Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kuliah Psikologi  (Read 55480 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Kuliah Psikologi
« on: 10 May 2009, 07:18:14 PM »
 _/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #1 on: 10 May 2009, 07:21:01 PM »
temen i lagi mao ngambil psikologi s2... dan sedang mencari psikologi industri..

ci Yuri ada rujukan di inet gak?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #2 on: 10 May 2009, 07:23:24 PM »
Maksudna ambil spesialisasi pio (psiko industri n organisasi) atau mau buat thesis untuk rujukan yah??
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #3 on: 10 May 2009, 07:30:45 PM »
sepertinya seperti itu.....

katanya sih.... segala bahan tentang psikologi organisasi dan industri gitu deh ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #4 on: 10 May 2009, 07:43:24 PM »
S.Psi => Sarjana
Psi => Profesi ya ?

terus apakah psikolog juga bisa berperan seperti dokter jiwa, bisa meresepkan obat2 seperti amitriptilin atau obat2 schizo ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #5 on: 10 May 2009, 08:37:09 PM »
Thanks masukannya bro 42...
Lupa nyebutin di awal, psikolog TIDAK berhak meresepkan obat2an...yang berhak ngasih resep obat (spt anti depresan gitu) adalah psikiater
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #6 on: 10 May 2009, 08:43:19 PM »
nah..
apa beda psikolog dan psikiater.. ini yang sering merancukan masyarakat..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #7 on: 10 May 2009, 08:51:13 PM »
Bedanya dari awalnya udah beda. Psikiater dasarnya kan belajar sarjana kedokteran terus spesialisasinya kedokteran jiwa. Makanya psikiater berhak ngasih resep obat2an (kan basic-nya dokter). Selain itu kerjanya terfokus pada pasien klinis yang istilah awamnya lebih 'sakit'...kalau psikologi kerjanya kan luas, dan kalau memang spesialisasi psikologi klinis, klien (bukan pasien) biasanya hanya menderita gangguan psikologis...contoh perbandingannya, psikopat ditangani psikiater, orang2 stres/OCD blabla ditangani psikolog. Dalam beberapa kasus, psikolog mesti bekerja sama dengan psikiater dan sebaliknya.
Moga cukup jelas yah bro 42
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #8 on: 10 May 2009, 09:06:28 PM »
iya.. makasih.. habis kadang suka bolak balik istilahnya ..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #9 on: 10 May 2009, 09:09:15 PM »
MD -> S2 kejiwaan -> Psikiater  *boleh kasih obat*
Sarjana Psikologi -> Psikolog  *nda boleh bikin resep*

baru tau nih. thanks utk info-nya
There is no place like 127.0.0.1

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #10 on: 11 May 2009, 10:04:58 PM »
mau tanya kalo udah ada umur bisa kg kul biayanya berapa kul jd pisiater
Dan ada d falkutas mana aja

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #11 on: 11 May 2009, 10:16:29 PM »
Psikologi lain sama psikiater, pak wali (coba baca postingan di atas).
Tapi, kalau kuliah psikologi (waktu jaman saya kuliah) BANYAK bapak2/ibu2 yang ikut kuliah S1 psikologi. Semangat dan usaha mereka patut diacungin jempol...
Soal biaya per semester, saya tidak tahu. Pak wali mesti cek ke universitas yang ada fakultasnya. Saat ini fakultas psikologi di jakarta udah lumayan banyak, baik yang swasta maupun negeri.
Moga bisa bantu ya 8)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #12 on: 12 May 2009, 09:10:56 PM »
Thanx infonya ci Yuri, saya juga lulus SMA ini mau melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi.

Mungkin nanti bisa dibagi pengalamannya pada saat ci Yuri masih sebagai mahasiswa Psikologi... kalau kata teman2 yang pernah berkuliah di jurusan psikologi sih, benar-benar berat teorinya.

Btw, waktu kuliah sempat magang gak?

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #13 on: 12 May 2009, 10:08:40 PM »
Magang dong...
Kalo mau ngambil psiko, coba nanti sy cari buku2 kuliah saya yang inggris dulu yah. Siapa tau masih ada yg belum disumbang ke perpus kamu bisa pake biar lbh hemat.  Mang mau ngambil di mana?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #14 on: 12 May 2009, 10:15:51 PM »
_/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).klo yg S.Psi boleh buka praktek juga gak ckurr?
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)Jadi ckurr, blum tentu semua univ pake bhs Ingg lha yaa?\;D/\;D/\;D/, klo mis.nya pake bhs. Inggris, boleh buka kamus gak ckurr? ;D ;D ;D
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.
i mo nanya mo nanya mo nanyaa.... ;D ;D ;D :D
ckurr, klo kuliah psikolog, waktu mo ujian tes masuknya, ada diliat nilai ijazahnya gakk? ;D ;D ;D
dan ada syarat2 utk masuk jurusan psikolognya gak? ;D ;D ;D
ckurr, i mo nanya lagi... ;D ;D ;D
i pernah denger dari guru wnya ;D ;D ;D , waktu guru wnya pergi ke satu universitas, ia ada bertemu dgn anak jurusan psikolog, dan waktu berbicara dgn org tsb, gak sampe berjam2 gitu, mahasiswa tsb dah bisa mengetahui karakteristik guru wnya dari cara berbicaranyaa... ;D ;D ;D
pertanyaannya: Setiap psikolog bisa seperti gitu gak ckurr? ;D ;D ;D ;D ;D ato hanya tertentu saja? ;D ;D ;D
thanks juga yoo ckurr atas infonyaa \;D/\;D/\;D/
Thanx infonya ci Yuri, saya juga lulus SMA ini mau melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi.

Mungkin nanti bisa dibagi pengalamannya pada saat ci Yuri masih sebagai mahasiswa Psikologi... kalau kata teman2 yang pernah berkuliah di jurusan psikologi sih, benar-benar berat teorinya.

Btw, waktu kuliah sempat magang gak?
mr. wei, mr. weii, ntar klo jadi masuk ke fakultas psikolog, jgn lupa bagi2 ilmunya yaa ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #15 on: 12 May 2009, 10:20:39 PM »
Tergantung tiap orang citcit...misalnya tiap umat buddha apa semuanya sudah mencapai jhana?kalo saya sih ilmu yang begitu sebagian besar udah dibalikin ke dosen, soalnya kan ga gitu kepake. Tapi saya bisa tau kalau citcit punya bakat BESAR utk menulis :p

soal syarat masuk psikologi, saya pikir tiap uni beda2. Waktu saya dulu mau masuk untar ada tes masuk mat, inggris, ama satu lagi lupa. Oya juga ada tes buta warna.

moga bisa bantu yah citcit
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #16 on: 12 May 2009, 10:35:08 PM »
Tergantung tiap orang citcit...misalnya tiap umat buddha apa semuanya sudah mencapai jhana?kalo saya sih ilmu yang begitu sebagian besar udah dibalikin ke dosen, soalnya kan ga gitu kepake. Tapi saya bisa tau kalau citcit punya bakat BESAR utk menulis :p<<= :)) :)) :))

soal syarat masuk psikologi, saya pikir tiap uni beda2. Waktu saya dulu mau masuk untar ada tes masuk mat, inggris, ama satu lagi lupa. Oya juga ada tes buta warna.

moga bisa bantu yah citcit
ckurr ckurrr, yg ptg gak ada tes fisika ma kimianya kann? :D :D :D :P :P :P
hik... ada tes bhs. Inggnya... :( :( :(
mang ckur dulu kul di universitas apa?
ckurr, ada liat nilai ijazahnya gak klo mo masuk?
jadi ckurr, gak semuanya bisa langsung mengetahui karakteristik org lain lha yaa?
klo S.Si <<= ini juga Sarjana Psikolog yaa ckurr?
klo misalnya ckur mo buka praktek, bisa lha yaa? ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #17 on: 12 May 2009, 10:39:30 PM »
S.Si setahu saya sarjana sains. Dulu farmasi u/ s1 menggunakan S.Si jg karena masuk ke FMipa. Tapi karena ada permintaan dibuat khusus, maka title yg  angkt baru pake S.Farm
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #18 on: 13 May 2009, 07:17:37 PM »
Magang dong...
Kalo mau ngambil psiko, coba nanti sy cari buku2 kuliah saya yang inggris dulu yah. Siapa tau masih ada yg belum disumbang ke perpus kamu bisa pake biar lbh hemat.  Mang mau ngambil di mana?

Wah boleh tuh, thanx banget sebelumnya ;D
Saya rencana ngambilnya di Universitas Tarumanegara. Uda ujian dan uda diterima, tinggal menunggu kelulusan UAN :)

Penjurusan seperti Psikologi Anak, Psikologi Klinis, Psikologi Organisasi itu diambilnya saat semester berapa yah?

 [at] Citta: kalau lulusan Psikologi titelnya S.Psi



Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #19 on: 13 May 2009, 09:24:03 PM »
Wah wah welcome to my almamater, bro xiao wei.
nanti sebutin aja namanya aye, yuliany kurniawan yah:p ke dosen2 lama untar. Kali ada nyang inget hehehe (dulu cukup top sih) 8)
sekadar tips, di untar tuh kebanyakan buku yang dipake buku teks inggris lho n dulu banyaaaak banget tugasnya dlm bentuk makalah. Welcome to the club deh...Kangennyaaaaa....
Eh keasyikan nostalgia jadi lupa jawab. Spesialisasi itu nanti ngerucut sendiri waktu ngambil mata kuliah pilihan dan terutama saat nyusun skripsi.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #20 on: 13 May 2009, 09:26:11 PM »
Oya, xiao wei,
nanti saya cari buku2 kuliahnya setelah pindahan yah. Sekarang masih berantakan di gudang. Kalau masih ada berkas2 ujian asyik nih bisa warisin...(nanti saya cari lagi-waktu mau pack saya lupa udah saya buang atau saya simpan)...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #21 on: 13 May 2009, 09:34:16 PM »
Tergantung tiap orang citcit...misalnya tiap umat buddha apa semuanya sudah mencapai jhana?kalo saya sih ilmu yang begitu sebagian besar udah dibalikin ke dosen, soalnya kan ga gitu kepake. Tapi saya bisa tau kalau citcit punya bakat BESAR utk menulis :p

soal syarat masuk psikologi, saya pikir tiap uni beda2. Waktu saya dulu mau masuk untar ada tes masuk mat, inggris, ama satu lagi lupa. Oya juga ada tes buta warna.

moga bisa bantu yah citcit

sis yuri..., klo aye bisa tes gak nih, aye masuk kelompok type ape dari tulisan-tulisannya?
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #22 on: 13 May 2009, 09:44:57 PM »
Hm...maksudnya tipe apa yah?
Gini, dalam psikologi tuh ada banyak sekali teori tentang kepribadian, bro.
Ada teori ini ada teori itu...Kalo yang biasa disebut masyrakat awam tentang tipe orang, apa maksudnya tipe sanguine, choleris, melankolis? Hmm...itu sebenarnya bukan teori psikologi, karena yang ngungkapin teori itu pertama kali adalah Hippocrates, yang dibuat berdasarkan banyaknya cairan tertentu di tubuh seseorang. 
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #23 on: 13 May 2009, 09:51:27 PM »
yah aye sih tanya type gambaran kecenderungan kepribadian aye saja. mungkin sisi yuri bisa melihat melalui tulisan-tulisan aye gitu. bisa gak sis dianalisa melalui isi tulisan?
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #24 on: 13 May 2009, 09:55:55 PM »
Wah saya nggak sepintar itu...kecuali ada beberapa ciri yang sangat jelas bro. Saya mesti liat2 dulu tulisannya bro dulu, bagaimana interaksi bro sehari2, dll (takut salah nulis, jadi semakin lengkap data akan semakin baik).
Maaf yah kalau kurang jelas...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline coedabgf

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 946
  • Reputasi: -2
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #25 on: 13 May 2009, 10:04:47 PM »
ya gak apa-apa. thanks juga!. memang sis ada buka praktek?
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #26 on: 13 May 2009, 10:11:51 PM »
Nggak, bro...makanya gara2 jarang dipake sebagian ilmunya dah dibalikin ke dosen. Soalnya skrg udah ga kerja di bidang psikologi (saat ini nulis n jd direktur di rumah)
Sori yah kalo jawabannya kurang berkenan.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #27 on: 14 May 2009, 07:48:00 PM »
Wah wah welcome to my almamater, bro xiao wei.
nanti sebutin aja namanya aye, yuliany kurniawan yah:p ke dosen2 lama untar. Kali ada nyang inget hehehe (dulu cukup top sih) 8)
sekadar tips, di untar tuh kebanyakan buku yang dipake buku teks inggris lho n dulu banyaaaak banget tugasnya dlm bentuk makalah. Welcome to the club deh...Kangennyaaaaa....
Eh keasyikan nostalgia jadi lupa jawab. Spesialisasi itu nanti ngerucut sendiri waktu ngambil mata kuliah pilihan dan terutama saat nyusun skripsi.

Wah, ternyata alumni untar toh :))
Hehehehe, tar kalau gw uda masuk sana tar gw coba iseng tanya sama dosen kenal yang namanya Yuliany Kurniawan gak ;D
Waktu kuliah, ci yuri magang apa?

Oya, xiao wei,
nanti saya cari buku2 kuliahnya setelah pindahan yah. Sekarang masih berantakan di gudang. Kalau masih ada berkas2 ujian asyik nih bisa warisin...(nanti saya cari lagi-waktu mau pack saya lupa udah saya buang atau saya simpan)...

Oya, xiao wei,
nanti saya cari buku2 kuliahnya setelah pindahan yah. Sekarang masih berantakan di gudang. Kalau masih ada berkas2 ujian asyik nih bisa warisin...(nanti saya cari lagi-waktu mau pack saya lupa udah saya buang atau saya simpan)...

Boleh, tar bisa belajar dari berkas ujian itu pula, thanx lo sekali lagi ;D

Ngomong2, sejak kapan muncul nama xiao wei di thread ini? Forte  sudah menyebarkan virusnya :)) :hammer:


Oh iya, 1 pertanyaan lagi,
Dengar2 dari salah satu kenalan yang saudaranya kuliah Psikologi di Untar, nantinya disana diajari sedikit pelajaran meramal seperti tarot ya?

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #28 on: 14 May 2009, 07:58:45 PM »
Masa sih ada pelajaran meramal tarot? Saya dulu ga dapat..tapi untar sering manggil beth hedva, dia pakar yg pandai soal hipno kelahiran kembali...
Dosen yang sayang sama saya sih so pasti bu henny hehehhehehehe. Dia bagaikan mama semua mahasiswa psiko untar. Kalo rektor  (pak mon) msh kenal kalo ketemu. Dulu saya pinter sih hehehe trus sering jadi asdos..(OOT deh)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #29 on: 14 May 2009, 08:00:37 PM »
cieeeeeeeeee keren.. plok2.. :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #30 on: 14 May 2009, 08:02:42 PM »
IPK tinggi-tinggi (terakhir kalo ga salah 3,6an)tapi sekarang udah lupa karena ga dipake..jadi percuma ditepukkin bro 42...jadi malu malah
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #31 on: 14 May 2009, 08:03:05 PM »
 =D>  <---plok plok...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #32 on: 14 May 2009, 08:06:31 PM »
tinggi tuh IPK..
gw dulu waktu S1 cuma 3,39 gak pake rantai benzene..
pas Apt.. cuma 3,52 ada 1 atom Carbon :(
pupus sudah harapan Cum Laude waktu itu :'(

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #33 on: 14 May 2009, 09:20:27 PM »
Mau cum laude susah banget ya?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #34 on: 14 May 2009, 09:21:42 PM »
pharmacy agak susah.. soalnya banyak praktek, bahan juga bertumpuk bukunya tebal2 kayak kamus.. terus waktu itu gw kuliah sambil kerja.. jadi 24 jam itu serasa kurang..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #35 on: 14 May 2009, 09:23:44 PM »
Masa sih ada pelajaran meramal tarot? Saya dulu ga dapat..tapi untar sering manggil beth hedva, dia pakar yg pandai soal hipno kelahiran kembali...
Dosen yang sayang sama saya sih so pasti bu henny hehehhehehehe. Dia bagaikan mama semua mahasiswa psiko untar. Kalo rektor  (pak mon) msh kenal kalo ketemu. Dulu saya pinter sih hehehe trus sering jadi asdos..(OOT deh)

Mau juga donk jadi pinter :))

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #36 on: 14 May 2009, 09:42:53 PM »
:) :) :)
waktu sma dulu gw bego banget...langganan dapet di bawah 2. Hehe...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #37 on: 14 May 2009, 10:17:06 PM »
Tapi kuliahnya dahsyat ya, hehehehe...

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #38 on: 15 May 2009, 11:18:07 PM »
Xiao Wei n temen2 yang lain,
sori...info yang saya kasih out of date. Sekarang udah ganti sistemnya...
Jadi, kalau mau jadi psikolog mesti ngambil magister. Waktu kuliah S2, kamu magang (praktek) sekaligus bikin thesis. Jadi nantinya gelar dobel, psikolog n magister psikologi (kalau di sini udah ada spesialisasi bidangnya). Waktu jaman sy dulu masih bisa ambil gelar psikolog saja tanpa ambil magister (tanpa thesis).
Moga berguna infonya.

Xiao wei, kalau mau, kabarin yah nanti saya coba cari buku2 kuliah dulu. Saat ini masih di-pack karena saya mau pindahan...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #39 on: 16 May 2009, 10:28:03 AM »
Oh, berarti kalau gw tar setelah S1 cukup ambil S2 uda langsung dapat gelar psikolog dan magister ya? Praktis juga donk ^-^

Iya, mau koq buku2nya, daripada beli lagi, berhemat-hemat dulu deh :P

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #40 on: 16 May 2009, 11:03:26 AM »
Iya, sepertinya sih begitu. Waktu saya lulus, saya termasuk angkatan peralihan. Boleh ambil psikolog doang, boleh ambil psikolog sekaligus S2. Tapi saat itu kondisi saya ga memungkinkan lagi buat thesis n otak udah ga sanggup. Jadinya cuman ngambil psikolog doang...itu pun udah ngap-ngap ga bisa nafas lagi.
kalo buku, tunggu kamu masuk kuliah aja ya sekalian saat itu kan saya udah pindahan. Soalnya males ke gudang liatin pack buku yang seabrek2...maklum, saya n suami sama2 kutu buku. Tapi jangan tralu berharap hemat soalnya untar tuh up to date banget. Kalo ada buku yang keluar cetakan terbarunya, mahasiswa diminta punya (copy) edisi terbaru biar up-date sama ilmu. Yah at least lumayan ada tambahan bacaan. Kalo ga salah saya punya buku statistik, psiko umum, psiko perkembangan, perilaku seksual, n guidance to APA style (ed 4th). Sebagian lagi udah saya sumbangin...
Oya, nanti kamu mesti punya stop watch (tapi kira2 semester 5 ke atas)..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #41 on: 16 May 2009, 11:08:52 AM »
Stop watch? Buat apa?

Ya, tidak apa-apa sih, gw juga termasuk lumayan peminat buku. ;D ;D

Psikologi termasuk kuliah dengan pelajaran yang rumit sekali ya?

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #42 on: 16 May 2009, 11:34:37 AM »
Kalo seneng sih ga berasa rumitlah. Kalo ga seneng yah mental...tiap ilmu kan gitu, xiao wei.
Btw stop watch buat ngukur respon subjek, berapa lama pengerjaan psikotes (pemeriksaan psikologi) dsb dsb...belinya nanti aja kalo udah diminta. Pake nyang digital lebih enak.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #43 on: 16 May 2009, 12:20:12 PM »
S.Si setahu saya sarjana sains. Dulu farmasi u/ s1 menggunakan S.Si jg karena masuk ke FMipa. Tapi karena ada permintaan dibuat khusus, maka title yg  angkt baru pake S.Farm
klo S. Sc bukannya itu baru sains?
Masa sih ada pelajaran meramal tarot? Saya dulu ga dapat..tapi untar sering manggil beth hedva, dia pakar yg pandai soal hipno kelahiran kembali...
Dosen yang sayang sama saya sih so pasti bu henny hehehhehehehe. Dia bagaikan mama semua mahasiswa psiko untar. Kalo rektor  (pak mon) msh kenal kalo ketemu. Dulu saya pinter sih hehehe trus sering jadi asdos..(OOT deh)
suittt suitttt


Magang dong...
Kalo mau ngambil psiko, coba nanti sy cari buku2 kuliah saya yang inggris dulu yah. Siapa tau masih ada yg belum disumbang ke perpus kamu bisa pake biar lbh hemat.  Mang mau ngambil di mana?

Wah boleh tuh, thanx banget sebelumnya ;D
Saya rencana ngambilnya di Universitas Tarumanegara. Uda ujian dan uda diterima, tinggal menunggu kelulusan UAN :)

Penjurusan seperti Psikologi Anak, Psikologi Klinis, Psikologi Organisasi itu diambilnya saat semester berapa yah?

 [at] Citta: kalau lulusan Psikologi titelnya S.Psi



xiao weii... ujian masuknya seperti apaa, klo boleh tauu... :D :D :D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #44 on: 16 May 2009, 12:25:43 PM »
Sc = Science <= bahasa inggris.. kalau indonya Sains, disingkat jadi Si.
B.Sc => M.Sc.
S.Si => M.Si.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #45 on: 16 May 2009, 12:34:43 PM »
 [at] Citta:

Kalau gw tesnya cuma 3, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika, mudah koq cit ;D

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #46 on: 18 May 2009, 09:30:23 PM »
[at] Citta:

Kalau gw tesnya cuma 3, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika, mudah koq cit ;D
hmmm... :-? :-? :-? soalnya kyk mana mrr...? kira2 soalnya ada spt menguji gitu gak?
Inggris ditanyain ttg apa2 aja? Bhs kyk mana soalnya? mate ttg apa2 aja?

Sc = Science <= bahasa inggris.. kalau indonya Sains, disingkat jadi Si.
B.Sc => M.Sc.
S.Si => M.Si.

ooo ;D ;D ;D
berarti klo ada org yg S.Sc gelarnya, itu berarti orgnya kuliah di luar negeri gitu ya... :yes: :yes: :yes:
thanks dah aksih tau fort.... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #47 on: 18 May 2009, 09:48:29 PM »
Soalnya lebih gampang dari UAN koq, ya mirip soal2 ujian gitu, gak macam2 koq ;D

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #48 on: 18 May 2009, 09:57:12 PM »
Soalnya lebih gampang dari UAN koq, ya mirip soal2 ujian gitu, gak macam2 koq ;D
ttg apa2 aja lhe mrr?
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #49 on: 18 May 2009, 10:50:33 PM »
Kalau Bahasa Indonesia sih bacaan2 gitu, nanti diminta cari pokok bahasan, inti paragraf, dsb.

Kalau Bahasa Inggris ada bacaan, ada juga disuruh cari antonim dan sinonim

Sedangkan matematika ada matriks, garis singgung lingkaran, grafik, kalkulus dan fungsi2.

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #50 on: 25 May 2009, 04:39:10 PM »
Tes Kepribadian Anda

1. Apakah anda merasa bersalah kalau anda menangis di depan umum ?
A. Ya
B. Tidak

2. Apakah anda merasa bahwa menangis itu simbol kelemahan ?
A. Ya
B. Tidak

3. Apakah anda merasa bahwa lelaki seharusnya tidak boleh menangis ?
A. Ya
B. Tidak

4. Apakah anda malu jika terlihat menangis saat menonton film/baca buku ?
A. Ya
B. Tidak

5. Apakah anda cenderung menitikkan air mata saat menghadiri pemakaman ?
A. Ya
B. Tidak

6. Apakah anda percaya ada politisi yg menangis di depan umum ?
A. Ya
B. Tidak

7. Setujukah anda kadang kita harus menangis saat bersedih ?
A. Ya
B. Tidak

8. Apakah anda mengijinkan seseorang menghibur saat anda sedang bersedih ?
A. Ya
B. Tidak

9. Apakah anda merasa tersipu melihat lelaki dewasa menangis ?
A. Ya
B. Tidak

10. Apakah anda suka mengatakan mata anda kelilipan saat anda terlihat menangis ?
A. Ya
B. Tidak


Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #51 on: 25 May 2009, 04:39:33 PM »
11. Apakah anda biasa mencoba menyembunyikan kemarahan ?
A. Ya
B. Tidak

12. Apakah anda biasa mencoba menyembunyikan rasa kecewa ?
A. Ya
B. Tidak

13. Pernahkah anda marah hingga lepas kendali ?
A. Ya
B. Tidak

14. Apakah kemarahan pernah membuat anda susah ?
A. Ya
B. Tidak

15. Apakah anda percaya bahwa sangatlah bagus menghilangkan kemarahan anda ?
A. Ya
B. Tidak

16. Apakah anda selalu memikirkan apa yang membuat anda marah ?
A. Ya
B. Tidak

17. Apakah anda mudah terbawa suasana?
A. Ya
B. Tidak

18. Apakah anda menyentuh orang yg anda cintai setidaknya 1X sehari ?
A. Ya
B. Tidak

19. Apakah anda menikmati sensasi fisik dari kasih sayang ?
A. Ya
B. Tidak

20. Apakah perasaan anda pernah tersentuh saat melihat bayi-bayi yg mungil ?
A. Ya
B. Tidak

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #52 on: 25 May 2009, 04:40:02 PM »
21. Apakah anda bahagia memegang tangan orang yang anda cintai di depan umum ?
A. Ya
B. Tidak

22. Apakah anda menikmati sensasi saat dipijat ?
A. Ya
B. Tidak

23. Apakah anda sering mengatakan perasaan anda kepada orang yang anda sukai ?
A. Ya
B. Tidak

24. Apakah anda pernah menyukai suatu hewan peliharaan ?
A. Ya
B. Tidak

25. Apakah anda menikmati dicium dan dipeluk oleh orang yang anda suka ?
A. Ya
B. Tidak

26. Apakah anda pernah tertawa keras-keras saat menonton film lucu ?
A. Ya
B. Tidak

27. Apakah anda pernah mengetuk-ngetuk kaki ketika mendengarkan musik ?
A. Ya
B. Tidak

28. Apakah anda pernah berjoget saat menonton konser musik yang anda suka ?
A. Ya
B. Tidak

29. Apakah anda pernah bersorak memberi semangat pada jagoan di TV ?
A. Ya
B. Tidak

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #53 on: 25 May 2009, 04:40:53 PM »
hasilnya klik disini

http://www.arsip.info/tes/emosi.html

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #54 on: 25 May 2009, 04:41:44 PM »
hasilku

Emosionalitas Anda
HASIL TES KEPRIBADIAN
Sikap anda terhadap emosi anda itu sehat. Anda tidak merasa malu untuk melepas emosi sekali-kali, dan tidak ragu lagi bahwa anda merasa akan lebih sehat karena sikap ini. Anda layak untuk menjadi seorang penasihat cara bersosialisasi yang baik.



Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #55 on: 25 May 2009, 05:16:49 PM »
Wah wah welcome to my almamater, bro xiao wei.
nanti sebutin aja namanya aye, yuliany kurniawan yah:p ke dosen2 lama untar. Kali ada nyang inget hehehe (dulu cukup top sih) 8)
sekadar tips, di untar tuh kebanyakan buku yang dipake buku teks inggris lho n dulu banyaaaak banget tugasnya dlm bentuk makalah. Welcome to the club deh...Kangennyaaaaa....
Eh keasyikan nostalgia jadi lupa jawab. Spesialisasi itu nanti ngerucut sendiri waktu ngambil mata kuliah pilihan dan terutama saat nyusun skripsi.

masih ada dali s. naga ga?....hahha

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #56 on: 28 May 2009, 05:04:02 PM »
Wah..kenal juga yah sama akong Dali? Walaupun dia dosen yang ramah (cenderung mirip ngkong/kakek) tapi saya ga pernah dapet better than C utk pelajaran ngkong Dali...hiks..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #57 on: 28 May 2009, 05:10:55 PM »
Wah..kenal juga yah sama akong Dali? Walaupun dia dosen yang ramah (cenderung mirip ngkong/kakek) tapi saya ga pernah dapet better than C utk pelajaran ngkong Dali...hiks..

Dali pasti ngajarnya statistika sama metodology penelitian dulu wkt masih kuliah....

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #58 on: 28 May 2009, 05:12:24 PM »
Tingtong..seratus poin buat jawabannya willie..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.284
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #59 on: 09 July 2009, 01:14:02 PM »
Wah ternyata sis yuri dan bro wei kuliah psikologi... :) Saya juga lulusan psikologi loh...  lulusan Ubaya (Universitas Surabaya), surabaya.
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #60 on: 09 July 2009, 11:20:33 PM »
waahh, di DC sptnya byk juga yg lulusan psikologii.. ;D ;D ;D
bagi2 ilmunyaaa \;D/\;D/\;D/\:D/\:D/\:D/
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #61 on: 27 December 2009, 04:51:19 PM »
Wah wah welcome to my almamater, bro xiao wei.
nanti sebutin aja namanya aye, yuliany kurniawan yah:p ke dosen2 lama untar. Kali ada nyang inget hehehe (dulu cukup top sih) 8)
sekadar tips, di untar tuh kebanyakan buku yang dipake buku teks inggris lho n dulu banyaaaak banget tugasnya dlm bentuk makalah. Welcome to the club deh...Kangennyaaaaa....
Eh keasyikan nostalgia jadi lupa jawab. Spesialisasi itu nanti ngerucut sendiri waktu ngambil mata kuliah pilihan dan terutama saat nyusun skripsi.

masih ada dali s. naga ga?....hahha

Wah..kenal juga yah sama akong Dali? Walaupun dia dosen yang ramah (cenderung mirip ngkong/kakek) tapi saya ga pernah dapet better than C utk pelajaran ngkong Dali...hiks..

Pak Dali Naga sekarang mengajar Psikometrika doank... dan menjadi mata kuliah yang mengerikan.

Wah ternyata sis yuri dan bro wei kuliah psikologi... :) Saya juga lulusan psikologi loh...  lulusan Ubaya (Universitas Surabaya), surabaya.

Kemarin Universitas Tarumanagara (almamater Yuri-Chan + kampus Mr. Wei saat ini) berhasil menjuarai psycholympic di Ubaya ;D

Banyak senior-senior psikologi juga ya, kalau dapat tugas dan mentok kayaknya bisa dishare di sini nih ;D

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #62 on: 27 December 2009, 05:09:03 PM »
waahh, di DC sptnya byk juga yg lulusan psikologii.. ;D ;D ;D
bagi2 ilmunyaaa \;D/\;D/\;D/\:D/\:D/\:D/

Di share deh pengalaman kuliah psikologi di semester 1.

Di semester 1, ilmunya (so pasti) masih basic banget, semuanya masih cenderung hafalan, menghafal teori dan tokohnya. Malah bisa dibilang 80% kuliah di semester ini adalah hafalan.

Mata kuliah yang didapatkan di kuliah psikologi semester 1 gw:
1. Bimbingan Menulis: belajar mengenai aturan-aturan menulis ilmiah sesuai aturan APA (Asosiasi Psikologi Amerika), seperti menggunakan kutipan, catatan kaki, daftar pustaka, menggambar tabel, figur, dan lain-lain.

2. Kewarganegaraan: mata kuliah umum alias dipelajari di setiap jurusan. Sesuai namanya, mata kuliah ini belajar tentang kewarganegaraan Indonesia. Mata kuliah ini gw anggap gak jelas... dan satu-satunya mata kuliah yang membuat gw agak malas untuk hadir.

3. Filsafat Umum: mempelajari filsafat. Sejarah perkembangan filsafat, para filsuf, dan teori-teori mereka dipelajari di sini. Walaupun lumayan mengasah logika, namun kalau mampu menghafal paragraf-paragraf dalam buku ini dijamin mendapat nilai A ;D .

4. Psikologi Umum I: mempelajari ilmu psikologi secara umum, seperti definisi psikologi, perkembangan ilmunya, cabang-cabangnya, tokoh dan teorinya. Sangat luar biasa mengasah hafalan, untuk UTS (Ujian Tengah Semester) aja bahannya 1 buku.

5. Antropologi: mempelajari manusia dan kebudayaannya seperti sistem religi, sistem kekerabatan, mata pencaharian, etnografi, dll. Kalau hafalannya kuat, dijamin nilai A sudah di tangan.

6. Statistik I: hitung-hitungan di semester ini. Di SMA tentunya sudah belajar tentang statistik jadi gak perlu dijelaskan lagi. NB: sia-sia menggunakan hafalan di mata kuliah ini, karena baik UTS dan UAS adalah open book, dan soalnya itu soal yang mengasah logika - jadi sia-sia open book juga. Gw berhasil mendapatkan UTS 100 di mata kuliah ini, padahal banyak yang jatuh nilainya ;D

7. Bahasa Inggris: sama seperti SMA.

8. Bahasa Indonesia: kesialan gw di mata kuliah ini adalah, gw mendapatkan dosen killer!!! Rekor (dan pengakuan senior) mengatakan bahwa dosen gw ini selalu memberikan nilai C kepada setiap mahasiswanya. Kelihatannya memang benar berita itu, saat UTS, 1 kelas tidak ada yang berhasil mendapatkan nilai di atas 60, nilai tertinggi di kelas gw hanya 51. Parahnya, dari 4 kelas yang dia kuliahi (kira-kira total 200an mahasiswa), yang berhasil mendapat nilai 60 hanya 1 orang! Namun gw cukup berbangga diri, karena gw berhasil mendapat nilai B di mata kuliah ini (yang membuat gw lompat dari kursi saking senangnya, hehehehe...), agaknya gw berhasil mematahkan kabar itu. ;D

9. Dinamika Kelompok: mata kuliah yang paling santai namun membosankan! Kita dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok diberi topik (mengenai pengorganisasian kelompok) lalu ditugaskan membuat makalah dan mempresentasikannya di depan kelas, satu minggu satu kelompok. Namun gw berterima kasih di mata kuliah ini. Mahasiswa yang mengambil kuliah ini diwajibkan mengikuti camping dan di sana akan diajari pengorganisasian kelompok, di sanalah gw mendapatkan banyak teman-teman, dan beberapa di antaranya menjadi teman dekat gw di kampus saat ini :D
« Last Edit: 27 December 2009, 05:12:17 PM by Mr. Wei »

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #63 on: 27 December 2009, 05:57:00 PM »
:jempol:


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #64 on: 29 January 2010, 11:03:44 PM »
Nih kira-kira mata kuliah yang akan gw ambil di semester 2:


1. Psikologi Umum II

2. Statistik II

3. Sosiologi

4. Antropobiologi
(berbeda dengan Antropologi di semester 1 ya, yang ini ada 'bio' nya)

5. Psikologi Kepribadian I

6. Psikologi Perkembangan I

7. Psikologi Orang Dewasa

8. Psikologi Perempuan

9. Agama Buddha

10. Filsafat Ilmu dan Logika


Targetnya sih mau dapat IP 4 di semester ini, untuk menebus 'rasa bersalah' gw di semester 1 ^-^ semoga saya berhasil.

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #65 on: 29 January 2010, 11:31:01 PM »
Semangaaaaatttt.....!!!!!!
Elin bantu doa yah, semoga selalu bisa mendapatkan yg terbaik.. :)

Offline zhanzhe

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #66 on: 31 January 2010, 12:52:25 AM »
Nih kira-kira mata kuliah yang akan gw ambil di semester 2:


1. Psikologi Umum II

2. Statistik II

3. Sosiologi

4. Antropobiologi
(berbeda dengan Antropologi di semester 1 ya, yang ini ada 'bio' nya)

5. Psikologi Kepribadian I

6. Psikologi Perkembangan I

7. Psikologi Orang Dewasa

8. Psikologi Perempuan

9. Agama Buddha

10. Filsafat Ilmu dan Logika


Targetnya sih mau dapat IP 4 di semester ini, untuk menebus 'rasa bersalah' gw di semester 1 ^-^ semoga saya berhasil.
Semangat ya, Mr. Wei. Saya juga mahasiswa Psikologi, tapi dari Bandung, hehehe.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #67 on: 14 February 2010, 07:31:31 PM »
gak dapet 4 koma nol ga papa koq wei...it is not the end of the world..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #68 on: 14 February 2010, 08:09:03 PM »
good luck..
hehehe.. kata teman aye pas zaman aye kuliah.. C gpp.. yang penting lulus =))
tapi ya jangan ditiru.. minimal ya B.. tapi jangan kebanyakan B, ntar kaga bisa cum laude.. ^^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #69 on: 14 February 2010, 10:23:48 PM »
kenapa Anthony Robin yg konon dulunya
pembersih WC, dan tidak pernah kuliah psikology apapun,
begitu DASYAT (dan juga sukses) mempu memotivasi orang
ataupun mengobatin berbagai phobia?

dari mana kemampuan tsb didapat?

(katanya sih gurunya Jim Rohn)... mohon masukannya

apa bedanya seorang Psi. dan Anthony Robin ?

trims sebelumnya
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #70 on: 15 February 2010, 07:57:01 AM »
sedikit oot..
wah.. saceng wawasan luas ya.. tahu banyak biograf motivator2.. maybe bisa dibikin 1 thread neh.. biograf orang2 terkenal.. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #71 on: 15 February 2010, 07:33:21 PM »
gak dapet 4 koma nol ga papa koq wei...it is not the end of the world..

Belum nyampe tiga koma delapan juga nih, kagak ridho ^-^ kan mau menyusul senior gw yang lulus dengan predikat lulusan terbaik :whistle: *siapa ya?*

kenapa Anthony Robin yg konon dulunya
pembersih WC, dan tidak pernah kuliah psikology apapun,
begitu DASYAT (dan juga sukses) mempu memotivasi orang
ataupun mengobatin berbagai phobia?

dari mana kemampuan tsb didapat?

(katanya sih gurunya Jim Rohn)... mohon masukannya

apa bedanya seorang Psi. dan Anthony Robin ?

trims sebelumnya

Bro Forte aja yang bukan lulusan IT bisa melakukan programming ^-^

Kalau memotivasi orang memang bisa dilakukan oleh siapa saja, gak harus psikolog. Andrie Wongso aja gelarnya Sekolah Dasar Tidak Tamat ;D

Bedanya, seorang psikolog tidak hanya belajar untuk menyembuhkan phobia/memotivasi orang, tapi juga belajar untuk memberikan konseling, psikoterapi, atau tes-tes psikologi, dan pastinya berlisensi (kalau uda S2 Profesi Psikolog + ngajuin lisensi ke Himpsi).

Benar gak Ci Yuri??? Ini perlu persetujuan dari pakarnya dulu nih.

 [at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu :hammer:
« Last Edit: 15 February 2010, 07:38:51 PM by Mr. Wei »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #72 on: 15 February 2010, 08:40:53 PM »
hm.. xiao wei cowok ? baru tahu.. :P
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #73 on: 15 February 2010, 10:07:59 PM »
Upppssss... silakan diadu :))

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #74 on: 15 February 2010, 10:57:21 PM »
jadi inget dulu ada temen yang maksa en gak mau kalah IP sama ogut...
tiap kali UTS en quiz dibagiin, pasti nanyain hasilnya ogut sama temen ogut...kalau dia lebih tinggi, mukanya cengengesan. kalo ogut lebih tinggi, wualah...mesti meriksa lembaran ujian ogut dulu. jangan2 dosennya salah ngitung atau apa gitu..nyebelin banget deh.
terlalu pentingin hasil ujian en IP  bikin dia jadi nggak sehat secara psikis. makanya wei jangan ikutin ya..
 
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #75 on: 15 February 2010, 11:07:29 PM »
jadi inget dulu ada temen yang maksa en gak mau kalah IP sama ogut...
tiap kali UTS en quiz dibagiin, pasti nanyain hasilnya ogut sama temen ogut...kalau dia lebih tinggi, mukanya cengengesan. kalo ogut lebih tinggi, wualah...mesti meriksa lembaran ujian ogut dulu. jangan2 dosennya salah ngitung atau apa gitu..nyebelin banget deh.
terlalu pentingin hasil ujian en IP  bikin dia jadi nggak sehat secara psikis. makanya wei jangan ikutin ya..
 


Kalau yang merah itu gak akan diikutin ci, gak punya tujuan untuk ngalahin nilai siapapun ;D

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #76 on: 15 February 2010, 11:10:12 PM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #77 on: 16 February 2010, 06:32:06 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #78 on: 16 February 2010, 08:25:21 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?

.................... dilema IP tinggi vs gaji tinggi

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #79 on: 16 February 2010, 09:10:07 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
biasanya identik, dgn sulitnye bersosialisasi...
aka susah gaolll...
Samma Vayama

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #80 on: 16 February 2010, 09:11:49 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?

.................... dilema IP tinggi vs gaji tinggi
MR wei,
[cuma saran] kalau orientasi gaji tinggi, biasanya menjadi beban dan jadi males kerja...
kalau orientasinya sosial [membantu,mengabdikan diri] jd lebih ringan, dan otomatos duit ngalir terusss
Samma Vayama

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #81 on: 16 February 2010, 09:55:23 AM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #82 on: 16 February 2010, 10:28:52 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...
kenapa ce ? bukannya menandakan orang tersebut berprestasi ?
biasanya identik, dgn sulitnye bersosialisasi...
aka susah gaolll...
kalau ini seh masuk akal juga seh..
tapi kalau gaji tinggi.. mungkin kita juga harus sadar diri.. fresh graduate gak ada pengalaman gimana mo minta gaji tinggi :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.100
  • Reputasi: 62
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #83 on: 16 February 2010, 10:48:09 AM »
IP telalu tinggi nggak gampang cari kerja lo wei...

Mau gaji tinggi harus mencari bidang yang masih niche kayaknya deh....hehhehe

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #84 on: 16 February 2010, 11:34:05 PM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?

Gak ada, cuma diketawain doank koq di awal-awal pertemuan karena cowok satu-satunya ;D

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #85 on: 16 February 2010, 11:41:06 PM »
Quote
[at] Ci Yuri: btw hari ini gw dapat kelasnya Ibu Henny lo, dosennya lucu banget ya, terus dia juga bilang akan terus mengingat gw, karena......... dari 60 mahasiswa di kelas dia, hanya ada 1 orang cowok (sisanya cewek), dan jangan tanyakan siapa cowok yang beruntung itu Hammer

apakah 1 cowok tsb dikelas di INTIMIDASI?, di suit2, atau di tarik2 ?
apakah konsentrasi belajarnya menjadi terganggu?

Gak ada, cuma diketawain doank koq di awal-awal pertemuan karena cowok satu-satunya ;D
suitt..suit....

Sebenernye kalo ane pikir2, kulieh/ilmu apapun yg berhubungan dengan human (psikologi/dokter/fengshui) mekin di ulik makin menjelimet, mendingan praktek meditasi-- mengasah intuisi. tanpa kulieh psikologi pun bisa menjadi seorang psikolog...
(kalau bisa di gabung dgn buddhisme, makin okelah...)
Samma Vayama

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #86 on: 18 February 2010, 04:22:21 PM »
Kalo kemarin kata dosen psikologi kepribadian gw, orang tua kita pun juga uda kayak psikolog, kenapa? Soalnya kalau kita mau married pasti ditanyain kan keluarga calon istri/suami kita, bokapnya gimana, nyokapnya gimana. Nah itu uda kayak psikolog aja, dianalisa kepribadiannya melalui genetika :))

Offline deph

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 27
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #87 on: 21 March 2010, 03:23:46 PM »
haha...baru liat nih forum seru juga..kebetulan gue alumni psi untar juga 2003 n  ci yuri angkatan berapa ya? yg pasti atas gw banyak nih haha enaknya dapet gelar psikolog tanpa s2 hihihi....
coz pas jaman gue udah sistem baru..tapi kok pas jaman gue jarang ada magang ya? cuma tugas2 yang perlu cari data n tergantung kita mau bikin topik apa di tugas. gw aja blm perna ke RSJ buat tugas hehehe ribet sih urusannya.

salam kenal yah buat anak2 psiko!


_/\_ buat temen2 yang udah nanya soal kuliah psikologi (tapi belom sempet saya jawab),
saya coba terangin secuil aja yah. Bukan bermaksud sok tau, bukan bermaksud menggurui. Hanya bermaksud memberikan gambaran soal kuliah psikologi.
Kuliah di fakultas psikologi biasanya menghabiskan waktu 4-6 tahun. Setelah lulus berhak menyandang gelar S.Psi (sarjana psikologi). Buat yang masih getol kuliah, sambung lagi 4 semester praktek spesialisasi. Kalau udah kelar, gelarnya Psi (psikolog).
Bedanya apaan tuh yang ada S ama yang nggak ada S?
Bedanya yang Psikolog boleh membuka praktek psikologi, dan dalam hal alat tes juga boleh membeli ke himpunan psikologi (himpsi).
Pada dasarnya, psikologi adalah ilmu jiwa. Jadi, kalau kuliah psikologi pasti mempelajari kepribadian, tes psikologis, dsbdsb...
Psikologi sendiri terbagi dalam berbagai bidang spesialisasi. Ada psikologi klinis (mempelajari berbagai macam penyakit kejiwaan), psikologi industri (mempelajari seluk beluk karyawan, motivasinya, prestasi kerjanya, blabla), psikologi pendidikan, psikologi perkembangan (di dalamnya terbagi lagi ada psikologi anak, remaja, dewasa, manula).
Jadi, sesuai minat masing2 psikolog, tiap psikolog nggak mesti menguasai seluruh bagian psikologi. Untungnya lagi, cakupan pekerjaannya luas banget. Bisa di perusahaan (HRD), bisa di sekolah (psikolog sekolah), bisa di rumah sakit (biasanya membantu psikologis pasien menerima kondisi tubuhnya), bisa di majalah/koran (konsultasi psikologi), bisa di lab (melakukan penelitian2), bisa di praktek psikologi (menjadi 'tong sampah' curhat klien yang dibayar, melakukan psikotes, dsb) dsb.
Berita baiknya, mahasiswa fakultas psikologi mempelajari itu semua. Berita buruknya, teorinya jelimet, pakai bahasa inggris (waktu saya kuliah seperti itu tapi sepertinya tidak semua uni begini)
jadi, kalau kuliah psikologi, kita akan belajar bagaimana menentukan kepribadian seseorang, apa alasan yang mendasarinya, bagaimana masa kecilnya, hubungannya dengan sesama blablabla...
Waktu saya kuliah, saya praktek di banyak tempat. Misal, praktek hrd di perusahaan, praktek klinis di RSJ, praktek interview pecandu narkoba di pusat rehab, dsbdsb. Jadi, dari situ kita bisa tentukan di bidang mana kita cocok...
Segitu dulu. Moga bisa membantu yah.

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #88 on: 22 April 2010, 03:24:12 PM »
Zaman dulu di Untar ada dosen yang namanya Sjamsunuwijati Mar'at aka Bu Mar'at gak? Nilai ane babak belur di kelas dia... :((

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #89 on: 22 April 2010, 07:48:39 PM »
kalau psikolog ini bisa menghipnotis orang gak ya...
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #90 on: 22 April 2010, 08:17:40 PM »
kalau psikolog ini bisa menghipnotis orang gak ya...
yang tingkat lanjut bisa. kalo yang dasar yah belajar hapalan aja.
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #91 on: 22 April 2010, 09:28:37 PM »
sepertinya sih yang bisa hipno harus ikut course khusus lagi, kalau di indo setahu ekke sih psikolog yang bisa hipno belum banyak. ada yang tertarik untuk belajar?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #92 on: 22 April 2010, 10:05:36 PM »
sepertinya sih yang bisa hipno harus ikut course khusus lagi, kalau di indo setahu ekke sih psikolog yang bisa hipno belum banyak. ada yang tertarik untuk belajar?
saya tertarik banget pengen belajar...udah 2 tempat saya nanya..di nathalia institute dan adi w gunawan...biayanya buat 100 jam bisa puluhan juta rupiah...minat sih ada,tapi dana yg belom ada....
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #93 on: 22 April 2010, 10:26:27 PM »
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #94 on: 22 April 2010, 10:31:25 PM »
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
bisa bantu orang buat nyembuhi trauma dan phobia
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #95 on: 22 April 2010, 10:32:22 PM »
masa?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #96 on: 22 April 2010, 10:45:22 PM »
waahh, di DC sptnya byk juga yg lulusan psikologii.. ;D ;D ;D
bagi2 ilmunyaaa \;D/\;D/\;D/\:D/\:D/\:D/

Di share deh pengalaman kuliah psikologi di semester 1.

Di semester 1, ilmunya (so pasti) masih basic banget, semuanya masih cenderung hafalan, menghafal teori dan tokohnya. Malah bisa dibilang 80% kuliah di semester ini adalah hafalan.

Mata kuliah yang didapatkan di kuliah psikologi semester 1 gw:
1. Bimbingan Menulis: belajar mengenai aturan-aturan menulis ilmiah sesuai aturan APA (Asosiasi Psikologi Amerika), seperti menggunakan kutipan, catatan kaki, daftar pustaka, menggambar tabel, figur, dan lain-lain.

2. Kewarganegaraan: mata kuliah umum alias dipelajari di setiap jurusan. Sesuai namanya, mata kuliah ini belajar tentang kewarganegaraan Indonesia. Mata kuliah ini gw anggap gak jelas... dan satu-satunya mata kuliah yang membuat gw agak malas untuk hadir.

3. Filsafat Umum: mempelajari filsafat. Sejarah perkembangan filsafat, para filsuf, dan teori-teori mereka dipelajari di sini. Walaupun lumayan mengasah logika, namun kalau mampu menghafal paragraf-paragraf dalam buku ini dijamin mendapat nilai A ;D .

4. Psikologi Umum I: mempelajari ilmu psikologi secara umum, seperti definisi psikologi, perkembangan ilmunya, cabang-cabangnya, tokoh dan teorinya. Sangat luar biasa mengasah hafalan, untuk UTS (Ujian Tengah Semester) aja bahannya 1 buku.

5. Antropologi: mempelajari manusia dan kebudayaannya seperti sistem religi, sistem kekerabatan, mata pencaharian, etnografi, dll. Kalau hafalannya kuat, dijamin nilai A sudah di tangan.

6. Statistik I: hitung-hitungan di semester ini. Di SMA tentunya sudah belajar tentang statistik jadi gak perlu dijelaskan lagi. NB: sia-sia menggunakan hafalan di mata kuliah ini, karena baik UTS dan UAS adalah open book, dan soalnya itu soal yang mengasah logika - jadi sia-sia open book juga. Gw berhasil mendapatkan UTS 100 di mata kuliah ini, padahal banyak yang jatuh nilainya ;D

7. Bahasa Inggris: sama seperti SMA.

8. Bahasa Indonesia: kesialan gw di mata kuliah ini adalah, gw mendapatkan dosen killer!!! Rekor (dan pengakuan senior) mengatakan bahwa dosen gw ini selalu memberikan nilai C kepada setiap mahasiswanya. Kelihatannya memang benar berita itu, saat UTS, 1 kelas tidak ada yang berhasil mendapatkan nilai di atas 60, nilai tertinggi di kelas gw hanya 51. Parahnya, dari 4 kelas yang dia kuliahi (kira-kira total 200an mahasiswa), yang berhasil mendapat nilai 60 hanya 1 orang! Namun gw cukup berbangga diri, karena gw berhasil mendapat nilai B di mata kuliah ini (yang membuat gw lompat dari kursi saking senangnya, hehehehe...), agaknya gw berhasil mematahkan kabar itu. ;D

9. Dinamika Kelompok: mata kuliah yang paling santai namun membosankan! Kita dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok diberi topik (mengenai pengorganisasian kelompok) lalu ditugaskan membuat makalah dan mempresentasikannya di depan kelas, satu minggu satu kelompok. Namun gw berterima kasih di mata kuliah ini. Mahasiswa yang mengambil kuliah ini diwajibkan mengikuti camping dan di sana akan diajari pengorganisasian kelompok, di sanalah gw mendapatkan banyak teman-teman, dan beberapa di antaranya menjadi teman dekat gw di kampus saat ini :D
menarikkkkkkk... ;D ;D ;D
mantapp mr... \;D/
terus gunanya apa kalau belajar?
setahu saya nathalia bukan seorang psikokolog
klo gak salah waktu itu w liat gelarnya, ada C.Ht nya...
itu gelar apaan yoo ckurr?
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #97 on: 22 April 2010, 10:54:34 PM »
cht..artinya certified hypnotherapy
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #98 on: 22 April 2010, 11:26:32 PM »
cht..artinya certified hypnotherapy
Hoo... ;D ;D ;D
thanks dah kasih tau broo... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #99 on: 22 April 2010, 11:29:14 PM »
Di berbagai media terutama internet banyak iklan jor-joran dari para NLPers dan C.Ht.ers mengenai "belajar membaca secepat kilat (ini dari NLP)", "belajar hipnotis instan", "belajar hipnotis dalam waktu 10 jam", "belajar kemampuan mind bla bla bla". Apa ini benar? Gw meragukan sekali, karena terkesan terlihat muluk dan cari pelanggan banget.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #100 on: 23 April 2010, 09:43:29 AM »
ujung2nya duit..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #101 on: 23 April 2010, 01:10:58 PM »
ujung2nya duit..
ya bener ini...yang ditakutkan ujungnya duit...terlalu dikomersilkan kayaknya....
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #102 on: 23 April 2010, 01:13:12 PM »
liat aja harganya...
pelajaran instan, harga selangit
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline yudiboy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 486
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #103 on: 23 April 2010, 01:14:36 PM »
ngomong2 dimana yah bisa belajar..tapi dengan biaya murah..kalo bisa gratis...saya mo belajar
saya bertekad mau menjadi orang baik....tidak selingkuh...menopang orang tua...menjadi ayah yang baik...dan bermanfaat bagi orang banyak

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #104 on: 23 April 2010, 01:15:36 PM »
mau yang gratisan?
meditasi aja di rumah.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Buddhisme dalam Psikologi Timur
« Reply #105 on: 28 May 2010, 07:35:56 PM »
Sharing pengalaman kuliah...

Hari Rabu lalu, gw mendapatkan kuliah tentang psikologi timur. Yang mengajar adalah salah satu dosen terbaik Untar, namanya saja 'Dr. ***** **********, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psi.' (nb ke ci Yuli: akhirnya beliau ngajar lagi ;D).
Dalam kuliah tersebut diajarkan perbandingan pola pikir orang timur dengan orang barat, lalu dijelaskan lagi dasar-dasar pemikiran orang timur. Yang membuat saya takjub adalah, beliau mengajarkan salah satu poin penting dalam Agama Buddha di kelas tersebut (tapi beliau tidak menyebutkan bahwa ini adalah ajaran Agama Buddha, beliau hanya mengajarkan hal di bawah ini sebagai bagian dari psikologi timur):

1. Life is suffering
2. Suffer because of desire of wrong things
3. Eliminate suffering by eliminating desire
4. Folow the 8 noble path:
    1. Understand
    2. Aspire
    3. Speech
    4. Behavior
    5. Livelihood
    6. Effort
    7. Attentive
    8. Concentration


Merasa familiar dengan yang diajarkan oleh dosen gw?

Kalau masih belum, mungkin bisa gw share apa yang gw pikirkan saat dosen gw sedang mengajar

1. Life is suffering --> adanya dukkha
2. Suffer because of desire of wrong things --> penyebab dukkha
3. Eliminate suffering by eliminating desire --> adanya pelenyapan dukkha
4. Folow the 8 noble path: --> cara melenyapkan dukkha
    1. Understand --> pengertian benar
    2. Aspire --> pikiran benar
    3. Speech --> ucapan benar
    4. Behavior --> perbuatan benar
    5. Livelihood --> mata pencaharian/penghidupan benar
    6. Effort --> usaha benar
    7. Attentive --> pandangan benar
    8. Concentration --> konsentrasi benar


CMIIW, hanya sekedar sharing :)
« Last Edit: 28 May 2010, 07:37:30 PM by Mr. Wei »

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #106 on: 28 May 2010, 08:08:17 PM »
Mr. Wei jadi apakah benar yg disebut diatas adalah pola pikir orang Timur ?

Maksud gw pola pikir orang Timur dalam menjalankan transaksi businessnya lho...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #107 on: 28 May 2010, 08:13:30 PM »
Wah, kalau uda urusan bisnis ane gak tahu dah, :P :P

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #108 on: 22 February 2014, 11:33:37 PM »
Gak sengaja nemu thread ini pas lagi googling :P

Gak nyangka udah 5 tahun lebih terbentuknya thread ini, dan gw lagi ambil s2 psikologi klinis (udah lulus S1), padahal di thread ini gw masih nanya2 kuliah psikologi kayak gimana ya.

Ayo bagi yg mau kuliah psikologi... monggo tanya2 di sini ;D

Offline Tobi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #109 on: 02 October 2015, 07:31:43 PM »
Aku sudah pernah dihipnoterapi sebanyak 3 kali tapi gagal? Sedih dah, duit sudah ngeluarin banyak tapi hasilnya dapat ondel-ondel alias ZONK. :'( :'( :'(

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #110 on: 03 October 2015, 07:18:41 AM »
Aku sudah pernah dihipnoterapi sebanyak 3 kali tapi gagal? Sedih dah, duit sudah ngeluarin banyak tapi hasilnya dapat ondel-ondel alias ZONK. :'( :'( :'(

cari yg lain aja... dan bayar klo udah berhasil...

bayaran ditentukan oleh keberhasilan... bukan nyoba2.. :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Tobi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Psikologi
« Reply #111 on: 03 October 2015, 09:11:16 AM »
cari yg lain aja... dan bayar klo udah berhasil...

bayaran ditentukan oleh keberhasilan... bukan nyoba2.. :P

Nah, apakah seorang hipnoterapis rata-rata gagal dalam mnehipnoterapi seseorang? Krn cuma iklannya saja menggiurkan, tetapi kenyataannya tidak menjamin pikiran bawah sadar banyak klien menerima sugestinya, jadi sama saja mau hipnoterapi dimana saja. Boleh tau cara untuk memasuki kondisi Profound Sonambulism seperti apa caranya dan ciri-cirinya kayak gimana?
« Last Edit: 03 October 2015, 09:19:10 AM by Tobi »