//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 78553 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #90 on: 30 December 2008, 01:19:02 PM »
walahh... mungkin dalam rangka pembukaan cabang baru :))

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #91 on: 31 December 2008, 12:00:07 AM »
Maaf kafedaun.com TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan restoran/ tempat makan dengan nama yang sama. Saya bukan yang mengeluti bisnis makanan. Saya tidak bisa masak cuma bisa makan  ;D
Saya adalah fotografer......  _/\_
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #92 on: 31 December 2008, 10:45:45 AM »
Makanan vegetarian yang menyerupai atau mirip atau memakai nama daging, itu digunakan dengan alasan untuk masa transisi. Tidak mudah orang yang sebelumnya makan daging tiba2 tidak makan daging. Butuh penyesuaian. Juga untuk membuat supaya orang -orang yang tidak vegetarian kehilangan selera makannya begitu melihat hanya sayur aja.....
Lalu hubungannya dengan cinta kasih. Hewan-hewan itu hingga sampai di meja makan dan piring kita, itu mengalami perjalanan yang sangat menyakitkan dan menakutkan bagi mereka (hewan). Dari dilahirkan sampai akhirnya putus nafas di pisau jagal sungguh menderita. Saya pernah melihat video tentang rumah jagal hewan, sungguh mengerikan. Hewan-hewan itu berakhir hidupnya dengan penuh penderitaan, masih tegakah kita menyatapnya? Demi 10 cm panjang lidah kita? Hanya untuk memuaskan nafsu makan kita? Bagaimana bisa " Semoga Semua Makhluk Berbahagia" jika kita masih memakan Makhluk ? Makhluk disini adalah makhluk yang memiliki kesadaran, makhluk yang bisa merasakan sakit. Ada yang bilang selama daging itu tidak dibunuh karena saya, gak apa-apa. Daging itu dibunuh untuk dijual karena permintaan "konsumen", nah kalo orang yang masih makan daging kan berarti masuk dalam "konsumen".

Salam, semoga bermanfaat


Go Veggie


Jinaraga yakin pasti bro kafedaun adalah seorang yg tidak memakai pakaian apapun di badannya. Alias BUGIL.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #93 on: 31 December 2008, 11:08:16 AM »
At kafedaun
vegetarian di masa krisis global termasuk cocok juga ya ?
biar bisa ngirit gitu
soalnya harga daging emang lagi melonjak tinggi

terus apa anda juga konsisten dalam menjalankan
anda pake sepatu, kadang juga terbuat dari campuran kulit hewan
tak mungkin anda 100% murni (pure) menjalankan

anda pikir dengan menjadi veg, anda bebas dari pembunuhan ?
tidak juga..
banyak pestisida yang disemprot untuk membuat sayur tetap segar
dengan dalih bebas dari hama
banyak tanah yang dicangkul untuk menanam sayur mayur
yang mana turut mengorbankan cacing2 tanah di lahan yang gembur pula
jadi proses ini juga saling kait mengait
kalau demikian adanya, anda juga turut serta terkait dengan itu
karena anda juga termasuk konsumen juga kan ? (dlm hal ini konsumen sayur)

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #94 on: 31 December 2008, 01:33:38 PM »
Makanan vegetarian yang menyerupai atau mirip atau memakai nama daging, itu digunakan dengan alasan untuk masa transisi. Tidak mudah orang yang sebelumnya makan daging tiba2 tidak makan daging. Butuh penyesuaian. Juga untuk membuat supaya orang -orang yang tidak vegetarian kehilangan selera makannya begitu melihat hanya sayur aja.....

Kalau orang yang sudah memiliki tekad kuat, masa transisi itu tidaklah memakan banyak waktu. Mungkin hanya sepersekian detik saja masa transisinya... Kalau sudah berkehendak menjalani hidup bervegetarian, atau bahkan sudah menjalaninya, namun masih ingin makan daging, itu artinya melekat... Atau mungkin bisa dikatakan munafik...  :)

Yang harus ditekan adalah nafsu manusia untuk mengkonsumsi daging dan olahan hewani lainnya. Manusia sekarang sudah semakin cerdas, dan hal ini terbukti dari kemjuan teknologinya. Namun ironis kemajuan teknologi malah lebih mendorong umat manusia pada kemerosotan moral. Berbagai jenis makanan lezat bisa disediakan dari sumber-sumber hewani. Dari sinilah makanya hewan ternak pun sekarang hidup hanya menjadi pemuas nafsu manusia.

Lalu bagaimana bila prinsip ini disubstitusikan ke tumbuhan? Tidak memerlukan waktu yang lama, tumbuhan pun akan menjadi alat pemuas nafsu umat manusia selanjutnya. Oleh karena itu, yang harus ditekan adalah nafsu umat manusia, bukannya dengan memberi solusi (wajib) untuk hidup bervegetarian.

Namun jangan salah artikan kalau saya menyetujui penganiayaan dan pembunuhan terhadap hewan...
« Last Edit: 31 December 2008, 01:35:14 PM by upasaka »

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #95 on: 31 December 2008, 01:40:22 PM »
 [at] lokkhi

dengan catatan yang dimakan itu beneran sayur,
karena makanan vege yg dibuat-buat itu malah jauh lebih mahal dari pada daging beneran
bahkan dengan banyak menambahkan bahan yang malah dapat merusak kesehatan

ironis sekali bila berkata ingin menghentikan pembunuhan
tapi makan daging buatan, bukankah sama saja dengan membohongi diri sendiri


Offline Love

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #96 on: 31 December 2008, 01:43:42 PM »
memangnya daging buatan itu terbuat dari apa sih?? ??

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #97 on: 31 December 2008, 01:45:56 PM »
memangnya daging buatan itu terbuat dari apa sih?? ??

katanya sih terbuat dari tepung....

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #98 on: 31 December 2008, 02:02:45 PM »
Ya, daging buatan dibuat dengan bahan dasar tepung terigu...
Cara membuatnya : terigu diberi air, lalu diulenin, lalu diberi tepung lagi, lalu diberi air lagi, lalu diulenin lagi, dan dilakukan berulang-kali sampai adonan menjadi kenyal. Dalam prosesnya juga ditambahkan perasa dan bahan kimia lainnya...

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #99 on: 31 December 2008, 02:03:31 PM »
memangnya daging buatan itu terbuat dari apa sih?? ??

katanya sih terbuat dari tepung....

bukannya sejenis 'gluten' gitu ?

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #100 on: 31 December 2008, 02:09:43 PM »
apakah berbahaya?

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #101 on: 31 December 2008, 02:11:38 PM »
apakah berbahaya?

Harus tanya BPOM dulu

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #102 on: 31 December 2008, 02:22:15 PM »
ya krn terbuat dari tepung namanya jadi gluten deh... ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #103 on: 31 December 2008, 02:25:15 PM »
makan terlalu banyak dan dalam jangka panjang akan menimbulkan penurunan resistensi tubuh disertai kemungkinan kanker.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #104 on: 31 December 2008, 02:27:05 PM »
at nyana

serius ? seram sekali bacanya