Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang membuat kita membenci orang lain?  (Read 22667 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #60 on: 19 March 2012, 11:43:27 AM »
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,20461.60.html

bila anda sedang MARAH / BENCI mgkn yg anda butuhkan adalah "siraman rohani" seperti ini.. udah GRATIS , mudah di akses .. dan sangat bermanfaat  _/\_

saran guru spritual ane ( emang artis doank yg pny guru spritual  :P ) kalau emang sedang marah /benci jangan focus pada "kenapa" (alasan di balik ) kemarahan / kebencian .. tapi focus kepada "rasa marah dan benci " itu sendiri.  pertama susah banget ... rasanya pengen ceritakan apa yg ane alamin , biar semua jg ikutan menghujat "akar kebencian ane" ..

tapi lagi2 kata guru spritual ane itu nggak ada gunanya : tanggapan org pasti beda2 bila di hadapkan pada satu permasalahan .. ntr kalau tanggapannya gk sesuai di harapkan ane malah tambah kesal . bila dapet tanggapan yg di inginkan ( yg lain ikut murka ) endingnya apa yg di dapatkan tetep HANYALAH rasa kasian / iba.. dan makin terpuaskan lah rasa marah...

DIAM DALAM MARAH sambil menikmati SIRAMAN ROHANI.. . aku dah coba dan ini berhasil ... percayalah tunink,,,   ;) ( iklan banget )  :)) :))

« Last Edit: 19 March 2012, 11:47:32 AM by Landy Chua »

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #61 on: 19 March 2012, 11:57:27 AM »

intinya bagi kami: kami ingin hidup bahagia sampai menjelang kematian.
dia-nya suka ama selingkuhan, kami "fang sheng" kan saja krn dg demikian dia bahagia dg selingkungannya
beban kehidupan dengan si-istri telah hilang, maka banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih baik (spiritual)

urusan luka dihati yang paling dalam, Sang Guru sudah menunjukan 3 corak umum, salah satunya anicca. Mas bro mau melawan statemen ini ?  :whistle: :whistle: :whistle:
tidak jantan, peduli amat, emang mau dibawa sampai mati. Makan aja itu kejantanan loe sendiri (sorry ngomong kasar)

garis besar solusinya:
kalau sampai pisah/cerai, urus lah baik2. setelah itu lakukan sesuatu yang membawa manfaat diri Anda menjadi lebih baik (bekal kematian Anda)
daripada menyesali berkepanjangan kejadian yang tidak bisa diulang kembali untuk menjadi lebih baik.


terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^, silakan dicari semoga menemukan yang sesuai.


kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #62 on: 04 July 2015, 12:48:02 PM »
karena kita terlalu cepat menjudge orang lain, pdahal belum tentu apa yang kita pikirkan begitu juga pada kenyataannya..

Benci tapi rindu

Jadi benci ada gunanya utk. Nambah rindu.

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #63 on: 04 July 2015, 01:08:14 PM »
karena kita terlalu cepat menjudge orang lain, pdahal belum tentu apa yang kita pikirkan begitu juga pada kenyataannya..

Benci tapi rindu

Jadi benci ada gunanya utk. Nambah rindu.

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #64 on: 04 July 2015, 10:55:35 PM »
apakah kentut bau tanpa suara dpt membuat kita benci pada bau tsb ?
karna tdk diketahui siapa yg mengeluarkan gas tsb.... ^:)^
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #65 on: 07 July 2015, 01:11:20 PM »
kebanyakan karena sikap/perbuatan mereka terhadap kita

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #66 on: 07 July 2015, 01:13:18 PM »
kebanyakan karena sikap/perbuatan mereka terhadap kita

bukan juga hanya mahluk hidup....

sering juga benda2 berkemungkinan buat anda gemes...

spt computer, internet yg LEMOT banget.....atao trafic light yg ngadat.
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #67 on: 07 July 2015, 01:43:44 PM »
yang ditanya orang bukan BENDA !

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #68 on: 07 July 2015, 02:00:55 PM »
yang ditanya orang bukan BENDA !

bgitu juga hanya dgn pertanyaan aja udah cukup buat org gemes...

thx silly ingatkan itu orang..bukan benda....tapi lebih lengkap klo semuanya...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #69 on: 07 July 2015, 03:03:15 PM »
bgitu juga hanya dgn pertanyaan aja udah cukup buat org gemes...

thx silly ingatkan itu orang..bukan benda....tapi lebih lengkap klo semuanya...

kalau gitu jangan quote post saya karena sy rasa itu tidak berhubungan.

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #70 on: 09 July 2015, 03:47:28 PM »
Di "unquote" aja, beres kan?

Dengan cara yang sama, untuk mengembalikan kebencian pada seseorang, bukan dengan membalas apa yang dia lakukan terhadap kita, tapi dengan mengembalikan apa yang telah dia lakukan/berikan kepada kita. Nah lho apa bedanya?
:O

Kebencian muncul dari sesuatu yang tadinya tidak ada (tadinya tidak benci) menjadi ada (benci).
Maka yang "ada" (kebencian) ini seharusnya bisa dikembalikan ke asalnya (diuraikan ke sumbernya masing2) menjadi tiada.

Kebencian sebenarnya hanya bayangan pikiran (ego) semata, tampak nyata ketika kita lalai, dan hilang tanpa bekas ketika kita "memplototinya" (sadari, lihat mendalam, aware).

Offline luckyadi

  • Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 0
  • NIBBANA ADALAH DUNIA TANPA KONSEP
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #71 on: 07 November 2015, 10:32:33 PM »
karena ap yg kt alami memancing konsep ttg ap yg ga kt sukai,,maka pikiran terjebak d dlm sebab akibat yg sesuai ttg kebencian dan menghasilkan perasaan menyakitkan krn kebencian itu..maka untuk memutuskan sebab akibat sling bergntungan ttg kebencian adlah dgn berhentinya perasaan kebencian mka lenyap pula kbencian tersebut dgn cra vipassana yaitu menyadari munculnya kbencian dgn tidak menolak atau berpasrah pd kmunculan kbencian trsbut..

Offline belajar

  • Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #72 on: 13 November 2015, 12:18:11 PM »
Kalau boleh urun pendapat, saya setuju dgn post (wiliam_phang) bbrp waktu yg lalu. Menurut saya kalau mau dianalisa, diurut-urut sebab-akibat-sebab-akibat, maka pada akarnya kebencian itu muncul karena belum menyadari anatta.

Bentuk2 penyebabnya bisa macam2, tapi kalau ditelusuri akhirnya ketemu akar yang sama. Analoginya penyebab yang macam2 itu adalah daun2 dan dahan2 dari pohon yang sama, yang kalau ditelusuri akhirnya sampai pada akarnya yaitu tidak menyadari akan konsep anatta.

Benci itu kan timbulnya karena konsep aku vs kamu, aku vs dia, dst. Benci timbul karena aku merasa terancam, merasa dirugikan, merasa disakiti, dst.

Padahal "aku" yang kita ganduli ini (yang kita sayang2, kita manjakan, kita pelihara dan besarkan) adalah ilusi saja. Kalau sudah memahami yang mana ilusi dan mana yang nyata, maka kebencian itu pun akan hilang. Karena subyek yang dirugikan itu sudah hilang, otomatis, perasaan benci yang timbul akibat hal2 itu juga hilang.

Bisa jadi mungkin ketika dijahati orang, bukan timbul benci, tapi timbul rasa kasihan. (saya bilang mungkin, soalnya ilmunya belum sampai ke sana, cuman bisa ngomong doank  :)) )

----

Kalau belum bisa menyadari anatta, maka obat2 kebencian yang bisa diberikan sifatnya sementara, seperti kita memangkas daun dan ranting, selama belum ditebas akarnya, satu dipangkas nanti timbul lagi tunas baru di tempat lain, begitu seterusnya. Akhirnya benci-rindu-benci-rindu  ;D.

Tapi kalau sudah akarnya yang ditebas, pikiran ttg "aku" yang salah, benar2 paham apa itu anatta, bukan cm secara intelektual tapi benar2 sadar, otomatis benci itu pun tidak akan timbul lagi.
« Last Edit: 13 November 2015, 12:19:46 PM by belajar »

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #73 on: 15 January 2018, 08:30:50 AM »
Di "unquote" aja, beres kan?

Dengan cara yang sama, untuk mengembalikan kebencian pada seseorang, bukan dengan membalas apa yang dia lakukan terhadap kita, tapi dengan mengembalikan apa yang telah dia lakukan/berikan kepada kita. Nah lho apa bedanya?
:O

Kebencian muncul dari sesuatu yang tadinya tidak ada (tadinya tidak benci) menjadi ada (benci).
Maka yang "ada" (kebencian) ini seharusnya bisa dikembalikan ke asalnya (diuraikan ke sumbernya masing2) menjadi tiada.

Kebencian sebenarnya hanya bayangan pikiran (ego) semata, tampak nyata ketika kita lalai, dan hilang tanpa bekas ketika kita "memplototinya" (sadari, lihat mendalam, aware).

klo udah bicara dimuka orang banyak....itu tentulah tidak baik....
contoh : si A itu dikit2 duit......gak boleh begitu...
ini kejadian di orang banyak (anggota, member)...

dan bagaimana ini bisa dikembalikan ?.....jadi hati2lah klo buat statement di wajah org banyak!...klo di forum ?....apa sama ?...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #74 on: 15 January 2018, 11:38:10 AM »
Quote
tidar >> kalau sampai pisah/cerai, urus lah baik2. setelah itu lakukan sesuatu yang membawa manfaat diri Anda menjadi lebih baik (bekal kematian Anda)


klo udah cerai apa hunting yg baru lagi ? :o
merryXmas n happyNewYYYY 2018