Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Just My Little Thought  (Read 42995 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Just My Little Thought
« Reply #120 on: 23 November 2013, 11:25:34 PM »
ikut donk
Spoiler: ShowHide

udah kenalan kok oma, yg ditanyain si rain eh si juan ini adalah cara pdktnya  ^-^
ehhhh... :))

:)) :))
Spoiler: ShowHide

cucu yg mana dlu....pan oma pny banyak cucu.... :whistle:
I'm an ordinary human only

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #121 on: 11 December 2013, 10:12:12 PM »
Quote of the day:

"The higher you climb, the less travellers you find. Oh mountaineer, can you endure loneliness?"
~ Sayādaw U Jotika

#NotJusMyLittleThought
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Just My Little Thought
« Reply #122 on: 12 December 2013, 01:57:54 PM »
drpd sandal jepit mending chocolate lah....mau ga klo dikirimin ? bentar yaaa....minta dulu ama jambi.... ^-^

ga ada cinta n ga ada harta lantas napa mau ?  :hammer:
prinsip oma sih dr dlu, janganlah memilih pasangan karena harta....sangat berbahaya...!
dia mampu berbuat apa aja ama harta nya, lihat aja....sering muncul di TV setelah suami bosen lantas menyewa pembunuh bayaran agar dia bisa mengenyahkan istrinya. :hammer:

saran oma, pilihlah pasangan hidup demi CINTA, suka maupun duka kalian arungi bersama2 dengan selalu merajut cinta walau tidak mudah mengarungi samudera kehidupan tapi dengan rajutan cinta kalian yang kuat maka semuanya dapat kalian lalui bersama. >:)<   ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

Spoiler: ShowHide

klo gtu lempar2an GRP aja dah tiap bulan  ^-^



Itu sih krn oma terlalu banyak nonton drama deh, wkwkwkwkwk..tp ga ada salahnya waspada.

Harta jg bukan pertimbangan utama gw sih.

Emang bener hrs milih krn CINTA, tp klo cuma cinta aja rasanya ga cukup deh oma. Pacaran dan menikah adalah dua wacana yg berbeda  ;D

pacaran itu antara dua org, menikah itu antara dua keluarga, wkwkwkwk.. see, the big deal?
I DO AGREE  :whistle: :whistle: :whistle: :whistle:
Spoiler: ShowHide
deal  :D


cinta bisa pudar. yang disebut orang sebagai cinta kebanyakan adalah cinta diri. di saat diri tidak lagi memperoleh keuntungan apalagi mengalami penderitaan, cintapun hilang. derita itu bisa derita mental, bisa derita fisik, dimana kedua2nya bisa bersumber dari masalah uang.

sori kalo ngomongnya pahit ;D

Gag pahit om, tapi REAL IMO....
itulah prinsip org skrg... WITING TRESNO SOKO BONDHO LAN ARTO (tumbuhnya cinta dari kekayaan dan uang  :'( :'( :'()

Quote
bagus si... cuman terlalu awal buat yang ini... ntar ngga memotivasi yang muda-mudi Om 
biar pengalaman yang mengajari lah...
termasuk dirimu kah om jupe???  ^-^

quote author=neutral link=topic=23878.msg458977#msg458977 date=1384787486]
somehow ada bgn2 yg gw setuju dgn bro. Haha.
prnh dgr reaksi kimia yg menyebabkan org jatuh cinta hny bertahan...3 taon. Whats left after that? Tanggung jawab, komitmen, dll.
yeah masi byk yg lebih cinta diri ketimbang pasangan, dmana ada untung di situ dia merapat.
makin ke sini makin merasa cinta itu overrated  ;D

merasa tercerahkan  :))
[/quote]

itulah kesalahan si hormon endorphrine  :( :o :o
makanya yang jadi ke pelaminan adalah yang pacarannya < 3tahun ini sih pengamatan pribadi....
kalau kata nenek sih mau pacaran seberapa lama juga gag akan tahu sifat aslinya kalau blom tinggal 1 atap :-? :-? :-?

Quote of the day:

"The higher you climb, the less travellers you find. Oh mountaineer, can you endure loneliness?"
~ Sayādaw U Jotika

#NotJusMyLittleThought

hanya orang2 hebat yang ditakdirkan untuk masa depan yang hebat seperti burung Pung yang harus mengumpulkan cukup angin dalam waktu yang lama untuk dapat terbang bebas lebih tinggi pada akhirnya karena tak seperti mereka yang hidup untuk 1 musim saja... Burung Pung diciptakan untuk hidup dan takdir yang lebih hebat untuk dihadapi...
Chin Ning Chu- Thick Face Black Heart  _/\_
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #123 on: 12 December 2013, 02:35:00 PM »

hanya orang2 hebat yang ditakdirkan untuk masa depan yang hebat seperti burung Pung yang harus mengumpulkan cukup angin dalam waktu yang lama untuk dapat terbang bebas lebih tinggi pada akhirnya karena tak seperti mereka yang hidup untuk 1 musim saja... Burung Pung diciptakan untuk hidup dan takdir yang lebih hebat untuk dihadapi...
Chin Ning Chu- Thick Face Black Heart  _/\_

Wow  ::)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Just My Little Thought
« Reply #124 on: 12 December 2013, 10:03:47 PM »
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #125 on: 13 December 2013, 07:27:33 AM »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #126 on: 16 December 2013, 08:38:23 PM »
SN 20.2 Nakhasikha Sutta: Kuku Jari

Di Sāvatthī. Kemudian Sang Bhagavā mengambil sedikit tanah dengan ujung kuku jari tanganNya dan berkata kepada para bhikkhu sebagai berikut: “Para bhikkhu bagaimanakah menurut kalian, mana yang lebih banyak: sedikit tanah yang Kuambil di ujung kuku jari tanganKu ini atau bumi ini?”

“Yang Mulia, bumi ini lebih banyak. Sedikit tanah yang Bhagavā ambil di ujung kuku jari tangan Bhagava adalah tidak berarti. Dibandingkan dengan bumi ini, tidak terhitung, tidak dapat dibandingkan, tidak ada bahkan sebagian kecilnya.”

“Demikian pula, para bhikkhu, makhluk-makhluk yang terlahir kembali di antara manusia adalah sedikit. Tetapi banyak sekali makhluk-makhluk yang terlahir kembali di alam selain alam manusia. Oleh karena itu, para bhikkhu, kalian harus berlatih sebagai berikut: ‘Kami akan berlatih dengan tekun.’ Demikianlah kalian harus berlatih.”
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Just My Little Thought
« Reply #127 on: 17 December 2013, 03:35:21 PM »
SN 20.2 Nakhasikha Sutta: Kuku Jari

Di Sāvatthī. Kemudian Sang Bhagavā mengambil sedikit tanah dengan ujung kuku jari tanganNya dan berkata kepada para bhikkhu sebagai berikut: “Para bhikkhu bagaimanakah menurut kalian, mana yang lebih banyak: sedikit tanah yang Kuambil di ujung kuku jari tanganKu ini atau bumi ini?”

“Yang Mulia, bumi ini lebih banyak. Sedikit tanah yang Bhagavā ambil di ujung kuku jari tangan Bhagava adalah tidak berarti. Dibandingkan dengan bumi ini, tidak terhitung, tidak dapat dibandingkan, tidak ada bahkan sebagian kecilnya.”

“Demikian pula, para bhikkhu, makhluk-makhluk yang terlahir kembali di antara manusia adalah sedikit. Tetapi banyak sekali makhluk-makhluk yang terlahir kembali di alam selain alam manusia. Oleh karena itu, para bhikkhu, kalian harus berlatih sebagai berikut: ‘Kami akan berlatih dengan tekun.’ Demikianlah kalian harus berlatih.”

Berarti benar ya sangat silit mendapatkan tubuh manusia ini lagi.....
betapa nikmatnya jika gejolak ini padam,,,,
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #128 on: 18 December 2013, 07:41:21 AM »
Berarti benar ya sangat silit mendapatkan tubuh manusia ini lagi.....
betapa nikmatnya jika gejolak ini padam,,,,

Yups, liat juga Dhammapada syair 182 ;D
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Just My Little Thought
« Reply #129 on: 21 December 2013, 05:21:51 PM »
SN 20.2 Nakhasikha Sutta: Kuku Jari

Di Sāvatthī. Kemudian Sang Bhagavā mengambil sedikit tanah dengan ujung kuku jari tanganNya dan berkata kepada para bhikkhu sebagai berikut: “Para bhikkhu bagaimanakah menurut kalian, mana yang lebih banyak: sedikit tanah yang Kuambil di ujung kuku jari tanganKu ini atau bumi ini?”

“Yang Mulia, bumi ini lebih banyak. Sedikit tanah yang Bhagavā ambil di ujung kuku jari tangan Bhagava adalah tidak berarti. Dibandingkan dengan bumi ini, tidak terhitung, tidak dapat dibandingkan, tidak ada bahkan sebagian kecilnya.”

“Demikian pula, para bhikkhu, makhluk-makhluk yang terlahir kembali di antara manusia adalah sedikit. Tetapi banyak sekali makhluk-makhluk yang terlahir kembali di alam selain alam manusia. Oleh karena itu, para bhikkhu, kalian harus berlatih sebagai berikut: ‘Kami akan berlatih dengan tekun.’ Demikianlah kalian harus berlatih.”
So ? Segera menyusul dah ke Myanmar bersama Sayadaw U Bond ....  ;D
I'm an ordinary human only

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Just My Little Thought: Sati-sampajañña
« Reply #130 on: 02 January 2014, 08:52:05 AM »
Sati-sampajañña

Sati-sampajañña berasal dari bahasa Pali: sati = sadar/perhatian + sampajañña = tahu sepenuhnya/tahu dengan jelas (kata sifat: sampajāno). Secara harfiah sati-sampajañña berarti "sadar dan tahu sepenuhnya". Ini merupakan istilah teknis dalam meditasi Buddhis, terutama vipassanā (pandangan terang), yang menunjuk pada kondisi seorang meditator yang menyadari objek meditasi dengan perhatian penuh (sati) sehingga sepenuhnya memahami timbul lenyapnya semua fenomena fisik dan mental yang menyertainya (sampajañña). Secara khusus, pengertian sati-sampajañña lebih mengarah pada memahami timbul lenyapnya fenomena batin (perasaan, pemikiran, persepsi) yang terjadi selama meditasi. Hal ini disebutkan dalam kotbah Sang Buddha sebagai berikut:

"Dan bagaimanakah, para bhikkhu, menyadari (sati) dan sepenuhnya mengetahui (sampajañña/sampajāno) itu? Di sini bagi seorang bhikkhu perasaan (vedanā) yang muncul diketahui, perasaan yang bertahan diketahui, perasaan yang lenyap diketahui. Pemikiran (vitakkā) yang muncul diketahui, pemikiran yang bertahan diketahui, pemikiran yang lenyap diketahui. Persepsi/pencerapan (saññā) yang muncul diketahui, persepsi yang bertahan diketahui, persepsi yanng lenyap diketahui. Inilah, para bhikkhu, seorang bhikkhu yang sadar dan sepenuhnya tahu (sati-sampajañña)."
~ Sati Sutta (SN 47.35) / Nanda Sutta (AN 8.9)

Dengan memahami dengan jelas timbul, bertahan sebentar dan lenyapnya fenomena-fenomena batin, maka seorang meditator tidak melekat lagi pada fenomena batin yang menyenangkan (perasaan senang/bahagia misalnya) yang dapat menimbulkan keserakahan (lobha) dan juga tidak menolak fenomena batin yang tidak menyenangkan (perasaan sakit misalnya) yang dapat menimbulkan kebencian (dosa). Inilah jalan menuju ketenangan batin dan pandangan terang atas segala sesuatu sebagaimana adanya.

My Old Meditation Note: ShowHide
Just my old meditation note inspired by Bhante's instruction on vipassana. :)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Just My Little Thought
« Reply #131 on: 02 January 2014, 04:39:21 PM »
Sati-sampajañña

Sati-sampajañña berasal dari bahasa Pali: sati = sadar/perhatian + sampajañña = tahu sepenuhnya/tahu dengan jelas (kata sifat: sampajāno). Secara harfiah sati-sampajañña berarti "sadar dan tahu sepenuhnya". Ini merupakan istilah teknis dalam meditasi Buddhis, terutama vipassanā (pandangan terang), yang menunjuk pada kondisi seorang meditator yang menyadari objek meditasi dengan perhatian penuh (sati) sehingga sepenuhnya memahami timbul lenyapnya semua fenomena fisik dan mental yang menyertainya (sampajañña). Secara khusus, pengertian sati-sampajañña lebih mengarah pada memahami timbul lenyapnya fenomena batin (perasaan, pemikiran, persepsi) yang terjadi selama meditasi. Hal ini disebutkan dalam kotbah Sang Buddha sebagai berikut:

[...]
Numpang lewat sambil tanya nih, meditasi Buddhis 'kan ada 2: samatha yang bertujuan mencapai jhana (dan kesaktian) dan vipassana yang bertujuan untuk mencapai kesucian. Menjelang pencerahan sempurna Bodhisatta meditasi di bawah pohon bodhi, pakai meditasi apa? Jika Vipassana, kok masuk jhana (dan mengembangkan kesaktian); jika samatha, kok bisa tembus samma-sambodhi?


Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #132 on: 02 January 2014, 06:28:43 PM »
Numpang lewat sambil tanya nih, meditasi Buddhis 'kan ada 2: samatha yang bertujuan mencapai jhana (dan kesaktian) dan vipassana yang bertujuan untuk mencapai kesucian. Menjelang pencerahan sempurna Bodhisatta meditasi di bawah pohon bodhi, pakai meditasi apa? Jika Vipassana, kok masuk jhana (dan mengembangkan kesaktian); jika samatha, kok bisa tembus samma-sambodhi?

Kayaknya bau2 Buddhisme awal nih :))

IMO, Bodhisatta di bawah pohon Bodhi mempraktekkan samatha sampai jhana kemudian melakukan vipassana utk mencapai pencerahan. Kalo merujuk pada sutta-sutta awal, tidak ada dikotomi samatha-vipassana yang ketat, keduanya saling sama-sama diperlukan dan saling mendukung untuk mencapai pencerahan karena samatha bertujuan untuk meninggalkan nafsu dan vipassana bertujuan untuk melenyapkan ketidaktahuan (AN 2.31).
« Last Edit: 02 January 2014, 06:32:31 PM by Shinichi »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Just My Little Thought
« Reply #133 on: 07 January 2014, 09:10:24 AM »
Kayaknya bau2 Buddhisme awal nih :))

IMO, Bodhisatta di bawah pohon Bodhi mempraktekkan samatha sampai jhana kemudian melakukan vipassana utk mencapai pencerahan. Kalo merujuk pada sutta-sutta awal, tidak ada dikotomi samatha-vipassana yang ketat, keduanya saling sama-sama diperlukan dan saling mendukung untuk mencapai pencerahan karena samatha bertujuan untuk meninggalkan nafsu dan vipassana bertujuan untuk melenyapkan ketidaktahuan (AN 2.31).
Hehe maap, maap... ini "survey" yang selalu saya tanyakan untuk mengumpulkan data. Thanks buat jawabannya. ;D


Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Just My Little Thought
« Reply #134 on: 07 January 2014, 09:37:18 AM »
Gpp om ;D

Btw, artikel ttg sati-sampajanna di atas memang bernuansa vipassanavada krn berdasarkan ceramah Bhante yg kudengar, aku cuma menambahkan ref. sutta aja :)

Utk dikotomi samatha-vipassana dlm sutta2 awal ada dalam buku A History of Mindfulness oleh Bhikkhu Sujato....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa