Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Konsultasi AC Rumah Anda disini!  (Read 67722 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #15 on: 23 September 2013, 06:11:05 PM »
Ralat, bukan evaporator, melainkan kondensator.
1 apakah pemasangan ac baru (split) dpt dilakukan sendiri,
mengingat didalamnya udah terdapat installation guide ?

2 hal2 penting apakah yg hrs diperhatikan kalao mau pasang sendiri ? nahhh

 _/\_ :o

3 kenapa ac paling kecil 1/2 pk ? kog gak ada yg 1/4 pk ? apa alasannya ?

4 adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

5 apakah pernah mendengar selimut dingin ? (kalao selimut panas udah pernah ya)
« Last Edit: 23 September 2013, 06:13:14 PM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #16 on: 23 September 2013, 06:16:41 PM »
Quote
Jangan tanya saya merek AC apa yang paling bagus, AC yang bagus ialah yang hemat listrik.

ac yg baik menurut cumpol....

1. dinginnya cepat
2. nyaris tak bersuara
3. Total cost of ownershipnya RENDAH....
4. fitur2 menarik ionizer, virus killer, timer, sleep mode, ecopatrol, dst...
5. mudah dibersihkan, mudah dilepas utk pencucian, tidak mudah karat,
    dan unit listrik gak mudah basah sewaktu cuci...
6. romote kontrol punya setting locked, jatuh gak rusak...
7, design menarik....

dan banyak lagi lahh
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #17 on: 23 September 2013, 06:26:26 PM »
bagaimana merubah ac mobil, menjadi personal AC di rumah ? nahhh.....
kira2 butuh duit berapa ya ?

kenapa disebut air conditioner...

bukan air cooler ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #18 on: 23 September 2013, 06:35:25 PM »
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?


Quote
Daya listrik pada AC sebagian besar dikonsumsi oleh kompresor.
dptkan penggerakan kompressor diganti dgn kincir angin atao air terjun ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #19 on: 23 September 2013, 07:45:48 PM »
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?

dptkan penggerakan kompressor diganti dgn kincir angin atao air terjun ?
=))
asli ngakak..
perumahan pake AC dengan "kompressor" air terjun / kincir angin ? :))
andai bisa, cost bikin air terjun buatan / kincir angin jauh lebih besar dibanding beli kompressor :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #20 on: 23 September 2013, 09:00:26 PM »
=))
asli ngakak..
perumahan pake AC dengan "kompressor" air terjun / kincir angin ? :))
andai bisa, cost bikin air terjun buatan / kincir angin jauh lebih besar dibanding beli kompressor :))
jangan2 bro Forte pikir cumpol lagi makan salah obat.....

1. kalo kita lewat sedati ke tempat pelelangan ikan... disono terdpt banyak tambak..
dan spt ada angin kencang...nahhh mereka itu menggunakan kincir angin (made in Indo), yg sangat sederhana utk memompa air dari parit ke tambak....kalo anginnya lagi kencang kebutannya luar biasa...berapa harga kincir angin ini.... spt nya murahlah... dari bambu2 dan panpan yg bekas.... kalo rumahnya dekat pantai...wahhh kincirnya bisa kebut2an.....

2. soal air terjun....nahhh memang ini bukan air terjun yg spt dibawangkan....
   daerah tertentu.... tekanan airnya pada malam hari sangatlah kencang...
   sehingga bisa naik ke lt2.... jadi kalao disana dibuat tempat penampungan.....
   airnya bisa diterjunkan kebawah (bak penampungan lagi),...sehingga siang hari air
   tsb kembali ke pipa2nya..... dgn kata lain... kita tidak memakai airnya, tapi pada
   malam hari mempergunakan tekanannya yg GRATIS..... siang hari dikembalikan....

utk ac rumah mungkin kebesaran....(kekurangan energynya)... nah
kalao point 1 n 2 dipakai utk menggerakan AC mobil gimana ? plz ada solusi kagak ?

mohon jangan ngakak lhooo bro Forte.... :P :P

kenapa gak diciptakan selimut pendingin...mungkin ini bisa lebih irit powernya dari pada ac ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #21 on: 24 September 2013, 12:38:10 AM »
adalah suatu kesalahan kalao ventilasi ditutup, tapi selah2 pintu, terutama celah dibawah pintu daun yg tidak rapat....

kondisi celah pintu dibawah inilah yg akan dgn ganas menarik HAWA DINGIN keluar..., karna secara teori udara dingin adalah lebih BERAT dari udara panas....

jadi yg hrs dipikirkan bagaimana mensuply oksigen (udara segar) keruangan, tanpa MENGEMBOSIN, udara sejuknya....(ingat udara paling dingin ada diarea bawah ruangan)....

mohon solusi sempurnanya....

Tidak ada pilihan lain selain menutup rapat ventilasi, bagaimana pun juga udara dingin tetap saja akan keluar dari sela pintu ataupun penutup ventilasi yang dibuat dengan sedikit celah. Karena memang tidak baik berada lama di ruang AC karena sirkulasi oksigen yang kurang.


pertanyaan : unit AC menjalankan tugasnya dgn menggunakan kompressor utk mengkompress freon yg telah berubah jadi gas kembali menjadi cair lagi...nahhh pekerjaan ini menimbulkan PANAS, apakah panas yg ditimbulkan dpt digunakan utk membuat air hangan sebagai air mandi ?..... mohon designnya spt apa?
Pasti bisa dimanfaatin, untuk designnya jujur aja saya belum pernah buat, lagipula itu sdh diluar masalah pendingin.
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #22 on: 24 September 2013, 12:39:08 AM »
baru sadar, promosi ini tidak dilengkapin dgn no telp.....tulalit tulalit....? bisa hubungin ......kemana nih...
Sengaja bos, tunggu webnya selesai aja, baru promosi besar2an ;D
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #23 on: 24 September 2013, 12:44:04 AM »
Saya ada satu pertanyaan, katanya pipa antara indoor dan outdoor tidak boleh terlalu panjang, karena
akan menyebabkan penurunan kekuatan pendinginan dari ac.


Apakah benar?


Apa teorinya?

Sesuai standart internasional

AC baru, pipa min. 4m - max. 12m utk 1/2pk - 2pk
AC lama/second, pipa min. 3m - max. 7m utk 1/2pk - 2pk

Alasannya, performa piston pada kompresor baru lebih baik ketimbang kompresor lama.
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #24 on: 24 September 2013, 12:48:31 AM »
adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

mohonmasukannyayaaaa :P

Bisa dong bos, kincir angin masuk kedalam generator lalu ke baterai penyimpanan listrik, nah colok deh kabel AC nya, nyala, segerrrrrrr.... ;D
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #25 on: 24 September 2013, 12:49:39 AM »
*thread nya Elin pindah yach..*  ;D

makasih cici
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #26 on: 24 September 2013, 01:20:01 AM »
ada pertanyaan tambahan.


diatas disebutkan indoor harus lebih tinggi daripada outdoor, untuk menghindari oli masuk ke indoor.


Dulu pernah googling, instalasi yang baik adalah outdoor harus lebih tinggi dari indoor karena:
freon yang masuk dari outdoor ke indoor berupa cairan, nature cairan akan mengalir ke bawah.
Sedangkan freon yang berasal dari indoor ke outdoor adalah berupa gas, sehingga lebih gampang mengalir.


Dengan begitu, kinerja unit ac akan jadi maksimal.


Bagaimana pendapat teman2?

Indoor harus lebih tinggi dari outdoor karena didalam outdoor ada kompresor yang didalam nya terdapat oli sebagai pelumas piston, dikhawatirkan bila outdoor lebih tinggi dari indoor oli kompresor akan terbawa ke ke indoor/terdorong kearah bawah dan tidak dapat naik kembali kedalam kompresor, hal ini akan menyebabkan pelumasan piston akan berkurang dan menjadi panas. Pendinginan akan tetap terjadi dengan freon bentuk cair ataupun gas.
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #27 on: 24 September 2013, 01:31:38 AM »
1 apakah pemasangan ac baru (split) dpt dilakukan sendiri,
mengingat didalamnya udah terdapat installation guide ?

2 hal2 penting apakah yg hrs diperhatikan kalao mau pasang sendiri ? nahhh

 _/\_ :o

3 kenapa ac paling kecil 1/2 pk ? kog gak ada yg 1/4 pk ? apa alasannya ?

4 adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

5 apakah pernah mendengar selimut dingin ? (kalao selimut panas udah pernah ya)

1. Kalau tau cara pasangnya kenapa gak. Kalau butuh bantuan, hubungi teknisi AC yang sdh pengalaman.
2. Posisi indoor dan outdoor, kunci-kunci, pengaman, proses vakum dan keyakinan.
3. Wah ini saya gak tau
4. udah saya jawab
5. Didalamnya diisi freon :P
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #28 on: 24 September 2013, 01:32:45 AM »
ac yg baik menurut cumpol....

1. dinginnya cepat
2. nyaris tak bersuara
3. Total cost of ownershipnya RENDAH....
4. fitur2 menarik ionizer, virus killer, timer, sleep mode, ecopatrol, dst...
5. mudah dibersihkan, mudah dilepas utk pencucian, tidak mudah karat,
    dan unit listrik gak mudah basah sewaktu cuci...
6. romote kontrol punya setting locked, jatuh gak rusak...
7, design menarik....

dan banyak lagi lahh

Pasti mahal dengan fitur sebanyak itu ckckckckck
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.

Offline Chan Ming

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 325
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
« Reply #29 on: 24 September 2013, 01:39:34 AM »
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?

Sesuai kebutuhan aja, untuk AC baru min. 4m. Yang lebih untung ya teknisi nya :P , biasa kalau customer beli AC baru disaya, saya konfirmasi ke mereka bahwa teknisi saya bawa pipa 5m, jadi meminimalisir di catut teknisi.
Buddha KTP
Namah Saptanam Samyaksam Buddha Kotinam
Tadyatha Om Cale Cule Cundi Svaha.