Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang membuat kita membenci orang lain?  (Read 22683 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #30 on: 15 March 2012, 01:31:34 PM »
benci kayak cuma masalah perasaan tidak menyenankan ya?..

Kayaknya ini timbul krn gagasan tentand "diri/Aku".... kita selalu mengganggap bahwa 5 kelompok kehidupan ini sebagai Milik-ku, diri-ku aku....

Ketika ada "sesuatu" (apakah itu orang/atau apa saja) yang tidak sesuai keinginan (tidak menyenangkan) maka timbul perasaan tidak suka atas hal tsb, krn kita merasa bahwa ada milik-ku, diri-ku, dan aku yang di-rugikan/diremehkan/dsb... sehingga perasaan "tidak suka" tersebut bertahan lama didalam pikiran.... dan sgt tergantung orangnya, ada yang sebentar, ada yg berminggu2 bahkan ada yg sampai 1 kehidupan pun masih dibawa2....

Maka Buddha mengatakan bahwa 5 kelompok kehidupan adalah bukan millik-ku, bukan diri-ku, dan bukan Aku... seharusnya bahwa perasaan itu timbul krn ada sebab.... misalkan kita meiihat orang/apa pun yg tidak menyenangkan, maka akan timbul perasaan tidak menyenangkan... begitu sebab berlalu seharusnya perasaan tidak menyenangkan pun akan berlalu kalo kita tidak mengganggap bahwa parasaan ini adalah milik-ku, diri-ku,dan Aku..... kalo kita menganggap bahwa itu milik-ku, diri-ku, dan Aku maka perasaan tidak enak itu akan lama baru bisa hilang....

Jika kita bisa melihatnya demikian, seharusnya perasaan benci/tidak senang cuma berlansung sekejap saja...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #31 on: 15 March 2012, 04:41:21 PM »
pernah donkā€¦

karena nda sesuai dengan apa yang "aku"inginkan
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #32 on: 15 March 2012, 06:39:21 PM »
contoh 1:
kami mempercayai penyebab benci dikarenakan adanya pelanggaran 5 sila dasar
1. membunuh, "aku" benci si A karena membunuh xyz (entah itu si xyz adalah orang dekat kita/saudara, teman, tetangga, idola ataupun yang lain).
2. mencuri, "aku" benci si A karena mencuri (milikku atau milik xyz).
3. berzinah, "aku" benci si A karena berzinah dg si b atau yang lain, xyz.
4. berbohong, "aku" benci si A karena berbhong terhadapku (termasuk berkhianat termasuk mental, speech & action).
5. lemah kesadaran, "aku" benci si A karena minum2an/makan makanan yg memabukkan shg salah 1 atau lebih dari point diatas dilanggar.


contoh 2:
selain itu penyebab kebencian yang lain karena tidak cocok / tidak menerima keadaan, selera saat itu.
misal: orang terdekat kita sakit dan akhirnya meninggalkan kita (passed away/meninggal) kita akan menangis sejadi2-nya, dengan pertanyaan: "mengapa ini dan itu?" dalam kurun waktu tertentu, menyesali kejadian yang telah terjadi.
Tapi, sekali lagi tapi (mohon maaf dulu kalau diantara kalian tidak berkenan)
Tapi setelah 5, 10, 15, 20, 30 tahun berlalu jika mengingat kembali kejadian ditinggal meninggal oleh seseorang,
- apakah akan menangis sejadi2-nya ?
- apakah masih tidak bisa menerima keadaan ?
- apakah masih bertanya "mengapa ini dan itu" ?

setelah selang beberapa waktu 5, 10, 15, 20, 30 tahun, kita akan menerima kenyataan tsb dengan lebih bijaksana, wisely, dan menerima kenyataan yang ada. Jadi untuk contoh ke-1 dan ke-2, kiranya anicca akan berlaku pada kita semua.






Ini dari pengalaman hidup kami  ;D
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #33 on: 15 March 2012, 06:46:38 PM »
nah untuk pertama gimana tuhan DC   :) apa pernah merasakan benci , marah ? dan kenapa  ;D

Emank Tuhan gak pernah benci/marah?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #34 on: 15 March 2012, 08:58:58 PM »
 [at] mas tidar:
bagaimana dengan iri hati??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #35 on: 15 March 2012, 09:34:15 PM »
[at] mas tidar:
bagaimana dengan iri hati?? Kami berpendapat bahwa iri hati adalah OOT   =)) :)) =))


bgmn dg "Iri hati", maksudnya apa ?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #36 on: 15 March 2012, 10:08:49 PM »

bgmn dg "Iri hati", maksudnya apa ?
misalnya ketika saya mempunyai seorang rival di sekolah...
di sekolah saya selalu mendapat peringkat ke dua, sedangkan rival saya selalu mendapat peringkat pertama..
nah, dari sini kan juga bisa timbul kebencian terhadap seseorang..
gitu lohh ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.409
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #37 on: 16 March 2012, 10:21:39 AM »
harus ada tandingannya nih :

Apa yang membuat kita "Di"benci orang lain?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #38 on: 16 March 2012, 10:27:55 AM »
harus ada tandingannya nih :

Apa yang membuat kita "Di"benci orang lain?

rasanya membuka rahasia yg sangat tidak ingin diketahui orang lain.....

contoh : udah 10x pacaran n putus...   (prestasi yg gak boleh org tauuu)
« Last Edit: 16 March 2012, 10:37:29 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #39 on: 16 March 2012, 10:29:18 AM »
kalau melihat ketidakadilan di depan mata jadi ikutan BENCI.. , pdhl hanya kebetulan mata memandang aja.. bukan di tujukan ama kita, jg bukan urusan kita jg... tapi lgsg muncul benih2 kebencian..

benci itu menular?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #40 on: 16 March 2012, 10:36:23 AM »
benci itu menular?

Menular lewat bergosip ;D

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #41 on: 16 March 2012, 10:43:13 AM »
Menular lewat bergosip ;D

ah elo mah dikit2 gosip dasar jiwa emak2..  :)) :))

...... melihat tkg becak di pukuli massa hampir tak brnyawa, krn dia nyerempet anak umur 4 taun yg main di jalanan.. smntr ibu si anak enak2an ngerumpi di warung

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #42 on: 16 March 2012, 10:59:13 AM »
jadi bagaimana solusi tidak membenci org walaupun org itu udah minta maaf?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #43 on: 16 March 2012, 11:24:16 AM »
ah elo mah dikit2 gosip dasar jiwa emak2..  :)) :))

...... melihat tkg becak di pukuli massa hampir tak brnyawa, krn dia nyerempet anak umur 4 taun yg main di jalanan.. smntr ibu si anak enak2an ngerumpi di warung

Perbatasan antara berdiskusi dan bergosip memang agak buram  :))

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #44 on: 16 March 2012, 12:53:04 PM »
jangan menyalahkan orang lain atau faktor luar karena ketidakmampuan diri sendiri mengontrol perasaan, emosi, dsb....