Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.  (Read 1022032 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #330 on: 25 July 2010, 12:28:40 PM »
hmm.... interesting...
jika memang ada data ttg RR, dan bro johan sudah mendapakannya. lantas gmn bro?
adakah keuntungan bagi pencapaian tingkat batin anda? atau ini, hanya sebatas kepuasaan batin belaka?
Pembicaraan mengenai kemajuan BATIN adalah di tingkat yg lebih atas.
sedangkan TRANSPARANSI adalah hanya di tingkat corporate, institution or government....

jadi gimana ya orang yg berbicara di tingkat tinggi (spiritual) aja gak bisa menghargain TRANSPARANSI...

beberapa hari yg lalu Daisy Anwar mewawancarain Dalai Lama mengenai attribute apa yg diperlukan menjadi pemimpin yg baik.... salah satunya adalah TRANSPARANSI..............

Gw ambil contoh sebuah kapal trans benua yg mengangkut kontainer (cargo),
nah disana ada LOG BOOK dan semua kejadian dalam kapal di catat. Serta Log Book tsb boleh dibaca. Karna tidak ada yg dirahasiakan.

Masalah LIVING BUDDHA kalah sama KAPAL CARGO ?

mana info Rolls Royce nya ? kapan dikasih? kapan dijual kembali ?  :)) :))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #331 on: 25 July 2010, 12:31:30 PM »
bagaimana dengan foto dia di kolam renang dengan cewe2 dan pas maen pedang2an di halloween party?

Mengenai berenang di kolam renang dengan kaum wanita. Itu adalah foto yang dipotong. Pada kenyataannya di sana juga ada acharya-acharya pria.


Bro ini berita menarik. menarik sekali. kalau di Indonesia ada kah acara renang2 sama siswa2 ceweknya master? kalau ada gw mau JOIN dehhhh...(sorry udah lama sekali gak berenang)...

jadi sekalian berenang sambil mempelajarin ajaran............... mohon PM juga bisa bro...

GW mulai tertarik deh sama yg diatas itu...

dengan tanggap Pariahina, berarti
extrakulikurer kolam renang memang ada!

jangan  acharya-acharya pria lainnya begitu masuk kolam langsung NGOMPOL.:)) :)) :))
zzeeezezeez zezeezez zezezezezez (soalnya belum biasa, harap maklum)

bro mohon tampilkan foto lengkap yg belum dipotong dehhh biar thread ini lebih panas di hari minggu yg sepi ini.... pls pls.

wahhh trus acharya2 nya gak bisa renang dan diajarin cewek2 renang TIDUR...asyiik dehhh spt yg di film itu...  :'( :'( :'(
« Last Edit: 25 July 2010, 12:33:14 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #332 on: 25 July 2010, 12:42:20 PM »
Mau obrolin masalah Roll Royce,

Masalahnye kayak gini. Kalo ente sudah diliputi kebencian dan antipati:

1.Mau dijawab Master LSY menerima mobil itu selama 1 hari, ente juga akan bilang ah Master LSY itu begini... begono.
2.Mau dijawab Master LSY memegang mobil itu selama 2 tahun, ente juga akan bilang idem dito.
3.Mau dijawab Master LSY memengang mobil itu selama ........ kurun waktu, ente juga akan bilang idem dito.

So... pertanyaan di atas kaga ada gunanya dijawab.


Selanjutnye, organisasi dan perguruan Buddhis itu ada bejibun banyaknye. Apakah ente juga tahu secara pasti segenap PEMASUKAN  en PENGELUARAN perguruan ente? Ente tidak bisa menuntut murid-murid suatu perguruan menjawab suatu pertanyaan, yang murid2 perguruan laen BELUM TENTU dapat menjawabnya. Sebagai contoh, dapatkah siswa Guru Dagpo Rinpoche menjelaskan berapa biaya membangun tempat retret di Perancis? Berapa pajaknya?  Bisakah siswa Guru-guru lainnya menjelaskan berapa harga HP guru2 mereka. Adanya notanya kaga? Kalo pemberian orang, berapa lama HP itu diberikan? Jangan ngelit dengan alasan ah HP beda ama Roll Royce. Dua2nye khan sama2 barang. Terus mank  kalo kaga ada HP bisa mati? Guru Buddha aje kaga poenya HP. Ini kebenaran yang pasti 100 prosen bener - lha zaman itu lom ada HP khan?  :P
Kalo aye mau nakal, aye juga bisa tanya... lha itu bangun Foguangshan pake duit siapa? Gimana urusan pajaknye. Gile bisa bangun vihara segede itu... siapa tuh donaturnya. Ngapain juga bangun vihara segede itu. Bukannya Sang Buddha itu dah cukup dengan vihara sederhana.
Nah, gw cuman mau memperingatkan ada pertanyaan yang patut ditanyakan dan kagak. Janganlah kita mengarang2 pertanyaan hanya karena kita antipati atau benc.

Jadi lepas dari masalah transparasi apa kaga, gw kaga mau pusingin masalah Roll Royce. Itu bukan urusan aye sebagai siswanye. Sebagai siswa tugas aye adalah melatih diri sesuai dengan sadhana yang diajarkan guru aye. Guru aye mau punya villa mewah, vihara kayak hotel, HP bagus, mobil bagus, dll. Itu bukan urusan aye. Sebodo taek lah. Hanya berlatih Dharma dan berlatih. Itu nyang penting.

Guru aye mau punya villa mewah, vihara kayak hotel, HP bagus, mobil bagus, dll. Itu bukan urusan aye. Sebodo taek lah. Hanya berlatih Dharma dan berlatih. Itu nyang penting.

Kalau di Tantra kan katanya hrs memilih guru yg tepat. Kriteria2 apakah yg bro jadikan acuan bahwa LSY adalah guru yg baik dan tepat ? mohon sharing nya dunngg.

Dengan posting bro yg ini.... udah memberikan gambaran sejauh mana kemampuan bro dapat analisa dan pengamatan dalam suatu masalah dgn jernih.... (nice post... nice post...)

gw rangkum dehhh :

Bro Pariahina gak ambil pusing kalau gurunya punya villa mewah, vihara kayak hotel, HP bagus, mobil bagus, dll (asumsi termasuk berenang sama setumpuk cewek2 juga)
^ itukah contoh produk murid LSY ?  :o :o :o :o :o

kalau di Indonesia kapan ada fasilitas komlam renangnya gw join dehhhh
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.185
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #333 on: 25 July 2010, 12:46:12 PM »
sampai harus cari referensi dari forum tetangga
Quote
Svashtiastu Bro Fran 

Point pertama dari pertanyan bro Fran :

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya,sebelum kita MEMANDANG seorang GURU sebagai BUDDHA,kan saya bilang kita selayaknya melewati sebuah masa pencarian sebelumnya,based on pasal2 Guru yg qualified yg udah disebutkan dalam "Guru Pancasikha". Ini bisa dibilang proses penyaringan/pencarian.

Contoh kasus : Atisha yang berguru kepada lebih dari 100 orang Guru dalam masa pencariannya, Naropa mencari Tilopa walaupun Naropa sendiri adalah seorang Maha Pandita di Nalanda, Marpa mencari Naropa di India walaupun naik turun gunung Hiamalaya, Milarepa mencari Marpa karena haus akan ajaran walaupun di-"siksa" dulu sebelum diberi ajaran.

Perlu digrisbawahi bahwa SEORANG GURU YANG LAYAK DIPANDANG SEBAGAI BUDDHA SALAH SATU KRITERIANYA ADALAH IA YANG TIDAK PERNAH MENDEKLARASIKAN DIRINYA SEBAGAI YANG PALING WAH,melainkan IA SELALU MENUNJUKKAN KEPADA KITA KUALITAS2 GURU DIATASNYA ATAUPUN PARA BUDDHA/BODHISATTVA/MASTER2 LAINNYA.
http://www..com/forum/index.php?topic=24.15

ntar aku cari referensi di kitabnya....
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.185
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #334 on: 25 July 2010, 01:06:17 PM »
Dengan maksud agar sumpah-sumpah,
baik dari Guru maupun murid tidak merosot, maka keduanya harus saling memeriksa
sebelum menjalin ikatan Guru dan murid
(untuk menentukan apakah seseorang sesuai atau tidak). (6)

Seorang siswa dengan sadar seharusnya tidak menjadikan seseorang sebagai Guru,
mereka yang kurang cinta kasihnya alias pemarah, kejam atau sombong, tamak,
tidak disiplin atau menyombongkan pengetahuannya.(7)

Seorang Guru seharusnya mantap dalam tindakannya,
ucapannya menimbulkan semangat, bijaksana, sabar dan tulus. Beliau seharusnya tidak menyembunyikan kekurangan-kekurangan ataupun berpura-pura memiliki sifat-sifat yang sebenarnya tidak dimilikinya.
Ia seharusnya orang yang ahli dalam pengetahuan Tantra dan tata upacara
(penyembuhan dan pengendalian rintangan-rintangan),
beliau seharusnya juga memiliki cinta kasih
dan pengetahuan yang mendalam terhadap Sutra-sutra. (8

Seorang Guru harus mempunyai keahlian sempurna dalam sepuluh bidang pengetahuan,
ahli dalam melukis mandala,
berpengetahuan sempurna,
mampu menerangkan Tantra,
memiliki keyakinan tulus tertinggi
dan indrianya sepenuhnya terkendali. (9)


Pada umumnya, seorang Guru Mahayana harus memiliki sepuluh sifat-sifat di bawah ini:
1.   Berdisiplin sebagai hasil penguasaan atas praktek samaya yang tinggi atas pengendalian moral.
2.   Batinya tenang sebagai hasil dari samadhinya yang tinggi.
3.   Mampu melindungi dirinya dari berbagai klesha serta rintangan atas kebijaksanaan luhur.
4.   Memiliki pengetahuan yang lebih banyak dari pada siswanya khususnya atas ajaran yang hendak di berikan.
5.   Bersemangat serta tekun dan gembira dalam memberi ajaran.
6.   Menjadi harta karun atas pengetahuan ajaran Sutra-sutra.
7.   Mencapai dan memahami sunyata.
8.   Ahli dalam menyampaikan berbagai ajaran.
 
9.   Memiliki maitri karuna yang besar dan
10.   Tidak segan mengajarkan dan berusaha demi para siswanya dengan tidak mengabaikan kesanggupan mereka.

Seorang Vajracharya harus memiliki kualitas-kualitas yang lebih baik lagi sebagaimana yang tertulis dalam kitab-kitab suci, yang terpenting adalah Guru itu seharusnya orang yang kehadirannya menyebabkan semua orang menjadi tenang, damai dan merasa santai. Bahkan sorot matanya saja dapat menyebabkan kesejukan luarbiasa dalam hati yang melihatnya dan maitri karunanya tanpa batas.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.185
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #335 on: 25 July 2010, 01:09:47 PM »
Di lain pihak, bagaimanapun sebagai seorang Guru beliau seharusnya tentu juga selalu bersikap rendah hati, tidak sombong atau congkak menyombongkan kehebatan dirinya yang patut di hormati. P’a-ra Rinpoche salah satu siswa yang telah mencapai Pencerahan dari Guru senior dan junior Dalai Lama ke 14 (Kyabje Ling Rinpoche dan Kyabje Trijang Rinpoche), selalu menaruh kitab suci di dekat tempat duduknya, mengenai hal ini beliau menjelaskan dengan mengatakan bahwa ketika orang-orang datang berkunjung dan bersujud kepadanya, paling tidak mereka akan memperoleh kebajikan dari bersujud pada kitab suci jika beliau tidak memiliki keluhuran.

LIMA PULUH SLOKHA GURU PANCASHIKA
Oleh: Acharya Aryashura
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #336 on: 25 July 2010, 01:41:31 PM »
Ini topik yang luar biasa, selama ogud "absen" beberapa hari aja udah jadi 18 pages. Ogud tadi coba baca2 cepat, hingga page 1. Ada beberapa hal yang ingin ogud tanggepi.

1.Ada yang mengkritik mengapa saat kebaktian LSY bagi2 pil Dharma dll.

Pertanyaan ini barangkali timbul karena yang bersangkutan tidak atau belum paham Tantrayana, khususnya Tibetan Tantrayana. Sesungguhnya dalam ajaran Tantra pembagian benda2 semacam itu adalah umum. Gw pernah ikut acara puja satu Rinpoche. Di situ juga dibagiin pil Dharma, kalo ga salah pas pua Jambhala. Terus ada juga pembagian jimat2 yang bentuknya empat persegi. Gw ada buku tentang jimat2 Tibet :P. Memang jimat seperti ini ada di buku itu. Terus ada lagi acara tolak bala yang diadakan di acara itu, kayak cisua gitu di kepercayaan China. Suruh kumpulin rambut en kuku. Hmm mistis kaga ya. Selama ikut ajaran Guru LSY gw kaga pernah ada acara kumpulin rambut n kuku. Jadi kesimpulannya, dalam hal ini, ajaran Guru LSY tidak menyimpang dibandingkan Tantra lainnya. Semoga dengan penjelasan ini, case bisa closed. Jadi bisa dilanjut bahas lain yang lebih penting.

2. Masalah anting dan perhiasan dan cincin.

Kakang Johan3000 ada ngomong kalo bisa saja menjalankan upacara dengan baik tanpa perhiasan dkk. Ya.... itu khan pendapat pribadi Johan3000. Ya kalo Akang Johan bisa melaksanakan upacara dengan baik tanpa semua itu ya monggo kerso. Itu pendapat pribadi Anda dan bagi gw ga menyatakan apapun. Ga ada artinya apa2. Sah0sah saja kowe mau menyatakan kowe punya pendapat pribadi. Nyang penting khan 4Dmyn dan Wencie udah jelasin makna2 cnincin itu. Kang Johan3000 mo ngomong apa lagi masalah cnincinan ya terserah. Yang pasti itu ada hubungannya dengan upacara keagamaan. Kayaknya ga ada pendapat baru lagi seputar cincin yang perlu ditanggapi.

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #337 on: 25 July 2010, 01:46:35 PM »
Mengenai foto pedang2an NPNG, gw pengen tanggepin. Tapi udah balik2 ampe halaman 1 ga nemu fotonya. Mungkin supaya lebih cepat silakan ente kasih tau ada di page berapa.
Kemudian supaya cepat saya coba kasih tanggepan dikit. Mohon ampyun kalo OOT atau ga seperti yang dimaksud karena ogud kaga atawa lom liat potonya.
Sebenernye bhikshu2 Tibet ada pula nyang tuh tarian topeng. Maknanye sebenarnya adalah budaya. Kriteria pantas dan tidak pantas itu adalah di masing2 orang sendiri. Mungkin bagi sebagian orang pantes, tapi bagi yang lain tidak. Ya terserah sahaja.
Bagi gw kaga ada masalah kalo Guru gw mau tarian pedang. Justru gw bangga, Guru gw itu menghormati budaya. Selama agama Buddha masuk ke China ada juga dilakukan adaptasi terhadap budaya setempat.
Nah gw ga tao apa jawaban gw di atas mengena ape kagak. Tapi kalo lomlah mengena kasih gw liat gambar tarian pedang nyang dimaksud.

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #338 on: 25 July 2010, 01:54:57 PM »
foto2 yang saya tampilkan semuanya uda dihapus ama TBSN...beberapa menit setelah saya post.foto pertama lgsg di hapus..trus sekarang foto2nya uda dihapus semua...itu gmn tanggapnnya?

fotonya di halloween party, maen pedang maenan..apakah itu termasuk ritual?
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #339 on: 25 July 2010, 02:02:20 PM »
foto2 yang saya tampilkan semuanya uda dihapus ama TBSN...beberapa menit setelah saya post.foto pertama lgsg di hapus..trus sekarang foto2nya uda dihapus semua...itu gmn tanggapnnya?

fotonya di halloween party, maen pedang maenan..apakah itu termasuk ritual?

Lha kalo fotonya kaga ada ya gimane aye mau komen? Ya kalo nurut gw ente tanya aja ma TBSN napa kok dihapus. Kalo aye bilang seh, foto2 tu punya sapa? TBSN khan? Ya tu hak mereka tuk ngapus. So sah2 aje lah. Tu barang juga poenya mereka. Laenlah ceritanye kalo mereka ngapus barang poenya orang laen.
Ya... meski bukan ritual, tapi bisa dianggap wujud penghargaan terhadap budaya bukan?

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #340 on: 25 July 2010, 02:06:43 PM »
http://indonesia.tbsn.org/uploads/photos/48.jpg

http://indonesia.tbsn.org/uploads/photos/45.jpg

eh ketemu...coba ke tkp..gw penasaran aja..mang boleh gt maen2 gt?

budaya seh budaya pari..tapi apakah perlu seperti itu?
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #341 on: 25 July 2010, 02:14:24 PM »
Wah gambar yang bagus. Tuh khan Akang NPNG dah berburuk sangka. Nyatanye kagak diapus gitu lho. Buktinye tuh masih ada.
Ya komen gw seh apa masalahnye? Acara itu khan bisa mengakrabkan Guru dengan muridNye? Namanye Guru khan kaga mesti harus duduk diam dengan kukuh di atas altar Dharma khan? Mank kalo Guru bisa menyatu dengan para siswaNye apa nyang salah dengan itu.

Ah gw tadi penasaran. Baru tao ada poto itu. [Ah kirain poto apaan.. gitu gw pikir dalem ati]. Ternyata cuman poto kayak gitu doank. Lain kalo misalnye Guru gw tampil tanpa sehelai benangpun. Nah kalo kek gitoe baroe ceritanye laen. Mungkin malah gw bisa langsung ganti Guru. Wkwkwkwkwk.

Ya jadi singkat aja. Gw ga ada masalah dengan poto itu. Masalah pantes kaga pantes itu pulang pada masing2 pribadi. Gw seh lebih seneng Guru nyang bisa menyatoe dengan muridNye.

Justru dari poto itu, tuduhan bahwa LSY sombong udah terpatahkan. Lha kalo Beliau sombong, mana mau Beliau maen2 kayak gitu dengan murid2Nye? Marilah direnungin.

Kok jadi makin yakin ya ama Guru gw. hueheuehue =))

Offline Pariahina

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 314
  • Reputasi: -12
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #342 on: 25 July 2010, 02:16:55 PM »
http://indonesia.tbsn.org/uploads/photos/48.jpg

http://indonesia.tbsn.org/uploads/photos/45.jpg

eh ketemu...coba ke tkp..gw penasaran aja..mang boleh gt maen2 gt?

budaya seh budaya pari..tapi apakah perlu seperti itu?

Tambahan lagi..... ah itu khan opini loe Akang NPNG. Bagi gw seh ga menyatakan apa2. Elo boleh juga poenya opini kek gitoe. Sah-sah aja.

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #343 on: 25 July 2010, 02:18:24 PM »
mnurut gw gak pantas, menurut bro pantas..kemabli lagi ke pandangan masing2..

oya..yang foto kolam renang gmn tuh?
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Seputar master LU (LSY) & Living Buddha & True Buddha School.
« Reply #344 on: 25 July 2010, 02:22:59 PM »
foto yang saya tampilin di page 9 soalnya ga ada gambarnya lagi..jd saya berpikir uda dihapus..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless