Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang membuat kita membenci orang lain?  (Read 25990 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #45 on: 16 March 2012, 01:24:19 PM »
jadi bagaimana solusi tidak membenci org walaupun org itu udah minta maaf?

1. lupakan, 1hari, 2hari, 1minggu, 2mingggu, 1 bln, 2 bln, 1 thn, 10thn, 20thn, 30thn (anicca)
2. lakukan sesuatu yg membuat Anda berlawanan dengan membenci orang itu,
orang jawak bilang "nyelamur'ke" atau bahasa spanyolnya (alihkan perhatian Anda).
Buatlah aktivitas Anda tampak lebih superior (tentunya yang positive +++)  daripada Anda membenci orang tsb dan kebencian itu akan tampak menjadi "kecil" dan akhirnya lenyap, anicca lagi.


suatu ketika ada seorang dokter yang mendirikan klinik gratis yang buka sekali seminggu untuk mereka yang tidak mampu. Satu hari, seseorang menghambur ke dalam klinik itu dengan membawa berita bahwa putra bungsu  dan kesayangan sang dokter telah mati. Meskipun sangat perih hatinya, sang dokter merenungkan kejadian itu, dan setelah mendapatkan kembali ketenangannya, ia memutuskan untuk terus melayani pasiennya.

Orang-orang yang kemudian mengetahui kejadian ini, agak kaget dengan sikap yang tidak begitu peduli itu, Ketika ditanya ia menjawab, "Putraku telah mati, aku tak dapat berbuat apa-apa soal itu. Tapi orang-orang ini yang tidak mampu untuk membayar, memerlukan pertolonganku. Aku tahu aku bisa berbuat sesuatu untuk mereka. Tidakkah lebih baik jika aku mengatasi rasa sedihku dan tetap membantu mereka yang berada dalam kesusahan ini ?"


dicuplik dari: Hidup Sukses dan Bahagia Tanpa Takut dan Cemas, hal.175
karya K. Sri Dhammananda,
terbitan: Yayasan Penerbit Karaniya
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #46 on: 16 March 2012, 01:48:03 PM »
misalnya ketika saya mempunyai seorang rival di sekolah...
di sekolah saya selalu mendapat peringkat ke dua, sedangkan rival saya selalu mendapat peringkat pertama..
nah, dari sini kan juga bisa timbul kebencian terhadap seseorang..
gitu lohh ;D


waduh pertanyaan maha sulit, kami belum mampu menjawab.
tapi coba kami coba jawab



bahasa tetangga, semua itu sudah ada yang "ngatur", rejeki orang jangan iri.


kalau kita kan pasti lbh nalar ttg hal ini, banyak contoh kasus, kami ambil 2 aj yg sdh dicetak shg tinggal copas:
- Hanya Kitalah Yang Dapat Menolong Diri Kita Sendiri, hal 16, http://dhammacitta.org/perpustakaan/hanya-kitalah-yang-dapat-menolong-diri-kita-sendiri/
- Manfaat berdana dalam Buddha Sasana (Riwayat Dewa Ankura dan Dewa Indaka), http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=21355.0
- Kisah Deva Anakura, http://www.samaggi-phala.or.id/tipitaka/kisah-deva-ankura/

kalau sering lihat keatas terlalu lama, jadinya iri
kalau sering lihat kebawah menjadikan kita jadi, superior, pogah (ego)
lihatlah diri sendiri kiranya lebih baik, untuk ditaklukkan daripada mata jelalatan liat yang kagak bisa dicapai.
jadi sedari sekarang kalau ada kesempetan berbuat baik (sila, samdhi & panna + dana) dikembangkan/dilakukan, shg iri hati tak perlu lagi




semoga menjawab pertanyaannya
« Last Edit: 16 March 2012, 01:53:05 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #47 on: 16 March 2012, 03:09:15 PM »
jikalau suatu saat, mas tidar melihat istri mas tidar sedang berselingkuh dengan pria lain, apakah mas Tidar tidak membenci istri dan selingkuhannya? ;D ;D
 =P~ =P~ mohon dijawab mas tidar ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #48 on: 16 March 2012, 05:57:40 PM »
jikalau suatu saat, mas tidar melihat istri mas tidar sedang berselingkuh dengan pria lain, apakah mas Tidar tidak membenci istri dan selingkuhannya? ;D ;D
 =P~ =P~ mohon dijawab mas tidar ;D

mas bro, mending kalau kasus-nya sperti itu di "fang sheng" sekalian ajah
dia senang dengan selingkuhannya
mas tidar terbebas dari beban belenggu samsara  :)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #49 on: 19 March 2012, 10:16:18 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #50 on: 19 March 2012, 10:31:18 AM »
ketika si aku "terusik"
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #51 on: 19 March 2012, 10:35:12 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?



aku pernah nonton berita.. KAKAK KANDUNG BUNUH ADIK KANDUNG hanya GARA2 SEPASANG KAUS KAKI.. di bekep pake bantal adiknya ampe nggak bernyawa , .. hal2 seperti ini biasanya krn "rasa benci / kecewa / kesal " yg di tumpuk terus menerus.. saran aku sih . biacarakan ama seseorang .. orang tua misalnya , jgn di pendem..  _/\_

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #52 on: 19 March 2012, 10:36:04 AM »
mas bro, mending kalau kasus-nya sperti itu di "fang sheng" sekalian ajah
dia senang dengan selingkuhannya
mas tidar terbebas dari beban belenggu samsara  :)
kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #53 on: 19 March 2012, 10:37:48 AM »


aku pernah nonton berita.. KAKAK KANDUNG BUNUH ADIK KANDUNG hanya GARA2 SEPASANG KAUS KAKI.. di bekep pake bantal adiknya ampe nggak bernyawa , .. hal2 seperti ini biasanya krn "rasa benci / kecewa / kesal " yg di tumpuk terus menerus.. saran aku sih . biacarakan ama seseorang .. orang tua misalnya , jgn di pendem..  _/\_

hahahaha klo sama ortu sendiri bencinya? Krn teman gua itu pernah ngmg dia benci banget sama ortunya krn gak diajarin naik motor. Simple things can make me hate someone till death.. istilah gua neh sampe mati benci nya minta ampun...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #54 on: 19 March 2012, 10:40:07 AM »
kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
sebenarnya jawaban kakao dan jawaban mas tidar sama2 bener sich.. cuma 1 menjawab dari segi manusia yang "realitis" dan satu lagi.. menjawab dari sisi "idealis"

combine di tengahnya :
sakit hati.. tapi jangan sampe bunuh2an / pukul2an.. :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #55 on: 19 March 2012, 10:45:35 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #56 on: 19 March 2012, 10:54:55 AM »
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~

kirain kakao pinter ngupil doank..  :))

yah yah bener..  namanya mahkluk sosial.. sepanjang idup selalu berinteraksi dgn makhluk lain .. hampir bisa di katakan mustahil bila nggak pernah "bergesekan" . mungkin yg bisa di lakukan, gimana bisa memperlembut gesekan itu ,hingga nggak menjadi kobaran api..

hal ini membuktikan kalau kita sebenarnya manusia sempurna.. yah kalau manusia 1/2 Buddha dah menghilangkan 50%  sifat "manusia" nya..  :))

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #57 on: 19 March 2012, 11:00:12 AM »
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~
klo kita ngomong emang plg gampang krn tinggal cas cus cis aje.. Nah klo disuruh bayangin berbeda 380 derajat, jawaban saya SUSAH. Tapi pasti kakao akan bilang coba. krn tidak ada yg tidak bisa sebelum dicoba..
Balik lg kehidupan kita sbg manusia itu tdk lepas dari lobha,moha dan dosa (LMD). jadi cara kita terlepas dari ini yaitu berbuat kebaikan. Tapi sudah berbuat kebaikan masih jg dijahati orang, oh kita mikir lg mungkin dl kita jahat jadi kita terima karma buruknya sekarang..

Setiap pikiran kyk gitu selalu berkecambuk dalam pikiran manusia. Jika kita sadar (tidak dirasuki pikiran setan alias jahat), mgkn kita bisa mengontrol perbuatan buruk kita tapi klo gk, maka akan terjadi sebaliknya.

Semua emang balik ke kita lagi sebagai pribadi yg bagaimana. Kita mau pilih jadi org jahat atau baik?!
Klo masih waras, ya jawabannya SUSAH krn kita bukan arahat, kita bukan org suci dan kita jg bukan pangeran siddharta or BUDDHA

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #58 on: 19 March 2012, 11:13:56 AM »
Cielah,..jawaban kakao di reply oleh dua orang cie ce maniZ,. :x :x :x
padahal kakao asal jawab aje ;D ;D ;D
tumeben juga hari ini kakao  8-> 8->  :)) :)) ha ha ha
kakao : " cie-cie,..tau nggak kenapa hari ini tidak hujan?
kedua cie-cie : " ah pasti lu pake buat nyiremin hati lu yang berbungakan( ce landy) ah sotoy lu( ce Yani)"
kakao : " Bukan cie-cie,..karena hujannya kakao pindahin ma pawang hujan  ;D , tetangga sebelah ngawinin soalnya  ;D" =))
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #59 on: 19 March 2012, 11:16:26 AM »
Cielah,..jawaban kakao di reply oleh dua orang cie ce maniZ,. :x :x :x
padahal kakao asal jawab aje ;D ;D ;D
tumeben juga hari ini kakao  8-> 8->  :)) :)) ha ha ha
kakao : " cie-cie,..tau nggak kenapa hari ini tidak hujan?
kedua cie-cie : " ah pasti lu pake buat nyiremin hati lu yang berbungakan( ce landy) ah sotoy lu( ce Yani)"
kakao : " Bukan cie-cie,..karena hujannya kakao pindahin ma pawang hujan  ;D , tetangga sebelah ngawinin soalnya  ;D" =))
Koq gak nyambung ya??? ck..ck..ck.. CAPEK deh...