Renungan : Dharma yang hidup

Started by djoe, 09 May 2011, 12:12:10 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

djoe

Quote from: Indra on 10 May 2011, 08:58:59 AM
ketika ada pertambahan usia detik demi detik apakah ini bukan termasuk penuaan menurut anda? apakah tua diindikasikan dengan uban dan keriput saja? usia berapakah seseorang disebut tua?
Saya tidak ingin mendebat hal yang tidak substantial. Pengertian tua itu relatif, tidak perlu diperdebatkan

Indra

Quote from: djoe on 10 May 2011, 09:04:48 AM
Saya tidak ingin mendebat hal yang tidak substantial. Pengertian tua itu relatif, tidak perlu diperdebatkan

baik, jadi menurut anda seorang anak muda/anak kecil yg mati karena kecelakaan dan mati, dia tidak mengalami penuaan? menurut saya ini hal penting, karena dapat membuktikan 4KM yg diajarkan oleh Sang Buddha ternyata tidak benar

Kelana

Quote from: M14ka on 09 May 2011, 11:27:22 PM
Menurutku ad benarnya jg loh... Kalo boleh tw np kk upasaka blg filsafat ngaco y? Mohon pencerahan donk... :)

Menurut Sdri. M14ka, sepengetahuan anda dari manapun sumbernya, apakah nirvana itu mengalami perubahan atau tidak mengalami perubahan?
Jika nirvana itu tidak mengalami perubahan, bebas dari hukum anitya/anicca, kemudian bisakah kita mengatakan segala sesuatu tidaklah kekal dan abadi?
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -

djoe

#33
Quote from: Indra on 10 May 2011, 09:11:49 AM
baik, jadi menurut anda seorang anak muda/anak kecil yg mati karena kecelakaan dan mati, dia tidak mengalami penuaan? menurut saya ini hal penting, karena dapat membuktikan 4KM yg diajarkan oleh Sang Buddha ternyata tidak benar

Dalam tubuh, manusia terdapat banyak cell yang lahir, tua dan mati. Jika anda katakan ini proses penuaan ok, saya setuju

Jika ada orang katakan ada anak yang mati kecelakaan, kasihan dia tidak pernah mengalami tua.
ok, saya setuju

Intinya perdebatan ini tidak membawah hasil apa - apa dalam pelatihan dan pembinaan diri kita. Kenapa harus di perdebatkan.

Kata lahir dan mati sudah dapat mewakili / membawa pengertian bagi seseorang bahwa hiduplah tidak kekal.

Jika ada orang yang lebih ingin detail lagi, yah bisa kita kasih perumpamaan cel tersebut

djoe

#34
Quote from: Kelana on 10 May 2011, 09:15:24 AM
Menurut Sdri. M14ka, sepengetahuan anda dari manapun sumbernya, apakah nirvana itu mengalami perubahan atau tidak mengalami perubahan?
Jika nirvana itu tidak mengalami perubahan, bebas dari hukum anitya/anicca, kemudian bisakah kita mengatakan segala sesuatu tidaklah kekal dan abadi?

Saudara kelana, 'segala sesuatu tidaklah kekal' adalah ungkapan yang saya ambil dari buku Ajahn Chah.

Dan saya bukan aliran total annihilation

Indra

Quote from: djoe on 10 May 2011, 09:24:36 AM
Dalam tubuh, manusia terdapat banyak cell yang lahir, tua dan mati. Jika anda katakan ini proses penuaan ok, saya setuju

Jika ada orang katakan ada anak yang mati kecelakaan, kasihan dia tidak pernah mengalami tua.
ok, saya setuju

Intinya perdebatan ini tidak membawah hasil apa - apa dalam pelatihan dan pembinaan diri kita. Kenapa harus di perdebatkan.

Kata lahir dan mati sudah dapat mewakili / membawa pengertian bagi seseorang bahwa hiduplah tidak kekal.

Jika ada orang yang lebih ingin detail lagi, yah bisa kita kasih perumpamaan cel tersebut


tanpa menggunakan bahasa diplomatis, bisakah anda menjawab pertanyaan yg menurut anda tidak substansial.

"bisakah dijelaskan tentang dilahirkan tapi tidak menjadi tua?", jika jawaban anda masih sama silakan diulang dengan sama.


saya setuju dengan anda bahwa perdebatan memang tidak akan menghasilkan apa2, jadi saya tidak merasa sedang berdebat dengan anda, saya sedang berdiskusi, dan sedang mengevaluasi pandangan2 anda, kalau saya beruntung mungkin bisa bermanfaat buat saya

M14ka

Quote from: Kelana on 10 May 2011, 09:15:24 AM
Menurut Sdri. M14ka, sepengetahuan anda dari manapun sumbernya, apakah nirvana itu mengalami perubahan atau tidak mengalami perubahan?
Jika nirvana itu tidak mengalami perubahan, bebas dari hukum anitya/anicca, kemudian bisakah kita mengatakan segala sesuatu tidaklah kekal dan abadi?
Nibbana sepertinya kekal deh soalnya tidak berkondisi...benar gak?

Indra

Quote from: djoe on 10 May 2011, 09:29:39 AM
Saudara kelana, 'segala sesuatu tidaklah kekal' adalah ungkapan yang saya ambil dari buku Ajahn Chah.

Dan saya bukan aliran total annihilation


sepertinya anda bukan typical orang yg mengutip begitu saja suatu sumber yg tidak anda pahami dan kami tidak mungkin bertanya kepada Ajhan Chah.

Indra

Quote from: M14ka on 10 May 2011, 09:33:44 AM
Nibbana sepertinya kekal deh soalnya tidak berkondisi...benar gak?

kalau begitu apakah statement "All things are impermanent" adalah benar?

djoe

#39
Quote from: Indra on 10 May 2011, 09:36:13 AM
sepertinya anda bukan typical orang yg mengutip begitu saja suatu sumber yg tidak anda pahami dan kami tidak mungkin bertanya kepada Ajhan Chah.

Coba deh baca bukunya Everything arises, Everything falls away. (Jika anda hanya ingin melihat kata - kata saja dan mengartikan nya begitu)

Indra

Quote from: djoe on 10 May 2011, 09:42:57 AM
Coba deh baca bukunya Everything arises, Everything falls away. (Jika anda hanya ingin melihat kata - kata saja dan mengartikan nya begitu)

kalau memang kutipan anda benar, dan saya percaya itu, untuk apa saya membaca sesuatu yg sudah anda kutipkan dan sudah saya baca di sini? kecuali kalau anda mengatakan bahwa anda tidak mengutip dengan benar, maka saya akan merasa perlu untuk membaca sumber yg benar.

kullatiro

duh mengingatkan daku sama udana 8:3

Kelana

Quote from: M14ka on 10 May 2011, 09:33:44 AM
Nibbana sepertinya kekal deh soalnya tidak berkondisi...benar gak?

Demikian pula yang saya pahami dari sumber yang saya dapatkan. Oleh karena itu menurut saya, tidak segala sesuatu itu mengalami perubahan, tetapi ada sesuatu yang tidak mengalami perubahan yaitu nirvana.
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -

djoe

Quote from: Kelana on 10 May 2011, 10:11:14 AM
Demikian pula yang saya pahami dari sumber yang saya dapatkan. Oleh karena itu menurut saya, tidak segala sesuatu itu mengalami perubahan, tetapi ada sesuatu yang tidak mengalami perubahan yaitu nirvana.

Mohon penjelasan saudara Kelana untuk membuka wawasan saya
Jika ada yang kekal dan ada yang tidak kekal, Bukankah itu berkondisi?
Bukankah itu bukan nondual? Dikatakan ajaran buddha adalah The Middle way.
Jika ada yang kekal dan ada yang tidak kekal, bukankah itu jalan extreme?


Kelana

Quote from: djoe on 10 May 2011, 09:29:39 AM
Saudara kelana, 'segala sesuatu tidaklah kekal' adalah ungkapan yang saya ambil dari buku Ajahn Chah.

Dan saya bukan aliran total annihilation


Sepertinya sikap anda berbeda saat saya mempertanyakan di sutra Mahayana mana terdapat kalimat semua Dharma adalah tidak kekal. Di sini dengan cepat memberi rujukan tulisan orang lain (Ajahn Chah).  :)

Tapi Ok lah.
Pertanyaan yang sama seperti yang saya tanyakan kepada Sdri. M14ka, saya ajukan kepada anda Sdr. Djoe.
Jika jawabannya adalah nirvana itu tidak mengalami perubahan, bebas dari hukum anitya/anicca, kemudian bisakah kita mengatakan segala sesuatu tidaklah kekal dan abadi?

Karena topik ini berjudul Renungan : Dharma yang hidup , mungkin ada baiknya jawabannya direnungkan dulu saja.
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -