//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?  (Read 41530 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #75 on: 21 July 2008, 10:43:22 PM »
Apakah ditemukan jawaban ketika menjawab pertanyaan dengan pertanyaan ???
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 773
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #76 on: 22 July 2008, 08:15:07 AM »
Yang Bisa memahami jawaban dari pertanyaan dijawab pertanyaan adalah Penerus ZEN.. :))

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #77 on: 22 July 2008, 08:17:22 AM »
Menurut Pak Hud jalan mulia beruas 8 itu bisa membawa kebebasan tidak? (cuma nanya, jadi mau tahu gimana pandangan Pak Hud mengenai jalan beruas 8 ) :))

Pertanyaan ini saya pindahkan ke thread baru, karena saya anggap penting. Di sini sudah OOT.

Salam,
hudoyo

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #78 on: 22 July 2008, 12:53:32 PM »
Yang Bisa memahami jawaban dari pertanyaan dijawab pertanyaan adalah Penerus ZEN.. :))

tp banyak loh yg merasa dirinya PENERUS ZEN  ;D ;D ;D

Jinaraga termasuk gk yahhh ::)
« Last Edit: 22 July 2008, 01:06:47 PM by Jinaraga »

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #79 on: 08 September 2008, 11:08:30 PM »
Daripada ribut mendingan meditasi sampai mencapai arahat deh baru tahu sperti apa kondisinya kok repot banget sih

Offline inJulia

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 256
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #80 on: 17 September 2008, 03:37:51 PM »
^
Mengikuti gerak pikiran itu mengasyikkan. ;-)
Makanya, diskusi, debat, ngobrol, nggosip itu lebih mengasyikkan dp bermeditasi.

Offline darkmarket

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 17
  • Reputasi: -3
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #81 on: 04 October 2008, 07:19:42 PM »
hari gini masi percaya yg bgituan
walaupun sudah ada dlm tulisan nyata
tapi itu hanyalah sebuah tulisan dan hanya bersifat sebuah wacana...

alangkah baiknya bila di tinjau / di kaji lebih lanjut dalam batin masing2 wkwkwk
lagian yg namanya bikkhu itu hanyalah status.....
di dlm forum ini sama halnya dengan newbie s/d admin

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #82 on: 06 October 2008, 10:56:46 AM »
hari gini masi percaya yg bgituan
walaupun sudah ada dlm tulisan nyata
tapi itu hanyalah sebuah tulisan dan hanya bersifat sebuah wacana...

alangkah baiknya bila di tinjau / di kaji lebih lanjut dalam batin masing2 wkwkwk
lagian yg namanya bikkhu itu hanyalah status.....
di dlm forum ini sama halnya dengan newbie s/d admin

dear bro....

anumodana atas pencerahannya........

betul sekali....... sering terjadi dimana kita mengagung2kan merek  :-[

sangat mencerahkan sekali.......  _/\_

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #83 on: 15 November 2008, 09:34:30 AM »
berdebat hal tak berguna.

jadikanlah diri anda arahat baru anda akan tahu jawaban-nya.
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #84 on: 14 December 2008, 02:57:43 AM »
yah... mengenai "7 hari" tsb memang agak meragukan... ;D
rasanya dulu pernah saya tanyakan juga dg Rekan Sumedho & Karuna.
mereka berpendapat sama...

Menurut saya, mitos ini berkembang bersama dengan perkembangan Theravada di India pada waktu itu, di mana sangha menjadi semacam kasta elite di atas umat awam.

Inilah salah satu faktor berkembangnya Mahasanghika dengan doktrin Bodhisattva-nya.  :P ^:)^ ^:)^

Salam,
hudoyo
ah.. menurut pendapat saya tidak ada pengaruhnya..
secara teori, begitu mencapai tingkat arahat tidak ada bedanya antara hidup singkat maupun lama.. :)

Ya setuju ... bagi si arahat sih tidak ada bedanya.

Yang saya tanyakan, apakah betul pendapat yang mengatakan kalau arahat tidak jadi bhikkhu ia akan mati dalam waktu 7 hari ... Kalau ya, apa alasannya? ...

 


Salam,
hudoyo

:ngomel: w punya bukti nih om :>- hehe hehe....

waktu kehidupan Sang Buddha, ada seorang Arahat perumah tangga, yaitu papanya pangeran Siddharta sendiri :>-  yaitu Raja Suddhodana...

Beliau juga dah Arahat (klo ga salah yo :P ) w blum ada bukti yg jelas nih  :( soalnya buku Riwayat Hidup Buddha Gotamanya ilang  :'( :'( :'( :'( :'( entah ke mana perginyo huhu...)

tapi lalu meninggal dunia, krn dah 7 hari  ato sakit (klo gak salah yo... :P setiap hari jwb sesuatu yg kgk pasti, pasti kek gitu neh...)

itu Arahat perumah tangga lhoo ho ho ho... ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^)
klo 7 hari kagak Nibbana, mana mungkin Arahat dibagi jenisnya lagi kan, om. kan? kan? :-[ :-[ :-[
Pasti kan hanya ada 1 jenis Arahat klo kek gitu...
 
Klo mo bukti yg jelas, om sendiri coba test aja sendiri,

sorii yo om  ^:)^
 kayaknya w dah ngomong yg kasar yo...  ^:)^ ^:)^ ^:)^
 
_/\_ yoo om



May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #85 on: 14 December 2008, 03:44:55 AM »
oh... referensi yg mengenai 7 hari ada di Milinda Panha

Milinda Panha berasal dari zaman Raja Menander, abad ke-2 SM, sekitar 400 tahun setelah zaman Sang Buddha. ...

Kalau tidak ada referensi yang berasal dari zaman Sang Buddha ... saya meragukan kebenaran pendapat itu. ...

Salam,
hudoyo
Raja Suddhodana referensi dari zaman Sang Buddha sendiri lho, om... :-[ :-[ :-[
Harus yakin lho oom, w ambil dari Zaman Sang Buddha sendiri lho, om...

 
ah.. menurut pendapat saya tidak ada pengaruhnya..
secara teori, begitu mencapai tingkat arahat tidak ada bedanya antara hidup singkat maupun lama.. :)

Ya setuju ... bagi si arahat sih tidak ada bedanya.

Yang saya tanyakan, apakah betul pendapat yang mengatakan kalau arahat tidak jadi bhikkhu ia akan mati dalam waktu 7 hari ... Kalau ya, apa alasannya? ...

Salam,
hudoyo

Ya, om w jawab ,ya.
Alasannya:  karena kita kagak pernah temuiin Arahat perumah tangga yang masih hidup lebih dari 7 harii di Tipitaka maupun pada kenyataannya lho.,  kan? kan Om, kan?? :-[ :-[ :-[
 
metta cttena,

    _/\_

    Citta


May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #86 on: 14 December 2008, 05:38:04 PM »
sy tidak mengerti apa kaitannya seorang bodhisatva dengan7 hari menjadi bikhu
yg sy tahu adalah
tubuh menjadi raga penuh kemuliaan....
jiwa menyatu dengan roh
dan roh akan membawa tubuh,jiwa ke alam nibana yg menjadi pusat tujuan perputaran kehidupan mahluk hidup di semesta alam............................

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #87 on: 14 December 2008, 06:37:30 PM »
sy tidak mengerti apa kaitannya seorang bodhisatva dengan7 hari menjadi bikhu
yg sy tahu adalah
tubuh menjadi raga penuh kemuliaan....
jiwa menyatu dengan roh
dan roh akan membawa tubuh,jiwa ke alam nibana yg menjadi pusat tujuan perputaran kehidupan mahluk hidup di semesta alam............................

NGACO

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #88 on: 14 December 2008, 06:42:07 PM »
sy tidak mengerti apa kaitannya seorang bodhisatva dengan7 hari menjadi bikhu
yg sy tahu adalah
tubuh menjadi raga penuh kemuliaan....
jiwa menyatu dengan roh
dan roh akan membawa tubuh,jiwa ke alam nibana yg menjadi pusat tujuan perputaran kehidupan mahluk hidup di semesta alam............................

NGACO
Nah lho :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Arahat dalam waktu 7 hari harus menjadi bhikkhu?
« Reply #89 on: 14 December 2008, 07:58:40 PM »
:))

Tapi memang betul, kalau kita berbicara sesuatu setidaknya harus ada buktinya.
Apa buktinya Sang Buddha bicara tentang tubuh menjadi raga, roh dan jiwa?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days