Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?  (Read 15365 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #45 on: 26 October 2009, 04:07:08 PM »
tapi bukankah objek itu netral :-?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #46 on: 26 October 2009, 04:08:24 PM »
object emank netral tp pikiran u nga netral  :)) .. apa hubungan gantung baju ama kawin  :))

 _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #47 on: 26 October 2009, 04:26:01 PM »
Berbuat akusala terhadap obyek yg mempunyai sila lebih tinggi, akan membuahkan akusala vipaka yg bobotnya lebih berat juga

jadi yg dilihat bukan dari bhikkhu, bhante atau manusia awamnya namun pada kondisi batinnya. Mungkin saja seseorang berjubah kuning dan berkepala gundul tapi dalam kesehariannya tidak menjalankan sila?

itu kenapa melukai seorang buddha berakibat masuk neraka avici namun melukai seekor sapi, hanya membuahkan akusala vipaka yg jauh lebih kecil

semoga bermanfaat

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #48 on: 26 October 2009, 04:38:02 PM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

:hammer: :hammer:
ya iyaaa laaahh :ngomel:

pertanyaan nya ada2 aja deeeehhh :-w

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #49 on: 26 October 2009, 06:02:50 PM »
kata nyokap g katanya ada tuh bhikkhu yg gantung jubah, gara2 mo kawin sama ce ;D

apa sih bro hatRed....

gantung sama lepas gak sama lho...........


Dalam kondisi apa ya... seorang bhiku boleh nginap dirumah umat ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #50 on: 27 October 2009, 09:01:19 AM »
menghalang2i seseorang untuk menjalani kehidupan suci tentu saja perbuatan buruk

apa ini juga termasuk orang tua yang melarang anaknya jadi biku?

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re:
« Reply #51 on: 27 October 2009, 03:04:39 PM »
^

oo.... oowww... :-SS

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #52 on: 27 October 2009, 03:44:51 PM »
^

oo.... oowww... :-SS

Lin... ibu hamil yg ada di avatarmu udah melahirkan yah? anaknya cepat besar yah? :))

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re:
« Reply #53 on: 27 October 2009, 05:11:25 PM »
^

c'Lily bs ajaaaa.. :))
itu foto ibu hamil tahun 2006. Both of them are my sisters :)
Januari 2007 mereka uda melahirkan, cm beda 2 minggu.. ^-^
nih foto anaknya, cm agak ketuker.. Ibu hamil sblh kiri, anaknya yg cowo sblh kanan.. Ibu hamil sblh kanan, anaknya yg cewe sblh kiri ;D

Hehehe numpang ngejunk yaaa...

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #54 on: 27 October 2009, 10:53:36 PM »
Kalau chat 4 mata antara cewe dengan bhikkhu? Hari gini banyak loh.. Belum diatur di vinaya khan :D
appamadena sampadetha

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #55 on: 27 October 2009, 11:18:05 PM »
tidak melanggar vinaya/sila secara tertulis tapi saya bilang sih itu melanggar dhamma karena memperbanyak akusala

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #56 on: 27 October 2009, 11:47:58 PM »
IMO, sebenarnya 1 vinaya/sila itu dapat dikaji maknanya dari 2 sisi: eksplisit dan implisit.
appamadena sampadetha

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #57 on: 28 October 2009, 12:06:17 AM »
Kalau chat 4 mata antara cewe dengan bhikkhu? Hari gini banyak loh.. Belum diatur di vinaya khan :D

tidak melanggar vinaya/sila secara tertulis tapi saya bilang sih itu melanggar dhamma karena memperbanyak akusala

ko markos, bs dijelasin gmn memperbyk akusala nya? klo chatting lwt ym?
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #58 on: 28 October 2009, 12:26:45 AM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

:hammer: :hammer:
ya iyaaa laaahh :ngomel:

pertanyaan nya ada2 aja deeeehhh :-w
Gak .... kalee
itu berarti di kehidupan ini berjodoh dalam berumah tangga ......

Jangan kita menghukum orang dengan kata-kata "Kamma"
Dalam sutta2 dan vinaya tidak pernah menyebutkan seorang wanita dekat dgn Bhikkhu, lalu kemudian menikah yg mengakibatkan Kamma buruk bagi wanita ....... kecuali menggoda dengan Seksual (mungkin .....  ::))

Dimanapun pernah terjadi seorang Bhikkhu lepas jubah kemudian menikah .......
Lepas jubah dan menikah, tentu pilihan Bhikkhu ....... jadi jgn selalu menyalakan wanita  ;D

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #59 on: 07 April 2012, 09:19:18 PM »
kalau umat awam sudah tau itu melanggar vinaya,apalagi bhikkhu...!!! para bhikkhu pasti tau apa yg bakal dia terima bila melanggar vinaya.. bila Bhikkhu melakukannya, pasti punya alasan tersendiri.. kita sebagai umat yg belajar,mengambil yang baiknya saja di ajarkan..... ;D ;D _/\_