Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tri Pitaka Kitab Palsu  (Read 58386 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #120 on: 15 June 2011, 08:24:59 PM »
dia buddhis kok, menurut pengakuannya dan yg ditegaskan lagi oleh bro dragonhung
ahhhh, ga bisa baca sastra nih =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #121 on: 16 June 2011, 12:54:08 AM »
Dengan ini saya meminta maaf pada member Johan3000 karena sebelumnya berkeras kepala menyanggah bahwa Traktor seorang tolol.
Dengan ini, gw semangkin salut sama kwalitas bro Kainyn_Kutho mau minta maaf di posting ini bukan melalui PM. Kalau TL masih membuat topik2 spt sebelumnya, memiliki niat2 kurang baik pada forum, bagaimana kalau kita usulkan pada tuhan dia dia di BAN aja minimal 100 hari gitu ? (voting disiapkan ?)

 _/\_ :P
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #122 on: 16 June 2011, 12:57:24 AM »
Kalau saya baca kok kagak ngarti ya... Gak tau juga esensinya apa... Dan kenapa kalian ribut2?

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #123 on: 16 June 2011, 06:09:25 AM »
Kalau saya baca kok kagak ngarti ya... Gak tau juga esensinya apa... Dan kenapa kalian ribut2?
Wah...om sudah menembus jhana berapa?sampai2 tidak tergoyahkan lg batinnyaa..
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #124 on: 16 June 2011, 06:31:37 AM »
dia buddhis kok, menurut pengakuannya dan yg ditegaskan lagi oleh bro dragonhung

jangan-jangan bro dragonhung itu 'calo' nya TL  :))
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #125 on: 16 June 2011, 08:04:28 AM »
Dengan ini, gw semangkin salut sama kwalitas bro Kainyn_Kutho mau minta maaf di posting ini bukan melalui PM. Kalau TL masih membuat topik2 spt sebelumnya, memiliki niat2 kurang baik pada forum, bagaimana kalau kita usulkan pada tuhan dia dia di BAN aja minimal 100 hari gitu ? (voting disiapkan ?)

 _/\_ :P

kenapa bro johan jadi ketularan T****, tidak menangkap maksud dari pak KK?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #126 on: 16 June 2011, 08:11:27 AM »
kenapa bro johan jadi ketularan T****, tidak menangkap maksud dari pak KK?
mohon maaf belum menangkap maksud dari pak KK, mohon bro Indra berbaik hati utk meluruskannya.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #127 on: 16 June 2011, 08:20:47 AM »
dia memang buddhis kok, cuman dari kecilnya banyak menerima ajaran selain buddhis, sampai akhirnya tetap memeluk agama buddhis.


jangan-jangan bro dragonhung itu 'calo' nya TL  :))
[at]  adi lim,
ini maksudnya apa?
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #128 on: 16 June 2011, 08:25:47 AM »
mohon maaf belum menangkap maksud dari pak KK, mohon bro Indra berbaik hati utk meluruskannya.

maksudnya si kubis itu memang tolol

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #129 on: 16 June 2011, 08:26:24 AM »
Arghh, kenapa pada ga bisa baca karya sastra gw???
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #130 on: 16 June 2011, 08:26:50 AM »
dia memang buddhis kok, cuman dari kecilnya banyak menerima ajaran selain buddhis, sampai akhirnya tetap memeluk agama buddhis.


sayangnya dia terlalu sibuk memeluk, bukannya mempelajari dan mempraktikkan.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #131 on: 16 June 2011, 08:35:50 AM »
kalau saya lihat, sebenarnya tujuan dia baik, hanya caranya saja yang salah. dia ingin mematahkan argumen kepercayaan lain dengan mengatakan
hal2 extrim
Quote
Betul.... Ti Pitaka itu kitab palsu. Bukan tulisan dari Sidharta Gautama. Saya sendiri tidak tahu siapa sebenarnya yang menuliskan kitab kitab yang katanya mulia itu.

dia mengatakan tripitaka palsu bukan tulisan sidharta gautama, memang benar itu tidak dapat di sangkal. sedangkan kepercayaan lain mengakui kepercayaan mereka terbaik dengan mengklaim kitab2 mereka berasal dari tuhan, padahal secara jelas semua itu adala hasil karya manusia juga.

dari hal ini saya justru bisa belajar banyak , kadang tanpa disadari kita pun terbawa menjadi sisi extrim. tanpa kita sadari kita pun terpengaruh hal2 yang TS inginkan.

Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #132 on: 16 June 2011, 08:36:02 AM »
 [at]  3K

Tadinya saya pikir dia akan menggunakan kepintarannya (yang pas-pasan) untuk berusaha memperbaiki diri, tetapi ternyata malah digunakan untuk merengek lagi di blognya (saya baca isinya beneran tidak ada makna) dan bahkan menghina "Sriyeklina" & "Johan". Seperti orang ekonomi pas-pasan, punya sedikit uang lebih bukan digunakan untuk menabung malah digunakan untuk beli narkoba.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #133 on: 16 June 2011, 08:42:59 AM »
kalau saya lihat, sebenarnya tujuan dia baik, hanya caranya saja yang salah. dia ingin mematahkan argumen kepercayaan lain dengan mengatakan
hal2 extrim
dia mengatakan tripitaka palsu bukan tulisan sidharta gautama, memang benar itu tidak dapat di sangkal. sedangkan kepercayaan lain mengakui kepercayaan mereka terbaik dengan mengklaim kitab2 mereka berasal dari tuhan, padahal secara jelas semua itu adala hasil karya manusia juga.

dari hal ini saya justru bisa belajar banyak , kadang tanpa disadari kita pun terbawa menjadi sisi extrim. tanpa kita sadari kita pun terpengaruh hal2 yang TS inginkan.



argumen apa yg bisa dipatahkan? dia bahkan tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan argumennya sendiri. asli atau palsu ditentukan dari siapa yg menulis dan dari cetakannya? astaga, keponakan gue yg TK bisa memberikan argumen yg lebih baik.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #134 on: 16 June 2011, 08:45:11 AM »
kalau saya lihat, sebenarnya tujuan dia baik, hanya caranya saja yang salah. dia ingin mematahkan argumen kepercayaan lain dengan mengatakan
hal2 extrim
dia mengatakan tripitaka palsu bukan tulisan sidharta gautama, memang benar itu tidak dapat di sangkal. sedangkan kepercayaan lain mengakui kepercayaan mereka terbaik dengan mengklaim kitab2 mereka berasal dari tuhan, padahal secara jelas semua itu adala hasil karya manusia juga.

dari hal ini saya justru bisa belajar banyak , kadang tanpa disadari kita pun terbawa menjadi sisi extrim. tanpa kita sadari kita pun terpengaruh hal2 yang TS inginkan.


Ini hal kuno, bro WAL. Kalau orang sering main ke DC, pasti tahu itu. Saya pun sudah beberapa kali mengatakan Tipitaka itu BUKAN sabda Buddha, tapi sabda Buddha yang didengar oleh Ananda (dan bhikkhu sejamannya), lalu diwariskan turun-temurun mengalami perubahan (penambahan dan pengurangan), lalu baru belakangan ditulis. Maka setiap sutta dimulai dengan "evam me suttam", "demikianlah yang kudengar". Sangat rentan sekali kalau berpikir isi Tipitaka pasti benar.

Waktu saya baru kenal Buddhisme juga saya sudah dengar hal ini dari Bhante Uttamo yang mengatakannya dalam gurauan, "kalau suttanya keliru... berarti bukan Buddha yang salah, tapi pendengaran Bhante Ananda yang keliru..." ;D

Demikianlah tulisannya mungkin baru bagi orang yang tidak pernah main ke DC, tapi adalah pengetahuan umum bagi yang aktif diskusi di DC. Itulah sebabnya member2 sini kecewa judulnya "Integral Trigonometri", isinya perkalian anak SD. (Promosi mode: ON)