Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK]Sotapanna  (Read 18318 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
[ASK]Sotapanna
« on: 12 July 2008, 03:38:25 PM »
Saya mau tanya tentang sotapanna,apakah setelah "mencapai" sotapanna tidak bisa kembali menjadi "umat awam"?

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #1 on: 12 July 2008, 04:37:09 PM »
konon katanya demikian..... maks terlahir 7x lagi
There is no place like 127.0.0.1

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #2 on: 12 July 2008, 04:40:09 PM »
konon katanya demikian..... maks terlahir 7x lagi
Apakah ketika kita "mencapai" sotapana pada kehidupan ini,kita sudah tidak bisa "kehilangannya" lagi ya?Misalnya seperti "ingin" balik seperti biasanya...

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #3 on: 12 July 2008, 05:06:08 PM »
sayangnya ... tidak.... :(

There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #4 on: 12 July 2008, 05:13:18 PM »
tidak bs menjadi umat awam setelah sotapanna, dan terlahir max 7X

pertanyaan gw: terlahir kembali sebagai apa (dalam kurun waktu 7X tersebut)?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #5 on: 12 July 2008, 05:20:41 PM »
secara katanya tidak dialam rendah, yah.... manussa keatas
There is no place like 127.0.0.1

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #6 on: 12 July 2008, 05:22:41 PM »
secara katanya tidak dialam rendah, yah.... manussa keatas

mending jd 1/2 sotapanna aja dach kan mantep jd orang lagi bs betapa :))

Offline Fudotakika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.257
  • Reputasi: 67
  • FUDO
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #7 on: 12 July 2008, 06:24:18 PM »
kalo bisa jadi alam, kenapa mesti jadi manusia lagi?
THE WORLD IS JUST AWESOME

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #8 on: 12 July 2008, 08:25:28 PM »
sayangnya untungnya... tidak.... :(

ralat, suhu.. :))
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #9 on: 12 July 2008, 09:46:05 PM »
sayangnya ... tidak.... :(
Thanks,i get the point....
Berati setelah sotapana(memasuki arus) kita tidak bisa kembali lagi....

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #10 on: 12 July 2008, 09:49:00 PM »
ow iya,tau dari mana yah kalo kita sudah memasuki arus? atau sudah mencapai pencerahan tertentu?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #11 on: 12 July 2008, 09:52:56 PM »
Kayaknya kita sendiri tidak sadar kalau sudah sotapana....
Sotapana itu bukan orang yang suci2 banget yang kayak dideskripsikan oleh orang banyak...
Kayak lagu : "Sotapana juga manusia,punya hati....." ^-^

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #12 on: 12 July 2008, 10:19:46 PM »
kalo bisa jadi alam, kenapa mesti jadi manusia lagi?
Betul banget.....:)
Just question for the god......

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #13 on: 13 July 2008, 10:32:25 AM »
ow iya,tau dari mana yah kalo kita sudah memasuki arus? atau sudah mencapai pencerahan tertentu?

Coba liat di http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2764.msg44083.html#new

 _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: [ASK]Sotapanna
« Reply #14 on: 13 July 2008, 11:40:48 PM »
Sama seperti ketika kita kekenyangan.
apakah orang lain tahu ? bahwa perut kita sudah sangat kenyang?
setelah kenyang bisa balik lagi gak? duh pengen laper lagi nih (???)
Samma Vayama