Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???  (Read 35027 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Tia

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #45 on: 31 March 2009, 11:12:30 AM »
Pacaran sama sepupuh...???
duh jadi inget pengalaman pribadi hihihi.... ^-^

dulu aku juga pernah tapi sama sepupunya mama jadi aku masih panggil dia kukuh/om karena pacaran eh jadi koko dech  ^-^ tapi mama sama kakak2 dia menentang habis katanya masih saudara ga boleh. terus akhirnya kita pisah terus dapet yang satu marga ga boleh juga  :o uh CPD  #-o  :hammer:

tapi emang bener juga sich klo kata orang tua mang ga boleh kita pacaran sama sepupu takut nanti setelah kita nikah anak2 kita pasti ada yang cacat :( atau klo pas kita ribut hebat nanti takut persaudaraan bisa renggang juga.... ya jadi klo bisa pikir2 lagi d'
Hiasilah hari-harimu dengan senyum manis... ;)

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #46 on: 31 March 2009, 11:15:35 AM »
Pacaran sama sepupuh...???
duh jadi inget pengalaman pribadi hihihi.... ^-^

dulu aku juga pernah tapi sama sepupunya mama jadi aku masih panggil dia kukuh/om karena pacaran eh jadi koko dech  ^-^ tapi mama sama kakak2 dia menentang habis katanya masih saudara ga boleh. terus akhirnya kita pisah terus dapet yang satu marga ga boleh juga  :o uh CPD  #-o  :hammer:

tapi emang bener juga sich klo kata orang tua mang ga boleh kita pacaran sama sepupu takut nanti setelah kita nikah anak2 kita pasti ada yang cacat :( atau klo pas kita ribut hebat nanti takut persaudaraan bisa renggang juga.... ya jadi klo bisa pikir2 lagi d'

Kalau ogut malah dijodohin rame-rame... :hammer:

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #47 on: 01 April 2009, 11:03:52 AM »
Kalau ogut malah dijodohin rame-rame... :hammer:

Wah kalo jadian, bisa kawin massal neh..  :))

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #48 on: 06 April 2009, 12:51:23 AM »
anak DC diundang nggak,om?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #49 on: 19 April 2009, 12:51:06 PM »
bukannya setau tula .. sejak zaman buddha .. kalangan kasta tinggi itu ..  pada kawin2 an antara "sodara" sendiri ? karena di larang ambil dari kasta lain ....

kalo mengenai cinta mati .. ga percaya banget xixixixixi, tp kalo di larang perasaan jg percuma, makin di larang makin memaksa, pudar nya cinta mati baru akan kliatan kalo smua keinginannya telah tercapai ...

sabbe sankhara anicca.

Offline Erman_Huang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #50 on: 13 April 2016, 02:20:44 AM »
Dear All...
Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).
Jadi "PAPA" dari si A dan "MAMA" pacarnya ini kakak beradik.
Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.
Soalnya post diatas cm bahas hubungan dr mama dengan mama, tidak dibahas hub dr PAPA si cowok dengan Mama dr cewek.
Mohon penjelasan dari member2 skalian. Terima kasih.

Offline hasta2

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: -2
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #51 on: 13 April 2016, 07:49:48 AM »
sudahlah, cinta spt itu tdk boleh dipaksa.
berilah pengertian akan risiko yg mungkin terjadi,
shg masih ada nalarnya.

semua karena saat ini, 2016 ledakan informasi,
termasuk pornograpi dan kedokteran, shg hal spt
dipandang kuno jika dilarang.

menurut mereka,
jika beresiko cacat, janin bisa digugurkan daripada
menderita seumur hidup satu keluarga.dgn komputer,
kesehatan janin bisa dipantau setiap waktu.why worry.

secara dharma, pasangan yg baik berdasarkan sama sila.
ciri yg kelihatan, pekerjaannya sama shg standar etika dan tatakrama sama.komunikasi lancar.

dimasa lalu, pertimbangan menikah dgn keluarga terdekat
adalah karena bibit bebet dan bobot.melihat siapa dia, bukan
siapa saja.pertimbangannya adalah susila.
masalah cacat janin, itu keputusantuhan bukan perbuatan manusia.
itu juga benar di satu sisi u saat ini, karena ada hukum perbuatan
yg menyebabkan janin lahir tdk normal krn perbuatan kepala kelompok  keluarga itu. karma kelompok.
pelimpahan jasa tdk mempan u hal spt ini.

karma memang bukan keturunan, namun terjadi pada kelompok
yg sama.krn perbuatan kepala kelompok itu.


« Last Edit: 13 April 2016, 08:07:23 AM by hasta2 »

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #52 on: 13 April 2016, 12:13:54 PM »
Dear All...
Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).
Jadi "PAPA" dari si A dan "MAMA" pacarnya ini kakak beradik.
Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.
Soalnya post diatas cm bahas hubungan dr mama dengan mama, tidak dibahas hub dr PAPA si cowok dengan Mama dr cewek.
Mohon penjelasan dari member2 skalian. Terima kasih.

Kalo agama Buddha ga ada masalah. Contohnya Siddharta dengan sepupunya Yasodhara. 

Terus si A lebih tua kan? Lagian she nya gak sama kan? Terus papa A dan mama B saudara kan? 
Kayaknya budaya Tiongkok juga ga ada masalah kalo yang begini.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #53 on: 13 April 2016, 12:47:17 PM »
hmmm... rumit juga ya...

terkadang bukan masalah boleh atau tidak secara adat (entah Buddhis, Tiongkok, dst), tapi kembali lagi ke perasaan ortu sih.
Kan ada ortu yang melarang anaknya menikah dengan suku / ras / agama tertentu.

Jadi kemungkinan solusinya ada 2:
1. meyakinkan kedua belah pihak ortu bahwa menikah dengan sepupu itu tidak apa-apa (dalam artian belum tentu keturunannya nanti akan cacat).
2. mengalah dan menuruti kemauan ortu untuk tidak menikah dengan sepupu.
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #54 on: 13 April 2016, 03:21:53 PM »
Ada resiko yang harus di tanggung bila terjadi cacat pada anak anak

Offline hasta2

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: -2
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #55 on: 13 April 2016, 04:21:36 PM »
menurut dharma, jika kepala keluarga menjaga susila, mata pencarian benar, maka kemungkinan u itu kecil.
.lain persoalan jika kepala keluarga tdk spt itu.

Offline Erman_Huang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #56 on: 17 April 2016, 10:47:19 AM »
Kalo agama Buddha ga ada masalah. Contohnya Siddharta dengan sepupunya Yasodhara. 

Terus si A lebih tua kan? Lagian she nya gak sama kan? Terus papa A dan mama B saudara kan? 
Kayaknya budaya Tiongkok juga ga ada masalah kalo yang begini.
Iya sih, si A lbh tua n beda she kok.
papa A dan mama B masih saudara kandung.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #57 on: 26 April 2016, 10:00:50 PM »
Ya tinggal pilih aja, secara tradisi dan agama kan ga masalah berarti, cuma masalah keluarga. 
Pilih keluarga atau cinta atau cari jalan lain buat keduanya.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days