Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: membunuh akhirya menjadi kebiasaan  (Read 36521 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #15 on: 14 November 2012, 09:56:58 PM »
“ O para bhikkhu, kehendak(cetana)  untuk berbuat  itulah yang aku namakan karma. Sesudah berkehendak orang lalu melakukan perbuatan dengan pikiran, ucapan dan badan jasmani.” Anguttara Nikaya III, 415.

Ada lima faktor agar suatu perbuatan dapat disebut membunuh :
1. adanya makhluk hidup (pano)
2. mengetahui bahwa makhluk itu masih hidup (panasannita)
3. berpikir untuk membunuhnya (vadhakacittam)
4. berusaha untuk membunuhnya (upakkamo)
5. makhluk itu mati sebagai akibat dari usaha tersebut (tena maranam)

Empat faktor untuk dapat disebut berkata tidak benar :
1.   Atthama-vatthu : sesuatu atau hal yang tidak benar
2.   Visamvadanacittam : mempunyai pikiran untuk berdusta
3.   Tajjo vayamo : berusaha berdusta
4.   Parassa tadatthavijanam : pihak lain memahami maksud yang dikatakannya

____
terkadang suatu perbuatan karna dilakukan dalam waktu yang hampir tidak bersela maka dianggap sebagai satu kejadian, padahal pikiran bergerak dengan begitu cepatnya. seperti cerita om nagasena tentang membunuh nyamuk untuk melindungi anak, melindungi anak adalah satu pikiran (baik) dan membunuh nyamuk adalah pikiran yang lain (buruk).
yang satunya dilandasi dengan kasih sayang.
sedangkan satunya lagi oleh kebencian.
jadi g bisa dikatakan membunuh nyamuk karena kasih sayang. mana ada menghilangkan nyawa makhluk lain dengan kasih sayang. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Che Yong

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #16 on: 15 November 2012, 12:22:13 AM »
bro sefung, ya juga susah banget deh kalau berurusan sama nyamuk.
Kalau cara saya pribadi(misalnya di kamar tidur).
aku semprot pake obat nyamuk dengan kadar tertentu/dikira2, tapi aku buka kamarku. setelah beberapa lama baru kututup lagi.
kelihatan konyol sih wkkw tapi mau gmna lagi.
maksudku itu biar nyamuknya ga betah di kamar ku, bukan untuk membunuh. dan buktinya manjur
karena kulihat nyamuknya pada ngungsi keluar wkwk. seharian itu ga ada nyamuk yang masuk ke sana karena baunya nempel.

aku juga sih ga tau mana yang paling bener. cuman trik aja biar ga menyakiti wkwk.
kalau tertarik maka coba aja atau ciptain trik lain dan share ke sini kalau ada yang lebih konyol lagi wkwk.

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #17 on: 15 November 2012, 01:50:17 AM »
bro sefung, ya juga susah banget deh kalau berurusan sama nyamuk.
Kalau cara saya pribadi(misalnya di kamar tidur).
aku semprot pake obat nyamuk dengan kadar tertentu/dikira2, tapi aku buka kamarku. setelah beberapa lama baru kututup lagi.
kelihatan konyol sih wkkw tapi mau gmna lagi.
maksudku itu biar nyamuknya ga betah di kamar ku, bukan untuk membunuh. dan buktinya manjur
karena kulihat nyamuknya pada ngungsi keluar wkwk. seharian itu ga ada nyamuk yang masuk ke sana karena baunya nempel.

aku juga sih ga tau mana yang paling bener. cuman trik aja biar ga menyakiti wkwk.
kalau tertarik maka coba aja atau ciptain trik lain dan share ke sini kalau ada yang lebih konyol lagi wkwk.

boleh jg sarannya,  boleh coba di kamar, yg binggung bagian ruang tamu, kalau semprot dgn kadar tertentu lalu buka pintu utama,  sy yakin ribuan nyamuk di luar siap nyerbu kedalam.

malam ini bertahan tanpa membunuh
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #18 on: 15 November 2012, 03:16:42 PM »
kan ada obat nyamuk bakar?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #19 on: 15 November 2012, 04:56:16 PM »
kan ada obat nyamuk bakar?

kalau pasang obat nyamuk antara nyamuk yg sekarat atau gw yg mati kehirup asapnya :D
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #20 on: 15 November 2012, 05:20:30 PM »
bedanya apa dengan yang semprot?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #21 on: 15 November 2012, 06:19:43 PM »
kalau pasang obat nyamuk antara nyamuk yg sekarat atau gw yg mati kehirup asapnya :D

wkwkwkw, klo pintu dibuka sementara di ruangan pasang kipas angin yang cukup kencang rasanya juga bisa ngurangin nyamuk, heheh.. ibarat ngusir nyamuk pake badai hehehe

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #22 on: 15 November 2012, 10:37:38 PM »
wkwkwkw, klo pintu dibuka sementara di ruangan pasang kipas angin yang cukup kencang rasanya juga bisa ngurangin nyamuk, heheh.. ibarat ngusir nyamuk pake badai hehehe

Betul, kalau badan tahan ga masuk angin, pakai kipas angin saja maka nyamuk gak bakalan bisa menggigit kita.  Boro2 mau gigit, begitu dia terbang saja bakalan terpental tertiup angin dari kipas angin ke badan kita.  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #23 on: 16 November 2012, 09:08:28 AM »
hmmm.....
coba ikutin saran2 yang uda diberikan oleh teman2 di atas, pake kawat nyamuk, kipas angin. untuk kamar tidur , pintu jgn dibiarkan terbuka
lalu ada yang pernah bilang ke saya jangan bunuh nyamuk ntar kita juga bisa jadi lebih jarang digigit nyamuk, pertama wa ga percaya tapi entah mengapa akhirnya saya coba. tapi anehnya trik itu berhasil, sekarang sangat jarang terlihat bintil merah hasil gigitan nyamuk. sudah bertahun2 kami tidak lagi memakai obat nyamuk baik model bakar, semprot atau listrik. di kamar tidur terkadang masih saya jumpai 2 atau 3 ekor nyamuk tapi ga ada bekas gigitan nyamuk tuh di badan saya.
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #24 on: 16 November 2012, 01:02:11 PM »
saya gak pernah bunuh nyamuk tapi kenapa digigit terus?? :'( :'(
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #25 on: 16 November 2012, 02:42:50 PM »
Betul, kalau badan tahan ga masuk angin, pakai kipas angin saja maka nyamuk gak bakalan bisa menggigit kita.  Boro2 mau gigit, begitu dia terbang saja bakalan terpental tertiup angin dari kipas angin ke badan kita.  ;D

yup dilemanya gitu, salah2 masuk angin...
ya palingan pas lagi setel kipas angin kita jangan di ruangan, hehe..

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #26 on: 16 November 2012, 02:52:08 PM »
saya gak pernah bunuh nyamuk tapi kenapa digigit terus?? :'( :'(

Mungkin terdaftar sebagai pendonor darah :hammer:
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #27 on: 16 November 2012, 08:56:51 PM »
saya gak pernah bunuh nyamuk tapi kenapa digigit terus?? :'( :'(

jangan patah semangat lanjut terus latihan pengendalian utk tidak membunuh
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #28 on: 16 November 2012, 09:01:56 PM »
jangan patah semangat lanjut terus latihan pengendalian utk tidak membunuh
;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: membunuh akhirya menjadi kebiasaan
« Reply #29 on: 16 November 2012, 09:04:07 PM »
saya gak pernah bunuh nyamuk tapi kenapa digigit terus?? :'( :'(

yakin gak pernah bunuh nyamuk? lalu engkau makan apa waktu jadi cicak?