Pertanyaan kritis mengenai theravada menurut pandangan yg berbeda.

Started by bond, 08 June 2009, 01:34:35 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

sanjiva

Quote from: Sunyata on 12 July 2013, 03:03:19 PM
Tidak ada yg ingin menurunkan level anda di sini. Saya hanya menyatakan arti dari sebuah kata, itu saja.
Kata2 itu gw tujukan secara umum ke pembaca DC, bukan utk anda saja.

Quote
- Kata bhikkhu/bhiksu dalam kamus Pali/Sanskerta diartikan sebagai Buddhist monk, bukan Theravadin Buddhist monk maupun Mahayanist Buddhist monk. Lalu siapa yg mengaburkan arti kata bhikkhu/bhiksu di sini?
Seperti yg gw bilang, anda semua sudah ngerti bhikkhu itu seperti apa, dan biksu itu seperti apa.  Lalu buat apa main2 istilah kata lagi?  Kecuali anda sampai sekarang tidak bisa membedakan bhikkhu dengan biksu dan tidak tahu di mana bedanya (dalam hal vinaya, jubah, silsilah, penampakan, dll).

[/quote]
- pad·ri n 1 pendeta Kat0lik; pastor; 2 pendeta Krist3n;
[/quote]
"Omitohud!" Tayli Lo Ceng menghela nafas panjang. "Tu Siao Cui, engkau telah membunuh Thian Gwa Sin Hap, dan kini engkau pun telah melukai mereka berdua. apakah engkau belum merasa puas?"
"Hi hi hi!" sahut Tu Siao Cui dengan tertawa cekikikan. "Thian Gwa Sin Hiap pernah bilang, engkau adalah padri sakti. Karena itu, aku ingin menjajal kesaktian apa yang engkau miliki."
"Omitohud!" Tayli Lo Ceng menggeleng-gelengkan kepala.....


Dengan ini ijinkanlah boanpwee undur diri dulu...  ;D _/\_
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Sunyata

Itu tidak merubah kenyataan bahwa kata bhikkhu/bhiksu memiliki arti yg sama.

sumber, sumber

dilbert

Quote from: Sunyata on 12 July 2013, 03:52:40 PM
Itu tidak merubah kenyataan bahwa kata bhikkhu/bhiksu memiliki arti yg sama.

sumber, sumber

sepintas seperti-nya sama... tapi tergantung dari vinaya yang di-ambil... kalau bagi yang awam, maka bhikkhu dan bhiksu dianggap sama.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

jung13


adi lim

Quote from: jung13 on 12 July 2013, 06:05:40 PM
ko jadi ngedebatin yg aneh2.. :(

tidak aneh kok !
memang sepatutnya di simak dan umat2 DC yang membaca pasti bisa mengerti serta tidak bingung, seyogianya ada perbedaan2
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

adi lim

Quote from: Sunyata on 12 July 2013, 03:52:40 PM
Itu tidak merubah kenyataan bahwa kata bhikkhu/bhiksu memiliki arti yg sama.

sumber, sumber

bagi sebagian umat awam atau umat non buddhis, mungkin dianggap sama
tapi bagi warga DC yang sudah biasa ikut forum tanya jawab, pasti tahu dan memang dibuat standar beda.
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

jung13

Quote from: adi lim on 12 July 2013, 09:16:52 PM
tidak aneh kok !
memang sepatutnya di simak dan umat2 DC yang membaca pasti bisa mengerti serta tidak bingung, seyogianya ada perbedaan2


oo.. ga aneh ya..
brarti sy yang aneh menganggap perdebatan ini aneh.. =))
dimaafkeun yah.. namanya jg anak baru.. masih belajar adaptasi.. :-[


btw mw tanya lg,klo buddhayana ini aliran apa lagi..?
ada berapa aliran kah ajaran buddha ini..?
n apa pembedanya, apa yg eksklusif dimasing2 aliran sampe ada aliaran2 tersebut?

adi lim

Quote from: jung13 on 12 July 2013, 09:28:54 PM

oo.. ga aneh ya..
brarti sy yang aneh menganggap perdebatan ini aneh.. =))
dimaafkeun yah.. namanya jg anak baru.. masih belajar adaptasi.. :-[
namanya juga anak baru yang masih belajar adaptasi, tentunya anda tidak aneh.

Quote
btw mw tanya lg,klo buddhayana ini aliran apa lagi..?

sesungguhnya saya juga tidak tahu apakah Buddhyana ini suatu aliran atau bukan ? karena saya sendiri bukan pelaku di Buddhayana, tetapi di Indonesia, aliran Buddhayana ini cukup unik dan khas, karena mengadopsi beberapa tradisi Buddha yang eksis di dunia ini, sehingga aliran Buddhayana cukup banyak massa di Nusantara ini.

Quote
ada berapa aliran kah ajaran buddha ini..?
n apa pembedanya, apa yg eksklusif dimasing2 aliran sampe ada aliran2 tersebut?

yang diketahui cukup besar pengikut tradisi di dunia ini, Theravada, Mayanana, Tantrayana, mungkin yang kecil juga ada.
pembedanya secara garis besar, adalah pedoman para Sangha dalam praktek Vinaya dan kitab Suci.
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

seniya

Quote from: jung13 on 12 July 2013, 09:28:54 PM
btw mw tanya lg,klo buddhayana ini aliran apa lagi..?
ada berapa aliran kah ajaran buddha ini..?
n apa pembedanya, apa yg eksklusif dimasing2 aliran sampe ada aliaran2 tersebut?

Menurut kalangan Buddhayana sendiri, Buddhayana adalah "wadah" yang menampung semua tradisi aliran Buddhis (Theravada, Mahayana, dan Vajrayana) yang bersifat non-sektarian.

Ajaran Buddha pada awalnya terpecah menjadi 2 kelompok besar 100 tahun setelah wafatnya Sang Buddha, yaitu kelompok Mahasanghika dan Sthaviravada. Setelah 200 tahun, kelompok Mahasanghika terpecah menjadi 10 aliran dan Sthaviravada menjadi 8 aliran (salah satunya Vibhajjavada yang menurunkan Theravada saat ini). Kira-kira 500 tahun setelah wafatnya Sang Buddha muncul teks-teks Mahayana yang mengajarkan cita-cita Bodhisattva yang kemudian berkembang menjadi aliran Mahayana saat ini. Kemudian pada abad ke-3 M menjelang kemunduran Buddhisme di India muncul Buddhisme esoterik yang dikenal sebagai Vajrayana/Tantrayana saat ini.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Shasika

Quote from: adi lim on 13 July 2013, 05:33:15 AM
namanya juga anak baru yang masih belajar adaptasi, tentunya anda tidak aneh.

sesungguhnya saya juga tidak tahu apakah Buddhyana ini suatu aliran atau bukan ? karena saya sendiri bukan pelaku di Buddhayana, tetapi di Indonesia, aliran Buddhayana ini cukup unik dan khas, karena mengadopsi beberapa tradisi Buddha yang eksis di dunia ini, sehingga aliran Buddhayana cukup banyak massa di Nusantara ini.

yang diketahui cukup besar pengikut tradisi di dunia ini, Theravada, Mayanana, Tantrayana, mungkin yang kecil juga ada.
pembedanya secara garis besar, adalah pedoman para Sangha dalam praktek Vinaya dan kitab Suci.
Saya baru tahu ada mashab baru di buddhism  :o
I'm an ordinary human only

Shasika

Quote from: ariyakumara on 13 July 2013, 07:32:53 AM
Menurut kalangan Buddhayana sendiri, Buddhayana adalah "wadah" yang menampung semua tradisi aliran Buddhis (Theravada, Mahayana, dan Vajrayana) yang bersifat non-sektarian.

Ajaran Buddha pada awalnya terpecah menjadi 2 kelompok besar 100 tahun setelah wafatnya Sang Buddha, yaitu kelompok Mahasanghika dan Sthaviravada. Setelah 200 tahun, kelompok Mahasanghika terpecah menjadi 10 aliran dan Sthaviravada menjadi 8 aliran (salah satunya Vibhajjavada yang menurunkan Theravada saat ini). Kira-kira 500 tahun setelah wafatnya Sang Buddha muncul teks-teks Mahayana yang mengajarkan cita-cita Bodhisattva yang kemudian berkembang menjadi aliran Mahayana saat ini. Kemudian pada abad ke-3 M menjelang kemunduran Buddhisme di India muncul Buddhisme esoterik yang dikenal sebagai Vajrayana/Tantrayana saat ini.
[at]  Bro Jung13, anda pegang pernyataan ini karena beliau telah menerbitkan bukunya, ada kok di DC, bentar ya saya cari dlu link nya.
I'm an ordinary human only

Shasika

Quote from: Shasika on 13 July 2013, 09:37:04 AM
Quote from: ariyakumara on 13 July 2013, 07:32:53 AM
Menurut kalangan Buddhayana sendiri, Buddhayana adalah "wadah" yang menampung semua tradisi aliran Buddhis (Theravada, Mahayana, dan Vajrayana) yang bersifat non-sektarian.

Ajaran Buddha pada awalnya terpecah menjadi 2 kelompok besar 100 tahun setelah wafatnya Sang Buddha, yaitu kelompok Mahasanghika dan Sthaviravada. Setelah 200 tahun, kelompok Mahasanghika terpecah menjadi 10 aliran dan Sthaviravada menjadi 8 aliran (salah satunya Vibhajjavada yang menurunkan Theravada saat ini). Kira-kira 500 tahun setelah wafatnya Sang Buddha muncul teks-teks Mahayana yang mengajarkan cita-cita Bodhisattva yang kemudian berkembang menjadi aliran Mahayana saat ini. Kemudian pada abad ke-3 M menjelang kemunduran Buddhisme di India muncul Buddhisme esoterik yang dikenal sebagai Vajrayana/Tantrayana saat ini.
[at]  Bro Jung13, anda pegang pernyataan ini karena beliau telah menerbitkan bukunya, ada kok di DC, bentar ya saya cari dlu link nya.

silahkan buka link ini ya bro (**lunas ya hutang saya  ;D , thanks utk bro will_i_am jg, sy jd bs bantu org)
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,23774.msg433708.html#msg433708
I'm an ordinary human only

sanjiva

«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Shasika

I'm an ordinary human only

Rico Tsiau