Gimana spy Buddhism di Indo di MINATIN ?

Started by johan3000, 01 June 2009, 12:18:51 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

johan3000

Quote from: nyanadhana on 01 June 2009, 02:07:31 PM
Buddhism dimana2 bisa diminatin tapi itu tergantung jodoh kamma manusianya...hehehe.

Tapi, bro Nyanadhana...

Bagaimana kalau sales kita juga ikut2an ngomong.... (karna udah dpt training di DC)
 produk kita dimana2 bisa diminatin tapi itu tergantung jodoh kamma manusianya.

Lalu bosnya bilang....
gw gak mau tau deh... elu jual sampai ujung dunia, keliling terus....
kalau produknya gak laku, mendingan gak usah pulang sekalian deh...

gimana?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

nyanadhana

tapi bosnya tidak pernah bilang begitu selama 2500thn....:)
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one's own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

markosprawira

Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita

Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis

misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"

saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres"  ;D

Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual......  _/\_

100% setuju dgn bro Marcosprawira,...

product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...

kira2 begitulah..

kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)

Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......

wen78

kl Buddhism banyak yg minat, Maitreya gak nongol2 donk :))
segala post saya yg tidak berdasarkan sumber yg otentik yaitu Tripitaka, adalah post yg tidak sah yg dapat mengakibatkan kesalahanpahaman dalam memahami Buddhism. dengan demikian, mohon abaikan semua statement saya di forum ini, karena saya tidak menyertakan sumber yg otentik yaitu Tripitaka.

Jerry

Ga perlu banyak2 amat.. Makin banyak malah makin banyak masalah, ntar malah makin banyak titik lemah yg diserang propaganda2 agama lain jadinya..

Yg penting sih bisa terus survive saja.
Dan salah 1 yg plng membedakan, sulit menyatukan antara buddhisme dg agama lain, tak lain tak bukan karena patung, dan sikap umat buddha itu sendiri thdp patung.
appamadena sampadetha

Mr.Jhonz

Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:45:28 PM
Gw juga mau kasih ide dah.....

sekarang kan di TV lagi musim2nya the MASTER....

nah dari Buddist kirim satu orang utk ikut audisi the MASTER...
   Dgn kesaktian2 nya akan membuat LIMBAT jadi terpuruk... heheheh

   bayangkan beberapa juta pemirsa selain terhibur bakal menginginkan produk tsb... =))


   show #1...... melempar batu2 kecil kedalam air...
                             (menunjukan airnya normal... batu bisa jatuh)
              1a.... jalan diatas air....
              1b.....break dance diatas air
              1c.....Mengangkat naik 2 gadis cantik yg berada didalam kolam....
                      dan menyeberanginnya kesebelah pantai.... (pemirsa pasti melotot deh)

(ide aja lho.... soalnya Buddhist kan gak boleh tonjolkan kesaktiannya)....

ga setuju ama yg ini..
Kata cornelis wowor cara seperti ini adalah bentuk lobha,moha,dosa

ide johan seperti menarik simpati orang dgn wanita penggoda...

Jangan tersinggung ya om...
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Mr.Jhonz

Daripada kita mengunakan cara2 marketing yg banyak sisi negatifnya...
Lebih baik kita mengunakan diri sendiri sebagai sampel/tester dari produk(buddhisme)

ibarat kita jualan salep anti jerawat,tapi muka salesnya(kita) pada jerawatan...

Ga lucukan..kalo ada pandita emosian...
Kalo meditator/intruktur meditasi emosian...
Diri sendiri aja ga bisa di ubah,mau ngubah orang lain.."apa kata duniaaa...."
cmiiw
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Kelana

Interupsi, sedikit bertanya nih.

Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?

_/\_
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -

andry

Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita

Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis

misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"

saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres"  ;D

Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual......  _/\_

100% setuju dgn bro Marcosprawira,...

product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...

kira2 begitulah..

kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)

Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor

berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"

Samma Vayama

andry

Quote from: Kelana on 01 June 2009, 09:39:41 PM
Interupsi, sedikit bertanya nih.

Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?

_/\_
harus tanya TS nya tuh
IMO:
1. lebih banyak manusia yg mengerti dhamma > bisa mengerti tilakhana
2. damainya hidup ini
3. indonesia jadi bisa lebih maju

Jika dilihat secara makro dan di genelalisir dengan perilaku umat sekarang, plg2 perubahan indonesia 25% larr...
Samma Vayama

johan3000

Quote from: Kelana on 01 June 2009, 09:39:41 PM
Interupsi, sedikit bertanya nih.

Apa sih tujuannya dari: gimana supaya Buddhisme di Indonesia di minati?

_/\_

Hallo bro Kelana, thanks atas interupsinya...

sebelumnya ada thread "kanapa Buddhism tidak diminatin.."
jadi itu isinya mengenai kekurangan2 ... kenapa tidak diminatin...
dan suatu masalah kita bisa menganalisa sisi negatifnya..
begitu juga bisa kita mencari apa yg bisa membuat nya positif.

MINAT merupakan salah satu faktor terpenting...
berapa banyak anak sekolah yg "dipaksa" belajar math, kimia, fisika, dst, dst...
karna mereka tidak minat, setelah dewasa gak ada yg menjadi AHLINYA dibidang tsb.

Kalau mencetak buku aja merupakan perbuatan baik,
bukankah membuat org lain berminat utk memperlajarin Buddhism
   bisa dikategorikan perbuatan baik?

Karna kita hidup di Indonesia, maka topiknya berkisar di Indonesia
(scope nya lebih kecil, dan lebih relevan maupun mudah teratasin)...

semoga jelas, kalau tidak... silahkan tanya lagi bro Kelana...
dan mohon masukan gimana supaya org2 berminat...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: andry on 02 June 2009, 01:08:11 AM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 04:09:52 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:37:27 PM
Quote from: markosprawira on 01 June 2009, 01:05:59 PM
Kalo saya saran sih, sebelum kita jualan produk (Buddhism), hendaknya kita menguasai dulu produk itu......
Utamanya adalah menjalankan Buddhism itu sendiri dalam keseharian kita

Ga perlu langsung bilang meditasi tapi mengajarkan hal2 yg relevan, yg belum bisa diterangkan di paham lain tapi di buddhism bisa dijelaskan secara logis

misal pd wkt temen stres kena SP, saya tanya ke dia "tau dong kalo stres itu ngundang penyakit?"
dia blg : "ya tau lah"
saya tanya : "nah apa elu dibyr/digaji utk stres?"
dia blg : "ya ngga sih"
saya tanya lagi : "apa dengan stres, elu bisa beresin kerjaan?"
dia blg : "ya ngga lah"

saya bilang : "kalo gitu, ngapain stres? fisik sakit, kerjaan ga beres, pun kita ga digaji utk stres"  ;D

Singkat kata, kalau mau jualan, kuasailah produk yg akan dijual......  _/\_

100% setuju dgn bro Marcosprawira,...

product knowledge harus dikuasain,.. dan sendiri juga harus menggunakan produk tsb...
dan memperlihatkan manfaat dari produk tsb...
dan dikomunikasikan dgn cara yg menarik, dan mudah dimengerti orang awam...

kira2 begitulah..

kalo org marketing sih, dasar utama mereka adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), serta 6 P (Price, Place, Promotion, Product, Public Relation, Power)

Nah tinggal dipetakan aja bagaimana SWOT dan 6P yg udah dijalankan biar ketahuan mana yg lemahnya.......
berarti sebelumnya harus dilakkan market analysis dulu dong?
lalu segmentasi pasar
lalu harus d forecast untuk targeting consumer
dan product positoning>> harus dibikin product positioning map neh...+ taruh competitor

berdasarkan analysis, ditemukan adanya distinctive advantage dari produk kita neh...
mau main d pasar pun masuk, tapi barrier nya adalah produk tersebut sudah "bad image"
makanya harus development jadi "good image" walaupun memang "good seh dari awalnya"


Wah...bro Indra sptnya pakar marketing tuh.....

bisa banyak yg jadi minat kalau di Indonesia memiliki
TK, SD, SMP, SMU, Universitas Buddhist bertaraf International...dgn harga bersaing.
pelajaran/subjectnya spt sekolah/uni biasanya tetapi 'berwawasan/moral" Buddhist...

Muridnya juga boleh dari non Buddhist

Mungkin begitu....pasti banyak yg berminat (terutama dari kalangan Buddhist)

6P yg terakhir POWER (apa itu ya?)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: Mr.Jhonz on 01 June 2009, 09:05:49 PM
Daripada kita mengunakan cara2 marketing yg banyak sisi negatifnya...
Lebih baik kita mengunakan diri sendiri sebagai sampel/tester dari produk(buddhisme)

ibarat kita jualan salep anti jerawat,tapi muka salesnya(kita) pada jerawatan...

Ga lucukan..kalo ada pandita emosian...
Kalo meditator/intruktur meditasi emosian...
Diri sendiri aja ga bisa di ubah,mau ngubah orang lain.."apa kata duniaaa...."
cmiiw


siiip bro jawabannya...
tetapi tetangga menggunakan salah satu personal F4 (penyanyi Taiwan lho)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: Mr.Jhonz on 01 June 2009, 08:47:57 PM
Quote from: johan3000 on 01 June 2009, 01:45:28 PM
Gw juga mau kasih ide dah.....

sekarang kan di TV lagi musim2nya the MASTER....

nah dari Buddist kirim satu orang utk ikut audisi the MASTER...
   Dgn kesaktian2 nya akan membuat LIMBAT jadi terpuruk... heheheh

   bayangkan beberapa juta pemirsa selain terhibur bakal menginginkan produk tsb... =))


   show #1...... melempar batu2 kecil kedalam air...
                             (menunjukan airnya normal... batu bisa jatuh)
              1a.... jalan diatas air....
              1b.....break dance diatas air
              1c.....Mengangkat naik 2 gadis cantik yg berada didalam kolam....
                      dan menyeberanginnya kesebelah pantai.... (pemirsa pasti melotot deh)

(ide aja lho.... soalnya Buddhist kan gak boleh tonjolkan kesaktiannya)....

ga setuju ama yg ini..
Kata cornelis wowor cara seperti ini adalah bentuk lobha,moha,dosa

ide johan seperti menarik simpati orang dgn wanita penggoda...

Jangan tersinggung ya om...

bro sejah bahulu kala....
   duit, kekuasaan, dan wanita penggoda merupakan salah satu senjata ampuh lho.


Jelas tidak tersinggung.... kalau dikit2 tersinggung, gimana mau jadi SALES lagi?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

johan3000

Quote from: xuvie on 01 June 2009, 08:31:19 PM
Ga perlu banyak2 amat.. Makin banyak malah makin banyak masalah, ntar malah makin banyak titik lemah yg diserang propaganda2 agama lain jadinya..

Yg penting sih bisa terus survive saja.
Dan salah 1 yg plng membedakan, sulit menyatukan antara buddhisme dg agama lain, tak lain tak bukan karena patung, dan sikap umat buddha itu sendiri thdp patung.


Yg penting sih bisa terus survive saja.

Kalau kalimat yg diatas, gw kurang setuju deh....
kalau produknya bagus,... seharusnya jadi TOP BRAND deh...
(mungkin budget promosi lagi tipis ya...)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya