Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pengalaman paling memuakkan!!  (Read 62388 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Pengalaman paling memuakkan!!
« on: 02 June 2008, 02:35:31 AM »
NB :Ini adalah pengalaman pribadi saya.Tidak ada sangkut paut dengan suatu badan atau pun label organisasi Buddhis tertentu.Topik ini saya buka karena saya terlalu kesal dengan kenyataan yang ada. Harap bagi yang membacanya dapat berpikir lebih jernih dari pada saya.

Kebetulan akhir-akhir ini saya sedang dekat dengan seorang bhiksu.Bhiksu ini cukup memiliki jabatan dalam oragnisasi Sangha.Karena ia memank bagian dari sebuah organisasi sangha, 1 point yang saya dapat, beliau memank seorang bhiksu, bukan bhiksu gadungan yang tidak jelas asal pakai jubah.Semakin lama, saya semakin sering berhubungan dengan bhiksu tersebut dan semakin mengenal beberapa bhiksu, dan awal ini lah yang mengubah cara pandang saya sepenuhnya terhadap AGAMA & ANGGOTA SANGHA.

Kebetulan beberapa waktu lalu sedang diadakan acara puja bhakti waisak yang cukup besar.Karena saya dekat dengan bhiksu yang berpangkat tersebut, saya diundang atau lebih tepatnya diajak untuk menemani dan mengantar bhiksu dan beberapa bhiksu lainnya.Saya tidak masalah untuk itu, lagi pula saya memang melakukan hal tersebut dengan keinginan saya sendiri, tetapi kejadian tersebut membukakan mata saya sepenuhnya.

Selama perjalanan, ada hampir semua bhiksu yang ada berperilaku dan bersikap bukan sebagai anggot sangha, tetapi lebih seperti pria2 botak yang menggunakan baju kuning yang berakting sebagai orang suci!!! Selama di perjalanan, inilah PELAJARAN yang saya dapat :
1. Seorang anggota Sangha menggosipkan anggota sangha lain sebagai homo, banci, mata duitan, dll
2. Seorang anggota Sangha memaki2 dengan kata-kata binatang pada saat marah.
3. Seorang anggota Sangha dengan kesadaran menyuruh saya untuk berbohong.
4. Seorang anggota Sangha mengomentari penari2 cantik, dan menanyakan saya " menurut kamu yang mana yang cantik? Eh, carikan no hp dia donk".
5. Seorang anggota Sangha menyombongkan urutan generasi mereka.
6. Seorang anggota Sangha menanyakan tanggal lahir saya dll, dan mencoba meramal saya.
7. Seorang anggota Sangha menerima uang secara langsung dan mengatakan uang tersebut akan diberikan untuk vihara, PADAHAL ANGGOTA SANGHA TERSEBUT TIDAK MEMILIKI/ TINGGAL DI VIHARA ATAU CETYA!!
8. Seorang anggota Sangha mengomentari makanan yang disajikan tidak enak dan terlalu sedikit.
9. Seorang anggota Sangha menelepon saya dengan pura2 merubah suara dgn nomor yang tidak dikenal dan menanyakan sama saya "kamu suka laki2 atau perempuan?Kamu masa tidak ingat sama saya?Teganya kamu melupakan saya?Kamu kalau sama laki2 d ranjang sebagai perempuan atau pria?Kamu masa tidak suka laki2, kalau bohong dosa lho, bisa masuk neraka"

Setelah berkelakar dengan seenak lidah mereka, pada saat bertemu umat mereka bersikap sangat hormat dan menerima pujaan dari umat2.Dipuja dan di berikan tempat VIP, berbicara mengenai renungan Waisak, dan berbicara mengenai Dhamma!!

Pengalaman ini sungguh menjijikkan dan merubah pandangan saya sepenuhnya.Saya masih menghormati Buddha, Dhamma dan Sangha. Tetapi berhati-hatilah dengan beberapa anggota Sangha yang cukup terkenal, meyakinkan, tetapi asli-nya hanyalah seorang penipu rendah!

Kejadian ini semakin menguatkan saya untuk tidak melabeli diri saya dengan AGAMA , apalagi dengan melabeli diri aliran2 tertentu.
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline SaddhaMitta

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.327
  • Reputasi: 99
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #1 on: 02 June 2008, 04:00:12 AM »
Wah... no comment deh.
Seperti air sungai Gangga yang mengalir, meluncur, mengarah ke timur,
demikian juga barang siapa yang melakukan dan berbuat banyak didalam Delapan Jalan kebenaran, mengalir, melucur, mengarah ke Nibbana.

(Samyutta Nikaya)

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #2 on: 02 June 2008, 04:29:53 AM »
Kebetulan akhir-akhir ini saya sedang dekat dengan seorang bhiksu. [...]

Ini pengalaman nyata Rekan Edward, yang masih polos, bukan gossip ... Sungguh memrihatinkan, bukan. ...

Pesan saya kepada Rekan-Rekan Buddhis yang membaca ini: Berikanlah yang terbaik dari diri kita masing-masing kepada Buddha Dhamma.

Salam,
hudoyo

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #3 on: 02 June 2008, 05:57:02 AM »
pembebasan itu dicari didalam bukan diluar, jadikanlah dirimu sebagai pulaumu, sebagai pelindungmu. :)
Let it go bro edward, let it go. Itulah fakta dunia memang tidak memuaskan harapan dan keinginan kita.

Seperti kata Pak Hudoyo, mari kita berikan yg terbaik, semoga bisa banyak membawa manfaat untuk semua.
« Last Edit: 02 June 2008, 05:59:14 AM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #4 on: 02 June 2008, 06:46:21 AM »
Hmmm, aye juga pernah tuh, di cium ama bhiksu, trus menggerayangi paha aye, padahal tuh bhiksu dah senior. Pengalaman ini sebelum aye kenal Buddha dhamma lho.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #5 on: 02 June 2008, 07:33:00 AM »
hahaha edwar cucu ku perjalanan masih panjang
bersyukurlah ada kondisi seperti itu yang kau lihat dan dengar
ngak semua orang yang bisa....
jangan berhenti dwar....
yang harus di ubah adalah....berhenti melihat di luar....lihatlah kedalam....
lakukanlah yang terbaik saat ini...hiduplah pada saat ini...ok

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #6 on: 02 June 2008, 07:54:26 AM »
Dari awal saya mulai dekat dengan seorang anggota sangha saya sudah diingatkan untuk berhati-hati oleh ie2 saya akan kualitas seorang bhikku sangha saat ini yang sudah jarang sekali benar2 tulus dalam membabarkan dhamma. Dan sebenarnya saya pun sudah berusaha mengantisipasi kenyaataan yang ada.

Saya masih beruntung dapat mengetahui kenyataan yang ada berhubungan dengan Sangha tanpa merusak persepsi saya terhadap dhamma.Untungnya justru saya mengenal dhamma terlebih dahulu di forum ini daripada mengenal dhamma bohongan dari seorang seorang anggota sangha.

Saya justru merasa topik ini harus dibuka agar orang-orang yang ingin mengenal dhamma dapat lebih berhati-hati.Tetapkan pikiran netral, karena saya merasa tidak adil jika karena kerendahan martabat beberapa anggota sangha justru mencoreng anggota sangha yang lain yang mungkin saja memank tulus dalam membabarkan dhamma.

Apakah saya marah?Apakah saya kesal?Apakah saya kecewa? Tentu saja. Tapi hal tersebut sudah lewat, life must go on...Saya mungkin untuk sementara akan menjauhi semua atribut keagamaan karena jujur masih ada kekesalan. Tapi saya tidak akan menjauhi Buddha Dhamma.
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #7 on: 02 June 2008, 08:05:09 AM »
hahaha edwar cucu ku perjalanan masih panjang
bersyukurlah ada kondisi seperti itu yang kau lihat dan dengar
ngak semua orang yang bisa....
jangan berhenti dwar....
yang harus di ubah adalah....berhenti melihat di luar....lihatlah kedalam....
lakukanlah yang terbaik saat ini...hiduplah pada saat ini...ok

Duh, ci Evo sudah pengen jadi nenek yah manggil cucu?? ^-^

Yup, perjalanan baru saja mulai dan perjalanan akan panjang atau pendek tidak seorang pun tahu dan akhir perjalanan ini masih belum jelas bagaimana akan berakhir.

Tapi, the next question is, apakah ada yang dapat kita lakukan terhadap kebohongan ini? Apakah ada semacam 'pihak berwajib' yang dapat menghukum anggota sangha yang tidak bertanggungjawab?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #8 on: 02 June 2008, 08:10:05 AM »
Kalau di negara Buddhis, seperti Thailand, ada undang-undang yang menghukum bhikkhu-bhikkhu yang melakukan pelanggaran berat vinaya, misalnya melakukan hubungan seksual.

Tapi di Indonesia tidak ada undang-undang seperti itu, dan setiap sangha, bahkan setiap bhikkhu/bhiksu pada dasarnya bebas, tidak bergantung pada siapa pun.

Salam,
hudoyo

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #9 on: 02 June 2008, 08:17:30 AM »
Kalau di negara Buddhis, seperti Thailand, ada undang-undang yang menghukum bhikkhu-bhikkhu yang melakukan pelanggaran berat vinaya, misalnya melakukan hubungan seksual.

Tapi di Indonesia tidak ada undang-undang seperti itu, dan setiap sangha, bahkan setiap bhikkhu/bhiksu pada dasarnya bebas, tidak bergantung pada siapa pun.

Salam,
hudoyo
Makanya juga pernah terdengar kabar miring, enak banget menjadi biksu di Indonesia, dibanding menjadi biksu di luar Indonesia karena "lebih bebas dalam ber-ekspresi" ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #10 on: 02 June 2008, 08:21:43 AM »
Barangkali yang perlu digarap justru umat ... karena banyak sekali umat yang menganggap bhikkhu/bhiksu itu identik dengan orang suci.

Tugas kitalah memberikan pengertian yang benar, apa artinya "Sangham saranam gacchami". ... Itu bukan berlindung pada bhikkhu/bhiksu.

Salam,
hudoyo

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #11 on: 02 June 2008, 08:29:46 AM »
Jadi kesimpulannya gimana?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #12 on: 02 June 2008, 08:39:06 AM »
Seperti-nya langkah konkrit yang dapat kita lakukan sedikit pilihannya yah....
Hhmmm...Masa menyerah sama nasib?

ow iya, pada saat anggota sangha berperilaku seperti itu, semua itu dilakukan di depan samanera, wah hancurlah sudah generasi sangha berikutnya d Indonesia.Wong 'senior'-ny aj seperti itu.Duh, semoga aja kaga semua samanare mengikuti jejak para senior mereka yang menyimpang.

OOT :Pak Hud, umur bapak tuh hampir sama dengan kakek saya lho, apakah tidak lebih baik saya panggil 'kakek'? ;D

“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline hudoyo

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.919
  • Reputasi: 20
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #13 on: 02 June 2008, 08:47:14 AM »
gigi saya masih lengkap, kok ;D

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 773
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Pengalaman paling memuakkan!!
« Reply #14 on: 02 June 2008, 09:15:47 AM »
<-- Still Smile For The Crazy World..... ;D