//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pandangan Buddhist Terhadap Pandangan Nasrani pada Buddhisme  (Read 153248 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #150 on: 01 November 2011, 10:42:23 AM »
apakah ada cara yg elegen untuk menyadarkan orang yg telah terlanjur terlalu percaya dg iman buta tanpa mau mendengar ajaran yg lain?... thanks sebelumnya
Menurut saya ada satu: membangkitkan keingin-tahuannya akan kebenaran. Hal ini yang membawa pada sikap menyelidiki. Tapi tentu caranya berbeda antar individu, dan kita terbatas hanya mengkondisikannya dari luar saja, sisanya harus dari dalam diri orang tersebut yang memutuskan.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #151 on: 01 November 2011, 10:44:55 AM »
Nibbana sesuatu yang bisa kita "bayangkan" - aLobha, aDosa, aMoha... Tuhan ? hehehehehehe
Bisa-bisa aja kok dibayangkan. Tuhan = a-Anicca, a-Dukkha, a-Anattta, alias kekal, bahagia, dan memiliki diri sejati. ;D

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #152 on: 01 November 2011, 07:17:01 PM »
To: bro dato' tono  ^:)^ ^:)^ ^:)^
1."gini sis... manusia di ciptakan (red. adam), trus ditaruh ditaman eden... lah krn dianggap kurang afdol, diciptakan pasangan si manusia itu (red. hawa), eh jgn lupa, ada yg ciptakan pula, yaitu si ular... konon katanya si ular ini adalah iblis/setan, tp kan tetep aja diciptakan si gusti bapa, betul ?

nah, si gusti bapa kan maha mengetahui, seharusnya uda mengetahui klo entar diciptakan ular dan dia jg tau klo ular ciptaan nya bakal godain adam n hawa, napa diciptakan ? bukan kah emang uda ada niat kaga baik dr si gusti bapa ? jd siapa yg menjerumuskan manusia kedalam dosa itu ? lah setelah itu dia utus anaknya, untuk menebus dosa manusia dgn darah nya, wow... kesan nya ok, tp liatlah baik2, bkn kah ini sandiwara ?

solusi ? ya pinter2 aja ngeliat, mana yg logis, mana yg kaga... hidup bkn mainan/manusia bkn robot..." => kurang afdol??? maksudnya atau bhs sederhananya??? sori saya yang bodo kali...., kalo uler kan diciptain buat nemenin manusia hidup di taman eden itu sama temen2nya juga kayak gajah, unta, kodok, dll  ;D ;D ;D ....

karena di anggep kurang afdol, si cowo sendiri-an maka diciptakan lah si cewe yg konon kata nya dr tulang rusuk si cowo... muncul masalah baru lg disini :

1. cowo dr jaman dulu sampe sekarang, klo di itung tulang rusuk nya, pas tuh kiri dan kanan, ga ada kurang... jd si cewe (red. hawa) diciptakan dr tulang rusuk sapa ? bingung toh...

2. kaq si gusti babe tau yg di ciptakan itu adalah cowo lengkap dengan bentuk fisik ? tentunya jg mempunyai organ intim cowo, ada (maaf) mr. p nya, lah awal dasar/motivasi nya si gusti babe sampe kepikiran ciptakan cowo lengkap dengan mr. p yg punya fungsi reproduksi itu apa ? padahal di awal si gusti babe kan kaga kepikiran ciptakan si cewe (red. hawa) ? sampe disini, tambah bingung toh...

3. gusti babe kan maha tau/mengetahui, koq baru tau kurang afdol, si cowo kesepian klo sendiri, sehingga si gusti mengganggap lebih baik jk ada pasangan, yaitu si cewe yg diciptakan dr tulang rusuk cowo... lucu kan, kenapa kaga dr awal, kenapa si gusti yg maha tau/mengetahui, baru menyadari nya belakangan ? jd lebih bingung lg toh...

mengenai si ular, gini sis... sebagai orang tua, pasti ayah-ibu sis pasti tau yg terbaik untuk anak nya... kaga mungkin kah si ayah-ibu sis, meninggal kan sis di kampung preman dan berhub ma preman, karena tentunya orang tua sis pasti tau, klo sis ditempat kan dilingkungan yg ada preman (kaga bener) pasti akan mempengaruhi kepribadian sis bukan ?

ato orang tua sis punya rencana lain, yaitu ingin menguji sis, apakah sis bs menjaga diri ato kaga... itu konyol nama nya, apalagi, orang tua sis uda nyata2 tau, lingkungan akan sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang, bole di tanya kepada psikolog...

nah lingkungan taman eden itu konon katanya surga dunia, paling indah, paling perfect... koq konyol nempati ular disono ? bukan kah si gusti babe tau yg terbaik untuk umat nya (si cowo n cewe) koq bs-bs nya nempati si ular yg akan mempengaruhi manusia ?

apakah gusti mau mencobai kesetiaan si cowo n cewe ? konyol pula pemikiran itu, krn melecehkan kemampuan super duper maha mengetahui yg dimiliki oleh seorang gusti babe... seharusnya kaga usa di cobai, gusti babe uda tau, si cewe n cowo itu setia ato kaga...

sis merasa aneh ato janggal kaga ? ato biasa aja sambil meng-amini logika al-kita-biah dan logika para evangelish ?


"menjerumuskan???"=> dari awal manusia diciptakan paling sempurna dengan akal budi harusnya bisa milih donk, ini jahat, ini baik dan kan udah dikasih tau jangan dimakan buah terlarang, eh ya dimakan juga, ya bukan salhnya yang beritahu donk... masak kalo kita beritahu org lain, "eh kamu jangan kesitu ada paku lho, ntar bannya motor bocor" trus dianya nekat qta yang disalahin??? ??? ??? ???

masalah nya tu bkn di akal budi si manusia, jika dikataken bahwa manusia punya kehendak bebas untuk menentukan sendiri pilihannya, maka itu semakin menyatakan gusti babe kaga maha mengetahui kehendak si manusia dan konyol nya napa ciptakan si ular di sono ? napa kaga ciptakan panda, biar si manusia bs belajar kunggu panda... ;D

gusti babe kan tau, klo ular ciptaan nya itu jahat dan bakal menyebabkan manusia jatuh kedalam dosa, napa masih diciptakan dan ditaruh disono ? apa nama nya klo bkn menjerumuskan ?

ok kita di kasih tau orang lain sebut lah si A, eh jgn lewat jalan itu... tp inget, bkn si A yg menaruh paku disitu, bkn si A jg yg merencanakan paku itu untuk sengaja ngetest kita, apakah kita percaya si A ato kaga ?

itu 2 hal yg berbeda, gusti babe maha mengetahui, si A bkn maha mengetahui, gusti babe menciptakan dan udah mengetahui apa yg bakal terjadi tp masih meletakkan si ular disono, si A tidak menaruh paku dijalan dan tidak mengetahui apa yg  kan terjadi...


"utus anaknya, untuk menebus dosa manusia dgn darah" => yang ngomong YK anak T juga manusia yang nulis kitab itu so jangan salahin beliaunya tapi tuntut aja tuh yang tulis bukunya... ;D ;D ;D

jd pernyataan si brewok menebus dosa manusia dengan darah nya adalah kesalahan manusia yg nulis al-kita-biahjg ? berarti percuma dunk darah nya brewok berceceran di mana2 ? jd polusi aja... huh...


"pinter2 aja ngeliat, mana yg logis, mana yg kaga" => logisnya sesuatu itu relative tiap manusia, kalo menurut dato gimana yang dikategorikan logis dan tidak??? saya ingin belajar juga ma dato koq.... ;D ;D ;D

baca aja ulasan dato diatas, temukan jawabanya disono...


2.=> sekarng dilihat dulu darimanakah asal istilah "firman T yang hidup" apakah beliau mengatakan hal itu sendiri spt ketika nabi Moch SAW yang dipanggil ke sidratul mutaha ataukah itu interpretasi manusia akan keberadaan T berupa firman???

jd al-kita-biah bkn firman tuhan yg idup ? al-kita-biah cm cerita dongeng, legenda dr tanah israel ? wow... koq bs-bs nya jd kitab suci... haizzz...


3.""=> trus siapa yang pantas donk??? dan gimana cara tanyanya, tahu solusinya bro??? ??? ??? ???

yg pantes jawab ya si gusti babe, dgn catatan klo emang dia eksis... namun sampe hari ini kaga ada jawaban sedikit pun dan suara nya pun tak terdengar...


4."" => tergantung kalo gurunya lagi gag masuk ya buat nasi goreng rame2 buat isi jam kosong gpp donk, menambah keakraban antar penghuni kelas... ;D ;D ;D (sekedar joke)

5. => kalo menurut dato apakah jawaban yang tepat?? (sekedar survey ;D ;D ;D )

satu2 nya didunia, agama didagangkan dr rumah ke rumah, dr satu orang ke orang lain dan satu2 nya didunia agama disama kan dengan sistem marketing MLM, ya cm agama mas-rani, bkn mas-dadang loh ya... ;D


6. => ya, belum tentu tergantung bertanya kepada siapa...., ya klo menurut beberapa golongan,  eksis donk tergantung tanyanya ma siapa.... ;D ;D ;D

Semoga sharing ini dapat menambah wawasan kita semua tanpa adanya niat yang tidak baik untuk saling mencela ataupun menjatuhkan salah satu pihak karena jika tidak sharing qta ini = debat kusir...
 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_

itu semua tidak tergantung sapa2, tp tergantung apakah tu orang penganut agama samawi, jk ya, maka jawaban nya adalah gusti babe itu eksis... ingat, agama samawi, termasuk didalamnya adalah agama mas-rani dan turunan nya (kanesten dan ka-totok) berpandangan, segala sesuatu ada karena ada yg menciptakan, tidak mungkin sesuatu yg ada itu tidak ada yg menciptakan... lah gusti babe itu ada/eksis kaga ? klo ada/eksis, berarti gusti babe ada yg menciptakan pula toh... logika simple, jgn dibuat jelimet... ;D

yups, diskusi begini sangat menyenangkan...  :whistle:
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #153 on: 01 November 2011, 07:35:40 PM »
Saya memang paling senang bertemu (sesama) kaum bida'ah seperti Dato & DeNov. ;D Buat saya, kelemahan ga usah dicari-cari, asal teliti dan konsisten dalam membaca, kalau memang ajaran itu ngawur, pasti kelihatan sendiri ngaconya. Seperti yang kita lakukan, bahas pasal vs pasal, ayat vs ayat, banyak yang saling bertentangan tidak ada solusinya, maka jadi lahan subur untuk 'tafsir bebas'.

Karena mentok, saya juga terpaksa menafsir, dan menurut saya, sepertinya memang 'Kerajaan Sorga' dan 'Yerusalem Baru' itu adalah berbeda. Semua orang banyak itu masuk ke Kerajaan Sorga, tapi umat perjanjian masuk ke Yerusalem Baru sebagai tanah perjanjian, yah mungkin bagian eksklusif dari Kerajaan Sorga, kalo mo Wi-Fi, sinyalnya lebih jelas, atau apa, entahlah.

Saya juga rasa kita di sini tidak salah membahasnya karena menurut saya, idealnya seseorang menerima dan menolak ajaran bukan karena iman buta (seperti siapa yah?), tapi karena mengetahui. Di sini saya berniat mengajak Buddhist lebih mengenal tentang ajaran lain, agar ketika dia menolak seorang Evangelist, bukan karena berdasarkan iman buta pada Buddhisme atau karena ga suka sama Evangelism, tapi karena memang karena pengertian akan ajaran tersebut.

nah itu beda nya...

umat buddhism berbicara konsep agama lain, karena memang menguasai ajaran agama itu...
umat mas-rani berbicara konsep buddhism, karena mau membuat propaganda, agar ditinggalkan oleh penganutnya dan berpaling kepada gusti brewok...

dato' mempelajari agama mas-rani belasan taon, bahkan sempat hampir jd domba, eh... kaga jd, eh malah dato' sekarang usil ma domba2 fantik yg dangkal pemikiran nya...

jd bagi rekan2 lain yg ingin adu pengetahuan vs iman, ya pelajari dulu al-kita-biah secara jelas... jd menaruh logika dibawah perasaan, bakal jd iman ntar... ;D
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #154 on: 01 November 2011, 08:08:58 PM »
Saya ingat, bbrp tahun yg lalu Tuhan*) pernah kasih pendapat langsung:

"TUHAN adalah kreasi manusia terhebat setelah AKU"

*)Tuhan yg ini adalah tuhannya DC

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #155 on: 01 November 2011, 11:47:42 PM »
To: Bro Kainyn_Kutho
1.
Quote
"Tinggal berbuat kejahatan yang banyak aja, lalu saya bunuh/bunuh diri, nanti bisa deh dibuktikan. Garansi uang kembali 1000%  (Toh kalo udah mati juga ga bisa klaim.) Justru jualan ga jelas gini yang prospeknya cerah"
=> wah gag nyangka bro itu kejam sekali.... :'( :'( :'( masak mau bunuh saya bahkan menganjurkan bunuh diri..... ntar kasihan kura2q yang kasih makan siapa, ayam2 dan angsa2q.... :o :o :o :o ;D, apalagi gag boleh klaim... asuransi aja boleh klaim klo meninggal bro, masak tiket ke neraka gag boleh minta ganti rugi....  ;D ;D ;D

2.
Quote
"Yah kembali lagi, cerita kematiannya di salib jadi ga ada artinya donk?
Misalnya di Luk 10:25-37, ada seseorang ahli Taurat yang telah mengetahui hukum utama itu, dan YK mengatakan jika dikerjakan, maka ia akan 'hidup'. Berarti tanpa kedatangan YK pun, hal itu telah diketahui. Lalu cerita kelahiran dari perawan, penyaliban, penebusan & kebangkitan, untuk apa?" 
=> ya ada donk, kematian di salib itu merupakan wujud nyata cinta..... kan suatu tindakan itu harus ada teladannya atau pionirnya gitu lha disini pionirnya adalah YK, jadi sederhananya.... sebesar ini lho... cinta T pada kalian manusia bukankah saya pernah menyertakan kutipan dari Yoh 15:13 bahwa "tidak ada kasih yang lebih besar daripada seorang yang membrikan nyawanya untuk sahabat2nya"   :D :D :D
Trus masalah Luk 10:25-37, memang Ahli taurat itu mengetahui hukum itu tapi pertanyaannya dilakukan atau tidak ???  ??? ??? ???, tidak bukan!! berarti cerita lahir ad kematiannya itu peru donk, untuk meyakinkan bahwa YK pernah hidup dan mengajarkan kita saling mengasihi.... Kalo masalah bangkit aq gag ikut2 deh.... ^:)^ ^:)^ ^:)^

3. Thanks buat alamatnya, next time saya pasti belajar lebih dalam tentang ini supaya apa yang saya sampaikan sebagai sanggahan bukan suatu "dongeng" bagi bro tapi dari naskah aslinya lho..... ;D ;D ;D
Seperti biasa semoga semuanya ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita semua... ;D ;D ;D
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.185
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #156 on: 01 November 2011, 11:55:04 PM »
cape ya ngomong yang berat-berat
mari refreshing sejenak



"Reward for information leading to the apprehension of ---  Christ Wanted -- for Sedition, Criminal Anarchy - Vagrancy, and Conspiring to Overthrow the Established Government. Dresses poorly, said to be a carpenter by trade, ill-nourished, has visionary ideas, associates with common working people the unemployed and bums. Alien - believed to be a Jew. Alias: 'Prince of Peace, Son of Man'-'Light of the World' etc etc. Professional Agitator. Red beard, marks on hands and feet the result of injuries inflicted by an angry mob led by respectable citizens and legal authorities."
« Last Edit: 02 November 2011, 12:02:34 AM by xenocross »
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #157 on: 02 November 2011, 12:35:20 AM »
To : bro dato' tono
Always hot (pedes.... maksudnya  ;D ;D ;D) commentnya tentang agama yang satu ini... :)) :)) :)) :))
1.
Quote
karena di anggep kurang afdol, si cowo sendiri-an maka diciptakan lah si cewe yg konon kata nya dr tulang rusuk si cowo... muncul masalah baru lg disini :

1. cowo dr jaman dulu sampe sekarang, klo di itung tulang rusuk nya, pas tuh kiri dan kanan, ga ada kurang... jd si cewe (red. hawa) diciptakan dr tulang rusuk sapa ? bingung toh...=>wah klo masalah tulang rusuk harus nanya ahli radiologi donk biar afdol juga, bener gag tulang rusuknya beda??? ;D ;D ;D

2. kaq si gusti babe tau yg di ciptakan itu adalah cowo lengkap dengan bentuk fisik ? tentunya jg mempunyai organ intim cowo, ada (maaf) mr. p nya, lah awal dasar/motivasi nya si gusti babe sampe kepikiran ciptakan cowo lengkap dengan mr. p yg punya fungsi reproduksi itu apa ? padahal di awal si gusti babe kan kaga kepikiran ciptakan si cewe (red. hawa) ? sampe disini, tambah bingung toh...ya pasti untuk meneruskan keturunan, saya gag tahu waktu itu ciptainnya udah lengkap pa blom mungkin aja waktu diturunkannya manusia ke bumi baru ada , atau katakanlah emang ada mungkin fungsi reproduksinya bekerja sewaktu diturunkan ke bumi

3. gusti babe kan maha tau/mengetahui, koq baru tau kurang afdol, si cowo kesepian klo sendiri, sehingga si gusti mengganggap lebih baik jk ada pasangan, yaitu si cewe yg diciptakan dr tulang rusuk cowo... lucu kan, kenapa kaga dr awal, kenapa si gusti yg maha tau/mengetahui, baru menyadari nya belakangan ? jd lebih bingung lg toh...=> ya kan anggapannya manusia itu bisa idup sendiri, apalagi lebih repot mana ngurus anak tunggal ma yang lahir kembar 5 biji  ??? ??? ??? ??? (ngebayangin mode on)

mengenai si ular, gini sis... sebagai orang tua, pasti ayah-ibu sis pasti tau yg terbaik untuk anak nya... kaga mungkin kah si ayah-ibu sis, meninggal kan sis di kampung preman dan berhub ma preman, karena tentunya orang tua sis pasti tau, klo sis ditempat kan dilingkungan yg ada preman (kaga bener) pasti akan mempengaruhi kepribadian sis bukan ? => relative tergantung ma pada umur berapa anak tersebt ditinggalkan di lingkungan tersebut, itu yang pertama dan tergantung pula pada kondisi bpk-ibunya kalo mereka notabene org ekonomi lemah, punya rumah cuma 1 dan itupun di lingkungan yang banyak premannya trus apa solusinya???  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^=> pls sarannya

ato orang tua sis punya rencana lain, yaitu ingin menguji sis, apakah sis bs menjaga diri ato kaga... itu konyol nama nya, apalagi, orang tua sis uda nyata2 tau, lingkungan akan sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang, bole di tanya kepada psikolog... kalo begitu bisa di judge anak dengan latar belakang org tua yg gag bener misal ibunya "P" dan bpknya Preman pasti jadi org gag bener, wah klo gitu gag ada kesempatan manusia untuk jadi pribadi lebih baik donk :D :D :D, kejam donk.... :o :o :o :o

nah lingkungan taman eden itu konon katanya surga dunia, paling indah, paling perfect... koq konyol nempati ular disono ? bukan kah si gusti babe tau yg terbaik untuk umat nya (si cowo n cewe) koq bs-bs nya nempati si ular yg akan mempengaruhi manusia ?

apakah gusti mau mencobai kesetiaan si cowo n cewe ? konyol pula pemikiran itu, krn melecehkan kemampuan super duper maha mengetahui yg dimiliki oleh seorang gusti babe... seharusnya kaga usa di cobai, gusti babe uda tau, si cewe n cowo itu setia ato kaga... pada dasarnya manusia diciptakan bukankah tanpa tahu apa yang baik dan buruk contohnya bayi atau lbh gedhe dikit dah balita diajak ma tetangganya yang notabene residivis yang tiap hari ketemu  kira2 anak itu mau gak kalo diajak main ma residivis tsb???.... 90% mau coz udah kenal jadi kasusnya sama kyk cow-cew tsb.... ;D ;D ;D

sis merasa aneh ato janggal kaga ? ato biasa aja sambil meng-amini logika al-kita-biah dan logika para evangelish ?=> aneh si iya, mengamini nanti dulu kan saya juga bukan evangelish tapi cuma ingin ikt nongkrong aja sambil cuap2 tentang apa yg saya tahu dan satu lagi saya juga sering koq didatengin si evangelish yang maksa2 sebel sih awalnya tp saya pikir2 kalo saya berdebat dg mrk apa faedahnya untuk saya??? gag ada... so diemin aja biarin ini agamaku dan ini idupku terserah aku donk mau aku apain, paling kujawab bgt.... ;D ;D ;D

2.
Quote
masalah nya tu bkn di akal budi si manusia, jika dikataken bahwa manusia punya kehendak bebas untuk menentukan sendiri pilihannya, maka itu semakin menyatakan gusti babe kaga maha mengetahui kehendak si manusia dan konyol nya napa ciptakan si ular di sono ? napa kaga ciptakan panda, biar si manusia bs belajar kunggu panda => ini mah udah, menurut dato darimana manusia suka makan rebung klo kagak belajar dari si panda.... ;D ;D ;D

gusti babe kan tau, klo ular ciptaan nya itu jahat dan bakal menyebabkan manusia jatuh kedalam dosa, napa masih diciptakan dan ditaruh disono ? apa nama nya klo bkn menjerumuskan ? => masalahnya waktu itu ragunan blom diresmiin, klo udah bisa ti2p disana.... ^-^ ^-^ ^-^ (joke), kan ular diciptain buat nemenin manusia juga dan sarana manusia belajar, dari ular banyak lho yang dapat kita pelajari.... ;D ;D ;D salah satunya supaya qta gak serakah klo makan...., selain itu hal ini dapat diumpamakan jika dato punya anak 3 biji yang 2 anaknya lugu banget dan percaya banget ma apa aja yang diajarin kakaknya, padahal si kakak itu agak "licik" (gag jahat lho bahasa saya... ;D ;D ;D) trus dia ngajarin kedua adiknya berkali2 buat kesalahan seperti mengutil, mencuri, bohong.... lha dato kan tahu tuh anak "agak bermasalah" kira2 anak itu "dibunuh aja" gitu yah...biar gak ngajarin ke2 adeknya jadi jahat??? apakah dato akan mengambil langkah itu.... (dipertanyakan mode on) :whistle: :whistle: :whistle: :whistle:

ok kita di kasih tau orang lain sebut lah si A, eh jgn lewat jalan itu... tp inget, bkn si A yg menaruh paku disitu, bkn si A jg yg merencanakan paku itu untuk sengaja ngetest kita, apakah kita percaya si A ato kaga ? => percaya mungkin tidak, mengecheck kebenarannya so pasti..... ;) ;)

itu 2 hal yg berbeda, gusti babe maha mengetahui, si A bkn maha mengetahui, gusti babe menciptakan dan udah mengetahui apa yg bakal terjadi tp masih meletakkan si ular disono, si A tidak menaruh paku dijalan dan tidak mengetahui apa yg  kan terjadi...

3.
Quote
jd pernyataan si brewok menebus dosa manusia dengan darah nya adalah kesalahan manusia yg nulis al-kita-biahjg ? berarti percuma dunk darah nya brewok berceceran di mana2 ? jd polusi aja... huh...
=> pernyataan itu ditulis bukan oleh rasul yang selama YK hidup bersama2 dengan dia tapi oleh org lain yang mengenal pribadi beliau berdasarkan penuturan org2 yang kira2 masih idup waktu itu (wkt kitab itu ditulis  ;D ;D ;D), termasuk 4 injil utama yang ada Matthew, Mark, Luke, and John.... ;D ;D ;D, koq tau "darahnya berceceran" dato??? jangan2 ikut ngarang alktb nih????  ;) ;) ;)

4.
Quote
jd al-kita-biah bkn firman tuhan yg idup ? al-kita-biah cm cerita dongeng, legenda dr tanah israel ? wow... koq bs-bs nya jd kitab suci... haizzz...
=> kalo isinya beneran gag sesuai dengan terjemahan aslinya maybe bukan... :D :D lha sekarang masalahnya yang jadiin kitab suci itu lho... yang durhaka karena menjelek2kan pribadi beliau yang sebenarnya baik tapi jd disalah artikan krn penerjemahan yang melibatkan faktor "E" alias ego... ;D ;D ;D

5.
Quote
yg pantes jawab ya si gusti babe, dgn catatan klo emang dia eksis... namun sampe hari ini kaga ada jawaban sedikit pun dan suara nya pun tak terdengar...
=> tergantung minta jawabannya berupa apa dulu??? lisan, tertulis, atau melalui email, sms, BBM atau mimpi  ;) ;) ;)

6.
Quote
satu2 nya didunia, agama didagangkan dr rumah ke rumah, dr satu orang ke orang lain dan satu2 nya didunia agama disama kan dengan sistem marketing MLM, ya cm agama mas-rani, bkn mas-dadang loh ya...
=> weizzz jangan salah bro klo di Indonesia konteksnya masih nasional tapi klo udah internasional harusnya bro baca kasus di pakistan yang di post disini beberapa hari yng lalu atau kapan saya lupa dimana di t4 tsb bukannya didatengin satu2 malah udah dipaksa secara keji (baca: diperkosa baru dipaksa masuk agamanya (tau donk apa) kalo melarikan diri pulang ke rumah ortu dirajam.... sadis.... :o :o :o :o)  :'( :'( :'(

7.
Quote
itu semua tidak tergantung sapa2, tp tergantung apakah tu orang penganut agama samawi, jk ya, maka jawaban nya adalah gusti babe itu eksis... ingat, agama samawi, termasuk didalamnya adalah agama mas-rani dan turunan nya (kanesten dan ka-totok) berpandangan, segala sesuatu ada karena ada yg menciptakan, tidak mungkin sesuatu yg ada itu tidak ada yg menciptakan... lah gusti babe itu ada/eksis kaga ? klo ada/eksis, berarti gusti babe ada yg menciptakan pula toh... logika simple, jgn dibuat jelimet...
=> ada yang meciptakan donk, tentunya yang ngasih julukan "gusti babe" itu yang menciptakannya  ;D ;D ;D setahuku belajar agama ini seumur idup gag pernah denger nama itu koq tiba2 ada di post anda yah.... ;D ;D ;D boleh minta referensi kata2nya KBBI misal???

Seperti sesudahnya semoga ini BENAR2 BERMANFAAT untuk kita ya bro....
 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_

NB: tlg klo nanggapin post saya jangan bawa2 ortu yah  ;) ;) ;) saya agak alergi klo nyebut2 ortu secara papa saya sudah tiada maaf jadi agak sensitif soal ini (tlg ya bro mengerti saya dikit), besok2 jangan nyebut2 ortu lainnya napa emg gag ada yang lebih baik selain pake perumpamaan pake ortu  ??? ??? ??? ???
Trims....  _/\_ _/\_ _/\_ _/\_

« Last Edit: 02 November 2011, 12:42:14 AM by DeNova »
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #158 on: 02 November 2011, 09:03:37 AM »
nah itu beda nya...

umat buddhism berbicara konsep agama lain, karena memang menguasai ajaran agama itu...
umat mas-rani berbicara konsep buddhism, karena mau membuat propaganda, agar ditinggalkan oleh penganutnya dan berpaling kepada gusti brewok...

dato' mempelajari agama mas-rani belasan taon, bahkan sempat hampir jd domba, eh... kaga jd, eh malah dato' sekarang usil ma domba2 fantik yg dangkal pemikiran nya...

jd bagi rekan2 lain yg ingin adu pengetahuan vs iman, ya pelajari dulu al-kita-biah secara jelas... jd menaruh logika dibawah perasaan, bakal jd iman ntar... ;D
Mungkin karena Buddhist itu cukup beruntung ga perlu ngejar setoran seperti diajarkan beberapa aliran "Mas-Rani" itu. Tapi yang saya heran, mereka tidak ada keraguan untuk 'ngomong sembarangan', apakah tidak malu kalau kebohongannya dibongkar? Saya juga sekitar belasan tahun aktif, sampai banyak hafal alkitab terutama Injil. Tapi begitu ketemu Buddhisme, saya merasa konsepnya begitu lengkap dan konsisten, sehingga ilmu "Mas-Rani" saya langsung luntur. ;D Sekarang tinggal sisa2nya, tapi cukuplah untuk melayani evangelist kesiangan.


Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #159 on: 02 November 2011, 09:08:37 AM »
Sebenarnya kasihan mereka2 itu yg menfitnah Tri Ratna. Karma Buruknya besar. Semoga mereka bisa segera sadar secepatnya.
Yang bertanggung jawab itu pendeta2 yg khotbahnya ngawur menjelekkan agama lain sehingga umat2 yg masih polos menelan saja mentah2 ucapan pendeta yg ngawur dan berorientasi bisnis soalnya buka gereja itu menguntungkan sekarang ini. Cuma bermodalkan mulut omsetnya bisa melebihi Direktur perusahaan besar
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #160 on: 02 November 2011, 09:11:29 AM »
Bisa-bisa aja kok dibayangkan. Tuhan = a-Anicca, a-Dukkha, a-Anattta, alias kekal, bahagia, dan memiliki diri sejati. ;D

bro kai, kalau jadi missionaris pasti mantep... wkwkwkwkwkwkwk
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #161 on: 02 November 2011, 09:12:21 AM »
Mungkin karena Buddhist itu cukup beruntung ga perlu ngejar setoran seperti diajarkan beberapa aliran "Mas-Rani" itu. Tapi yang saya heran, mereka tidak ada keraguan untuk 'ngomong sembarangan', apakah tidak malu kalau kebohongannya dibongkar? Saya juga sekitar belasan tahun aktif, sampai banyak hafal alkitab terutama Injil. Tapi begitu ketemu Buddhisme, saya merasa konsepnya begitu lengkap dan konsisten, sehingga ilmu "Mas-Rani" saya langsung luntur. ;D Sekarang tinggal sisa2nya, tapi cukuplah untuk melayani evangelist kesiangan.

buddhisme yang mana bro ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #162 on: 02 November 2011, 09:12:44 AM »
kalau alih profesi jadi pendeta bisa cepet kaya loh hahahhahaha
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #163 on: 02 November 2011, 09:38:14 AM »
To: Bro Kainyn_Kutho
1. => wah gag nyangka bro itu kejam sekali.... :'( :'( :'( masak mau bunuh saya bahkan menganjurkan bunuh diri..... ntar kasihan kura2q yang kasih makan siapa, ayam2 dan angsa2q.... :o :o :o :o ;D, apalagi gag boleh klaim... asuransi aja boleh klaim klo meninggal bro, masak tiket ke neraka gag boleh minta ganti rugi....  ;D ;D ;D
Tadi 'kan minta bukti, yah begitu cara buktiinnya. Kalau ga mau, yah percaya aja dengan bayar perpuluhan ke saya. Ngurusin kura-kura, ayam, dan angsa? Semua (hewan) itu tidak berjiwa dan tidak akan masuk sorga!! (Menurut Presbyterian.)

Quote
2. => ya ada donk, kematian di salib itu merupakan wujud nyata cinta..... kan suatu tindakan itu harus ada teladannya atau pionirnya gitu lha disini pionirnya adalah YK, jadi sederhananya.... sebesar ini lho... cinta T pada kalian manusia bukankah saya pernah menyertakan kutipan dari Yoh 15:13 bahwa "tidak ada kasih yang lebih besar daripada seorang yang membrikan nyawanya untuk sahabat2nya"   :D :D :D
Trus masalah Luk 10:25-37, memang Ahli taurat itu mengetahui hukum itu tapi pertanyaannya dilakukan atau tidak ???  ??? ??? ???, tidak bukan!! berarti cerita lahir ad kematiannya itu peru donk, untuk meyakinkan bahwa YK pernah hidup dan mengajarkan kita saling mengasihi.... Kalo masalah bangkit aq gag ikut2 deh.... ^:)^ ^:)^ ^:)^
Wujud nyata cinta? ;D
Saya beri perbandingan. Sekarang ini ada 6 agama diakui di Indonesia. Kemudian muncul seorang ekstremis yang mengatakan bahwa 6 agama tersebut adalah salah, hanya dia yang benar. Kemudian ekstremis ini melawan adat dan tradisi yang berlaku dengan terang-terangan. Dia menyatakan diri sebagai otoritas tertinggi langsung dari Tuhan di muka bumi dan bisa menganulir ajaran agama manapun. Karena meresahkan, akhirnya suatu hari massa yang tidak terkendali menghakiminya dan ia mati.

Saya tanya saja, tanpa dipengaruhi doktrin dan bias iman, apakah kematian orang tersebut kita bilang sebagai wujud nyata cinta terbesar?

Quote
3. Thanks buat alamatnya, next time saya pasti belajar lebih dalam tentang ini supaya apa yang saya sampaikan sebagai sanggahan bukan suatu "dongeng" bagi bro tapi dari naskah aslinya lho..... ;D ;D ;D
Seperti biasa semoga semuanya ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita semua... ;D ;D ;D
Dongeng atau bukan juga sebetulnya ga apa, asalkan bisa menginspirasikan hal yang bermanfaat, juga jangan dipegang mati-matian sebagai fakta. Ya, semoga demikian adanya.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Pandangan Nasrani pada Buddhisme
« Reply #164 on: 02 November 2011, 09:43:08 AM »
bro kai, kalau jadi missionaris pasti mantep... wkwkwkwkwkwkwk
Ga ah, takut ketemu sama yang 'kaum bidaah', bisa gawat. ;D

buddhisme yang mana bro ?
Mayoritasnya kanon Pali, dan tambahan sedikit kitab Sanskrit.