Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?  (Read 15351 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« on: 19 September 2009, 09:55:51 PM »
_/\_
Numpang nanya, apakah kita yang umat awam boleh menegur bhikkhu yang sekiranya berbuat kurang pantas, misalnya kira2 tak sesuai dengan dhamma? Apakah hal ini etis atau tidak? Atau malah menambah akusala kamma ya karena sok menggurui orang yang memiliki sila lebih banyak daripada kita?
Mohon pencerahannya.
P.s. Tak sebut nama ya...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #1 on: 19 September 2009, 10:15:51 PM »
asalkan dengan niat baik dan dengan cara yg baik saya pikir no problem

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #2 on: 19 September 2009, 11:04:40 PM »
memberi masukan pada Bhiku, bukan menegur lho!


bisa dimulai dgn pertanyaan :

Bhiku, kalau menurut umat ada hal2 yg kurang pass dilakukan oleh seorang bhiku,
gimana cara yg paling baik memberikan masukan tsb supaya bisa berjalan dgn baik?

nah lihat jawaban dari bhiku gimana


atau tanya bhiku, apakah umat boleh memberikan masukan demi kemajuan wihara ini ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #3 on: 19 September 2009, 11:26:56 PM »
menurut wnya, sepertinya sah2 saja... \;D/\;D/\;D/
klo memang perbuatan itu kurang pantas, hal tsb patut ditegur... \;D/\;D/\;D/
klo menambah akusala kamma, menurut wnya, sepertinya tidak, soalnya kan, kita sudah punya niat baik, niat kita itu baik, bukannya sengaja mo mencemarkan nama baik seorang bhikkhu tersebut...
asal niat kita baik, hal itu tidak bakalan menimbulkan akusala kamma...
karena yg  namanya akusala kamma, timbul karena adanya kehendak yg tdk baik...
kita menegur juga demi kebaikan bhikkhu tersebut... ;D ;D ;D
menurutku, tak masalah walau moral bhikkhu tsb lbh byk ataupun tidak...
kehendak kita menegur bhikkhu tersebut kan baik, agar menjaga kelestarian vinaya, klo memang ada perbuatan bhikkhu tsb yg tdk pantas(melenceng dari vinaya), hal itu patut kita tegur...
tetapi, kita juga tidak boleh hanya mau menegur org lain \:no:/ , kita juga harus melihat ke dalam diri kita juga lhoo... \;D/
karena, ntar klo kita sering negur org, tapi perbuatan kita sendiri masih tdk pantas, ntar bisa dicemoohin...
"si A hanya mau negur org, tapi diri sendiri...psstpssttpsttt..."
jadi, klo mo menegur org lain, harus melihat ke dlm diri sendiri terlebih dahulu, klo tdk ntar kita sendiri yg kena tegur lhoo...\;D/

klo ada kata yg salah, mohon dimaklumi yoo... ^:)^ ^:)^ ^:)^

Metta cittena,
Citta _/\_
« Last Edit: 19 September 2009, 11:28:55 PM by Citta Devi »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Xzone

  • Sebelumnya hans75
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 219
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #4 on: 19 September 2009, 11:46:32 PM »
_/\_
Numpang nanya, apakah kita yang umat awam boleh menegur bhikkhu yang sekiranya berbuat kurang pantas, misalnya kira2 tak sesuai dengan dhamma? Apakah hal ini etis atau tidak? Atau malah menambah akusala kamma ya karena sok menggurui orang yang memiliki sila lebih banyak daripada kita?
Mohon pencerahannya.
P.s. Tak sebut nama ya...

tegur aja, cuma cara menegurnya mgkn yang perlu diperhatikan. Mengenai etis atau tidak, menurut saya sih wajar ajalah, selama cara kita menegurnya gak over acting (apalagi cuma mau dapet point) ... :P

Kalo masalah akusala kamma sih, no comment dah.  :)
Silanya banyak kan belum tentu yang udah dijalaninnya juga banyak lho. :)

_/\_
Selama buah dari suatu perbuatan jahat belum masak, maka orang bodoh akan
menganggapnya manis seperti madu;
Tetapi apabila buah perbuatan itu telah masak, maka ia akan merasakan pahitnya
penderitaan.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #5 on: 19 September 2009, 11:52:52 PM »
^ setuju bro ... ;D

Sila cuma sebatas aturan aja koq ... Yang terpenting banyak nggak yang sudah dilaksanakan ... :)

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #6 on: 19 September 2009, 11:55:15 PM »
Kalau bhikkhunya kita nggak kenal gimana? Kan kalau mau ngomong juga sungkan..ketemu juga hampir setahun sekali. Gimana tuh?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #7 on: 20 September 2009, 12:06:42 AM »
Kalau bhikkhunya kita nggak kenal gimana? Kan kalau mau ngomong juga sungkan..ketemu juga hampir setahun sekali. Gimana tuh?

surat kaleng ? =))

atau sms gitu ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #8 on: 20 September 2009, 12:08:59 AM »
Eww...mana boleh ngasih surat kaleng. Sms? Mana ekke tau nomer hapenya, bang sahceng.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #9 on: 20 September 2009, 12:31:05 AM »
tegur secaraa halusss kalii... \;D/\;D/\;D/
dgn cara menanyakan seolah bhikkhu lain yg ingin ditegur gitu...
cthnya:
"Bhante, klo ada bhikkhu lain yg begini2 gitu, kira2 kelakuan bhikkhu itu pantas tdk bhante? klo umat awam spt saya begini, pantas gak menegurnya?"
^
^ dah boleh dicoba tuhh... :)) :)) :P \;D/\;D/\:D/

Metta cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #10 on: 20 September 2009, 01:52:38 AM »
Makasih ya citcitcuit. Tapi masalahnya agak spesifik, hanya satu kasus per bhikhhu. Jadi kalau belagak nanya itu mah sudah pasti sindiran halus..iMO, i ketemu bhikkhu tsb jarang bangeeet n gak begitu kenal
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #11 on: 20 September 2009, 02:39:09 AM »
hmmhh...
ato begini ckurr :
"Bhante, saya mau sedikit bertanya Bhante, ada sedikit pertanyaan dari dlm diri saya, apakah seorang umat awam, kira2 boleh gak, seorang umat awam itu menegur anggota sangha yg berprilaku tdk pantas? klo spt itu, apakah seseorang umat awam yg menegur anggota Sangha itu akan melakukan akusala kamma?"
mirip2 yg ckur postin gitu pertanyaannya... :))
klo dijawab boleh2 saja, toh Bhante juga manusia, yg tak luput dari kesalahan...(<<="misalnya" \;D/)
Nahhh, dari situ ckur sudah boleh bertanya perlahan2 menegur Bhikkhu tsb, kan bhikkhunya mengatakan boleh saja...
klo misalnya bhikkhunya mengatakan tdk boleh, ckur bilangin lho, "lha, bhante, gimana klo perbuatan seorang bhikkhu itu sudah benar2 tdk pantas lagi sebagaimana layaknya seorang bhikkhu, bukannya itu dapat mencemari vinaya?"
gitu2 coba bisa gak ckurr?
klo bhikkhunya awalnya tdk sadar akan sikap tak pantasnya, mungkin bhikkhunya dapat menelaah sendiri prilakunya sudah pantas atau tdk\;D/, tapi klo bhikkhunya sudah dgn sadar/sengaja melakukan perbuatan tdk pantas begitu, silahkan2 saja mulai tegurannya...
demi menjaga dhamma vinaya lhoo...

atau cara lain begini, bertanya ketika bhikkhunya sedang melakukan ceramah dan ada tanya jawabnya... \;)/
ckur bertanya langsung saja, tapi jgn langsung menegur di depan khalayak ramai/umat...
klo bertanya ketika bhikkhu tsb sedang ceramah kan, tdk kelihatan menyindir mendadak begitu...\;D/

klo boleh nanya, mangnya perbuatan yg tdk pantas bagaimana mangnya ckurr? ;D

metta cittena,
Citta _/\_

May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #12 on: 20 September 2009, 08:46:36 AM »
asalkan dengan niat baik dan dengan cara yg baik saya pikir no problem

1.... 7.......   :)
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #13 on: 20 September 2009, 09:23:21 AM »
asalkan dengan niat baik dan dengan cara yg baik saya pikir no problem

1.... 7.......   :)

Mungkin caranya juga harus taktis... sehingga yang bersangkutan tidak tersinggung...
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #14 on: 20 September 2009, 10:23:32 AM »
asalkan dengan niat baik dan dengan cara yg baik saya pikir no problem



1.... 7.......   :)

Mungkin caranya juga harus taktis... sehingga yang bersangkutan tidak tersinggung...


Kue LAPIs TIGA

lapis  1...
   pujilah biksu tsb.. hal2 positif apa yg dia telah lakukan utk wihara
lapis 2
   beri masukan (bukan kritikan lho) membangun supaya wihara ini lebih maju
lapis ke 3
   penutup lengkapilah hal2 positif, anda siap mendukung atas perkembangan wihara....

inilah kue belapis tiga, gw rasa boleh dicoba...(wuueeenah lho)

selanjutnya terserah anda....... =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #15 on: 20 September 2009, 10:32:36 AM »
tegur secaraa halusss kalii... \;D/\;D/\;D/
dgn cara menanyakan seolah bhikkhu lain yg ingin ditegur gitu...
cthnya:
"Bhante, klo ada bhikkhu lain yg begini2 gitu, kira2 kelakuan bhikkhu itu pantas tdk bhante? klo umat awam spt saya begini, pantas gak menegurnya?"
^
^ dah boleh dicoba tuhh... :)) :)) :P \;D/\;D/\:D/

Metta cittena,
Citta _/\_

Bkhikunya pasti udah berpengalaman deh (dengan pertanyaan model begitu)....
=))


Quote
klo boleh nanya, mangnya perbuatan yg tdk pantas bagaimana mangnya ckurr? Grin
gw juga pingin tau yg ini (cuma garis besarnya aja,... bukan detailnya)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #16 on: 20 September 2009, 10:35:15 AM »
Secara garis besar, jual beli barang.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #17 on: 20 September 2009, 11:27:38 AM »
Secara garis besar, jual beli barang.

thanks, atas infonya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #18 on: 20 September 2009, 11:36:52 AM »
mungkin lagi butuh duit, jadi jualan....(dikit2)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #19 on: 20 September 2009, 12:03:12 PM »
Untuk apa? Jual-beli barang kan garis besarnya menambah LDM..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #20 on: 20 September 2009, 12:12:39 PM »
Untuk apa? Jual-beli barang kan garis besarnya menambah LDM..
yakin sis ? takutnya digunakan misal untuk pembangunan vihara dll seh..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #21 on: 20 September 2009, 12:15:49 PM »
Kan ekke nggak ngasih tau barang macem apa yang diperjual-belikan. Lagipula kalau memang untuk vihara/pembabaran dhamma, apa pantas ya seorang bhikkhu melakukan transaksi jual-beli untuk mendapatkan uang/laba? Kalau menurut ekke sih nggak sesuai dhamma ya.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Ario_botax

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 106
  • Reputasi: 4
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #22 on: 20 September 2009, 12:40:01 PM »
Demikian yang kupahami..

Setelah membaca Dhammapada, disebutkan dalam salah satu penceritaannya, ketika itu 2 Bhikku dari 5 Bhikku pertama diketahui sedang melakukan bercocok tanam. Kabar tersebut kemudian beredar dan akhirnya disampaikan kepada Buddha, kemudia Buddha mengutus Y.M Sariputta dan Y.M Mahamoggalana untuk menegur  para sesepuhnya.

Kemudian Y.M. Sariputta bertanya, perihal bahwa para sesepuhnya tidak mengindahkan teguran Beliau. (Hal ini dimungkinkan karena para sesepuh lebih senior ketimbang Y.M Sariputta dan Y.M Mahamoggalana). Kemudian menurut Dhammapada Buddha memberikan pernyataan kepada 2 Bhikku utama tersebut untuk disampaikan kepada para sesepuh. Bahwa jika mereka tidak patuh pada teguran dari utusan Buddha, maka hukuman layak dicanangkan, yaitu dikeluarkan dari Sangha. (mungkin inilah cikal bakal, munculnya vinaya agar para bhikku tidak bermatapencarian.)

Maaf di sini saya tidak mencantumkan Syair Dhammapada ke berapa , karena saya lupa..

maksud saya adalah, saat itu memang vinaya dijalankan dengan ketat. Jadi jika memang ada bhikku yang tidak mematuhi vinaya maka akan ditegur.

Nah, untuk permasalahan ini,  mungkin kita sebagai umat awam boleh menegur, tetapi dengan cara yang patut dan pantas. Namun saya tidak tahu bhikku yang dimaksud dengan Yuri_Chan adalah aliran apa..

karena aliran berbeda memiliki vinaya yang berbeda. ^^

saran saya adalah, coba tanyakan saja kepada bhikku yang bersangkutan, asalkan niat kita memang baik demi kebaikan bhikku tersebut.. maka tidak ada salahnya ^^

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #23 on: 20 September 2009, 12:55:32 PM »
Setuju at atas,slm mash manusia silakan kritis,agar kt orng awam tdk terjerumus kedakam pandangan salah,kt hormat d kagum atau jd panutan kt bkn karena jubah dan status tp tingkah laku,berpikir,dll,

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #24 on: 20 September 2009, 10:22:22 PM »
kalau 1% komisi dari penjualan rumah senilai 6M rph, ya lumayan deh...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #25 on: 25 October 2009, 01:00:12 PM »
Jika umat awam melihat dengan mata kepala sendiri seorang bhikkhu  berprilaku tidak sesuai dengan peraturan kebhikkhuan, ia sudah sewajarnya mengingatkan bhikkhu tersebut namun bukan berdasarkan kebencian atau kemarahan. Ia mengingatkan bhikkhu tersebut semata-mata demi kebaikan bhikkhu tersebut. Ketika ia mengingatkan ia pun musti melihat waktu yang tepat. Jika perlu perbuatan tersebut lebih baik dilaporkan ke Sangha karena sesungguhnya yang paling berhak untuk memberikan peringatan terhadap kelakuan seorang bhikkhu adlah Sangha.

Mengapa saya mengatakan bahwa umat awam pun bisa memberi peringatan terhadap bhikkhu yang berprilaku tidak sesuai dengn kehidupan bhikkhu? Karena dalam vinayapitaka, ada beberapa kasus di mana umat awam memberikan teguran terhadap bhikkhu yang tengah melakukan hal yang tidak baik.Satu contoh, suatu saat bhikhu Udayi sedang berkhotbah di kamar dengan seorang perempuan, cuma berduaan. Kebetulan Visakha melihat hal itu, dan saat itu ia mengingatkan bhikkhu Udayi bahwa meskipun ia tidak mempunyai niat yang buruk, berduaan dengan wanita sangat tidak pantas bagi seorang bhikkhu karena orang lain akan berprasangka yang bukan2.

Thanks.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #26 on: 25 October 2009, 02:24:42 PM »
_/\_
Numpang nanya, apakah kita yang umat awam boleh menegur bhikkhu yang sekiranya berbuat kurang pantas, misalnya kira2 tak sesuai dengan dhamma? Apakah hal ini etis atau tidak? Atau malah menambah akusala kamma ya karena sok menggurui orang yang memiliki sila lebih banyak daripada kita?
Mohon pencerahannya.
P.s. Tak sebut nama ya...


Boleh sih...asalkan 4 mata aja (bukan 4 mata nya si tukul yah :)) )

Sebelum tegur Si Bhante... kalo Sis berpikiran buruk dulu maka itu adalah akusala kamma... suatu saat akan berbuah juga... ;D
terus sewaktu tegur.... kalo tidak hati2 maka akusala citta (pikiran yg tidak bermanfaat/buruk)  nya yg akan muncul dulu...dan itu akan menambah akusala kamma...

_/\_ :lotus:
« Last Edit: 25 October 2009, 02:27:42 PM by Lily W »
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #27 on: 25 October 2009, 02:27:33 PM »
ngeri jg tegur Bhante, hahaha ;D

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #28 on: 25 October 2009, 02:29:16 PM »
_/\_
Numpang nanya, apakah kita yang umat awam boleh menegur bhikkhu yang sekiranya berbuat kurang pantas, misalnya kira2 tak sesuai dengan dhamma? Apakah hal ini etis atau tidak? Atau malah menambah akusala kamma ya karena sok menggurui orang yang memiliki sila lebih banyak daripada kita?
Mohon pencerahannya.
P.s. Tak sebut nama ya...


Boleh sih...asalkan 4 mata aja (bukan 4 mata nya si tukul yah :)) )

Sebelum tegur Si Bhante... kalo Sis berpikiran buruk dulu maka itu adalah akusala kamma... suatu saat akan berbuah juga... ;D
terus sewaktu tegur.... kalo tidak hati2 maka akusala citta (pikiran yg tidak bermanfaat/buruk)  nya yg akan muncul dulu...dan itu akan menambah akusala kamma...

_/\_ :lotus:

seorang bhikkhu berbicara 4 mata dengan seorang perempuan, menurut vinaya tidak boleh

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #29 on: 25 October 2009, 02:34:27 PM »
^ Kalo ngga boleh... batasin pake tirai/kipas aja... ;D kek di Thai... ;D

Skrg kenyataannya... banyak bhikkhu yg berbicara 4 mata dg seorang perempuan.... ;D

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #30 on: 25 October 2009, 02:40:31 PM »
Kebiasaan yg salah seharusnya diluruskan, diperbaiki, bukannya dianggap benar dan dilestarikan

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #31 on: 25 October 2009, 03:00:04 PM »
:yes: kesalahan seharusnya diperbaiki, jgn dilestarikan. Lama kelamaan bs menjadi pengakuan yg tdk beralasan dgn benar...

IMO, menegur bhikkhu boleh2 aja. But make sure first kalo hal tsb merupakan suatu pelanggaran sila / etiket yg dijalani oleh bhikkhu..

Teguran lbh mengarah sbg reminder, bukan sbg persepsi pernyataan pribadi bhw ia telah berbuat salah..

cmiiw

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #32 on: 25 October 2009, 06:48:34 PM »
kalau surat kaleng ada bagusnya gak ?
dari pada 4mata ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #33 on: 25 October 2009, 06:49:46 PM »
^ Kalo ngga boleh... batasin pake tirai/kipas aja... ;D kek di Thai... ;D

Skrg kenyataannya... banyak bhikkhu yg berbicara 4 mata dg seorang perempuan.... ;D

_/\_ :lotus:



dan jangan pakai minyak wangi... trus ketawa....cckknn
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #34 on: 25 October 2009, 07:23:32 PM »
Jangan kirim surat kaleng lah, terkesan tdk mempertanggung jawabkan teguran ke bhikkhu..

Btw bro johan knp ngomong kalo wanita ketemu bhikkhu dan ngobrol berdua tuh jgn pake parfum?
Naaah, jangan2 bro johan mudah tergoda wanita yg pake parfum yaa??   ^-^

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #35 on: 26 October 2009, 08:37:08 AM »
Jangan kirim surat kaleng lah, terkesan tdk mempertanggung jawabkan teguran ke bhikkhu..

Btw bro johan knp ngomong kalo wanita ketemu bhikkhu dan ngobrol berdua tuh jgn pake parfum?
Naaah, jangan2 bro johan mudah tergoda wanita yg pake parfum yaa??   ^-^

parfum kan banyk jenis dan tingkatan...
malah ada yg pakai feromon
Quote
ada nggak ya, parfum yang mengandung feromon. kan bisa buat 'pelet',

ini mesti tanya bro Forte baru tau... apakah sangat berbahaya.... ;D
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #36 on: 26 October 2009, 09:55:38 AM »
yang pasti sih jangan diniatkan dari sisi si wanita untuk menggoda bhante-nya...... kalo dia udah niat utk ga menggoda, tentunya dari sisi penampilannya juga akan lebih minimal dibanding ada niat utk menggoda

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #37 on: 26 October 2009, 03:15:49 PM »
yang pasti sih jangan diniatkan dari sisi si wanita untuk menggoda bhante-nya...... kalo dia udah niat utk ga menggoda, tentunya dari sisi penampilannya juga akan lebih minimal dibanding ada niat utk menggoda

yaaa kalo wanitanya punya pikiran benar & sehat, tentunya ga berniat menggoda anggota sangha lho...
apalagi berniat menggoda bhikkhu dengan tujuan agar ia melepas jubah demi hidup scr duniawi dgn wanita tsb.. :hammer:

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #38 on: 26 October 2009, 03:27:37 PM »
kata nyokap g katanya ada tuh bhikkhu yg gantung jubah, gara2 mo kawin sama ce ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #39 on: 26 October 2009, 03:35:19 PM »
bhikkhu boleh kok gantung jubah, biar gak basah kalo mandi

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #40 on: 26 October 2009, 03:39:44 PM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #41 on: 26 October 2009, 03:52:55 PM »
 _/\_


ya,,, saya jg mao tao apa itu karma buruk nga, kalo ada seorg umat awam mengoda anggota sangha terus menikah (lebih tepatnya jatuh cinta)  :))

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #42 on: 26 October 2009, 03:57:21 PM »
bhikkhu boleh kok gantung jubah, biar gak basah kalo mandi

kalo yg ini sih biar bisa kawin loh :whistle:
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #43 on: 26 October 2009, 04:00:39 PM »
^
^
:hammer: :hammer: sembarang bicara  :))

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #44 on: 26 October 2009, 04:03:44 PM »
menghalang2i seseorang untuk menjalani kehidupan suci tentu saja perbuatan buruk

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #45 on: 26 October 2009, 04:07:08 PM »
tapi bukankah objek itu netral :-?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #46 on: 26 October 2009, 04:08:24 PM »
object emank netral tp pikiran u nga netral  :)) .. apa hubungan gantung baju ama kawin  :))

 _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #47 on: 26 October 2009, 04:26:01 PM »
Berbuat akusala terhadap obyek yg mempunyai sila lebih tinggi, akan membuahkan akusala vipaka yg bobotnya lebih berat juga

jadi yg dilihat bukan dari bhikkhu, bhante atau manusia awamnya namun pada kondisi batinnya. Mungkin saja seseorang berjubah kuning dan berkepala gundul tapi dalam kesehariannya tidak menjalankan sila?

itu kenapa melukai seorang buddha berakibat masuk neraka avici namun melukai seekor sapi, hanya membuahkan akusala vipaka yg jauh lebih kecil

semoga bermanfaat

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #48 on: 26 October 2009, 04:38:02 PM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

:hammer: :hammer:
ya iyaaa laaahh :ngomel:

pertanyaan nya ada2 aja deeeehhh :-w

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #49 on: 26 October 2009, 06:02:50 PM »
kata nyokap g katanya ada tuh bhikkhu yg gantung jubah, gara2 mo kawin sama ce ;D

apa sih bro hatRed....

gantung sama lepas gak sama lho...........


Dalam kondisi apa ya... seorang bhiku boleh nginap dirumah umat ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #50 on: 27 October 2009, 09:01:19 AM »
menghalang2i seseorang untuk menjalani kehidupan suci tentu saja perbuatan buruk

apa ini juga termasuk orang tua yang melarang anaknya jadi biku?

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re:
« Reply #51 on: 27 October 2009, 03:04:39 PM »
^

oo.... oowww... :-SS

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #52 on: 27 October 2009, 03:44:51 PM »
^

oo.... oowww... :-SS

Lin... ibu hamil yg ada di avatarmu udah melahirkan yah? anaknya cepat besar yah? :))

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re:
« Reply #53 on: 27 October 2009, 05:11:25 PM »
^

c'Lily bs ajaaaa.. :))
itu foto ibu hamil tahun 2006. Both of them are my sisters :)
Januari 2007 mereka uda melahirkan, cm beda 2 minggu.. ^-^
nih foto anaknya, cm agak ketuker.. Ibu hamil sblh kiri, anaknya yg cowo sblh kanan.. Ibu hamil sblh kanan, anaknya yg cewe sblh kiri ;D

Hehehe numpang ngejunk yaaa...

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #54 on: 27 October 2009, 10:53:36 PM »
Kalau chat 4 mata antara cewe dengan bhikkhu? Hari gini banyak loh.. Belum diatur di vinaya khan :D
appamadena sampadetha

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #55 on: 27 October 2009, 11:18:05 PM »
tidak melanggar vinaya/sila secara tertulis tapi saya bilang sih itu melanggar dhamma karena memperbanyak akusala

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #56 on: 27 October 2009, 11:47:58 PM »
IMO, sebenarnya 1 vinaya/sila itu dapat dikaji maknanya dari 2 sisi: eksplisit dan implisit.
appamadena sampadetha

Offline Yumi

  • Sebelumnya snailLcy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.353
  • Reputasi: 123
  • Gender: Female
  • Good morning, Sunshine..
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #57 on: 28 October 2009, 12:06:17 AM »
Kalau chat 4 mata antara cewe dengan bhikkhu? Hari gini banyak loh.. Belum diatur di vinaya khan :D

tidak melanggar vinaya/sila secara tertulis tapi saya bilang sih itu melanggar dhamma karena memperbanyak akusala

ko markos, bs dijelasin gmn memperbyk akusala nya? klo chatting lwt ym?
Para bhikkhu, fajar berwarna kuning keemasan adalah pertanda awal terbitnya matahari.
Demikian pula, kesempurnaan sila adalah awal timbulnya Jalan Mulia Berunsur Delapan.
~Silasampada Sutta - Suryapeyyala~

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #58 on: 28 October 2009, 12:26:45 AM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

:hammer: :hammer:
ya iyaaa laaahh :ngomel:

pertanyaan nya ada2 aja deeeehhh :-w
Gak .... kalee
itu berarti di kehidupan ini berjodoh dalam berumah tangga ......

Jangan kita menghukum orang dengan kata-kata "Kamma"
Dalam sutta2 dan vinaya tidak pernah menyebutkan seorang wanita dekat dgn Bhikkhu, lalu kemudian menikah yg mengakibatkan Kamma buruk bagi wanita ....... kecuali menggoda dengan Seksual (mungkin .....  ::))

Dimanapun pernah terjadi seorang Bhikkhu lepas jubah kemudian menikah .......
Lepas jubah dan menikah, tentu pilihan Bhikkhu ....... jadi jgn selalu menyalakan wanita  ;D

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #59 on: 07 April 2012, 09:19:18 PM »
kalau umat awam sudah tau itu melanggar vinaya,apalagi bhikkhu...!!! para bhikkhu pasti tau apa yg bakal dia terima bila melanggar vinaya.. bila Bhikkhu melakukannya, pasti punya alasan tersendiri.. kita sebagai umat yg belajar,mengambil yang baiknya saja di ajarkan..... ;D ;D _/\_

Offline kuping.kaleng

  • Teman
  • **
  • Posts: 65
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #60 on: 11 April 2012, 06:36:19 PM »
Kalau chat 4 mata antara cewe dengan bhikkhu? Hari gini banyak loh.. Belum diatur di vinaya khan :D

ini jelas salah....ada di Vinaya.

Back to topic :
Jawabannya : BOLEH....saya pernah bertanya juga kepada salah seorang bhikkhu mengenai hal ini, Beliau menjawab BOLEH dan tidak termasuk Akussala kamma (karena kita menegur dengan maksud yg baik, menjadi Kussala kamma malah kalau bhikkhunya marah, bhikkhunya terkena Akkusala Kamma). Secara etis tentunya dan juga secara benar caranya. Jangan langsung main tegur atau sifatnya mempermalukan. Contoh : 1. Pernah sewaktu di vihara, ada seorang bhikkhu yang hanya berada berduaan dengan seorang wanita didalam ruangan.ya kita (cowok) hanya duduk di kejauhan dan menemani bhikkhunya sampai pembicaraan tersebut selesai (gak tau dah tuh sadar atau tidak, akan tetapi setidaknya kita menjaga bhikkhu tersebut dari pelanggaran vinaya-nya (kalau gak salah di 227 vinaya untuk bhikkhu itu ada menyebutkan bahwa seorang bhikkhu dan seorang wanita dilarang bersamaan didalam suatu ruangan)....2. Pernah juga ada bhikkhu yang sibuk dengan Hape nya (ber haha hehe cukup lama 1/2jam kiranya)...akhirnya g minta aja tuh hape...eh gak dikasih dengan alasan pemberian umat dan lain sebagainya.....padahal lumayan juga tuh hape pada waktu jaman gitu.... hahahahahahaha.

So...sebagai UMAT, saya sangat2x merekomendasikan supaya menegur setiap bhikkhu yang melakukan pelanggaran. Dengan kondisi kita memahami dan mengerti juga Larangan dalam Vinaya bhikkhunya bukan asal semprot/marah/egois semata.