
menulis, "Sayang, engkau tidak perlu menunggu aku.
Namun jika engkau masih ada perasaan padaku, maukah kau
nyatakan? Jika kau masih mau aku kembali padamu, ikatkanlah
sehelai pita kuning bagiku, pada satu-satunya pohon beringin
yang berada di pusat kota. Apabila aku lewat dan tidak
menemukan sehelai pita kuning, tidak apa-apa. Aku akan tahu
dan mengerti. Aku tidak akan turun dari bis, dan akan terus
menuju Miami. Dan aku berjanji aku tidak akan pernah lagi
menganggu engkau dan anak-anak seumur hidupku."
Akhirnya hari pelepasannya tiba.
 
Dia sangat gelisah. Dia tidak menerima surat balasan dari
isterinya. Dia tidak tahu apakah isterinya menerima suratnya
atau sekalipun dia membaca suratnya, apakah dia mau
mengampuninya? Dia naik bis menuju Miami, Florida, yang
melewati kampung halamannya, White Oak. Dia sangat sangat
gugup. Seisi bis mendengar ceritanya, dan mereka meminta
kepada sopir bus itu, "Tolong, pas lewat White Oak,
jalan pelan-pelan. ..kita mesti lihat apa yang akan
terjadi..." Hatinya berdebar-debar saat bis mendekati
pusat kota White Oak. Dia tidak berani mengangkat kepalanya.
 
 
Keringat dingin mengucur deras. Akhirnya dia melihat pohon
itu. Air mata menetes di matanya... Dia tidak melihat
sehelai pita kuning... Tidak ada sehelai pita kuning....
Tidak ada sehelai..... . Melainkan ada seratus helai
pita-pita kuning....bergantun gan di pohon beringin
itu...Ooh... seluruh pohon itu dipenuhi pita kuning...!!!
!!!!!!!!! Kisah nyata ini menjadi lagu hits nomor satu pada
tahun 1973 di Amerika. Sang sopir langsung menelpon surat
kabar dan menceritakan kisah ini. Seorang penulis lagu
menuliskan kisah ini menjadi lagu, "Tie a Yellow Ribbon
Around the Old Oak Tree", dan ketika album ini di-rilis
pada bulan Februari 1973, langsung menjadi hits pada bulan
April 1973. Sebuah lagu yang manis, namun mungkin masih jauh
lebih manis jika kita bisa melakukan apa yang ditorehkan
lagu tersebut,...
 
 
Isteri, Pacar dan Sobat yang baik....
 
 
Apakah anda juga bisa memaafkan bagi orang2 yang telah
berbuat salah kepada anda?.... isteri si pemabuk itu telah
memberikan begitu besar kesetiaannya dan mau memaafkan
suaminya.

Copas from email,  kalo repost , pls delete  _/\_
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #288 on: 01 November 2008, 11:00:05 AM »

In the picture, just look at their condition.. no place to sleep, still they have made some space for the cat and the dog…water poring from the roof but still each 1 of them have a peaceful smile on their face. Simply amazing!!!!!
The Happiest people in the world are not those who have no problems, but those who learn to live with things that are less than perfect.
Keep Smiling Always.  ;D <:-P

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #289 on: 01 November 2008, 03:34:37 PM »
IF WE CANNOT LOVE THE PERSON WHOM WE SEE,... HOW CAN WE LOVE GOD,WHOM WE CANNOT SEE ? - MOTHER THERESA  .


IF YOU WIN YOU NEED NOT EXPLAIN .......... BUT IF YOU LOSE YOU SHOULD
NOT  BE THERE TO EXPLAIN - ADOLPH HITLER 


IF YOU START JUDGING PEOPLE YOU WILL BE HAVING NO TIME TO LOVE THEM - MOTHER THERESA 


I'M NOT IN COMPETITION WITH ANYBODY BUT MYSELF...... .... MY GOAL IS TO BEAT MY LAST PERFORMANCE - BILL GATES

DON'T COMPARE YOURSELF WITH ANYONE IN THIS WORLD....... IF YOU DO SO, YOU ARE INSULTING YOURSELF - ALEN STRIKE .


NEVER EXPLAIN YOURSELF TO ANYONE...... .BECAUSE THE PERSON WHO LIKES YOU DOES NOT NEED IT.........AND THE PERSON WHO DISLIKES YOU WON'T BELIEVE IT - AUTHOR UNKNOWN


THE DREAM IS NOT WHAT YOU SEE IN SLEEP......DREAM IS WHICH DOES NOT LET YOU SLEEP. - DR. ABDUL KALAM (Former President of the Republic of India)   

 

NO MAN IS RICH ENOUGH TO BUY HIS PAST - - OSCAR WILDE

 
IF YOU WANT REAL PEACE,.... DON'T TALK TO YOUR FRIENDS,...TALK WITH YOUR ENEMIES - MOTHER THERESA

 
WINNING DOESN'T ALWAYS MEAN BEING FIRST,..... WINNING MEANS YOU'RE DOING BETTER THAN YOU'VE DONE BEFORE - BONNIE BLAIR

 
EVERYONE THINKS OF CHANGING THE WORLD,...... . BUT NO ONE THINKS OF CHANGING HIMSELF . - - - LEO TOLSTOY

 
I WILL NOT SAY I FAILED 1000 TIMES,...... .. I WILL SAY THAT I DISCOVERED
THERE ARE 1000 WAYS THAT CAN CAUSE FAILURE. THOMAS EDISON

 
NEVER BREAK FOUR THINGS IN YOUR LIFE,

a) TRUST,
b) PROMISE,
c) RELATIONSHIP and
d) HEART

BECAUSE WHEN THEY BREAK THEY DON'T MAKE NOISE BUT PAIN A LOT - CHARLES

 
IN A DAY, WHEN YOU DON'T COME ACROSS ANY PROBLEMS YOU CAN BE SURE THAT YOU ARE TRAVELLING IN A WRONG PATH - SWAMI VIVEKANANDA :


THREE SENTENCES FOR GETTING SUCCESS:

A) KNOW MORE THAN OTHER
B) WORK MORE THAN OTHER
C) EXPECT LESS THAN OTHER - WILLIAM SHAKESPEAR



LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY BECAUSE YOU NEVER KNOW WHEN IT STOPS LOVING YOU -  DR. ABDUL KALAM 

 
IF SOMEONE FEELS THAT THEY HAD NEVER MADE A MISTAKE IN THEIR LIFE,THEN  IT MEANS THEY HAD NEVER TRIED A NEW THING IN THEIR LIFE - ALBERT EINSTEIN

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #290 on: 01 November 2008, 06:27:16 PM »
William James Sidis Adalah Manusia Terpintar di Dunia
________________________________


Siapakah manusia terjenius yang pernah dimiliki dunia? Da Vinci? John Stuart
Mills? Atau Albert Einstein seperti yang selama ini diperkirakan orang?
Ketiganya memang dianggap jenius-jenius besar yang telah memberikan banyak
pengaruh terhadap bidangnya masing-masing. Tapi gelar manusia terjenius yang
pernah dimiliki dunia rasanya tetap layak diberikan kepada William James Sidis.
Siapakah ia? Mengapa namanya tenggelam dan kurang dikenal walau angka IQnya
mencapai kisaran 250–-300?..

Keajaiban Sidis diawali ketika dia bisa makan sendiri dengan menggunakan sendok
pada usia 8 bulan. Pada usia belum genap 2 tahun, Sidis sudah menjadikan New
York Times sebagai teman sarapan paginya. Semenjak saat itu namanya menjadi
langganan headline surat kabar : menulis beberapa buku sebelum berusia 8 tahun,
diantaranya tentang anatomy dan astronomy. Pada usia 11 tahun Sidis diterima di
Universitas Harvard sebagai murid termuda. Harvardpun kemudian terpesona dengan
kejeniusannya ketika Sidis memberikan ceramah tentang Jasad Empat Dimensi di
depan para professor matematika.

Lebih dasyat lagi : Sidis mengerti 200 jenis bahasa di dunia dan bisa
menerjamahkannya dengan amat cepat dan mudah. Ia bisa mempelajari sebuah bahasa
secara keseluruhan dalam sehari !!!! Keberhasilan William Sidis adalah
keberhasilan sang Ayah, Boris Sidis yang seorang Psikolog handal berdarah
Yahudi. Boris sendiri juga seorang lulusan Harvard, murid psikolog ternama
William James (Demikian ia kemudian memberi nama pada anaknya) Boris memang
menjadikan anaknya sebagai contoh untuk sebuah model pendidikan baru sekaligus
menyerang sistem pendidikan konvensional yang dituduhnya telah menjadi biang
keladi kejahatan, kriminalitas dan penyakit. Siapa yang sangka William Sidis
kemudian meninggal pada usia yang tergolong muda, 46 tahun - sebuah saat dimana
semestinya seorang ilmuwan berada dalam masa produktifnya. Sidis meninggal dalam
keadaan menganggur, terasing dan amat miskin. Ironis. Orang kemudian menilai
bahwa kehidupan Sidis tidaklah bahagia. Popularitas dan kehebatannya pada bidang
matematika membuatnya tersiksa. Beberapa tahun sebelum ia meninggal, Sidis
memang sempat mengatakan kepada pers bahwa ia membenci matematika - sesuatu yang
selama ini telah melambungkan namanya. Dalam kehidupan sosial, Sidis hanya
sedikit memiliki teman. Bahkan ia juga sering diasingkan oleh rekan sekampus.
Tidak juga pernah memiliki seorang pacar ataupun istri. Gelar sarjananya tidak
pernah selesai, ditinggal begitu saja. Ia kemudian memutuskan hubungan dengan
keluarganya, mengembara dalam kerahasiaan, bekerja dengan gaji seadanya,
mengasingkan diri. Ia berlari jauh dari kejayaan masa kecilnya yang sebenarnya
adalah proyeksi sang ayah. Ia menyadarinya bahwa hidupnya adalah hasil pemolaan
orang lain. Namun, kesadaran memang sering datang terlambat.

Mengharukan memang usaha Sidis. Ada keinginan kuat untuk lari dari pengaruh sang
Ayah, untuk menjadi diri sendiri. Walau untuk itu Sidis tidak kuasa. Pers dan
publik terlanjur menjadikan Sidis sebagai sebuah berita. Kemanapun Sidis
bersembunyi, pers pasti bisa mencium. Sidis tidak bisa melepaskan pengaruh sang
ayah begitu saja. Sudah terlanjur tertanam sebagai sebuah bom waktu, yang
kemudian meledakkan dirinya sendiri.


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.435
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
[pics] what is your limit?
« Reply #291 on: 02 November 2008, 12:28:50 AM »
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #292 on: 03 November 2008, 02:22:03 PM »
Menginstall Cinta - Gratis !!!!!

Customer Service (CS) : Ya, ada yang bisa saya bantu?

Pelanggan (P) : Baik, setelah saya pertimbangkan, saya ingin menginstal cinta kasih. Bisakah anda memandu saya menyelesaikan prosesnya?

CS : Ya, saya dapat membantu anda. Anda siap melakukannya?

P : Baik, saya tidak mengerti secara teknis, tetapi saya siap untuk menginstalnya sekarang. Apa yang harus saya lakukan dahulu?

CS : Langkah pertama adalah membuka HATI anda. Tahukan anda di mana HATI anda?

P : Ya, tapi ada banyak program yang sedang aktif. Apakah saya tetap bisa menginstalnya sementara program-program tersebut aktif?

CS : Program apa saja yang sedang aktif?

P : Sebentar, saya lihat dulu, Program yang sedang aktif adalah SAKITHATI.EXE, MINDER.EXE, DENDAM.EXE dan BENCI.COM.

CS : Tidak apa-apa. CINTA-KASIH akan menghapus SAKITHATI.EXE dari system operasi Anda. Program tersebut akan tetap ada dalam memori anda, tetapi tidak lama karena akan tertimpa program lain. CINTA-KASIH akan menimpa MINDER.EXE dengan modul yang disebut PERCAYADIRI.EXE. Tetapi anda harus mematikan BENCI.COM dan DENDAM.EXE. Program tersebut akan menyebabkan CINTA-KASIH tidak terinstal secara sempurna. Dapatkah anda mematikannya?

P : Saya tidak tahu cara mematikannya. Dapatkah anda memandu saya?

CS : Dengan senang hati. Gunakan Start menu dan aktifkan MEMAAFKAN.EXE. Aktifkan program ini sesering mungkin sampai BENCI.COM dan DENDAM.EXE terhapus.

P : OK, sudah. CINTA-KASIH mulai terinstal secara otomatis. Apakah ini wajar?

CS : Ya, anda akan menerima pesan bahwa CINTA-KASIH akan terus diinstal kembali dalam HATI anda. Apakah anda melihat pesan tersebut?

P : Ya. Apakah sudah selesai terinstal?

CS : Ya, tapi ingat bahwa anda hanya punya program dasarnya saja. Anda perlu mulai menghubungkan HATI yang lain agar untuk mengupgradenya.

P : Oops. Saya mendapat pesan error. Apa yang harus saya lakukan?

CS : Apa pesannya?

P : “ERROR 412 - PROGRAM NOT RUN ON INTERNAL COMPONENT”. apa artinya?

CS : Jangan kuatir, itu masalah biasa. Artinya, program CINTA-KASIH diset untuk aktif di HATI eksternal tetapi belum bisa aktif dalam HATI internal anda. Ini adalah salah satu kerumitan pemrograman, tetapi dalam istilah non-teknis ini berarti anda harus men-”CINTA-KASIH”-i mesin anda sendiri sebelum men-”CINTA-KASIH”-i orang lain.

P : Lalu apa yang harus saya lakukan?

CS : Dapatkan anda klik pulldown direktori yang disebut “PASRAH”?

P : Ya, sudah.

CS : Bagus. Pilih file-file berikut dan salin ke direktori “MYHEART” MEMAAFKAN-DIRI-SENDIRI.DOC, dan MENYADARI-KEKURANGAN.TXT. sistem akan menimpa file-file konflik dan mulai memperbaiki program-program yang salah. Anda juga perlu mengosongkan Recycle Bin untuk memastikan program-program yang salah tidak muncul kembali.

P : Sudah. Hei! HATI saya terisi file-file baru. SENYUM.MPG aktif di monitor saya dan menandakan bahwa DAMAI.EXE dan KEPUASAN.COM dikopi ke HATI. Apakah ini wajar?

CS : Kadang-kadang. Orang lain mungkin perlu waktu untuk mendownloadnya. Jadi CINTA-KASIH telah terinstal dan aktif. Anda harus bisa menanganinya dari sini. Ada satu lagi hal yang penting.

P : Apa?

CS : CINTA-KASIH adalah freeware. Pastikan untuk memberikannya kepada orang lain yang anda temui. Mereka akan share ke orang lain dan seterusnya sampai anda akan menerimanya kembali.

Note : kalo repost please delete. tq  :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Segelas Susu
« Reply #293 on: 06 November 2008, 04:18:42 PM »
Segelas susu yg mengharukan
Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang hidup dari menjual asongan dari
pintu ke pintu, menemukan bahwa dikantongnya hanya tersisa beberapa sen uangnya,
dan dia sangat lapar.

Anak lelaki tersebut memutuskan untuk meminta makanan dari rumah berikutnya.
Akan tetapi anak itu kehilangan keberanian saat seorang wanita muda membuka
pintu rumah. Anak itu tidak jadi meminta makanan, ia hanya berani meminta
segelas air.

Wanita muda tersebut melihat, dan berpikir bahwa anak lelaki tersebut pastilah
lapar, oleh karena itu ia membawakan segelas besar susu. Anak lelaki itu
meminumnya dengan lambat, dan kemudian bertanya, "berapa saya harus membayar
untuk segelas besar susu ini ?" Wanita itu menjawab: "Kamu tidak perlu membayar
apapun". "Ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk kebaikan" kata
wanita itu menambahkan. Anak lelaki itu kemudian menghabiskan susunya dan
berkata :" Dari dalam hatiku aku berterima kasih pada anda."

Sekian tahun kemudian, wanita muda tersebut mengalami sakit yang sangat kritis.
Para dokter dikota itu sudah tidak sanggup menanganinya.

Mereka akhirnya mengirimnya ke kota besar, dimana terdapat dokter spesialis yang
mampu menangani penyakit langka tersebut. Dr. Howard Kelly dipanggil untuk
melakukan pemeriksaan. Pada saat ia mendengar nama kota asal si wanita tersebut,
terbersit seberkas pancaran aneh pada mata dokter Kelly. Segera ia bangkit dan
bergegas turun melalui hall rumah sakit, menuju kamar si wanita tersebut.

Dengan berpakaian jubah kedokteran ia menemui si wanita itu. Ia langsung
mengenali wanita itu pada sekali pandang. Ia kemudian kembali ke ruang
konsultasi dan memutuskan untuk melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan
nyawa wanita itu. Mulai hari itu, Ia selalu memberikan perhatian khusus pada
kasus wanita itu.

Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya diperoleh kemenangan.. .
Wanita itu sembuh !!. Dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk
mengirimkan seluruh tagihan biaya pengobatan kepadanya untuk persetujuan.

Dr. Kelly melihatnya, dan menuliskan sesuatu pada pojok atas lembar tagihan, dan
kemudian mengirimkannya ke kamar pasien. Wanita itu takut untuk membuka tagihan
tersebut, ia sangat yakin bahwa ia tak akan mampu membayar tagihan tersebut
walaupun harus dicicil seumur hidupnya.

Akhirnya Ia memberanikan diri untuk membaca tagihan tersebut, dan ada sesuatu
yang menarik perhatuannya pada pojok atas lembar tagihan tersebut. Ia membaca
tulisan yang berbunyi..

"Telah dibayar lunas dengan segelas besar susu.." tertanda, DR Howard Kelly. Air
mata kebahagiaan membanjiri matanya. Ia berdoa: "Tuhan, terima kasih, bahwa
cintamu telah memenuhi seluruh bumi melalui hati dan tangan manusia."

_/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Seorang Tukang Kayu
« Reply #294 on: 06 November 2008, 04:20:40 PM »
Seorang tukang kayu tua bermaksud pensiun dari pekerjaannya di sebuah
perusahaan konstruksi real estate.
Ia menyampaikan keinginannya tersebut pada pemilik perusahaan.
Tentu saja, karena tak bekerja, ia akan kehilangan penghasilan bulanannya,
tetapi keputusan itu sudah bulat.

Ia merasa lelah.
Ia ingin beristirahat dan menikmati sisa hari tuanya dengan penuh kedamaian
bersama istri dan keluarganya.

Pemilik perusahaan merasa sedih kehilangan salah seorang pekerja terbaiknya.
Ia lalu minta pada tukang kayu tersebut untuk membuatkan sebuah rumah untuk
dirinya.
Tukang kayu mengangguk menyetujui permohonan pribadi pemilik perusahaan itu.

Tapi, sebenarnya ia merasa terpaksa.
Ia ingin segera berhenti.
Pikirannya tidak sepenuhnya dicurahkan.

Dengan ogah-ogahan ia mengerjakan proyek itu.
Ia cuma menggunakan bahan-bahan sekedarnya.

Akhirnya selesailah rumah yang diminta.
Hasilnya bukanlah sebuah rumah baik.
Sungguh sayang ia harus mengakhiri kariernya dengan prestasi yang tidak begitu
mengagumkan.

Ketika pemilik perusahaan itu datang melihat rumah yang dimintanya, ia
menyerahkan sebuah kunci rumah pada si tukang kayu.
" Rumah ini adalah rumah kamu," kata sang pemilik perusahaan.
" Hadiah dari saya sebagai penghargaan atas pengabdian kamu selama ini."

Betapa terkejutnya si tukang kayu.
Betapa malu dan menyesalnya.
Seandainya saja ia mengetahui bahwa ia sesungguhnya mengerjakan rumah untuk
dirinya sendiri, ia tentu akan mengerjakannya dengan cara yang lain sama sekali.

Kini ia harus tinggal di sebuah rumah yang tak terlalu bagus hasil karyanya
sendiri.
Itulah yang terjadi pada kehidupan kita.
Kadangkala, banyak dari kita yang membangun kehidupan dengan cara yang aneh.

Lebih memilih berusaha ala kadarnya ketimbang mengupayakan yang terbaik.
Bahkan, pada bagian-bagian terpenting dalam hidup, kita tidak memberikan yang
terbaik.

Pada akhir perjalanan kita terkejut saat melihat apa yang telah kita lakukan dan
menemukan diri kita hidup di dalam sebuah rumah yang kita ciptakan sendiri.
Seandainya kita menyadarinya, sejak semula kita akan menjalani hidup ini dengan
cara yang jauh berbeda.

Renungkan bahwa kita adalah si tukang kayu.
Renungkan rumah yang sedang kita bangun.

Setiap hari kita memukul paku, memasang papan, mendirikan dinding dan atap.
Mari kita selesaikan rumah kita dengan sebaik-baiknya seolah-olah hanya
mengerjakannya sekali saja dalam seumur hidup.
Hidup kita esok adalah akibat sikap dan pilihan yang kita perbuat hari ini.
Hidup adalah proyek yang kita kerjakan sendiri.

Keberhasilan yang diraih, atau kegagalan yang menimpa dapat ditelusuri
jauhke dalam diri kita masing-masing.Karena KITA-LAH YANG MENJALANI semua
ini.Bukan orang lain.

" Seorang bijak pernah mengatakan demikian :
Amatilah pikiranmu, karena akan menjadi ucapanmu.
Amatilah ucapanmu, karena akan menjadi tindakanmu.
Amatilah tindakanmu, karena akan menjadi kebiasaanmu.
Amatilah kebiasaanmu, karena akan menjadi karaktermu.
Amatilah karaktermu, karena akan menjadi nasibmu.
Di atas semua itu, amatilah dirimu sendiri.
Hanya mereka yang mengenal dirinya-lah yang akan mencapai kebahagiaan yang
sesungguhnya."

_/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Saya Belajar
« Reply #295 on: 06 November 2008, 04:23:04 PM »
Saya belajar,
bahwa saya tidak dapat memaksa orang lain mencintai saya.
saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai..
Saya belajar,
bahwa butuh waktu bertahun-tahun
untuk membangun kepercayaan dan hanya
beberapa detik saja untuk menghancurkannya....
Saya belajar,
bahwa sahabat terbaik bersama saya
dapat melakukan banyak hal dan kami selalu memiliki waktu
terbaik...

Saya belajar,
bahwa orang yang saya kira
adalah orang yang jahat,
justru adalah orang yang membangkitkan
semangat hidup saya kembali serta
orang yang begitu perhatian pada saya...
Saya belajar,
bahwa persahabatan sejati senantiasa bertumbuh
walau dipisahkan oleh jarak yang jauh,
Beberapa diantaranya melahirkan cinta sejati....

Saya belajar,
bahwa jika seseorang tidak menunjukkan perhatian
seperti yang saya inginkan,
bukan berarti bahwa dia tidak mencintai saya....

Saya belajar,
bahwa sebaik-baiknya pasangan itu,
mereka pasti pernah melukai perasaan saya....
dan untuk itu saya harus memaafkannya...
Saya belajar,
bahwa saya harus belajar mengampuni diri sendiri dan orang lain...
kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus-menerus...

Saya belajar,
bahwa lingkungan dapat mempengaruhi pribadi saya,
tapi saya harus bertanggung jawab untuk apa yang saya telah lakukan..
Saya belajar
bahwa dua manusia dapat melihat sebuah benda,
tapi kadang dari sudut pandang yang berbeda...

Saya belajar,
bahwa tidaklah penting apa yang saya miliki
tapi yang penting adalah siapa saya ini sebenarnya...

Saya belajar,
bahwa tidak ada yang instant atau serba cepat di dunia ini,
semua butuh proses dan pertumbuhan,
kecuali saya ingin sakit hati...

Saya belajar
bahwa saya harus memilih
apakah menguasai sikap dan emosi atau sikap dan emosi itu yang
menguasi diri saya...

Saya belajar,
bahwa saya punya hak untuk marah, tetapi itu bukan berarti
saya harus benci dan berlaku bengis....

Saya belajar,
bahwa kata-kata manis tanpa tindakan adalah saat perpisahan dengan
orang yang saya cintai...

Saya belajar,
bahwa orang-orang yang saya kasihi justru sering diambil segera
dari kehidupan saya...

Selamat belajar....... !!!

_/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Hadiah Terbaik Untuk DIri Sendiri
« Reply #296 on: 06 November 2008, 04:24:55 PM »
Setiap orang pernah mengalami masa-masa sulit dalam kehidupan. Ada masa sulit dalam berumah tangga, kehidupan karir, kesehatan, atau kehidupan pribadi yang diguncang badai. Kebanyakan juga setuju kalau masa-masa sulit ini bukanlah keadaan yang diinginkan. Sebagian orang bahkan berdoa, agar sejarang mungkin digoda oleh keadaan-keadaan sulit. Sebagian lagi yang dihinggapi oleh kemewahan hidup ala anak-anak kecil, mau membuang jauh-jauh, atau lari sekencang-kencangnya dari godaan hidup sulit. Akan tetapi, sekencang apapun kita menjauh dari kesulitan, ia tetap akan menyentuh badan dan jiwa ini di waktu-waktu ketika ia harus dating berkunjung.

Rumus besi kehidupan seperti ini, memang berlaku pada semua manusia, bahkan juga berlaku untuk seorang raja dan penguasa yang paling berkuasa sekalipun. Sadar akan hal inilah, saya sering mendidik diri untuk ikhlas ketika kesulitan datang berkunjung.

Syukur-syukur bisa tersenyum memeluk kesulitan. Tidak dibuat sakit dan frustrasi saja saya sudah sangat bersyukur. Pelukan-pelukan kebijakan seperti inilah yang dating ketika sang hidup sempat membanting saya dari sebuah ketinggian. Sakit memang, tapi karena ia sudah saatnya datang berkunjung, dan kita tidak punya pilihan lain terkecuali membukakan pintu rumah kehidupan, maka seterpaksa apapun hanya keikhlasanlah satu-satunya modal berguna dalam hal ini.

Senyum penerimaan terhadap kesulitan memang terasa kecut di bibir. Dan sebagaimana logam yang sedang dibuat menjadi patung indah, kesulitan memang terasa seperti semprotan panasnya api mesin las, dihajar oleh palu besar, kencangnya cubitan tang, menyakitkannya goresan-goresan amplas kasar, atau malah tidak enaknya bau cat yang menyelimuti seluruh badan patung logam.

Semua tahu, kalau badan dan jiwa ini kemudian akan menjadi 'patung logam' yang lebih indah dari sebelumnya. Tetapi tetap saja ada sisa-sisa ketakutan dan bahkan mungkin trauma – yang membuat kita manusia menghindar dari kesulitan.

Cuman selebar apapun goresan luka yang dibuat oleh kesulitan, ada mahluk yang amat berguna dan amat dibutuhkan dalam pengalaman-pengalaman menyakitkan ini, ia bernama sahabat.
 
Tidak semua sahabat fasih memberikan nasehat. Tetapi dengan kesediaannya untuk mendengar, sinaran mata yang berisi empati, kesediaan untuk menjaga rahasia, sahabat menjadi permata berlian yang amat berguna dalam keadaan-keadaan ini.

Di rumah saya memiliki seorang sahabat yang amat mengagumkan. Dari segi pendidikan formal ia hanya tamatan SMU.

Bahkan SMU tempat ia bersekolah dulu sudah bubar, sebagai tanda ia bukanlah berasal dari sekolah yang terlalu membanggakan. Namun nasehat serta keteladanan hidupnya kadang mengagumkan. Di kantor saya memiliki sejumlah bawahan yang datang sama manisnya baik ketika dipuji maupun setelah dimaki. Seorang tetangga menelpon, mengirim SMS dan bahkan menyempatkan diri berkunjung ke rumah. Tidak untuk memberikan ceramah, hanya untuk mendengar.

Seorang sahabat dekat yang memimpin sebuah raksasa teknologi informasi bahkan mengatakan bangga menjadi sahabat saya. Ketika tulisan ini dibuat, seorang sahabat lama yang tinggal di Surabaya menelepon, tanpa bermaksud menggurui ia mengutip kata-kata indah Confucius :

'Manusia salah itu biasa, tetapi menarik pelajaran dari kesalahan itu baru luar biasa'.

Apa yang mau saya tuturkan dengan semua ini, rupanya sahabat adalah hadiah paling berharga yang bisa kita berikan pada diri kita sendiri. Secara lebih khusus ketika kita ditimpa kesulitan yang menggunung. Sehingga patut direnungkan, kalau kita perlu menabung perhatian, empati, cinta buat para sahabat. Tidak untuk berdagang dengan kehidupan. Dalam arti, memberi dengan harapan agar diberi kelak. Melainkan, sebagaimana cerita dan pengalaman di atas, dalam dunia persahabatan, dalam memberi kita sebenarnya sudah diberi. Bahkan, setiap sahabat yang memberi perhatian dan empati pada sahabat lainnya, ketika itu juga mengalami the joy of giving. Ketika itu juga seperti ada beban di bahu yang berkurang jauh beratnya.

Ada memang orang yang memiliki banyak sekali teman. Kemana-mana namanya dipanggil orang. Cuman, sedikit diantara semua teman yang banyak ini kemudian bisa menjadi sahabat. Bercermin dari kenyataan inilah, maka saya lebih memusatkan diri untuk mencari dan membina sahabat. Jumlahnya memang tidak akan pernah banyak.

Bahkan ia lebih sedikit dari jumlah jari tangan. Cuman sesedikit apapun
jumlahnya, sahabat tetap sejenis hadiah terbaik yang bisa kita bisa berikan buat diri sendiri.

Mobil mewah memang bisa membawa kita ke tempat jauh lengkap dengan gengsinya. Rumah mewah memang bisa meningkatkan kenyamanan tinggal sekaligus meningkatkan kelas. Ijazah lengkap dengan gelarnya yang mentereng juga bisa meningkatkan percaya diri. Akan tetapi, baik mobil mewah, rumah mewah maupun ijazah tidak bisa menghadirkan empati yang menyentuh hati ke diri ini.

Lebih-lebih ketika sang kesulitan datang menghimpit badan.
Di sebuah Sabtu pagi, seorang sahabat yang membaca harian Kompas yang memberitakan bahwa saya mengundurkan diri dari jabatan presiden direktur di sebuah kelompok usaha amat besar di negeri ini, langsung menelepon saya dari tempat yang jauh. Ia berucap sederhana : 'saya bangga jadi teman Anda'.

Inilah hadiah terbaik yang bisa dihadiahkan ke diri sendiri. Ia tidak
dibungkus kado, ia juga tidak hanya datang ketika hari raya atau ulang tahun. Ia justru lebih sering datang ketika kita amat membutuhkannya.

_/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Lepaskanlah
« Reply #297 on: 06 November 2008, 04:28:52 PM »
Lepaskanlah....
Posted by: "bodhi taruna" bodhi.taruna [at] yahoo.com   bodhi.taruna

Disuatu desa yang dekat dengan pergunungan, tinggallah seorang nenek
yang sebatang kara. Dia tinggal sendirian dan hanya ditemanin oleh
seekor anjing kecil, sahabat sejatinya. Sehari-hari nenek tua tersebut
bercocok tanam di halamannya yang kecil, menanam beraneka macam
sayur-sayur sebagai sumber makanannya.

Dia telah lama ditinggal
oleh keluarga tercintanya, suaminya telah lama meninggalkannya karena
menikah lagi dengan seorang janda kaya. Sedangkan anak semata wayangnya
meninggal pada saat berusia 5 tahun akibat terjatuh di sungai tak jauh
dari tempat sang nenek tua tinggal. Namun walaupun hidup sebatang kara,
nenek tersebut selalu bersikap riang dan tersenyum kepada siapa saja
yang ditemuinya, sekalipun dengan anjing ataupun hewan-hewan yang
dilihatnya. Dia selalu menyapa setiap orang yang dijumpainya.

Sikap riang dan ramah tersebut membuat semua orang menyukainya, dan memberinya julukan Si Nenek Bijaksana.

Suatu
hari, tak jauh dari rumah si nenek bijaksana, terlihat seorang pemuda
yang sedang patah hati sambil membawa sebilah pisau tajam yang
ditancap2kan ke tanah. Sesekali pemuda itu terlihat duduk diam, dan tak
lama kemudian terlihat wajahnya yang kusut memandang kosong ke suatu
arah yang tidak jelas.

Melihat pemuda tadi, si nenek bijaksana
tahu bahwa pemuda tersebut banyak memiliki masalah dan dia pun
mendekatinya. Disapanya ramah si pemuda tersebut:
"Wahai anak muda,
kenapa engkau begitu kusut, apa yang menjadi masalah bagi mu?
mungkinkah aku dapat membantunya? ' tanya si nenek ramah
Pemuda tadi
memandang sang nenek dan seketika kembali memandang suatu arah dengan
tatapan kosongnya tanpa menjawab perkataan nenek tersebut sedikit pun

Melihat
sikap pemuda tersebut yang tidak mengabaikan kata-katanya, sang nenek
pun tersenyum dan diambilnya pisau ditangan sang pemuda dan diukirnya
satu kata ditanah tepat didepan sang pemuda. Satu kata tersebut adalah LEPASKANLAH.

Melihat kata tersebut sang pemuda menitikkan air mata, dan menatap sang nenek dengan berkata:
"Saya
telah memikirkan masalah ini sampai berapa minggu, dan aku pun berniat
untuk bunuh diri karena selalu tidak berhasil mengikuti ujian menjadi
seorang pejabat negara walaupun telah aku ikuti berulang-ulang kali,
namun satu kata dari mu membuat aku mengerti arti hidup"

"Anak
muda, apapun masalah mu, jangan menyiksa dirimu seperti ini. Karena
ingatlah apapun masalahmu pasti ada pemecahannya, bila kamu mau
berpikir untuk melepaskannya" sahut sang nenek

"Jadikanlah
masalah sebagai proses hidupmu, bukan sebagai beban dalam kehidupan mu,
karena dengan begitu kita akan dapat menghargai hidup ini dengan
sungguh-sungguh" lanjut sang nenek

Sang nenek bijaksana pun
menceritakan hidupnya yang sebatang kara namun dapat menikmati hidup
ini tanpa merasanya sebagai beban. Sang pemuda yang mendengarkan cerita
sang nenek bijaksana pun menyadari masalah yang dihadapinya tidak lah
sebesar masalah yang dihadapi sang nenek namun dirinya cepat menyerah
dan mengambil jalan pintas untuk memecahkan masalah tersebut.

~Jangan
jadikan masalah "kecil" sebagai alasan kita untuk tidak bisa sukses.
sering kali kita jumpai dikehidupan sehari-hari, anak muda yang tidak
mau melanjutkan sekolah karena tidak lulus ujian disekolah favoritnya,
karyawan yang berhenti kerja karena gagal menyesuaikan diri dengan
lingkungan kerjanya, dan masalah-masalah "kecil" lainnya yang dijadikan
tameng untuk tidak sukses dan putus asa. Ingatlah, "Masalah besar
jadikanlah menjadi Masalah kecil, dan masalah kecil anggaplah hilang".
Pola pikir demikianlah, yang menjadikan kita individu yang sukses
dengan bijaksana. Jangan terpaku pada satu masalah "kecil".
Lepaskanlah. .....masih banyak masalah dihidup kita. Jangan jadikan
masalah "kecil" sebagai penghalang kesuksesan kita~
Salam,
Bodhi Taruna

***Hidup Adalah Rangkaian Kebijaksanaan
Yang Terurai Dalam Sikap Dan Perbuatan***

_/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Maha Viriyani

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 133
  • Reputasi: 18
  • Gender: Female
Re: Motivasi dan Inspirasi
« Reply #298 on: 06 November 2008, 04:46:30 PM »
Ternyata Ayah Itu Menakjubkan!

Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya,
menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung pada siapapun - dan
(tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.

Ayah hanya menyuruhmu mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai.

Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kamu masih kecil, tapi dia
tidak ingin kamu membiarkannya menang ketika kamu sudah besar.

Ayah tidak ada di album foto keluarga, karena dia yang selalu memotret.

Ayah selalu tepat janji! Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang
teman, meskipun ajakanmu untuk pergi memancing sebenarnya lebih menyenangkan.

Ayah akan tetap memasang kereta api listrik mainanmu selama bertahun-tahun,
meskipun kamu telah bosan, karena ia tetap ingin kamu main kereta api itu.

Ayah selalu sedikit sedih ketika melihat anak-anaknya pergi bermain dengan
teman-teman mereka.karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil mereka.

Ayah mulai merencanakan hidupmu ketika tahu bahwa ibumu hamil (mengandungmu) ,
tapi begitu kamu lahir, ia mulai membuat revisi.

Ayah membantu membuat impianmu jadi kenyataan bahkan diapun bisa meyakinkanmu
untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung di atas air setelah ia
melepaskanya.

Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia membantu kamu
mencarinya.

Ayah mungkin tampak galak di matamu, tetapi di mata teman-temanmu dia tampak
lucu dan menyayangi.

Ayah sulit menghadapi rambutnya yang mulai menipis....jadi dia menyalahkan
tukang cukurnya menggunting terlalu banyak di puncak kepala (*_~).

Ayah akan selalu memelihara janggut lebatnya, meski telah memutih, agar kau
bisa "melihat" para malaikat bergelantungan di sana dan agar kau
selalu bisa mengenalinya.

Ayah selalu senang membantumu menyelesaikan PR, kecuali PR matematika terbaru.

Ayah lambat mendapat teman, tapi dia bersahabat seumur hidup.

Ayah benar-benar senang membantu seseorang... tapi ia sukar meminta bantuan.

Ayah terlalu lama menunda untuk membawa mobil ke bengkel, karena ia merasa
dapat memperbaiki sendiri segalanya.

Ayah di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahan ilmiah. Dia punya
rumus-rumus dan formula racikannya sendiri, dan hanya dia sendiri yang mengerti
bagaimana menyelesaikan persamaan-persamaan rumit itu. Dan hasilnya?...
.mmmmhhh..." tidak terlalu mengecewakan" (^_~). Ayah akan sesumbar,
bahwa dirinyalah satu- satunya dalam keluarga yang dapat memasak tumis kangkung
rasa barbecue grill. (*_~).

Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia bisa
belajar dengan cepat.

Ayah sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpul untuk makan
malam...walaupun harus makan dalam remangnya lilin karena lampu mati.

Ayah paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk membuatmu senang
tapi tidak takut.

Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu dibahunya, ketika
pawai lewat.

Ayah tidak akan memanjakanmu ketika kamu sakit, tapi ia tidak akan tidur
semalaman. Siapa tahu kamu membutuhkannya.

Ayah menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau
memberitahumu apa yang harus kamu lakukan, tapi ia akan menyatakan rasa tidak
setujunya.

Ayah percaya orang harus tepat waktu. karena itu dia selalu lebih awal
menunggumu di depan rumah dengan sepeda tuanya, untuk mengantarkanmu dihari
pertama masuk sekolah

AYAH ITU MURAH HATI..... Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa
memberikan apa yang
kamu butuhkan.... .

Ia membiarkan orang-orangan sawahmu memakai sweater kesayangannya. ....

Ia membelikanmu lollipop merk baru yang kamu inginkan, dan ia akan
menghabiskannya kalau kamu tidak suka.....

Ia menghentikan apasaja yang sedang dikerjakannya, kalau kamu ingin bicara...

Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp mu tiap semester,
meskipun kamu tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan di
dahinya....

Bahkan dia akan senang hati mendengarkan nasehatmu untuk menghentikan kebiasaan
merokoknya.. ..

Ayah mengangkat beban berat dari bahumu dengan merengkuhkan tangannya
disekeliling beban itu....

Ayah akan berkata "tanyakan saja pada ibumu" ketika ia ingin berkata
"tidak".

Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika anak
gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin

Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya kepregok
menghisap rokok dikamar mandi.

Ayah mengatakan "tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu sanggup
kehilangan apa yang kamu harapkan"

Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatmu melakukan sesuatu
persis seperti caranya....

Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripada prestasinya sendiri....

Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamu pergi merantau meningalkan
rumah, karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah bisa
melepaskannya.

Ayah mengira seratus adalah tip..; Seribu adalah uang saku..; Gaji pertamamu
terlalu besar untuknya...

Ayah tidak suka meneteskan air mata .... ketika kamu lahir dan dia mendengar
kamu menangis untuk pertama kalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air
dari matanya (ssst..tapi sekali lagi ini bukan menangis). Ketika kamu masih
kecil, ia bisa memelukmu untuk mengusir rasa takutmu...ketika kau mimpi akan
dibunuh monster... tapi.....ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur
sepanjang malam, ketika anak gadis kesayangannya di rantau tak memberi kabar
selama hampir satu bulan.

Kalau tidak salah ayah pernah berkata :" kalau kau ingin mendapatkan
pedang yang tajam dan berkwalitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi
tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. begitupun
dengan cinta dan teman dalam hidupmu,jika kau ingin mendapatkan cinta sejatimu
kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya"

Untuk masadepan anak lelakinya Ayah berpesan: "jadilah lebih kuat dan
tegar daripadaku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik
dari ibumu , berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku, daripada apa
yang yang telah ku beri padamu"

Dan Untuk masadepan anak gadisnya ayah berpesan: "jangan cengeng meski kau
seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah
anak-anakmu kelak! laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan
Ayah, tapi jangan pernah kau gantikan posisi Ayah di hatimu"

Ayah bersikeras,bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik daripada kamu
dulu....

Ayah bisa membuatmu percaya diri... karena ia percaya padamu...

Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba melakukan yang
terbaik....

Dan terpenting adalah... Ayah tidak pernah menghalangimu untuk mencintai Tuhan,
bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar kau dapat menggapai cintaNya,
karena diapun mencintaimu karena cintaNya.

Dan untuk semua yang sedang merindukan Ayah,
ssssssssttt. ..! Tau gak siii? Ternyata ayah itu benar-benar MENAKJUBKAN


Sumber : Unknown

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Benang dan jarum
« Reply #299 on: 07 November 2008, 07:58:48 PM »
Satu kali saya menyaksikan orang sedang merenda, asyik sekali dia merenda sehingga dia tidak sadar bahwa saya sedang memperhatikan kerjanya.Tiap sebentar jarum itu timbul tenggelam di dalam kain diikuti oleh benang, kemanapun jarum pergi kesana pula benang ikut. Tidak pernah benang bertingkah, membantah apalagi melawan, dan tak pernah terniat dihatinya untuk tidak patuh, atau sekali-sekali berlawanan arah dengan jarum. Kemanapun arah jarum kesana pula benang mengikutinya. Karena patuhnya benang inilah maka tercipta renda yang sangat bagus.

Sedangkan jarum sebagai orang yang paling didepan, didahulukan selangkah, ditinggikan seranting, sebagai pemimpin, dia sangat berani dan penuh perhitungan, dia dapat menembus apa yang tak bisa di tembus oleh benang, dia dapat memasuki tempat-tempat yang tak dapat dimasuki oleh benang. Dia punya inisiatif dan dia punya innovasi. Benang sangat membutuhkannya untuk membantu menolong agar benang dapat sampai ke tempat yang dituju

Saya terkesan sekali akan jalinan kerja sama yang di bina antara benang dan jarum. Tanpa benang jarum tidak bisa apa-apa begitupun sebaliknya tanpa benang jarumpun tak ada artinya. Jarum kalau sendirian, justru dia tajam dan bisa-bisa menusuk dan melukai jari serta dapat menimbulkan petaka. Jika orang tertusuk pedih, maka jarum menjadi umpatan dan sesalan. Untuk itu jarum jangan dibiarkan jalan sendirian, carikan dia teman, beri dia kesempatan dan beri dia pengawal. Kemudian suruhlah dia mengerjakan apa saja, maka apapun akan ditembusnya dan apapun akan ditelusurinya

Benang, dia patuh dia penurut. tidak ada dalam kamusnya kata-kata membangkang, tak pernah dia melawan. Paling-paling kalau dia tak senang dan tak suka, karena tingkah laku jarum yang selalu berbelit-belit, maka benang itu akan kusut. kalau di bawa dia berjalan berbelit-belit tapi tetap berputar disitu-situ juga, maka dia akan merajuk dia akan berganyi, dia akan protes, lalu dia akan kusut, sehingga fikiran orang yang melihatnyapun akan bertambah kusut. Kalau dipaksa dan tidak sabar untuk menyelesaikannya, maka kusut itu akan bertambah semrawut, menimbulkan kesal dan meyesakkan dada. Kalau tak pandai-pandailah memperbaikibenang benang kusut, maka kusut itu akan membelit diri sendiri, semakin ditarik dan dipaksa dia semakin kusut.

Kusut masai dalam diri inilah yang akan mebikin binasa. Tapi dimanapun dan kapanpun selalu saja saya lihat, bahwa benang selalu patuh, selalu menurut. Saya dengar dan saya ikuti kata benang.

Waktu melihat tukang renda dan tukang jahit, saya terkesan. Hidup ini bagaikan benang dan jarum. Ada yang diikut dan ada pula pengikut. Kerja sama antara yang diikut dan pengikut inilah yang akan menghasikan renda serta sulaman yang aduhai indahnya Ketekunan jarum keluar masuk tempat yang sulit, dan kesabaran benang mengikuti kehendak jarum agaknya perlu kita simak dan kita contoh.

Akhirnya setelah sulaman selesai, jarum tidak nampak, tidak kelihatan entah kemana mengirapnya. Orangpun tak pernah mempertanyakannya lagi. Yang tampak dan yang tinggal hanyalah benang diatas sehelai kain, mengasilkan sulaman yang berwarna-warni, menimbulkan lukisan yang berharga dan mahal harganya. Disaat itu orang hanya memuji-muji, bagus benar benangnya, cantik benar
warna benang yang dijalin dengan manisnya. Sulaman itu di pajang didinding jadi hiasan, di jadikan baju yang bersulam dipakai pergi kenduri, sipemakainya bangga memamerkan baju itu kian kemari.

Yang dilihat, yang di banggakan dan yang di puji adalah hasil kerja sama antara benang dan jarum. Semula benang hanya menurut saja, akhirnya benanglah yang di pandang dan di nikmati dan di puji-puji.

Dari jauh jarum bersyukur, letihnya sudah berobat. Dia tidak cemburu dan dia tidak memprotes, dia tidak meminta supaya dikut sertakan pula dalam pameran. Sewaktu pameran, jarum disimpan dalam kotak, diletakkan jauh-jauh, jangan sampai terlihat dan jangan sampai merusak acara. Dia dibiarkan sendirian, kedinginan, tanpa baju dan tanpa sehelai benangpun.

Dari balik kotak jarum bangga melihat, hasil pimpinannya, anak buahnya, pengikutnya sudah jadi lukisan dan sulaman yang indah, di kagumi. Diapun tidak menuntut terima kasih ataupun penghargaan. Biarlah dia dilupakan, asal hasil kerjanya dapat dinikmati dan dikagumi.

Entah kemana pikiran saya melantun kesana kemari, entah kemana dia menerawang, tapi alangkah inginnya saya memiliki, menjadi dan membentuk, pemimpin yang seperti jarum ini; rela berkorban, sanggup menembus dan menempuh kesulitan-kesulitan . Berani keluar masuk kemana saja, bersedia di panggang dan di asah supaya bertambah tajam. Dan tidak menuntut macam-macam setelah programnya selesai, serta rela melihat pengikutnya di puji-puji dan disanjung orang. Kemudian yang terakhir, bersedia di masukkan kembali kedalam kotak simpanan.

Copas from email, so kalo repost, pls delete  _/\_
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)