Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???  (Read 25678 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Che Na

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.010
  • Reputasi: 51
  • Gender: Female
  • "Kesaktian tertinggi adalah berjalan diatas bumi "
TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« on: 17 September 2008, 04:53:58 PM »
Dear All...

Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).

Jadi mama dari si A dan mama pacarnya ini kakak beradik.

Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.

MOhon saran dari rekan2 sekalian  _/\_
Ketika Melihat Dengan Hati , Mendengar Dengan Mata ..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #1 on: 17 September 2008, 04:57:45 PM »
Yang orang tua khawatirkan paling berhubungan dengan genetika.. karena faktor kelainan sejak lahir akan semakin besar berhubung masih incest..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #2 on: 17 September 2008, 05:06:46 PM »
emangnya udah pacaran berapa lama?

mendingan dikasih pengertian dulu dari segi kesehatan, tanpa langsung men-judge boleh atau ngga boleh.
mudah2an mereka bisa berpikir dengan jernih.. :D
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #3 on: 17 September 2008, 05:10:24 PM »
Sidharta dan Yasodhara sepupu lagi.

http://bhagavant.com/home.php?link=sejarah&tipe=silsilah

Agama Buddha gak mengatur sepupu gak boleh nikah, cuma adik/kakak/anak/ibu/ayah/paman/bibi yang gak boleh nikah.

« Last Edit: 17 September 2008, 05:15:17 PM by karuna_murti »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #4 on: 17 September 2008, 05:12:00 PM »
Sidharta dan Yasodhara sepupu lagi.

damn.. you're right.. ;D

so?
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #5 on: 17 September 2008, 05:14:18 PM »
emangnya udah pacaran berapa lama?

mendingan dikasih pengertian dulu dari segi kesehatan, tanpa langsung men-judge boleh atau ngga boleh.
mudah2an mereka bisa berpikir dengan jernih.. :D
Kalau benar2 cinta mati kayaknya kudu pergi ke ahli genetika deh..
Berhubung sepupu, ada kemungkinan anak yang dilahirkan tidak 100% akan menderita kelainan..
Yang perlu diperhatikan juga dalam kasus ini, adalah wanitanya, karena biasanya wanita yang pembawa gen carrier
seperti Hemofilia, Buta warna, dll.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #6 on: 17 September 2008, 05:32:38 PM »
Asumsi saya adalah 2 orang tersebut Buddhis dan keturunan Chinese.

Dalam Buddhisme, menikah dengan sepupu bukanlah pelanggaran sila ketiga. Buddhisme merupakan agama yang longgar dalam mengatur pernikahan, karena pernikahan adalah urusan umat awam. Hal ini bisa diberitahukan kepada keluarga sebagai pertimbangan bagi keluarga.

Tetapi tradisi Chinese memang tidak memperbolehkan sepupu dari sesama wanita (mama dan ieie).
Ada baiknya juga mempertimbangkan perasaan keluarga.

Selain itu, masalah genetis harus dipertimbangkan masak-masak. Periksa ke dokter kemungkinan genetis yang mungkin terjadi, karena ini bisa menjadi masalah besar, anak menderita Thalassemia, Hemofilia, dan penyakit genetis yang mungkin akan membuat penderitaan di kemudian hari.

Semoga berbahagia.
_/\_
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #7 on: 17 September 2008, 05:43:29 PM »
Bukannya kalo tradisi Chinese itu boleh yah kalo sepupu dari adik/kakak perempuan ibu? Karena secara garis keturunan, sudah berbeda marga (ibu ikut marga ayah, adik/kakak perempuan ibu juga ikut marga suaminya, jadi sudah pasti berbeda).
Kalo ga salah, kalo masih satu marga, ga boleh. Misalnya dengan anak dari adik/kakak laki-laki dari ayah.


Perihal Siddhata & Yasodara, sepertinya memang sudah tradisi bagi vanna Khattiya untuk menikah sesama khattiya agar memiliki garis keturunan murni. Bahkan menurut kisahnya, suku "Sakya" itu muncul karena para pangeran yang diusir dari kerajaan menikah dengan adik2 perempuan mereka sendiri, demi menjaga keturunan murni.
Belakangan memang Buddha mengatakan menikah dengan yang memiliki hubungan darah langsung adalah pelanggaran sila.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #8 on: 17 September 2008, 05:58:20 PM »
Dear All...

Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).

Jadi mama dari si A dan mama pacarnya ini kakak beradik.

Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.

MOhon saran dari rekan2 sekalian  _/\_

Wew... keluarga mereka kolot banget... :))

Adik teman saya.... menikah dengan sepupunya ( mama n mama = kakak beradik)... ok2 aja.

Trus waktu saya selesai SMA... mama saya malah mau jodohkan saya dengan anak kakaknya yg di malaysia (kuching). karena waktu itu saya udah pacaran...maka perjodohan itu saya tolak... ;D (jadi nostalgila :)) )

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #9 on: 17 September 2008, 06:13:20 PM »
menikah sepupuan luar (maksudnya hubungan dari mama) memang lebih bisa diterima dibandingkan dengan sepupuan dalam (hubungan dari papa). Tetapi yang lebih penting adalah apakah ada persamaan genetik antara yang menikah ?? KArena konsekuensi logis dari sebuah pernikahan tentunya adalah adanya keturunan (anak). Karena menurut ilmu kedokteran, jika pernikahan antara genetik yang relatif SAMA sebaiknya  dihindari karena bisa menyebabkan berbagai penyakit degeneratif. Tetapi semuanya harus dicek DNA apakah dua orang tersebut secara genetik CUKUP MIRIP atau TIDAK. Jika ternyata CUKUP MIRIP, sebaiknya dihindari. (Ada beberapa kasus terjadi pemerkosaan oleh orang tua kandung terhadap anak perempuannya, dan anak hasil hubungan tersebut NORMAL NORMAL SAJA, karena walaupun sebagai anak, tetapi tidak terjadi KEMIRIPAN GEN yang MEMADAI untuk terjadinya mutasi genetik.)

Tetapi jika ternyata memang harus terjadi pernikahan (antara sepupuan dalam), mungkin bisa diberi pengertian bahwa kalau bisa tidak memiliki anak, karena bisa saja dalam kehidupan berkeluarga, tidak memiliki anak juga ok ok saja. Tetapi jika ternyata memang harus memiliki anak, yah semuanya tanggung jawab sendiri akibatnya jika ternyata ada hal hal yang ternyata merugikan atau menyedihkan.

Semuanya yah hukum HETU PHALA (hukum sebab akibat).
« Last Edit: 17 September 2008, 06:15:23 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #10 on: 17 September 2008, 06:19:12 PM »
well, sbnrnya, I don't believe sama yang namanya Cinta Mati..
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #11 on: 17 September 2008, 06:21:43 PM »
well, sbnrnya, I don't believe sama yang namanya Cinta Mati..


Kalo cinta setengah mati? :D
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #12 on: 17 September 2008, 06:32:00 PM »
terkadang sebagai orang tua, kita cenderung ingin ANAK BERBUAT SESUAI DENGAN APA YANG KITA INGINKAN, BUKAN APA YaNG ANAK INGINKAN. JAdi kalau saya sendiri dalam posisi sebagai orang tua, akan berusaha memberikan semua KETERANGAN DAN INFORMASI tentang KONSEKUENSI MENIKAH SEPUPUAN.

Semuanya kembali kepada keputusan dari anak tersebut. Karena memang semua sebab akibat yah harus ditanggung. Ini pendapat saya pribadi.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #13 on: 17 September 2008, 09:10:38 PM »
well, sbnrnya, I don't believe sama yang namanya Cinta Mati..


setuju.. karena cinta itu juga pasang surut kagak ada matinya.. =)) :hammer:
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline hanes

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 379
  • Reputasi: 23
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #14 on: 17 September 2008, 09:25:42 PM »
maseh anak2 jd gk ngerti masalah cinta.
wkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
Mukjizat terbesar adalah
perubahan orang yang gelap hati
menjadi orang yang bijaksana.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #15 on: 17 September 2008, 09:44:38 PM »
Katakanlah gw masih muda, bisa dibilang pengalaman hidup masih belum banyak...
Tapi, kira2 inilah pandangan gw:
Kehilangan orang yang kita cintai, baik kehilangan pacar, maupun kehilangan keluarga merupakan dukkha...
Kita mungkin akan sulit menerima kehilangan orang yang kita cintai, tetapi pada saat hal tersebut datang, pada akhirnya kita akan melewatinya juga...Itu lah proses hidup...
Dalam hal cinta, perasaan lebih banyak berperan dari pada logika, pada saat itulah, kita kehilangan kontrol atas diri kita  sendiri...Apalagi dalam hal cinta yang terlarang...

Berikan fakta2 mengenai dampak negatif dari pernikahan dengan saudara dekat,hidup hanya dengan cinta adalah bullshit! Kita bukan hidup di hutan, yang rela melepaskan segalanya demi cinta semata...

Jika teman kamu memank dengan tulus mencintai saudaranya, ketahuilah, cinta yang tulus adalah rela melihat pasangan kita hidup dengan kebaikan, tanpa mengharapkan timbal balik...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #16 on: 17 September 2008, 10:36:06 PM »
Katakanlah gw masih muda, bisa dibilang pengalaman hidup masih belum banyak...
Tapi, kira2 inilah pandangan gw:
Kehilangan orang yang kita cintai, baik kehilangan pacar, maupun kehilangan keluarga merupakan dukkha...
Kita mungkin akan sulit menerima kehilangan orang yang kita cintai, tetapi pada saat hal tersebut datang, pada akhirnya kita akan melewatinya juga...Itu lah proses hidup...
Dalam hal cinta, perasaan lebih banyak berperan dari pada logika, pada saat itulah, kita kehilangan kontrol atas diri kita  sendiri...Apalagi dalam hal cinta yang terlarang...

Berikan fakta2 mengenai dampak negatif dari pernikahan dengan saudara dekat,hidup hanya dengan cinta adalah bulls**t! Kita bukan hidup di hutan, yang rela melepaskan segalanya demi cinta semata...

Jika teman kamu memank dengan tulus mencintai saudaranya, ketahuilah, cinta yang tulus adalah rela melihat pasangan kita hidup dengan kebaikan, tanpa mengharapkan timbal balik...

 _/\_
semoga cintanya murni, laksana emas 24 karat..


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]

Offline only4u

  • Tamu
  • *
  • Posts: 8
  • Reputasi: 2
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #17 on: 18 September 2008, 05:03:40 AM »
Ini sulit sekali, yang bisa menolong hanya diri mereka berdua atau salah satunya dengan membuang rasa sayang itu.

Saya pernah suka sama temen wanita waktu SMP. Saya baru sadar kenapa saya sampai tergila2 dengan wanita seperti itu. Waktu itu saya hidup bersemangat sekali, datang ke kelas pagi2 untuk ketemu si dia (wah banyak lah imaginasi2, seperti ingin hidup sama si dia forever, rela berkorban dll), padahal ngga ada sejarah saya datang pagi2 kayak gitu (bukan berarti saya tidak semangat belajar - semangat belajar tetap ada, maksudnya semangat datang ke kelas pagi2, kalo saya datang emang agak2 telat ato pas2-an, tapi pas sampe sekolah, ya belajar semangat atau suka).

Kalo saya inget2 dan rasa2 lagi ya.. ini sebenarnya kebutaan hati saya saja, kenapa saya bisa begini, seiring waktu saya tumbuh menjadi seorang dewasa dan menjalani hidup dan merenungi waktu-waktu saya ketika "tidak terkontrol/sadar" (spt kejadian diatas, ataupun marah2, atau kesalahan2 yang disengaja ataupun tidak disengaja, dll), juga membaca cerita2 seorang anak kepada orang tua, kadang quote dari confusius kepada ortu dll.

Saya sadar (tentu bukan dalam sekejap saja tapi itu terjadi selama sampai perjalanan hidup saat ini) kenapa saya tidak ada perasaan ini kenapa orang tua saya, rela atau berani berkorban, semangat hidup karena orang tua selalu menasehati kita, sayang kepada mereka seperti "kebutaan" hati saya suka kepada si dia.

Saya juga tidak mengerti masih, tapi setidaknya saya tidak mau menjadi "buta hati" dan tidak sadar atau tidak terkontrol untuk itu, kenapa juga rasa sayang itu sampai melebihi rasa sayang kepada orang tua saya, yang telah bela2-in dan banting tulang, bersedih hati, marah, dalam membesarkan saya (bahkan sampai saat ini juga, semoga ulah2 saya tidak terjadi lagi, dengan cara, saya bisa meng-kontrol/sadar diri).


PS.
1. Saya dengar dari temen, bahwa perkawinan antara sepupu itu setelah 5 generasi. Kalo tradisi Chinese, ya kalo satu marga tidak boleh.
2. perkawinan antar saudara itu menghancurkan genetika, seperti albino dll, itu saya pelajari dalam biologi (agak2 lupa, ttg kromosom)
3. Ini adalah karma (buruk) kehidupan sebelumnya, menurut saya mereka diberi kesempatan untuk mengkontrol nafsu jasmani mereka di kehidupan sekarang ini, sehingga sedikit demi sedikit bisa lepas dari lingkaran reinkarnasi.

NB. Saya sendiri juga manusia biasa. Sama2 masih belajar mengkontrol nafsu2 yang ada.

Offline Mr. Bagus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 349
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sedang Apa
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #18 on: 18 September 2008, 11:04:26 AM »
Haha, klasik ya  :P Cerita cinta memang tiada matinya.. cinta mati.. adalah BOHONG BESAR  :'(
coba Saudara2 ceritakan apa saja syarat cinta mati itu, maksudnya  apa saja kondisi yang menyebabkan cinta mati itu..misal dari saya:
1. tidak selingkuh
2. penurut
3. perhatian
4. tidak sering keluar dengan teman2 ato gengnya alias kamu tercipta hanya untukku  ;D
5....
salah satu aja syaratnya tidak terpenuhi bisa menyebabkan cinta seperti itu akan memudar kekuatannya.. haha  ;D  8) huaaa  :'(

kalo saran dari saya.. ortu masing2 diminta untuk menyetujui hubungan mereka (biarkan mereka terlena dengan restu dan kasih sayang ortu mereka, bukankah semakin ditentang makin... ) namun mereka harus memenuhi syarat dari ortu mereka masing2. apa itu syaratnya:
1. Menunda pernikahan selama 2 tahun lagi.
2. Cari pekerjaan yang Mantap
3. Ikut organisasi kepemudaan (biar melek dengan pemuda-pemudi yang ganteng2 or cantik2  ;D ) kali2 aja mulai lirik2 yg lain  :whistle:
4. dll
dengan seiring jalannya waktu apapun pasti berubah  :-?
sekali lagi.. petunjuk dari Saudaraku, Riky, saran2 dari saya ini relatif untuk sebagian orang. Saya tidak bertanggung jawab jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan  ^:)^
:x Persepsi yang saya dapat dari pengalaman saya sendiri sebagai orang buta tidak bisa dibandingkan dengan orang yang melihat dengan terang. >:)<

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #19 on: 18 September 2008, 12:00:13 PM »
Memang sih... asyik banget dpt pacar sepupuh... apalagi cantik manis, dlll
kalau pacaranan kan bebas....(bebas makan dan nginep)...

Bagaimana kalau kedua-dua tsb dibukankan perusahaan baru...
dan membuktikan "the power of LOVE"....
Ini bakal berpeluar besar utk sukses... (tetap bimbingan ortu)

kalau perusahaan nya sukses besar......setelah N tahun....
ya boleh Nikah....
(plus DC dpt fee 2% dari keuntungan bersih... karna mengeluarkan ide ini)

disamping itu ide Bro Bagus juga BAGUS...
kumpul2 deh ditempat lain... mana tau ada pandangan baru...
(rumput diluar bermacam-macam bentuknya...)

dulu gw ngejar2 sepupuh2 yg cakep...
:'(  tapi malah ngak DIANGGEP... :'(  sedih deh...

thanks!
« Last Edit: 18 September 2008, 12:06:10 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Mr. Bagus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 349
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sedang Apa
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #20 on: 18 September 2008, 12:35:17 PM »
Quote
dulu gw ngejar2 sepupuh2 yg cakep...
  tapi malah ngak DIANGGEP...   sedih deh...
cup cup udah lewat, udah lewat  ^-^

lalu sekarang dapat rumput yang bagaimana bro  :-?  :-[
:x Persepsi yang saya dapat dari pengalaman saya sendiri sebagai orang buta tidak bisa dibandingkan dengan orang yang melihat dengan terang. >:)<

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #21 on: 18 September 2008, 02:38:02 PM »
Quote
dulu gw ngejar2 sepupuh2 yg cakep...
  tapi malah ngak DIANGGEP...   sedih deh...
cup cup udah lewat, udah lewat  ^-^

lalu sekarang dapat rumput yang bagaimana bro  :-?  :-[

Semua rumput sama aja... selain harus sering disiram...
juga CEPAT PANJANG... maka rajin2lah merawatnya....
maka akan jadi indah...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #22 on: 18 September 2008, 03:57:41 PM »
kasusnya sama kayak adik perempuan papa ku yang nikah sama saudaranya sendiri...  ;D anaknya lucu lucu, tapi memang rada2 sih....tapi bahagia aja tuh mereka  :whistle: malah anak yang terakhir ini pinter doa dan gak suka makan daging  ^-^ lucu deh mukanya cakep, gemes  :P ... 

kl anak pertama normal2 aja, dia seumuran sama hui...

kl anak kedua memang rada2 aneh,...

kl anak ketiga ini, pas mamanya mau melahirkan dia sampe setengah mati...bahkan sang mama pernah sampe koma....dan pas koma si mama di kasih dengar lagu Amitofo sama keluarganya....dan dari situ mamanya merasakan kekuatan yang amat sangat... padahal hanya sebuah lagu, tapi sepertinya tenang dan dia melihat kedamaian saat dia koma,... akhirnya karena kekuatan itu, dia sadar dan melahirkan anaknya dengan selamat....  nah, ini anak yang lucu n pinter neh... yang ui gemes  ^-^ :)) :)) :)) jadi OOT

jadi intinya.... terserah dia deh...mau diapain lagi kl memang sudah saling mencintai. kebanyakan orang kl udh saling mencintai biasanya buta dan ngga suka mendengarkan nasehat orang lain. apalagi kl nasehatnya ttg berpisah dengan kekasihnya....  :) jadi mending kita bantu doa aja... semoga bahagia  _/\_

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #23 on: 18 September 2008, 04:08:25 PM »
Iya betul yang menjalani adalah mereka, kita hanya bisa membantu doakan mereka semoga bahagia _/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Che Na

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.010
  • Reputasi: 51
  • Gender: Female
  • "Kesaktian tertinggi adalah berjalan diatas bumi "
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #24 on: 18 September 2008, 04:19:32 PM »
GAn En rekan2 semua.. _/\_
Hari ini saya ada kasih link DC ini langsung pada si A. Dan dia sudah membaca dan mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan semua.
Kesimpulan dia, mereka akan menjalaninya (biar waktu yang menjawab)  _/\_
Ketika Melihat Dengan Hati , Mendengar Dengan Mata ..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #25 on: 18 September 2008, 10:19:14 PM »
Seberapa besarkah cinta itu?............

Apakah si Cowok mau/berani menggendong calon isterinya
keliling perumahannya pagi2... utk menunjukkan cintanya....????
(ya paling tidak 10 keliling begitu....)

pertanyaan : bagaimana mengukur cinta secara mudah? Tolong gw juga dibantu deh!

thanks!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #26 on: 19 September 2008, 08:50:04 AM »
Iya betul yang menjalani adalah mereka, kita hanya bisa membantu doakan mereka semoga bahagia _/\_ :lotus: :)

 _/\_ setujuuuuuuuuuuuuuu! kita cuma bisa membantu doakan [-o< saja semoga mereka bahagia  _/\_
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #27 on: 19 September 2008, 09:43:40 AM »
Seberapa besarkah cinta itu?............

Apakah si Cowok mau/berani menggendong calon isterinya
keliling perumahannya pagi2... utk menunjukkan cintanya....????
(ya paling tidak 10 keliling begitu....)

pertanyaan : bagaimana mengukur cinta secara mudah? Tolong gw juga dibantu deh!

thanks!

saya gendong calon istri saya it's OK! tapi calon istri mau gak? tanpa sebab di gendong keliling2 gitu? emangnya mau pamer or apa? kagak cocok loh, kecuali sang calon istri kaki keseleo saya gendong pulang it's OK! tapi ampe keliling 10x itu namanya bikin pemandangan rusak saja.

kurang bijaksana kalau lakukan itu _/\_ :)
Smile Forever :)

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #28 on: 19 September 2008, 10:02:31 AM »
Seberapa besarkah cinta itu?............

Apakah si Cowok mau/berani menggendong calon isterinya
keliling perumahannya pagi2... utk menunjukkan cintanya....????
(ya paling tidak 10 keliling begitu....)

pertanyaan : bagaimana mengukur cinta secara mudah? Tolong gw juga dibantu deh!

thanks!

saya gendong calon istri saya it's OK! tapi calon istri mau gak? tanpa sebab di gendong keliling2 gitu? emangnya mau pamer or apa? kagak cocok loh, kecuali sang calon istri kaki keseleo saya gendong pulang it's OK! tapi ampe keliling 10x itu namanya bikin pemandangan rusak saja.

kurang bijaksana kalau lakukan itu _/\_ :)

Setuju sekali dgn Bro LotharGuard raja GIF.....

Bro...bagaimana kalau buat acara....
 :whistle: GERAKAN SAYANG/PEDULI PACAR/ISTERI....  :whistle:
jadi berpasangan GENDONG ISTERI/PACAR .... keliling berkali-kali...
dan pemenang pasti dpt hadiah seru deh................

info: penah mengikutin keponakan saya yg nikah di HongKong... tuh pada
pesta tsb dia Menggendong isterinya keliling restoran tsb (didalam)...
terus teman2nya memberi semangat..... seru toh....
(Udah jelas cowoknya masih muda dan FIT.... kalau tua bisa2 sakit jantung dan DUT)

Nanti kalau Bro nikah... Buat kejutan deh..... member DC akan memberi semangat!
« Last Edit: 19 September 2008, 10:04:22 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #29 on: 19 September 2008, 10:06:33 AM »
Setuju sekali dgn Bro LotharGuard raja GIF.....
Bro...bagaimana kalau buat acara....
 :whistle: GERAKAN SAYANG/PEDULI PACAR/ISTERI....  :whistle:
jadi berpasangan GENDONG ISTERI/PACAR .... keliling berkali-kali...
dan pemenang pasti dpt hadiah seru deh................

info: penah mengikutin keponakan saya yg nikah di HongKong... tuh pada
pesta tsb dia Menggendong isterinya keliling restoran tsb (didalam)...
terus teman2nya memberi semangat..... seru toh....
(Udah jelas cowoknya masih muda dan FIT.... kalau tua bisa2 sakit jantung dan DUT)

Nanti kalau Bro nikah... Buat kejutan deh..... member DC akan memberi semangat!
Kalau dibuat acara rame2 gendong istri, itu sih kagak aneh malah akan memberikan sisi positif, tapi kl cuma sendirian sengaja gendong bawa keliling 10x kota :)) dijamin saat 3x putaran udah kena tangkap duluan dituduh membuat resah masyarakat sekitar :))
Smile Forever :)

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #30 on: 19 September 2008, 10:09:51 AM »
boro2x gendong, lari keliling kota 10x aja kgk kuat, apalagi pake gendong :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #31 on: 19 September 2008, 10:10:53 AM »
boro2x gendong, lari keliling kota 10x aja kgk kuat, apalagi pake gendong :))
kalau dibuat acara amal and gendong pacar, saya ikut loh keliling 10x ;D kayaknya romantis banget :))
Smile Forever :)

Offline Che Na

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.010
  • Reputasi: 51
  • Gender: Female
  • "Kesaktian tertinggi adalah berjalan diatas bumi "
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #32 on: 19 September 2008, 10:15:03 AM »
boro2x gendong, lari keliling kota 10x aja kgk kuat, apalagi pake gendong :))

Benteng mode : on  :)) :))
Ketika Melihat Dengan Hati , Mendengar Dengan Mata ..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #33 on: 19 September 2008, 01:12:40 PM »
Setuju sekali dgn Bro LotharGuard raja GIF.....
Bro...bagaimana kalau buat acara....
 :whistle: GERAKAN SAYANG/PEDULI PACAR/ISTERI....  :whistle:
jadi berpasangan GENDONG ISTERI/PACAR .... keliling berkali-kali...
dan pemenang pasti dpt hadiah seru deh................

info: penah mengikutin keponakan saya yg nikah di HongKong... tuh pada
pesta tsb dia Menggendong isterinya keliling restoran tsb (didalam)...
terus teman2nya memberi semangat..... seru toh....
(Udah jelas cowoknya masih muda dan FIT.... kalau tua bisa2 sakit jantung dan DUT)

Nanti kalau Bro nikah... Buat kejutan deh..... member DC akan memberi semangat!
Kalau dibuat acara rame2 gendong istri, itu sih kagak aneh malah akan memberikan sisi positif, tapi kl cuma sendirian sengaja gendong bawa keliling 10x kota :)) dijamin saat 3x putaran udah kena tangkap duluan dituduh membuat resah masyarakat sekitar :))

bagaimana kalau belakangnya ditempelin.....

PERCOBAAN...  :o

atau  :-[

MASIH BELAJAR...

 :P
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #34 on: 24 September 2008, 06:13:26 AM »
saran : sebaiknya tidak dilakukan ..... jangan sampai menyesal dikemudian hari..
berikan saran dan resiko atas perbuatan mereka nanti... jika masi bersikeras, amitofo...  _/\_


Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #35 on: 14 October 2008, 02:23:36 PM »
joke mode : ON

Gw juga ga percaya tuh ama CINTA MATI........  :))

haree gene.........  ^-^

joke mode : OFF

jadi inget cinta mati temen (cowo) di bandung ke sepupunya juga..... dia blg menderitaaa sekali....  ;D

kalo solusi sih, udah banyak dibahas ma rekan2 yang laen lah......

Offline adhimitta

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: 3
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #36 on: 17 October 2008, 11:19:47 PM »
Saya rasa pernikahan antar sepupu dekat (yang berlainan marga) tidak masalah. Papa & mama adalah sepupu . sampe skrg saya dan saudari2 yang lain gak ada masalah tuh. normal aja.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #37 on: 20 October 2008, 04:26:06 PM »
masalah sosial aja bro......

dalam beberapa masyarakat, sepertinya tabu untuk menikah dengan sepupu....

namun dalam beberapa masyarakat lain, justru dianjurkan untuk menikah dengan sepupu sendiri dengan berbagai alasan seperti menjaga kemurnian, menjaga harta keluarga, dll....

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #38 on: 26 March 2009, 05:07:17 PM »
setahu aye kalau sepupuannya mama si A sama mama pacarnya si A kakak adik sich ngak masalah (anak ii) , kalau mama si A adiknya/kakaknya pacarnya si A , itu yang ngak boleh .
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #39 on: 26 March 2009, 07:05:22 PM »
setahu aye kalau sepupuannya mama si A sama mama pacarnya si A kakak adik sich ngak masalah (anak ii) , kalau mama si A adiknya/kakaknya pacarnya si A , itu yang ngak boleh .
Memang jika ditinjau dari segi genetika, jika varian genetika semakin beragam, maka kemungkinan berpasangannya homozigot gen2 resesif yang sifatnya merugikan akan semakin kecil. Namun jika perkawinan antarkerabat (walau kerabaty jauh) baiknya seh dihindari. Karena kemungkinan tersebut lebih besar dibandingkan perkawinan antarnon-kerabat.

Istilah
dominan : gen yang berpotensi untuk memunculkan karakter sifat yang dikandung gen tersebut
resesif : gen yang tidak berpotensi untuk memunculkan karakter sifat yang dikandung gen tersebut
homozigot : gen2 yang berpasangan memiliki kesamaan potensi kemunculan sifat
heterozigot : gen2 yang berpasangan memiliki perbedaan potensi kemunculan sifat
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #40 on: 26 March 2009, 08:29:15 PM »
Mendingan jangan kali yah...kita kan ga tau gen domiinannya dari mana. Buktinya, anak2 yg saudara kandung aja kadang ada yang mirim mami kadang sodaranya mirip papi..Kalo gitu yang dominannya??
kalo pacaran sama anak ii berarti kan kakek neneknya masih syama. Better dipikir mateng2 urusan sosialnya gimana, tinjauan medinya gimana. Eh, kalo nggak salah di buddhis kan ada ya penjelasan mengenai berapa garis keturunan yang dianggap sepupu? Kalo nggak salah aye pernah dengar 3 ke atas, 3 ke samping..(cek lagi yah)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #41 on: 26 March 2009, 08:33:52 PM »
begitu banyak cewek/cowok jomblo bertebaran di dunia ini, tp kok bisa pacaran ama sepupu... apa ini yang sering dibilang ama pujangga bahwa cinta itu buta...

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #42 on: 26 March 2009, 08:50:10 PM »
imho, facaran mah gak apa2, kan cuma pacaran.
nah kalau udah merit , baruuu.. kan percampuran gen
Samma Vayama

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #43 on: 26 March 2009, 09:28:00 PM »
^
^
kurang cocok jika menganut paham pacaran untuk married.. :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #44 on: 27 March 2009, 11:48:34 PM »
Sebaiknya keluarga masing2 berembuk, agar dapat tercapai solusi kira2 bagaimana dampak dari pernikahan yang masih terkait dengan saudara
Dan kedua insan tersebut perlu diminta mempertimbangkan tindakan mereka itu yang tidak lazim bagi masyarakat

Offline Tia

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #45 on: 31 March 2009, 11:12:30 AM »
Pacaran sama sepupuh...???
duh jadi inget pengalaman pribadi hihihi.... ^-^

dulu aku juga pernah tapi sama sepupunya mama jadi aku masih panggil dia kukuh/om karena pacaran eh jadi koko dech  ^-^ tapi mama sama kakak2 dia menentang habis katanya masih saudara ga boleh. terus akhirnya kita pisah terus dapet yang satu marga ga boleh juga  :o uh CPD  #-o  :hammer:

tapi emang bener juga sich klo kata orang tua mang ga boleh kita pacaran sama sepupu takut nanti setelah kita nikah anak2 kita pasti ada yang cacat :( atau klo pas kita ribut hebat nanti takut persaudaraan bisa renggang juga.... ya jadi klo bisa pikir2 lagi d'
Hiasilah hari-harimu dengan senyum manis... ;)

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #46 on: 31 March 2009, 11:15:35 AM »
Pacaran sama sepupuh...???
duh jadi inget pengalaman pribadi hihihi.... ^-^

dulu aku juga pernah tapi sama sepupunya mama jadi aku masih panggil dia kukuh/om karena pacaran eh jadi koko dech  ^-^ tapi mama sama kakak2 dia menentang habis katanya masih saudara ga boleh. terus akhirnya kita pisah terus dapet yang satu marga ga boleh juga  :o uh CPD  #-o  :hammer:

tapi emang bener juga sich klo kata orang tua mang ga boleh kita pacaran sama sepupu takut nanti setelah kita nikah anak2 kita pasti ada yang cacat :( atau klo pas kita ribut hebat nanti takut persaudaraan bisa renggang juga.... ya jadi klo bisa pikir2 lagi d'

Kalau ogut malah dijodohin rame-rame... :hammer:

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.644
  • Reputasi: 67
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #47 on: 01 April 2009, 11:03:52 AM »
Kalau ogut malah dijodohin rame-rame... :hammer:

Wah kalo jadian, bisa kawin massal neh..  :))

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #48 on: 06 April 2009, 12:51:23 AM »
anak DC diundang nggak,om?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #49 on: 19 April 2009, 12:51:06 PM »
bukannya setau tula .. sejak zaman buddha .. kalangan kasta tinggi itu ..  pada kawin2 an antara "sodara" sendiri ? karena di larang ambil dari kasta lain ....

kalo mengenai cinta mati .. ga percaya banget xixixixixi, tp kalo di larang perasaan jg percuma, makin di larang makin memaksa, pudar nya cinta mati baru akan kliatan kalo smua keinginannya telah tercapai ...

sabbe sankhara anicca.

Offline Erman_Huang

  • Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #50 on: 13 April 2016, 02:20:44 AM »
Dear All...
Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).
Jadi "PAPA" dari si A dan "MAMA" pacarnya ini kakak beradik.
Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.
Soalnya post diatas cm bahas hubungan dr mama dengan mama, tidak dibahas hub dr PAPA si cowok dengan Mama dr cewek.
Mohon penjelasan dari member2 skalian. Terima kasih.

Offline hasta2

  • Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: -2
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #51 on: 13 April 2016, 07:49:48 AM »
sudahlah, cinta spt itu tdk boleh dipaksa.
berilah pengertian akan risiko yg mungkin terjadi,
shg masih ada nalarnya.

semua karena saat ini, 2016 ledakan informasi,
termasuk pornograpi dan kedokteran, shg hal spt
dipandang kuno jika dilarang.

menurut mereka,
jika beresiko cacat, janin bisa digugurkan daripada
menderita seumur hidup satu keluarga.dgn komputer,
kesehatan janin bisa dipantau setiap waktu.why worry.

secara dharma, pasangan yg baik berdasarkan sama sila.
ciri yg kelihatan, pekerjaannya sama shg standar etika dan tatakrama sama.komunikasi lancar.

dimasa lalu, pertimbangan menikah dgn keluarga terdekat
adalah karena bibit bebet dan bobot.melihat siapa dia, bukan
siapa saja.pertimbangannya adalah susila.
masalah cacat janin, itu keputusantuhan bukan perbuatan manusia.
itu juga benar di satu sisi u saat ini, karena ada hukum perbuatan
yg menyebabkan janin lahir tdk normal krn perbuatan kepala kelompok  keluarga itu. karma kelompok.
pelimpahan jasa tdk mempan u hal spt ini.

karma memang bukan keturunan, namun terjadi pada kelompok
yg sama.krn perbuatan kepala kelompok itu.


« Last Edit: 13 April 2016, 08:07:23 AM by hasta2 »

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #52 on: 13 April 2016, 12:13:54 PM »
Dear All...
Ada teman saya (laki2) sebut saja namanya Si A.
Sekarang dia sedang kesulitan menjalani kisah percintaannya dengan wanita (sepupunya sendiri).
Jadi "PAPA" dari si A dan "MAMA" pacarnya ini kakak beradik.
Semua keluarga menentang hubungan mereka. Tapi mereka pun tidak bisa dipisahkan (cinta mati ) dan ingin melangsungkan pernikahan.
Soalnya post diatas cm bahas hubungan dr mama dengan mama, tidak dibahas hub dr PAPA si cowok dengan Mama dr cewek.
Mohon penjelasan dari member2 skalian. Terima kasih.

Kalo agama Buddha ga ada masalah. Contohnya Siddharta dengan sepupunya Yasodhara. 

Terus si A lebih tua kan? Lagian she nya gak sama kan? Terus papa A dan mama B saudara kan? 
Kayaknya budaya Tiongkok juga ga ada masalah kalo yang begini.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #53 on: 13 April 2016, 12:47:17 PM »
hmmm... rumit juga ya...

terkadang bukan masalah boleh atau tidak secara adat (entah Buddhis, Tiongkok, dst), tapi kembali lagi ke perasaan ortu sih.
Kan ada ortu yang melarang anaknya menikah dengan suku / ras / agama tertentu.

Jadi kemungkinan solusinya ada 2:
1. meyakinkan kedua belah pihak ortu bahwa menikah dengan sepupu itu tidak apa-apa (dalam artian belum tentu keturunannya nanti akan cacat).
2. mengalah dan menuruti kemauan ortu untuk tidak menikah dengan sepupu.
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #54 on: 13 April 2016, 03:21:53 PM »
Ada resiko yang harus di tanggung bila terjadi cacat pada anak anak

Offline hasta2

  • Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: -2
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #55 on: 13 April 2016, 04:21:36 PM »
menurut dharma, jika kepala keluarga menjaga susila, mata pencarian benar, maka kemungkinan u itu kecil.
.lain persoalan jika kepala keluarga tdk spt itu.

Offline Erman_Huang

  • Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #56 on: 17 April 2016, 10:47:19 AM »
Kalo agama Buddha ga ada masalah. Contohnya Siddharta dengan sepupunya Yasodhara. 

Terus si A lebih tua kan? Lagian she nya gak sama kan? Terus papa A dan mama B saudara kan? 
Kayaknya budaya Tiongkok juga ga ada masalah kalo yang begini.
Iya sih, si A lbh tua n beda she kok.
papa A dan mama B masih saudara kandung.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: TOlong .... PAcaran dengan Sepupu ???
« Reply #57 on: 26 April 2016, 10:00:50 PM »
Ya tinggal pilih aja, secara tradisi dan agama kan ga masalah berarti, cuma masalah keluarga. 
Pilih keluarga atau cinta atau cari jalan lain buat keduanya.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days