Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 47996 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #60 on: 17 May 2008, 02:16:06 PM »
benih/bibit buddha!!!! sbenarnya lihat dari makna bibit??? "yg akan menjadi" bibit buddha sama ja kox ma calon buddha!!! seperti presiden semua org punya bibit jadi presiden semua calon presiden!!! tgal bgaimana seseorang tuch mencapainya dengan cara2 yg mereka bisa lakukan misal... belajar, ikt politik,, atau lain sebagainya dech!! nda tau aku soal itu!! sama halnya dengan bibit buddha!!!! setiap org bisa jadi buddha tergantung pencapaiannya!!! seperti yg tlah di sarankan sang buddha.. yaitu dengan melaksanakan                      8jalan utama... yaitu dengan melenyapkan dukkha!! maka seseorg bisa menjadi buddha!!!
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #61 on: 17 May 2008, 02:38:42 PM »
Saddha_vinita05,

Quote
benih/bibit buddha!!!! sbenarnya lihat dari makna bibit??? "yg akan menjadi" bibit buddha sama ja kox ma calon buddha!!! seperti presiden semua org punya bibit jadi presiden semua calon presiden!!! tgal bgaimana seseorang tuch mencapainya dengan cara2 yg mereka bisa lakukan misal... belajar, ikt politik,, atau lain sebagainya dech!! nda tau aku soal itu!! sama halnya dengan bibit buddha!!!! setiap org bisa jadi buddha tergantung pencapaiannya!!! seperti yg tlah di sarankan sang buddha.. yaitu dengan melaksanakan                      8jalan utama... yaitu dengan melenyapkan dukkha!! maka seseorg bisa menjadi buddha!!!

hm... semangat sekali nona satu ini, tanda bacanya sampai ke mana2.  :) Saya kasih contoh,

SEMUA ORANG BISA jadi dokter dengan menjalani langkah-langkah tertentu, dari menyelesaikan pendidikan & praktek.
Apakah dengan begitu, bisa dibilang semua orang adalah "calon dokter"?




Quote
mengenai vegetarian?Huh? ini cma sebagai simbol dari penerapan cinta kasih kpada smua mhkluk hdup!!!!
Kalo makan makanan vegetarian yang dibuat seperti rasa daging, itu simbol dari apa?

Quote
vegetarian dapat menghindari diri dari yg namanya pembunuhn terhadap hewan2,, bahkan manusia!!!
Kalo orang berburu buat kesenangan juga blom tentu makan daging. Kok demen bunuh2in hewan?  ;D
Adolf Hitler pun Vegetarian, tapi lihat kelakuannya terhadap orang2 Yahudi.


Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #62 on: 17 May 2008, 03:31:35 PM »
hm... semangat sekali nona satu ini, tanda bacanya sampai ke mana2.  Smiley Saya kasih contoh,

SEMUA ORANG BISA jadi dokter dengan menjalani langkah-langkah tertentu, dari menyelesaikan pendidikan & praktek.
Apakah dengan begitu, bisa dibilang semua orang adalah "calon dokter"?


setiap org adalah calon!!! entah itu calon dokter,calon guru,calon presiden,calon apa aja!!! semua tergantung personal masing2 mau diarahkan kmana dirinya!!!! baru calon lho.. berarti belum 'menjadi' tapi yg akan menjadi' saya,, kamu semua adalah calon.. mungkin calon jutawan, calon presiden,calon dokter,calon suami, calon istri hehehehe.... so just make it simple ok!!!!

 to Kainyn_Kutho
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #63 on: 17 May 2008, 03:45:03 PM »
mengenai vegetarian?Huh? ini cma sebagai simbol dari penerapan cinta kasih kpada smua mhkluk hdup!!!!

Kalo makan makanan vegetarian yang dibuat seperti rasa daging, itu simbol dari apa?

makanan vegetarian yg terbuat seperti rasa daging????? maksudnya????????????????
yg pasti ininya vegetarian bukan sekedar gax makan daging trus jadi suci.... nda ngaruh.. tpi bgmana seseorang menerapkan cinta kasih kepada makhkluk hdup untuk gax dibunuh buat dicincang2 jadi daging cincang!!!! kita bisa menerapkan vegetarian bukan untuk suci atau jdi org yg baik percuma klo dah vegetarian tpi da nyamuk langsung di"kill" atau ada semut diinjek2 sengaja... sama ja boong!!!

to Kainyn_Kutho

hehehehehe
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #64 on: 17 May 2008, 03:50:55 PM »
vegetarian dapat menghindari diri dari yg namanya pembunuhn terhadap hewan2,, bahkan manusia!!!
Kalo orang berburu buat kesenangan juga blom tentu makan daging. Kok demen bunuh2in hewan?  Grin
Adolf Hitler pun Vegetarian, tapi lihat kelakuannya terhadap orang2 Yahudi.


seperti yg tdi saya cba jlasin bahwa inti dari vegetarian adalah menghindari yg namanya pembunuhan, atau penerapan cinta kasih.. ada org yg vegetarian mungkin untuk ksehatan, bisa jga karena dia gax suka dengan daging, dll... jadi mank bner klo org vegetarian belum tentu dia selalu berbuat baik!!!!! intinya kan vegetarian dalam buddhis yach yg aku tau kayak gtu.... jadi kadang org mensalah artikan dari vegetarian hingga maknanya jadi gax jlas...
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #65 on: 17 May 2008, 03:52:07 PM »
Adolf Hitler pun Vegetarian, tapi lihat kelakuannya terhadap orang2 Yahudi.

kita ga tau apa yang ada dipikiran Adolf Hitler

cinta kasih dan kebijaksanaan seharusnya berjalan bersama-sama
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #66 on: 17 May 2008, 04:01:00 PM »
hm... semangat sekali nona satu ini, tanda bacanya sampai ke mana2.  Smiley Saya kasih contoh,

SEMUA ORANG BISA jadi dokter dengan menjalani langkah-langkah tertentu, dari menyelesaikan pendidikan & praktek.
Apakah dengan begitu, bisa dibilang semua orang adalah "calon dokter"?



calon istri hehehehe.... so just make it simple ok!!!!

 to Kainyn_Kutho


Ehem.... Bro Kainyn kayaknya....  :yes:  <:-P

pembicaraan rupanya mulai mengarah2 nih...  

gw orang cabut dulu ya... :jempol: goodluck!



::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #67 on: 17 May 2008, 04:22:39 PM »
vegetarian dapat menghindari diri dari yg namanya pembunuhn terhadap hewan2,, bahkan manusia!!!
Kalo orang berburu buat kesenangan juga blom tentu makan daging. Kok demen bunuh2in hewan?  Grin
Adolf Hitler pun Vegetarian, tapi lihat kelakuannya terhadap orang2 Yahudi.


seperti yg tdi saya cba jlasin bahwa inti dari vegetarian adalah menghindari yg namanya pembunuhan, atau penerapan cinta kasih.. ada org yg vegetarian mungkin untuk ksehatan, bisa jga karena dia gax suka dengan daging, dll... jadi mank bner klo org vegetarian belum tentu dia selalu berbuat baik!!!!! intinya kan vegetarian dalam buddhis yach yg aku tau kayak gtu.... jadi kadang org mensalah artikan dari vegetarian hingga maknanya jadi gax jlas...

Tiba2 jd puyeng karena membaca tulisan "vegetarian adalah menghindari yg namanya pembunuhan, atau penerapan cinta kasih."

Baju dan celana yg dipake itu juga dari hasil pembunuhan. Ayo...bugil aja :))

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #68 on: 18 May 2008, 01:43:34 PM »
Kita semua setuju kalo vegetarian tidak membuat orang menjadi suci, jadi udh kaga ush dibahas... 8)

Mungkin salah satu alasan kenapa orang mengambil pola hidup vegetarian ialah untuk menghindari pembunuhan makhluk hidup secara langsung.Krn kalo kita makan daging kan pasti hewannya dibunuh dulu, kaga mungkin juga kita makan daging hewan yang sudah jadi bangkai sebelumnya...

Sebenernya, alasan untuk vegetarian pun ada banyak, tergantung dari persepsi orang dan pemahaman masing2 juga sih..Saya pernah denger komentar dari seorang teman non Buddhis yang memang dari kecil tidak suka makan daging, tidak tahu kenapa, klo lihat daging rasanya selalu mau muntah.

Saya sendiri lebih suka praktek vegetarian sebagai objek pelatihan diri, saya sendiri kadang2 suka nyoba vegetarian sehari ato beberapa hari.Nah, pada masa "menahan diri" tersebut, saya jadi lebih mudah "menyadari" gejolak2 napsu kalo lihat daging =P~ , selain itu, pas lagi vege juga proses "menyadari" tersebut meluas menjadi lebih menyadari gejolak2 batin yang lain, seperti pas lagi senang, sedih, kesal, dll..
Mungkin karena niat awal saya memank untuk pelatihan diri, ya itu lha yang saya peroleh, kasusnya bebeda dengan orang lain..
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #69 on: 19 May 2008, 08:40:54 AM »
Saddha_vinita05,

Quote
seperti yg tdi saya cba jlasin bahwa inti dari vegetarian adalah menghindari yg namanya pembunuhan, atau penerapan cinta kasih..
Kalo saya berusaha menjelaskan bahwa pola makan tidak berhubungan dengan pembunuhan (kecuali emang kita sengaja membunuh untuk makan hewan tersebut). Pola makan juga tidak berhubungan dengan cinta kasih, karena dalam memakan, kita melakukannya untuk menyambung hidup. Kekotoran bathin yang berhubungan dengan makan-memakan adalah kerakusan dan kemelekatan pada citarasa makanan itu sendiri.




Yong_Cheng,

Quote
cinta kasih dan kebijaksanaan seharusnya berjalan bersama-sama
Hanya untuk menunjukkan bahwa cinta kasih dan kebijaksanaan tidak selalu selaras dengan apa yang terlihat.



willibordus,

Quote
Ehem.... Bro Kainyn kayaknya....  Yes  Party

pembicaraan rupanya mulai mengarah2 nih... 

gw orang cabut dulu ya... Jempol goodluck!

Walah, ini apa nih maksudnya!?!?  :)





Jinaraga,

Quote
Tiba2 jd puyeng karena membaca tulisan "vegetarian adalah menghindari yg namanya pembunuhan, atau penerapan cinta kasih."

Baju dan celana yg dipake itu juga dari hasil pembunuhan. Ayo...bugil aja

Ya, betul sekali! maka emang tidak ada hubungannya. Bahkan pake AC juga nyumbang Global Warming kok, yang otomatis bunuh sangat sangat banyak mahluk hidup. Pake listrik juga memperbanyak pembakaran, jadi ayo semua kembali ke Djaman Batoe!!  ;D



Edward,

Memang kita setuju makanan ga ada hubungannya dengan suci ga suci. Tapi rasanya ga semua setuju makanan itu ga berhubungan dengan niat bunuh membunuh.


Quote
pada masa "menahan diri" tersebut, saya jadi lebih mudah "menyadari" gejolak2 napsu kalo lihat daging
Ini sih kemungkinan karena emang anda suka makan daging, bukan karena daging itu sendiri  :)

Quote
selain itu, pas lagi vege juga proses "menyadari" tersebut meluas menjadi lebih menyadari gejolak2 batin yang lain, seperti pas lagi senang, sedih, kesal, dll..
Nah, anda sendiri katakan bahwa kalo lagi vege, kesadaran meluas. Berarti ada 'efek' donk?! Sedangkan kalo menurut saya, itu tidak efek. Kalo soal tahan menahan diri dan mengembangkan kesadaran, mungkin orang yang suka makan sayur justru harus puasa sayur dan makan daging.  ;D



Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #70 on: 19 May 2008, 09:02:59 AM »
Kata Gus Dur.....makan aja kok repoooot.

Buat yang suka konsep vegetarian sebagai praktek cinta kasih ya monggo aja toh bukankah ini perbuatan 'baik' dan sebaiknya orang vegetarian tidak menjadi-jadi dengan mengutuk orang non vegetarian atau membuat permusuhan dengan sengaja menarik-narik orang untuk percaya vegetarian membuat orang masuk surga.hal ini akan menghalangi praktik vegetarian /cinta kasih anda.

Buat saya,pertanyaan vege atau makan daging sebenarnya pertama kali diselewengkan oleh orang vegetarian itu sendiri sehingga miskonsepsi terjadi diantara orang yang makan biasanya , dan ini mentrigger kekesalan dari orang non-vege terhadap orang vege yang kadang merasa dirinya sok suci dan merasa orang diluar dari dia adalah jahat.

Orang vege kalo tidak menjaga pikiran,perbuatan dan ucapan juga akan tercela oleh tindakannya sendiri.

Buat saya,makan sewajarnya hanya untuk menjaga tubuh ini bisa terus hidup mempraktikkan Dhamma adalah sebuah berkah. makan aja kok repot dan milih-milih, bukankah kita mau mengurangi kemelekatan malah melekat akan vegetarian itu sendiri.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 773
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #71 on: 19 May 2008, 09:13:52 AM »
Hidup ini udah susah nak.... makan aja udah susah, kok mesti bermusuhan ama makanan lagi seh??
Ckckckckckkk...... nasib... nasib.....
Salah ato tidaknya, hanya yg diatas yang tahu....
^:)^

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #72 on: 19 May 2008, 09:15:03 AM »
nyanadhana,

Quote
Buat saya,makan sewajarnya hanya untuk menjaga tubuh ini bisa terus hidup mempraktikkan Dhamma adalah sebuah berkah. makan aja kok repot dan milih-milih, bukankah kita mau mengurangi kemelekatan malah melekat akan vegetarian itu sendiri.

 ;D Setuju! Praktek vegetarianisme sebetulnya bagus dan relatif lebih sehat. Namun kalo dikatakan itu adalah "mengurangi pembunuhan" ataupun "bagian dari praktek cinta kasih", menurut saya adalah berlebihan. Pembunuhan adalah pembunuhan, makan adalah makan. Demikian pula cinta kasih adalah cinta kasih, tidak ada hubungannya dengan makan.  :)





Umat Awam,

Quote
Salah ato tidaknya, hanya yg diatas yang tahu....
Siapa yang "di atas" ???;D

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 773
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #73 on: 19 May 2008, 09:17:57 AM »
Umat Awam,

Quote
Salah ato tidaknya, hanya yg diatas yang tahu....
Siapa yang "di atas" ???;D

Siapa yang DIATAS ?? ;D
Hanya DIA yang Tahu... :))
^:)^

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #74 on: 19 May 2008, 09:22:36 AM »
Ya udh, klo gtu siapa yang mo traktir makan neh??Ngomongin soal makanan jadi lapar nieh...Duh napsu....
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."