Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Komunitas => Kafe Jongkok => Topic started by: Chan Ming on 21 September 2013, 08:46:30 PM

Title: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 21 September 2013, 08:46:30 PM
Dear Sahabat,

Bagi yang mau konsultasi sekitar permasalahan AC silahkan tanya disini, sebisa mungkin akan saya jawab. Saya baru buka usaha AC sendiri di daerah Jakarta Barat, sebelumnya saya kerja dengan orang lain. Bila sahabat butuh cuci service AC atau jual beli AC silahkan hubungi saya, saat ini webnya sedang dalam pengembangan.

Kalau salah kamar tolong di pindah  ;D
Kalau sepi tolong di delete cici Elin   :))


Bukan saya merasa hebat atau lebih tahu, gak sama sekali, diluar sana banyak yang lebih Mahir dari saya, saya hanya mau berbagi pengetahuan tentang AC berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi selama ini, kalaupun ada kesalahan tolong dikoreksi untuk dijadikan masukan bagi saya.

Tujuan dibuat thread ini ialah agar kita lebih tahu permasalahan AC kita sebelum memanggil teknisi dan juga tidak dibohongi " " ^-^ .
Mungkin member disini ada yang menjadi teknisi AC yang handal, saya mohon ijin untuk berbagi pengetahuan saya  _/\_ .

Jangan tanya saya merek AC apa yang paling bagus, AC yang bagus ialah yang hemat listrik.

Agar AC panjang umur :
1. Sebelum membeli AC, tentukan ukuran PK/BTU (Paard  Kracht/Daya Kuda) / (British Thermal Unit) nya sesuaikan dengan besarnya ruangan. AC yang terlalu besar dibanding luas ruangan akan membuat boros listrik sebaliknya AC yang terlalu kecil dibanding dengan luas ruangan akan membuat boros listrik juga karena pendinginan suhu ruangan akan berlangsung lama. Disini saya terangkan rumus perhitungannya:


P = Panjang Ruangan
L = Lebar Ruangan
500 = Besaran baku BTU untuk satuan meter

P x L x 500 = BTU

-----------------------------------
Persamaan BTU dengan PK
-----------------------------------
5000 BTU = 1/2 PK
7000 BTU = 3/4 PK
9000 BTU = 1 PK
12000 BTU = 1 1/2 PK
18000 BTU = 2 PK

-----------------------------------

Contoh : panjang ruangan saya 4 m dan luas 3, maka 4 x 3 x 500 = 6000 BTU, maka jika dilihat persamaan diatas AC yang kita butuhkan untuk ruangan saya ialah cukup dengan 3/4 PK.

2. Pemasangan, baiknya indoor lebih tinggi daripada outdoor agar oli kompresor tidak ikut masuk kedalam pipa yang mengarah ke indoor, bila terpaksa, buatlah jebakan oli (teknisi suka malas buat ini ^-^ , suruh teknisinya buat ya kalau outdoornya lbh tinggi ). Tempatkan outdoor pada bagian teduh sisi bangunan, baiknya jangan langsung kena terpaan matahari, karena akan menurunkan efisiensi AC, bila terpaksa, tutup bagian atas outdoor dengan lembaran canopy atau lainnya. Jangan menempatkan outdoor didalam ruangan , karena mengganggu sirkulasi udara ruangan akan menjadi panas.

3. Periksalah filter AC sebulan sekali, jika dipenuhi debu segera lepas dan cuci karena akan menghambat aliran udara yang menyebabkan listrik boros dan kerja berat kompresor. Lakukan pencucian menyeluruh indoor dan outdoor maksimal 3 bulan sekali.

4. Tutup ventilasi ruangan, hal ini dapat menyebabkan pendinginan ruangan menjadi lama karena udara dingin yang dihasilkan oleh AC terbuang melalui ventilasi ruangan atau pintu ruangan yang dibiarkan terbuka, boros listrik dan kerja berat kompresor.

5. Setting Suhu, saat baru menyalakan AC jangan langsung setel suhu terendah misalnya di AC saya 16ยบ C karena percuma AC tidak akan langsung mendinginkan ruangan sedangkan kompresor dipaksa bekerja tiba2 dengan cepat.

6. AC tidak dingin, jangan paksa menyalakan AC bila sudah tidak dingin karena akan merusak dan memperpendek umur kompresor segera panggil teknisi AC untuk diperiksa.

Salam  _/\_

Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 21 September 2013, 10:51:15 PM
cumpol tidak usaha AC, tapi selalu tertarik dgn banyak hal....jadi ikut beri pandangan
yg semoga tidak buat jenggot terbakar ya...

1. tidak benar kalao AC 1/2 PK akan menghasilkan 5000 BTU, coba lebih jeli lagi
    mencari n memilih, ada pabrik yg dpt menghasil BTU lebih tinggi...
    salah satunya merek huruf depannya M.....


1b. hitungan P x L x 500 = BTU tidak selalu benar...
     faktor lain yg hrs dipertimbangkan adalah...
     a. bagaimana insulation pada ruang tsb
     b. bagaimana kebocoran/tiupan angin pd ruang tsb..
     c. apakah sinar matahari berpengaruh pada ruang tsb
         (apa menghadap ke matahari) ?
     d. apa isi ruang tsb... (20 murid, atao 20 sumo) ?
     e. juga apa aktifitas ruang tsb...(apakah dipakai utk industri dll)
     f. seberapa sering pintu dibuka/ditutup ?

2. hal2 yg jauh lebih penting adalah sewaktu memasang ac baru...
   sebelum kran freon dialirkan kedalam evaporator, pipa2 yg belum
   dialirkan freon harus DI VACUUM... karna udara/uap air akan menurun
   kan kinerja AC, tapi teknisi lokal...sama sekali tidak perduli dgn yg ini..

2b. pipa yg terpasang jangan terlalu pendek (spt 1M), kelebihan pipa (tembaga)
    sedapat mungkin digulung aja (3M gitu), sehingga memberi ruang bagi
    kompressor utk bekerja lebih optimal..

3. periksa filter ac jangka sebulan sekali jugalah tidak benar...
    karna cepat atao lambatnya filter AC itu kotor tergantung dari kondisi ruang tsb...
    utk kelas berisi anak sekolah 20, seminggu filter udah sangat kotor...
    ...kalao diruang yg tanpa debu, 10thn pun gak bakal kotor....

4. menutup ventilasi ruanganpun hrs dgn cara benar...
   bila terlalu rapet2...nanti kalao kagak ada osigen yg masuk gimana ? nahhh

5. soal setting suhu,... utk tidur bisa pakai SLEEP MODE, dan timer...setiap jam 5 pagi OFF

6. AC tidak dingin, jangan ragu2, n cepat telpon Chan Ming...
    semangkin lama anda menunggu, semangkin rugi akan jadinya...
    tidak dingin,...ahhh pakai kipas dulu ya...

sementara masukan cumpol yg ini dulu....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 21 September 2013, 10:59:11 PM
bagaimana memilih AC yg baik ? nahhh
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 21 September 2013, 11:43:30 PM
cumpol tidak usaha AC, tapi selalu tertarik dgn banyak hal....jadi ikut beri pandangan
yg semoga tidak buat jenggot terbakar ya...

1. tidak benar kalao AC 1/2 PK akan menghasilkan 5000 BTU, coba lebih jeli lagi
    mencari n memilih, ada pabrik yg dpt menghasil BTU lebih tinggi...
    salah satunya merek huruf depannya M.....



1b. hitungan P x L x 500 = BTU tidak selalu benar...
     faktor lain yg hrs dipertimbangkan adalah...
     a. bagaimana insulation pada ruang tsb
     b. bagaimana kebocoran/tiupan angin pd ruang tsb..
     c. apakah sinar matahari berpengaruh pada ruang tsb
         (apa menghadap ke matahari) ?
     d. apa isi ruang tsb... (20 murid, atao 20 sumo) ?
     e. juga apa aktifitas ruang tsb...(apakah dipakai utk industri dll)
     f. seberapa sering pintu dibuka/ditutup ?

1/2 pk = 5000 BTU umum untuk hampir semua merk.
Rumus perhitungan yang saya sampaikan berdasarkan asumsi ruangan yang umum,  dapat dijadikan acuan bukan keharusan, pada akhirnya tetap seperti yg Cumi Polos sampaikan, hasil rumusan di gabung dengan kondisi ruangan yang akan dipasang unit.

2. hal2 yg jauh lebih penting adalah sewaktu memasang ac baru...
   sebelum kran freon dialirkan kedalam evaporator, pipa2 yg belum
   dialirkan freon harus DI VACUUM... karna udara/uap air akan menurun
   kan kinerja AC, tapi teknisi lokal...sama sekali tidak perduli dgn yg ini..

2b. pipa yg terpasang jangan terlalu pendek (spt 1M), kelebihan pipa (tembaga)
    sedapat mungkin digulung aja (3M gitu), sehingga memberi ruang bagi
    kompressor utk bekerja lebih optimal..
Setuju

3. periksa filter ac jangka sebulan sekali jugalah tidak benar...
    karna cepat atao lambatnya filter AC itu kotor tergantung dari kondisi ruang tsb...
    utk kelas berisi anak sekolah 20, seminggu filter udah sangat kotor...
    ...kalao diruang yg tanpa debu, 10thn pun gak bakal kotor....
Ya sekali lagi asumsi ruangan yang umum tidak spesifik ruang kelas.

4. menutup ventilasi ruanganpun hrs dgn cara benar...
   bila terlalu rapet2...nanti kalao kagak ada osigen yg masuk gimana ? nahhh
Walaupun ventilasi ditutup serapat mungkin, masih ada sela-sela pintu bro hahahahahaha.


5. soal setting suhu,... utk tidur bisa pakai SLEEP MODE, dan timer...setiap jam 5 pagi OFF
Setuju

6. AC tidak dingin, jangan ragu2, n cepat telpon Chan Ming...
    semangkin lama anda menunggu, semangkin rugi akan jadinya...
    tidak dingin,...ahhh pakai kipas dulu ya...
^:)^ ^:)^ ^:)^ terima kasih ud dibantu promosi hahahahaahahahaha
Empat Jempol buat bro Cumi Polos, penjelasannya sangat mendetail  ^:)^ terima kasih.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 21 September 2013, 11:44:46 PM
bagaimana memilih AC yg baik ? nahhh
Mungkin kalau ada salah satu merk mensponsori saya boleh nanti saya sebut.....nahhhhhhhh  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 22 September 2013, 06:27:01 AM
Quote
4. Walaupun ventilasi ditutup serapat mungkin, masih ada sela-sela pintu bro hahahahahaha.

adalah suatu kesalahan kalao ventilasi ditutup, tapi selah2 pintu, terutama celah dibawah pintu daun yg tidak rapat....

kondisi celah pintu dibawah inilah yg akan dgn ganas menarik HAWA DINGIN keluar..., karna secara teori udara dingin adalah lebih BERAT dari udara panas....

jadi yg hrs dipikirkan bagaimana mensuply oksigen (udara segar) keruangan, tanpa MENGEMBOSIN, udara sejuknya....(ingat udara paling dingin ada diarea bawah ruangan)....

mohon solusi sempurnanya....


pertanyaan : unit AC menjalankan tugasnya dgn menggunakan kompressor utk mengkompress freon yg telah berubah jadi gas kembali menjadi cair lagi...nahhh pekerjaan ini menimbulkan PANAS, apakah panas yg ditimbulkan dpt digunakan utk membuat air hangan sebagai air mandi ?..... mohon designnya spt apa?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 22 September 2013, 06:28:19 AM
Quote
^:)^ ^:)^ ^:)^ terima kasih ud dibantu promosi hahahahaahahahaha
Empat Jempol buat bro Cumi Polos, penjelasannya sangat mendetail  ^:)^ terima kasih.
baru sadar, promosi ini tidak dilengkapin dgn no telp.....tulalit tulalit....? bisa hubungin ......kemana nih...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 22 September 2013, 09:59:35 PM
adalah suatu kesalahan kalao ventilasi ditutup, tapi selah2 pintu, terutama celah dibawah pintu daun yg tidak rapat....

kondisi celah pintu dibawah inilah yg akan dgn ganas menarik HAWA DINGIN keluar..., karna secara teori udara dingin adalah lebih BERAT dari udara panas....

jadi yg hrs dipikirkan bagaimana mensuply oksigen (udara segar) keruangan, tanpa MENGEMBOSIN, udara sejuknya....(ingat udara paling dingin ada diarea bawah ruangan)....

mohon solusi sempurnanya....


pertanyaan : unit AC menjalankan tugasnya dgn menggunakan kompressor utk mengkompress freon yg telah berubah jadi gas kembali menjadi cair lagi...nahhh pekerjaan ini menimbulkan PANAS, apakah panas yg ditimbulkan dpt digunakan utk membuat air hangan sebagai air mandi ?..... mohon designnya spt apa?


Sudah ada yg jual, setau saya merk wika ada.

Hasil dari googling, pipa dari indoor masuk ke outdoor, setelah melewati kompresor baru masuk ke tangki air, kemudian baru ke evaporator.
Kalo gak salah ingat.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 22 September 2013, 10:01:24 PM
Saya ada satu pertanyaan, katanya pipa antara indoor dan outdoor tidak boleh terlalu panjang, karena
akan menyebabkan penurunan kekuatan pendinginan dari ac.


Apakah benar?


Apa teorinya?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 22 September 2013, 11:01:14 PM
Sudah ada yg jual, setau saya merk wika ada.

Hasil dari googling, pipa dari indoor masuk ke outdoor, setelah melewati kompresor baru masuk ke tangki air, kemudian baru ke evaporator.
Kalo gak salah ingat.
bagaimana kalao kita buat sendiri aja... ac kan udah ada... tinggal beli pipa kuningan di toko alat2 ac... nahhhhh
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 22 September 2013, 11:03:58 PM
Saya ada satu pertanyaan, katanya pipa antara indoor dan outdoor tidak boleh terlalu panjang, karena
akan menyebabkan penurunan kekuatan pendinginan dari ac.


Apakah benar?


Apa teorinya?
ya karna kekuatan kompressor hanya utk 6 s/d 8 meter begitu....
lebih panjang...tentu daya dorongnya akan berkurang....
karna hrs mendorong sejumlah cairan/freon volume x 6 meter...

Mohon koreksi kalo salah ya...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 22 September 2013, 11:04:46 PM
adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

mohonmasukannyayaaaa :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Elin on 23 September 2013, 12:03:25 AM
*thread nya Elin pindah yach..*  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 23 September 2013, 10:32:32 AM
ada pertanyaan tambahan.


diatas disebutkan indoor harus lebih tinggi daripada outdoor, untuk menghindari oli masuk ke indoor.


Dulu pernah googling, instalasi yang baik adalah outdoor harus lebih tinggi dari indoor karena:
freon yang masuk dari outdoor ke indoor berupa cairan, nature cairan akan mengalir ke bawah.
Sedangkan freon yang berasal dari indoor ke outdoor adalah berupa gas, sehingga lebih gampang mengalir.


Dengan begitu, kinerja unit ac akan jadi maksimal.


Bagaimana pendapat teman2?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 23 September 2013, 10:40:34 AM
Sudah ada yg jual, setau saya merk wika ada.

Hasil dari googling, pipa dari indoor masuk ke outdoor, setelah melewati kompresor baru masuk ke tangki air, kemudian baru ke evaporator.
Kalo gak salah ingat.

Ralat, bukan evaporator, melainkan kondensator.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 September 2013, 06:11:05 PM
Ralat, bukan evaporator, melainkan kondensator.
1 apakah pemasangan ac baru (split) dpt dilakukan sendiri,
mengingat didalamnya udah terdapat installation guide ?

2 hal2 penting apakah yg hrs diperhatikan kalao mau pasang sendiri ? nahhh

 _/\_ :o

3 kenapa ac paling kecil 1/2 pk ? kog gak ada yg 1/4 pk ? apa alasannya ?

4 adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

5 apakah pernah mendengar selimut dingin ? (kalao selimut panas udah pernah ya)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 September 2013, 06:16:41 PM
Quote
Jangan tanya saya merek AC apa yang paling bagus, AC yang bagus ialah yang hemat listrik.

ac yg baik menurut cumpol....

1. dinginnya cepat
2. nyaris tak bersuara
3. Total cost of ownershipnya RENDAH....
4. fitur2 menarik ionizer, virus killer, timer, sleep mode, ecopatrol, dst...
5. mudah dibersihkan, mudah dilepas utk pencucian, tidak mudah karat,
    dan unit listrik gak mudah basah sewaktu cuci...
6. romote kontrol punya setting locked, jatuh gak rusak...
7, design menarik....

dan banyak lagi lahh
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 September 2013, 06:26:26 PM
bagaimana merubah ac mobil, menjadi personal AC di rumah ? nahhh.....
kira2 butuh duit berapa ya ?

kenapa disebut air conditioner...

bukan air cooler ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 September 2013, 06:35:25 PM
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?


Quote
Daya listrik pada AC sebagian besar dikonsumsi oleh kompresor.
dptkan penggerakan kompressor diganti dgn kincir angin atao air terjun ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Forte on 23 September 2013, 07:45:48 PM
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?

dptkan penggerakan kompressor diganti dgn kincir angin atao air terjun ?
=))
asli ngakak..
perumahan pake AC dengan "kompressor" air terjun / kincir angin ? :))
andai bisa, cost bikin air terjun buatan / kincir angin jauh lebih besar dibanding beli kompressor :))
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 September 2013, 09:00:26 PM
=))
asli ngakak..
perumahan pake AC dengan "kompressor" air terjun / kincir angin ? :))
andai bisa, cost bikin air terjun buatan / kincir angin jauh lebih besar dibanding beli kompressor :))
jangan2 bro Forte pikir cumpol lagi makan salah obat.....

1. kalo kita lewat sedati ke tempat pelelangan ikan... disono terdpt banyak tambak..
dan spt ada angin kencang...nahhh mereka itu menggunakan kincir angin (made in Indo), yg sangat sederhana utk memompa air dari parit ke tambak....kalo anginnya lagi kencang kebutannya luar biasa...berapa harga kincir angin ini.... spt nya murahlah... dari bambu2 dan panpan yg bekas.... kalo rumahnya dekat pantai...wahhh kincirnya bisa kebut2an.....

2. soal air terjun....nahhh memang ini bukan air terjun yg spt dibawangkan....
   daerah tertentu.... tekanan airnya pada malam hari sangatlah kencang...
   sehingga bisa naik ke lt2.... jadi kalao disana dibuat tempat penampungan.....
   airnya bisa diterjunkan kebawah (bak penampungan lagi),...sehingga siang hari air
   tsb kembali ke pipa2nya..... dgn kata lain... kita tidak memakai airnya, tapi pada
   malam hari mempergunakan tekanannya yg GRATIS..... siang hari dikembalikan....

utk ac rumah mungkin kebesaran....(kekurangan energynya)... nah
kalao point 1 n 2 dipakai utk menggerakan AC mobil gimana ? plz ada solusi kagak ?

mohon jangan ngakak lhooo bro Forte.... :P :P

kenapa gak diciptakan selimut pendingin...mungkin ini bisa lebih irit powernya dari pada ac ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 12:38:10 AM
adalah suatu kesalahan kalao ventilasi ditutup, tapi selah2 pintu, terutama celah dibawah pintu daun yg tidak rapat....

kondisi celah pintu dibawah inilah yg akan dgn ganas menarik HAWA DINGIN keluar..., karna secara teori udara dingin adalah lebih BERAT dari udara panas....

jadi yg hrs dipikirkan bagaimana mensuply oksigen (udara segar) keruangan, tanpa MENGEMBOSIN, udara sejuknya....(ingat udara paling dingin ada diarea bawah ruangan)....

mohon solusi sempurnanya....

Tidak ada pilihan lain selain menutup rapat ventilasi, bagaimana pun juga udara dingin tetap saja akan keluar dari sela pintu ataupun penutup ventilasi yang dibuat dengan sedikit celah. Karena memang tidak baik berada lama di ruang AC karena sirkulasi oksigen yang kurang.


pertanyaan : unit AC menjalankan tugasnya dgn menggunakan kompressor utk mengkompress freon yg telah berubah jadi gas kembali menjadi cair lagi...nahhh pekerjaan ini menimbulkan PANAS, apakah panas yg ditimbulkan dpt digunakan utk membuat air hangan sebagai air mandi ?..... mohon designnya spt apa?
Pasti bisa dimanfaatin, untuk designnya jujur aja saya belum pernah buat, lagipula itu sdh diluar masalah pendingin.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 12:39:08 AM
baru sadar, promosi ini tidak dilengkapin dgn no telp.....tulalit tulalit....? bisa hubungin ......kemana nih...
Sengaja bos, tunggu webnya selesai aja, baru promosi besar2an ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 12:44:04 AM
Saya ada satu pertanyaan, katanya pipa antara indoor dan outdoor tidak boleh terlalu panjang, karena
akan menyebabkan penurunan kekuatan pendinginan dari ac.


Apakah benar?


Apa teorinya?

Sesuai standart internasional

AC baru, pipa min. 4m - max. 12m utk 1/2pk - 2pk
AC lama/second, pipa min. 3m - max. 7m utk 1/2pk - 2pk

Alasannya, performa piston pada kompresor baru lebih baik ketimbang kompresor lama.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 12:48:31 AM
adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

mohonmasukannyayaaaa :P

Bisa dong bos, kincir angin masuk kedalam generator lalu ke baterai penyimpanan listrik, nah colok deh kabel AC nya, nyala, segerrrrrrr.... ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 12:49:39 AM
*thread nya Elin pindah yach..*  ;D

makasih cici
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 01:20:01 AM
ada pertanyaan tambahan.


diatas disebutkan indoor harus lebih tinggi daripada outdoor, untuk menghindari oli masuk ke indoor.


Dulu pernah googling, instalasi yang baik adalah outdoor harus lebih tinggi dari indoor karena:
freon yang masuk dari outdoor ke indoor berupa cairan, nature cairan akan mengalir ke bawah.
Sedangkan freon yang berasal dari indoor ke outdoor adalah berupa gas, sehingga lebih gampang mengalir.


Dengan begitu, kinerja unit ac akan jadi maksimal.


Bagaimana pendapat teman2?

Indoor harus lebih tinggi dari outdoor karena didalam outdoor ada kompresor yang didalam nya terdapat oli sebagai pelumas piston, dikhawatirkan bila outdoor lebih tinggi dari indoor oli kompresor akan terbawa ke ke indoor/terdorong kearah bawah dan tidak dapat naik kembali kedalam kompresor, hal ini akan menyebabkan pelumasan piston akan berkurang dan menjadi panas. Pendinginan akan tetap terjadi dengan freon bentuk cair ataupun gas.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 01:31:38 AM
1 apakah pemasangan ac baru (split) dpt dilakukan sendiri,
mengingat didalamnya udah terdapat installation guide ?

2 hal2 penting apakah yg hrs diperhatikan kalao mau pasang sendiri ? nahhh

 _/\_ :o

3 kenapa ac paling kecil 1/2 pk ? kog gak ada yg 1/4 pk ? apa alasannya ?

4 adakah AC yg digerakan dgn kincir angin atao kincir air ?

5 apakah pernah mendengar selimut dingin ? (kalao selimut panas udah pernah ya)

1. Kalau tau cara pasangnya kenapa gak. Kalau butuh bantuan, hubungi teknisi AC yang sdh pengalaman.
2. Posisi indoor dan outdoor, kunci-kunci, pengaman, proses vakum dan keyakinan.
3. Wah ini saya gak tau
4. udah saya jawab
5. Didalamnya diisi freon :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 01:32:45 AM
ac yg baik menurut cumpol....

1. dinginnya cepat
2. nyaris tak bersuara
3. Total cost of ownershipnya RENDAH....
4. fitur2 menarik ionizer, virus killer, timer, sleep mode, ecopatrol, dst...
5. mudah dibersihkan, mudah dilepas utk pencucian, tidak mudah karat,
    dan unit listrik gak mudah basah sewaktu cuci...
6. romote kontrol punya setting locked, jatuh gak rusak...
7, design menarik....

dan banyak lagi lahh

Pasti mahal dengan fitur sebanyak itu ckckckckck
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 01:39:34 AM
kalao kita membeli ac baru dan diberi pipa freon 5m...

sebaiknya dipasang 5m, atao dipotong menjadi 3m ?...
manakah yg lebih menguntungkan ?
  (biasanya sisa potonganpun dibawa pulang teknisi) ?

Sesuai kebutuhan aja, untuk AC baru min. 4m. Yang lebih untung ya teknisi nya :P , biasa kalau customer beli AC baru disaya, saya konfirmasi ke mereka bahwa teknisi saya bawa pipa 5m, jadi meminimalisir di catut teknisi.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 03:27:50 AM
Quote
Tidak ada pilihan lain selain menutup rapat ventilasi, bagaimana pun juga udara dingin tetap saja akan keluar dari sela pintu ataupun penutup ventilasi yang dibuat dengan sedikit celah. Karena memang tidak baik berada lama di ruang AC karena sirkulasi oksigen yang kurang.

supaya ruang ac selalu nyaman dan efisien,... adakah alat OXIGEN generator ? dan oxigen meter yg dpt menunjukan kadar oxigen di ruang tsb ? nahhh

klo ac rumah tertera 1/2pk, 1pk,..dst

bagaimana dgn ac mobil ? itu sebenarnya berapa pk ?

pernahkah melihat ac mobil tsb dipasang dirumah ?

apakah pengendara sepeda motor juga bisa mendptkan fasilitas ac ? caranya ?

ohh satu lagi, kalo pemasangan ac baru itu pipa2nya di vacumm.... taukah berapa psi kevacuman tsb ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 08:08:31 AM
supaya ruang ac selalu nyaman dan efisien,... adakah alat OXIGEN generator ? dan oxigen meter yg dpt menunjukan kadar oxigen di ruang tsb ? nahhh

ada yang portable, seperti standing AC tapi lbh pendek.

klo ac rumah tertera 1/2pk, 1pk,..dst

bagaimana dgn ac mobil ? itu sebenarnya berapa pk ?

pernahkah melihat ac mobil tsb dipasang dirumah ?

apakah pengendara sepeda motor juga bisa mendptkan fasilitas ac ? caranya ?

ohh satu lagi, kalo pemasangan ac baru itu pipa2nya di vacumm.... taukah berapa psi kevacuman tsb ?
Kalau AC mobil saya gak tau.
Untuk vacuum -25 sampai -30psi
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: suli on 24 September 2013, 08:13:21 AM
Bro Chan, sy mau tanya ya knp AC didlm kamar sy ada kalanya bs mengeluarkan suara mendengung yg berulang2 ya? jd begitu dinyalain terdengar suara mendengung itu, tp ada kalanya jg tdk terdengar suara apa2 pas pertama dinyalain....
kadang ada suara lain yg terdengar yaitu suara bergetar (AC sy sejajar dgn kaca jendela jd kaca jendelanya sampe ikut bergetar)....tp suara2 ini ga slalu terdengar tiapkali dinyalain, ada kalanya....knp gt ya Bro? tks atas jawabannya....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 11:25:47 AM
Bro Chan, sy mau tanya ya knp AC didlm kamar sy ada kalanya bs mengeluarkan suara mendengung yg berulang2 ya? jd begitu dinyalain terdengar suara mendengung itu, tp ada kalanya jg tdk terdengar suara apa2 pas pertama dinyalain....
kadang ada suara lain yg terdengar yaitu suara bergetar (AC sy sejajar dgn kaca jendela jd kaca jendelanya sampe ikut bergetar)....tp suara2 ini ga slalu terdengar tiapkali dinyalain, ada kalanya....knp gt ya Bro? tks atas jawabannya....
kalao sewaktu pemasangan kembali tutup ac menyebabkan rotary fan tsb terjepit...
maka waktu ac dinyalakan akan bunyi....ciuuuuuuiiiit, kemudian ac berhenti/mati...

solusinya buka tutup tsb, dan pasang kembali dgn baik....maka masalah pun hilang...

klo mendengung ini hrs tanya sefu AC dulu ya.... :P :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 24 September 2013, 01:52:58 PM
Indoor harus lebih tinggi dari outdoor karena didalam outdoor ada kompresor yang didalam nya terdapat oli sebagai pelumas piston, dikhawatirkan bila outdoor lebih tinggi dari indoor oli kompresor akan terbawa ke ke indoor/terdorong kearah bawah dan tidak dapat naik kembali kedalam kompresor, hal ini akan menyebabkan pelumasan piston akan berkurang dan menjadi panas. Pendinginan akan tetap terjadi dengan freon bentuk cair ataupun gas.

Seperti mesin internal combustion, piston harusnya dibuat kedap, agar energi hasil pembakaran tidak kempos.
Makanya piston dikasi ring, agar kedap dan oli tidak masuk keruang bakar.

Jika kompresor ac pistonnya mengalami kebocoran oli, berarti oli diperkirakan akan segera habis, karena setiap
kompresor bekerja, oli akan keluar sedikit demi sedikit.
Jadi argumen yang saudara ajukan masih kurang mantap :)

CMIIW
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 24 September 2013, 01:57:20 PM
bagaimana merubah ac mobil, menjadi personal AC di rumah ? nahhh.....
kira2 butuh duit berapa ya ?

kenapa disebut air conditioner...

bukan air cooler ?

disebut air conditioner, karena sesuai dengan namanya untuk menyesuaikan suhu udara pada tingkat tertentu.
Seperti pada beberapa mobil, ac nya bisa dingin dan panas.
Karena disini gak ada musim dingin/winter, maka ac identik dengan pendingin ruangan :)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 24 September 2013, 04:30:39 PM
ac yg baik menurut cumpol....

1. dinginnya cepat
2. nyaris tak bersuara
3. Total cost of ownershipnya RENDAH....
4. fitur2 menarik ionizer, virus killer, timer, sleep mode, ecopatrol, dst...
5. mudah dibersihkan, mudah dilepas utk pencucian, tidak mudah karat,
    dan unit listrik gak mudah basah sewaktu cuci...
6. romote kontrol punya setting locked, jatuh gak rusak...
7, design menarik....

dan banyak lagi lahh

kayanya panasonic (ada eco patrol nya)

imo biar dingin kamar didesain sekecil mungkin aja,
terutama utk tinggi kamar, karena mostly tiap hari kita andalin AC, jadi kamar setinggi <3mtr lebih cepat dingin :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 05:15:15 PM
kayanya panasonic (ada eco patrol nya)

imo biar dingin kamar didesain sekecil mungkin aja,
terutama utk tinggi kamar, karena mostly tiap hari kita andalin AC, jadi kamar setinggi <3mtr lebih cepat dingin :P
bro tesla, plafonnya dibuat adjustable aja... mulai dari 4m bisa turun sampai 2.5m
sewaktu malam tidur... sleep mode menjadi 2 meter (mengingat org indo jarang melebihin 2m)...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 05:17:56 PM
mencuci ac, utk evaporator yg berada dibagian dalam rumah tsb...
apakah sebaiknya cuma :

1. air saja
2. air dan pembersih aluminium
3. air dan sedikit detol atao anti bakteri lainnya
 ???
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 05:19:35 PM
apakah filter setingkat HEPA, dapat menahan semua debu yg masuk ke ac ?
filter udara apakah yg terbaik utk ac ?

ada filter ionizer.... duhhh ini filter beneran atao cuma bohongan ?
apa bedanya dgn inonizer generator ? bagaimana mengetest fungsi ionizer tsb ? ^:)^
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 05:23:49 PM
kalao membeli ac baru dgn dilengkapin pipa kuningan 5 M,
sebaiknya digunakan 5m tsb (digulung),
atao dipotong pendek 3m (dgn asumsi kedua-duanya gak nambah duit)

dan kenapa ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 24 September 2013, 07:07:56 PM
kayanya panasonic (ada eco patrol nya)

imo biar dingin kamar didesain sekecil mungkin aja,
terutama utk tinggi kamar, karena mostly tiap hari kita andalin AC, jadi kamar setinggi <3mtr lebih cepat dingin :P

menurut cumpol eco patrol agak membingungkan...
karna hanya satu lampu strip..menunjukan eco patrol on....

sebaiknya kalao ada lampu juga yg mengindikasikan kalao
   ada orang dalam ruangan.... mungkin spt titik2 gitu....
   jadi org banyak titiknya banyak....org dikit titiknya dikit...
 :(
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 09:33:41 PM
Bro Chan, sy mau tanya ya knp AC didlm kamar sy ada kalanya bs mengeluarkan suara mendengung yg berulang2 ya? jd begitu dinyalain terdengar suara mendengung itu, tp ada kalanya jg tdk terdengar suara apa2 pas pertama dinyalain....
kadang ada suara lain yg terdengar yaitu suara bergetar (AC sy sejajar dgn kaca jendela jd kaca jendelanya sampe ikut bergetar)....tp suara2 ini ga slalu terdengar tiapkali dinyalain, ada kalanya....knp gt ya Bro? tks atas jawabannya....


Halo ci Suli,
1. Bila posisi outdoor berada pada tembok dibaliknya atau satu tembok dengan indoor, maka getaran berasal dari kompresor.
2. Suara berdengung disertai getaran, mungkin baut pada bracket indoor kendor atau terlepas, jadi gak bisa menahan kuat getaran body indoor akibatnya timbul bunyi, coba dicek dulu.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 10:22:04 PM
Seperti mesin internal combustion, piston harusnya dibuat kedap, agar energi hasil pembakaran tidak kempos.
Makanya piston dikasi ring, agar kedap dan oli tidak masuk keruang bakar.

Jika kompresor ac pistonnya mengalami kebocoran oli, berarti oli diperkirakan akan segera habis, karena setiap
kompresor bekerja, oli akan keluar sedikit demi sedikit.
Jadi argumen yang saudara ajukan masih kurang mantap :)

CMIIW

Bro sl99, prinsip kerja piston mesin internal combustion dengan kompresor berbeda jauh, jangan disamakan ;D . Didalam piston kompresor tidak terdapat ring, juga piston tidak bergerak naik turun tetapi berputar karena terdapat bearing diporos tengahnya. Kompresor dapat berputar karena dikelilingi gulungan kawat tembaga sebagai kumparan. Didalam kompresor dan pipa dari kondensor hingga evapolator dalam keadaaan kedap, beda dengan piston kendaraan yang hanya kedap diruang bakar.

Volume oli kompresor yang di perlukan hanya -+15% dari keseluruhan body kompresor.
Karena adanya tekanan mengarah keatas maka secara perlahan oli ikut naik dan melumasi piston yang sedang berputar. Oli akan keluar dari kompresor melawati pipa karena seringnya saat kita baru menyalakan AC langsung set suhu terendah, hal ini memaksa piston berputar cepat secara tiba2 dan tekanan melonjak akibatnya oli akan muncrat keluar kompresor masuk melawati pipa. Inilah mengapa outdoor ditempatkan lebih rendah dari indoor, agar oli yang keluar dari kompresor akan melumcur kembali lagi kedalam kompresor. Semoga jelas  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 10:31:28 PM
mencuci ac, utk evaporator yg berada dibagian dalam rumah tsb...
apakah sebaiknya cuma :

1. air saja
2. air dan pembersih aluminium
3. air dan sedikit detol atao anti bakteri lainnya
 ???

Cukup cuci dengan air boleh di campur dengan detol.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 10:41:51 PM
apakah filter setingkat HEPA, dapat menahan semua debu yg masuk ke ac ?
filter udara apakah yg terbaik utk ac ?

ada filter ionizer.... duhhh ini filter beneran atao cuma bohongan ?
apa bedanya dgn inonizer generator ? bagaimana mengetest fungsi ionizer tsb ? ^:)^

Filter HEPA bisa menahan semua debu bila didukung dengan filter ionizer seperti yang terdapat pada air purifier generator. Buat test...saya belum pernah test lihat partikel masuk atau gak, yang pasti fakta banyak debu2 halus yang nyangkut di HEPA.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 10:44:26 PM
kalao membeli ac baru dgn dilengkapin pipa kuningan 5 M,
sebaiknya digunakan 5m tsb (digulung),
atao dipotong pendek 3m (dgn asumsi kedua-duanya gak nambah duit)

dan kenapa ?

Terserah bro, yang penting gak melawati batas pendek/panjang pipa AC tsb.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 24 September 2013, 10:45:56 PM
menurut cumpol eco patrol agak membingungkan...
karna hanya satu lampu strip..menunjukan eco patrol on....

sebaiknya kalao ada lampu juga yg mengindikasikan kalao
   ada orang dalam ruangan.... mungkin spt titik2 gitu....
   jadi org banyak titiknya banyak....org dikit titiknya dikit...
 :(
Jadi eco patrolnya ada fungsi face detection gt ya  ;D ide yg brilian...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 10:25:56 AM
Jadi eco patrolnya ada fungsi face detection gt ya  ;D ide yg brilian...
maksudnya user kebingungan..apakah eco patrolnya berfungsi atao tidak kan tidak ada
indikatornya..... jadi mesin itu perlu kasih taooo berapa mahluk hidup didalam ruangan lahhh
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 10:27:55 AM
Filter HEPA bisa menahan semua debu bila didukung dengan filter ionizer seperti yang terdapat pada air purifier generator. Buat test...saya belum pernah test lihat partikel masuk atau gak, yang pasti fakta banyak debu2 halus yang nyangkut di HEPA.
ya..filter hepa juga mahal sekali lah.... kalao kagak..nanti yg service ac bakal tutup dehhh :'( :'( :'( :'(
adakah alat mengetest jumlah ion yg terdpt di ruangan ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 10:32:44 AM
Quote
2. Suara berdengung disertai getaran, mungkin baut pada bracket indoor kendor atau terlepas, jadi gak bisa menahan kuat getaran body indoor akibatnya timbul bunyi, coba dicek dulu.
biasanya kalo pemasangan sesuatu ke dinding tentu lebih baik di bor n pakai repet/plastik pemenang baut...

tapi teknisi sekarang kan maunya cepat2 aja... mereka pakai paku beton...langsung gasak ke plat penyangga ac... dan dgn paku gak jaminanlah...kena getaran mudah rusak tuhhh....

coba dibongkar n diperbaikin aja dehh....kalo bunyi biasanya ada yg bergetar....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 25 September 2013, 10:35:32 AM
Indoor harus lebih tinggi dari outdoor karena didalam outdoor ada kompresor yang didalam nya terdapat oli sebagai pelumas piston, dikhawatirkan bila outdoor lebih tinggi dari indoor oli kompresor akan terbawa ke ke indoor/terdorong kearah bawah dan tidak dapat naik kembali kedalam kompresor, hal ini akan menyebabkan pelumasan piston akan berkurang dan menjadi panas. Pendinginan akan tetap terjadi dengan freon bentuk cair ataupun gas.

hmmm AC di rumah saya dan kebanyakan yg saya temui unit outdoor lebih tinggi drpd indoor

kayanya ada pro & kontra utk ini yah... #bingung
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 12:13:35 PM
ya..filter hepa juga mahal sekali lah.... kalao kagak..nanti yg service ac bakal tutup dehhh :'( :'( :'( :'(
adakah alat mengetest jumlah ion yg terdpt di ruangan ?


 :)) :)) :)) kalau alatnya sy gak pernah tau
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 12:18:51 PM
hmmm AC di rumah saya dan kebanyakan yg saya temui unit outdoor lebih tinggi drpd indoor

kayanya ada pro & kontra utk ini yah... #bingung

Kenapa outdoor sering diposisikan diatas :
1. Teknisi gak ksh penjelasan mengenai posisi indoor dan outdoor yang baik kepada konsumen.
2. posisi outdoor sedikit dibawah indoor -+ 1.5m dari lantai, kepala sering kejedot outdoor  ;D
3. posisi dibawah -+ 30cm dari lantai jadi sempit mengganggu jalan, trus jadi ngerusak pemandangan  :))
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 12:25:47 PM
biasanya kalo pemasangan sesuatu ke dinding tentu lebih baik di bor n pakai repet/plastik pemenang baut...

tapi teknisi sekarang kan maunya cepat2 aja... mereka pakai paku beton...langsung gasak ke plat penyangga ac... dan dgn paku gak jaminanlah...kena getaran mudah rusak tuhhh....

coba dibongkar n diperbaikin aja dehh....kalo bunyi biasanya ada yg bergetar....


Iya bro, baiknya pakai fisher trus dibaut. Tapi banyak teknisi yg ogah ribet bor tembok, pantek fisher dan putar obeng, mereka lbh suka pantek pake beton "jdak..jdak...jdak...", kelar dah
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: suli on 25 September 2013, 01:43:43 PM
Halo ci Suli,
1. Bila posisi outdoor berada pada tembok dibaliknya atau satu tembok dengan indoor, maka getaran berasal dari kompresor.
2. Suara berdengung disertai getaran, mungkin baut pada bracket indoor kendor atau terlepas, jadi gak bisa menahan kuat getaran body indoor akibatnya timbul bunyi, coba dicek dulu.

Bro Chan,
wah bnr lho AC sy indoornya dengan outdoornya saling memunggungi hehehe....berada pd tembok yg sama, cm 1 didlm 1 lg diluar....ohh jd suara bergetar itu dr kompresornya toh, tp utk jangka panjang gpp kan?
trus soal baut yg kendor sy blm check lg, biarin dululah....sy lg ga boleh ngurusin yg gituan nih hehehe.....Ok thanks infonya ya...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 06:32:33 PM
ionizer dgn ion generator itu terdpt dibeberapa ac....

penjual bilang ion generatornya didalam gak bisa kelihatan....

nah bukankah ionizer itu lebih baik ditempatkan didepan rotari fan, sehingga langsung
sembut keluar ion2nya... tapi kenapa malah diletakan ditengah (didalam)...

kalao lagi cuci kena semprotan apakah akan rusak nahhh!...

mohon masukannya...


kalo HUB computer ada REPEATER utk memperkuat signal,
bagaimana dgn AC yg ingin panjang pipa sampai 20 meter, apakah juga ada repeater ?
 _/\_
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 07:37:43 PM
Bro Chan,
wah bnr lho AC sy indoornya dengan outdoornya saling memunggungi hehehe....berada pd tembok yg sama, cm 1 didlm 1 lg diluar....ohh jd suara bergetar itu dr kompresornya toh, tp utk jangka panjang gpp kan?
trus soal baut yg kendor sy blm check lg, biarin dululah....sy lg ga boleh ngurusin yg gituan nih hehehe.....Ok thanks infonya ya...

 ;D wah pasti getaran kompresornya tuh...utk cek indoor cukup goyang2 sedikit body indoornya kalau agak goyang dikit indoornya berarti bautnya juga kendor. Untuk jangka panjang gak ada masalah tapi suara nya jadi bikin ganggu ketenangan deh...  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: kiyomi on 25 September 2013, 08:43:37 PM
ikutan tanya ya bro :)

dulu sewaktu baru pasang ac baru merk c____ setelah mematikan acnya ada suara keras dan bergetar seperti helikopter lagi mendarat dan baru memelan setelah beberapa menit. tapi hanya awal2 pemakaian saja. kok bisa ya?

terus kalau ac sering bocor tandanya kenapa? tks..
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 08:51:31 PM
ac baru yg terpasang, bila dihidupkan dan setting COLD, temp low...
berapa derajat angin yg keluar dari rotari fan ? bila diukur dgn thermometer ?
dan berapa yg acceptable utk ac baru ya ?

 :P

teknisi suka sarankan tambah freon. sebenarnya berapa tekanan freon tsb yg normal ? :x
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 08:53:58 PM
ikutan tanya ya bro :)

dulu sewaktu baru pasang ac baru merk c____ setelah mematikan acnya ada suara keras dan bergetar seperti helikopter lagi mendarat dan baru memelan setelah beberapa menit.
ini suara indoornya atao outdoornya ?


tapi hanya awal2 pemakaian saja. kok bisa ya?
kemungkinan masih baru...seret gitu...


terus kalau ac sering bocor tandanya kenapa? tks..
bocor dibagian mana ? evaporator (unit dalam), pipa2, atao apa ya ?
sambil menunggu suhu ac....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 08:59:35 PM
Iya bro, baiknya pakai fisher trus dibaut. Tapi banyak teknisi yg ogah ribet bor tembok, pantek fisher dan putar obeng, mereka lbh suka pantek pake beton "jdak..jdak...jdak...", kelar dah

kagak masalah lah... nambah 10rb atao 20rb....pd teknisi minta pasang yg baik...pakai fisher, baut... dst....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: kiyomi on 25 September 2013, 09:48:09 PM
indoor outdoor maksudnya gimana? ac biasanya kan indoor...

bocor netes2 dari acnya...

ada merk freon yang tidak merusak ozon?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 10:32:55 PM
ikutan tanya ya bro :)

dulu sewaktu baru pasang ac baru merk c____ setelah mematikan acnya ada suara keras dan bergetar seperti helikopter lagi mendarat dan baru memelan setelah beberapa menit. tapi hanya awal2 pemakaian saja. kok bisa ya?

terus kalau ac sering bocor tandanya kenapa? tks..

Itu kompresor nya bro, baiknya setelah melakukan pemasangan jangan langsung dinyalakan, diamkan maksimal selama 2 jam. Kenapa, karena AC yang dibawa selama perjalanan menuju rumah bro akan teguncang-guncang, otomatis oli yang didalam kompresor akan berhamburan melumuri isi kompresor seperti piston, gulungan dan spiral disc, saat oli belum turun benar AC langsung dinyalakan akibatnya sperti tersedak.

AC sering bocor keluar air:
1. Kurang freon (kalau terlalu sering bocor keluar air tanda pipa ac ada yang bocor halus jadi volume freon sering berkurang).
2. Evaporator kotor penuh debu, harus dicuci.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 10:34:00 PM
kagak masalah lah... nambah 10rb atao 20rb....pd teknisi minta pasang yg baik...pakai fisher, baut... dst....

ya..ya.. cin cai lah sama bos cumi polos mah  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 10:41:03 PM
indoor outdoor maksudnya gimana? ac biasanya kan indoor...

bocor netes2 dari acnya...

ada merk freon yang tidak merusak ozon?

Indoor unit ac bagian dalam, outdoor unit ac bagian luar.

bocor netes2 dari acnya...mksd pertanyaannya gmn ya?Gak ada, semua freon merusak ozon.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 11:00:27 PM
ionizer dgn ion generator itu terdpt dibeberapa ac....

penjual bilang ion generatornya didalam gak bisa kelihatan....

nah bukankah ionizer itu lebih baik ditempatkan didepan rotari fan, sehingga langsung
sembut keluar ion2nya... tapi kenapa malah diletakan ditengah (didalam)...

kalao lagi cuci kena semprotan apakah akan rusak nahhh!...

mohon masukannya...
kalo HUB computer ada REPEATER utk memperkuat signal,
bagaimana dgn AC yg ingin panjang pipa sampai 20 meter, apakah juga ada repeater ?
 _/\_

AC merk apa bro? gak ada istilah repeater didalam AC, kalau mau bisa pipa panjang, ganti aja kompresor nya ke PK yang lebih besar.

Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 11:02:20 PM
ac baru yg terpasang, bila dihidupkan dan setting COLD, temp low...
berapa derajat angin yg keluar dari rotari fan ? bila diukur dgn thermometer ?
dan berapa yg acceptable utk ac baru ya ?

 :P

teknisi suka sarankan tambah freon. sebenarnya berapa tekanan freon tsb yg normal ? :x

tiap ac beda bro, coba ukur derajat dingin di remote ac suka ada tuh, di LG kayaknya ada.

tekanan freon tiap merk ac beda, umumnya 60-70psi.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 11:16:24 PM
tiap ac beda bro, coba ukur derajat dingin di remote ac suka ada tuh, di LG kayaknya ada.

tekanan freon tiap merk ac beda, umumnya 60-70psi.
cumpol diberitahu services ac mobil... kalau udah dikerjakan....
angin yg bertiup langsung dari kisi2 mobil itu berkisar 5 derajat celcius...
dan cumpol beli termometer yg ujungnya spt kawat tebal...n ukur
memang berkisar 5 derajat celcius....

nah bagaimana dgn ac rumah, kalao diukur ?....apakah setiap pemasangan ac baru
juga di recheck...di ukur supaya tidak terjadi kesalahan ?
 :x

apakah ac rumah juga memiliki tabung DRYER (isinya silica gel) spt yg di unit ac mobil ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 11:21:39 PM
cumpol diberitahu services ac mobil... kalau udah dikerjakan....
angin yg bertiup langsung dari kisi2 mobil itu berkisar 5 derajat celcius...
dan cumpol beli termometer yg ujungnya spt kawat tebal...n ukur
memang berkisar 5 derajat celcius....

nah bagaimana dgn ac rumah, kalao diukur ?....apakah setiap pemasangan ac baru
juga di recheck...di ukur supaya tidak terjadi kesalahan ?
 :x

apakah ac rumah juga memiliki tabung DRYER (isinya silica gel) spt yg di unit ac mobil ?
tujuannya diukur utk apa bro? mksdnya kesalahan apa?
ac rumah tidak memiliki tabung dryer.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 11:23:36 PM
tujuannya diukur utk apa bro? mksdnya kesalahan apa?
ac rumah tidak memiliki tabung dryer.

udah tentu dgn perasaan (kulit manusia) adalah tidak begitu akurat tentang hasil kerjanya AC,
sehingga supaya yakin... maka diukur.... kalau berkisar 5 derajat... itu berarti pemasangan udah sempurna...


kenapa ac rumah tidak memiliki tabung dryer ya ? sedangkan ac mobil memakainya....?

ada yg bilang kalau setting ac pada 25 atau 26 derajat dgn remote control ...
maka ac akan cepat rusak... apakah begitu ?
derajat maksimum berapakah yg masih boleh di set utk ac ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 11:30:27 PM
pemasangan ac baru yg benar adalah setelah pipa2 dipasang... maka divacuum...
dan di lihat apakah kevacuumannya berubah pada meter.....

dan bila tidak...(setelah beberapa menit), maka kran freon akan dibuka supay freon di compressor akan mengalir... dan sewaktu dijalankan....akan digunakan alat deteksi utk mengukur apakah ada gas (freon) yg bocor ?...kalo tidak itu baru sempurna...

sedangkan disini sering melihat teknisi pakai air n sabun utk mencari kebocoran....

jadi apakah alat mendeteksi gas memang lebih baik dari pada air sabun ?

klo pemasangan ac baru tidak di vacuum apa akibatnya ?  ^-^
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 11:41:39 PM
udah tentu dgn perasaan (kulit manusia) adalah tidak begitu akurat tentang hasil kerjanya AC,
sehingga supaya yakin... maka diukur.... kalau berkisar 5 derajat... itu berarti pemasangan udah sempurna...


kenapa ac rumah tidak memiliki tabung dryer ya ? sedangkan ac mobil memakainya....?

ada yg bilang kalau setting ac pada 25 atau 26 derajat dgn remote control ...
maka ac akan cepat rusak... apakah begitu ?
derajat maksimum berapakah yg masih boleh di set utk ac ?
udah tentu dgn perasaan (kulit manusia) adalah tidak begitu akurat tentang hasil kerjanya AC,
sehingga supaya yakin... maka diukur.... kalau berkisar 5 derajat... itu berarti pemasangan udah sempurna...

pemasangan dibagian mana bro? pemasangan ac kan hanya sebatas pipa dengan nepel, kalau ada kesalahan, pasti yang pertama freon akan langsung bocor keluar.

kenapa ac rumah tidak memiliki tabung dryer ya ? sedangkan ac mobil memakainya....?
Kenapa ac mobil memiliki tabung dryer?

ada yg bilang kalau setting ac pada 25 atau 26 derajat dgn remote control ...
maka ac akan cepat rusak... apakah begitu ?

Alasan cepat rusak diset pada 25/26 apa?

derajat maksimum berapakah yg masih boleh di set utk ac ? ya sesuai kemampuan yang disediakan merk ac tersebut.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 25 September 2013, 11:47:00 PM
pemasangan ac baru yg benar adalah setelah pipa2 dipasang... maka divacuum...
dan di lihat apakah kevacuumannya berubah pada meter.....

dan bila tidak...(setelah beberapa menit), maka kran freon akan dibuka supay freon di compressor akan mengalir... dan sewaktu dijalankan....akan digunakan alat deteksi utk mengukur apakah ada gas (freon) yg bocor ?...kalo tidak itu baru sempurna...

sedangkan disini sering melihat teknisi pakai air n sabun utk mencari kebocoran....

jadi apakah alat mendeteksi gas memang lebih baik dari pada air sabun ?

klo pemasangan ac baru tidak di vacuum apa akibatnya ?  ^-^

Leak detector umumnya dianggap masih mahal untuk para teknisi yang bekerja sendiri, jadi lbh baik pakai sabun murah meriah.

AC baru tidak perlu divacuum tapi baiknya divacuum aja, freon bila tercampur dengan udara akan berkurang kemampuan dinginnya walaupun kecil pengaruhnya. 
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 11:49:43 PM
udah tentu dgn perasaan (kulit manusia) adalah tidak begitu akurat tentang hasil kerjanya AC,
sehingga supaya yakin... maka diukur.... kalau berkisar 5 derajat... itu berarti pemasangan udah sempurna...

pemasangan dibagian mana bro? pemasangan ac kan hanya sebatas pipa dengan nepel, kalau ada kesalahan, pasti yang pertama freon akan langsung bocor keluar.
>>>jadi sptnya kesalahan sangat minim akan terjadi ya...

kenapa ac rumah tidak memiliki tabung dryer ya ? sedangkan ac mobil memakainya....?
Kenapa ac mobil memiliki tabung dryer?
>>>fungsi dryer adalah menyerab uap air dlm sirkulasi freon, dan uap air ini akan merusak kompressor dan penurunan kinerja ac...


ada yg bilang kalau setting ac pada 25 atau 26 derajat dgn remote control ...
maka ac akan cepat rusak... apakah begitu ?

Alasan cepat rusak diset pada 25/26 apa?
>>>karna pada derajat tsb..akan membuat kompressor ON n OFF....(thermocouple) akan tit tut tit tut....ahhh mungkin begitulah brooo....derajat tsb adalah ambang batas dimana suhu ruang n suhu yg ingin dicapai ac sangat fluktuatif....hahahahaha...
spt pompa air, kalao krannya dibuka nanggung...maka pompa akan nyala, mati,,..nyala,...mati...tit tut tittt


derajat maksimum berapakah yg masih boleh di set utk ac ? ya sesuai kemampuan yang disediakan merk ac tersebut.
>>> ok.. tiap ac memiliki kemampuan gitu ya broooo
thx atas jawabannya...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 25 September 2013, 11:51:47 PM
Quote
AC baru tidak perlu divacuum tapi baiknya divacuum aja, freon bila tercampur dengan udara akan berkurang kemampuan dinginnya walaupun kecil pengaruhnya.
teknisi bilang gak usah repot2 bawa vacuum....(tapi dikasih duit...ya dia bawalahhhh)...

katanya utk mengatasin masalah tsb.... pipa2 yg masih terisi udara tsb... di FLUSH aja dgn freon....
ya memang sihhh freon aslinya akan berkurang....

apakah FLUSHing dgn cara tsb direkomendasikan ?  :o
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 12:09:25 AM
teknisi bilang gak usah repot2 bawa vacuum....(tapi dikasih duit...ya dia bawalahhhh)...

katanya utk mengatasin masalah tsb.... pipa2 yg masih terisi udara tsb... di FLUSH aja dgn freon....
ya memang sihhh freon aslinya akan berkurang....

apakah FLUSHing dgn cara tsb direkomendasikan ?  :o

vacuum bisa dilakukan dengan teknik vacuum body kompresor tanpa harus pakai mesin vacuum khusus.
Flushing gak disarankan utk vacuum, mksdnya membuang udara didalam pipa, biasanya teknisi mau cari gampangnya aja, yang penting cepet gak repot bisa langsung pulang :-?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 26 September 2013, 08:10:11 AM
Waktu itu melihat teknisi ac yg sedang memasang pipa ke outdoor.
Dia menghidupkan ac untuk beberapa saat, kemudian baru di kencangkan baut pipa.


Apakah itu teknik flushing?


Apakah teknik flushing bisa sama hasilnya dengan alat vakum?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 08:47:22 AM
Waktu itu melihat teknisi ac yg sedang memasang pipa ke outdoor.
Dia menghidupkan ac untuk beberapa saat, kemudian baru di kencangkan baut pipa.


Apakah itu teknik flushing?


Apakah teknik flushing bisa sama hasilnya dengan alat vakum?

spt nya teknik QUICK n DIRTY itulah sering ketemu di indo....
yg benar n disarankan pabrik adalah dgn vacuum....ehhh harganya vacuum berkisar 2.5jt lhooo
atao harga pasang ac baru kemurahan banget ?  :P

tempoh hari pasang ac minta orgnya bawa vacuum.... ehhh dia baya bekas kompressor yg di modif jadi vacuum...amat besar n berat....(kasihan juga ya ...klo ketemu pelanggan yg amat rewel....) :'(
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: stephen chow on 26 September 2013, 12:03:31 PM
cuci ac biayanya berapa neh?
kalo ke tegal alur - kalideres masi bisa rute ke sana?  :D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 26 September 2013, 01:51:45 PM
masih membahas mengenai posisi indoor - outdoor,
menurut pengalaman bro chan ming, berapa persen dari pemasangan ac yang outdoornya
lebih tinggi dari indoor mengalami kebocoran oli?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 26 September 2013, 02:38:42 PM
AC saya pasang tinggi outdoor > indoor.
3 unit so far so good (tapi yg sering dipake cuma 1)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 04:05:31 PM
AC saya pasang tinggi outdoor > indoor.
3 unit so far so good (tapi yg sering dipake cuma 1)
adakah cara membuktikan kalao tinggi outdor lebih tinggi dari indoor evaporator,
maka minyaknya tersangkut di evap dan kesulitan kembali ke kompressor ?

nahhh :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 26 September 2013, 05:23:54 PM
adakah cara membuktikan kalao tinggi outdor lebih tinggi dari indoor evaporator,
maka minyaknya tersangkut di evap dan kesulitan kembali ke kompressor ?

nahhh :P

outdoornya di lt.4.
indoornya di lt. 2.

4 > 2
jadi outdoor lebih tinggi drpd indoor
semoga cukup membuktikan :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 26 September 2013, 08:04:55 PM
outdoornya di lt.4.
indoornya di lt. 2.

4 > 2
jadi outdoor lebih tinggi drpd indoor
semoga cukup membuktikan :P

sepertinya om cumi bukan minta bukti ama om tesla deh
cumi minta bukti bahwa jika outdoor lebih tinggi dari indoor, maka
benar oli gak bisa kembali ke outdoor.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 08:36:10 PM
outdoornya di lt.4.
indoornya di lt. 2.

4 > 2
jadi outdoor lebih tinggi drpd indoor
semoga cukup membuktikan :P

asumsi cumpol, pabrik n teknokrat AC pun udah pintar memilih jenis pelumas utk kompressor yg dimana pelumas ini udah dpt bercampur baik dgn freon.......

apakah begitu....

contoh dari tesla memang luar biasa...!, sptnya tesla kwatir kalao condensor unit diluar itu bisa dicuri orang... sehingga dia letakan di lantai 4...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 08:37:41 PM
cuci ac biayanya berapa neh?
kalo ke tegal alur - kalideres masi bisa rute ke sana?  :D
ini pertanyaan sih tergantung siapa yg mencucinya....
klo cumpol cuci sendiri, ya udah tentu gratis lah.... ;D ;D ^:)^
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 08:40:13 PM
masih membahas mengenai posisi indoor - outdoor,
menurut pengalaman bro chan ming, berapa persen dari pemasangan ac yang outdoornya
lebih tinggi dari indoor mengalami kebocoran oli?
ini pertanyaan yg salah....

outdoor lebih tinggi dari indoor TIDAKLAH membuat unit ac menjadi BOCOR....
bukan itu yg dimaksud...

tapi katanya chan ming,... kalao dgn cara diatas,...BILA BOCOR...minyaknya akan muncrat ke indoornya....., dari pada berbelepotan didalam rumah.... ya mendingan dia terkumpul di kompressor lahhh...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 26 September 2013, 08:50:43 PM
1. ada yg bilang air yg berembun dari unit evaporator tsb...dialirkan melalui selang dan dikumpulkan diluar tsb adalah spt air penyulingan.... air tsb dpt berfungsi sbg air aki, yg dpt digunakan utk mengisi kekurangan air aki mobil maupun motor...

apakah itu benar dan baik utk dilakukan ?

2. outdor unit memiliki fan besar dan meniupkan hawa panas,
   apakah hawa panas ini dpt digunakan utk mengeringkan irisan buah2 an atao makan an yg perlu dikeringkan. apakah benar outdoor unit tsb dpt melakukan hal tsb ? mohon masukan...

mengingat food dryer pun mahal harganya.... sedangkan outdoor unit adalah gratis....

 _/\_ :P
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 26 September 2013, 09:47:41 PM
contoh dari tesla memang luar biasa...!, sptnya tesla kwatir kalao condensor unit diluar itu bisa dicuri orang... sehingga dia letakan di lantai 4...

lebih irit karena ga usah beli kerangkeng :))
kemudian maintenance lebih mudah karena di bidang datar

kebocoran oli harusnya merusak unit indoor kan?
untungnya, so far lom pernah terjadi.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: tesla on 26 September 2013, 09:50:37 PM
2. outdor unit memiliki fan besar dan meniupkan hawa panas,
   apakah hawa panas ini dpt digunakan utk mengeringkan irisan buah2 an atao makan an yg perlu dikeringkan. apakah benar outdoor unit tsb dpt melakukan hal tsb ? mohon masukan...

angin panas dari outdoor unit "belum tentu" (maksudnya sy ga tau) humidnya rendah. kalau humiditynya tinggi justru merusak makanan kan
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:24:51 PM
Waktu itu melihat teknisi ac yg sedang memasang pipa ke outdoor.
Dia menghidupkan ac untuk beberapa saat, kemudian baru di kencangkan baut pipa.


Apakah itu teknik flushing?


Apakah teknik flushing bisa sama hasilnya dengan alat vakum?

Iya, itu teknik flushing. Hampir sama tapi lebih sempurna alat vacuum.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:27:13 PM
spt nya teknik QUICK n DIRTY itulah sering ketemu di indo....
yg benar n disarankan pabrik adalah dgn vacuum....ehhh harganya vacuum berkisar 2.5jt lhooo
atao harga pasang ac baru kemurahan banget ?  :P

tempoh hari pasang ac minta orgnya bawa vacuum.... ehhh dia baya bekas kompressor yg di modif jadi vacuum...amat besar n berat....(kasihan juga ya ...klo ketemu pelanggan yg amat rewel....) :'(


Alat vacuum 2.5jt?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:28:08 PM
cuci ac biayanya berapa neh?
kalo ke tegal alur - kalideres masi bisa rute ke sana?  :D

Bro, tepatnya dimana, tegal alur atau kalideres? brp byk mau cuci?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:29:56 PM
masih membahas mengenai posisi indoor - outdoor,
menurut pengalaman bro chan ming, berapa persen dari pemasangan ac yang outdoornya
lebih tinggi dari indoor mengalami kebocoran oli?

Mksdnya kebocoran oli, pipa bocor keluar oli? atau oli keluar dari kompresor ke pipa?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:33:57 PM
AC saya pasang tinggi outdoor > indoor.
3 unit so far so good (tapi yg sering dipake cuma 1)

Bro, mmg gak ada masalah outdoor lbh tinggi, tapi menurut tapi aturan standart menyarankan outdoor lbh rendah dari indoor kalau gak efeknya dalam jangka panjang akan mengakibatkan suara kompresor makin kasar, akibat nya kurang oli dan piston locked.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:37:22 PM
adakah cara membuktikan kalao tinggi outdor lebih tinggi dari indoor evaporator,
maka minyaknya tersangkut di evap dan kesulitan kembali ke kompressor ?

nahhh :P

Lubangin aja pipa dibagian evap, dijamin byk oli kejebak disana, dibanding outdoor rendah oli di evap sangat sedikit bahkan hampir-hampir tidak terdeteksi.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:43:02 PM
outdoornya di lt.4.
indoornya di lt. 2.

4 > 2
jadi outdoor lebih tinggi drpd indoor
semoga cukup membuktikan :P

 :)) :)) :))
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:44:17 PM
asumsi cumpol, pabrik n teknokrat AC pun udah pintar memilih jenis pelumas utk kompressor yg dimana pelumas ini udah dpt bercampur baik dgn freon.......

apakah begitu....

contoh dari tesla memang luar biasa...!, sptnya tesla kwatir kalao condensor unit diluar itu bisa dicuri orang... sehingga dia letakan di lantai 4...

Yes 100 buat bro cumpol, oli khusus kompresor dibuat senyawa dengan freon.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:48:50 PM
1. ada yg bilang air yg berembun dari unit evaporator tsb...dialirkan melalui selang dan dikumpulkan diluar tsb adalah spt air penyulingan.... air tsb dpt berfungsi sbg air aki, yg dpt digunakan utk mengisi kekurangan air aki mobil maupun motor...

apakah itu benar dan baik utk dilakukan ?

2. outdor unit memiliki fan besar dan meniupkan hawa panas,
   apakah hawa panas ini dpt digunakan utk mengeringkan irisan buah2 an atao makan an yg perlu dikeringkan. apakah benar outdoor unit tsb dpt melakukan hal tsb ? mohon masukan...

mengingat food dryer pun mahal harganya.... sedangkan outdoor unit adalah gratis....

 _/\_ :P

1. Kalau masalah pemanfaat itu sy gak tau bro, mungkin aja bisa, bro bisa coba sendiri  ;D
2.  :)) :)) :)) malah saya berpikir di bagian depan kondensor di kasih plat /solar panel panas, jadi hawa panas diserap trus diubah menjadi listrik disimpan di baterai solar.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:52:38 PM
lebih irit karena ga usah beli kerangkeng :))
kemudian maintenance lebih mudah karena di bidang datar

kebocoran oli harusnya merusak unit indoor kan?
untungnya, so far lom pernah terjadi.
kebocoran oli = pipa bocor keluar oli
oli keluar dari kompresor = oli kompresor keluar turun melawati pipa-pipa konden dan evap.

Kalau yg dimksd oli keluar dari kompresor, gak merusak indoor, hanya membuat volume oli dikompresor berkurang.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 26 September 2013, 11:54:58 PM
angin panas dari outdoor unit "belum tentu" (maksudnya sy ga tau) humidnya rendah. kalau humiditynya tinggi justru merusak makanan kan


panas outdoor py low humidity
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 08:54:29 AM
Quote
kebocoran oli = pipa bocor keluar oli
oli keluar dari kompresor = oli kompresor keluar turun melawati pipa-pipa konden dan evap.

Kalau yg dimksd oli keluar dari kompresor, gak merusak indoor, hanya membuat volume oli dikompresor berkurang

apa untung rugi outdoor unit lebih tinggi dari indoor  ?
1. outdoor unit tidak mudah dicuri maling, dirusak org
2. gas freon keatas, cairan freon dari kompressor kebawah,
   ini berarti cairan freon lebih mudah menuju indoor karna gravitasi
3. karna point 2, kemungkinan lebih hemat listrik..n lebih cepat dingin..

kekurangannya...
kalo pipa pada indoor bocor, maka minyak akan berplepotan keruangan..

bocorpun jarang,....
gimana pada sambungkan pipa di indoor dibuat tempat penampungan
yg masuk ke dlm botol aqua 330ml... sehingga klo bocor udah ada
yg siap mengalirkan ke botol tsb, sehingga teknisi tao berapa banyak
oli yg seharus ditambahkan ke sistem ....

jadi menurut anda...outdoor sebaiknya lebih tingga, sama, atao lebih rendah ?
 _/\_
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 27 September 2013, 09:39:16 AM
ini pertanyaan yg salah....

outdoor lebih tinggi dari indoor TIDAKLAH membuat unit ac menjadi BOCOR....
bukan itu yg dimaksud...

tapi katanya chan ming,... kalao dgn cara diatas,...BILA BOCOR...minyaknya akan muncrat ke indoornya....., dari pada berbelepotan didalam rumah.... ya mendingan dia terkumpul di kompressor lahhh...

ok, skrg pertanyaannya begini:

dari temuan dilapangan, apakah umur ac yg outdoornya lebih tinggi dari indoor
lebih pendek dari kebalikannya.

karena dengan asumsi oli tidak kembali ke kompresor, maka kompresor
akan panas, dan daya tahannya berkurang.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 27 September 2013, 09:41:30 AM
Mksdnya kebocoran oli, pipa bocor keluar oli? atau oli keluar dari kompresor ke pipa?


mksdnya oli keluar dari kompresor ke pipa.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 09:53:14 AM
ok, skrg pertanyaannya begini:

dari temuan dilapangan, apakah umur ac yg outdoornya lebih tinggi dari indoor
lebih pendek dari kebalikannya.

karena dengan asumsi oli tidak kembali ke kompresor, maka kompresor
akan panas, dan daya tahannya berkurang.
kagak usah nunggu.... tinggal diukur dinding kompressor aja dgn kedua kondisi...
bisa juga ngukur amper yg terpakai....pada kedua kondisi tsb..
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 10:46:54 AM
outdoor unit merek T
tertera capasitas 2.7kw... 3.92Amp
apa artinya ? ini ac berapa pk ya ?
klo outdoor unitnya masih bagus,
apakah indoornya kita bisa ganti dgn merek lain (yg baru) ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 11:08:02 AM
apa untung rugi outdoor unit lebih tinggi dari indoor  ?
1. outdoor unit tidak mudah dicuri maling, dirusak org
2. gas freon keatas, cairan freon dari kompressor kebawah,
   ini berarti cairan freon lebih mudah menuju indoor karna gravitasi
3. karna point 2, kemungkinan lebih hemat listrik..n lebih cepat dingin..

kekurangannya...
kalo pipa pada indoor bocor, maka minyak akan berplepotan keruangan..

bocorpun jarang,....
gimana pada sambungkan pipa di indoor dibuat tempat penampungan
yg masuk ke dlm botol aqua 330ml... sehingga klo bocor udah ada
yg siap mengalirkan ke botol tsb, sehingga teknisi tao berapa banyak
oli yg seharus ditambahkan ke sistem ....

jadi menurut anda...outdoor sebaiknya lebih tingga, sama, atao lebih rendah ?
 _/\_


1. Pakai gembok 2 kanan kiri, kalau perlu masukin brankas outdoornya  :))
2. Freon cair akan tetap mengalir

mmm...botol aqua? pipa nya dibuat lubang gitu  :-? ? jadi bocor dong. Kalau banyak oli yang keluar dari kompresor, umur kompresor bakal pendek.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 11:13:58 AM
ok, skrg pertanyaannya begini:

dari temuan dilapangan, apakah umur ac yg outdoornya lebih tinggi dari indoor
lebih pendek dari kebalikannya.

karena dengan asumsi oli tidak kembali ke kompresor, maka kompresor
akan panas, dan daya tahannya berkurang.

Iya, dari yang saya temu dilapangan, outdoor lbh tinggi sering buat kompresor jadi berisik (asumsi perawatan rutin) setelah  beberapa tahun, bahkan sampai mati total kehabisan oli. Sebaliknya outdoor rendah kompresor tetap halus (asumsi perawatan rutin) walapun sdh tahunan. Sering dpt order kompresor yang habis oli pada outdoor di atas indoor, utk outdoor di bawah indoor sangat-sangat jarang sekali.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 11:22:17 AM
outdoor unit merek T
tertera capasitas 2.7kw... 3.92Amp
apa artinya ? ini ac berapa pk ya ?
klo outdoor unitnya masih bagus,
apakah indoornya kita bisa ganti dgn merek lain (yg baru) ?

3/4 pk bos
indoor pakai merek lain pasti bisa dong.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 12:42:11 PM
1. Pakai gembok 2 kanan kiri, kalau perlu masukin brankas outdoornya  :))
2. Freon cair akan tetap mengalir

mmm...botol aqua? pipa nya dibuat lubang gitu  :-? ? jadi bocor dong. Kalau banyak oli yang keluar dari kompresor, umur kompresor bakal pendek.
maksudnya disiapin tempat utk jaga2...kalao bocor udah mengalir ke tempat yg diinginkan...

ohh kalao pakai gembok, tinggal digunting pakai gunting beton aja...gampang koq
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 12:43:25 PM
3/4 pk bos
indoor pakai merek lain pasti bisa dong.
kalo beli sama dealer ac, apakah dijual ?
contoh unit lengkap 3.5jt, indoornya aja bisa berapa ya ?...
apakah disarankan ganti baru...kalo yg lama masih bisa dipakai ? :o
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: stephen chow on 27 September 2013, 01:04:47 PM
Bro, tepatnya dimana, tegal alur atau kalideres? brp byk mau cuci?
tegal alur.. cuma 1...  :-[   ^:)^
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 September 2013, 02:52:48 PM
tegal alur.. cuma 1...  :-[   ^:)^
kalo cuci bisa pakai rebusan daun sirih gak ? utk bunuh kuman katanya efektif.. :o
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sl99 on 27 September 2013, 03:47:51 PM
Iya, dari yang saya temu dilapangan, outdoor lbh tinggi sering buat kompresor jadi berisik (asumsi perawatan rutin) setelah  beberapa tahun, bahkan sampai mati total kehabisan oli. Sebaliknya outdoor rendah kompresor tetap halus (asumsi perawatan rutin) walapun sdh tahunan. Sering dpt order kompresor yang habis oli pada outdoor di atas indoor, utk outdoor di bawah indoor sangat-sangat jarang sekali.

Ok, kalo sudah berbicara statistik dilapangan (jika valid datanya) mau gak mau nurut :)
Nah skrg untuk mencegah habis oli, kira2 berapa lama sekali mesti nambah oli?
Bagaimana cara mengecek oli sudah harus ditambah?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 06:10:11 PM
maksudnya disiapin tempat utk jaga2...kalao bocor udah mengalir ke tempat yg diinginkan...

ohh kalao pakai gembok, tinggal digunting pakai gunting beton aja...gampang koq

kalau bocor dari evap kan ada bak penampungan air tepat di bawah evap. Iya tinggal digunting pakai gunting baja.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 06:12:03 PM
kalo beli sama dealer ac, apakah dijual ?
contoh unit lengkap 3.5jt, indoornya aja bisa berapa ya ?...
apakah disarankan ganti baru...kalo yg lama masih bisa dipakai ? :o
biasanya 1 set unit indoor dan outdoor. kalau ada uang, ganti aja semua baru.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 06:14:21 PM
kalo cuci bisa pakai rebusan daun sirih gak ? utk bunuh kuman katanya efektif.. :o
:)) :)) :))
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 06:15:34 PM
Ok, kalo sudah berbicara statistik dilapangan (jika valid datanya) mau gak mau nurut :)
Nah skrg untuk mencegah habis oli, kira2 berapa lama sekali mesti nambah oli?
Bagaimana cara mengecek oli sudah harus ditambah?

Gak bs diprediksi bro, volume oli juga gak bisa dilihat, gejala kurang oli bisa di dengar dari sura kompresor yg kasar.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 27 September 2013, 06:17:46 PM
tegal alur.. cuma 1...  :-[   ^:)^
Untuk promosi 35rb aja bro.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sanjiva on 28 September 2013, 10:05:56 AM
Wah menarik sekali perbincangan soal ACnya  ;D

Mau minta pendapat, utk sekarang merk AC yg bagus apa ya?  Apa kekurangan dan kelebihan masing2 merk?
Supaya tidak berkesan mau menjelek2an merk tertentu, mungkin tidak perlu menyebutkan merk yg jelek, cukup merk yg bagus2 saja.  :))
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 28 September 2013, 05:54:25 PM
Wah menarik sekali perbincangan soal ACnya  ;D

Mau minta pendapat, utk sekarang merk AC yg bagus apa ya?  Apa kekurangan dan kelebihan masing2 merk?
Supaya tidak berkesan mau menjelek2an merk tertentu, mungkin tidak perlu menyebutkan merk yg jelek, cukup merk yg bagus2 saja.  :))

AC relative, tapi banyak pelanggan pilih *Psonic mungkin karena merk, pilih yang ada inverternya.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: sanjiva on 28 September 2013, 10:18:14 PM
AC relative, tapi banyak pelanggan pilih *Psonic mungkin karena merk, pilih yang ada inverternya.
Sepertinya gw lihat semua merk besar seperti Pn, Ss, Sh, Lg, Mi, Da sudah ada yg inverter semua. :-?
Jadi mungkin tinggal preferensi masing2 aja ya milihnya?  ::)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 29 September 2013, 03:58:57 AM
AC relative, tapi banyak pelanggan pilih *Psonic mungkin karena merk, pilih yang ada inverternya.
ada yg bilang inverter baik dlm hemat listrik,
tapi kalao rusah, biayanya sangat besar ? apakah begitu ?
dan kalao rusak, biasanya komponen mana yg rusak ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 29 September 2013, 10:52:38 AM
Sepertinya gw lihat semua merk besar seperti Pn, Ss, Sh, Lg, Mi, Da sudah ada yg inverter semua. :-?
Jadi mungkin tinggal preferensi masing2 aja ya milihnya?  ::)
after sales servicesnya gimana ? part,.. customer call center dst dst
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 29 September 2013, 03:31:50 PM
evaporator (unit indoor), apakah urutan kwalitasnya ?
blue fin, gold fin, atao apa yg tahan terhadap karat ?...
apakah memang aluminium bisa karat ?...
dptkah evaporat terbuat dari stainless steel ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 29 September 2013, 08:29:27 PM
Sepertinya gw lihat semua merk besar seperti Pn, Ss, Sh, Lg, Mi, Da sudah ada yg inverter semua. :-?
Jadi mungkin tinggal preferensi masing2 aja ya milihnya?  ::)
Iya tinggal duit nya aja  ;D
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 29 September 2013, 08:30:31 PM
ada yg bilang inverter baik dlm hemat listrik,
tapi kalao rusah, biayanya sangat besar ? apakah begitu ?
dan kalao rusak, biasanya komponen mana yg rusak ?

Iya, lbh hemat. Rusak biaya mahal. Komponen yang rusak sama aja penyakitnya kyk AC biasa.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 29 September 2013, 08:34:13 PM
evaporator (unit indoor), apakah urutan kwalitasnya ?
blue fin, gold fin, atao apa yg tahan terhadap karat ?...
apakah memang aluminium bisa karat ?...
dptkah evaporat terbuat dari stainless steel ?

Mksdnya mau ganti evap? Kira2 bisa karat gak aluminium? Bisa aja dari stainless, cuma kyknya jadi berat dan mahal. Trus menurut saya penyerap panas yang baik umumnya dibuat dari bahan aluminium, gak pernah saya lihat dari stainless.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 30 September 2013, 05:17:16 AM
Mksdnya mau ganti evap? Kira2 bisa karat gak aluminium? Bisa aja dari stainless, cuma kyknya jadi berat dan mahal. Trus menurut saya penyerap panas yang baik umumnya dibuat dari bahan aluminium, gak pernah saya lihat dari stainless.
dulu punya ac yg 3/4 pk merek T,..nah evaporatornya spt biasalah...cuma yg memegang evaporatornya itu terbuat dari sejenis plat/logam.... sehinggga tak berapa lama menjadi karat berat...itu juga ada salahnya cumpol, pernah nyoba cuci ehhhh dgn sabun cair pencuci piring...(yg diencerkan dgn air).... maka itu salah satu penyebab menjadi karat,...

cuma juga ada ac merek lain yg menurut cumpol lebih pinter,...pemegang evaporatornya dia pakai plastik putih...sehingga cuci pakai apapun tidak akan jadi karat....

1 bukankah penyerap/penghantar panas paling baik adalam kuningan ?, cuma kan harus dicari yg tahan korosif juga...kuningan karatnya malah berwarna hijao...mungkin malah bisa berbahaya....

2 klo cuci ac, apakah rotari fan nya juga akan bersih semua ? kenapa kadang kalah SETELEH dicuci tukang ac,...ehhh malah NETES,..dan teknisi kembali utk memperbaikinnya...?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 30 September 2013, 05:18:18 AM
Iya, lbh hemat. Rusak biaya mahal. Komponen yang rusak sama aja penyakitnya kyk AC biasa.
jadi utk jangka panjang, biaya perbaikan, kenaikan biaya listrik, dll....

apakah inverter lebih hemat duitnya dari yg ac biasa ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 30 September 2013, 06:44:44 PM
kenapa ac yg ber ion generator rata2 lebih mahal satu juta,
apakah harga ion generator tsb harganya satu juta ?

bagus beli ion generator pisah, atau bagusan ikut yg didalam ac ? kenapaa ?
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 01 October 2013, 08:42:23 AM
dulu punya ac yg 3/4 pk merek T,..nah evaporatornya spt biasalah...cuma yg memegang evaporatornya itu terbuat dari sejenis plat/logam.... sehinggga tak berapa lama menjadi karat berat...itu juga ada salahnya cumpol, pernah nyoba cuci ehhhh dgn sabun cair pencuci piring...(yg diencerkan dgn air).... maka itu salah satu penyebab menjadi karat,...

cuma juga ada ac merek lain yg menurut cumpol lebih pinter,...pemegang evaporatornya dia pakai plastik putih...sehingga cuci pakai apapun tidak akan jadi karat....

1 bukankah penyerap/penghantar panas paling baik adalam kuningan ?, cuma kan harus dicari yg tahan korosif juga...kuningan karatnya malah berwarna hijao...mungkin malah bisa berbahaya....

2 klo cuci ac, apakah rotari fan nya juga akan bersih semua ? kenapa kadang kalah SETELEH dicuci tukang ac,...ehhh malah NETES,..dan teknisi kembali utk memperbaikinnya...?

1. Kuningan ada diurutan bawah untuk penghantar panas yang baik yang diatas nya ada tembaga dan perak dan aluminium.
2. Tergantung teknisi cucinya bersih gak, kalau netes biasanya saat dicuci lubang pembuangan air gak di tembak jadi kotoran yang turun dari evap menyumbat lubang buang air.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 01 October 2013, 08:52:44 AM
jadi utk jangka panjang, biaya perbaikan, kenaikan biaya listrik, dll....

apakah inverter lebih hemat duitnya dari yg ac biasa ?
lebih tepat lebih hemat listrik, bukan hemat duit.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: Chan Ming on 01 October 2013, 12:14:46 PM
kenapa ac yg ber ion generator rata2 lebih mahal satu juta,
apakah harga ion generator tsb harganya satu juta ?

bagus beli ion generator pisah, atau bagusan ikut yg didalam ac ? kenapaa ?

pasti lbh mahal, namanya juga tambah fitur, beda merk beda harga. Bagus pisah dong, karena masing2 fokus pada fungsinya.
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: maplepurple on 23 July 2015, 11:44:53 AM
Pak, kebetulan saya lihat forum ini dari google.
mau tanya,
Sejak dulu masalah AC kami itu masalah di kompresor yang tidak menyala. Padahal baru beli AC (baru beberapa bulan). Ini terjadi pada AC kami dengan merk yang berbeda2, pertama beli merk National, lalu ganti Panasonic, terakhir Sharp. Namun masalahnya sama saja di kompresor yg tidak menyala dan belum lama pakai. Dan sering terjadi netes2 dari outdoor AC. (Jadi outdoor AC kami terletak di lantai 3, pipa2nya masuk ke dalam lantai 3, nah bocornya netes2 ke lantai 2). Ini kenapa ya, apa ini ada hubungannya dgn kebocoran itu? Bagaimana mengatasinya?
 
kalau kami servis AC selalu alasannya AC perlu dicuci (padahal belum lama pakai), kurang freon, padahal freon itu tidak akan bisa habis, kecuali jika terjadi kebocoran. kalo freon diisi tapi masih saja bocor, sama saja nanti akan abis juga. Sementara mendeteksi lokasi kebocorannya itu sangat rumit karena sulit diketahui lokasinya.

Pola ini selalu berulang, maslaah di kompresor tidak mau menyala. Kalau saudara kami AC sudah 20 th tidak pernah rusak2, kenapa ya.
Untuk itu mohon petunjuk dan solusinya, terimakasih
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 July 2015, 06:55:25 PM
Pak, kebetulan saya lihat forum ini dari google.
mau tanya,
Sejak dulu masalah AC kami itu masalah di kompresor yang tidak
more...: ShowHide
menyala. Padahal baru beli AC (baru beberapa bulan). Ini terjadi pada AC kami dengan merk yang berbeda2, pertama beli merk National, lalu ganti Panasonic, terakhir Sharp. Namun masalahnya sama saja di kompresor yg tidak menyala dan belum lama pakai. Dan sering terjadi netes2 dari outdoor AC. (Jadi outdoor AC kami terletak di lantai 3, pipa2nya masuk ke dalam lantai 3, nah bocornya netes2 ke lantai 2). Ini kenapa ya, apa ini ada hubungannya dgn kebocoran itu? Bagaimana mengatasinya?
 
kalau kami servis AC selalu alasannya AC perlu dicuci (padahal belum lama pakai), kurang freon, padahal freon itu tidak akan bisa habis, kecuali jika terjadi kebocoran. kalo freon diisi tapi masih saja bocor, sama saja nanti akan abis juga. Sementara mendeteksi lokasi kebocorannya itu sangat rumit karena sulit diketahui lokasinya.

Pola ini selalu berulang, maslaah di kompresor tidak mau menyala. Kalau saudara kami AC sudah 20 th tidak pernah rusak2, kenapa ya.
Untuk itu mohon petunjuk dan solusinya, terimakasih


teknisi lagi libur...cumpol bantu jawab ya....

utk Indonesia, kebanyakan pemasang AC ngaku2 teknisi, padahal mereka mengerjar omset yg ditentukan perusahaannya... jadi pasangnya super cepat...pakai paku, dst dst...

1 spt pemasangan AC split yg baik adalah dgn pompa vacuum dulu pipanya baru Freon dialirkan...
2. apakah panjang/pendek pipa Freon memenuhi syarat...(tdk boleh lebih dari 6 meter, bgitu juga gak boleh kependekan..)
3. apakah kondensor (outdoor unit) ketinggiannya udah benar ?
4. apakah evaporator (inddoor unit) ada 15 cm dari plafon (utk mempermudah circulasi),....
5. apakah pipa2 pembuang air udah lancar? maupun pipa2 terpasang dgn baik...


note: spt cat tembok yg mahalnya 10juta/kaleng...klo pengerjaannya NGAWUR....ya sama aja.... (spt tembok diplamir calcium, acian belum kering benar, tdk ada alkaline resist...under cote,..dst dst...)

minta dari teknisi mrk AC tsb yg pasang n minta bawa vacuum pump utk menyedot sisa2 udara dlm pipa....

kira2 bgitulah...
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 July 2015, 07:00:43 PM
[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=FNeWPPRH2E8[/youtube]

salah satu contoh aja.....(pemasangan AC)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 23 July 2015, 07:12:22 PM
(http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS-AYTu36azkxw34u-8iSIMWRTQAuEI2TqtOz6_Gwh9lal9K3Qg)
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: maplepurple on 27 July 2015, 10:54:56 AM
teknisi lagi libur...cumpol bantu jawab ya....

utk Indonesia, kebanyakan pemasang AC ngaku2 teknisi, padahal mereka mengerjar omset yg ditentukan perusahaannya... jadi pasangnya super cepat...pakai paku, dst dst...

1 spt pemasangan AC split yg baik adalah dgn pompa vacuum dulu pipanya baru Freon dialirkan...
2. apakah panjang/pendek pipa Freon memenuhi syarat...(tdk boleh lebih dari 6 meter, bgitu juga gak boleh kependekan..)
3. apakah kondensor (outdoor unit) ketinggiannya udah benar ?
4. apakah evaporator (inddoor unit) ada 15 cm dari plafon (utk mempermudah circulasi),....
5. apakah pipa2 pembuang air udah lancar? maupun pipa2 terpasang dgn baik...


note: spt cat tembok yg mahalnya 10juta/kaleng...klo pengerjaannya NGAWUR....ya sama aja.... (spt tembok diplamir calcium, acian belum kering benar, tdk ada alkaline resist...under cote,..dst dst...)

minta dari teknisi mrk AC tsb yg pasang n minta bawa vacuum pump utk menyedot sisa2 udara dlm pipa....

kira2 bgitulah...


Terimakasih agan CumiPolos sudah bantu mensolusikan.
Ia kok teknisi AC masih libur sih tanggal segini.
Saya telpon pihak Sharp supaya ngedatangin teknisinya tapi katanya masih libur
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 27 July 2015, 05:11:17 PM

Terimakasih agan CumiPolos sudah bantu mensolusikan.
Ia kok teknisi AC masih libur sih tanggal segini.
Saya telpon pihak Sharp supaya ngedatangin teknisinya tapi katanya masih libur

beberapa point yg perlu (mohon) ditanyakan...

1 bagaimana posisi antara indoor (evaporator) dgn outdor (condensor) unit....a. sama tinggi b:indoor lebih tinggi dari outdoor
c:outdoor lebih tinggi dari indoor....(dan utk b n c jarak berapa cm)

2. bagaimana menentukan posisi yg baik utk pemasangan indoor (evap) yg baik ?

3. apa keuntungan dari freon 410 dibandingkan dgn yg lama ?

utk 1,2 dan 3....alasannya kenapa !



thx

Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: maplepurple on 28 July 2015, 02:51:40 PM
beberapa point yg perlu (mohon) ditanyakan...

1 bagaimana posisi antara indoor (evaporator) dgn outdor (condensor) unit....a. sama tinggi b:indoor lebih tinggi dari outdoor
c:outdoor lebih tinggi dari indoor....(dan utk b n c jarak berapa cm)

2. bagaimana menentukan posisi yg baik utk pemasangan indoor (evap) yg baik ?

3. apa keuntungan dari freon 410 dibandingkan dgn yg lama ?

utk 1,2 dan 3....alasannya kenapa !



thx


ini barusan teknisi Sharp udah datang, dan pas diperiksa katanya kompresor mati karena tegangan rendah, makanya kompresor itu langsung protect dgn mati. Tapi tidak ada kerusakan.

Ajaibnya pas dia dateng tu kompresor nyala en ac udh normal. Cuma memang ada bbrp poin2 ttg AC kami :
1. Outdoor lebih tinggi dr indoor tapi kan cuma lebih tinggi kurang lebih 50 cm saja. Tapi kami disarankan supaya outdoor lbi rendah, atau kl terpaksa sekali, dibuat leher angsa supaya oli kompresor tdk bisa mengalir ke indoor. Jarak pipa/ selang outdoor- indoor sih disarankan 3 -5 meter. Tapi berhubung AC kami 1 pk, katanya masih toleransi sampai 9 meter kalau dilihat dari BTU.
Slama ini outdoor kami lbi tinggi dr indoor, maka mgkin itulah penyebab kompresor selalu rusak, dan udah 3x ganti AC.

2. Tegangan rendah penyebab kompresor kami mati. itu karena AC kami masih Sharp standar, bukan yg jenis low voltage. Jadi kalau tegangan rendah kompresorny lgsg mati (karena protect itu). Solusinya adalah memakai stabilizer, tp stabilizernya yg 5000 watt katanya. Yg 1500 watt (stabilizer biasa kecil itu, ngga bisa).

3. Freon 410 salah satu dari beberapa jenis freon, yang terbaru adalah freon R32. Freon 410 dan R32 itu untuk AC tipe inverter. Jadi macam2 jenis freon itu untuk bermacam2 AC.  Klo AC kami masih tipe standar jadi masih pakai freon R22

begitu agan cumipolos jawabannya dari teknisi Sharp, bner2 trnyt masalah AC lbih kompleks ya drpd yg kami bayangkan

Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 29 July 2015, 12:06:43 AM

ini barusan teknisi Sharp udah datang, dan pas diperiksa katanya kompresor mati karena tegangan rendah, makanya kompresor itu langsung protect dgn mati. Tapi tidak ada kerusakan.

Ajaibnya pas dia dateng tu kompresor nyala en ac udh normal. Cuma memang ada bbrp poin2 ttg AC kami :
1. Outdoor lebih tinggi dr indoor tapi kan cuma lebih tinggi kurang lebih 50 cm saja. Tapi kami disarankan supaya outdoor lbi rendah, atau kl terpaksa sekali, dibuat leher angsa supaya oli kompresor tdk bisa mengalir ke indoor. Jarak pipa/ selang outdoor- indoor sih disarankan 3 -5 meter. Tapi berhubung AC kami 1 pk, katanya masih toleransi sampai 9 meter kalau dilihat dari BTU.
Slama ini outdoor kami lbi tinggi dr indoor, maka mgkin itulah penyebab kompresor selalu rusak, dan udah 3x ganti AC.

1. outdoor sebaiknya lebih rendah 30cm dari indoor. bila tdk oli komproser sering tdk mencapai piston2 dan akan merusak. saran...bongkar pasang 4 baut peyangga AC dan ubah posisinya...
utk panjang pipa tembaga freon bisa 3 meter s/d 9 m max.


2. Tegangan rendah penyebab kompresor kami mati. itu karena AC kami masih Sharp standar, bukan yg jenis low voltage. Jadi kalau tegangan rendah kompresorny lgsg mati (karena protect itu). Solusinya adalah memakai stabilizer, tp stabilizernya yg 5000 watt katanya. Yg 1500 watt (stabilizer biasa kecil itu, ngga bisa).
2.soal naik turun teganggan...bisa pilih aja yg WIDEVOLTAGE...ataupun disebut AUTOvoltage...sehingga perbedaan voltage tdk menjadi masalah...

3. Freon 410 salah satu dari beberapa jenis freon, yang terbaru adalah freon R32. Freon 410 dan R32 itu untuk AC tipe inverter. Jadi macam2 jenis freon itu untuk bermacam2 AC.  Klo AC kami masih tipe standar jadi masih pakai freon R22
3. Ac terbaru yg bukan inverter telah memakai freon 410 (sorry tdk sebut merek), dan itu lebih lembut, tidak berisik....lebih irit listrik serta tentu BTU nya tingga dan menjadi lebih dingin...
jadi jangan gampang percaya pada orang2...karna udah ada pabrik yg memproduksikan ac low watt dgn R410..tapi bukan inverter...


begitu agan cumipolos jawabannya dari teknisi Sharp, bner2 trnyt masalah AC lbih kompleks ya drpd yg kami bayangkan

masalah ac juga tergantung kebersihan, ketelitian, keahlian dari pemasangnya.... (pemasangan ac disarankan pakai vacuum pump...)


sorry klo cumpol udah berlagak melebihin teknisi ac.... _/\_
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 04 February 2016, 12:12:09 PM
kenapa ya....didunia ini AC diciptakan paling kecil 0.5 PK ?....bagaimana klo ada yg 0.25 PK...
apa alasannya ? apa kelemahannya >?....
 :o
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: uno411 on 13 May 2018, 08:00:03 AM
Wah, kebetulan saya baru aja bangun rumah. Butuh konsultasi untuk pemasangan dan perawatan AC. Terima kasih tipsnya  _/\_
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: cumi polos on 18 May 2018, 08:39:27 PM
Wah, kebetulan saya baru aja bangun rumah. Butuh konsultasi untuk pemasangan dan perawatan AC. Terima kasih tipsnya  _/\_

apakah yg ingin ditanyakan ? sacheng akan nyoba menjawab....
Title: Re: Konsultasi AC Rumah Anda disini!
Post by: 3polxin on 14 June 2019, 03:28:34 PM
Ah akhirnya ketemu juga nih trit tentang permasalahan AC dan pendingin. Infonya berguna untuk selesaikan permasalahanku nih....