Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Curhat Kamu  (Read 282633 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Curhat Kamu
« Reply #930 on: 29 January 2012, 05:08:43 AM »
 [at] cumi: gua mau dgr sharing loe soal ce. Udh brp kali loe pacaran? Terus pernah nolak ce? Apa udh married sekarang dan sebel sama istri? Apa anda itu duda? Apa duda dg satu anak atau beberapa anak?

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Curhat Kamu
« Reply #931 on: 29 January 2012, 09:26:20 PM »
Ini adl problemku yg sdh sangat lama,yg usianya sama dg usiaku skrg yg udh lbh dr 1/4 abad.
Aku adl seorg yg introvert, pendiam, tak bnyk bergaul, lbh bnyk bergelut dg bacaan2 ato dg komputer. Aku ingat wkt kecil aku pun jarang bergaul. Ketika tmn2ku bermain bersama d luar,aku lbh memilih bermain sendiri atau dg adikku di dlm rumah.

Saat di bangku sekolah aku pun jarang bermain & bergaul dg teman2ku,wkt istirahat hanya dihabiskan utk belajar atau jajan sendiri di kantin. Ada la aku sesekali menyapa teman2ku,menanyakan tugas & pr. Krn aku seorg yg cukup pintar di sekolah,aku tetap didekati oleh teman2ku yg memerlukan bantuanku tgs & pr,tetapi tdk lebih dr itu. Ini mgkn krn aku jg tak pernah benar2 mempedulikan mereka. Pokoknya benar2 cuek,yg dipikirin cuma belajar dan belajar. Hal yg sama jg berlanjut di saat kuliah.

Stamat kuliah,ak diterima bekerja d salah satu perusahaan swasta. Krn bosku mengelola perusahaan dg sistem kekeluargaan,mk org2 yg bekerja d sana jg sangat bersifat kekeluarga. Ak sgt suka dg sifat hangat mrk. Eeel like a family. Namun tetap saja aku tidak dpt bergaul akrab dg mereka,mgkn krn sudah pembawaan dr kecil. Aku sgt sering merasa kesepian di tengah keramaian.

Akhirnya,stlh +/- 2 th bekerja d sana,aku resign dan berpindah kerja ke sebuah bank swasta. Di sana tdk ada sifat hangat kekeluargaan lg krn smua bekerja berdasarkan kriteria penilaian yg jelas. Walaupun aku menjaga hubungan baik dg rekan2 kerjaku di bank,tetap saja sifat individualitas mrk yg menonjol. Misalnya wkt imlek kmrn aku ditinggal begitu saja wkt mrk mau paicia k rmh salah satu manager hny krn ak terlambat keluar dr parkiran. Walau aku udh mengeluh di kantor,kok ditinggal,mereka menjwb: "Kamu sih lambat banget." Sungguh hal yg mengesalkan,apa salah menunggu sebentar.

Mgkn inilah nasib menjd org introvert,cuek,asosial. Tiap tahun saat Imlek sejak masa sekolah hampir tdk ad teman2ku yg berkunjung k rmh. Tahun ini paling parah krn tak satu pun rekan kerja yg dtg. Sedangkan teman2 kuliah/sekolah udh lost contact,tdk ad yg berkunjung k rmh lg. Pokoknya aku merasa tdk punya teman di dunia ini.

Parahnya,kesadaran utk mencari pasangan hidup dlm diriku baru tumbuh setahun lampau. Wkt sma ak pernah jatuh cinta pd teman sekelas,mgkn itu hanya cinta monyet. Tetapi krn ak orgnya introvert,aku tak pernah mengungkapkannya. Ditmbh lg aku jarang bergaul,maka aku jarang berbicara dg lawan jenis shg aku salah tingkah dan gugup dg lawan jenis,bhkan yg telah kukenal. Apalagi aku hanya berpikir utk belajar wkt sekolah dulu,maka dg cepat cinta pertama itu terlupakan.

Krn aku bersikap cuek,ak tak pernah mempedulikan rekan kerja wanita di tmpt kerjaku. Ad rekan kerja wanita d tmpt kerja yg tdk pernah kubantu saat butuh bantuan. Jiwa asosialku sgt parah saat ini. Tetapi entah knp ak jatuh cinta pdnya stlh 1 th mengenalnya. Ya,tentu saja aku ditolak krn selain ak tak pernah mempedulikannya,ternyata ia jg udh punya pasangan. Maka aku merelakannya,walaupun aku merasa cintaku kali ini cinta sejati,krn perasaannya jauh berbeda dg cinta pertama dulu. Dia orgnya gak cantik,ttp jg gak jelek. Ak tak tahu knp ak menyukainya. Tp krn kami udh gak satu tmpt kerja lg,ak pun dg cepat melupakannya.

Aku bukan tdk tertarik pada wanita,tetapi ketertarikanku lbh pd keinginan indera (sejenis nafsu,tp gak separah nafsu). Hanya dlm 2 kali jatuh cinta di atas yg bnr2 cinta menurutku,walaupun aku tdk dpt menggambarkan perbedaannya dlm kata2 yg tepat,tetapi ak dpt merasakannya. Org2 menganggapku pemilih,tapi mrk tdk mengerti hal ini. Atau mungkin memang cinta itu bs dimulai dr keinginan?

Saat ini aku benar2 galau. Kalau hanya krn tdk punya pasangan atau menjd jomblo seumur hidup,mgkn tdk mslh krn punya teman utk berbagi suka duka. Tetapi aku benar2 tdk punya teman. Di fb ak punya 200 lbh teman,kebanyakan dr teman sekolah & kuliah,tetapi ak tidak diperhatikan krn tak satu pun menjd teman dekatku wkt sekolah & kuliah dulu. Fb ini baru kubuat saat lulus kuliah. Bhkan saat ultahku,hanya sedikit (kurang dr 10 org) yg memberi ucapan slamat d fb. Di lingkungan kerja ad teman tetapi sebatas rekan kerja,di vihara aku lbh bnyk sendirian walaupun kadang2 bertemu kawan kuliah tp hanya bertukar sapa sebentar lalu berlalu. Aku benar2 kesulitan utk bergaul. Di hari libur aku sendirian,tanpa teman utk berkumpul bhkan diajak berbicara.

Apalagi skrg ortuku mendesak aku utk mencari pasangan,tp kujawab: "Di mana bs dicari sedangkan teman aja gak punya?" Mereka jg sedih mengetahuinya,tetapi tak bnyk yg bs mrk lakukan krn mrk udh tua. Aku sendiri tdk tahu bgmn bs keluar dr masalah ini,toh tdk ada teman yg bs membantu....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #932 on: 29 January 2012, 09:40:48 PM »
hm.. belum telat koq..
bisa mulai dicoba dengan senyum dan mengucapkan selamat pagi ketika masuk kantor.. lalu makan siang bareng.. dan membantu yang perlu dibantu..

lama2 atmosfer akan berubah ..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #933 on: 29 January 2012, 10:01:05 PM »
sesuai saran bro forte, anda bisa coba untuk selalu tersenyum dan menyapa pada tiap kesempatan ketika bertemu rekan kerja anda..
dan coba kembangkan rasa penasaran dan ingin bertanya anda, sehingga bisa terjalin komunikasi dua arah antara anda dengan lawan bicara anda..
cobalah untuk membuat joke atau candaan di tengah pembicaraan anda agar terasa lebih menyenangkan, meskipun awalnya mungkin jokenya dianggap 'enggak nyambung', namun tetaplah berusaha.. :)

ketika ada teman yang mengobrol atau curhat dengan anda, cobalah untuk mendengarkannya dengan sepenuh hati, meskipun terkadang terasa membosankan, dan beri kesan kalau anda serius memperhatikannya dengan menanyakan point-point tertentu, apakah karena rasa penasaran atau agar sekadar basa-basi untuk mengimbangi komunikasi dua arah (tanyakan bahkan hal paling sepele yang muncul di benak anda)...
dengan demikian anda akan menarik simpati teman anda secara perlahan..

kebetulan saya dulunya juga orang yang mirip seperti anda, (sekarang sudah agak bisa bergaul dengan teman) jadi mungkin saran ini mungkin bisa sedikit membantu..

 _/\_
« Last Edit: 29 January 2012, 10:03:41 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Curhat Kamu
« Reply #934 on: 30 January 2012, 06:14:16 AM »
 [at] bro ariya: saran Bro Forte cukup ok. Saran dari saya:
- tebar pesona dg senyum tiap x bertemu orang
- jangan sungkan menyapa orang terlebih dahulu
- ikut beberapa kegiatan sosial seperti Tzu Chi,DC peduli,baksos,dll
- Ikut nimbrung jika ada beberapa pembicaraan (maksudnya wkt istirahat di kantor)
- Neh paling penting,jgn sungkan membantu orang baik berbagi ilmu atau orang kesusahan apapun
- klo bro tipe passive,carilah ce yang tipe aktif kyk saya gitu hohohoho
- Plg penting juga: "HARUS PD". Ini modal utama dalam segala bidang kehidupan.
- Selalu berdoa dan yakin Tuhan pasti persiapkan yg terbaik utk Bro.

Mudah-mudahan diterapkan dalam waktu cepat ya.. Good luck ya^^

Offline helenfransisca

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputasi: 7
  • Gender: Female
Re: Curhat Kamu
« Reply #935 on: 30 January 2012, 06:40:18 AM »
Aq setuju dengan saran bro forte, langkah pertama yang dilakukan "senyum". Tersenyum dengan orang yang qt temui merupakan pintu menuju komunikasi. Tapi jangan sering" senyum sendiri ya bro ;D

Everything should be made as simple as possible but not simpler

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #936 on: 30 January 2012, 10:19:39 AM »
[at] bro ariya: saran Bro Forte cukup ok. Saran dari saya:
- tebar pesona dg senyum tiap x bertemu orang
- jangan sungkan menyapa orang terlebih dahulu
- ikut beberapa kegiatan sosial seperti Tzu Chi,DC peduli,baksos,dll
- Ikut nimbrung jika ada beberapa pembicaraan (maksudnya wkt istirahat di kantor)
- Neh paling penting,jgn sungkan membantu orang baik berbagi ilmu atau orang kesusahan apapun
- klo bro tipe passive,carilah ce yang tipe aktif kyk saya gitu hohohoho
- Plg penting juga: "HARUS PD". Ini modal utama dalam segala bidang kehidupan.
- Selalu berdoa dan yakin Tuhan pasti persiapkan yg terbaik utk Bro.

Mudah-mudahan diterapkan dalam waktu cepat ya.. Good luck ya^^
sudah ada yang menawarkan diri.. bro seniya.. tunggu apa lagi ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Curhat Kamu
« Reply #937 on: 30 January 2012, 10:58:08 AM »
 [at] all:
Thx all,saya lg depresi kmrn,butuh teman curhat... :)

 [at] yani:
Menawarkan diri nih... ;D
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Curhat Kamu
« Reply #938 on: 30 January 2012, 12:26:12 PM »
1/4 abad ukuran cowo masi muda kale (tuaan gue lagi).

Gue juga setuju dengan forte. Senyum dan sedikit sapaan sebenernya cukup. Pendiam tidak masalah, tapi jangan bermuka murung. Orang-orang mau deketin juga ketakutan. Kemudian cobalah untuk lebih helpful, tidak perlu sibuk mencari sesuatu yang tak perlu, tapi kalau ada orang-orang yang butuh bantuan (baik dalam porsi kerja ataupun di luar), lakukan sebaik mungkin. Mungkin hasilnya tidak instan, tapi itu akan membuat kamu lebih disenangi.

Dengan memulai curhat di sini juga udah awal yang bagus. Banyak cewe single disini =))
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Curhat Kamu
« Reply #939 on: 30 January 2012, 12:50:59 PM »
 [at]  bro aryakumara

* mnrt aku bro arya itu bukan pendiam , buktinya bisa blablakan disini .. ~ mgkn blm menemukan kondisi / ssorg yg bisa membuar bro arya nyaman n bisa "bawel"

* JUJUR!!?! aku ini rada primitif aka kuno , " JODOH ITU DATANG SENDIRI " aku percaya itu , terkadang kita dapet pasangan yang bahkan kita sdr nggak kepikiran bakal dapet disana ,  ^-^

* nggak semua cewek suka cowok aktif  yang "diam2 mematikan" pny pasaran tersendiri jg ..  :))

* bro arya itu MENARIK , tulisannya enak di baca, walaupun galau tapi nggak mewek , coba tampilin fotonya biar lgsg tukeran pin BB.. *pdhl gk pny BB*  :)) :)) :)) :))

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Curhat Kamu
« Reply #940 on: 30 January 2012, 01:20:28 PM »
*pdhl gk pny BB*  :)) :)) :)) :))

Ehem, kayakny bentar lagi beli BB nih... :P

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Curhat Kamu
« Reply #941 on: 30 January 2012, 02:06:38 PM »
 [at] landy:
Itu krn gw lbh pandai menulis drpd berkata2 scr langsung. Hati2 lo,tulisan bs menipu... ;D
Btw ane blm punya bb juga. Mau alamat fb?

 [at] kristin:
Gw bil kan >1/4 abad,bs aja 30 atau 40 th :)
« Last Edit: 30 January 2012, 02:08:53 PM by ariyakumara »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Curhat Kamu
« Reply #942 on: 30 January 2012, 02:29:06 PM »
sudah ada yang menawarkan diri.. bro seniya.. tunggu apa lagi ^-^

Please deh ah.. gua bilang tipe kayak saya bukan SAYA MAU JADI PACAR KAMU.. CUAPEK DEHHH... :P :)) :whistle: :-? ^-^

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Curhat Kamu
« Reply #943 on: 30 January 2012, 02:31:43 PM »
[at] landy:
Itu krn gw lbh pandai menulis drpd berkata2 scr langsung. Hati2 lo,tulisan bs menipu... ;D
Btw ane blm punya bb juga. Mau alamat fb?

 [at] kristin:
Gw bil kan >1/4 abad,bs aja 30 atau 40 th :)

Tuh.. disni aja bawel... bilangnya pendiam.. :-? Anyway Selamat berjuang... You can call yourself "pejuang cinta" right now :))

Masukin aja data bro ariyakumara ke single buddhist. Mudah2an cepat disambar ce single dsni ^-^

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Curhat Kamu
« Reply #944 on: 30 January 2012, 02:39:30 PM »
1/4 abad ukuran cowo masi muda kale (tuaan gue lagi).

Gue juga setuju dengan forte. Senyum dan sedikit sapaan sebenernya cukup. Pendiam tidak masalah, tapi jangan bermuka murung. Orang-orang mau deketin juga ketakutan. Kemudian cobalah untuk lebih helpful, tidak perlu sibuk mencari sesuatu yang tak perlu, tapi kalau ada orang-orang yang butuh bantuan (baik dalam porsi kerja ataupun di luar), lakukan sebaik mungkin. Mungkin hasilnya tidak instan, tapi itu akan membuat kamu lebih disenangi.

Dengan memulai curhat di sini juga udah awal yang bagus. Banyak cewe single disini =))
ehm .. situ juga single ya.. kekekeke.. sama kayak motif yani puk donk..

serius mode on :

untuk permasalahan depresi, mungkin saran saya : cobalah berdamai dengan diri juga.. emang dasarnya pendiam.. ya gak mungkin bisa jadi sangat cerewet dalam sekejab.. semua butuh proses.. jadi gak perlu disesali dan gak perlu banding2kan.. si forte cerewet minta ampun.. si A gaul.. si B supel dll.

mengembangkan diri ke tahap lebih baik memang bagus.. tapi gak ada yang instan dalam sekejab. dan justru paling indah itu menikmati proses pengembangan itu sendiri..

dan masing2 juga punya problem sendiri2.. bro mungkin hanya pendiam.. ada lagi yang lebih parah..
ada yang kesulitan bicara.. ada yang bisu tuli.. jadi lihatlah.. bro tidak perlu depresi, karena banyak orang2 yang bisu tuli juga tidak depresi..

banyak orang2 hebat koq.. seperti Helen Keller, juga tidak nyerah karena tuli dan buta, George VI raja Inggris yang kesulitan bicara namun namanya raja ya pasti perlu pidato kan..

so.. bersyukurlah.. ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl