Gimana spy Buddhism di Indo di MINATIN ?
(https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fi199.photobucket.com%2Falbums%2Faa255%2Fjohan3000%2Fbuddha_sleep.jpg&hash=6324df72451512192b83137ac19166a513b027bc)
[spoiler=info gambar]
1. Leshan, Sichuan, China
2. Dazu, Sichuan Province, China
3. Mogao Caves, Dunhuang, Gansu, China
(1,2,3 = kiri atas, kiri bawah, kanan)
[/spoiler]
Melihat Topik kenapa Buddhism tidak diminatin mencapai replies hampir 60,...
dan terus melejit... Ada baiknya kita juga kumpulin idea2 POSITIF, yg mantep2,
tips, trik, inovasi, dsb supaya Buddhism di Indonesia DiMINATiN org banyak !
Silahkan tuangkan semua ide2 disini!.. :x
1. Hilangkan label Buddhis
2. Hapus Buddhisme dari daftar Agama...
btw.... maksudnya buddhisme kan ???
bukan buddhist... kalo buddhist berarti....... maksudnya orangnya......
masa cari cara gmana orang yg berlandaskan buddhisme diminati :P
Quote from: hatRed on 01 June 2009, 12:19:59 PM
1. Hilangkan label Buddhis
2. Hapus Buddhisme dari daftar Agama...
btw.... maksudnya buddhisme kan ???
bukan buddhist... kalo buddhist berarti....... maksudnya orangnya......
masa cari cara gmana orang yg berlandaskan buddhisme diminati :P
Thanks utk koreksinya bro hatRed,... kalau Buddhism diminatin,..
Buddhist (orangnya)... juga bakal laku keras deh...
Tapi yg menjual "produknya" tuh orangnya... (Buddhist),
nah kalau salesnya gak diminatin, gimana produknya bisa diminatin =))
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
Buddhisme di Indo diminatin? balik lagi ke tukang ngajar Buddhistnya apakah jualan kecap atau benar-benar memberikan satu bentuk keteduhan hati...
gampang, terapkan cara sekolah minggu
Jadi adain
1.bagi2 makanan gratis
terus selipin kata2 dhamma yg gak ada kata2 "buddha" sebab ntar org2 lsg blocking mind
trus kasih tau "pa/bu ini ada syair2 tolong dihapalkan dan dipelajari, nanti minggu depan akan d tanya. "
"yang bisa jawab bisa bawa pulang makanan 2 bungkus"
atau dengan menciptakan
2."buddha bar 2"
(setidaknya org yg ke bar tau gambar sang buddha)
atau anda bisa menjadi
3.orang suci..
dijamin makin bnyk deh yg anut agama buddha
Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 01:20:31 PM
Buddhisme di Indo diminatin? balik lagi ke tukang ngajar Buddhistnya apakah jualan kecap atau benar-benar memberikan satu bentuk keteduhan hati...
yg jualan kecao juga banyak yg minat kok bro..
Quote from: andry on 01 June 2009, 01:23:36 PM
Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 01:20:31 PM
Buddhisme di Indo diminatin? balik lagi ke tukang ngajar Buddhistnya apakah jualan kecap atau benar-benar memberikan satu bentuk keteduhan hati...
yg jualan kecao juga banyak yg minat kok bro..
iya jualan kecap dengan menggunakan trik Armageddon or kiamat dunia...kemaren saya baru menghadiri sebuah seminar vegetarian...disana ada seorang bhikkuni memaksakan setiap umat Buddha untuk bervege karena 2012 mau kiamat dunia...it is just a kecap without fact dan saya malu menghadiri seminar seperti itu karena agama lain mengatakan bahwa agama Buddha juga menakut-nakuti umatnya dengan cara kiamat.
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
Gw juga mau kasih ide dah.....
sekarang kan di TV lagi musim2nya the MASTER....
nah dari Buddist kirim satu orang utk ikut audisi the MASTER...
Dgn kesaktian2 nya akan membuat LIMBAT jadi terpuruk... heheheh
bayangkan beberapa juta pemirsa selain terhibur bakal menginginkan produk tsb... =))
show #1...... melempar batu2 kecil kedalam air...
(menunjukan airnya normal... batu bisa jatuh)
1a.... jalan diatas air....
1b.....break dance diatas air
1c.....Mengangkat naik 2 gadis cantik yg berada didalam kolam....
dan menyeberanginnya kesebelah pantai.... (pemirsa pasti melotot deh)
(ide aja lho.... soalnya Buddhist kan gak boleh tonjolkan kesaktiannya)....
Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 01:33:37 PM
Quote from: andry on 01 June 2009, 01:23:36 PM
Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 01:20:31 PM
Buddhisme di Indo diminatin? balik lagi ke tukang ngajar Buddhistnya apakah jualan kecap atau benar-benar memberikan satu bentuk keteduhan hati...
yg jualan kecao juga banyak yg minat kok bro..
iya jualan kecap dengan menggunakan trik Armageddon or kiamat dunia...kemaren saya baru menghadiri sebuah seminar vegetarian...disana ada seorang bhikkuni memaksakan setiap umat Buddha untuk bervege karena 2012 mau kiamat dunia...it is just a kecap without fact dan saya malu menghadiri seminar seperti itu karena agama lain mengatakan bahwa agama Buddha juga menakut-nakuti umatnya dengan cara kiamat.
Bro nyanadhana,
koq cepat kali mau kiamatnya?
mungkin es raksasa yg patah tsb bakal membuat banjar sana sini?...
Menarik utk dicari tau bagaimana hitungannya sehingga dpt tahun 2012?
thanks atas info salah satu jurus marketing (menakut2in pembeli)
Kalau supaya Buddhism diminati, rasanya rada sulit...
Karena sudah menjadi First Impression, Buddha = Patung.
Mau di tatar ulang juga percuma,
Ibarat kita mau ngasih tau ke orang laen...
yg bener itu "Hijau", bukan "Ijo"...
Namun kalau Dhamma, sejauh apa yang gw liad di ABBM,
Rata-rata tertarik dan berminat mengali filosofi dibalik Dhamma.
Singkat kata...
Tukar kata Buddha, ganti dengan Dhamma.
Saya yakin,
Lebih banyak pendengar dan peminat ketika mengunakan kata Dhamma daripada Buddha.
Semoga ide gila gue bukan tanda-tanda berakhirnya era Siddartha Gautama
Quote from: andry on 01 June 2009, 01:22:23 PM
gampang, terapkan cara sekolah minggu
Jadi adain
1.bagi2 makanan gratis
terus selipin kata2 dhamma yg gak ada kata2 "buddha" sebab ntar org2 lsg blocking mind
trus kasih tau "pa/bu ini ada syair2 tolong dihapalkan dan dipelajari, nanti minggu depan akan d tanya. "
"yang bisa jawab bisa bawa pulang makanan 2 bungkus"
atau dengan menciptakan
2."buddha bar 2"
(setidaknya org yg ke bar tau gambar sang buddha)
atau anda bisa menjadi
3.orang suci..
dijamin makin bnyk deh yg anut agama buddha
Bro Andry,...
gimana kalau departement Ghost BUSTER... (pengusir setan)...
pasti ini produk yg diminatin.... tinggal telp... dan
si pengusir setan segera meluncur...
Bro Kemenyan,
Wahhh idenya mantep deh...
apakah juga sama kenapa forum ini tidak pakai kata Buddha??
(dhammacitta)...
ajaran (dhamma) mewakilin Buddha?
Buddhism dimana2 bisa diminatin tapi itu tergantung jodoh kamma manusianya...hehehe.
Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 02:07:31 PM
Buddhism dimana2 bisa diminatin tapi itu tergantung jodoh kamma manusianya...hehehe.
Tapi, bro Nyanadhana...
Bagaimana kalau sales kita juga ikut2an ngomong.... (karna udah dpt training di DC)
produk kita dimana2 bisa diminatin tapi itu tergantung jodoh kamma manusianya.
Lalu bosnya bilang....
gw gak mau tau deh... elu jual sampai ujung dunia, keliling terus....
kalau produknya gak laku, mendingan gak usah pulang sekalian deh...
gimana?
tapi bosnya tidak pernah bilang begitu selama 2500thn....:)
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
kl Buddhism banyak yg minat, Maitreya gak nongol2 donk :))
Ga perlu banyak2 amat.. Makin banyak malah makin banyak masalah, ntar malah makin banyak titik lemah yg diserang propaganda2 agama lain jadinya..
Yg penting sih bisa terus survive saja.
Dan salah 1 yg plng membedakan, sulit menyatukan antara buddhisme dg agama lain, tak lain tak bukan karena patung, dan sikap umat buddha itu sendiri thdp patung.
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:45:28 PM
Gw juga mau kasih ide dah.....
sekarang kan di TV lagi musim2nya the MASTER....
nah dari Buddist kirim satu orang utk ikut audisi the MASTER...
Dgn kesaktian2 nya akan membuat LIMBAT jadi terpuruk... heheheh
bayangkan beberapa juta pemirsa selain terhibur bakal menginginkan produk tsb... =))
show #1...... melempar batu2 kecil kedalam air...
(menunjukan airnya normal... batu bisa jatuh)
1a.... jalan diatas air....
1b.....break dance diatas air
1c.....Mengangkat naik 2 gadis cantik yg berada didalam kolam....
dan menyeberanginnya kesebelah pantai.... (pemirsa pasti melotot deh)
(ide aja lho.... soalnya Buddhist kan gak boleh tonjolkan kesaktiannya)....
ga setuju ama yg ini..
Kata cornelis wowor cara seperti ini adalah bentuk lobha,moha,dosa
ide johan seperti menarik simpati orang dgn wanita penggoda...
Jangan tersinggung ya om...
Daripada kita mengunakan cara2 marketing yg banyak sisi negatifnya...
Lebih baik kita mengunakan diri sendiri sebagai sampel/tester dari produk(buddhisme)
ibarat kita jualan salep anti jerawat,tapi muka salesnya(kita) pada jerawatan...
Ga lucukan..kalo ada pandita emosian...
Kalo meditator/intruktur meditasi emosian...
Diri sendiri aja ga bisa di ubah,mau ngubah orang lain.."apa kata duniaaa...."
cmiiw
Interupsi, sedikit bertanya nih.
Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?
_/\_
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor
berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"
Quote from: Kelana on 01 June 2009, 09:39:41 PM
Interupsi, sedikit bertanya nih.
Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?
_/\_
harus tanya TS nya tuh
IMO:
1. lebih banyak manusia yg mengerti dhamma > bisa mengerti tilakhana
2. damainya hidup ini
3. indonesia jadi bisa lebih maju
Jika dilihat secara makro dan di genelalisir dengan perilaku umat sekarang, plg2 perubahan indonesia 25% larr...
Quote from: Kelana on 01 June 2009, 09:39:41 PM
Interupsi, sedikit bertanya nih.
Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?
_/\_
Hallo bro Kelana, thanks atas interupsinya...
sebelumnya ada thread "kanapa Buddhism tidak diminatin.."
jadi itu isinya mengenai kekurangan2 ... kenapa tidak diminatin...
dan suatu masalah kita bisa menganalisa sisi negatifnya..
begitu juga bisa kita mencari apa yg bisa membuat nya positif.
MINAT merupakan salah satu faktor terpenting...
berapa banyak anak sekolah yg "dipaksa" belajar math, kimia, fisika, dst, dst...
karna mereka tidak minat, setelah dewasa gak ada yg menjadi AHLINYA dibidang tsb.
Kalau mencetak buku aja merupakan perbuatan baik,
bukankah membuat org lain berminat utk memperlajarin Buddhism
bisa dikategorikan perbuatan baik?
Karna kita hidup di Indonesia, maka topiknya berkisar di Indonesia
(scope nya lebih kecil, dan lebih relevan maupun mudah teratasin)...
semoga jelas, kalau tidak... silahkan tanya lagi bro Kelana...
dan mohon masukan gimana supaya org2 berminat...
Quote from: andry on 02 June 2009, 01:08:11 AM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor
berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"
Wah...bro Indra sptnya pakar marketing tuh.....
bisa banyak yg jadi minat kalau di Indonesia memiliki
TK, SD, SMP, SMU, Universitas Buddhist bertaraf International...dgn harga bersaing.
pelajaran/subjectnya spt sekolah/uni biasanya tetapi 'berwawasan/moral" Buddhist...
Muridnya juga boleh dari non Buddhist
Mungkin begitu....pasti banyak yg berminat (terutama dari kalangan Buddhist)
6P yg terakhir POWER (apa itu ya?)
Quote from: Mr.Jhonz on 01 June 2009, 09:05:49 PM
Daripada kita mengunakan cara2 marketing yg banyak sisi negatifnya...
Lebih baik kita mengunakan diri sendiri sebagai sampel/tester dari produk(buddhisme)
ibarat kita jualan salep anti jerawat,tapi muka salesnya(kita) pada jerawatan...
Ga lucukan..kalo ada pandita emosian...
Kalo meditator/intruktur meditasi emosian...
Diri sendiri aja ga bisa di ubah,mau ngubah orang lain.."apa kata duniaaa...."
cmiiw
siiip bro jawabannya...
tetapi tetangga menggunakan salah satu personal F4 (penyanyi Taiwan lho)
Quote from: Mr.Jhonz on 01 June 2009, 08:47:57 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:45:28 PM
Gw juga mau kasih ide dah.....
sekarang kan di TV lagi musim2nya the MASTER....
nah dari Buddist kirim satu orang utk ikut audisi the MASTER...
Dgn kesaktian2 nya akan membuat LIMBAT jadi terpuruk... heheheh
bayangkan beberapa juta pemirsa selain terhibur bakal menginginkan produk tsb... =))
show #1...... melempar batu2 kecil kedalam air...
(menunjukan airnya normal... batu bisa jatuh)
1a.... jalan diatas air....
1b.....break dance diatas air
1c.....Mengangkat naik 2 gadis cantik yg berada didalam kolam....
dan menyeberanginnya kesebelah pantai.... (pemirsa pasti melotot deh)
(ide aja lho.... soalnya Buddhist kan gak boleh tonjolkan kesaktiannya)....
ga setuju ama yg ini..
Kata cornelis wowor cara seperti ini adalah bentuk lobha,moha,dosa
ide johan seperti menarik simpati orang dgn wanita penggoda...
Jangan tersinggung ya om...
bro sejah bahulu kala....
duit, kekuasaan, dan wanita penggoda merupakan salah satu senjata ampuh lho.
Jelas tidak tersinggung.... kalau dikit2 tersinggung, gimana mau jadi SALES lagi?
Quote from: xuvie on 01 June 2009, 08:31:19 PM
Ga perlu banyak2 amat.. Makin banyak malah makin banyak masalah, ntar malah makin banyak titik lemah yg diserang propaganda2 agama lain jadinya..
Yg penting sih bisa terus survive saja.
Dan salah 1 yg plng membedakan, sulit menyatukan antara buddhisme dg agama lain, tak lain tak bukan karena patung, dan sikap umat buddha itu sendiri thdp patung.
Yg penting sih bisa terus survive saja.
Kalau kalimat yg diatas, gw kurang setuju deh....
kalau produknya bagus,... seharusnya jadi TOP BRAND deh...
(mungkin budget promosi lagi tipis ya...)
Quote from: wen78 on 01 June 2009, 07:40:43 PM
kl Buddhism banyak yg minat, Maitreya gak nongol2 donk :))
persaingan bebas.... semua silahkan nongol dunnnnnnnnng
Quotekalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
bro Marcosprawira,
power itu penetrapannya utk Buddhist spt apa ya?
Dan bagaimana juga Price nya? apa mahal?
Teringat cerita ini..
-/+ cerita begini
di india ada satu sekolah play group/SD sistem krist**
Tapi mayoritas murid2nya beragama lokal(leluhur)..
Pada suatu hari,pihak sekolah k mengajak anak muridnya untuk berlibur ke suatu objek wisata di india.
dalam perjalanan bus tiba2 berhenti(sudah diatur sebelumnya)..
Guru;wa..gawat anak2,busnya berhenti,kalo busnya berhenti kita tidak bisa sampai ke tempat wisata..dan kita tidak bisa bersenang2
anak2;wuu...*bersorak prihatin
guru;cepat kalian berdoa kepada dewa kalian...minta agar busnya bisa berjalan kembali
anak2pun komat-kamit.semuanya berdoa kepada dewa dgn serius
guru;doa selasai,pak supir coba hidupkan busnya...
*busnya tidak mau hidup
guru; ternyata dewa kalian tidak membantu...
Coba berdoa dan minta sama mr.Y untuk menghidupkan bus ini...
Anak2 pun berdoa di pandu guru..(berdoa ama mr.Y
Guru;coba hidupkan busnya pak supir...
*buspun bisa di nyalakan,dan mereka pun pergi ke tempat wisata yg telah dijanjikan,
di perjalanan gurunya terus mempengaruhi murid2 dgn gaya sales...
Hasilnya kejadian ini telah masuk alam bawah sadar para anak murid..
Anak2 berpikir,dewa2 tidak mau membantu,tapi mr.y mau menolong..
"Mr.y sangat baik"
-/+ ceritanya begitu itu adalah kisah nyata...
Jangan sampai buddhis mengunakan cara seperti ini...
cerita menarik bro jhonz,
sampai sekarang pun agama tetangga masih menggunakan cara yg kurang lebih sama dgn diatas
seandainya memang bisa, kapan2 mobilku mogok, tak minta mr.Xxxxx hidupin juga aaaaaa... hitung2 hemat ongkos bengkel.
buddhisme dpt di minati juga tergantung dari peran para guru pengajar juga. contohnya di tempat wa (ptk) guru yg dulunya mengajar dasar2 agama Buddha yg bener, skrg malah mengajar biddhisme versi M, murid2nya diwajibkan ke Vihara M. jaman wa dulu si belum begitu, jaman adik wa udh berubah gurunya seiring dgn berubah haluannya si guru juga. dulu si guru Buddhisme tradisi jepang, karna kurang pengetahuan kali, ia berdebat dgn penceramah aliran M, akhirnya dia yg pindah M. eeee kepercayaannya dia bawa kepelajaran buddhisme juga... tambah kacau dee
Quote from: andry on 02 June 2009, 01:08:11 AM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor
berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"
nah point utamanya adl utk produk yg distintive, harus masuk ke niche market, jangan ke mass market.....
niche market yg dituju dgn produk yg "logis" adl mereka yg logis juga misal scholar, dosen, ilmuwan
bisa juga ke niche ibu2 misal dgn memberikan gambaran mengenai bagaimana kondisi batin wkt nonton sinetron, wkt berkomunikasi dgn anak dan/atau suami
dan masih banyak niche market lainnya yg bisa digarap tp satu persatu
kalo sekarang, jualan produk yg distinctive tapi disamakan ama mass product...... yah jadinya kalah bersaing melulu
coba garap 1 pasar tertentu dulu, kalo udh kuat baru ke pasar tertentu lainnya....
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 02:31:55 AM
Quotekalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
bro Marcosprawira,
power itu penetrapannya utk Buddhist spt apa ya?
Dan bagaimana juga Price nya? apa mahal?
Power : buddhism itu bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan tapi sering org tdk bisa menyajikannya
Price : justru terlalu murah.
Barang eksklusif, yg fungsinya banyak, bermanfaat dalam semua aspek kehidupan, tapi dijual secara murah krn menyamakan dgn paham yg mass product
Ini yg membuat brg eksklusif jadi terlihat murahan, en ujung2nya ga diminatin
Saya belajar Buddhisme sektiar 3 tahun lalu. Setelah belajar 1 tahun, saya berminat untuk mencari tahu tentang komunitas Buddhist dan coba datang dan aktif di Vihara. Setelah beberapa lama di sana, ada beberapa hal menarik yang saya dapat:
1. Hampir 100% umat tidak baca tipitaka
2. Adanya "paket" patidana yang memfasilitasi "kesombongan" (makin mahal, makin "wah") dengan alasan melunasi hutang vihara
3. Dalam satu dhammaclass, seorang romo mengatakan Buddhist boleh saja minta-minta ke dewa
4. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menganjurkan hal-hal yang berlawanan dengan dhamma demi meningkatkan jumlah umat (juga sama halnya dengan seorang bhikkhu luar yang populer juga membolak-balik 4 Kebenaran Mulia)
5. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo membanggakan "metta" dalam demo Buddha Bar (dengan alasan "berlangsung damai") di mana saya tidak mengerti "metta" apa yang dimaksud
6. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menjelekkan agama tetangga yang menyetujui poligami
7. Dalam suatu pujabakti, seorang pembicara mengatakan bahwa Arahat bisa membangkitkan orang mati
Sekarang saya kembalikan lagi pertanyaannya, "gimana supaya Buddhisme di Indo diminati?"
Quote from: Kainyn_Kutho on 02 June 2009, 09:32:24 AM
Saya belajar Buddhisme sektiar 3 tahun lalu. Setelah belajar 1 tahun, saya berminat untuk mencari tahu tentang komunitas Buddhist dan coba datang dan aktif di Vihara. Setelah beberapa lama di sana, ada beberapa hal menarik yang saya dapat:
1. Hampir 100% umat tidak baca tipitaka
Gimana kalau DHammapada ? atau sebagian suta2 yg menarik...
kalau baca semua tipitaka yg utk pemula masih terlalu banyak ya..
2. Adanya "paket" patidana yang memfasilitasi "kesombongan" (makin mahal, makin "wah") dengan alasan melunasi hutang vihara
Yg ini memang serba susah deh... mungkin maksud panitia supaya lebih banyak dana yg masuk. Apalagi kalau semua org sumbang jubah... nah jumlah jubah yg boleh dimiliki Biksu terbatas... trus jubah2 tsb kemana ya? ini juga perlu koordinasi yg lebih baik. (mungkin senior2 bisa kasih masukan deh... mengenai sumbangan yg agak gede)
3. Dalam satu dhammaclass, seorang romo mengatakan Buddhist boleh saja minta-minta ke dewa
4. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menganjurkan hal-hal yang berlawanan dengan dhamma demi meningkatkan jumlah umat (juga sama halnya dengan seorang bhikkhu luar yang populer juga membolak-balik 4 Kebenaran Mulia)
5. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo membanggakan "metta" dalam demo Buddha Bar (dengan alasan "berlangsung damai") di mana saya tidak mengerti "metta" apa yang dimaksud
6. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menjelekkan agama tetangga yang menyetujui poligami
7. Dalam suatu pujabakti, seorang pembicara mengatakan bahwa Arahat bisa membangkitkan orang mati
utk no. 3 s/d 7 seharusnya ada org/biksu yg kompetent utk mengajar...
Mungkin bro Kainyn_Kutho bisa menawarkan diri
spt membuka kelas belajar dhamma lewat VCD..
Sekarang saya kembalikan lagi pertanyaannya, "gimana supaya Buddhisme di Indo diminati?"
Ya pengajar/romo2 perlu di SERTIFIKASI lagi deh, di reEducate oleh yg berkompetent...
Atau sering2 putar VCD yg lebih BENER (ajaran Buddhism) di wihara tsb.
karna belajar itu juga bisa dari rekaman VCD....
Thanks atas masukkannya... semoga bermanfaat bagi kita semua
_/\_
Quote from: markosprawira on 02 June 2009, 09:22:46 AM
Quote from: andry on 02 June 2009, 01:08:11 AM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita
Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis
misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"
saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres" ;D
Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual...... _/\_
100% setuju dgn bro Marcosprawira,...
product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...
kira2 begitulah..
kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)
Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor
berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"
nah point utamanya adl utk produk yg distintive, harus masuk ke niche market, jangan ke mass market.....
niche market yg dituju dgn produk yg "logis" adl mereka yg logis juga misal scholar, dosen, ilmuwan
bisa juga ke niche ibu2 misal dgn memberikan gambaran mengenai bagaimana kondisi batin wkt nonton sinetron, wkt berkomunikasi dgn anak dan/atau suami
dan masih banyak niche market lainnya yg bisa digarap tp satu persatu
kalo sekarang, jualan produk yg distinctive tapi disamakan ama mass product...... yah jadinya kalah bersaing melulu
coba garap 1 pasar tertentu dulu, kalo udh kuat baru ke pasar tertentu lainnya....
Quote
niche market yg dituju dgn produk yg "logis" adl mereka yg logis juga misal scholar, dosen, ilmuwan
Setuju bro.... masuk ke niche market.... IT, programmer, engineering.... yg berkecimpung di bidang LOGIKA!
gimana menurut bro hatRed?
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Quote from: Kainyn_Kutho on 02 June 2009, 09:32:24 AM
Saya belajar Buddhisme sektiar 3 tahun lalu. Setelah belajar 1 tahun, saya berminat untuk mencari tahu tentang komunitas Buddhist dan coba datang dan aktif di Vihara. Setelah beberapa lama di sana, ada beberapa hal menarik yang saya dapat:
1. Hampir 100% umat tidak baca tipitaka
2. Adanya "paket" patidana yang memfasilitasi "kesombongan" (makin mahal, makin "wah") dengan alasan melunasi hutang vihara
3. Dalam satu dhammaclass, seorang romo mengatakan Buddhist boleh saja minta-minta ke dewa
4. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menganjurkan hal-hal yang berlawanan dengan dhamma demi meningkatkan jumlah umat (juga sama halnya dengan seorang bhikkhu luar yang populer juga membolak-balik 4 Kebenaran Mulia)
5. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo membanggakan "metta" dalam demo Buddha Bar (dengan alasan "berlangsung damai") di mana saya tidak mengerti "metta" apa yang dimaksud
6. Dalam dhammaclass lainnya, seorang romo menjelekkan agama tetangga yang menyetujui poligami
7. Dalam suatu pujabakti, seorang pembicara mengatakan bahwa Arahat bisa membangkitkan orang mati
Sekarang saya kembalikan lagi pertanyaannya, "gimana supaya Buddhisme di Indo diminati?"
OOT,
cukup memprihatinkan....
memang dalam praktek lapangan yg berdana dhamma sebagai DhammaDuta itu terkadang yah seperti itu. Mereka dihormati bukan karena pemahamannya karena usia dan kesediaannya sebagai DhammaDuta. Saya masih mencoba memperhatikan dalam event2x seperti kursus DhammaDuta, mereka sepertinya yah memang tidak di-"test" secara pemahaman.
Salah satu solusinya sih, kita perkuat dari yang muda supaya nanti bisa jadi bibit ungul DhammaDuta. Kalau yang tua, terus terang, agak susah secara "hey, siapa loe kgk sopan berani protes". Yah palingan kita suruh baca buku-buku terbitan DC Press aja deh supaya bisa belajar :))
utk diminati sih yah kata kuncinya "tak kenal maka tak sayang"
^
mank pas ceramah, gak boleh didebat ya?
yah boleh aja sih, cuma seberapa banyak penceramah yg cukup "sakti" dan punya keseimbangan batin yang bagus?
penceramah yg baik pasti tidak akan terbawa di debat :)
Quote from: Sumedho on 02 June 2009, 11:17:03 AM
yah boleh aja sih, cuma seberapa banyak penceramah yg cukup "sakti" dan punya keseimbangan batin yang bagus?
penceramah yg baik pasti tidak akan terbawa di debat :)
Penceramah yang hebat itu...
[spoiler](https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fdhammacitta.org%2Fforum%2Findex.php%3Faction%3Ddlattach%3Battach%3D1964%3Btype%3Davatar&hash=b849ddfd4098ec673076488dacd35d13dfb027df) Sati, ;D[/spoiler]
:hammer:, salah atuh... aye itu backing vocal aja dari si (https://forum.dhammacitta.org/proxy.php?request=http%3A%2F%2Fdhammacitta.org%2Fforum%2Findex.php%3Faction%3Ddlattach%3Battach%3D2254%3Btype%3Davatar&hash=10bec90be6164a07c5e1308a7c4783ff502a13ee)
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 10:50:46 AM
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Yup, boleh dibilang mirip ky gitu.....
misal gimana mengemas buddhism utk ibu2,
juga utk anak muda
atau utk pekerja kantoran, dsbnya......
yang sering terjadi adl pukul rata, 1 topik utk semua kalangan.... ini buat jadi bosen
bisa juga topik ga sesuai dengan khalayak yg hadir
atau kurangnya penguasaan dlm implementasi dgn hidup keseharian, jd cm omong sutta aja tp ga kasih tau gimana implementasinya
kalo di paham X, selain bahannya yg relatif dikit (cm 1 buku aja), pun mereka diajari cara mengkomunikasikan, cara berdebat, cara menyampaikan, dsbnya..... hal2 spt inilah yg sering luput dari pelatihan dhammaduta
semoga bermanfaat
metta
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 10:29:07 AM
Gimana kalau DHammapada ? atau sebagian suta2 yg menarik...
kalau baca semua tipitaka yg utk pemula masih terlalu banyak ya..
Dhammapada sudah saya rekomen. Kadang saya kasih referensi sutta yang menarik (misalnya tentang Buddha Metteyya yang sering ditanyakan itu) dan juga kadang saya cetak keluar. Tapi peminatnya tetap hampir tidak ada. Biasa komentar yang keluar: "Sutta itu 'berat'" :)
QuoteYg ini memang serba susah deh... mungkin maksud panitia supaya lebih banyak dana yg masuk. Apalagi kalau semua org sumbang jubah... nah jumlah jubah yg boleh dimiliki Biksu terbatas... trus jubah2 tsb kemana ya? ini juga perlu koordinasi yg lebih baik. (mungkin senior2 bisa kasih masukan deh... mengenai sumbangan yg agak gede)
Penggalangan dana tentu saja tidak masalah, apalagi memang kadang vihara masih hutang banyak. Tetapi kalau menstimulasi "kesombongan" orang, bukan dengan memberi pengertian benar, hanya demi mendapatkan dana, saya kurang setuju.
Quoteutk no. 3 s/d 7 seharusnya ada org/biksu yg kompetent utk mengajar...
Mungkin bro Kainyn_Kutho bisa menawarkan diri
spt membuka kelas belajar dhamma lewat VCD..
Sejujurnya pandangan saya sendiri bagi umat Buddha pada umumnya sering kontroversial. Jadi jangankan mengajar, tidak dianggap "sesat" juga udah bagus. ;D Saya memang kadang suka diskusi dhamma ke orang-orang yang berminat kok.
QuoteYa pengajar/romo2 perlu di SERTIFIKASI lagi deh, di reEducate oleh yg berkompetent...
Atau sering2 putar VCD yg lebih BENER (ajaran Buddhism) di wihara tsb.
karna belajar itu juga bisa dari rekaman VCD....
Saya pikir memang lebih baik dimulai dari pengajar dulu. Kalau hanya kuantitas meningkat tapi kualitas tidak ada, tidak ada gunanya.
Quote from: Sumedho on 02 June 2009, 11:05:23 AM
OOT,
cukup memprihatinkan....
memang dalam praktek lapangan yg berdana dhamma sebagai DhammaDuta itu terkadang yah seperti itu. Mereka dihormati bukan karena pemahamannya karena usia dan kesediaannya sebagai DhammaDuta. Saya masih mencoba memperhatikan dalam event2x seperti kursus DhammaDuta, mereka sepertinya yah memang tidak di-"test" secara pemahaman.
Salah satu solusinya sih, kita perkuat dari yang muda supaya nanti bisa jadi bibit ungul DhammaDuta. Kalau yang tua, terus terang, agak susah secara "hey, siapa loe kgk sopan berani protes". Yah palingan kita suruh baca buku-buku terbitan DC Press aja deh supaya bisa belajar :))
utk diminati sih yah kata kuncinya "tak kenal maka tak sayang"
Buku yang sering saya tawarkan itu RAPB dan DN (DC press), tapi dua-duanya punya "reputasi buruk" yaitu tebal luar biasa. Orang Indonesia betah nonton sinetron sampai "beribu-ribu" episode (padahal ceritanya jalan di tempat) tetapi cenderung enggan untuk baca buku beberapa belas halaman saja.
Satu hal yang menarik adalah kadang kalau bicara dengan orang atheist/agnostik, bicara dhamma tanpa bawa embel2 Buddhisme itu lebih menarik bagi mereka. Biasa saya bicara dengan mengutip sutta tapi tidak mengatakan tentang Buddha atau Tipitaka. Setelah mereka tertarik dan bertanya "siapa yang ngomong begitu?" dan saya jawab, "Buddha Gotama" barulah mereka memandang Buddhism secara berbeda.
Sepertinya banyak orang yang memang sudah terlanjur mengasosiasikan Buddhism dengan patung2, dewa2, ajian mantra, jimat, dsb.
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 11:09:25 AM
^
mank pas ceramah, gak boleh didebat ya?
utk org timur, sebaiknya tidak dilakukan........
Membuat org kehilangan MUKA di depan umum, menurut kebudayaan TImur tidak disarankan... (taboo)
Lain kalau di California...atau Hollywood... cplas cplos... to the point gitu lho...
Quote from: Kainyn_Kutho on 02 June 2009, 01:17:49 PM
Quote from: Sumedho on 02 June 2009, 11:05:23 AM
OOT,
cukup memprihatinkan....
memang dalam praktek lapangan yg berdana dhamma sebagai DhammaDuta itu terkadang yah seperti itu. Mereka dihormati bukan karena pemahamannya karena usia dan kesediaannya sebagai DhammaDuta. Saya masih mencoba memperhatikan dalam event2x seperti kursus DhammaDuta, mereka sepertinya yah memang tidak di-"test" secara pemahaman.
Salah satu solusinya sih, kita perkuat dari yang muda supaya nanti bisa jadi bibit ungul DhammaDuta. Kalau yang tua, terus terang, agak susah secara "hey, siapa loe kgk sopan berani protes". Yah palingan kita suruh baca buku-buku terbitan DC Press aja deh supaya bisa belajar :))
utk diminati sih yah kata kuncinya "tak kenal maka tak sayang"
Buku yang sering saya tawarkan itu RAPB dan DN (DC press), tapi dua-duanya punya "reputasi buruk" yaitu tebal luar biasa. Orang Indonesia betah nonton sinetron sampai "beribu-ribu" episode (padahal ceritanya jalan di tempat) tetapi cenderung enggan untuk baca buku beberapa belas halaman saja.
Satu hal yang menarik adalah kadang kalau bicara dengan orang atheist/agnostik, bicara dhamma tanpa bawa embel2 Buddhisme itu lebih menarik bagi mereka. Biasa saya bicara dengan mengutip sutta tapi tidak mengatakan tentang Buddha atau Tipitaka. Setelah mereka tertarik dan bertanya "siapa yang ngomong begitu?" dan saya jawab, "Buddha Gotama" barulah mereka memandang Buddhism secara berbeda.
Sepertinya banyak orang yang memang sudah terlanjur mengasosiasikan Buddhism dengan patung2, dewa2, ajian mantra, jimat, dsb.
maka itu label "Agama Buddha" sebaiknya dihilangkan.....
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 03:35:03 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 11:09:25 AM
^
mank pas ceramah, gak boleh didebat ya?
utk org timur, sebaiknya tidak dilakukan........
Membuat org kehilangan MUKA di depan umum, menurut kebudayaan TImur tidak disarankan... (taboo)
Lain kalau di California...atau Hollywood... cplas cplos... to the point gitu lho...
Orang timur emang orang penurut ya :))
Quote from: Kainyn_Kutho on 02 June 2009, 12:50:46 PM
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 10:29:07 AM
Gimana kalau DHammapada ? atau sebagian suta2 yg menarik...
kalau baca semua tipitaka yg utk pemula masih terlalu banyak ya..
Dhammapada sudah saya rekomen. Kadang saya kasih referensi sutta yang menarik (misalnya tentang Buddha Metteyya yang sering ditanyakan itu) dan juga kadang saya cetak keluar. Tapi peminatnya tetap hampir tidak ada. Biasa komentar yang keluar: "Sutta itu 'berat'" :)
QuoteYg ini memang serba susah deh... mungkin maksud panitia supaya lebih banyak dana yg masuk. Apalagi kalau semua org sumbang jubah... nah jumlah jubah yg boleh dimiliki Biksu terbatas... trus jubah2 tsb kemana ya? ini juga perlu koordinasi yg lebih baik. (mungkin senior2 bisa kasih masukan deh... mengenai sumbangan yg agak gede)
Penggalangan dana tentu saja tidak masalah, apalagi memang kadang vihara masih hutang banyak. Tetapi kalau menstimulasi "kesombongan" orang, bukan dengan memberi pengertian benar, hanya demi mendapatkan dana, saya kurang setuju.
Quoteutk no. 3 s/d 7 seharusnya ada org/biksu yg kompetent utk mengajar...
Mungkin bro Kainyn_Kutho bisa menawarkan diri
spt membuka kelas belajar dhamma lewat VCD..
Sejujurnya pandangan saya sendiri bagi umat Buddha pada umumnya sering kontroversial. Jadi jangankan mengajar, tidak dianggap "sesat" juga udah bagus. ;D Saya memang kadang suka diskusi dhamma ke orang-orang yang berminat kok.
QuoteYa pengajar/romo2 perlu di SERTIFIKASI lagi deh, di reEducate oleh yg berkompetent...
Atau sering2 putar VCD yg lebih BENER (ajaran Buddhism) di wihara tsb.
karna belajar itu juga bisa dari rekaman VCD....
Saya pikir memang lebih baik dimulai dari pengajar dulu. Kalau hanya kuantitas meningkat tapi kualitas tidak ada, tidak ada gunanya.
Bagaimana dgn DVD Multimedia training guide ...
utk menjadi pengajar Buddhism ?... training dasar begitu?...
secara teknology memungkinkan, tetapi apa org2 mau menurut?
Kapan yg disediain TELE CONFERENCE... supaya org2
yg berkompentent, spt bro Kainyn_Kutho bisa ngajar jarak jauh..
tanpa banyak habis waktu...
Mengenai TARIF....ada juga sih aliran yg memberikan tarif lengkap apa suguhannya...
plus promosinya... kalau ngambil paket pada hari itu,... karmanya akan berlipat lipat..
karna hari itu hari special.... ulang tahunnya...XXXXX...
ada juga lho, paket pesugihan...
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 03:38:38 PM
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 03:35:03 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 11:09:25 AM
^
mank pas ceramah, gak boleh didebat ya?
utk org timur, sebaiknya tidak dilakukan........
Membuat org kehilangan MUKA di depan umum, menurut kebudayaan TImur tidak disarankan... (taboo)
Lain kalau di California...atau Hollywood... cplas cplos... to the point gitu lho...
Orang timur emang orang penurut ya :))
Orang timur kulit mukanya sangat TIPIS,... 面子
ujung2nya adalah mengenai KEKUASAAN deh...
kalau debat langsung kan kekuasaannya bisa terkikis...
Begitu juga masukan2 baik dari bro Kainyn....
rasanya org ITu gak bakal nurut....
karna menginginkan ego/kekuasaan tsb lah biangnya..
Quote from: markosprawira on 02 June 2009, 12:09:55 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 10:50:46 AM
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Yup, boleh dibilang mirip ky gitu.....
misal gimana mengemas buddhism utk ibu2,
juga utk anak muda
atau utk pekerja kantoran, dsbnya......
yang sering terjadi adl pukul rata, 1 topik utk semua kalangan.... ini buat jadi bosen
bisa juga topik ga sesuai dengan khalayak yg hadir
atau kurangnya penguasaan dlm implementasi dgn hidup keseharian, jd cm omong sutta aja tp ga kasih tau gimana implementasinya
kalo di paham X, selain bahannya yg relatif dikit (cm 1 buku aja), pun mereka diajari cara mengkomunikasikan, cara berdebat, cara menyampaikan, dsbnya..... hal2 spt inilah yg sering luput dari pelatihan dhammaduta
semoga bermanfaat
metta
Jelas bro, jadi pembicara harus mengerti pendengarnya.....
kalau ke ibu2 bisa selingin soal sinetron...(siapa pemainnya, dst)...
Seingat saya bro Markosprawira juga merupakan pembicara yg handal tooohh!
makanya kasih... traning pada yg lain!
^
bukannya diselingin soal uang belanja dan "kamar tidur" ???
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 03:58:25 PM
Bagaimana dgn DVD Multimedia training guide ...
utk menjadi pengajar Buddhism ?... training dasar begitu?...
secara teknology memungkinkan, tetapi apa org2 mau menurut?
Kapan yg disediain TELE CONFERENCE... supaya org2
yg berkompentent, spt bro Kainyn_Kutho bisa ngajar jarak jauh..
tanpa banyak habis waktu...
Mengenai TARIF....ada juga sih aliran yg memberikan tarif lengkap apa suguhannya...
plus promosinya... kalau ngambil paket pada hari itu,... karmanya akan berlipat lipat..
karna hari itu hari special.... ulang tahunnya...XXXXX...
ada juga lho, paket pesugihan...
Wah, kalo saya sih buat ngajar masih blom cocok, bro. Menurut saya sih kita berbagi aja apa yang kita tahu ke semua orang yang memungkinkan, tanpa perlu dibebani pikiran "menyebarkan Buddhisme" atau "menyelamatkan orang lain". Lalu sebetulnya dengan berbagi di forum seperti di sini juga sudah bantu penyebaran dhamma. Nanti kalau ada orang yang berminat topik tertentu, tinggal dikasih link-nya aja. Saya juga kadang suka kasih orang link ke sini.
Atau mungkin bro johan3000 mau kumpulin orang buat bikin semacam "dhammaclass" sendiri? ;D Tapi nanti dituding aliran sesat lho ama pihak yang berwenang. ;D
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 04:17:32 PM
^
bukannya diselingin soal uang belanja dan "kamar tidur" ???
Maksudnya trik mendapatkan uang belanja yg lebih banyak???
kalau soal "kamar tidur" belum tau ada sutta nya gak?
kalau kamasut kan gak boleh toh!...
Quote from: markosprawira on 02 June 2009, 12:09:55 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 10:50:46 AM
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Yup, boleh dibilang mirip ky gitu.....
misal gimana mengemas buddhism utk ibu2,
juga utk anak muda
atau utk pekerja kantoran, dsbnya......
yang sering terjadi adl pukul rata, 1 topik utk semua kalangan.... ini buat jadi bosen
bisa juga topik ga sesuai dengan khalayak yg hadir
atau kurangnya penguasaan dlm implementasi dgn hidup keseharian, jd cm omong sutta aja tp ga kasih tau gimana implementasinya
kalo di paham X, selain bahannya yg relatif dikit (cm 1 buku aja), pun mereka diajari cara mengkomunikasikan, cara berdebat, cara menyampaikan, dsbnya..... hal2 spt inilah yg sering luput dari pelatihan dhammaduta
semoga bermanfaat
metta
Misalnya kalau muda mudi yang ceramah muda mudi... ini tambah sep kayanya...... pasti topiknya bakalan nyambung hehe....
Klo di Sby, cuma Vihara Buddhayana yang begini. Yang Theravada dan Mahayana muda mudinya mendem semua...... Denger2 di Dhammacakka Jakarta muda-mudinya juga aktif dhammadesana...
_/\_
The Siddha Wanderer
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 04:59:05 PM
Quote from: markosprawira on 02 June 2009, 12:09:55 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 10:50:46 AM
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Yup, boleh dibilang mirip ky gitu.....
misal gimana mengemas buddhism utk ibu2,
juga utk anak muda
atau utk pekerja kantoran, dsbnya......
yang sering terjadi adl pukul rata, 1 topik utk semua kalangan.... ini buat jadi bosen
bisa juga topik ga sesuai dengan khalayak yg hadir
atau kurangnya penguasaan dlm implementasi dgn hidup keseharian, jd cm omong sutta aja tp ga kasih tau gimana implementasinya
kalo di paham X, selain bahannya yg relatif dikit (cm 1 buku aja), pun mereka diajari cara mengkomunikasikan, cara berdebat, cara menyampaikan, dsbnya..... hal2 spt inilah yg sering luput dari pelatihan dhammaduta
semoga bermanfaat
metta
Misalnya kalau muda mudi yang ceramah muda mudi... ini tambah sep kayanya...... pasti topiknya bakalan nyambung hehe....
Klo di Sby, cuma Vihara Buddhayana yang begini. Yang Theravada dan Mahayana muda mudinya mendem semua...... Denger2 di Dhammacakka Jakarta muda-mudinya juga aktif dhammadesana...
_/\_
The Siddha Wanderer
Bener bro GandalfTheElder,
setau saya Vihara Buddhayana muda-mudinya memang aktif dan sering tampil ya...
Semua orang mau dihargain, diperhatikan, didengarin,...
jadi buat pertandingan dhammadesana di kalangan muda-mudi aja...
setiap orang boleh tampil 6 menit menceritakan ajaran/suta Buddha...
pasti deh rame.. dan pemenangnya juga dapat sesuatu...
dhammadesana = pembicara ?
gimana menurut yg lain?
Quote from: Kainyn_Kutho on 02 June 2009, 04:18:02 PM
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 03:58:25 PM
Bagaimana dgn DVD Multimedia training guide ...
utk menjadi pengajar Buddhism ?... training dasar begitu?...
secara teknology memungkinkan, tetapi apa org2 mau menurut?
Kapan yg disediain TELE CONFERENCE... supaya org2
yg berkompentent, spt bro Kainyn_Kutho bisa ngajar jarak jauh..
tanpa banyak habis waktu...
Mengenai TARIF....ada juga sih aliran yg memberikan tarif lengkap apa suguhannya...
plus promosinya... kalau ngambil paket pada hari itu,... karmanya akan berlipat lipat..
karna hari itu hari special.... ulang tahunnya...XXXXX...
ada juga lho, paket pesugihan...
Wah, kalo saya sih buat ngajar masih blom cocok, bro. Menurut saya sih kita berbagi aja apa yang kita tahu ke semua orang yang memungkinkan, tanpa perlu dibebani pikiran "menyebarkan Buddhisme" atau "menyelamatkan orang lain". Lalu sebetulnya dengan berbagi di forum seperti di sini juga sudah bantu penyebaran dhamma. Nanti kalau ada orang yang berminat topik tertentu, tinggal dikasih link-nya aja. Saya juga kadang suka kasih orang link ke sini.
Atau mungkin bro johan3000 mau kumpulin orang buat bikin semacam "dhammaclass" sendiri? ;D Tapi nanti dituding aliran sesat lho ama pihak yang berwenang. ;D
Ngomong mengenai aliran sesat,...
Jarum Black kan ada pertandingan dalam hal INOVASI....
kalau di Buddhism apakah boleh meniru JARUM BLACK,
tetapi Inovasi dalam hal Buddhism ?
apakah bakal menjadi sesat?
kalo ada saya daptar duluan... ;D
Universalisasi Buddhisme = Hilangkan label Agama dari Buddhisme, Ubah Vihara menjadi perpustakaan atau tempat diskusi atau tempat pengembangan meditasi, Total translasi Sutta2 ke Bahasa Indo atau bahasa gaul, Hilangkan puja bhakti :D
Haha... Klo bahasa gaul kayanya jangan deh...
La wong Bibelnya agama tetangga aja pakai bhs Indo yang baik dan benar tapi muda mudinya buanyak plus beriman semua... kekekeh.....
Hilangkan puja bhakti?? Hmmmm.... agama tetangga aja puja bhaktinya tetap jalan.... walaupun dengan entertainment.... 8) 8)
Barusan saja aye ikut KKR Army of God di Sby soalnya diajakin temen.... wuikkk kaya live concert....
_/\_
The Siddha Wanderer
Justru itu Buddhisme adalah upaya pemenuhan sati, bukan dilemahkan dengan kegiuran emosi sampai jingkrak jingkrakan.....
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 05:39:52 PM
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 04:59:05 PM
Quote from: markosprawira on 02 June 2009, 12:09:55 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 10:50:46 AM
^
heh? ??? kok ogut ?
kalo mo masuk, aplikasinya apa (maksudnya bukan software ya) ?
btw, perbanyak varian produk aja.. ;D
shampo Clear sama shampo Sunsilk sama sama shampo dan bersaing mendapatkan pangsa pasar, namun duitnya masuk ke kantong yg sama (unilever).
Yup, boleh dibilang mirip ky gitu.....
misal gimana mengemas buddhism utk ibu2,
juga utk anak muda
atau utk pekerja kantoran, dsbnya......
yang sering terjadi adl pukul rata, 1 topik utk semua kalangan.... ini buat jadi bosen
bisa juga topik ga sesuai dengan khalayak yg hadir
atau kurangnya penguasaan dlm implementasi dgn hidup keseharian, jd cm omong sutta aja tp ga kasih tau gimana implementasinya
kalo di paham X, selain bahannya yg relatif dikit (cm 1 buku aja), pun mereka diajari cara mengkomunikasikan, cara berdebat, cara menyampaikan, dsbnya..... hal2 spt inilah yg sering luput dari pelatihan dhammaduta
semoga bermanfaat
metta
Misalnya kalau muda mudi yang ceramah muda mudi... ini tambah sep kayanya...... pasti topiknya bakalan nyambung hehe....
Klo di Sby, cuma Vihara Buddhayana yang begini. Yang Theravada dan Mahayana muda mudinya mendem semua...... Denger2 di Dhammacakka Jakarta muda-mudinya juga aktif dhammadesana...
_/\_
The Siddha Wanderer
Bener bro GandalfTheElder,
setau saya Vihara Buddhayana muda-mudinya memang aktif dan sering tampil ya...
Semua orang mau dihargain, diperhatikan, didengarin,...
jadi buat pertandingan dhammadesana di kalangan muda-mudi aja...
setiap orang boleh tampil 6 menit menceritakan ajaran/suta Buddha...
pasti deh rame.. dan pemenangnya juga dapat sesuatu...
dhammadesana = pembicara ?
gimana menurut yg lain?
Haha.... bisa2... cuma kayanya di Sby cukup sulit... pada pemalu semua.... walaupun dikasih hadiah.... ini termasuk saya lho... hehe....
Yap. Saya memang kagum terhadap Buddhayana. Non-sektariannya, keramahannya, muda mudinya, keterbukaannya ok bangett...
Tapi ya itu sangking non sektarian dan kadang terlalu terbuka, sampai2 akhirnya jd agak gado2 sama agama lain.
Barusan ada pameran tur relik Buddha untuk Maitreya Project [India] yang diadakan di Sby. Pulangnya saya dapet kantongan kembang. Nah uniknya kantongan ini malah ada simbol Taois sama Konfusianisnya [lambang Tridharma].... Hmmm....
Yah ada positif sama negatifnya lah....
_/\_
The Siddha Wanderer
[at] atas
ikut KKR barusan.. ngga ikut merasakan eforia dan sensasi2? ngga merasa di'sentuh' oleh Bapa? :P
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 06:56:27 PM
Justru itu Buddhisme adalah upaya pemenuhan sati, bukan dilemahkan dengan kegiuran emosi sampai jingkrak jingkrakan.....
Na itu dia.... puja bhakti untuk sati kan bisa.
_/\_
The Siddha Wanderer
Quote from: xuvie on 02 June 2009, 07:00:03 PM
[at] atas
ikut KKR barusan.. ngga ikut merasakan eforia dan sensasi2? ngga merasa di'sentuh' oleh Bapa? :P
Haha.... gw sih uda kebal sama yg begituan.... apalagi yang Kharismatik (Pantekosta) udah biasa.....
Saya yah mikir aja... lah ini orang2 lagi muja Brahma di surga... hehe....
Sebelah2 pada jingkrak2, nangis2, bahasa roh (glossolalia) keluar semua, sampe kata temen saya ada yang kaya kerasukan kejang2. Padahal, maaf, dalam paham yoga tradisi Hindu, fenomena semacam itu bisa terjadi diakibatkan oleh
symptomp kundalini ataupun dalam paham agama lainnya sebagai
spirit possesion.
Makanya lebih baik sati... sati.... kalau mau seneng2 dengan temen2 se-Dharma ada waktunya sendiri.
_/\_
The Siddha Wanderer
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:01:03 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 06:56:27 PM
Justru itu Buddhisme adalah upaya pemenuhan sati, bukan dilemahkan dengan kegiuran emosi sampai jingkrak jingkrakan.....
Na itu dia.... puja bhakti untuk sati kan bisa.
_/\_
The Siddha Wanderer
jujur aja... bukan sati yg kudapat.. tapi mulut berbusa dan lelah...dan ngantuk...
* kalo pas kebaktian... pasti deh... ngitung2 .. "duh.. tinggal berapa halaman lagi sih..." apalagi pas paritta yg gak ada nadanya.
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 07:09:06 PM
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:01:03 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 06:56:27 PM
Justru itu Buddhisme adalah upaya pemenuhan sati, bukan dilemahkan dengan kegiuran emosi sampai jingkrak jingkrakan.....
Na itu dia.... puja bhakti untuk sati kan bisa.
_/\_
The Siddha Wanderer
jujur aja... bukan sati yg kudapat.. tapi mulut berbusa dan lelah...dan ngantuk...
* kalo pas kebaktian... pasti deh... ngitung2 .. "duh.. tinggal berapa halaman lagi sih..." apalagi pas paritta yg gak ada nadanya.
Haha... makanya bacanya jangan keras2... hehe....
Dalam hatipun juga gak apa2 kalau anda ngerasa capek.
Kalau saya beda, ketika saya puja bhakti, saya merasa tenang dan lebih bisa fokus.
_/\_
The Siddha Wanderer
:)) kadang kalo capek ya udah deh.... dengerin orang laen baca aja...
Quote
Kalau saya beda, ketika saya puja bhakti, saya merasa tenang dan lebih bisa fokus.
menurut i itu karena, kelamaan baca paritta jadi permasalahan yg laen dapat dilupakan sesaat jadi lebih tenang dan fokus... sama aja cuba baca buku komik selama waktu yg sama dengan paritta... pasti permasalahan sebelumnnya tidak begitu muncul dan jadi lebih tenang dan fokus...
........... untuk membaca komik nomor sambungannya =))
Hahaha... masalahnya ketika anda baca paritta apakah anda tidak ikut meresapi makna dari parittanya?? Bila anda tidak melakukan hal ini, maka ya sama saja kaya baca buku komik atau komat kamit aja... hehe...
_/\_
The Siddha Wanderer
imo, meresapi cukup sekali saja..... :-?
selanjutnya cuma sebagai pengingat saja... btw bukankah pembacaan paritta ditujukan kepada makhluk alam lain :-?
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 07:23:10 PM
imo, meresapi cukup sekali saja..... :-?
selanjutnya cuma sebagai pengingat saja... btw bukankah pembacaan paritta ditujukan kepada makhluk alam lain :-?
Yah g mesti lah....
Kan semua makhluk.... itupun termasuk diri kita kan? Emang kita bukan makhluk?
Ya selalu meresapi makna dapat menjadi pengingat pun semangat untuk melakukan Dharma.... gitu looohh...
Kalau saya sih gitu,. kalau anda nggak ngerasa ya udah... hehe.... mau diapain.... kan memang ada org yang gampang bosenan :P
_/\_
The Siddha Wanderer
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:07:15 PM
Quote from: xuvie on 02 June 2009, 07:00:03 PM
[at] atas
ikut KKR barusan.. ngga ikut merasakan eforia dan sensasi2? ngga merasa di'sentuh' oleh Bapa? :P
Haha.... gw sih uda kebal sama yg begituan.... apalagi yang Kharismatik (Pantekosta) udah biasa.....
Saya yah mikir aja... lah ini orang2 lagi muja Brahma di surga... hehe....
Sebelah2 pada jingkrak2, nangis2, bahasa roh (glossolalia) keluar semua, sampe kata temen saya ada yang kaya kerasukan kejang2. Padahal, maaf, dalam paham yoga tradisi Hindu, fenomena semacam itu bisa terjadi diakibatkan oleh symptomp kundalini ataupun dalam paham agama lainnya sebagai spirit possesion.
_/\_
The Siddha Wanderer
=)) =)) gw tiap rabu malam..mengalami kondisi itu...
Gw si ikut komat-kamit aja..
Pokoknya konyol abis dha..
Tiap rabu ke gerej*
minggu ke vihara...
Tapi gw salut ama kesaksian2 mereka..yg Ga ada habisnya
Gw punya rencana,kalo udah berkeluarga..trus kalo punya kesempatan mau buat altar..
Tapi altar design gw beda..designnya;
Di atas rupang gautama di tempel poster,isinya "bukan tempat permohonan",ato "buddha tidak akan mengabulkan permohonanmu",ato "DILARANG MEMBUAT PERMOHONAN" trus disekitar altar di tempel poster2 berupa syair DHAMAPADA yg isinya ajakan untuk mengandalkan diri sendiri...
Soalnya sebagian besar umat buddha,jika sedang bersujud didpn patung buddha pasti membuat permohonan...
Baik dari yg minta perlindungan..ampe yg minta togel juga ada..;D
setidaknya dgn altar design gw,pasti membuat sebagian umat bingung,otomatis mereka akan bertanya..di saat itulah moment yg tepat untuk 'menelanjangi' buddha-dhamma
gimana rencana gw??
Dianggap sesat ga??
'menelanjangi' <----- Sesat sesat sesat :-w
Quote from: Mr.Jhonz on 02 June 2009, 07:42:41 PM
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:07:15 PM
Quote from: xuvie on 02 June 2009, 07:00:03 PM
[at] atas
ikut KKR barusan.. ngga ikut merasakan eforia dan sensasi2? ngga merasa di'sentuh' oleh Bapa? :P
Haha.... gw sih uda kebal sama yg begituan.... apalagi yang Kharismatik (Pantekosta) udah biasa.....
Saya yah mikir aja... lah ini orang2 lagi muja Brahma di surga... hehe....
Sebelah2 pada jingkrak2, nangis2, bahasa roh (glossolalia) keluar semua, sampe kata temen saya ada yang kaya kerasukan kejang2. Padahal, maaf, dalam paham yoga tradisi Hindu, fenomena semacam itu bisa terjadi diakibatkan oleh symptomp kundalini ataupun dalam paham agama lainnya sebagai spirit possesion.
_/\_
The Siddha Wanderer
=)) =)) gw tiap rabu malam..mengalami kondisi itu...
Gw si ikut komat-kamit aja..
Pokoknya konyol abis dha..
Tiap rabu ke gerej*
minggu ke vihara...
Tapi gw salut ama kesaksian2 mereka..yg Ga ada habisnya
beberapa kali udah dimintain maju jadi kesaksian....
gw cuma senyum2 aja....
takutnya cuap2 saya membuat jenggot mereka kebakaran.... =))
Kalau mengenai yg komat kamit... gw cukup suka...
terutama yg Tantra (sorry tidak membandingkan lho)
hitung2 melemaskan lidah lho....
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 06:14:01 PM
kalo ada saya daptar duluan... ;D
Universalisasi Buddhisme = Hilangkan label Agama dari Buddhisme, Ubah Vihara menjadi perpustakaan atau tempat diskusi atau tempat pengembangan meditasi, Total translasi Sutta2 ke Bahasa Indo atau bahasa gaul, Hilangkan puja bhakti :D
bro hatRed, nanti bisa salah tafsir lho...
hati2 dgn ide yg ini,... nanti bro kena GANTUNG =))
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 08:06:59 PM
'menelanjangi' <----- Sesat sesat sesat :-w
pernah baca buku karangan andrian howley <-salah ga nulisnya? Berkebangsaan australia
Judul bukunya
naked buddhabukunya termasuk buku laris lho...
Hatred terlalu negatif thinking..
Quote from: Mr.Jhonz on 02 June 2009, 07:42:41 PM
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:07:15 PM
Quote from: xuvie on 02 June 2009, 07:00:03 PM
[at] atas
ikut KKR barusan.. ngga ikut merasakan eforia dan sensasi2? ngga merasa di'sentuh' oleh Bapa? :P
Haha.... gw sih uda kebal sama yg begituan.... apalagi yang Kharismatik (Pantekosta) udah biasa.....
Saya yah mikir aja... lah ini orang2 lagi muja Brahma di surga... hehe....
Sebelah2 pada jingkrak2, nangis2, bahasa roh (glossolalia) keluar semua, sampe kata temen saya ada yang kaya kerasukan kejang2. Padahal, maaf, dalam paham yoga tradisi Hindu, fenomena semacam itu bisa terjadi diakibatkan oleh symptomp kundalini ataupun dalam paham agama lainnya sebagai spirit possesion.
_/\_
The Siddha Wanderer
=)) =)) gw tiap rabu malam..mengalami kondisi itu...
Gw si ikut komat-kamit aja..
Pokoknya konyol abis dha..
Tiap rabu ke gerej*
minggu ke vihara...
Tapi gw salut ama kesaksian2 mereka..yg Ga ada habisnya
kesaksian itu khan karena mereka yg hubung2in aja bro........
misal ada kondisi A, mereka bilang itu krn kuasa X
Dapet bonus tahunan, dibilang itu anugerah X
Pun sebenarnya simpel kok.... kita lihat scr statistik aja, misal anggota tempat ibadah itu 50 org
Tiap org pasti pernah mengalami 1 kejadian "aneh" lah dalam 1 tahun
Berarti setiap minggu ada aja yg maju utk kesaksian khan? :))
Itu yg dibilang "ga ada habis2nya" ;D
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 07:23:10 PM
imo, meresapi cukup sekali saja..... :-?
selanjutnya cuma sebagai pengingat saja... btw bukankah pembacaan paritta ditujukan kepada makhluk alam lain :-?
Ga semua paritta ditujukan kepada mahluk alam lain bro..........
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 07:09:06 PM
Quote from: GandalfTheElder on 02 June 2009, 07:01:03 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 06:56:27 PM
Justru itu Buddhisme adalah upaya pemenuhan sati, bukan dilemahkan dengan kegiuran emosi sampai jingkrak jingkrakan.....
Na itu dia.... puja bhakti untuk sati kan bisa.
_/\_
The Siddha Wanderer
jujur aja... bukan sati yg kudapat.. tapi mulut berbusa dan lelah...dan ngantuk...
* kalo pas kebaktian... pasti deh... ngitung2 .. "duh.. tinggal berapa halaman lagi sih..." apalagi pas paritta yg gak ada nadanya.
baca paritta 1 jam rasanya capek bgt......... tapi nonton film seru, 2 jam ga kerasa :))
coba bro anggap baca paritta itu, kaya nonton film deh...... konsentrasi ke pembacaannya, selami artinya dan renungkan....
kalo emg terasa capek, bisa meditasi sambil merenungkan artinya......
sayang loh........ kita udah 1 minggu (16 jam/hari, 7 hari/minggu, total 112 jam), masa kita nyerah hanya utk 2 jam di vihara aja, yg kesempatan berbuat baik, mengembangkan batin? :whistle:
[at] markos
maap agak oot
hal ini bener sekali .. kalo liat pelem 2 jam terasa cepet , kalo meditasi, konsentrasi ... 15 menit serasa uda sejam .. 30 menit ... serasa 2 jam ... perna kaga memaksakan ... seolah kita melakukan konsentrasi seolah kita konsentrasi melihat felem gitu, .... memang terasa lebih semangat .. tp setelah selesai medit, liat jam ... ealah .. sama aja .... paling2 namba 5 menit ..
Quote from: tula on 03 June 2009, 09:46:06 AM
[at] markos
maap agak oot
hal ini bener sekali .. kalo liat pelem 2 jam terasa cepet , kalo meditasi, konsentrasi ... 15 menit serasa uda sejam .. 30 menit ... serasa 2 jam ... perna kaga memaksakan ... seolah kita melakukan konsentrasi seolah kita konsentrasi melihat felem gitu, .... memang terasa lebih semangat .. tp setelah selesai medit, liat jam ... ealah .. sama aja .... paling2 namba 5 menit ..
Kalau udah banyak latihan, semuanya akan jadi gampang...
seperti makan nasi aja koq.... hehehehehe
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 02:14:34 AM
Hallo bro Kelana, thanks atas interupsinya...
sebelumnya ada thread "kanapa Buddhism tidak diminatin.."
jadi itu isinya mengenai kekurangan2 ... kenapa tidak diminatin...
dan suatu masalah kita bisa menganalisa sisi negatifnya..
begitu juga bisa kita mencari apa yg bisa membuat nya positif.
MINAT merupakan salah satu faktor terpenting...
berapa banyak anak sekolah yg "dipaksa" belajar math, kimia, fisika, dst, dst...
karna mereka tidak minat, setelah dewasa gak ada yg menjadi AHLINYA dibidang tsb.
Kalau mencetak buku aja merupakan perbuatan baik,
bukankah membuat org lain berminat utk memperlajarin Buddhism
bisa dikategorikan perbuatan baik?
Karna kita hidup di Indonesia, maka topiknya berkisar di Indonesia
(scope nya lebih kecil, dan lebih relevan maupun mudah teratasin)...
semoga jelas, kalau tidak... silahkan tanya lagi bro Kelana...
dan mohon masukan gimana supaya org2 berminat...
Thanks atas tanggapannya,Sdr. Johan, meskipun belum menjawab secara pas.
Mungkin lebih jelasnya dari pertanyaan saya, mengapa kita harus membuat orang lain memiliki minat terhadap Buddhisme?
Dengan mengetahui niat dan tujuan kita, maka kita bisa menyusun, mencari cara apa yang bisa dan sesuai bagi kita untuk melaksanakan hal itu (membuat orang berminat), sehingga tepat sasaran.
Nah, Sdr. Andry sudah memberikan beberapa alasan. Contoh, yaitu agar lebih banyak manusia yg mengerti dhamma. Dengan demikian kita perlu mencari cara agar orang lain mengerti dhamma. Jika ingin agar tahu Tilakkhana, ya mungkin misalnya ceramah tentang Tilakkhana di genjot di berbagai media, dll
Atau alasan lain adalah hanya agar sekedar tahu saja Buddhisme itu seperti apa? Atau lebih jauh lagi? Atau agar banyak orang menjadi Buddhis?
Jika tujuan kita adalah agar orang hidup lebih berbahagia, maka cara yang kita gunakan agar ia berminat terhadap Buddhisme juga harus menggunakan cara-cara yang membahagiakannya, tidak membuat ia justru mengurangi kebahagiaan dalam hidupnya.
Beberapa oknum agama lain bertujuan untuk mencari umat , dimana konon dengan mengalihkeyakinan orang lain sebanyak-banyaknya, maka oknum tersebut akan masuk surga. Maka oknum tersebut akan melakukan apapun caranya agar ia dapat mengalihkeyakinan seseorang tanpa memperdulikan kebahagiaannya.
Demikian
Quote from: Kelana on 03 June 2009, 10:33:31 PM
Quote from: johan3000 on 02 June 2009, 02:14:34 AM
Hallo bro Kelana, thanks atas interupsinya...
sebelumnya ada thread "kanapa Buddhism tidak diminatin.."
jadi itu isinya mengenai kekurangan2 ... kenapa tidak diminatin...
dan suatu masalah kita bisa menganalisa sisi negatifnya..
begitu juga bisa kita mencari apa yg bisa membuat nya positif.
MINAT merupakan salah satu faktor terpenting...
berapa banyak anak sekolah yg "dipaksa" belajar math, kimia, fisika, dst, dst...
karna mereka tidak minat, setelah dewasa gak ada yg menjadi AHLINYA dibidang tsb.
Kalau mencetak buku aja merupakan perbuatan baik,
bukankah membuat org lain berminat utk memperlajarin Buddhism
bisa dikategorikan perbuatan baik?
Karna kita hidup di Indonesia, maka topiknya berkisar di Indonesia
(scope nya lebih kecil, dan lebih relevan maupun mudah teratasin)...
semoga jelas, kalau tidak... silahkan tanya lagi bro Kelana...
dan mohon masukan gimana supaya org2 berminat...
Thanks atas tanggapannya,Sdr. Johan, meskipun belum menjawab secara pas.
Mungkin lebih jelasnya dari pertanyaan saya, mengapa kita harus membuat orang lain memiliki minat terhadap Buddhisme?
Dengan mengetahui niat dan tujuan kita, maka kita bisa menyusun, mencari cara apa yang bisa dan sesuai bagi kita untuk melaksanakan hal itu (membuat orang berminat), sehingga tepat sasaran.
Nah, Sdr. Andry sudah memberikan beberapa alasan. Contoh, yaitu agar lebih banyak manusia yg mengerti dhamma. Dengan demikian kita perlu mencari cara agar orang lain mengerti dhamma. Jika ingin agar tahu Tilakkhana, ya mungkin misalnya ceramah tentang Tilakkhana di genjot di berbagai media, dll
Atau alasan lain adalah hanya agar sekedar tahu saja Buddhisme itu seperti apa? Atau lebih jauh lagi? Atau agar banyak orang menjadi Buddhis?
Jika tujuan kita adalah agar orang hidup lebih berbahagia, maka cara yang kita gunakan agar ia berminat terhadap Buddhisme juga harus menggunakan cara-cara yang membahagiakannya, tidak membuat ia justru mengurangi kebahagiaan dalam hidupnya.
Beberapa oknum agama lain bertujuan untuk mencari umat , dimana konon dengan mengalihkeyakinan orang lain sebanyak-banyaknya, maka oknum tersebut akan masuk surga. Maka oknum tersebut akan melakukan apapun caranya agar ia dapat mengalihkeyakinan seseorang tanpa memperdulikan kebahagiaannya.
Demikian
Bro Kelana,.... siiiiiiiiiiiiip deh jawabannya..
spt diperusahaan goalnya bisa berupa : memperbesar keuntungan, peluasan pasar, peluasan cabang...
tinggal mau yg mana atau borong semuanya.
jadi menurut bro Kelana bisa dibagi :
- Discovering Buddhism - Tilakhana, Paticca Samupada, etc
- HOW to Buddhism - Happiness, meditation, etc
Spt Discovery, dan BBC banyak memiliki seri2 tentang sesuatu....
Nah kalau Buddhism bisa mengikutin formatnya Discovery mungkin banyak orang lebih mudah mengerti...
Apakah begitu?
_/\_
Quote from: Mr.Jhonz on 02 June 2009, 08:42:45 PM
Quote from: hatRed on 02 June 2009, 08:06:59 PM
'menelanjangi' <----- Sesat sesat sesat :-w
pernah baca buku karangan andrian howley <-salah ga nulisnya? Berkebangsaan australia
Judul bukunya naked buddha
bukunya termasuk buku laris lho...
Hatred terlalu negatif thinking..
pernah dengar ya.... mau tuh... kalau bisa PM link nya.. ehheheheheh :)
Quote from: johan3000 on 03 June 2009, 10:23:29 AM
Quote from: tula on 03 June 2009, 09:46:06 AM
[at] markos
maap agak oot
hal ini bener sekali .. kalo liat pelem 2 jam terasa cepet , kalo meditasi, konsentrasi ... 15 menit serasa uda sejam .. 30 menit ... serasa 2 jam ... perna kaga memaksakan ... seolah kita melakukan konsentrasi seolah kita konsentrasi melihat felem gitu, .... memang terasa lebih semangat .. tp setelah selesai medit, liat jam ... ealah .. sama aja .... paling2 namba 5 menit ..
Kalau udah banyak latihan, semuanya akan jadi gampang...
seperti makan nasi aja koq.... hehehehehe
barusan 1st anniversary ku dlm berlatih ....
Quote from: johan3000 on 04 June 2009, 06:03:45 AM
jadi menurut bro Kelana bisa dibagi :
- Discovering Buddhism - Tilakhana, Paticca Samupada, etc
- HOW to Buddhism - Happiness, meditation, etc
Spt Discovery, dan BBC banyak memiliki seri2 tentang sesuatu....
Nah kalau Buddhism bisa mengikutin formatnya Discovery mungkin banyak orang lebih mudah mengerti...
Apakah begitu?
_/\_
Bisa saja begitu, ide bagus, ketika kita melihat bahwa televisi memiliki pengaruh yang besar bagi seseorang. Sayangnya unjung-ujungnya adalah soal dana. Bagaimana kita menyiarkannya di stasiun tv yang saat ini mayoritas bersifat komersil , dan kita tidak memiliki dana yang cukup?