Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kuliah Psikologi  (Read 55475 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #90 on: 22 April 2010, 08:17:40 PM »
kalau psikolog ini bisa menghipnotis orang gak ya...
yang tingkat lanjut bisa. kalo yang dasar yah belajar hapalan aja.
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #91 on: 22 April 2010, 09:28:37 PM »
sepertinya sih yang bisa hipno harus ikut course khusus lagi, kalau di indo setahu ekke sih psikolog yang bisa hipno belum banyak. ada yang tertarik untuk belajar?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #92 on: 22 April 2010, 10:05:36 PM »
sepertinya sih yang bisa hipno harus ikut course khusus lagi, kalau di indo setahu ekke sih psikolog yang bisa hipno belum banyak. ada yang tertarik untuk belajar?
saya tertarik banget pengen belajar...udah 2 tempat saya nanya..di nathalia institute dan adi w gunawan...biayanya buat 100 jam bisa puluhan juta rupiah...minat sih ada,tapi dana yg belom ada....
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #93 on: 22 April 2010, 10:26:27 PM »
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #94 on: 22 April 2010, 10:31:25 PM »
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
bisa bantu orang buat nyembuhi trauma dan phobia
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #95 on: 22 April 2010, 10:32:22 PM »
masa?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #96 on: 22 April 2010, 10:45:22 PM »
waahh, di DC sptnya byk juga yg lulusan psikologii.. ;D ;D ;D
bagi2 ilmunyaaa \;D/\;D/\;D/\:D/\:D/\:D/

Di share deh pengalaman kuliah psikologi di semester 1.

Di semester 1, ilmunya (so pasti) masih basic banget, semuanya masih cenderung hafalan, menghafal teori dan tokohnya. Malah bisa dibilang 80% kuliah di semester ini adalah hafalan.

Mata kuliah yang didapatkan di kuliah psikologi semester 1 gw:
1. Bimbingan Menulis: belajar mengenai aturan-aturan menulis ilmiah sesuai aturan APA (Asosiasi Psikologi Amerika), seperti menggunakan kutipan, catatan kaki, daftar pustaka, menggambar tabel, figur, dan lain-lain.

2. Kewarganegaraan: mata kuliah umum alias dipelajari di setiap jurusan. Sesuai namanya, mata kuliah ini belajar tentang kewarganegaraan Indonesia. Mata kuliah ini gw anggap gak jelas... dan satu-satunya mata kuliah yang membuat gw agak malas untuk hadir.

3. Filsafat Umum: mempelajari filsafat. Sejarah perkembangan filsafat, para filsuf, dan teori-teori mereka dipelajari di sini. Walaupun lumayan mengasah logika, namun kalau mampu menghafal paragraf-paragraf dalam buku ini dijamin mendapat nilai A ;D .

4. Psikologi Umum I: mempelajari ilmu psikologi secara umum, seperti definisi psikologi, perkembangan ilmunya, cabang-cabangnya, tokoh dan teorinya. Sangat luar biasa mengasah hafalan, untuk UTS (Ujian Tengah Semester) aja bahannya 1 buku.

5. Antropologi: mempelajari manusia dan kebudayaannya seperti sistem religi, sistem kekerabatan, mata pencaharian, etnografi, dll. Kalau hafalannya kuat, dijamin nilai A sudah di tangan.

6. Statistik I: hitung-hitungan di semester ini. Di SMA tentunya sudah belajar tentang statistik jadi gak perlu dijelaskan lagi. NB: sia-sia menggunakan hafalan di mata kuliah ini, karena baik UTS dan UAS adalah open book, dan soalnya itu soal yang mengasah logika - jadi sia-sia open book juga. Gw berhasil mendapatkan UTS 100 di mata kuliah ini, padahal banyak yang jatuh nilainya ;D

7. Bahasa Inggris: sama seperti SMA.

8. Bahasa Indonesia: kesialan gw di mata kuliah ini adalah, gw mendapatkan dosen killer!!! Rekor (dan pengakuan senior) mengatakan bahwa dosen gw ini selalu memberikan nilai C kepada setiap mahasiswanya. Kelihatannya memang benar berita itu, saat UTS, 1 kelas tidak ada yang berhasil mendapatkan nilai di atas 60, nilai tertinggi di kelas gw hanya 51. Parahnya, dari 4 kelas yang dia kuliahi (kira-kira total 200an mahasiswa), yang berhasil mendapat nilai 60 hanya 1 orang! Namun gw cukup berbangga diri, karena gw berhasil mendapat nilai B di mata kuliah ini (yang membuat gw lompat dari kursi saking senangnya, hehehehe...), agaknya gw berhasil mematahkan kabar itu. ;D

9. Dinamika Kelompok: mata kuliah yang paling santai namun membosankan! Kita dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok diberi topik (mengenai pengorganisasian kelompok) lalu ditugaskan membuat makalah dan mempresentasikannya di depan kelas, satu minggu satu kelompok. Namun gw berterima kasih di mata kuliah ini. Mahasiswa yang mengambil kuliah ini diwajibkan mengikuti camping dan di sana akan diajari pengorganisasian kelompok, di sanalah gw mendapatkan banyak teman-teman, dan beberapa di antaranya menjadi teman dekat gw di kampus saat ini :D
menarikkkkkkk... ;D ;D ;D
mantapp mr... \;D/
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
klo gak salah waktu itu w liat gelarnya, ada C.Ht nya...
itu gelar apaan yoo ckurr?
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #97 on: 22 April 2010, 10:54:34 PM »
cht..artinya certified hypnotherapy
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #98 on: 22 April 2010, 11:26:32 PM »
cht..artinya certified hypnotherapy
Hoo... ;D ;D ;D
thanks dah kasih tau broo... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #99 on: 22 April 2010, 11:29:14 PM »
Di berbagai media terutama internet banyak iklan jor-joran dari para NLPers dan C.Ht.ers mengenai "belajar membaca secepat kilat (ini dari NLP)", "belajar hipnotis instan", "belajar hipnotis dalam waktu 10 jam", "belajar kemampuan mind bla bla bla". Apa ini benar? Gw meragukan sekali, karena terkesan terlihat muluk dan cari pelanggan banget.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #100 on: 23 April 2010, 09:43:29 AM »
ujung2nya duit..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #101 on: 23 April 2010, 01:10:58 PM »
ujung2nya duit..
ya bener ini...yang ditakutkan ujungnya duit...terlalu dikomersilkan kayaknya....
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #102 on: 23 April 2010, 01:13:12 PM »
liat aja harganya...
pelajaran instan, harga selangit
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #103 on: 23 April 2010, 01:14:36 PM »
ngomong2 dimana yah bisa belajar..tapi dengan biaya murah..kalo bisa gratis...saya mo belajar
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #104 on: 23 April 2010, 01:15:36 PM »
mau yang gratisan?
meditasi aja di rumah.
Life is beautiful, let's rock and roll..