//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?  (Read 23017 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #30 on: 21 September 2011, 05:14:14 PM »
karena itu hanyalah sebuah cerita.
Supaya manusia ada motif dan semangat memperbaiki dirinya.
Sebab tahyul yang dikumandangkan pihak lain sudah sedemikian parah dan mengakar pada manusia seiring tumbuhnya dalam lingkungan. Sehingga manusia membutuhkan tumpuan angan angan suatu wilayah yang nampak lebih menyenangkan daripada kondisi bumi. Manusia masih bergantung pada mimpi, dan bergelut . Dan mimpi itu dibalikkan menjadi sebuah senjata ampuh untuk memacu semangat manusia berbuat kebajikan dan hidup teratur demi menjaga masyarakat yang ideal.

kan surga lain bukan cuma tavatimsa doank??

masih ada 5 alam dewa lain dan 20 alam brahma...

jadi untuk apa menjadikan tavatimsa sebagai tempat berangan???

lagipula, sang buddha membabarkan dhamma kepada kita, bukan manusia lain di luar alam semesta kita jadi harusnya sang buddha cukup mengatakan kalo surga tavatimsa ada di tempat kita saja bukan???
dan tidak mungkin juga seorang yang seagung buddha gotama berbohong tentang impian yang muluk2 kepada kita...

hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #31 on: 21 September 2011, 06:11:03 PM »
mau nanya lagi nih...
dikatakan oleh sang buddha bahwa alam semesta lain masih ada surga tavatimsa,, jadi cerita terbentuknya surga tavatimsa di alam semesta lain itu juga sama donk???
kok bisa kebetulan kalo sama??

yang di bold... bisa kasih rujukannya??

terbentuknya surga Tavatimsa.. yg di ceritakan di awal... itu cuma salah satunya..dan itu bukan seluruhnya pasti seperti itu..., terus dari cerita itu bukan terbentuknya..tp bagaimana surga Tavatimsa di huni para dewa.


karena itu hanyalah sebuah cerita.
Supaya manusia ada motif dan semangat memperbaiki dirinya.
Sebab tahyul yang dikumandangkan pihak lain sudah sedemikian parah dan mengakar pada manusia seiring tumbuhnya dalam lingkungan. Sehingga manusia membutuhkan tumpuan angan angan suatu wilayah yang nampak lebih menyenangkan daripada kondisi bumi. Manusia masih bergantung pada mimpi, dan bergelut . Dan mimpi itu dibalikkan menjadi sebuah senjata ampuh untuk memacu semangat manusia berbuat kebajikan dan hidup teratur demi menjaga masyarakat yang ideal.


sebenarnya klo di lihat dari urut2an pembabaran Dhamma ..seingat ku gini..
1. ttg Dana atau Sila.. dan manfaatnya
2. Kehidupan Alam surga sebagai salah satu manfaat ber dana/ bermoral ( saat disini pendegar akan terlena dgn kondisi surga)
3. Bahkan surga pun tidak abadi, anicca..berkondisi... berubah..., krn adanya perubahan menimbulkan Dukkha ( di sini pendegar seakan2 tersadar... dari angan2 semu ttg surga)
4. barulah 4 kesunyataan mulia di jabarkan

kira2 bertingkat seperti itu

bagi yg masih terikat kuat sama duniawi, menjadikan surga sebagai tujuan
tp yg lebih bijak... menjadikan tingkat2 kesucian sebagai tujuan awal..dan Nibanna tujuan akhir
...

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #32 on: 21 September 2011, 08:32:02 PM »
saya lupa apa nama suttanya, tapi inti suttanya begini:
“Ananda, apakah kamu pernah mendengar mengenai seribu sistem tatasurya
kecil?” (sahassa culanika lokadhatu).

Y.A. Ananda karena belum pernah mendengar hal itu lalu memohon penjelasan
dari Sang Buddha:

“Sejauh bulan dan matahari bergerak pada orbitnya dan menerangi semua
penjuru dengan cahayanya hingga mencapai seribu sistem tatasurya. Pada
seribu sistem tatasurya ada seribu bulan, seribu matahari, seribu Sineru
seribu jambudipa, empat ribu samudra besar, empat ribu maharaja, seribu
surga catumaharajika, seribu surga tavatimsa, seribu surga Yama, seribu
surga Tusita, seribu surga Nimanarati, seribu surga Parinimmita Vasavatti,
dan seribu alam Brahma. Inilah yang disebut seribu tatasurya kecil."
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #33 on: 22 September 2011, 11:22:53 AM »
Sesuatu yang berkondisi tidak mungkin bisa membicarakan yang tidak berkondisi, jadi saya katakan Nibanna itu non sens.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #34 on: 22 September 2011, 07:23:43 PM »
bukan non sens, tapi hanya belum terjamah oleh pikiran kita...

hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #35 on: 22 September 2011, 07:28:32 PM »
lalu bagaimana dengan alam asura??
apakah alam asura juga terbentuk di tata surya lain dengan cara yang sama dengan yang terjadi di tata surya kita, dimana sakka melempar mereka ke kaki gunung meru??
just curious...
 ??? ??? ???


 _/\_
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #36 on: 23 September 2011, 09:27:34 AM »
lalu bagaimana dengan alam asura??
apakah alam asura juga terbentuk di tata surya lain dengan cara yang sama dengan yang terjadi di tata surya kita, dimana sakka melempar mereka ke kaki gunung meru??
just curious...
 ??? ??? ???


 _/\_


di-copy dan diputar di alam semesta lain rekamannya...

wkwkwkwkwkwk
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline lucky

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 230
  • Reputasi: -7
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #37 on: 23 September 2011, 11:46:37 AM »
namanya juga cerita,

coba dimana sih gunung sumeru ? kalo gunung semeru saya tahu.

Semua kosmologi itu jelas pengaruh kepercayaan India saat itu, kenapa Sang Buddha tidak pakai kosmologi Yunani atau kosmologi antah berantah lain ? Sebab saat itu kepercayaan pada kosmologi semacam itu sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan India.

Mengenai Nibanna, jika dikatakan masih belum terjangkau, berarti Anda menganggapnya sebagai sesuatu pribadi atau kondisi yang bisa dijangkau sebab kondisi itu diciptakan dan di reka oleh batin anda yang bekondisi juga.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #38 on: 23 September 2011, 01:12:18 PM »
belum terjangkau maksudnya kita belum mencapai nibbana...
kata tsb saya gunakan agar mempermudah penjelasannya saja...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #39 on: 23 September 2011, 09:45:07 PM »
sederhana capai abinna dulu baru anda  bisa jalan jalan ke surga ke alam mana pun anda mau? tentu nya dengan resiko di tanggung sendiri yahh karena ada perbedaan waktu antara alam, contoh satu jam di alam lain bisa jadi 100.000 tahun di bumi telah berlalu.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #40 on: 23 September 2011, 11:07:51 PM »
yah engga seperti itu juga lo...
waktu yang dihabiskan kalo kita di surga sama saja, kalo kita menghabiskan 1 jam disana, yah kita juga menghabiskan 1 jam di bumi...
mungkin hanya perjalanan harinya saja yang sangat panjang di sana...
lagipula sang buddha membabarkan abhidhamma disana hanya selama 3 bulan, kalo dihitung berdasarkan hari tavatimsa, 1 hari tavatimsa=100 tahun bumi, jadi 3 bulan bumi= kurang dari 1 jam di tavatimsa...
kalau secara logika ya tidak mungkin, abhidhamma sepanjang itu hanya selesai dalam waktu kurang dari 1 jam..
adalagi, sang buddha setiap hari turun untuk makan siang dan membabarkan inti abhidhamma kepada YM sariputta, kalau memang di tavatimsa waktunya hanya kurang dari 1 jam, sang buddha harusnya tidak perlu turun ke bumi untuk makan...
« Last Edit: 23 September 2011, 11:11:10 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #41 on: 24 September 2011, 12:57:08 PM »
namanya juga cerita,

coba dimana sih gunung sumeru ? kalo gunung semeru saya tahu.


setahu saya, yang saya tulis itu gunung meru deh, bukan gunung sumeru...

ne yang rabun matanya siapa yah??

anda bilang anda tahu gunung semeru, kalo tahu dimana yah???
mana tahu saya bisa kesana untuk ketemu sama sakka...
« Last Edit: 24 September 2011, 01:05:16 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #42 on: 24 September 2011, 06:41:55 PM »
El Sol, kamu pikir cuma kamu yang boleh jadi pejuang Dhamma ? ada orang yang juga semangat jadi pejuang Dhamma kamu kok malah ketawain ? Kamu bener bener atman nih terhadap diri sendiri

tolong jangan samakan gw dengan eloe...LOL

gw bukan pejuang Dhamma...

loe juga bukan pejuang Dhamma...

loe lebih mirip tante2 yg suka gosip...LOL

HAHAHHAA

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #43 on: 24 September 2011, 08:58:44 PM »
tolong jangan samakan gw dengan eloe...LOL

gw bukan pejuang Dhamma...

loe juga bukan pejuang Dhamma...

loe lebih mirip tante2 yg suka gosip...LOL

HAHAHHAA

nangis anak orang ntu tar bro...

dia udah susah2 jadi pejuang dhamma malah lu buat down...

susah tau jadi pejuang dhamma, banyak rintangannya...

nanti kalo kaga ada pejuang dhamma lagi, ajaran buddhis punah lho...

 =)) =)) =))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Alam Surga bisa bertambah atau berkurang ?
« Reply #44 on: 25 September 2011, 02:39:05 AM »
nangis anak orang ntu tar bro...

dia udah susah2 jadi pejuang dhamma malah lu buat down...

susah tau jadi pejuang dhamma, banyak rintangannya...

nanti kalo kaga ada pejuang dhamma lagi, ajaran buddhis punah lho...

 =)) =)) =))

pejuang Dhamma kok kayak tante2 seh..=_="

malah fast forward nanti punahnya Buddhism..gara2 tante yg suka gossip gk jelas~