Apakah Bodhicitta?

Started by cunda, 24 December 2008, 09:24:43 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

cunda

namaste suvatthi hotu

Apakah yang dimaksud dengan Bodhicitta?
Apakah Bodhicitta cuma dikenal di kalangan Mahayana?

Ada yg bisa bantu?

Thuti

asunn

ajaran tentang Kesadaran Murni oleh Dharmakirti seorang guru besar dari sumatera dan muridnya yg terkenal Atisha

http://www.kadamchoeling.or.id/news.php?nav_id=5.1.4&lang=id&id=83

kiman

yup, lebih ke mahayana. tapi ga ngaruh, mau dari aliran mana aja, silahkan belajar bodhicitta. ini penting karena ajaran mengenai bodhicitta berasal dari negara kita sendiri, Indonesia.
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

xenocross

Bodhicitta adalah batin pencerahan
Merujuk pada keadaan mental seseorang yang mempunyai rasa cinta kasih terhadap semua makhluk dan kasihan pada penderitaan mereka.
Bedanya dengan Metta dan karuna adalah bahwa bodhicitta melibatkan tindakan dan komitmen
Tekad dan komitmen agar dapat membebaskan semua makhluk dari penderitaan samsara. Karena cara paling efektif adalah menjadi Samma SamBuddha, maka orang ini bertekad mencapai ke-Buddhaan.
Orang yang mempunyai bodhicitta mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri..
Bodhicitta ada 2 macam: yang dibuat-buat/ diusahan supaya ada, dan yg spontan.
Setelah mengembangkan bodhicitta spontan, satu makhluk akan menjadi seorang Bodhisattva, memasuki jalan bodhisattva (bodhisattvayana)
Setelah mengumpulkan banyak kebajikan dan kesempurnaan, bodhisattva akan menyatakan tekad untuk mencapai ke-Buddhaan di depan seorang Buddha yg hidup, dengan pikiran, ucapan, dan perbuatan. Pada tahap pernyataan dengan perbuatan, Buddha tersebut akan memberikan ramalan yang pasti mengenai nama, ayah, ibu, istri, murid, dll yang akan dimiliki ketika Bodhisattva menjadi Buddha. Dalam tahap ini Bodhisattva sudah menjadi Bodhisattva penuh.

Ajaran bodhicitta lebih ditekanan dalam mahayana, bahkan merupakan pilar mahayana yg tidak boleh hilang. Sedangkan dalam Theravada, tidak ditekankan dan hanya sebats dikagumi dan tercatat dalam tipitaka pali.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Edward

#4
Saya pertama kali dengar istilah bodhicitta dalam sutra prajna paramitta...
Bodhicitta adalah batin pencerahan.
Apakah batin pencerahan itu?
Dlm mahayana sering disebut2 setiap makhluk memiliki bodhicitta untuk menjadi seorang buddha.apakah maksudnya?
Dlm IKT, bodhicitta malah disamakan dengan atta. apakah ada penjelasan yg benar mengenai ini?
Sering disebut, untuk selalu mengembangkan bodhicitta. Bagaimana kita mengembangkan bodhjicitta?
Apakah pemahaman bodhicitta dalam mahayana dan theravada sama?

Mohon penjelasannya yah.... ^:)^
"Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

xenocross

Bodhicitta is a mind (including thought, action, feeling and speech) totally dedicated to others and to achieving full enlightenment in order to benefit all sentient beings as fully as possible. Bodhicitta is often called the 'Wish Fulfilling Jewel', because like a magic jewel it brings true happiness. There are two levels of bodhichitta:

    (1) aspirational,
    (2) engaged.

Aspirational bodhichitta is the complete wish to overcome our emotional afflictions and delusions to realise our full potentials to bring all fellow beings to the enlightened state free from suffering.

Aspirational Bodhicitta has two stages

            1) Heartfelt wishing to become a Buddha to benefit all sentient beings.

            2) Pledging never to abandon this aim until it is achieved.

Developing the wishing state does not involve a pledge. With the pledged state of bodhicitta, we promise to train in five actions that help us never to lose our determination. . The first four trainings determine our bodhicitta aspiration and pledge not to decline during this lifetime. The fifth training determines us not to lose our intention in future lives.

Engaged bodhichitta means engaging in the practices and behaviour that bring about this goal by taking the bodhisattva vows to restrain from actions detrimental to it.
http://www.bodhicitta.net/What%20is%20Bodhicitta.htm
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

xenocross

http://en.wikipedia.org/wiki/Bodhicitta

In Buddhism, bodhicitta[1] (Ch. 菩提心, pudixin, Jp. bodaishin, Tibetan jang chub sem, Mongolian бодь сэтгэл) is the wish to attain complete enlightenment (that is, Buddhahood) in order to be of benefit to all sentient beings – beings trapped in cyclic existence (samsāra) and have not yet reached Buddhahood. One who has bodhicitta as the primary motivation for all of his or her activities is called a bodhisattva.

Etymologically, the word is a combination of the Sanskrit words bodhi and citta. Bodhi means "awakening" or "enlightenment". Citta is derived from the Sanskrit root cit, and denotes "that which is conscious" – mind or consciousness. Bodhicitta may be translated as "awakening mind" or "thought of enlightenment".

Bodhicitta may also be defined as the union of compassion and wisdom. This is a development of the concept of luminous mind in the Pali Canon.[2] While the compassion and wisdom aspects of bodhicitta are actually highly dependent on each other, in the Mahāyanā tradition they are often referred to as:

    * Relative bodhicitta, in which the practitioner works for the good of all beings as if it were his own.
    * Absolute, or ultimate, bodhicitta, which refers to the wisdom of shunyata (śunyatā, a Sanskrit term often translated as "emptiness", though the alternatives "openness" or "spaciousness" probably convey the idea better to Westerners[citation needed]). The concept of śunyatā in Buddhist thought does not refer simply to nothingness, but loosely to freedom from attachments (particularly attachment to the idea of a static or essential self) and fixed ideas about the world and how it should be. The classic text on śunyatā is the Prajñāpāramitā Hṛdaya Sūtra, a discourse of the Buddha commonly referred to as the "Heart Sūtra."

So, the term bodhicitta in its most complete sense would combine both:

    * the arising of spontaneous and limitless compassion for all sentient beings, and
    * the falling away of the attachment to the illusion of an inherently existent self.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

xenocross

Bodhicitta dapat dibangkitkan oleh semua makhluk. Semua makhluk punya potensi untuk menjadi Buddha. Kenapa? Katanya nih, karena sifat alami semua makhluk adalah sunyata (kekosongan). Jangan tanya saya maksudnya apa, saya juga tidak mengerti....
atta (pali)/ atman (sansekerta) = kepercayaan bahwa ada "diri"/"aku"/"roh"/"jiwa" yang sejati/kekal
Bodhicitta dengan atta konsepnya jaauuuuuuuuuuuuhhh.
Mahayana dan Theravada saya pikir tidak ada perbedaan konsep bodhicitta.

Cara mengembangkan? sabar ya pake teks inggris, lebih gampang dicari dan lebih lengkap.
http://en.wikipedia.org/wiki/Bodhicitta
The seeds of both Absolute and Relative bodhicitta often arise spontaneously – for example, when seeing someone close to us who is suffering, or in the face of a major unexpected event that upsets our world view. Unfortunately they can also vanish again just as quickly, which is why many Buddhist traditions, and in particular the Mahāyāna, provide specific methods for the intentional cultivation of both absolute and relative bodhicitta. This cultivation is considered to be one of the most difficult aspects of the path to complete enlightenment. Any teaching or activity cannot be held to be a genuine Mahāyāna activity unless it is conjoined with at least a contrived bodhicitta. Practitioners of the Mahāyāna make it their primary goal to go beyond contrived forms of bodhicitta and to develop a genuine, uncontrived bodhicitta which remains within their mindstreams continuously without having to rely on conscious effort.

Among the many methods for developing uncontrived Bodhicitta given in Mahāyāna teachings are:

    * The awareness that all sentient beings have been your mother in infinite previous lives
    * Contemplation of the Four Immeasurables (Brahmaviharas) - Immeasurable Loving-Kindness (Maitri), Immeasurable Compassion (Karunā), Immeasurable Joy in the Good Fortune of Others (Mudita), and Immeasurable Equanimity (Upeksa)
    * The practice of the Pāramitās (Generosity, Patience, Virtue, Effort, Meditation, and Insight).
    * The Taking and Sending (tonglen) practice, in which one takes in the pain and suffering of others on the inbreath and sends them love, joy, and healing on the outbreath.[11], and the Lojong ('Mind Training') practices of which tonglen forms a part[5].

Classical Tibetan Mahāyāna teachings hold that there are two distinct lineages by which one may cultivate uncontrived bodhicitta: (1) through the Seven Fold Cause-and-Effect method and (2) by Exchanging Self with Others (which uses the aforementioned tonglen practice). These two methods are explained in detail (along with a method for combining them) in Pabongka Rinpoche's seminal work Liberation in the Palm of Your Hand.


Lafalkan dan renungkan doa dibawah setiap hari:
    With a wish to free all beings
    I shall always go for refuge
    To the Buddha, Dharma and Sangha,
    Until I reach full enlightenment

    Enthused by wisdom and compassion,
    today in the Buddhas' presence
    I generate the Mind for Full Awakening
    For the benefit of all sentient beings

    As long as space remains,
    As long as sentient beings remain,
    Until then, may I too remain
    And dispel the miseries of the world

Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

xenocross

http://kmbui.net/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=33
Bodhicitta
oleh: Bhiksu Nirmana Sasana

Sakyamuni Buddha. Kita sebagai umat Buddha yang taat sudah pasti mengenalNya sebagai Guru Junjungan kita yang pada 544 tahun yang lalu mengabdikan 49 tahun dari masa hidupNya untuk membabarkan Dharma; mengajarkan kita untuk menemukan dan menjalankan Dharma dalam kehidupan sehari-hari kita. Bila kita perhatikan, Dharma yang dibabarkan oleh Sang Buddha tidak pernah terlepas dari apa yang disebut dengan Bodhicitta, seperti di dalam Sutra Amitabha, Sutra Saddharmapundarika, terlebih di dalam Sutra Bodhicitta itu sendiri.


Di dalam Sutra Bodhicitta, kita dapat melihat bahwa setiap kalimat yang ada di dalamnya mengajarkan kita untuk mengembangkan jiwa Bodhisattva. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa dalam menjalankan Buddhadharma dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan jiwa Bodhisattva adalah merupakan suatu hal yang mutlak.

Memang benar, kita sebagai umat Buddha, hendaknyalah kita selalu melaksanakan jiwa Bodhisattva dengan berbuat kebajikan. Seperti pepatah berkata: "Berbuat kebajikan akan mendapat buah baik, Berbuat kejahatan akan menerima buah buruk." Namun, apa yang dimaksud dengan kebajikan di sini? Apakah kebajikan akan terwujud tanpa pengembangan Bodhicitta? Lagipula, apakah yang disebut "Bodhicitta" itu? Dalam bahasa sehari-hari, kita sering mendengar kata "Pencerahan". Apakah ini yang dimaksud dengan Bodhicitta?

Bodhicitta bukanlah hanya sekedar "Pencerahan" biasa, tetapi Pencerahan ini adalah Pencerahan yang mengandung Tekad mencapai keBuddhaan. Terutama di dalam aliran Mahayana yang selalu tidak terlepas dari kata "Metta, Karuna, Mudita"(cinta kasih). Yang dimaksud "cinta kasih" di sini bukanlah seperti cinta kasih antara dua makhluk yang berlainan jenis atau bahkan sesama jenis, tetapi "cinta kasih" yang dimaksud dalam Buddhadharma adalah cinta kasih yang universal. Cinta kasih universal ini dikembangkan dari hati nurani kita yang terdalam, bukan yang hanya diucapkan di bibir belaka, atau yang timbul karena keinginan-keinginan tertentu (ego kita).

Bagaimana kita dapat mengembangkan Bodhicitta atau tekad mencapai keBuddhaan ini? Kita dapat mengembangkannya bila kita telah dapat mengikrarkan TEKAD kita.

Apakah yang dimaksud dengan "tekad"? Tekad adalah tujuan positif yang akan kita hadapi dan jalankan.

Untuk menimbulkan tekad, apa yang harus kita lakukan? Tekad dapat timbul di saat kita telah:
- Melepaskan keserakahan
- Melepaskan kebencian
- Melepaskan kebodohan

Tekad terbagi menjadi 2 jenis:
1. Tekad kecil.
Tekad ini biasa dilakukan oleh orang awam, dan umumnya hanya untuk diri sendiri atau keluarga, tidak peduli dengan orang banyak.

2. Tekad besar.
Tekad ini dilakukan oleh orang yang telah mengerti tentang Bodhicitta, atau mereka yang mau menjalankan jiwa dan semangat Bodhisattva. Orang-orang ini selalu menyadari bahwa makhluk hidup yang ada di alam semesta ini hidup dengan penuh penderitaan. Bagi mereka yang melaksanakan, dan menjalankan jiwa/semangat Bodhisattva akan selalu bertekad untuk menolong agar semua mahkluk hidup bahagia dan dapat mencapai Alam Bahagia (Tanah Suci Sukhavati). Bila kita mengembangkan tekad besar, kita akan selalu melakukan kebajikan demi kebahagiaan orang lain dan bahkan seluruh makhluk, tanpa mengharapkan imbalan. Kita sebenarnya tidak perlu mengharapkan imbalan. Ingat! Di dalam ajaran Sang Buddha telah dijelaskan tentang "Hukum Sebab dan Akibat." Segala sebab yang kita perbuat, baik maupun buruk, kita pasti akan menerima akibatnya. Hal ini tidak terelakkan, tidak bisa dipungkiri dan tidak dapat dihapus dengan apapun juga. Satu pepatah agama Buddha berkata: "Memberi adalah mendapat".

Setelah kita menjalankan tekad besar ini dengan ikhlas dan tulus, sekaligus melepaskan keserakahan dan keterikatan kita akan nama dan kedudukan, barulah dengan sendirinya kita dapat mengembangkan Bodhicitta (bertekad mencapai pencerahan keBuddhaan, untuk menolong sesama makhluk).

Ada hal lain yang penting untuk kita sadari. Sebenarnya segala sesuatu juga tidak terlepas dari proses jodoh. Untuk mengembangkan dan melaksanakan jiwa/semangat Bodhisattva inipun juga tergantung proses jodoh. Bila tidak mempunyai satu pertemuan antara A dan B, maka jiwa Bodhisattva tidak dapat terlaksanakan.

Proses jodoh apa saja yang memungkinkan bagi kita untuk mengembangkan Bodhicitta?
1. Mengingat jasa Sang Buddha, Guru Junjungan kita:
- Mengingat saat Sakyamuni Buddha pertama kali mengembangkan tekad untuk menolong seluruh makhluk.
- Mengingat jasa Sang Buddha bagi kita di saat kita ditutupi oleh kebodohan sendiri dan tidak dapat menerima pendapat dan nasehat orang lain. Dengan kebodohan ini kita masuk neraka untuk menerima karma buruk yang telah kita perbuat. Melihat penderitaan yang kita alami, Sang Buddha pasti akan merasakan sedih dan berusaha untuk menolong kita dengan cara apapun juga.
- Sang Buddha selalu dengan jiwa besar mengembangkan dan menjalankan Bodhicitta demi kita semua dan seluruh makhluk di Alam Semesta ini.

2. Mengingat jasa kedua orang tua kita:
- Mengingat ibu yang melahirkan kita dan orang tua yang telah memelihara kita hingga dewasa.
- Selalu mengenang jasa kedua orang tua kita di setiap kehidupan.
- Mengenang jasa orang tua kita di kehidupan yang lampau, intinya, semua makhluk adalah orang tua kita.

3. Mengingat jasa para guru:
- Mengingat jasa Guru Besar kita yang telah mengajarkan Dharma kepada kita.
- Mengingat jasa guru sekolah dari kelompok bermain hingga kita sarjana.
- Mengingat bahwa kehidupan para guru hanyalah dari pengabdian saja.

4. Mengingat orang-orang yang telah berjasa:
- Mengingat jasa para petani, pahlawan, dokter dan lainnya.

5. Mengingat jasa para makhluk hidup:
- Kita harus menyadari bahwa kita tidak dapat hidup tanpa orang lain.
- Menyadari bahwa setiap makhluk hidup ada kaitannya dengan kita dan ini disebut dengan tali perjodohan yang telah terjalin berkalpa-kalpa yang lalu.

6. Mengingat penderitaan hidup dan mati:
- Kita dan para makhluk lain tidak hentinya lahir dan mati.
- Kita kadang terlahir di Alam Bahagia, kadang terlahir di alam manusia, dan kadang terlahir di alam neraka, yang mana sama-sama menerima penderitaan dan penyiksaan yang diakibatkan oleh karma perbuatan buruk kita sendiri.

7. Mengingat para Sesepuh:
- Mengingat para Buddha dan Sakyamuni Buddha yang telah mencapai pencerahan sempurna.
- Mengingat para Bodhisattva yang selalu melaksanakan Bodhicitta demi menolong sesama makhluk.
- Mengingat para sesepuh yang telah mencapai pencerahan.
- Menyadari bahwa kita masih saja terus bergelut dengan karma dan tumimbal lahir.

8. Menyesali karma-karma buruk:
- Karma buruk kecil saja kita sudah sulit menerimanya, apalagi karma buruk besar. Apakah kita dapat menerimanya?

9. Meminta terlahir di Alam Bahagia (Pantai Seberang):
- Melatih diri dengan tekun
- Mengembangkan perbuatan baik.
- Mengembangkan jiwa dan melapangkan dada untuk selalu berdana
- Bila tidak mengembangkan kebajikan, maka sulitlah untuk dapat mencapai Pantai Bahagia. Ini disebut kemunduran atau kegagalan dalam mengembangkan bibit Bodhicitta.

10. Berupaya agar Buddhadharma tidak musnah:
- Sang Buddha mengajarkan DharmaNya, dan mengajarkan bagaimana menjalankan Dharma.
- Selalu melatih diri, selalu sabar atas yang sulit disabari, selalu melakukan perbuatan baik yang sulit dilakukan.
- Tidak membeda-bedakan, tidak gossip, dan tidak menciptakan keributan.

Apabila kita dapat menghayati ke-10 proses jodoh ini dengan baik, saya yakin kita semua dengan sendirinya akan mengembangkan tekad untuk Bodhicitta. Mungkin pada awalnya kita dapat mengembangkan jiwa/semangatnya Bodhicitta kecil (cinta kasih), yang hanya untuk lingkungan kita. Bila kita sering mengembangkan dan menjalankannya, maka lama kelamaan tanpa kita sadari kita akan lebih maju dalam pengembangan cinta kasih yang universal.

Yang penting untuk kita sadari adalah, kita dan seluruh makhluk tercipta dari unsur-unsur di alam semesta ini. Sebagai contoh, jasmani kita tercipta dari sebagian unsur kecil dari semesta ini. Oleh karena itu, kita jangan sombong dan jangan lupa diri, karena makhluk lain juga terdiri dari unsur-unsur semesta ini. Kita mempunyai enam indera. Para makhluk juga mempunyai enam indera. Kita harus bisa menerima kesamaan ini dan harus mempunyai kepercayaan terhadap Buddha, Dharma dan Sangha (Triratna).

Dengan selalu menghayati dan mengkaji penderitaan makhluk lain, maka otomatis kita membangkitkan Bodhicitta kita. Setelah Bodhicitta berkembang, wajah kita akan memancarkan cahaya, sinar kebajikan yang terang dan tenang. Kita akan selalu disenangi oleh seluruh makhluk dan disegani oleh musuh-musuh kita. Dengan demikian, kita akan terlepas dari segala malapetaka dan hidup berbahagia selalu.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Kelana

 _/\_
Pertanyaan pertama sepertinya sudah disampaikan oleh rekan-rekan yang lain.

Untuk pertanyaan kedua. "Apakah Bodhicitta cuma dikenal di kalangan Mahayana?" Jika yang dimaksud Romo adalah kata "bodhicitta" nya, sejauh ini saya belum menemukannya dalam literatur Theravada. Tetapi jika yang dimaksud adalah pengertian dari "bodhicitta" itu sendiri maka ada dalam literatur Theravada, seperti misalnya mengenai Brahma Vihara, dll.

Dari pencarian saya, jika kita berpatokan pada pengertian "bodhicitta" maka terdapat juga dalam literatur Theravada dengan istilah yang berbeda, yaitu pabhassara citta (pikiran bercahaya).

Mungkin lebih lengkapnya rekan-rekan yang lain bisa menjelaskan apa itu pabhassara citta.

Demikian. _/\_
GKBU

_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Edward

Thx Bro Xeno, postingannya lengkap sekali..
Gw cukup mengerti sekarang..
Jika gw simpulkan sendiri secara sederhana, bearti bodhicitta lebih kepada kondisi batin bukan? Tapi mash timbul pertanyaan, terutama dengan postingan yang terakhir.
Quote
Cinta kasih universal ini dikembangkan dari hati nurani kita yang terdalam, bukan yang hanya diucapkan di bibir belaka, atau yang timbul karena keinginan-keinginan tertentu (ego kita).

Apakah hati nurani itu? Dimanakah letak hati nurani?

Dan mengenai 10 langkah untuk mengembangkan bodhicitta,
1.Melihat penderitaan yang kita alami, Sang Buddha pasti akan merasakan sedih dan berusaha untuk menolong kita dengan cara apapun juga.
Apakah Sang Buddha masih ada perasaan sedih?
2.8. Menyesali karma-karma buruk:
- Karma buruk kecil saja kita sudah sulit menerimanya, apalagi karma buruk besar. Apakah kita dapat menerimanya?

Apakah karma buruk harus disesali? Terima atau tidak, bukankah proses karma akan selalu berjalan?
3.Meminta terlahir di Alam Bahagia (Pantai Seberang):
- Melatih diri dengan tekun
- Mengembangkan perbuatan baik.
- Mengembangkan jiwa dan melapangkan dada untuk selalu berdana
- Bila tidak mengembangkan kebajikan, maka sulitlah untuk dapat mencapai Pantai Bahagia. Ini disebut kemunduran atau kegagalan dalam mengembangkan bibit Bodhicitta.

Apakah bearti, kita melakukan hal2 yg disebutkan tersebut dengan tujuan mendapat imbalan? Dalam hal ini "meminta terlahir d alam bahagia?

Mohon penjelasannya yahhh...Thx
"Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

kiman

mgkn bro xeno merangkai kata2 nya kurang pas.

hati nurani: biar bro xeno yg menjelaskannya (aye jg bingunk)

Budha sedih: ga tau deh... setau ku sih engga...

karma itu disadari. dari lahir sampai sekarang, karma yg kita bentuk itu gelap/hitam. kalo kita inget ini, kan rasanya sakit, uda itu jelas, kalo mati masuk mana. kesadaran ini harus bangkit, selalu bangkit, agar kita dpt sadar diri di setiap waktu.

semua mau bahagia. Dalai Lama pun berkata begitu. maksud bro xeno mgkn lebih ke motivasi y, jadi biar kita terus sadar n memacu (booster) diri untuk mencapai kebahagiaan sejati.

CMIIW
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

cunda

Quote from: xenocross on 25 December 2008, 12:50:26 AM

Ajaran bodhicitta lebih ditekanan dalam mahayana, bahkan merupakan pilar mahayana yg tidak boleh hilang. Sedangkan dalam Theravada, tidak ditekankan dan hanya sebats dikagumi dan tercatat dalam tipitaka pali.

namaste suvatthi hotu

Bagaimana anda tahu bahwa dalam Theravada tidak ditekankan dan hanya sebatas dikagumi dan tercatat dalam tipitaka pali. Apakah anda dapat memberikan rujukan Bodhicitta ada di sutta?sutra apa?

thuti

cunda

Quote from: Edward on 25 December 2008, 02:52:52 AM
Saya pertama kali dengar istilah bodhicitta dalam sutra prajna paramitta...
Bodhicitta adalah batin pencerahan.
Apakah batin pencerahan itu?
Dlm mahayana sering disebut2 setiap makhluk memiliki bodhicitta untuk menjadi seorang buddha.apakah maksudnya?
Dlm IKT, bodhicitta malah disamakan dengan atta. apakah ada penjelasan yg benar mengenai ini?
Sering disebut, untuk selalu mengembangkan bodhicitta. Bagaimana kita mengembangkan bodhjicitta?
Apakah pemahaman bodhicitta dalam mahayana dan theravada sama?

Mohon penjelasannya yah.... ^:)^

namaste suvatthi hotu

Penjelasan yang akurat ini yang sedang kita tunggu, ada yang mau bantu?

thuti

Sunkmanitu Tanka Ob'waci

Tathāgataguhyasūtra -> Sutra Mahayana konon adalah yang pertama mencantumkan Bodhicitta

Kalau di Theravada -> katanya komentar dari abad ke 13, tapi gak tau komentar apa itu.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days