Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: asah otak  (Read 79457 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: asah otak
« Reply #15 on: 13 June 2012, 11:00:24 AM »

sejam = 75+100+125 = 300
sehari = 7 jam = 2100

63000/2100=30 hari kerja

30 hari kerja = 5 minggu
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #16 on: 13 June 2012, 11:06:54 AM »
sejam = 75+100+125 = 300
sehari = 7 jam = 2100

63000/2100=30 hari kerja

30 hari kerja = 5 minggu

tepat sekali  ;)

btw, ayo ada yang mau kasih soal test?

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #17 on: 13 June 2012, 11:14:02 AM »
soal sederhana

Sebuah pabrik mempunyai 460 pekerja, dan masih mempunyai kemungkinan untuk menerima 25 tenaga baru lagi dalam tiap minggu.
Tetapi dalam tiap minggu 5 orang pekerja keluar.

Pertanyaannya, dalam berapa minggukah pabrik itu akan mempunyai pekerja sebanyak 600 orang?

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #18 on: 13 June 2012, 11:34:11 AM »
soalny gak rancu, ada kata "kemungkinan", berarti belum pasti???

tapi kalo yang diatas gak masalah, harusnya jadi 7 minggu..
nilai akhir= 600
nilai awal= 460
_________________ -
                  140

pekerja masuk/minggu= 25
pekerja keluar/minggu= 5
________________________ -
                                       20

jumlah minggu = 140 : 20 = 7 minggu
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #19 on: 13 June 2012, 11:36:46 AM »
soal  lagi yah...  ;D

120 orang pekerja mampu menyelesaikan sebuah gedung dalam waktu 60 hari, pada tanggal berapa pekerjaan membangun akan siap dilakukan bila jumlah pekerjanya berkurang menjadi 90 orang, dan pekerjaan dimulai tanggal 1 januari???


« Last Edit: 13 June 2012, 11:38:25 AM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #20 on: 13 June 2012, 11:49:17 AM »
120 orang = 60 hari

jadinya

90 orang = 45 hari

start 1 januari, selesai 14 Pebruari

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #21 on: 13 June 2012, 11:50:32 AM »
120 orang = 60 hari

jadinya

90 orang = 45 hari

start 1 januari, selesai 14 Pebruari
nggak salah hitung om??  :)) :))

harusnya makin sedikit orang, makin lama ngerjainnya...  8)
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #22 on: 13 June 2012, 12:37:25 PM »
nggak salah hitung om??  :)) :))

harusnya makin sedikit orang, makin lama ngerjainnya...  8)

busyet, saking semangatnya jadi keliru memahami perhitungan.

nih,

120 orang = 60 hari

90 orang = 75 hari

start 1 januari = selesai 16 maret

benarkah?

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #23 on: 13 June 2012, 01:26:17 PM »
masih kurang om... ;D

yang bener 80 hari..

dik: H1(jumlah hari yang pertama)= 60
N1(jumlah pekerja pertama)= 120
N2(jumlah pekerja kedua)= 90

dit: H2=....?

jwb: H1 . N1 = H2 . N2
120 . 60 = H2 . 90
7200= 90 . H2
9H2 = 720
H2 = 720/9
H2 = 80
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #24 on: 13 June 2012, 02:16:51 PM »
masih kurang om... ;D

yang bener 80 hari..

dik: H1(jumlah hari yang pertama)= 60
N1(jumlah pekerja pertama)= 120
N2(jumlah pekerja kedua)= 90

dit: H2=....?

jwb: H1 . N1 = H2 . N2
120 . 60 = H2 . 90
7200= 90 . H2
9H2 = 720
H2 = 720/9
H2 = 80

 ^:)^

tadi sempat hitung begitu, tapi jadi ragu.
hitungan saya tadi :

120 x 60 = 7.200
7.200 / 90 = 80

tapi karena pengaruh hitung ulang sana sini, jadi 75
karena mikir kok gampang banget ya, harusnya gak gitu deh  :)) :))

ternyata makin tua makin o'on  :-[

next :

Keluarga Imron berlibur ke kota Solo yang berjarak 350 km dengan menggunakan mobil, di tengah perjalanan beristirahat selama 2 jam, jika total waktu yang ditempuh adalah 5 jam, maka kecepatan rata-rata sepanjang perjalanan adalah?

(km/jam rata2)

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #25 on: 13 June 2012, 02:57:57 PM »
_       
V  = s/t
_
V = 350/5
_
V = 70 Km/jam  ;D


hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #26 on: 13 June 2012, 03:23:13 PM »
_       
V  = s/t
_
V = 350/5
_
V = 70 Km/jam  ;D

ingat, istirahat 2 jam di tengah perjalanan  8)

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #27 on: 13 June 2012, 03:50:28 PM »
ingat, istirahat 2 jam di tengah perjalanan  8)

Keluarga Imron berlibur ke kota Solo yang berjarak 350 km dengan menggunakan mobil, di tengah perjalanan beristirahat selama 2 jam, jika total waktu yang ditempuh adalah 5 jam, maka kecepatan rata-rata sepanjang perjalanan adalah?

(km/jam rata2)
;D

tapi kalau kta totalnya enggak ada, maka jadinya 350/7=50  ;D ;D ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: asah otak
« Reply #28 on: 13 June 2012, 03:55:58 PM »
;D

tapi kalau kta totalnya enggak ada, maka jadinya 350/7=50  ;D ;D ;D

yang pakai istirahat 2 jam di perjalanan itu hanya untuk menjebak  :)) :))

makanya dikunci dengan kata2 "total waktu"

 ^-^

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: asah otak
« Reply #29 on: 13 June 2012, 04:18:13 PM »
berarti betul... :hammer:
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_