Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?  (Read 15305 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #30 on: 25 October 2009, 02:40:31 PM »
Kebiasaan yg salah seharusnya diluruskan, diperbaiki, bukannya dianggap benar dan dilestarikan

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #31 on: 25 October 2009, 03:00:04 PM »
:yes: kesalahan seharusnya diperbaiki, jgn dilestarikan. Lama kelamaan bs menjadi pengakuan yg tdk beralasan dgn benar...

IMO, menegur bhikkhu boleh2 aja. But make sure first kalo hal tsb merupakan suatu pelanggaran sila / etiket yg dijalani oleh bhikkhu..

Teguran lbh mengarah sbg reminder, bukan sbg persepsi pernyataan pribadi bhw ia telah berbuat salah..

cmiiw

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #32 on: 25 October 2009, 06:48:34 PM »
kalau surat kaleng ada bagusnya gak ?
dari pada 4mata ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #33 on: 25 October 2009, 06:49:46 PM »
^ Kalo ngga boleh... batasin pake tirai/kipas aja... ;D kek di Thai... ;D

Skrg kenyataannya... banyak bhikkhu yg berbicara 4 mata dg seorang perempuan.... ;D

_/\_ :lotus:



dan jangan pakai minyak wangi... trus ketawa....cckknn
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #34 on: 25 October 2009, 07:23:32 PM »
Jangan kirim surat kaleng lah, terkesan tdk mempertanggung jawabkan teguran ke bhikkhu..

Btw bro johan knp ngomong kalo wanita ketemu bhikkhu dan ngobrol berdua tuh jgn pake parfum?
Naaah, jangan2 bro johan mudah tergoda wanita yg pake parfum yaa??   ^-^

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #35 on: 26 October 2009, 08:37:08 AM »
Jangan kirim surat kaleng lah, terkesan tdk mempertanggung jawabkan teguran ke bhikkhu..

Btw bro johan knp ngomong kalo wanita ketemu bhikkhu dan ngobrol berdua tuh jgn pake parfum?
Naaah, jangan2 bro johan mudah tergoda wanita yg pake parfum yaa??   ^-^

parfum kan banyk jenis dan tingkatan...
malah ada yg pakai feromon
Quote
ada nggak ya, parfum yang mengandung feromon. kan bisa buat 'pelet',

ini mesti tanya bro Forte baru tau... apakah sangat berbahaya.... ;D
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #36 on: 26 October 2009, 09:55:38 AM »
yang pasti sih jangan diniatkan dari sisi si wanita untuk menggoda bhante-nya...... kalo dia udah niat utk ga menggoda, tentunya dari sisi penampilannya juga akan lebih minimal dibanding ada niat utk menggoda

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #37 on: 26 October 2009, 03:15:49 PM »
yang pasti sih jangan diniatkan dari sisi si wanita untuk menggoda bhante-nya...... kalo dia udah niat utk ga menggoda, tentunya dari sisi penampilannya juga akan lebih minimal dibanding ada niat utk menggoda

yaaa kalo wanitanya punya pikiran benar & sehat, tentunya ga berniat menggoda anggota sangha lho...
apalagi berniat menggoda bhikkhu dengan tujuan agar ia melepas jubah demi hidup scr duniawi dgn wanita tsb.. :hammer:

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #38 on: 26 October 2009, 03:27:37 PM »
kata nyokap g katanya ada tuh bhikkhu yg gantung jubah, gara2 mo kawin sama ce ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #39 on: 26 October 2009, 03:35:19 PM »
bhikkhu boleh kok gantung jubah, biar gak basah kalo mandi

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #40 on: 26 October 2009, 03:39:44 PM »
Wanita yang menggoda seorang anggota Sangha dan kemudian berhasil membuatnya lepas jubah serta menikah dengannya, kamma buruk ga ya ?

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #41 on: 26 October 2009, 03:52:55 PM »
 _/\_


ya,,, saya jg mao tao apa itu karma buruk nga, kalo ada seorg umat awam mengoda anggota sangha terus menikah (lebih tepatnya jatuh cinta)  :))

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #42 on: 26 October 2009, 03:57:21 PM »
bhikkhu boleh kok gantung jubah, biar gak basah kalo mandi

kalo yg ini sih biar bisa kawin loh :whistle:
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #43 on: 26 October 2009, 04:00:39 PM »
^
^
:hammer: :hammer: sembarang bicara  :))

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah umat awam boleh menegur bhikkhu?
« Reply #44 on: 26 October 2009, 04:03:44 PM »
menghalang2i seseorang untuk menjalani kehidupan suci tentu saja perbuatan buruk