Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tri Pitaka Kitab Palsu  (Read 58499 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #60 on: 13 June 2011, 11:52:37 PM »
Kan sudah saya katakan, tulisan saya sebenarnya bukan untuk konsumsi member di sini, tapi Dragon Hung yang share disini.  Tulisan saya buat pemeluk agama Abrahamik yang selalu melakukan misionaris untuk saya.

Metode saya menelaah kitab dengan anda tentu saja beda.  Tiap manusia punya pemahaman sendiri sendiri atas kitab yang dibacanya. 

Saran: bacalah dengan metode psikologi terbalik.

artinya tulisan si om itu memang ngak ada manfaatnya yah di sini? ;D
berarti om hung itu orang yang iseng dong? :P

sebenernya kalo om lubis itu bener-bener mau belajar ajaran buddha, mestinya belajar juga untuk memberi manfaat bagi semua mahkluk, bukan hanya sebagian saja ;D. karena itu adalah jalan yang ekstrim, hanya akan berputar-putar dalam alam kehidupan ini aja dan akan tetap jauh dari nibbana ;D.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #61 on: 13 June 2011, 11:57:12 PM »
Kan sudah saya katakan, tulisan saya sebenarnya bukan untuk konsumsi member di sini, tapi Dragon Hung yang share disini.  Tulisan saya buat pemeluk agama Abrahamik yang selalu melakukan misionaris untuk saya.

Metode saya menelaah kitab dengan anda tentu saja beda.  Tiap manusia punya pemahaman sendiri sendiri atas kitab yang dibacanya. 

Saran: bacalah dengan metode psikologi terbalik.

memang bukan anda yg memposting tulisan di atas, tapi tulisan itu adalah tulisan anda, kecuali anda menyangkalnya. dan anda bergabung ke sini, bukankah dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tulisan ini spt yg anda katakan sendiri?

metode dan pemahaman kita memang beda, tapi saya kan gak bilang "sama"?

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #62 on: 14 June 2011, 12:01:01 AM »
Iya saya iseng posting ingin melihat ada gak yg ngamuk2 kebakaran jenggot seperti di forum sebelah.

Meminjam istilah si traktor, masih banyak gak orang2 di sini yang bertipe 'sendok'?
Hanya bisa menyendok dhamma, tetapi tidak bisa 'menikmati' dhamma.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #63 on: 14 June 2011, 12:04:50 AM »
apakah yang di maksud memberikan yang mereka(kepercayaan sebelah) inginkan dan menjatuhkan apa yang mereka pikirkan?

Saya kira yang saya lakukan bukan menjatuhkan.

Tetapi lebih kepada penegasan yang saya lakukan, bahwa sebagai Buddhis saya tidak peduli dengan klaim mereka bahwa agama mereka, kitab mereka lebih suci.  Itukan klaim sepihak.  Anda bisa baca tulisan saya tentang Abrahamik di tab Abrahamik.  Tentang kesuperioran Israel dll.

Saya tidak peduli pada semua itu.  Mereka bilang Tri Pitaka palsu, saya jawab emang...! Kalau saya jawab bukan, asli dsb dsb.... jadinya debat kusir.  Yah kalau dalam hal menetapkan kitab asli harus tulisan dari atau bersumber dari Tuhan. yah jelas Tri Pitaka palsu.  Emang kenapa kalau bukan tulisan Tuhan? Saya (dalam hati) juga tak percaya Tuhan bisa nulis kok.... hehehehehe

Lalu mereka merasa lebih suci, misalnya dengan klaim, bahwa nabi mereka adalah manusia pilihan Tuhan.  Nah, saya jelaskan... memang Sidharta Gautama bukan suruhan siapa siapa.  Sidharta Gautama pribadi yang independen.  Tuhan tak bisa menyuruh Sidharta. 

Lalu emangnya kenapa kalau bukan dari Tuhan?

Emangnya kenapa kalau kepercayaan turun dari pohon kelapa? Bukan turun dari Tuhan seperti agama mereka?

Saya lebih percaya ke perbuatan nyata.  Pemahaman.  Kekuatan pikiran. Ini logis sekali.  Dogma apapun tidak mempan bagi Buddhis yang sudah memahami ini. Saya juga menulis tentang kr****nisasi pada saya, judulnya Jadilah Pemberani, Jangan Takut Neraka....

Nah, saat baca judulnya orang pasti tersentak, ini ajaran sesat.

Tapi yang saya ceritakan adalah, bahwa sebagai Buddhis saya tidak takut pada ancaman neraka yang diuatarakan kr****n dalam hal ingin menginjili saya dengan menakut-nakuti.  Bahwa hanya lewat Dia bisa masuk surga.

Saya malaha menjelaskan, bahwa surga itu hanya ganti alam kehidupan dalam Buddhis.  Surga itu hanya alam dewa, alam kesenangan duniawi.  Tujuan Buddhis bukan ke sana, tetapi ke Nibbana yang saya artikan kepada mereka sebagai kekosongan.  Asalnya dari pemahaman saya atas kata Nirwana, Nir = kosong.  Saya tekankan juga, Nibbana bukan surga. 

Jadi dalam hal penulisan sebuah tulisan.  Bila anda memahami sastra, ada yang disebut dengan istilah psikologi terbalik.  master Zen sangat baik dalam menerapkan hal ini.  Saya tentu tidak sejajar dengan Zen.  Mungkin bisa lah bila dikatakan, saya mengikuti metode Putu Wijaya.  Menebarkan ide dengan mengetawai diri sendiri.

Wah.... sorry udah ngomel sendiri... hehehehehe

Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #64 on: 14 June 2011, 12:05:46 AM »
memang bukan anda yg memposting tulisan di atas, tapi tulisan itu adalah tulisan anda, kecuali anda menyangkalnya. dan anda bergabung ke sini, bukankah dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tulisan ini spt yg anda katakan sendiri?

metode dan pemahaman kita memang beda, tapi saya kan gak bilang "sama"?

Sudah dijawab Dragon Hung.
Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #65 on: 14 June 2011, 12:08:09 AM »
Iya saya iseng posting ingin melihat ada gak yg ngamuk2 kebakaran jenggot seperti di forum sebelah.

Meminjam istilah si traktor, masih banyak gak orang2 di sini yang bertipe 'sendok'?
Hanya bisa menyendok dhamma, tetapi tidak bisa 'menikmati' dhamma.

ditunggu hasil surveinya yah om hung ;D.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #66 on: 14 June 2011, 12:11:07 AM »
supaya kembali ke topik, saya ulangi lagi, mohon tanggapannya

1. Mengapa saya mengatakan umat Buddha umat Terbodoh di dunia?
Jawab: karena hanya orang yang sudah sadar bodohlah baru terbuka wawasan untuk mau belajar.  Buat apa orang yang sudah pintar belajar? Dengan mengakui diri sendiri bodoh.  Seperti di Dhammapadda Sidharta Gaotama bolak balik menuding orang 'si bodoh' baru ada kesadaran untuk belajar, supaya pintar alias tidak bodoh lagi.

Dhammapada tidak termasuk bagian dari yg palsu?

Quote
2. Tujuan Penulisan ke 2 artikel tersebut
Sebagai perbandingan kepada pembaca Blog saya yang bukan hanya berasal dari umat Buddha.  Saya memakai cara pandang Abrahamik dalam menilai Tri Pitaka dan keyakinan umat Buddha.  Dengan begitu pembaca saya yang bukan Buddhis akan dapat menangkap, apa perbedaan 'keyakinan' dalam Buddha Dharma.
saya pribadi tidak mempertanyakan tujuan anda menulis ini.

Quote
3. Soal Kitab Palsu
Sekali lagi saya tekankan, begitulah cara pandang pemeluk agama Abrahamik terhadap kitab Buddha.  karena kitab Buddha adalah asli buatan manusia bukan demit, setan, iblis, nabi atau Tuhan.  Tapi tulisan manusia.  Bukan Sidharta Gaotama yang tulis.  Tapi manusia lain yang mencatat kotbah kotbah beliau tersebut?

menurut anda kitab agama apakah yg bukan tulisan manusia?

Quote
Tri Pitaka diklaim palsu, yah silahkan saja.... buktinya, Buddhisme mewariskan jutaan peradaban, sementara kitab kitab yang tulisan Tuhan, dari Tuhan dan terinspirasi dari Tuhan itu menghasilkan apa? Kehancuran Peradaban (baca - Buddha Bamiyan Afganistan, Bom Borobudur dll).


kitab apakah yg ditulis oleh tuhan?


Quote

5. Ehipasiko
Dengan Kalama Sutta, bila anda memang memahami Buddhisme, segala palsu, asli, dari Tuhan atau dari manusia, apakah masih berarti? Dengan ehipasiko anda diajarkan untuk mempercayai pemikiran anda sendiri.  Bukan pemikiran siapa-siapa, pemikiran Sidharta juga tidak.  Silahkan uji pemikiran Sidharta.

jadi kalama sutta juga tidak termasuk palsu ya? anda mengatakan bahwa umat Buddha itu bodoh karena percaya pada kitab palsu, jadi bagaimana anda menilai diri anda sendiri karena percaya pada kalama sutta?

Quote
6. Mohon maaf bila menimbulkan polemik.  Dari awal, bukan saya yang share tulisan saya di portal portal Buddhis.  tapi saya hanya menulis pemikiran saya di Blog saya.

7. Thanks

saya belum pernah ketemu dengan umat Buddha yg mengklaim bahwa Tipitaka adalah kitab asli yg berasal langsung dari Sang Buddha. bagi yg mengetahui sejarah, sudah diterima bahwa Tipitaka adalah karya dari para siswa Arahat, frasa "demikianlah yg kudengar" pada awal sutta sudah menunjukkan hal ini. jadi tudingan bahwa Tipitaka adalah kitab palsu tidak relevan di sini.

jika anda punya waktu membaca2 thread di forum ini, anda akan melihat bahwa kami menghabiskan banyak waktu untuk mengkritisi kitab palsu ini. bagi kami kitab adalah kitab dan kitab tidak mungkin suci.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #67 on: 14 June 2011, 12:11:19 AM »
Wah.... sorry udah ngomel sendiri... hehehehehe

nah itu yang saya maksud ;D, kita belajar agama buddha itu untuk menjauhkan diri dari sisi ekstrim ;D.
kalo ngak yah bisa gitu om ;D, menyeret kita kembali ke samsara ;D.

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #68 on: 14 June 2011, 12:11:37 AM »
Iya saya iseng posting ingin melihat ada gak yg ngamuk2 kebakaran jenggot seperti di forum sebelah.

Meminjam istilah si traktor, masih banyak gak orang2 di sini yang bertipe 'sendok'?
Hanya bisa menyendok dhamma, tetapi tidak bisa 'menikmati' dhamma.

Kalau boleh saya menjabarkan:

Sebenarnya kondisi di Indonesia ini.  Bukan hanya di pemeluk agama Abrahamik, dilakangan Buddhis sendiri itu banyak PENGAMAT YANG GAGAL, LALU BERALIH PROFESI MENJADI KRITIKUS MERANGKAP PSIKIATER.

Ngerti kan maksud saya?

Alih-alih membahas apa isi yang disampaikan.  Tapi malah ribut membahas, mengapa saya menuliskan Tri Flash Disk, bukan Tri CD?

Sebenarnya, dalam menyebut suatu hal, banyak sekali gaya bahasa.  Bahasa Biologi dan Fisika yang masih dalam satu lingkup yaitu sains saja, bisa beda.  Yah, karena yang menulis artikel saya, yang menulis saya, saya pilih istilah 3 Flash Disk emangnya kenapa?

Sama dengan para murid Sidharta dulu yang menamakan 3 kelompok kitab itu menjadi Tri Keranjang alias Pitaka.   Yah terserah mereka dong.  Memang dalam bentuk 3 keranjang.

------------------------------------------

Bukankah itu tidak bermanfaat sama sekali? Gagal mengamati apa isi yang ingin disampaikan, maka menjadi kritikus.  Mengkritik hal-hal yang tidak menjadi pokok pikiran tulisan.  Menjadi psikiater dengan membayangkan, ini yang nulis pasti kaya gini deh orangnya..... pasti gak ngerti sejarah komputer deh.... dll dll.....

Kalau saya tulis Tri CD.... nanti ditanya lagi, KOLOR SIAPA SAJA SAMPE 3?

Susah kan? qiqiqiqiqiqiqiqi

Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #69 on: 14 June 2011, 12:13:56 AM »
terima kasih atas masukannya bro
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #70 on: 14 June 2011, 12:14:57 AM »
supaya kembali ke topik, saya ulangi lagi, mohon tanggapannya

Dhammapada tidak termasuk bagian dari yg palsu?
saya pribadi tidak mempertanyakan tujuan anda menulis ini.

menurut anda kitab agama apakah yg bukan tulisan manusia?

kitab apakah yg ditulis oleh tuhan?


jadi kalama sutta juga tidak termasuk palsu ya? anda mengatakan bahwa umat Buddha itu bodoh karena percaya pada kitab palsu, jadi bagaimana anda menilai diri anda sendiri karena percaya pada kalama sutta?

saya belum pernah ketemu dengan umat Buddha yg mengklaim bahwa Tipitaka adalah kitab asli yg berasal langsung dari Sang Buddha. bagi yg mengetahui sejarah, sudah diterima bahwa Tipitaka adalah karya dari para siswa Arahat, frasa "demikianlah yg kudengar" pada awal sutta sudah menunjukkan hal ini. jadi tudingan bahwa Tipitaka adalah kitab palsu tidak relevan di sini.

jika anda punya waktu membaca2 thread di forum ini, anda akan melihat bahwa kami menghabiskan banyak waktu untuk mengkritisi kitab palsu ini. bagi kami kitab adalah kitab dan kitab tidak mungkin suci.

Maaf anda bukan membahas isi dari tulisan, tapi ke hal hal lain yang menurut saya sebagai penulis tidak berhubungan sama sekali. 
buktinya disini:

jika anda punya waktu membaca2 thread di forum ini, anda akan melihat bahwa kami menghabiskan banyak waktu untuk mengkritisi kitab palsu ini. bagi kami kitab adalah kitab dan kitab tidak mungkin suci.

Anda tahukan saya baru masuk ke sini.  bagaimana bisa saya langsung membaca baca thread disini  sekaligus membalas anda?

kemudian, saya tidak melihat ada hubungan thread disini dengan saya sewaktu menulis tulisan saya yang dicopas disini.  Karna saya tidak melakukan referensi ke situs ini sewaktu menuliskannya.
Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #71 on: 14 June 2011, 12:15:31 AM »
terima kasih atas masukannya bro

Sama sama bos....
Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #72 on: 14 June 2011, 12:18:10 AM »
Kalau boleh saya menjabarkan:

Sebenarnya kondisi di Indonesia ini.  Bukan hanya di pemeluk agama Abrahamik, dilakangan Buddhis sendiri itu banyak PENGAMAT YANG GAGAL, LALU BERALIH PROFESI MENJADI KRITIKUS MERANGKAP PSIKIATER.

Ngerti kan maksud saya?

Alih-alih membahas apa isi yang disampaikan.  Tapi malah ribut membahas, mengapa saya menuliskan Tri Flash Disk, bukan Tri CD?

saya merasa perlu mengenali lawan diskusi saya, setidaknya dari Tri Flash Disk itu saya sudah cukup mengenal anda, dan setelah saya mengetahui apa yg saya inginkan, saya ingin kembali ke topik, tapi anda malah berlari dengan membawa resolusi

Quote
Sebenarnya, dalam menyebut suatu hal, banyak sekali gaya bahasa.  Bahasa Biologi dan Fisika yang masih dalam satu lingkup yaitu sains saja, bisa beda.  Yah, karena yang menulis artikel saya, yang menulis saya, saya pilih istilah 3 Flash Disk emangnya kenapa?
tentu saja tidak kenapa2, itu hak anda, tapi apakah anda dapat mempertahankan apa yg anda tuliskan atau tidak, pakah itu tidak penting bagi anda sebagai blogger?

Quote
Sama dengan para murid Sidharta dulu yang menamakan 3 kelompok kitab itu menjadi Tri Keranjang alias Pitaka.   Yah terserah mereka dong.  Memang dalam bentuk 3 keranjang.

seingat saya, hanya anda yg mempermasalahkan tiga keranjang, kami belum pernah mempermasalahkan hal ini di sini.

------------------------------------------
Quote
Bukankah itu tidak bermanfaat sama sekali? Gagal mengamati apa isi yang ingin disampaikan, maka menjadi kritikus.  Mengkritik hal-hal yang tidak menjadi pokok pikiran tulisan.  Menjadi psikiater dengan membayangkan, ini yang nulis pasti kaya gini deh orangnya..... pasti gak ngerti sejarah komputer deh.... dll dll.....

Kalau saya tulis Tri CD.... nanti ditanya lagi, KOLOR SIAPA SAJA SAMPE 3?

Susah kan? qiqiqiqiqiqiqiqi



sebaiknya kita kembali ke topik saja

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #73 on: 14 June 2011, 12:20:10 AM »
Maaf anda bukan membahas isi dari tulisan, tapi ke hal hal lain yang menurut saya sebagai penulis tidak berhubungan sama sekali. 
buktinya disini:

jika anda punya waktu membaca2 thread di forum ini, anda akan melihat bahwa kami menghabiskan banyak waktu untuk mengkritisi kitab palsu ini. bagi kami kitab adalah kitab dan kitab tidak mungkin suci.

Anda tahukan saya baru masuk ke sini.  bagaimana bisa saya langsung membaca baca thread disini  sekaligus membalas anda?

kemudian, saya tidak melihat ada hubungan thread disini dengan saya sewaktu menulis tulisan saya yang dicopas disini.  Karna saya tidak melakukan referensi ke situs ini sewaktu menuliskannya.


itu adalah paragraf terakhir dari reply saya yg berisi komentar, tapi cobalah baca dari awal, dan tanggapi satu per satu. jangan cuma baca akhirnya saja. bagian akhir ini memang tidak membutuhkan tanggapan anda, melainkan hanya sekedar ajakan.

dan saya tidak tahu apakah anda sudah atau belum membaca thread2 di sini, banyak member yg sudah membaca sebelum memutuskan untuk register. tidak ada cara untuk mendeteksi hal ini
« Last Edit: 14 June 2011, 12:21:55 AM by Indra »

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #74 on: 14 June 2011, 12:21:09 AM »
nah itu yang saya maksud ;D, kita belajar agama buddha itu untuk menjauhkan diri dari sisi ekstrim ;D.
kalo ngak yah bisa gitu om ;D, menyeret kita kembali ke samsara ;D.

kita belajar agama buddha itu untuk menjauhkan diri dari sisi ekstrim

Ajaran Buddha justru menurut saya, sangat ekstrim.  Misalnya pada pernyataan tidak ada roh, tidak ada Tuhan, tidak ada juru selamat.  Ini sangat ekstrim bagi kebanyakan pemeluk agama lain.  Bahkan di kalangan Buddhis sendiri banyak yang menggap hal ini ekstrim.

Contohnya, saya sering ketemu pemeluk Buddha atau yang mengaku pemeluk Buddha, bahwa ketika saya katakan Tuhan tidak ada... eh, dia bilang... Tuhan ada lah.... hanya di agama Buddha dituliskan lain.  Misalnya Shangyang Adi Buddha itukan sama saja dengan Tuhan.

Nah..... Buddhisme itu ekstrim, bagi kebanyakan orang.  Tapi bagi Buddhis tidak.

Begitu juga dengan agama lain, misalnya kr****n.  Perjamuan Kudus itu, roti sebagai daging , Anggur sebagai Darah , apakah ini tidak ekstrim?  Inikan simbol Kanibalisme?
Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]