Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perjalanan menjadi seorang Buddhist  (Read 116677 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline uwi

  • Teman
  • **
  • Posts: 98
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #15 on: 29 September 2007, 01:09:34 AM »
saya buddhist karena ajaran sang buddha sederhana bagi otak saya. sederhana dalam artian praktikal.

:)
"Etam mama, eso hamasmi, eso me atta 'ti."

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #16 on: 29 September 2007, 05:04:40 PM »
Saya dari TK - SMA bersekolah di sekolah Ka****k. Kuliah di univ Kr****n yang lebih "galak"..  ^-^

Pertama kali mengenal Buddhisme karena mama mengajak ke Vihara Siripada waktu masih SD (kalo ngga salah kelas 4 atau 5 SD). Dulu saya dan keluarga tinggal di Bekasi, kemudian pindah ke Serpong. Setelah pindah ke Serpong, mama (dulunya Kong Hu Cu tradisional) cari2 kelenteng yang dekat rumah. Ngga ketemu kelenteng, tapi malah ketemu vihara.. Sebetulnya ketemu kelenteng juga sih di Boen Tek Bio (Vihara Padumuttara), tapi jauh dari rumah..

Setelah ikut sekolah minggu, mulai membandingkan Buddhisme dan Ka****k. Di Ka****k ada 10 perintah Al**h, sedangkan di Buddhisme hanya 5 sila. Karena masih naif (dan maunya cari yang gampang ), maka pilih yang 5 aja daripada yang 10..  ;D

Lama kelamaan mulai belajar hukum sebab-akibat dan rasanya lebih sreg di hati daripada penjelasan di sekolah bahwa segala sesuatunya berasal dari Mr. T.

Waktu SMA itu zaman bandel2nya, karena suka debat dengan teman agama lain tentang Mr. T, alam semesta, kelahiran kembali, kamma-vipaka, dll. Hal ini berlangsung sampai kuliah sampai ada seorang koko yang mengenalkan meditasi.

Sejak saat itu mulai mengerem debat pelan2.. Sekarang saya lebih tertarik pada urusan batin daripada membahas Mr. T, alam semesta, alam kehidupan, dll.. Sesekali bahas oke, tapi ngga sering2 kayak dulu.

 _/\_
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #17 on: 30 September 2007, 12:01:21 AM »
Daftar Riwayat Hidup Religius
====================================

1983 = lahir , Buddhist

1993 = ikut sekolah minggu di Vihara Panca Karuna, Curup, Bengkulu

1995 = ikut sekolah minggu Vihara Dharmakirti Palembang

1996 = ga pernah ke vihara, sebel liat beberapa pengurus yang belagu.. jadi blajar2 sendiri di rumah, sebates baca paritta, liam keng ( kadang ikut akong tiap hari liam keng baca Amito Cing ama Sin Cing )

1998 - 2001 = ga pernah ke vihara, Buddhist tapi sering ke gereja gara2 ikut OSIS di sekolah ka****k, trus jadi ketua OSIS makin sering ke gerja sampe2 bisa dapet nilai agama ka****k 9 ( waktu SMP nilai selalu 6 gara2 nanya hal konyol ke guru agama )..

2001 = ikut Buddhist camp.. tersadarkan.. di visudhi Upasaka olah YA Vajra Giri dgn nama Prajna Pala

2001 - 2006 = ke Cetiya Dharmagraha Chandranaya di Jembatan Besi, Grogol.. kadang ikutan kebaktian Tri Dharma, PPD, dll

2007 = belajar Buddhism lagi dgn lebih rajin... kenal ama kcb..

demikianlah daftar riwayat hidup ini saya sampikan dengan sebenarnya. atas perhatiannya saya ucapkan Namo Buiddhaya...

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #18 on: 30 September 2007, 01:35:26 AM »
Quote from: Umat Awam
Mula2nya deket ke tantra, krn bokap nyokap suka yg gituan..

 :o

ini dari gw :
Perjalanan  7th mancari Dhamma...  8)
PS : sediakan kopi ato biskuit sbelum membaca,,

Cerita akan segera dimulai, harap matikan telepon genggam dan telepon umum...
Anda dilarang berisik selama pertunjukan berlangsung...


eng ing eng..

Kalo gw lahir di keluarga Buddhis ktp bangets yang sama sekali KAGA KENAL siapa Buddha dan ajaran Buddha seperti apa... Cuma praktek sembahyang leluhur dan dewa dewi aja...

dari kecil menimba ilmu di lahan tetangga... ya sama seperti kebanyakan kasus, gw dipaksa bertani di lahan tetangga dengan ancaman lipstik di raport untuk pelajaran agama. Waktu kecil seh kaga mau, karena lahan orang, but ortu malah ngedorong gw ikutan aja, maen aja, lagian buat menghindari lipstik maut si ibu guru. akhirnya sejak kelas 2 sd terpaksa rela berpisah dengan doraemon dan songoku cs tiap minggunya.

sekitar kelas 4 sd, sepupu n temen ngajakin ke 'vihara' Maitreya (musuhnya sol sepatu). Karena taunya itu vihara, n gw adalah beragama Buddha, excited pergi... N seterusnya rajin pergi, dalam seminggu bisa beberapa kali waktu sore2... karena di perpusnya banyak buku2 berilustrasi bagus, suka banget, terutama sung go kong dan cerita tentang neraka, dengan ilustrasi pake kuas cina...   liat gambar doank, cuz tulisannya kanji cina kaga ngarti... plus kk2 dan cc2 suka bawa skateboard buat maen di halaman vihara. ga da yang gw dapet dari ajaran Maitreya ini selain cara ibadahnya yang bikin capek. sementara mulai rajin ke lahan tetangga dekat ini, tiap minggu juga masih rajin ke lahan tetangga jauh...

memasuki smp, mulai jarang ke vihara maitreya ini karena kk2 dan cc2 yang punya skateboard udah pada lulus, n jadi jarang kesana... plus lahan tetangga juga jadi jarang, sejak tidak diberlakukan lagi aturan koleksi tanda tangan pendeta... tapi masih cukup aktif di kegiatan remajanya...

masuk smu, skul di sekolah multi agama, enyak boleh milih agama... akhirnya pilih agama buddha (bayangin bo udah 11 taon gw malah pelajarin punya orang). karena lagi puber n bandel2nya, di kelas agama kaga pernha ngedengerin serius, n karena gurunya juga kaga tegas ga berani marahin, so selama 3 taon smu, yang gw tau cuma :
1. agama buddha terdiri atas aliran mahayana dan hinayana
2. sang buddha bernama siddharta gautama
3. kamesumicchacara veramani....... (lainnya gak hapal semua)
4. buddha = tuhan
 ;D dengan pengetahuan super duper geblek kaya gitu kenapa bisa lulus pelajarannya? nyontek..... (khusus pelajaran ini aja lho, abisnya gurunya juga ngasi open book)  :P

selama smu, ga pernah ke gereja lagi, n mulai gak aktif di kegiatan remaja, tapi sekali2 di-summon ma teman buat bantu ngedekor gereja kalo ada acara...

masuk kuliah, di kampus label tetangga juga... cuma disediain 2 agama, yang kaya agama om osama n agamanya yang punya kampus... terpaksa deh, back to nature. gw pikir bangku kuliah lebih berbudi, eh ternyata peraturan nilai lipstik masih berlaku... (gurunya cowok lagee  :'() gak senang, cuma dateng sekali, minggu depannya gw ga dateng lagi dan seterusnya sehingga dapet E...

di semester berikutnya kudu ngulang pelajaran agama, gw ngumpulin temen2 yang buddhis... mau request ke kampus mata kuliah agama buddha... kampus mau ngabulin dengan syarat minimal ada 10 orang... memang ternyata tuhan tidak mengizinkan... kita cuma ada 8 biji... mana 1 lagi kabur ke shinto (karena dia emang dari sono habitatnye). satu lagi males ikutan ngurusin, ga mau ribet, nyerah masuk ke salip juga... tinggal berenam deh fighternya dengan anggota :
3 orang atheis
1 orang buddhis
2 orang beragama gak jelas (ktp ma buddhis)
sebelumnya beberapa kali pernah ke vihara, ada kenal orang dari kampus laen yang punya mata kuliah agama buddha... dia saranin kita minta kuliahnya di kampus mereka, tar transfer nilainya.. nego sana nego sini, akhirnya kampus gw mengizinkan... (alhamdullilah)....

seneng kuliahnya, TAPI... ga pernah merhatiin si dosen ngajar juga... banyak ngobrol, dan ngelirik2 si cewe putih di meja sana  ;D dengan motivasi si cewe ini, gw rajin kuliahnya, yah sekali2 denger2lah, sehingga mulai tau istilah 31 alam kehidupan, kamaa, pattica samupada, sila, dan mulai hafal isi pancasila...

plus tiap rabu sore ada kegiatan yang disebut 'mentoring'. dimana berupa sesi tanya jawab dhamma, abang2 dan mpok2 mentor bakal ngebahas suatu topik dan kita bebas bertanya apapun yang akan dijawab mereka... lagi2 karena motivasi pedekate cewe, gw rajin dateng... dan disinilah pertama kali gw bertanya : Jadi sebenarnya apakah tuhan itu ada? Dijawab dengan tidak memuaskan dan tidak pernah terjawab...

Nah, akhirnya lulus kuliah ini, jadi jarang ke vihara. (karena si cewe nolak gw! kuda!!! gw ditipu... :'() suatu hari lagi jalan ma temen, ngobrol, eh taunya dia tau banyak tentang buddhis. padahal kirain dia juga cuma orang berlabel buddhis doank... dengan kamar penuh poster dari majalah pria dewasa, film 'gulat' tunggal campuran di komputer... bener2 kenot judge a cover by its book... nah, disinilah pertanyaan gw tentang tuhan agak terjawab... sejak inilah gw coba berehipasiko, dengan banyak membaca buku2 buddhis. tapi semangat gw ga berlangsung lama... bentar doank, udah aja bosen... sampe vakum dari yang berbau buddhis...

sampe beberapa bulan lalu maen ke salah satu forum dengan fasilitas debat, ada thread debat agama buddha disana (anak2 sini juga ada lulusan sana, salah satunya si sepatu itu), tertarik, iseng2 ikut menjawab, kalo ada yang ga ngerti, mulai cari2 tau dari buku yang udah lama dipensiunin... akhirnya mulai semangat kembali dan bener2 mulai serius lagi belajar tentang buddhism... didukung lagi dengan bu jendral dengan nicknya yang sangat manis (gw sangka umur 18an, sempet mau gw kecengin juga tuh), mengundangku meramaikan porum damacita ini... sampai sekarang... nah jadilah seorang 7th bodoh yang tidak tau apa2 yang masih terus belajar dan mencari  ;D

~FIN


PUAS JEK?! PUAS?!  ^-^ bener2 perjalanan ini, jangan dijadiin sinetron aja ya... kalo mau juga beli loyalty dulu... :whistle:

uda ah, ngantuk...  (:$
« Last Edit: 30 September 2007, 08:49:19 AM by 7th »

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.749
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #19 on: 30 September 2007, 10:30:19 AM »
moral of this story: ce putih diperlukan bagi perkembangan agama buddha
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #20 on: 30 September 2007, 10:39:34 AM »
hm... ada benernya juga om morph...
ya jadikan itu sebagai perahu, ketika sampai seberang, tinggalkan... =)) (ga boleh melekat kan?)

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #21 on: 30 September 2007, 11:30:07 AM »
ikutan ahhh....

mulai dr esde, menuntut ikmu disekolah negri yg pilian agama cuman atu, waktu itu uda pasti kgk ngerti ama yg kyk gt2an n nyokap asyik2 aja terserah yg penting sekolah jd selanjutnya gw cokin sendiri yg belajar agama tsb  ;D, singkatnya guru agama gw sayang bgt n jd proyek percontohan buat yg lain ;D smp gw msh belajar agama tsb ampe temen2 gw pd bingung *sipit sendirian pas sma krn faktor lingkungan gw ikut2an daptar k**** lama2 puyeng gw nech kgk nyambung segala2 nya mesti percaya bgt dach *dlm ati mantep jg nech kepercayaan tinggal blg doank pergolakan terjadi  ;D n terombang-ambing *macam perahu;D
sampe gw ketemu kata2 sucikan pikiran, perbyk kebaikan dan jauhi kejahatan nah ni die cocok bgt  _/\_

uda ahhh.. capek ngetik..

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #22 on: 30 September 2007, 05:17:34 PM »
Kalau liat kesaksian kalian ini, sungguh kalian ini orang2 yang tersesat. Hehehe
welcome to the junggle mannnn!
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #23 on: 30 September 2007, 05:34:16 PM »
Emang tersesat...
Mau cari kelenteng kok malah ketemu vihara... :P
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #24 on: 30 September 2007, 06:38:34 PM »
Quote from: 7th
didukung lagi dengan bu jendral dengan nicknya yang sangat manis (gw sangka umur 18an, sempet mau gw kecengin juga tuh), mengundangku meramaikan porum damacita ini... sampai sekarang... nah jadilah seorang 7th bodoh yang tidak tau apa2 yang masih terus belajar dan mencari

=))
kesannya kok gw telah menipu 7th ya?
gpp-lah.. kan menipu ke jalan yg benar :P
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #25 on: 30 September 2007, 06:59:35 PM »
Sebenarnya sudah pernah diceritakan di forum sebelah

Saya berasal dari keluarga Buddhist KTP juga yang lebih mementingkan dewa dewi dan leluhur alias Kong Hu Cu.
Singkat kata saya juga tidak pernah mendapatkan pelajaran Buddhism dari keluarga.

Dan seperti pada umumnya, saya sekolah di sekolah Katho*** jadi diwajibkan belajar agama tersebut. Ya belajar hanya untuk nilai, sampai hafal isi Kitab Suci segala ;D

Dan pas di bangku kuliah, saya baru mendapatkan pelajaran agama Buddha di Vihara Buddha Warman Padang, dan seperti biasa saya datang hanya untuk nilai. Pengetahuan Buddhism dan ketertarikan dengan Buddhism juga masih belum begitu kuat.

Singkat cerita, awal yang menyebabkan saya tertarik Buddhism adalah pacar. Saya dulu memiliki pacar yang berbeda agama dan seperti pacar yang pada umumnya, inginnya pacar yang seagama. Namun karena saya tipe yang keras jadi saya belum bisa diganti agamanya walau saya waktu itu sama sekali buta mengenai Buddhism.

Dan merasa ingin tahu mengenai apa itu Buddhism, saya lalu mencari situs2 mengenai Buddhism dan ketemu forum sebelah dan Sdr.Kelana. Dari penjelasan Sdr. Kelana, saya cukup puas. Dan karena saya tipe kutu buku, saya juga mencari buku2 berbau Buddhism di Gramedia Padang. Tidak puas dengan Gramedia Padang yang lebih banyak buku berbau I****, ketika saya pulang ke Pekanbaru, saya kembali hunting buku yang berbau Buddhism sampai habis ratusan ribu juga rela ;D
 
Setelah pengetahuan Buddhism sudah mulai muncul. Saya juga pernah diajak "bertukar pikiran" oleh Evan***** dan Musl**. Dan pertukaran pikiran ini berakhir semua rahasia Tuhan manusia tidak berhak tahu. Dengan ini saya menjadi lebih yakin dengan Buddhism dan tidak bisa berpaling ke yang lain.

Saya jelaskan hal ini pada pacar saya dan ajak "bertukar pikiran" beberapa ronde. Dan karena tidak ada tercapai kata "sepakat", pacar saya meminta saya memilih. Dan saya lebih memilih putus daripada berjalan di jalan yang pasti buntu atau berganti agama yang tidak saya sukai. Dan waktu itu kami berjanji dalam masa tenggang 3 bulan untuk kembali survive sedia kala dan berubah status menjadi teman. Walau sulit, tapi semua badai percintaan yang berakhir buntu telah berlalu.

Sejak itu, saya tidak pernah lagi mau mencari pasangan yang berlainan agama.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #26 on: 30 September 2007, 07:01:19 PM »
Quote from: 7th
didukung lagi dengan bu jendral dengan nicknya yang sangat manis (gw sangka umur 18an, sempet mau gw kecengin juga tuh), mengundangku meramaikan porum damacita ini... sampai sekarang... nah jadilah seorang 7th bodoh yang tidak tau apa2 yang masih terus belajar dan mencari

=))
kesannya kok gw telah menipu 7th ya?
gpp-lah.. kan menipu ke jalan yg benar :P

 [at] 7th.
Coba u lebih dulu 10th dengan umur yang sekarang..  ;)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #27 on: 30 September 2007, 07:02:36 PM »
Quote
Singkat cerita, awal yang menyebabkan saya tertarik Buddhism adalah pacar.

Kesimpulannya, karena cewe putih juga donk. :P

*joke*
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #28 on: 30 September 2007, 07:04:07 PM »
Quote
Singkat cerita, awal yang menyebabkan saya tertarik Buddhism adalah pacar.

Kesimpulannya, karena cewe putih juga donk. :P

*joke*
Haha.. Tidak juga. Karena gak tahan "gak ada amunisi", jadi gak bisa tahu mana yang cocok buat saya.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #29 on: 30 September 2007, 07:25:09 PM »
Hmmh..Giliran gua...
Keluarga saya agama Khong Hu Chu...tp di rumah ada altar Bodhisatva Avalokitesvhara...
Sejak SD sekolah di sekolah swasta Buddhist yg termasuk sekolah pilihan(tapi dulu,sekarang terkenal sekolah yang anak2nya pandai berkata jorok) SMP juga di sekolah Buddhist,waktu SMK kls 2 agama buddhanya di ajarin guru agama aliran Maitreya...
dulunya setiap "Thiau Tang" mama gua hampir pergi setiap hari.. ampe di atas pintu rumah berlembar-lembar "Hu"(jimat) .
ketika suatu hari pergi ke rumah teman mama.. teman mama promosiin aliran maitreya (musuh Sol),n saya hampir di suruh Qiu Dao..tapi papa blg ga usah dulu,karena kakek termasuk Anti Maitreya..
nggak tau kenapa,mama pergi vihara Buddhayana sembahyang trus tuh beberapa hari kemudian kami di ajak tisarana.. waktu di tisarana saya cuman main2...karena ga tau apa2... setelah itu,rumah ga ada selembar pun jimat yg di tempel...
tp...sekarang gua mau bersungguh-sungguh belajar agama Buddha...biarpun di ejek sok alim pun...
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164