Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apa yang membuat kita membenci orang lain?  (Read 26120 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« on: 13 March 2012, 02:25:20 PM »
Kenapa kita membenci orang lain?

Mngkin ambil contoh satu orang yg kita benci lalu kita listing, mengapa kita membencinya?

Contoh,
- karena dia memukul saya
- karena dia lebih pintar
- dst …
There is no place like 127.0.0.1

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #1 on: 13 March 2012, 02:32:48 PM »
Quote
TISSA   :   Marilah ambil sebuah kasus. Bayangkan seseorang yang tidak anda sukai berjalan ke ruangan ini sekarang. Apa yang akan muncul dalam benak anda?

GENE   :   Saya rasa saya akan terganggu dan gelisah.

TISSA   :   Tapi mengapa hal itu terjadi? Mari kita pertimbangkan. Dari data sensoris dan kebiasaan batin anda, anda dengan cepat mengumpulkan kesan akan keberadaan diri dan membiarkan diri anda mengizinkan munculnya ketidaksukaan ketika anda memikirkannya

GENE   :   Mungkin begitu, tapi bukankah hal tersebut sangat alamiah?

TISSA   :   Alami, tapi salah. Ini adalah hasil dari pandangan salah.

GENE   :   Karena sebenarnya semua hal adalah bukan-diri?

TISSA   :   Ya, tapi kenapa bukan-diri?

GENE   :   Uh, sebentar.. Karena mereka tidak kekal?

TISSA   :   Ya, semua bentukan tidak kekal dan gabungan berbagai kondisi serta tidak memuaskan. Dan seseorang, secara teknis, hanya terdiri dari lima kelompok kehidupan atau faktor yaitu jasmani, perasaan, pencerapan, bentukan pikiran, dan kesadaran. Lalu, ketika anda melihat orang yang tidak anda sukai berjalan masuk ke ruangan, apa yang sesungguhnya anda lihat? Apa yang terjadi? Cahaya memasuki indera mata anda, dan kesadaran mata muncul; kesadaran akan bentuk dan warna muncul. Demikian juga getaran suara menerpa indera telinga anda dan kesadaran telinga muncul. Dari kedua indera ini dan indera lainnya, anda menyusun gagasan tentang orang itu. Tapi jika “orang” itu sebenarnya hanya terdiri dari lima kelompok yang impersonal dan berubah-ubah, lalu siapa yang sebenarnya tidak anda sukai?

GENE   :   Sungguh, saya tidak dapat berkata apa-apa.

TISSA   :   Apakah jasmani, tubuh orang ini yang tidak anda sukai? Atau perasaannya? Atau pencerapannya atau bentukan pikiran atau kesadarannya?

GENE   :   Tidak, persisnya, tidak satupun di antaranya. Ini sulit dikatakan. Jika saya tidak menyukai orang itu, itu bersifat umum, gagasan menyeluruh bahwa saya tidak suka. Mustahil membenci sekadar faktor-faktor impersonal, saya tahu. Dan membenci mereka semuanya sebagai sejenis ego adalah tidak masuk akal juga. Ini membingungkan!

TISSA   :   Apakah kita memikirkan tentang orang lain atau gagasan-gagasan atau objek-objek materi, kemungkinan besar kita bingung ketika kita membangun konsep-konsep yang keliru. Kita butuh pandangan yang segar dan teratur. Inilah mengapa Buddha menasihatkan kita untuk memerhatikan pengalaman indria secara sederhana sebagaimana mereka adanya – hanya sekadar kemunculan pemandangan, suara, bau, dst. Jika kita melakukannya, kita akan mempunyai pandangan yang lebih baik akan kebenaran dan tidak terlalu ditindas oleh keserakahan, kebencian, dan khayalan.
Spoiler: ShowHide

kira-kira nyambung gak ya?? ???
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #2 on: 13 March 2012, 02:35:12 PM »
karena gw gak seneng aje
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #3 on: 13 March 2012, 02:49:28 PM »
 [at] WIA: pelan2 donk :P

 [at] kwaci: why kgk seneng?
There is no place like 127.0.0.1

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #4 on: 13 March 2012, 02:53:45 PM »
[at] WIA: pelan2 donk :P

wah maaf ngebut om.. :))

 ^:)^  ^:)^
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #5 on: 13 March 2012, 03:23:28 PM »
karena dia kebetulan administrator >:D =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #6 on: 13 March 2012, 03:39:54 PM »
susah hapus rasa benci pd orang....

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #7 on: 13 March 2012, 03:46:11 PM »
krn membuat aku tidak nyaman, mis: ga enak dipandang, terlalu bawel, terlalu bau
krn mengambil apa yg seharusnya akan/telah menjadi milikku
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #8 on: 13 March 2012, 06:34:16 PM »
benci timbul karena kita tau rasa suka

benci dan suka adalah bagai dua sisi mata uang
ada benci maka anda tau rasa suka

yang jadi masalah kenapa kita melekat pada nya

kalau saya bilang benci terjadi karena kita kurang rasa suka pada kondisi yang terjadi. resep untuk menghilangkan benci adalah dengan berkata saya benci ini tapi saya tau apa yang saya suka jadi misalnya anda membenci seorang teman karena dia berlaku curang pada anda maka saya benci perbuataan teman saya karena dia berlaku curang pada saya tapi, saya juga suka teman saya karena dia sudah memberi saya pelajaran yang bermanfaat. tapi ini sangat sukar untuk orang tertentu haahahahaha,.... harus belajar dari yang kecil dulu misalnya dari benda mati yang bikin bete dan lain sebagainya.

pada intinya tidak ada orang yang kita benci kita hanya membenci perbuatannya, cuma karena kita biasa melihat personallitynya maka kita akan anggap kita benci dia. karena kita tau benci dan suka datang silih berganti. saya selalu beranggap tidak ada orang jahat di dunia ini hanya ada perbuatan jahat jadi jangan pernah melihat orangnya tapi lihat perbuatannya.

semoga ini bermanfaat.
semoga anda bahagia.
semoga semua mahluk hidup berbahagia.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #9 on: 13 March 2012, 07:52:43 PM »
Intinya krn dia menyebabkan sesuatu yg salah pada "aku, diriku, milikku"....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline helenfransisca

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputasi: 7
  • Gender: Female
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #10 on: 13 March 2012, 08:04:00 PM »
Karena dia melukai aq atau orang" yang aq sayangi
Everything should be made as simple as possible but not simpler

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #11 on: 13 March 2012, 08:41:31 PM »
kenapa ya ??  :-? :-?

biasanya rasa benci timbul pada saat perasaan kita tidak nyaman dan merasa terganggu akibat dari aktifitas orang lain , baik itu ucapan , atau perbuatan yg terus berulang hingga menimbulkan amarah pada diri kita
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #12 on: 13 March 2012, 08:41:37 PM »
sampai saat ini blm ada yg gw benci jd kgk ngarti alasannya...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #13 on: 14 March 2012, 06:52:28 AM »
sampai saat ini blm ada yg gw benci jd kgk ngarti alasannya...
:jempol:
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #14 on: 14 March 2012, 08:57:44 AM »
karena kita terlalu cepat menjudge orang lain, pdahal belum tentu apa yang kita pikirkan begitu juga pada kenyataannya..
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #15 on: 14 March 2012, 09:02:34 AM »
sampai saat ini blm ada yg gw benci jd kgk ngarti alasannya...

kalo sekedar merasa jengkel sama orang lain karena suatu tindakan?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #16 on: 14 March 2012, 09:06:33 AM »
kalo sekedar merasa jengkel sama orang lain karena suatu tindakan?

Pernah...

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #17 on: 14 March 2012, 09:31:54 AM »
nah kenapa? itu topiknya ;D

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #18 on: 14 March 2012, 09:40:14 AM »
nah kenapa? itu topiknya ;D

topiknya benci toh

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #19 on: 14 March 2012, 09:46:11 AM »
topiknya benci toh

oh..

berarti kita bedakan antara benci dan jengkel.

 [at] TS, begitukah?

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #20 on: 14 March 2012, 09:58:39 AM »
topik thread ini mengena banget buat gua:

Gua ungkapin alasan gua senang sama neh orang dulu:

- dia itu kaku
- dia itu suka dgrin masalah gua
- dia itu aneh tp emang beneran aneh
- dia itu sotoy tp emang tempe alias tahu beneran
- dia itu gak banget deh sec penampilan tp kt gk bs merubah apa yg dia suka
- dia itu ada beberapa penyakit. mgkn kali ya...
- dia itu ada deh klo gua butuh
- dia itu good problem solver and good advisor

Kebencian gua dulu, sekarang sih udah meredup sejak gua jaga jarak:

- dia mengkhianati kepercayaan yg gua berikan
- dia membocorkan beberapa rahasia ke hopengnya tanpa seijin gua krn itu cerita gua
- dia gak pernah ngertiin dan dgrin penjelasan gua
- dia emosian...

finally kita ending dg jadi teman tanpa pernah keep contact lg... hehe.. Anyway sekarang udah gak benci. Hanya tidak menyangka bisa pny teman seperti itu.. padahal gua udah trust banget neh orang.. even secret of my life, dia itu tau..

Dikhianati teman itu rasanya lebih menyakitkan daripada ditinggalkan pacar

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #21 on: 14 March 2012, 10:56:59 AM »
oh..

berarti kita bedakan antara benci dan jengkel.

 [at] TS, begitukah?
susah jg yah soalnya garis batas tiap orang beda2
There is no place like 127.0.0.1

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #22 on: 14 March 2012, 11:10:42 AM »
jengkel :

gw jengkel ama tetangga gw.. .jemuran gw ama jemuran dia cuma beda sejengkal,  pas ujan..gw lg molor.. dia cuma angkat jemurannya gk angkat jemuran gw..jadinya jemuran gw basah semua..  apa salahnya sih angkatin sekalian..  :)) :))

benci :

"nih org dah mghina orang tua gw " (benci.. )

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #23 on: 14 March 2012, 11:14:16 AM »
susah jg yah soalnya garis batas tiap orang beda2

untuk keperluan diskusi ini apa perlu di beri batasan atau lingkup?
misal definisi benci itu apa? mencakup apa kondisi batin yang bagaimana? dst...

Offline Yen

  • Teman
  • **
  • Posts: 76
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #24 on: 14 March 2012, 11:41:55 AM »
karena orang tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita... seandainya orang tersebut berbuat sesuai dengan keinginan kita,maka mungkin tidak ada rasa benci :)

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #25 on: 14 March 2012, 12:22:42 PM »
Alkisah ada 3 kekotoran bathin: keserakahan, kebencian, kebodohan bathin.

Jika kebencian diumpamakan sebagai lilin.
Tubuh lilin: timpunan bahan bakar, tumpukan kekotoran bathin dari zaman bahula, sebagai puthujana mungkin lilin raksasa sebesar gunung
sumbu lilin: panca indera yang merupakan titik kontak dengan lingkungan sekitar
percikan api: keadaan yang tidak menyenangkan, orang yang tidak menyenangkan. Bertemu dengan keadaan/org yg tidak disukai adalah Dukkha.

Percikan api ini bertemu dengan sumbu lilin, maka terbakarlah lilin kebencian itu.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #26 on: 14 March 2012, 01:17:18 PM »
untuk keperluan diskusi ini apa perlu di beri batasan atau lingkup?
misal definisi benci itu apa? mencakup apa kondisi batin yang bagaimana? dst...
gimana supaya lebih mudah…. ketika ada objeknya (orang lain, benda lain) maka benci… jengkel hanya part kecil saja sebagai "perasaan"
There is no place like 127.0.0.1

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #27 on: 14 March 2012, 01:26:14 PM »
beda tipis ya jengkel sama benci

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
BANCI dan BENCI... juga beda tipis...
« Reply #28 on: 14 March 2012, 01:58:00 PM »
BANCI dan BENCI... juga beda tipis...

duhhh ini banci (Indo) nya udah jelek, serek2... malah mendekat gw dicubit...
yaa karna gw senyum2 ketawa... ehhh koq nyanyiannya gak bermutu...

banci ini memang buat org BENCI dehhh

kalau banci yg di Thailand, luar biasa cantik... sih lain BERITA...

banci indo buat org benci, banci thailand yg cantik tidak... :o
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #29 on: 15 March 2012, 01:04:51 PM »
nah untuk pertama gimana tuhan DC   :) apa pernah merasakan benci , marah ? dan kenapa  ;D
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #30 on: 15 March 2012, 01:31:34 PM »
benci kayak cuma masalah perasaan tidak menyenankan ya?..

Kayaknya ini timbul krn gagasan tentand "diri/Aku".... kita selalu mengganggap bahwa 5 kelompok kehidupan ini sebagai Milik-ku, diri-ku aku....

Ketika ada "sesuatu" (apakah itu orang/atau apa saja) yang tidak sesuai keinginan (tidak menyenangkan) maka timbul perasaan tidak suka atas hal tsb, krn kita merasa bahwa ada milik-ku, diri-ku, dan aku yang di-rugikan/diremehkan/dsb... sehingga perasaan "tidak suka" tersebut bertahan lama didalam pikiran.... dan sgt tergantung orangnya, ada yang sebentar, ada yg berminggu2 bahkan ada yg sampai 1 kehidupan pun masih dibawa2....

Maka Buddha mengatakan bahwa 5 kelompok kehidupan adalah bukan millik-ku, bukan diri-ku, dan bukan Aku... seharusnya bahwa perasaan itu timbul krn ada sebab.... misalkan kita meiihat orang/apa pun yg tidak menyenangkan, maka akan timbul perasaan tidak menyenangkan... begitu sebab berlalu seharusnya perasaan tidak menyenangkan pun akan berlalu kalo kita tidak mengganggap bahwa parasaan ini adalah milik-ku, diri-ku,dan Aku..... kalo kita menganggap bahwa itu milik-ku, diri-ku, dan Aku maka perasaan tidak enak itu akan lama baru bisa hilang....

Jika kita bisa melihatnya demikian, seharusnya perasaan benci/tidak senang cuma berlansung sekejap saja...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #31 on: 15 March 2012, 04:41:21 PM »
pernah donk…

karena nda sesuai dengan apa yang "aku"inginkan
There is no place like 127.0.0.1

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #32 on: 15 March 2012, 06:39:21 PM »
contoh 1:
kami mempercayai penyebab benci dikarenakan adanya pelanggaran 5 sila dasar
1. membunuh, "aku" benci si A karena membunuh xyz (entah itu si xyz adalah orang dekat kita/saudara, teman, tetangga, idola ataupun yang lain).
2. mencuri, "aku" benci si A karena mencuri (milikku atau milik xyz).
3. berzinah, "aku" benci si A karena berzinah dg si b atau yang lain, xyz.
4. berbohong, "aku" benci si A karena berbhong terhadapku (termasuk berkhianat termasuk mental, speech & action).
5. lemah kesadaran, "aku" benci si A karena minum2an/makan makanan yg memabukkan shg salah 1 atau lebih dari point diatas dilanggar.


contoh 2:
selain itu penyebab kebencian yang lain karena tidak cocok / tidak menerima keadaan, selera saat itu.
misal: orang terdekat kita sakit dan akhirnya meninggalkan kita (passed away/meninggal) kita akan menangis sejadi2-nya, dengan pertanyaan: "mengapa ini dan itu?" dalam kurun waktu tertentu, menyesali kejadian yang telah terjadi.
Tapi, sekali lagi tapi (mohon maaf dulu kalau diantara kalian tidak berkenan)
Tapi setelah 5, 10, 15, 20, 30 tahun berlalu jika mengingat kembali kejadian ditinggal meninggal oleh seseorang,
- apakah akan menangis sejadi2-nya ?
- apakah masih tidak bisa menerima keadaan ?
- apakah masih bertanya "mengapa ini dan itu" ?

setelah selang beberapa waktu 5, 10, 15, 20, 30 tahun, kita akan menerima kenyataan tsb dengan lebih bijaksana, wisely, dan menerima kenyataan yang ada. Jadi untuk contoh ke-1 dan ke-2, kiranya anicca akan berlaku pada kita semua.






Ini dari pengalaman hidup kami  ;D
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #33 on: 15 March 2012, 06:46:38 PM »
nah untuk pertama gimana tuhan DC   :) apa pernah merasakan benci , marah ? dan kenapa  ;D

Emank Tuhan gak pernah benci/marah?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #34 on: 15 March 2012, 08:58:58 PM »
 [at] mas tidar:
bagaimana dengan iri hati??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #35 on: 15 March 2012, 09:34:15 PM »
[at] mas tidar:
bagaimana dengan iri hati?? Kami berpendapat bahwa iri hati adalah OOT   =)) :)) =))


bgmn dg "Iri hati", maksudnya apa ?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #36 on: 15 March 2012, 10:08:49 PM »

bgmn dg "Iri hati", maksudnya apa ?
misalnya ketika saya mempunyai seorang rival di sekolah...
di sekolah saya selalu mendapat peringkat ke dua, sedangkan rival saya selalu mendapat peringkat pertama..
nah, dari sini kan juga bisa timbul kebencian terhadap seseorang..
gitu lohh ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #37 on: 16 March 2012, 10:21:39 AM »
harus ada tandingannya nih :

Apa yang membuat kita "Di"benci orang lain?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #38 on: 16 March 2012, 10:27:55 AM »
harus ada tandingannya nih :

Apa yang membuat kita "Di"benci orang lain?

rasanya membuka rahasia yg sangat tidak ingin diketahui orang lain.....

contoh : udah 10x pacaran n putus...   (prestasi yg gak boleh org tauuu)
« Last Edit: 16 March 2012, 10:37:29 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #39 on: 16 March 2012, 10:29:18 AM »
kalau melihat ketidakadilan di depan mata jadi ikutan BENCI.. , pdhl hanya kebetulan mata memandang aja.. bukan di tujukan ama kita, jg bukan urusan kita jg... tapi lgsg muncul benih2 kebencian..

benci itu menular?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #40 on: 16 March 2012, 10:36:23 AM »
benci itu menular?

Menular lewat bergosip ;D

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #41 on: 16 March 2012, 10:43:13 AM »
Menular lewat bergosip ;D

ah elo mah dikit2 gosip dasar jiwa emak2..  :)) :))

...... melihat tkg becak di pukuli massa hampir tak brnyawa, krn dia nyerempet anak umur 4 taun yg main di jalanan.. smntr ibu si anak enak2an ngerumpi di warung

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #42 on: 16 March 2012, 10:59:13 AM »
jadi bagaimana solusi tidak membenci org walaupun org itu udah minta maaf?

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #43 on: 16 March 2012, 11:24:16 AM »
ah elo mah dikit2 gosip dasar jiwa emak2..  :)) :))

...... melihat tkg becak di pukuli massa hampir tak brnyawa, krn dia nyerempet anak umur 4 taun yg main di jalanan.. smntr ibu si anak enak2an ngerumpi di warung

Perbatasan antara berdiskusi dan bergosip memang agak buram  :))

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #44 on: 16 March 2012, 12:53:04 PM »
jangan menyalahkan orang lain atau faktor luar karena ketidakmampuan diri sendiri mengontrol perasaan, emosi, dsb....

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #45 on: 16 March 2012, 01:24:19 PM »
jadi bagaimana solusi tidak membenci org walaupun org itu udah minta maaf?

1. lupakan, 1hari, 2hari, 1minggu, 2mingggu, 1 bln, 2 bln, 1 thn, 10thn, 20thn, 30thn (anicca)
2. lakukan sesuatu yg membuat Anda berlawanan dengan membenci orang itu,
orang jawak bilang "nyelamur'ke" atau bahasa spanyolnya (alihkan perhatian Anda).
Buatlah aktivitas Anda tampak lebih superior (tentunya yang positive +++)  daripada Anda membenci orang tsb dan kebencian itu akan tampak menjadi "kecil" dan akhirnya lenyap, anicca lagi.


suatu ketika ada seorang dokter yang mendirikan klinik gratis yang buka sekali seminggu untuk mereka yang tidak mampu. Satu hari, seseorang menghambur ke dalam klinik itu dengan membawa berita bahwa putra bungsu  dan kesayangan sang dokter telah mati. Meskipun sangat perih hatinya, sang dokter merenungkan kejadian itu, dan setelah mendapatkan kembali ketenangannya, ia memutuskan untuk terus melayani pasiennya.

Orang-orang yang kemudian mengetahui kejadian ini, agak kaget dengan sikap yang tidak begitu peduli itu, Ketika ditanya ia menjawab, "Putraku telah mati, aku tak dapat berbuat apa-apa soal itu. Tapi orang-orang ini yang tidak mampu untuk membayar, memerlukan pertolonganku. Aku tahu aku bisa berbuat sesuatu untuk mereka. Tidakkah lebih baik jika aku mengatasi rasa sedihku dan tetap membantu mereka yang berada dalam kesusahan ini ?"


dicuplik dari: Hidup Sukses dan Bahagia Tanpa Takut dan Cemas, hal.175
karya K. Sri Dhammananda,
terbitan: Yayasan Penerbit Karaniya
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #46 on: 16 March 2012, 01:48:03 PM »
misalnya ketika saya mempunyai seorang rival di sekolah...
di sekolah saya selalu mendapat peringkat ke dua, sedangkan rival saya selalu mendapat peringkat pertama..
nah, dari sini kan juga bisa timbul kebencian terhadap seseorang..
gitu lohh ;D


waduh pertanyaan maha sulit, kami belum mampu menjawab.
tapi coba kami coba jawab



bahasa tetangga, semua itu sudah ada yang "ngatur", rejeki orang jangan iri.


kalau kita kan pasti lbh nalar ttg hal ini, banyak contoh kasus, kami ambil 2 aj yg sdh dicetak shg tinggal copas:
- Hanya Kitalah Yang Dapat Menolong Diri Kita Sendiri, hal 16, http://dhammacitta.org/perpustakaan/hanya-kitalah-yang-dapat-menolong-diri-kita-sendiri/
- Manfaat berdana dalam Buddha Sasana (Riwayat Dewa Ankura dan Dewa Indaka), http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=21355.0
- Kisah Deva Anakura, http://www.samaggi-phala.or.id/tipitaka/kisah-deva-ankura/

kalau sering lihat keatas terlalu lama, jadinya iri
kalau sering lihat kebawah menjadikan kita jadi, superior, pogah (ego)
lihatlah diri sendiri kiranya lebih baik, untuk ditaklukkan daripada mata jelalatan liat yang kagak bisa dicapai.
jadi sedari sekarang kalau ada kesempetan berbuat baik (sila, samdhi & panna + dana) dikembangkan/dilakukan, shg iri hati tak perlu lagi




semoga menjawab pertanyaannya
« Last Edit: 16 March 2012, 01:53:05 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #47 on: 16 March 2012, 03:09:15 PM »
jikalau suatu saat, mas tidar melihat istri mas tidar sedang berselingkuh dengan pria lain, apakah mas Tidar tidak membenci istri dan selingkuhannya? ;D ;D
 =P~ =P~ mohon dijawab mas tidar ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #48 on: 16 March 2012, 05:57:40 PM »
jikalau suatu saat, mas tidar melihat istri mas tidar sedang berselingkuh dengan pria lain, apakah mas Tidar tidak membenci istri dan selingkuhannya? ;D ;D
 =P~ =P~ mohon dijawab mas tidar ;D

mas bro, mending kalau kasus-nya sperti itu di "fang sheng" sekalian ajah
dia senang dengan selingkuhannya
mas tidar terbebas dari beban belenggu samsara  :)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #49 on: 19 March 2012, 10:16:18 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #50 on: 19 March 2012, 10:31:18 AM »
ketika si aku "terusik"
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #51 on: 19 March 2012, 10:35:12 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?



aku pernah nonton berita.. KAKAK KANDUNG BUNUH ADIK KANDUNG hanya GARA2 SEPASANG KAUS KAKI.. di bekep pake bantal adiknya ampe nggak bernyawa , .. hal2 seperti ini biasanya krn "rasa benci / kecewa / kesal " yg di tumpuk terus menerus.. saran aku sih . biacarakan ama seseorang .. orang tua misalnya , jgn di pendem..  _/\_

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #52 on: 19 March 2012, 10:36:04 AM »
mas bro, mending kalau kasus-nya sperti itu di "fang sheng" sekalian ajah
dia senang dengan selingkuhannya
mas tidar terbebas dari beban belenggu samsara  :)
kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #53 on: 19 March 2012, 10:37:48 AM »


aku pernah nonton berita.. KAKAK KANDUNG BUNUH ADIK KANDUNG hanya GARA2 SEPASANG KAUS KAKI.. di bekep pake bantal adiknya ampe nggak bernyawa , .. hal2 seperti ini biasanya krn "rasa benci / kecewa / kesal " yg di tumpuk terus menerus.. saran aku sih . biacarakan ama seseorang .. orang tua misalnya , jgn di pendem..  _/\_

hahahaha klo sama ortu sendiri bencinya? Krn teman gua itu pernah ngmg dia benci banget sama ortunya krn gak diajarin naik motor. Simple things can make me hate someone till death.. istilah gua neh sampe mati benci nya minta ampun...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #54 on: 19 March 2012, 10:40:07 AM »
kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
sebenarnya jawaban kakao dan jawaban mas tidar sama2 bener sich.. cuma 1 menjawab dari segi manusia yang "realitis" dan satu lagi.. menjawab dari sisi "idealis"

combine di tengahnya :
sakit hati.. tapi jangan sampe bunuh2an / pukul2an.. :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #55 on: 19 March 2012, 10:45:35 AM »
gimana jika membenci saudara sendiri??
Membencinya dari kecil sampai besar? Dan berasa mau matiin tuh orang.. adakah solusi lebih efektif?
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #56 on: 19 March 2012, 10:54:55 AM »
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~

kirain kakao pinter ngupil doank..  :))

yah yah bener..  namanya mahkluk sosial.. sepanjang idup selalu berinteraksi dgn makhluk lain .. hampir bisa di katakan mustahil bila nggak pernah "bergesekan" . mungkin yg bisa di lakukan, gimana bisa memperlembut gesekan itu ,hingga nggak menjadi kobaran api..

hal ini membuktikan kalau kita sebenarnya manusia sempurna.. yah kalau manusia 1/2 Buddha dah menghilangkan 50%  sifat "manusia" nya..  :))

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #57 on: 19 March 2012, 11:00:12 AM »
memang kehidupan ini begitu, kadang dengan saudara sendiri ibarat musuh, dg teman ibarat saudara..rupanya terbalik lah dunia ini, solusinya gampang sis, menangin diri sendiri dulu untuk tdk membenci, bisa tdk? kl misalnya adik yg kamu benci, ketika melihat dia bayangin aja lee min ho(bintang idola korea) pasti km nggak akan mau bunuh lee min ho kan?? ;D
aq jg dulu pernah benci cihuku yg menelantarkan ci2ku, sampai ingin sekali ketemu die itu rasanya pingin pukul, dll, tp setelah dipikir2,.itu cuma pikiran yang belum dewasa,dan berpikir balik, inilah kehidupan, pahit, manis, asem, asin,..harus dijalani, intinya jangan karena pujian kita bahagia, tp dengan hinaan kita menderita, coba belajar, dibalik, dipuji, kamu merasa ini adalah penderitaan yang belum muncul, tapi kalau km dihina, kamu pikir, inilah kebahagiaan yang hampir muncul, tapi pertanyaannya bisakah kita?? =P~
klo kita ngomong emang plg gampang krn tinggal cas cus cis aje.. Nah klo disuruh bayangin berbeda 380 derajat, jawaban saya SUSAH. Tapi pasti kakao akan bilang coba. krn tidak ada yg tidak bisa sebelum dicoba..
Balik lg kehidupan kita sbg manusia itu tdk lepas dari lobha,moha dan dosa (LMD). jadi cara kita terlepas dari ini yaitu berbuat kebaikan. Tapi sudah berbuat kebaikan masih jg dijahati orang, oh kita mikir lg mungkin dl kita jahat jadi kita terima karma buruknya sekarang..

Setiap pikiran kyk gitu selalu berkecambuk dalam pikiran manusia. Jika kita sadar (tidak dirasuki pikiran setan alias jahat), mgkn kita bisa mengontrol perbuatan buruk kita tapi klo gk, maka akan terjadi sebaliknya.

Semua emang balik ke kita lagi sebagai pribadi yg bagaimana. Kita mau pilih jadi org jahat atau baik?!
Klo masih waras, ya jawabannya SUSAH krn kita bukan arahat, kita bukan org suci dan kita jg bukan pangeran siddharta or BUDDHA

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #58 on: 19 March 2012, 11:13:56 AM »
Cielah,..jawaban kakao di reply oleh dua orang cie ce maniZ,. :x :x :x
padahal kakao asal jawab aje ;D ;D ;D
tumeben juga hari ini kakao  8-> 8->  :)) :)) ha ha ha
kakao : " cie-cie,..tau nggak kenapa hari ini tidak hujan?
kedua cie-cie : " ah pasti lu pake buat nyiremin hati lu yang berbungakan( ce landy) ah sotoy lu( ce Yani)"
kakao : " Bukan cie-cie,..karena hujannya kakao pindahin ma pawang hujan  ;D , tetangga sebelah ngawinin soalnya  ;D" =))
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #59 on: 19 March 2012, 11:16:26 AM »
Cielah,..jawaban kakao di reply oleh dua orang cie ce maniZ,. :x :x :x
padahal kakao asal jawab aje ;D ;D ;D
tumeben juga hari ini kakao  8-> 8->  :)) :)) ha ha ha
kakao : " cie-cie,..tau nggak kenapa hari ini tidak hujan?
kedua cie-cie : " ah pasti lu pake buat nyiremin hati lu yang berbungakan( ce landy) ah sotoy lu( ce Yani)"
kakao : " Bukan cie-cie,..karena hujannya kakao pindahin ma pawang hujan  ;D , tetangga sebelah ngawinin soalnya  ;D" =))
Koq gak nyambung ya??? ck..ck..ck.. CAPEK deh...

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #60 on: 19 March 2012, 11:43:27 AM »
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,20461.60.html

bila anda sedang MARAH / BENCI mgkn yg anda butuhkan adalah "siraman rohani" seperti ini.. udah GRATIS , mudah di akses .. dan sangat bermanfaat  _/\_

saran guru spritual ane ( emang artis doank yg pny guru spritual  :P ) kalau emang sedang marah /benci jangan focus pada "kenapa" (alasan di balik ) kemarahan / kebencian .. tapi focus kepada "rasa marah dan benci " itu sendiri.  pertama susah banget ... rasanya pengen ceritakan apa yg ane alamin , biar semua jg ikutan menghujat "akar kebencian ane" ..

tapi lagi2 kata guru spritual ane itu nggak ada gunanya : tanggapan org pasti beda2 bila di hadapkan pada satu permasalahan .. ntr kalau tanggapannya gk sesuai di harapkan ane malah tambah kesal . bila dapet tanggapan yg di inginkan ( yg lain ikut murka ) endingnya apa yg di dapatkan tetep HANYALAH rasa kasian / iba.. dan makin terpuaskan lah rasa marah...

DIAM DALAM MARAH sambil menikmati SIRAMAN ROHANI.. . aku dah coba dan ini berhasil ... percayalah tunink,,,   ;) ( iklan banget )  :)) :))

« Last Edit: 19 March 2012, 11:47:32 AM by Landy Chua »

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #61 on: 19 March 2012, 11:57:27 AM »

intinya bagi kami: kami ingin hidup bahagia sampai menjelang kematian.
dia-nya suka ama selingkuhan, kami "fang sheng" kan saja krn dg demikian dia bahagia dg selingkungannya
beban kehidupan dengan si-istri telah hilang, maka banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih baik (spiritual)

urusan luka dihati yang paling dalam, Sang Guru sudah menunjukan 3 corak umum, salah satunya anicca. Mas bro mau melawan statemen ini ?  :whistle: :whistle: :whistle:
tidak jantan, peduli amat, emang mau dibawa sampai mati. Makan aja itu kejantanan loe sendiri (sorry ngomong kasar)

garis besar solusinya:
kalau sampai pisah/cerai, urus lah baik2. setelah itu lakukan sesuatu yang membawa manfaat diri Anda menjadi lebih baik (bekal kematian Anda)
daripada menyesali berkepanjangan kejadian yang tidak bisa diulang kembali untuk menjadi lebih baik.


terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^, silakan dicari semoga menemukan yang sesuai.


kynya jawabannya terlalu ringan, tp kalau kenyataannya pasti akan menimbulkan luka dihati yang paling dalam, mungkin aja akan melakukan pemukulan, pembunuhan, dll, ;D berarti mas tidak tidak pria jantan  ;D typikal orang yang selalu lari dari permasalahan =P~ =P~
gimana mas tidar terbebas dari belenggu samsara ;D jika hatinya sakit di hianati istri dan selingkuhan, dan juga anda membenarkan secara halus tindakan mereka?? ;D gimana hukum pernikahan anda itu, apakah tdk ada artinya lagi ;D
terlalu simple ah jawabnya,.kakao mau yang lebih banyak ^-^
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #62 on: 04 July 2015, 12:48:02 PM »
karena kita terlalu cepat menjudge orang lain, pdahal belum tentu apa yang kita pikirkan begitu juga pada kenyataannya..

Benci tapi rindu

Jadi benci ada gunanya utk. Nambah rindu.

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #63 on: 04 July 2015, 01:08:14 PM »
karena kita terlalu cepat menjudge orang lain, pdahal belum tentu apa yang kita pikirkan begitu juga pada kenyataannya..

Benci tapi rindu

Jadi benci ada gunanya utk. Nambah rindu.

merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #64 on: 04 July 2015, 10:55:35 PM »
apakah kentut bau tanpa suara dpt membuat kita benci pada bau tsb ?
karna tdk diketahui siapa yg mengeluarkan gas tsb.... ^:)^
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #65 on: 07 July 2015, 01:11:20 PM »
kebanyakan karena sikap/perbuatan mereka terhadap kita

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #66 on: 07 July 2015, 01:13:18 PM »
kebanyakan karena sikap/perbuatan mereka terhadap kita

bukan juga hanya mahluk hidup....

sering juga benda2 berkemungkinan buat anda gemes...

spt computer, internet yg LEMOT banget.....atao trafic light yg ngadat.
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #67 on: 07 July 2015, 01:43:44 PM »
yang ditanya orang bukan BENDA !

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #68 on: 07 July 2015, 02:00:55 PM »
yang ditanya orang bukan BENDA !

bgitu juga hanya dgn pertanyaan aja udah cukup buat org gemes...

thx silly ingatkan itu orang..bukan benda....tapi lebih lengkap klo semuanya...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline silly08

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #69 on: 07 July 2015, 03:03:15 PM »
bgitu juga hanya dgn pertanyaan aja udah cukup buat org gemes...

thx silly ingatkan itu orang..bukan benda....tapi lebih lengkap klo semuanya...

kalau gitu jangan quote post saya karena sy rasa itu tidak berhubungan.

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #70 on: 09 July 2015, 03:47:28 PM »
Di "unquote" aja, beres kan?

Dengan cara yang sama, untuk mengembalikan kebencian pada seseorang, bukan dengan membalas apa yang dia lakukan terhadap kita, tapi dengan mengembalikan apa yang telah dia lakukan/berikan kepada kita. Nah lho apa bedanya?
:O

Kebencian muncul dari sesuatu yang tadinya tidak ada (tadinya tidak benci) menjadi ada (benci).
Maka yang "ada" (kebencian) ini seharusnya bisa dikembalikan ke asalnya (diuraikan ke sumbernya masing2) menjadi tiada.

Kebencian sebenarnya hanya bayangan pikiran (ego) semata, tampak nyata ketika kita lalai, dan hilang tanpa bekas ketika kita "memplototinya" (sadari, lihat mendalam, aware).

Offline luckyadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 0
  • NIBBANA ADALAH DUNIA TANPA KONSEP
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #71 on: 07 November 2015, 10:32:33 PM »
karena ap yg kt alami memancing konsep ttg ap yg ga kt sukai,,maka pikiran terjebak d dlm sebab akibat yg sesuai ttg kebencian dan menghasilkan perasaan menyakitkan krn kebencian itu..maka untuk memutuskan sebab akibat sling bergntungan ttg kebencian adlah dgn berhentinya perasaan kebencian mka lenyap pula kbencian tersebut dgn cra vipassana yaitu menyadari munculnya kbencian dgn tidak menolak atau berpasrah pd kmunculan kbencian trsbut..

Offline belajar

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #72 on: 13 November 2015, 12:18:11 PM »
Kalau boleh urun pendapat, saya setuju dgn post (wiliam_phang) bbrp waktu yg lalu. Menurut saya kalau mau dianalisa, diurut-urut sebab-akibat-sebab-akibat, maka pada akarnya kebencian itu muncul karena belum menyadari anatta.

Bentuk2 penyebabnya bisa macam2, tapi kalau ditelusuri akhirnya ketemu akar yang sama. Analoginya penyebab yang macam2 itu adalah daun2 dan dahan2 dari pohon yang sama, yang kalau ditelusuri akhirnya sampai pada akarnya yaitu tidak menyadari akan konsep anatta.

Benci itu kan timbulnya karena konsep aku vs kamu, aku vs dia, dst. Benci timbul karena aku merasa terancam, merasa dirugikan, merasa disakiti, dst.

Padahal "aku" yang kita ganduli ini (yang kita sayang2, kita manjakan, kita pelihara dan besarkan) adalah ilusi saja. Kalau sudah memahami yang mana ilusi dan mana yang nyata, maka kebencian itu pun akan hilang. Karena subyek yang dirugikan itu sudah hilang, otomatis, perasaan benci yang timbul akibat hal2 itu juga hilang.

Bisa jadi mungkin ketika dijahati orang, bukan timbul benci, tapi timbul rasa kasihan. (saya bilang mungkin, soalnya ilmunya belum sampai ke sana, cuman bisa ngomong doank  :)) )

----

Kalau belum bisa menyadari anatta, maka obat2 kebencian yang bisa diberikan sifatnya sementara, seperti kita memangkas daun dan ranting, selama belum ditebas akarnya, satu dipangkas nanti timbul lagi tunas baru di tempat lain, begitu seterusnya. Akhirnya benci-rindu-benci-rindu  ;D.

Tapi kalau sudah akarnya yang ditebas, pikiran ttg "aku" yang salah, benar2 paham apa itu anatta, bukan cm secara intelektual tapi benar2 sadar, otomatis benci itu pun tidak akan timbul lagi.
« Last Edit: 13 November 2015, 12:19:46 PM by belajar »

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #73 on: 15 January 2018, 08:30:50 AM »
Di "unquote" aja, beres kan?

Dengan cara yang sama, untuk mengembalikan kebencian pada seseorang, bukan dengan membalas apa yang dia lakukan terhadap kita, tapi dengan mengembalikan apa yang telah dia lakukan/berikan kepada kita. Nah lho apa bedanya?
:O

Kebencian muncul dari sesuatu yang tadinya tidak ada (tadinya tidak benci) menjadi ada (benci).
Maka yang "ada" (kebencian) ini seharusnya bisa dikembalikan ke asalnya (diuraikan ke sumbernya masing2) menjadi tiada.

Kebencian sebenarnya hanya bayangan pikiran (ego) semata, tampak nyata ketika kita lalai, dan hilang tanpa bekas ketika kita "memplototinya" (sadari, lihat mendalam, aware).

klo udah bicara dimuka orang banyak....itu tentulah tidak baik....
contoh : si A itu dikit2 duit......gak boleh begitu...
ini kejadian di orang banyak (anggota, member)...

dan bagaimana ini bisa dikembalikan ?.....jadi hati2lah klo buat statement di wajah org banyak!...klo di forum ?....apa sama ?...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #74 on: 15 January 2018, 11:38:10 AM »
Quote
tidar >> kalau sampai pisah/cerai, urus lah baik2. setelah itu lakukan sesuatu yang membawa manfaat diri Anda menjadi lebih baik (bekal kematian Anda)


klo udah cerai apa hunting yg baru lagi ? :o
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline siapa

  • Teman
  • **
  • Posts: 69
  • Reputasi: -2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #75 on: 26 January 2018, 10:11:36 AM »
Kenapa kita membenci orang lain?

Mngkin ambil contoh satu orang yg kita benci lalu kita listing, mengapa kita membencinya?

Contoh,
- karena dia memukul saya
- karena dia lebih pintar
- dst …

Kita ???? loe aja kalii

Kebencian / dosa muncul karena Jati diri (anatta) merasa 'terancam'.

Tidak ada hubungannya dengan objek sang pelaku, tetapi lebih ke subjek sang korban.


Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.219
  • Reputasi: 43
Re: Apa yang membuat kita membenci orang lain?
« Reply #76 on: 29 May 2019, 07:24:30 PM »
Kenapa kita membenci orang lain?

Mngkin ambil contoh satu orang yg kita benci lalu kita listing, mengapa kita membencinya?

Contoh,
- karena dia memukul saya
- karena dia lebih pintar
- dst …

Karena dukha. ..mengakibatkan dukha. .memberikan dukha.....
Kalau siluman mungkin beda jawabannya.
Kalau peta,asura dll mungkin beda lagi.

☝Indah menjawab seperti ini.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)