Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?  (Read 45446 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« on: 23 February 2009, 07:09:47 AM »
Rekan2x,

Ada banyak pertanyaan tentang rekening bukan atas nama yayasan, menurut rekan2x apakah lebih baik dibuat yayasan? mungkin ada masukan, pendapat, kelebihan dan kekurangannya.

terima kasih
« Last Edit: 23 February 2009, 07:12:52 AM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhamamCitta ?
« Reply #1 on: 23 February 2009, 07:12:20 AM »
pertama2, apa syaratnya membentuk yayasan...

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #2 on: 23 February 2009, 07:42:59 AM »
Kalau rekening (penerima sumbangan) sebaiknya sama dgn nama Yayasan,
sehingga lebih professional. Tetapi utk memulainya boleh pakai nama pribadi
yg udah sangat dipercaya orang2.

Nah kalau udah berjalan, sudah jelas (utk orang luar), rekening penerima
sama dgn nama yayasan adalah terbaik.

Apakah DC akan berjalan lebih baik kalau dibuat Yayasan....
   mungkin yg lain bisa memberikan masukan!

Semoga DC lebih maju lagi!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #3 on: 23 February 2009, 08:05:37 AM »
Apakah SDM DC sudah siap ke arah itu ?
Lalu visi dan misinya apa ?
Di tingkat organisasi saja, perlu ada AD/ART-nya loh..
Siapa tahu suatu saat bisa sebesar Yayasan Buddha Tzu Chi
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #4 on: 23 February 2009, 08:17:15 AM »
masalahnya semua yg di DC itu tidak ada yg full time. mungkin bener jug kata bos equator, kita perlu catet apa kegiatan yg hrus dilakukan oleh sebuah yayasan, jadi kita bisa tahu beban kerja tambahan yg ada. Apakah masih bisa dihandle dengan baik.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #5 on: 23 February 2009, 08:19:18 AM »
klo ditanya uda siap atau belum, harus siap... secara ke depan pasti proyek2 sosial dc akan besar... dan untuk menggali kepercayaan luas ada baiknya mulai dipikirkan pembentukan yayasan... nah ada yang tau persyaratan dan lain2nya utk pembentukan yayasan?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #6 on: 23 February 2009, 08:22:27 AM »
gw ngelamar dach jd jd tukang sapu... ;D <== full time

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #7 on: 23 February 2009, 08:26:03 AM »
Rasanya perlu pengesahan akta dari notaris segala deh buat membnetuk yayasan
Kalo memang SDM-nya sudah siap berkontribusi penuh terhadap DC, serta visi dan misinya sudah jelas baik jangka pendek ataupun jangka panjang
Tapi yang paling penting disini adalah komitmen dari para anggota komunitas untuk tetap exist dalam situasi apapun
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #8 on: 23 February 2009, 08:29:13 AM »
keknya perlu disusun sih nanti yg bisa komit.

tapi kita perlu tahu dulu bos, step2xnya dan kewajiban2x yg harus dilakukan oleh sebuah yayasan, terutama ke pemerintah dst nya sih.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #9 on: 23 February 2009, 08:36:25 AM »
Quote
Yayasan

Yayasan Data Pendukungnya adalah :

a. Akta yayasan (yang dikeluarkan oleh Notaris).

b. Domisili

c. NPWP.

d. SK ( Surat Keputusan) Kehakiman.

Syarat-syarat Umum Pembuatan yayasan :

Fotocopy KTP Para Pendiri.

Fotocopy KK (kartu Keluarga) Ketua Pengurus Yayasan.

Ketentuan :

Yayasan didirikan minimal terdiri dari 5 Orang Pendiri dengan jabatan :

Pembina

Pengurus (Ketua, Sekretaris, Bendahara)

Penasehat

Untuk Paket diatas kami beri harga Rp. 3.250.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah).

http://bambangtko.wordpress.com/2008/01/19/penawaran-jasa-pembuatan-surat-surat-perusahaanyayasan-dll/

gw ambil dari situ, mungkin bisa jd bahan pertimbangan...

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #10 on: 23 February 2009, 08:44:24 AM »
Kayak Pembentukan Sangha nih, minimal 5 orang
Tapi bro Hendra, itu harga penawaran 19 jan'08 loh, sekarang pasti ada kenaikan tarif tentunya
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #11 on: 23 February 2009, 08:45:19 AM »
mo bentuk yayasan?

donatur-nya sudah banyak belum? :hammer:

apa kata om, aku setuju saja, aku mendukung saja dech.... :P
hidup om benz!!!

ngomong2, posisi OB sudah terisi belum ya?
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #12 on: 23 February 2009, 08:46:53 AM »
Kayak Pembentukan Sangha nih, minimal 5 orang
Tapi bro Hendra, itu harga penawaran 19 jan'08 loh, sekarang pasti ada kenaikan tarif tentunya

persyaratannya yg diliat om... ;D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.397
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #13 on: 23 February 2009, 08:47:34 AM »
banyak bener perlu 5

disini sih 1 jg bisa

Pendirian suatu Yayasan berdasarkan Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 mengenai Yayasan, yang diubah dengan Undang-Undang No. 28 Tahun 2004, diatur dalam pasal 9 UU No. 16/2001, yaitu:
1. Minimal didirikan oleh satu orang atau lebih.
Yang dimaksud “Satu orang” di sini bisa berupa orang perorangan, bisa juga berupa badan hukum. Pendiri yayasan boleh WNI, tapi juga boleh orang asing (WNA atau Badan hukum asing). Namun demikian, untuk pendirian yayasan oleh orang asing atau bersama-sama dengan orang asing akan ditetapkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah (pasal 9 ayat 5).
2. Pendiri tersebut harus memisahkan kekayaan pribadinya dengan kekayaan Yayasan.
Hal ini sama seperti PT, dimana pendiri “menyetorkan” sejumlah uang kepada Yayasan, untuk kemdian uang tersebut selanjutnya menjadi Modal awal/kekayaan Yayasan.
3. Dibuat dalam bentuk akta Notaris yang kemudian di ajukan pengesahannya pada Menteri Kehakiman dan Hak Azasi Manusia, serta diumumkan dalam berita negara Republik Indonesia.

Dalam prakteknya, jika seseorang ingin mendirikan suatu yayasan, maka pertama-tama orang tersebut harus memiliki calon nama. Nama tersebut kemudian di cek melalui Notaris ke Departemen Kehakiman. Karena proses pengecekan dan pengesahan yayasan masih dalam bentuk manual (berbeda dengan PT yang sudah melalui sistem elektronik), maka untuk pengecekan nama tersebut calon pendiri harus menunggu selama 1 bulan untuk mendapatkan kepastian apakah nama tersebut dapat digunakan atau tidak. Karena proses yang cukup lama tersebut, sebaiknya calon pendiri menyiapkan beberapa nama sebagai cadangan.

Selama menunggu persetujuan penggunaan nama tersebut, calon pendiri dapat menyiapkan beberapa hal yang akan dicantumkan dalam akta pendirian yayasan (lihat contoh akta pendirian yayasan), yaitu:
1. Maksud dan tujuan yayasan, secara baku terdiri dari 3 unsur saja, yaitu: sosial-kemanusiaan, dan keagamaan.
2. Jumlah kekayaan yang dipisahkan dari kekayaan pendirinya, yang nantinya akan digunakan sebagai modal awal yayasan.
3. Membentuk Susunan Pengurus yang minimal terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara (pasal 32 ayat 2) untuk jangka waktu kepengurusan selama 5 tahun.
4. Membentuk Pengawas (minimal 1 orang), yang merupakan orang yang berbeda dengan pendiri maupun pengurus (pasal 40 ayat 2 dan ayat 4).
5. Menyiapkan program kerja Yayasan, yang ditanda-tangani oleh Ketua, sekretaris dan bendahara.

Setelah nama yang dipesan disetujui, maka pendiri harus segera menindak lanjuti pendirian Yayasan tersebut dengan menanda-tangani akta notaris. Notaris akan segera memproses pengesahan dari Yayasan tersebut dalam waktu maksimal 1 (satu) bulan sejak persetujuan penggunaan nama dari Departemen Kehakiman. Karena apabila proses pengesahan tidak dilakukan dalam waktu 1 bulan sejak persetujuan penggunaan nama, maka pemesanan nama tersebut menjadi gugur dan nama tersebut bisa digunakan oleh yayasan lain.

Untuk melengkapi legalitas suatu yayasan, maka diperlukan ijin-ijin standard yang meliputi:
1. Surat keterangan domisili Perusahaan (SKDP) dari Kelurahan/kecamatan setempat
2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Yayasan
3. Ijin dari Dinas sosial (merupakan pelengkap, jika diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial) atau
4. Ijin/terdaftar di Departemen Agama untuk Yayasan yang bersifat keagamaan (jika diperlukan).

Sebagai penutup, sekali lagi perlu dicermati bahwa pendirian yayasan pada saat ini harus di ikuti tujuan yang benar-benar bersifat sosial. Karena sejak berlakunya Undang-Undang No. 16/2001, maka yayasan tidak bisa digunakan sebagai sarana kegiatan yang bersifat komersial dan harus murni bersifat sosial.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Apakah penting pembentukan Yayasan DhammaCitta ?
« Reply #14 on: 23 February 2009, 08:47:59 AM »
mo bentuk yayasan?

donatur-nya sudah banyak belum? :hammer:

apa kata om, aku setuju saja, aku mendukung saja dech.... :P
hidup om benz!!!

ngomong2, posisi OB sudah terisi belum ya?

gw ngelamar dach jd jd tukang sapu... ;D <== full time

sorry napis... OB uda terisi oleh gw.. :D tp terbuka lowongan jd wakil OB mao gak :))