Menu

Show posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.

Show posts Menu

Messages - Vidyadhara

#1
Quote from: ivannlian on 30 July 2010, 04:13:19 PM
Quote from: ryu on 30 July 2010, 04:08:38 PM
Quote from: ivannlian on 30 July 2010, 04:04:47 PM
Quote from: ryu on 30 July 2010, 03:59:35 PM
Quote from: ivannlian on 30 July 2010, 03:54:26 PM
Quote from: ryu on 30 July 2010, 03:46:38 PM
Quote from: ivannlian on 30 July 2010, 03:42:50 PM
SAUDARA RYU..
BOLE SAYA TANYA GK?
SAUDARA RYU JENIS KELAMINNYA PRIA... TAPI KOK GAMBARNYA WANITA...?
GMN SIH ITU...? MACHO DONK SEDIKIT...
APA SAUDARA RYU JENIS KELAMINNYA GANDA...? ALIAS WARIA? ATAU BANCI?
INI SEMUA ADA PENJELASANNYA...? MAU DIJELASKAN?
pakai ilmu tafsir tingkat tinggi =)) :
loh wajarlah sebagai lelaki menyukai gambar wanita cantik, bahkan guru anda saja mejeng dengan cewe2 berbikini itu lebih mantap, sayang nya karma saya kurang bagus sehingga tidak mempunyai kesempatan seperti guru anda =)) =)) =))

WAH LU JG PUNYA SELERA YG BAGUS... HEEHEE...
BOLE SAYA TANYA RYU..
APA KAMU MEMPUNYAI ATAU MEMPERCAYAI SATU AGAMA?
ATAU MENGANUT SATU AGAMA KEPERCAYAAN..?
APA DALAM AGAMA YG KAMU ANUT ADA DIAJARKAN ATAU MEMBOLEHKAN KAMU UNTUK MENJELEKKAN SESEORANG?
BOLE TAHU APA AGAMA KAMU?
ATAU KAMU INI KOMUNIS, TIDAK ADA AGAMA SAMA SEKALI?
wah mau PDKT ya, ihhhh cowo gw ga suka, loe GAY yah, ikutan tuh ada klubnya tuh =))

WAAAHHHH TERNYATA KAMU TDK BERANI MENGATAKAN AGAMA APA YG TELAH KAMU ANUT....????
KAMU MMG ORG YG TIDAK BERAGAMA....
ORG SEPERTI KAMU YG TIDAK BERAGAMA... PANTASAN KAMU SAMA SEKALI TIDAK BERETIKA ....
ORANG TUA YG MELAHIRKAN KAMU JUGA MUNGKIN SANGAT BERUNTUNG PUNYA ANAK YG TIDAK BER ETIKA SAMA SEKALI.....
apakah anda pernah mendengan RYUYANA? dia pernah ngopi bareng sama Lu S*** YEN di surga barat, ngopi bareng dengan Buddha di surga timur, pernah ngopi bareng dengan MARA pokoknya banyak deh, oh ya kopinya kopi tubruk di pinggir jalan =))

HEEHEEE.... RUPANYA KETEMU AMA ORG GILE....
PANTESAN NGOMONG SANA SINI.... BANYAK ORG YG GILE JUGA RUPANYA....
BYEEE    RYU.....
CAPEK DEH........... RUPANYA GUA NGOMONG AMA ORG GILE....
YG DI BLOG INI JUGA KEBANYAKAN ORG PUNYA MASALAH KEJIWAAN SEMUA...
KABBBUUUUURRR AJA.....

Oh dia org gila bro? Udqah terkenal, ya? Pantes aja... Hahaha... Ok dah, kl gt ga usah diladenin post nya dia
#2
Quote from: dilbert on 30 July 2010, 09:03:42 AM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 11:56:13 PM
Kalo dibilang menyesatkan, bearti Sutra yang perlu penafsiran juga menyesatkan. Sebenar nya di sini ditulis sperti itu karena ada orang yang dapat memahami, tetapi untuk orang yang belum dapat memahami nya, yah tentu nya tidak untuk melaksanakannya karena sebelum melaksanakan suatu hal, kita harus memahami terlebih dahulu. Di dalam Buddhis tidak ada satu pun yang menekankan kita melaksanakan suatu hal tanpa memahami nya secara jelas

Coba Quote salah satu SUTTA (pali) yang menurut sdr.Vidya perlu penafsiran ?

NB : Menurut saya yang dimaksud penafsiran adalah memberikan penjelasan dari sudut pandang tertentu, jadi kata kunci-nya adalah dari sudut pandang tertentu dan tidak universal atau berlaku untuk umum.

Wah kalo Sutta mah gw ga tau, gw ga suka Bahasa Pali, jadi gw tau nya yg sutra karena gw suka nya Sanskrit... Coba aja lihat VAjrachedika PRajnaparamita Sutra, terjemahan Bahasa Indonesia nya juga sudah banyak, tapi kalo Pali nya gw ga tau ada ga, karena ini Sutra yang bisa dipake Mahayana, kalo Theravada mungkin ga kenal Sutra ini

Kalo untuk Sutra yang seperti ini menerut gw penafsiran itu adalah dapat memahami makna sebener nya dari kata - kata yang ada di Sutra itu
#3
Quote from: ryu on 30 July 2010, 07:37:41 AM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 11:34:11 PM
Quote from: Virya on 29 July 2010, 11:13:07 PM
^
^
Mahaguyumu memang jago ngarang sick ....
gak heran .... pengikutnya juga jago pake ilmu tafsir/karangan

Mahaguyumu ngarang cerita yg hebat2 .... ngopi bareng Sang Buddha
napa kamu gak ikut .... bikin karangan .... ngupil bareng dgn mahaguyu  :))  :)) :))

Hahahahahahahahahahahahhahahahahahahhahahahahahaha..........
Anda mau menganggap itu karangan yah urusan anda, toh tidak ada rugi nya bagi saya, say atidak kehilangan apa pun, kalo bagi saya sih pernyataan anda itu yang semuanya ga beda sama kentut. Siapa yang ngajarin sih? Emang Buddha Sakyamuni ngajarin kyk gitu ya? Kalo iya dari Sutra yang mana? Di sini permasalahan utama nya adalah dipertanyakan mengapa begini, begitu, dsb? Kalo udah dan dijelaskan dengan tafsiran, terutama yang berhubungan dengan Vajrayana, ada penanya tertentu yang kemudian akan berusaha untuk memahami. Tetapi ada juga yang bertanya mengenai banyakk hal, namun saat dijelaskan dengan tafsiran untuk memahami hal yang ditanyakan, lalu mengatakan tafsiran = mengarang, kalo yang seperti ini motivasi nya apa ya??? Emang penanya atau pengacau yang memang ga ada kerjaan sehingga mencari kesalahan doang bisa nya?????????

Pantes di sini topik yang dibuat berkepanjangan dan tidak kunjung selesai, baru akan berakhir paling kalo di Lock sama Moderator nya, maklum deh, banyak pengacau  nya

UDah, ah... Gw mah cuma berminat jawab kalo itu penanya emang beneran naya, kalo ga yah anjing menggong - gong khafilah berlalu, deh... Soal nya kalo anjing kan emang bisa nya gonggong terus dan kalo khafilah nya ngeladenin, khafilah nya jadi sama aja kayak anjing, mending diabiarin aja itu anjing ngegonbg - gong kalu udah berlalu toh suara anjing nya udah ga kedengeran lagi... HAHAHAHAHAHAHAHAHA  :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))
Quote from: Pariahina on 29 July 2010, 11:38:11 PM
Shixiong Vidyadhara,

Tidak apa2 juga diladenin. Biar gonggongan anjingnya semakin keras. Toh yang malu nanti juga anjingnya sendiri. Nanti para pembaca khan bisa menilai mana yang "anjing" mana "kafilah." Yang penting bukti kita kuat. Gw seh ada banyak kitab2 tafsir Buddhis (non LSY). Itu fakta. Ya kalo ngomong di agama Buddha ga ada tafsir ya udah sama aja dengan kentut. Kalo seandainya ada Buddhist Scholar yang baca statemen mereka, ya mereka yang malu sendiri.
wah udah main anjing-anjingan yak
pake ilmu tafsir LSY itu anjing
DC itu kafilah =)) =)) =))

Wah - wah kata - kata nya canggih bener, ya... Apa itu yang diajarkan sama Buddha Sakyamuni, ga heran kalo Agama Buddha di Indonesia semakin terpuruk, pengikut yuang mengaku benar aja kata - kata nya kayak gitu, udah gitu berani menghina orang lain, bercermin dulu di air kencing sendiri sana....
#4
Quote from: johan3000 on 30 July 2010, 07:42:18 AM
Quote from: ryu on 30 July 2010, 07:32:23 AM
bener2 ilmu tafsir mantep :))

pakai mobil RR = tafsirnya untuk pergi berdharma
pakai perhiasan ketika upacara = liat gambar2 lhama lain yang pake perhiasan juga
ikut halloween = ikut tradisi sekitar
minum kopi sama buddha = tafsirnya arahat lain aja pernah ketemu buddha masa LSY ga pernah =))
ketemu YE5US =  tafsirnya YE5US khan ada di alkitab masa saya gak ketemuan =))
bugil bareng = tafsirnya photosop

kalau ada yang kurang mohon di tambahkan =))


Nah kalau yg pakai BULU peacock ? tafsirnya apa lo? memang di Tantra juga pakai BULU itu ?
mohon konformasinya yoooo. Bulu2 apa yg boleh dipakai ?  :)) :)) :)) :)) :))

MEmang pake, di Tantra ada pake Bulu Merak, malah kalo Tantra Tibet ALiran Nyingmapa barang yang digunakan untuk Ritual lebih bermacam - macam lagi, bukan cuma bulu merak itu saja, tapi masih ada tumbuh - tumbuhan hrbal, dsb
#5
Quote from: dilbert on 30 July 2010, 09:00:23 AM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 08:49:01 PM
BErbeda, jadi bukan Nirmanakaya Agung, tetapi Nirmanakaya Inkarnasi, ini berlaku untuk semua Guru Tantra, kecuali Guru PAdmasambhava. Semua Guru Tantra yang mencapai Anuttara Samyak Sambodhi, mrupakan Nirmanakaya, tapi bukan Nirmanakaya Agung, tetapi Nirmanakaya Inkarnasi

Jadi, samyaksambodhi itu pengertian-nya yang bagaimana menurut sdr.Vidya ?

Kalau menurut terminologi logis konsep Theravada...
Gautama diberi gelar Annutara Sammasambuddha karena sebagai pioneer ajaran/menemukan ajaran pembebasan, menurunkan ajaran dan menguasi kemahatahuan (akan prinsip-prinsip yang diperlukan di dalam ajaran pembebasan).
Jadi dasar pemberian gelar sammasambuddha yang tidak dapat di-ganggu gugat adalah PIONER AJARAN (BUKTIKAN KALAU SEBALIKNYA?)

Sedangkan menurut sdr.Vidya bahkan para guru tantra bisa mencapai annutara samyaksambodhi (baca Nirmakaya inkarnasi). Nah menjadi terminologi yang bagaimana lagi samyaksambodhi di kalangan tantra ? Kalau dari sisi syarat untuk status sammasambuddh/samyaksambodhi yaitu yang pioner ajaran/menemukan ajaran... Syarat ini sudah tidak bisa dipenuhi, karena kita berada di masa adanya ajaran.
Sedangkan untuk mengklarifikasi/menjustifikasi tingkat pencapaian seseorang, siapakah yang bisa menjustifikasi tingkat pencapaian seseorang kecuali seorang sammasambuddha sendiri. Sekarang ini siapakah yang bisa dianggap sebagai seorang sammasambuddha yang paling TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT ? Tentu-nya hanya Buddha GAUTAMA yang secara de facto dan de jure yang bisa dianggap sebagai seorang sammasambuddha yang diakui oleh semua kalangan.

Jadi klaim bahwa Master LU mencapai annutara samyaksambodhi, dan bahkan para guru tantra juga mencapai annutara samyaksambodhi (baca nirmanakaya inkarnasi) adalah masih ABSURD (TIDAK JELAS) dan TIDAK DAPAT DIPERTANGGUNG-JAWABKAN.

Itulah Konsep yang berlaku di Tantra, yang pasti Para Guru Tantra tidak bisa menjadi Samyak Sambuddha seperti Buddha Sakyamuni yang anda katakan sebagai pioner Ajaran karena antara Samyak Sambuddha Nirmanakaya Agung dan Nirmanakaya Inkarnasi itu berbeda. Dapat dipertanggung jawabkan kalo dilihat dari segi konsep Tantra, karena itu berdasar, tapi kalo lihat nya dari konsep terminologis Theravada, yah samapai kapan pun tidak akan pernah nyambung
#6
Quote from: Virya on 30 July 2010, 12:27:06 AM
lanjuuut  ;D


mahaguyu sedang memperagakan mudra apa?? ....... utk kali ini jgn pake ilmu tafsir yooo .... ntar takut Kualat!!  :-?
menurut terawangan ilmu tafsir .... foto ini sotopanas ....oooopsss sotoshop  ^-^

Ini lebih ketahuan lagi ga  asli nya, itu jelas banget bahu nya ga lebar. Semua foto di blog SCH mah gw udah lihat, lagu lama semua nya... Ada ga saksi waktu foto itu diambil? Kalo SCH mah udha ga bisa dipercaya
#7
Quote from: johan3000 on 30 July 2010, 12:14:44 AM
Quote from: Virya on 30 July 2010, 12:12:58 AM
Quote from: johan3000 on 30 July 2010, 12:06:19 AM
GOOGLE : Lu sheng yen with girl

halaman 3 bagian bawah ketemu gambar ini....(ini rasanya posting dari bro Virya....) =))


siapakah cowok yg ditengah ya ?  :)) :)) :)) :)) :)) :))

bukan bro Virya tohhh

kira2 kedua lengan itu menyenggol PEPAYA lunak gak ? mohon klarifikasi yaa
kalo pake ilmu tafsir ....
Foto ini Sotoshop  ^-^
tapi kalo ada foto mahaguyu diucapin selamat ulang tahun ..... Foto asli

keren yeeeeh ....ilmu tafsir  ;D


Kalau bro menafsir, apakah lengannya sampai menggiras pepaya2 yg di kiri dan kanan ?

bro Vidyadhara,
utk warna kepala jauh lebih hitam dari warna badan itu boleh jadi ALAMI....

kemarin gw foto sendiri (tanpa cewek2nya lho), ya hasilnya juga begitu...
itu tandanya orang tsb sering keluar dan berjemur dgn mata hari....

kalau gak percaya bro bisa coba deh,....dgn tukang becak gitu... pasti kepala dan lengannya jauh lebih hitam...............

Iya, gw tau bisa beda, tapi perbedaannya ga terlihat terlalu kontras kalo yang alami, trus segala yang bersumber dari blog SCH semua nya ga bisa dipercaya, apa dasar nya, karena terbukti dia sudha kalah di pengaduilan, berkas perkara boleh saja tetap ada, tetapi yang terpenting bukanlah berkas perkara, melainkan keputusan pengadilan itu sendiri. Kalo berkas perkara nya ada, bisa saja sekarnag saya memfitnah seornag Bhiksu senior, saya tuntut ke pengadilan, kemudian saya ekspose melalui media cetak dan elektronik hingga masuk ke WIkipedia, pasti kasus nya akan menjadi besar dan berkas perkara nya tidak hilang, kalo di seearch di wikipedia, juga akan uncul Bhiksu itu pernah dituntut karena perkara, tetapi apakah berkas perkara bisa membuktikan seeorang bersalah?
#8
Quote from: johan3000 on 30 July 2010, 12:06:19 AM
GOOGLE : Lu sheng yen with girl

halaman 3 bagian bawah ketemu gambar ini....(ini rasanya posting dari bro Virya....) =))


siapakah cowok yg ditengah ya ?  :)) :)) :)) :)) :)) :))

bukan bro Virya tohhh

kira2 kedua lengan itu menyenggol PEPAYA lunak gak ? mohon klarifikasi yaa

Warna kepala dan badan sangat berbeda, apakah keaslian foto ini bisa dijamin? Siapa yang berani menjamin? Bisa saja Para Bhiksu terkenal seperti juga Ajahn Bhram dibuat foto nya seperyti itu, mengedit foto tidaklah sulit, hanya urusan yang dpat dilesesaikan dalam waktu bebeerapa menit. Foto ini juga sumber nya tidak jelas, siapakah saksi yang ada sewaktu foto ini diambil?
#9
Quote from: apsa on 30 July 2010, 12:04:05 AM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 11:56:13 PM
Quote from: apsa on 29 July 2010, 11:49:17 PM
Sepertinya saya harus ngepost lg nh..
saya menerima kalau anda melakukan tafsiran,jd tolong dijawab statement saya ini..

Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 09:00:25 PM
Quote from: Indra on 29 July 2010, 11:32:17 AM

bagaimana dengan statement berikut ini?

Sakyamuni Budha berkata semenjak masa lampau bahwa Budha dan insan adalah satu dan sama belaka, bukan dua atau 3 hal yang berbeda. Ia juga berkata bahwa semua insan adalah juga Budha. Manusia adalah Budha. Mereka adalah sejenis dan bukan 2 jenis yang berbeda. 
Saya mengikuti jejak langkah Sakyamuni Budha dengan seksama dalam mempelajari Budhisme. Begitu dekatnya saya dengan nya sehingga dapat merangkul dan menyatu dengan nya. Kami berdua adalah satu belaka. Saya adalah Sakyamuni. Sakyamuni adalah saya.
"LSY"

Apa makna dari kalimat yg di-bold di atas?

Kalimat yang sepert in tidak bisa ditelan mentah - mentah begitu saja. Semua Insan dikatakan Buddha karena semua Insan memiliki benih Ke Buddha an dan semua makhluk bisa mencapai Ke Buddha an (tentu nya dengan proses melatih diri, karena dengan proses Melatih Diri itu lama kelamaan kebijaksanaan kita akan meningkat setahap demi setahap, sehingga pada akhirnya kita dapat memahami jati diri, menyaksikan Buddhata yang sebenar nya tidak berada di luar Diri kita). mengenai ini yang di Bold di dalam Latihan Tantra bila seseornag melaksanakan suatu Latiha, mislanya Sadhana Sakyamuni Buddha, lama - kelamaan ia akan dapat merealisasikan tubuh, Ucapan, dan Pikiran dari Sakyamuni Budda, tetapi bukan berarti ia adalah Samyak Sambuddha Nirmanakaya Agung seperti Sakyamuni Buddha. Dan dikatakan sama sebenar nya bagi berlatih Vajrayana dan sudah dapat merealisasikan tubuh Dharmakaya, memahami Kesunyataan, dan mencapai Pencerahan Agung, Dharmakaya dari semua Buddha dan Bodhisatva adalah sama, tidak ada batasan apa pun yang timbul dari Dualisme pikiran, segala nya adalah Sunya. Bila kata - kata yang seperti ini, memang tidak bisa ditelan begitu saja, karena bila langsung ditelan begitu saja, anda akan merasa aneh, sama seeprti kata - kata Zen, bila ditelan begitu saja, maka akan terasa sangat aneh

boleh2 saja ditafsirkan begitu..
tapi saya rasa bagi perkataannya bisa dibilang rada menyesatkan bukan?
bagi yg kurang penafsirannya spt bro Vidyadhara.
apa yang didapat oleh yg kurang pengetahuan tapi cuma mengikuti belaka?
tentu percaya apa adanya?
dan saya rasa kalau pun hendak mengatakan kalau dia bisa memahami jalan pikiran , statementnya akan berbeda bukan?
saya mencoba menafsirkan intent/tujuan dia dalam penggunaan kata2nya.
kalau dia hendak mengatakan kalau dia memahami sakyamuni/dia merasa satu dengan sakyamuni,saya rasa dia tidak akan perlu sampai mengklaim sakyamuni.
bukankah begitu?
mungkin anda bakal mengatakan beda orang,beda cara.
itu benar,dan coba selamilah orang spt apa yg mengklaim begitu?

Kalo dibilang menyesatkan, bearti Sutra yang perlu penafsiran juga menyesatkan. Sebenar nya di sini ditulis sperti itu karena ada orang yang dapat memahami, tetapi untuk orang yang belum dapat memahami nya, yah tentu nya tidak untuk melaksanakannya karena sebelum melaksanakan suatu hal, kita harus memahami terlebih dahulu. Di dalam Buddhis tidak ada satu pun yang menekankan kita melaksanakan suatu hal tanpa memahami nya secara jelas

sorry,menyesatkan?
saya tidak paham apa itu sutta
setau saya,yg saya kutip adalah klaim LSY.
sebenarnya saya lebih membahas soal klaim dgn berhubungan dgn sakyamuni.
dan intent dari klaim.

Maksud saya yang anda katakan rada menyesatkan, bila demikian bukankah bearti Sutra yang perlu penafsiran juga menyesatkan? Sebenar nya di sini ditulis sperti itu karena ada orang yang dapat memahami, tetapi untuk orang yang belum dapat memahami nya, yah tentu nya tidak untuk melaksanakannya karena sebelum melaksanakan suatu hal, kita harus memahami terlebih dahulu. Di dalam Buddhis tidak ada satu pun yang menekankan kita melaksanakan suatu hal tanpa memahami nya secara jelas
#10
Quote from: andrew on 29 July 2010, 11:54:32 PM
kenapa pertanyaan ini ga ada yang jawab?

kapan LSY jadi bhiksu? siapa yang menahbiskan?

kapan LSY menikah?

Menikah itu sebelum masuk Buddhis, umr 25 tahun dari waktu masih kr****n sudah menikah. Menerima Upasampada pada tanggal 19 Maret 1986 (Imlek tanggal 10 bulan 2), yang Meng Upasampada adalah Maha Bhiksu Guo xian, ini foto nya
#11
Quote from: apsa on 29 July 2010, 11:49:17 PM
Sepertinya saya harus ngepost lg nh..
saya menerima kalau anda melakukan tafsiran,jd tolong dijawab statement saya ini..

Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 09:00:25 PM
Quote from: Indra on 29 July 2010, 11:32:17 AM

bagaimana dengan statement berikut ini?

Sakyamuni Budha berkata semenjak masa lampau bahwa Budha dan insan adalah satu dan sama belaka, bukan dua atau 3 hal yang berbeda. Ia juga berkata bahwa semua insan adalah juga Budha. Manusia adalah Budha. Mereka adalah sejenis dan bukan 2 jenis yang berbeda. 
Saya mengikuti jejak langkah Sakyamuni Budha dengan seksama dalam mempelajari Budhisme. Begitu dekatnya saya dengan nya sehingga dapat merangkul dan menyatu dengan nya. Kami berdua adalah satu belaka. Saya adalah Sakyamuni. Sakyamuni adalah saya.
"LSY"

Apa makna dari kalimat yg di-bold di atas?

Kalimat yang sepert in tidak bisa ditelan mentah - mentah begitu saja. Semua Insan dikatakan Buddha karena semua Insan memiliki benih Ke Buddha an dan semua makhluk bisa mencapai Ke Buddha an (tentu nya dengan proses melatih diri, karena dengan proses Melatih Diri itu lama kelamaan kebijaksanaan kita akan meningkat setahap demi setahap, sehingga pada akhirnya kita dapat memahami jati diri, menyaksikan Buddhata yang sebenar nya tidak berada di luar Diri kita). mengenai ini yang di Bold di dalam Latihan Tantra bila seseornag melaksanakan suatu Latiha, mislanya Sadhana Sakyamuni Buddha, lama - kelamaan ia akan dapat merealisasikan tubuh, Ucapan, dan Pikiran dari Sakyamuni Budda, tetapi bukan berarti ia adalah Samyak Sambuddha Nirmanakaya Agung seperti Sakyamuni Buddha. Dan dikatakan sama sebenar nya bagi berlatih Vajrayana dan sudah dapat merealisasikan tubuh Dharmakaya, memahami Kesunyataan, dan mencapai Pencerahan Agung, Dharmakaya dari semua Buddha dan Bodhisatva adalah sama, tidak ada batasan apa pun yang timbul dari Dualisme pikiran, segala nya adalah Sunya. Bila kata - kata yang seperti ini, memang tidak bisa ditelan begitu saja, karena bila langsung ditelan begitu saja, anda akan merasa aneh, sama seeprti kata - kata Zen, bila ditelan begitu saja, maka akan terasa sangat aneh

boleh2 saja ditafsirkan begitu..
tapi saya rasa bagi perkataannya bisa dibilang rada menyesatkan bukan?
bagi yg kurang penafsirannya spt bro Vidyadhara.
apa yang didapat oleh yg kurang pengetahuan tapi cuma mengikuti belaka?
tentu percaya apa adanya?
dan saya rasa kalau pun hendak mengatakan kalau dia bisa memahami jalan pikiran , statementnya akan berbeda bukan?
saya mencoba menafsirkan intent/tujuan dia dalam penggunaan kata2nya.
kalau dia hendak mengatakan kalau dia memahami sakyamuni/dia merasa satu dengan sakyamuni,saya rasa dia tidak akan perlu sampai mengklaim sakyamuni.
bukankah begitu?
mungkin anda bakal mengatakan beda orang,beda cara.
itu benar,dan coba selamilah orang spt apa yg mengklaim begitu?

Kalo dibilang menyesatkan, bearti Sutra yang perlu penafsiran juga menyesatkan. Sebenar nya di sini ditulis sperti itu karena ada orang yang dapat memahami, tetapi untuk orang yang belum dapat memahami nya, yah tentu nya tidak untuk melaksanakannya karena sebelum melaksanakan suatu hal, kita harus memahami terlebih dahulu. Di dalam Buddhis tidak ada satu pun yang menekankan kita melaksanakan suatu hal tanpa memahami nya secara jelas
#12
Quote from: Virya on 29 July 2010, 11:38:54 PM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 11:34:11 PM
Quote from: Virya on 29 July 2010, 11:13:07 PM
^
^
Mahaguyumu memang jago ngarang sick ....
gak heran .... pengikutnya juga jago pake ilmu tafsir/karangan

Mahaguyumu ngarang cerita yg hebat2 .... ngopi bareng Sang Buddha
napa kamu gak ikut .... bikin karangan .... ngupil bareng dgn mahaguyu  :))  :)) :))

Hahahahahahahahahahahahhahahahahahahhahahahahahaha..........
Anda mau menganggap itu karangan yah urusan anda, toh tidak ada rugi nya bagi saya, say atidak kehilangan apa pun, kalo bagi saya sih pernyataan anda itu yang semuanya ga beda sama kentut. Siapa yang ngajarin sih? Emang Buddha Sakyamuni ngajarin kyk gitu ya? Kalo iya dari Sutra yang mana? Di sini permasalahan utama nya adalah dipertanyakan mengapa begini, begitu, dsb? Kalo udah dan dijelaskan dengan tafsiran, terutama yang berhubungan dengan Vajrayana, ada penanya tertentu yang kemudian akan berusaha untuk memahami. Tetapi ada juga yang bertanya mengenai banyakk hal, namun saat dijelaskan dengan tafsiran untuk memahami hal yang ditanyakan, lalu mengatakan tafsiran = mengarang, kalo yang seperti ini motivasi nya apa ya??? Emang penanya atau pengacau yang memang ga ada kerjaan sehingga mencari kesalahan doang bisa nya?????????

Pantes di sini topik yang dibuat berkepanjangan dan tidak kunjung selesai, baru akan berakhir paling kalo di Lock sama Moderator nya, maklum deh, banyak pengacau  nya

UDah, ah... Gw mah cuma berminat jawab kalo itu penanya emang beneran naya, kalo ga yah anjing menggong - gong khafilah berlalu, deh... Soal nya kalo anjing kan emang bisa nya gonggong terus dan kalo khafilah nya ngeladenin, khafilah nya jadi sama aja kayak anjing, mending diabiarin aja itu anjing ngegonbg - gong kalu udah berlalu toh suara anjing nya udah ga kedengeran lagi... HAHAHAHAHAHAHAHAHA  :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))
Topik ini gak bisa selesai karna kamu selalu pake ilmu tafsir .....

Simple tooo .....  ;D
;) ;) ;)

Topik ini ga slesai - slesai karena dijelasin, ga pernah mau terima, bilang nya ngarang, simple too... ;D
#13
MEmahami makna suatu Ajaran perlu ditafsirkan, setelah dipahami baru kemudian dibuktikan. JAdi ditafsirkan dulu makna dari kata - kata nya apa, dicerna dengan baik, baru dibuktikan, kalo apa pun langsung dibuktikan, yah jelas aja kalo bukti nya ga dapet - dapet. Sutra yang kata - kata nya ga bisa langsung dipahami  coba aja Baca Sutra Alta Patriak VI dan Vajrachedika Prajna Paramita Sutra, kata - kata di Sutra itu harus ditafsirkan dulu (Maksud ditafsirkan di sini adalah kata - kata yang ada diketahui secara benar makn nya apa, sehingga dapat memahami makna Sutra nya)
#14
Quote from: Virya on 29 July 2010, 11:13:07 PM
^
^
Mahaguyumu memang jago ngarang sick ....
gak heran .... pengikutnya juga jago pake ilmu tafsir/karangan

Mahaguyumu ngarang cerita yg hebat2 .... ngopi bareng Sang Buddha
napa kamu gak ikut .... bikin karangan .... ngupil bareng dgn mahaguyu  :))  :)) :))

Hahahahahahahahahahahahhahahahahahahhahahahahahaha..........
Anda mau menganggap itu karangan yah urusan anda, toh tidak ada rugi nya bagi saya, say atidak kehilangan apa pun, kalo bagi saya sih pernyataan anda itu yang semuanya ga beda sama kentut. Siapa yang ngajarin sih? Emang Buddha Sakyamuni ngajarin kyk gitu ya? Kalo iya dari Sutra yang mana? Di sini permasalahan utama nya adalah dipertanyakan mengapa begini, begitu, dsb? Kalo udah dan dijelaskan dengan tafsiran, terutama yang berhubungan dengan Vajrayana, ada penanya tertentu yang kemudian akan berusaha untuk memahami. Tetapi ada juga yang bertanya mengenai banyakk hal, namun saat dijelaskan dengan tafsiran untuk memahami hal yang ditanyakan, lalu mengatakan tafsiran = mengarang, kalo yang seperti ini motivasi nya apa ya??? Emang penanya atau pengacau yang memang ga ada kerjaan sehingga mencari kesalahan doang bisa nya?????????

Pantes di sini topik yang dibuat berkepanjangan dan tidak kunjung selesai, baru akan berakhir paling kalo di Lock sama Moderator nya, maklum deh, banyak pengacau  nya

UDah, ah... Gw mah cuma berminat jawab kalo itu penanya emang beneran naya, kalo ga yah anjing menggong - gong khafilah berlalu, deh... Soal nya kalo anjing kan emang bisa nya gonggong terus dan kalo khafilah nya ngeladenin, khafilah nya jadi sama aja kayak anjing, mending diabiarin aja itu anjing ngegonbg - gong kalu udah berlalu toh suara anjing nya udah ga kedengeran lagi... HAHAHAHAHAHAHAHAHA  :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))
#15
Quote from: Virya on 29 July 2010, 10:43:19 PM
Quote from: Vidyadhara on 29 July 2010, 10:38:05 PM
Quote from: Virya on 29 July 2010, 10:31:03 PM
Ngarang dan tafsir  ... beda-beda tipis yooooo  ^-^

KAlo bagi saya sih beda banget, secara umum juga beda, berdasarkan Penafsiran Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga makna nya beda banget, kalo pernah sekolah sih harus nya tau, kalo ga tau wah, berarti .................. Hahaha... :))
oO yahh ..... pasti beda  ;D
kamu disekolah .... mungkin nilai mengarang 9, sekarang digunakan ilmu tafsir (biar keliatan keren) :))
saya ,.... gak suka ngarang tapi selalu menulis apa adanya

Beda jauuh yaaah  ;)

Dapat menulis apakah tidak perlu mampu menfsirkan dengan baik semua makna kata yang digunakan dalam menulis? Kalo tidak mampu menafsirkan semua kata dengan baik dan benar, ga heran kalo mengeluarkan pernyataan, pernyataan nya ga bermutu, jangan - jangan malah meleset dari makna nya, ato kata - kata di dalam tulisan yang apa ada nya itu malah ngaco semua, kalo udah ngaco apa masih apa ada nya? Yang ada malah beda jauh sama kenyataan yang ada, ga bisa menafsirkan kata yang ditulis dengan baik sih.Gitu deh jadi nya, ato jangan - jangan malah berpura - pura tidak bisa menafsirkan lantas mengatakan kedua kata yang makna nya berbeda adalah sama atau beda tipis, kalo yang model gini biasa nya tujuan nya ....................... Hahahahahahahahaha  :)) :)) :))