Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tri Pitaka Kitab Palsu  (Read 54410 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #30 on: 13 June 2011, 02:26:48 PM »
Betul sekali, di forum buddhist sebelah, malah ada pembaca yang kebakaran jenggot habis membaca tulisan ini.
Ini bisa menjadi semacam barometer, penunjuk akan seberapa dalam pemahaman kita terhadap ajaran buddha itu sendiri.

Apakah anda merasa tersinggung setelah membaca ini?
Apakah anda marah setelah membaca ini?
Apakah anda mengamuk setelah membaca ini?
Apakah anda akan melaporkan ke polisi perihal 'penodaan agama' setelah membaca ini?

Puthujana apa herannya kebakaran jenggot.... kecuali kalau ngaku-ngaku sudah kesucian arahat terus mencak mencak liat tulisan itu...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #31 on: 13 June 2011, 03:25:43 PM »

NB: Tri Pitaka benar benar kitab palsu. Bukan berasal dari Tuhan, bukan terinspirasi dari Tuhan. Bukan tulisan Sidharta Gautama. Bukan juga langsung ditulisa saat Sidharta Gautama ngomong. Tri Pitaka adalah tulisan tulisan yang dikumpulkan sekitar 500 tahun setelah Sidharta Gautama PariNibbana!

sumber: traktor lubis: Tri Pitaka Kitab Palsu

dikatakan 'Asli' jika berasal dari Buddha Gotama
dikatakan 'Palsu' karena bukan langsung dari Buddha Gotama  ???

Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #32 on: 13 June 2011, 03:47:54 PM »
dikatakan 'Asli' jika berasal dari Buddha Gotama
dikatakan 'Palsu' karena bukan langsung dari Buddha Gotama  ???

Mending belajar langsung dengan SAMYAKSAMBUDDHA yang masih hidup... GM Lu...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #33 on: 13 June 2011, 04:01:29 PM »
OM DUNG DUNG PRETT
Samma Vayama

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #34 on: 13 June 2011, 05:35:08 PM »
ada lanjutannya ;D

Saya membuat 2 artikel sebelumnya tentang Kepalsuan Tripitaka:

1. Tri Pitaka Kitab Palsu

2. Umat Buddha Umat Terbodoh Di Dunia, Mereka Percaya Pada Kitab Palsu

Pemahaman berbeda datang pada apa saja. Termasuk Tri Pitaka kitab yang dijadikan kitab suci bagi pemeluk agama Buddha. Saya juga menganggap kitab 3 Pitaka itu suci. Walau sekali lagi palsu.

Mengapa saya mensucikan kitab palsu?


    Buddha mengatakan:
    Janganlah menerima sesuatu berdasarkan desas-desus (misalnya: berpikir bahwa apa yang kita dengarkan adalah benar karena sudah sering di dengar dalam jangka waktu yang lama)
    Janganlah menerima sesuatu atas dasar tradisi (misalnya: tradisi yang disalurkan dari generasi yang satu ke generasi yang lain)
    Janganlah menerima sesuatu atas dasar kabar angin (misalnya: mempercayai kata-kata orang lain tanpa penyelidikan yang benar)

    Janganlah menerima sesuatu hanya karena sesuatu itu tertera di dalam kitab sucimu
    Janganlah menerima sesuatu hanya karena anggapan/perkiraan belaka
    Janganlah menerima sesuatu hanya karena kesimpulan belaka
    Janganlah menerima sesuatu hanya karena mempertimbangkan penampilan belaka

    Janganlah menerima sesuatu hanya karena sesuatu itu sesuai dengan pemahamanmu dari awal
    Janganlah menerima sesuatu hanya karena sesuatu itu dianggap bisa diterima (misalnya: harus diterima)
    Janganlah menerima sesuatu karena sesuatu itu diucapkan oleh orang yang kita hormati

    Akan tetapi, setelah analisa dan penyelidikan yang cermat, kalian menemukan sesuatu yang sejalan dengan, dan mengakibatkan kebaikan serta baik untuk kepentingan satu dan semua, maka terimalah ajaran tersebut dan hiduplah sesuai ajaran tersebut.



Mengapa saya mengutip Kotbah Buddha tersebut.

1. Cuplikan kitab tersebut memperlihatkan bahwa bukan Sidharta yang menulis kisah tersebut. Tapi secara lebih jauh, anda bisa periksa ke seluruh teks Tri Pitaka, setiap awalan baru, akan dimulai dengan 'demikianlah yang saya dengar'.

2. Artinya, ada orang yang menuliskan apa yang dia dengar.

3. Lalu ke isi dari kotbah itu. Apa yang diajarkan Sang Buddha? Jangan percaya begitu saja. Stop Positif Thinking. Juga jangan negatif thinking. Berpikirlah yang benar. Bahkan kepada 3 Pitaka itu sendiri.

4. 3 Pitaka tidak menuntut Iman anda untuk mempercayainya, tetapi memerlukan pikiran.

5. Bila anda memahami 3 Pitaka dengan iman, maka anda mengangkangi kotbah Sidharta Gautama tentang 'ehipasiko' ini.

==================================

Apanya Yang Palsu?

Yah sudah jelas kitabnya. Apalagi bila dikaitkan dengan Tuhan. Tidakkah anda bisa menangkap apa yang ingin saya sampaikan kepada anda lewat kepalsuan 3 Pitaka?

Adakah kitab yang benar benar asli?

Semua kitab suci apapun yang diedarkan yang ada di dunia ini adalah palsu. Kalau tidak tulisan tangan ulang, maka cetakan pabrik. Teks aslinya dimana? Sudah lonyot lah!

Buku Harry Potter itu juga palsu. Cetakan Gramedia itu, walaupun edisi I. Palsu! Yang versi Inggris juga palsu. Yang asli hanya ada pada JK. Rowling, penulisnya.

Asli itu hanya 1, tidak ada 2.

Jadi bila anda mulai 'marah' bila kitab anda saya katakan palsu. Hati hatilah, anda sendang membentuk sebuah pengkultusan, yang berpotensi menjadi berhala.

=================================

Lalu dalam konteks menjadi seorang Buddhis. Apa yang bisa anda lakukan? Anda Buddhis bila bisa menjalankan dan berpikir dengan cara Buddhis. Salah satunya dengan konsep ehipasiko yang di dunia modern di sains, dilakukan dengan metode ilmiah.

Anda tidak bisa menilai seorang menjadi non Buddhis, bila dia memahami 3 Pitaka berbeda dengan anda. Ehipasiko mengajarkan anda untuk memakai pikiran anda. Meneliti apapun yang anda baca, lihat, dengar dan rasakan, mengolahnya dengan pikiran anda, lalu memutuskan percaya atau tidak percaya.

Dan pikiran saya tentu berbeda dengan anda. Pikiran anda berbeda dengan pikiran Sidharta Gautama.

Anda menjadi Buddhis, bila anda bisa berpikir dengan cara cara Buddhis. Bukan dengan Iman.

Iman yang akan menyebabkan anda mengkultuskan 3 Pitaka. Itu mengapa bila anda baca sejarah dan kisah Zen, maka anda akan menuding dia non Buddhis. Tentu saja bila anda tidak bisa mengerti esensi dasar dari ajaran Buddha.

Bayangkan, master Zen membakar 3 Pitaka dan menyuruh muridnya membacok patung Buddha di saat musim dingin menyengat tulang. Untuk, demi keselamatan mereka sendiri?

Mengapa master Zen menyuruh melakukan itu?

Karena 3 Pitaka dan patung Buddha itu patung palsu!

Hanya dengan pikiran dan pemahaman, serta pelita yang ada di dalam dada anda, yang sering anda sebut sebagai 'jodoh Buddha' kitab-kitab dan patung patung itu menjadi 'asli'. Menjadi Buddha itu sendiri.

====================================

Tinggalkanlah sendok, jadilah lidah yang sesungguhnya.




http://www.traktor.co.cc/2011/06/tri-pitaka-yang-palsu-itu-mulai.html
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #35 on: 13 June 2011, 06:57:59 PM »
 [at] bro Dragon Hung, undang dong temennya ke forum DC ;D

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #36 on: 13 June 2011, 07:10:21 PM »
[at] bro Dragon Hung, undang dong temennya ke forum DC ;D
Ada kemungkinan para senior akan kalah dalam diskusi ini. Pasti jadi hot topic lagi deh. Hitung2 meramaikan DC =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #37 on: 13 June 2011, 08:16:18 PM »
penulis sepertinya mengalami ketidak-stabilan mental. penulis mengatakan bahwa Tipitaka adalah palsu dan bukan berasal dari mulut Siddhattha Gotama, tapi pada paragraf berikut ini, ia menyiratkan bahwa Tipitaka berasal dari Gotama.


Sidahrta Gautama menyadari itu. Dalam 3 keranjang tulisan tulisan yang terinspirasi dari ajaran ajarannya, seakan akan Sidharta mengetawai kebodohan bathin itu. Dengan sampah-sampah lontar di 3 keranjang bulls**t bulls**tnya, Sidahrta mengajak siapa saja yang mau untuk mendaur ulang sampah sampah dalam 3 keranjang itu supaya bias menjadi pupuk kandang atau pupuk kompos, untuk menumbuhkan pohon pikiran. Untuk mengabaikan tuhan tuhan ciptaan manusia manusia lain.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #38 on: 13 June 2011, 08:53:23 PM »
 [at] mbah Indra
Segmen pasar-nya bukan untuk buddhis dan ahli bahasa kale.. :))
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #39 on: 13 June 2011, 09:21:56 PM »
[at] bro Dragon Hung, undang dong temennya ke forum DC ;D


undangan

Jimmy says:
13 Juni 2011 21:19
Teman-teman di Dhammacitta.org minta saya ngundang kamu untuk membahas topik ini



. . . . . . undangan telah disampaikan!
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=20560.0

di forum ini orangnya lebih rame dan lebih kritis, mirip dengan kamu.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #40 on: 13 June 2011, 09:23:13 PM »
Tipitaka itu 3 keranjang sampah tp memberikan manfaat yang luar biasa bg yg mempraktekan, dr pd cm sebuah kitab sakti yg dibatasi oleh kata "misteri" yg tidak bole diungkap krn kejanggalannya...

Tipitaka jg tidak perlu dipercaya keotentikannya, bahkan buddha sendiri menyatakan jgn percaya atas apa yg di ajarkan, jd untuk apa kita meributkan bahwa tipitaka palsu ? ya ga ? ;D bolak balik aja lembar demi lembar, analisa, kritisi, buktiken... kaga sesuai, skip... lewatkan saja dan anggap lah bagian itu adalah sampah... kembali ke diri sendiri yg menilai...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #41 on: 13 June 2011, 10:17:07 PM »
Tipitaka itu 3 keranjang sampah tp memberikan manfaat yang luar biasa bg yg mempraktekan, dr pd cm sebuah kitab sakti yg dibatasi oleh kata "misteri" yg tidak bole diungkap krn kejanggalannya...

Tipitaka jg tidak perlu dipercaya keotentikannya, bahkan buddha sendiri menyatakan jgn percaya atas apa yg di ajarkan, jd untuk apa kita meributkan bahwa tipitaka palsu ? ya ga ? ;D bolak balik aja lembar demi lembar, analisa, kritisi, buktiken... kaga sesuai, skip... lewatkan saja dan anggap lah bagian itu adalah sampah... kembali ke diri sendiri yg menilai...

Saya kutip sebagian sanggahan dari pemilik tulisan (traktor lubis) di forum tetangga sebelah.

Quote
Dalam kasus tulisan Tri Pitaka Kitab Palsu. Saya menuliskan dengan pendekatan agama Abrahamik (Islam, kr****n, Jahudi). Mereka adalah pemilik Tuhan. Agama Buddha yakin seyakin yakinnya, bahwa Tuhan Tidak Mungkin Ada!

Dengan demikian, menurut pandangan kaum Abrahamik, agama Buddha itu adalah agama palsu! Agama manusia, mana bisa suci?

Demikian juga Tri Pitaka! Itu kitab palsu. Siapa yang menuliskannya? Sudah pasti bukan Sidharta Gautama, bukan juga Tuhan. Makanya saya istilahkan palsu. Sesuai dengan pandangan kebanyakan pemeluk Abrahamik thd Tri Pitaka.

Sebagai umat Buddha, saya tanya ke anda, apa masalahnya bila Tri Pitaka bukan berasal dari sumber sumber kudus? Bukan dari Tuhan. Bukan seperti Taurat yang mereka klaim diukir langsung oleh Tuhan! Bukan juga seperti Al Quran yang mereka klaim ditulis melalui perantara 'kurir' malaikat Jibril yang membisiki Muhammad? Atau bukan seperti Injil yang terinspirasi oleh Tuhan.

Penilaian akhir ada di perbuatan. Tak ada pengaruhnya ke hukum karma, bila anda mempercayai kitab Tri Pitaka yang berasal dari keranjang yang isinya kumpulan teks-teks Buddhis yang sudah membusuk seperti sampah. Zaman itu tidak ada kertas. Tidak ada internet, kalau ada pasti para anggota Sangha itu akan menuliskannya dalam bentuk PDF. Mungkin namanya bukan lagi Tri Pitaka, bisa saja menjadi Tri Flash Disk

 =)) =)) =)) =)) =)) hahahahaha . . . . . i really like it Tri Flash Disk
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #42 on: 13 June 2011, 10:26:48 PM »
Saya kutip sebagian sanggahan dari pemilik tulisan (traktor lubis) di forum tetangga sebelah.

 =)) =)) =)) =)) =)) hahahahaha . . . . . i really like it Tri Flash Disk


kemana saja anda (anda=penulis artikel) selama ini? keseluruhan Tipitaka itu masuk dalam sekeping CD ROM 700MB, saya takjub melihat bahwa anda masih menggunakan Flash Disk dengan kapasitas 256MB.

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #43 on: 13 June 2011, 10:29:11 PM »
kemana saja anda (anda=penulis artikel) selama ini? keseluruhan Tipitaka itu masuk dalam sekeping CD ROM 700MB, saya takjub melihat bahwa anda masih menggunakan Flash Disk dengan kapasitas 256MB.

Flash disk saya kapasitasnya 256 MB ko indra, warisan dari orang tua saya, jadi harap maklum, perlu 3 biji flash disk yang demikian. =))=))=))=))=))

Tuh orangnya udah datang di undang, pake username traktor.
« Last Edit: 13 June 2011, 10:30:43 PM by DragonHung »
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline traktor

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 109
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • Tidak Selalu Hitam Putih
Re: Tri Pitaka Kitab Palsu
« Reply #44 on: 13 June 2011, 10:34:34 PM »
Maaf bos bos semua.  Karena tulisan saya sudah jadi pembicaraan hangat disini, terpaksa saya nyemplung untuk memberikan penjelasan.

1. Mengapa saya mengatakan umat Buddha umat Terbodoh di dunia?
Jawab: karena hanya orang yang sudah sadar bodohlah baru terbuka wawasan untuk mau belajar.  Buat apa orang yang sudah pintar belajar? Dengan mengakui diri sendiri bodoh.  Seperti di Dhammapadda Sidharta Gaotama bolak balik menuding orang 'si bodoh' baru ada kesadaran untuk belajar, supaya pintar alias tidak bodoh lagi.

2. Tujuan Penulisan ke 2 artikel tersebut
Sebagai perbandingan kepada pembaca Blog saya yang bukan hanya berasal dari umat Buddha.  Saya memakai cara pandang Abrahamik dalam menilai Tri Pitaka dan keyakinan umat Buddha.  Dengan begitu pembaca saya yang bukan Buddhis akan dapat menangkap, apa perbedaan 'keyakinan' dalam Buddha Dharma.

3. Soal Kitab Palsu
Sekali lagi saya tekankan, begitulah cara pandang pemeluk agama Abrahamik terhadap kitab Buddha.  karena kitab Buddha adalah asli buatan manusia bukan demit, setan, iblis, nabi atau Tuhan.  Tapi tulisan manusia.  Bukan Sidharta Gaotama yang tulis.  Tapi manusia lain yang mencatat kotbah kotbah beliau.

4. Apakah seorang manusia dinilai dari kitab yang dipahaminya? atau dari cara memahami kitab tersebut?
Tri Pitaka diklaim palsu, yah silahkan saja.... buktinya, Buddhisme mewariskan jutaan peradaban, sementara kitab kitab yang tulisan Tuhan, dari Tuhan dan terinspirasi dari Tuhan itu menghasilkan apa? Kehancuran Peradaban (baca - Buddha Bamiyan Afganistan, Bom Borobudur dll).

5. Ehipasiko
Dengan Kalama Sutta, bila anda memang memahami Buddhisme, segala palsu, asli, dari Tuhan atau dari manusia, apakah masih berarti? Dengan ehipasiko anda diajarkan untuk mempercayai pemikiran anda sendiri.  Bukan pemikiran siapa-siapa, pemikiran Sidharta juga tidak.  Silahkan uji pemikiran Sidharta.

6. Mohon maaf bila menimbulkan polemik.  Dari awal, bukan saya yang share tulisan saya di portal portal Buddhis.  tapi saya hanya menulis pemikiran saya di Blog saya.

7. Thanks

Cintailah Musuhmu! Sebesar apa cinta yang bisa anda berikan pada orang lain yang masih anda sebut 'musuh'?
[Al Traktor 13:2]