Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: asah otak  (Read 75567 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: asah otak
« Reply #60 on: 15 June 2012, 07:53:31 PM »
Benar 7.21.


Next, kalau piramid.

Sebuah model piramid punya tinggi 5cm, membutuhkan bahan baku tanah liat sebesar 1kg.

Utk mengubah piramid tsb menjadi tinggi 7cm, brp bahan yg dibutuhkan?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #61 on: 15 June 2012, 10:48:18 PM »
M1/M2 = T1/T2
1/M2 = 5/7
M2 = 7/5
M2 = 1.4 ?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: asah otak
« Reply #62 on: 16 June 2012, 06:54:52 AM »
Benar 7.21.


Next, kalau piramid.

Sebuah model piramid punya tinggi 5cm, membutuhkan bahan baku tanah liat sebesar 1kg.

Utk mengubah piramid tsb menjadi tinggi 7cm, brp bahan yg dibutuhkan?

ini relatif sih tergantung apakah luas dasar piramidnya sama atau tidak, atau proporsional size nya

kalau luar dasarnya nda sama, yah bisa berapa aja bahannya, tinggal dikecilin bawahnya hehehe

asumsi proporsional kali yah, secara ini yg paling susah *males mode*
There is no place like 127.0.0.1

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: asah otak
« Reply #63 on: 16 June 2012, 08:22:57 AM »
hint:

semua volume adalah perkalian dari 3 aspek (panjang, lebar, tinggi) dan konstanta

contoh:
piramid = pxlxt/3

krn konstanta, maka dalam perhitungan scaling *up or down,
konstanta bisa diabaikan.

panjang.lebar.tinggi.konstanta = 1
panjang.lebar.tinggi = 1 konstanta (di piramid dan semua geometry yg punya 1 titik pusat di atas konstantanya 1/3)

----

jika tinggi = 7/5 piramid awal
maka demikian jg dg panjang dan lebarnya

= 7/5 panjang x 7/5 lebar x 7/5 tinggi
= 7/5^3 (panjangxlebarxtinggi)
= 2.744 (volume sebelumnya)
krn berat jenis masih sama, maka berat yg dibutuhkan adalah 2.744 x berat sebelumnya = 2.744 kg...








------------
pembuktian utk soal lain, yaitu bola sebelumnya
aspeknya adalah diameter = 5cm

v bola = d^3 x konstanta
maka utk 3x lipat volumenya

cukup d = sqrt(3,3) * d_sebelumnya
             = 1.4422 * 5
             = 7.21
« Last Edit: 16 June 2012, 08:25:31 AM by tesla »
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #64 on: 16 June 2012, 01:33:56 PM »
slah.. :hammer:

saya kira luas alasnya sama... ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #65 on: 05 January 2013, 01:20:09 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?
« Last Edit: 05 January 2013, 01:23:21 PM by Hadisantoso »

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: asah otak
« Reply #66 on: 05 January 2013, 01:24:15 PM »
Ini teka tekinya udah lama bngt deh...   :))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: asah otak
« Reply #67 on: 05 January 2013, 06:15:44 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?
ini bukan asah otak lagi, ... lama2 otaknya rusak kena yg beginian... :'( :'( :'( :'(

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #68 on: 05 January 2013, 07:18:22 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?

Gw pilih tim panser aja deh.. Vote for Germany :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #69 on: 05 January 2013, 07:50:27 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?


bisa jadi gk ada yg memiliki ikan..
karena rumah lain sdh ada binatang blm tentu rumah yg gk ada binatang memiliki ikan..

konon ini pertanyaan einstein, dan sengaja dibuat untuk tidak berhenti bertanya2 alias tetap mejadi teka teki. ;D

Offline learner

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • ^^ ada yang baca buku, ada yang sibuk lepas ikatan
Re: asah otak
« Reply #70 on: 05 January 2013, 08:18:31 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?

matriks nya begini:

Quote
Negara : Norwegia ;  Denmark  ;  inggris  ;  jerman  ;  swedia
rumah  : kuning     ;  biru          ;  merah   ;  hijau     ;  putih
rokok   : Dunhill     ;  Blends      ;  pallmall ;  prince   ;  Bluemaster
Minum  : Air           ;  teh           ;  susu      ;  kopi      ;  Bir
hewan  : ??            ;  ??             ;  ??         ;   ??         ;  anjing
kok ga ada yang pelihara hewan lain selain anjing ya?
katanya beda2 hewan nya.....

tidak ada keterangan tentang adanya keberadaan jenis hewan lain selain anjing dan ikan,
jadi yang mungkin memiliki ikan adalah semua pemilik rumah selain orang swedia

memang informasi soalnya yang tidak lengkap ya????


kira2 bener ga ya matriks yang saya susun itu ???
mohon dikoreksi kalau ada yang salah

Quote
jika jawaban anda salah,
kesalahan bukan pada jawaban anda,
rasanya ada yang kurang pada informasi soal diatas
apakah memang begitu?

rasanya soalnya nih yang salah!!!!
hahaha............
« Last Edit: 05 January 2013, 08:41:10 PM by learner »
tidak perlu mencoba melakukan hal besar yang sangat rumit, lakukan saja hal sederhana dengan teliti dan benar

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: asah otak
« Reply #71 on: 05 January 2013, 08:20:13 PM »
Ada 5 rumah berjejer.
Setiap rumah berbeda warna cet.
Setiap pemilik rumah berasal dari Negara yang berbeda beda,
menyukai minuman yang berbeda,
merokok merek rokok yang berbeda dan
memiliki hewan yang berbeda.

keterangan-----

1. Orang inggris tinggal di rumah warna merah
2. Orang swedia menyukai anjing
3. Orang Denmark menyukai teh
4. Jika dilihat dari depan , rumah warna hijau itu sebelah kirinya rumah putih
5. Pemilik rumah hijau menyukai kopi
6. Pemilik rumah yang memiliki burung merokok rokok merek pall malls
7. Pemilik rumah yang merokok dunhill itu pemilik rumah warna kuning
8. Pemilik rumah yang tengah suka minum susu
9. Orang Norway tinggal di rumah yang paling kiri
10. Orang yang merokok blends itu tetangga dengan orang yang merokok dunhill
11. Pemilik rumah yang minum bir juga merokok bluemasters
12. Orang german merokok prince
13. Orang norwegia itu tetangga dengan pemilik rumah warna biru
14. Pemilikk rumah yang merokok blends tetangga dengan orang yang minum air.

Pertanyaan: siapa yang memiliki ikan?

Dl pernah pecahin.... kl ga slh jbnya denmark y?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #72 on: 05 January 2013, 08:55:17 PM »
4 : Jerman, minum kopi, rokok prince, cat warna hijau, pelihara ikan.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: asah otak
« Reply #73 on: 05 January 2013, 08:58:43 PM »
Ia kayanya slh soal.... hewannya krg lgkp....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #74 on: 05 January 2013, 09:02:56 PM »
Ia kayanya slh soal.... hewannya krg lgkp....
bingo.. :jempol:
soalnya TIDAK LENGKAP ;D
tapi karena saya dulu pernah bermain ini.. makanya saya masih ingat tanpa baca soal ;D

harusnya masih ada :

Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama
Orang yang merokok XXX tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing
Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok YYYY
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl