//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik  (Read 19111 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #45 on: 25 September 2008, 11:24:25 AM »
JAKARTA, RABU - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta masyarakat tidak mengonsumsi produk dengan merek  di bawah ini, sebelum ada penjelasan tentang hasil pengujian dari BPOM.

Berikut daftar produk makanan mengandung susu asal China yang terdaftar di(BPOM):

1.Jinwei Yougoo, susu fermentasi, nomor registrasi ML 206509001378
2.Jinwei Yougoo, susu fermentasi, nomor registrasi ML 206509002378
3. Jinwei Yougoo, susu fermentasi, nomor registrasi ML 206509003378
4. Guozhen, susu bubuk full cream, nomor registrasi ML 805309001478
5.Meiji Indoeskrim Gold Monas, es krim, nomor registrasi ML 305509001116
6.Meiji Indoeskrim Gold Monas, es krim, nomor registrasi ML 305509002116
7. Oreo, stick wafer, nomor registrasi ML 227109001450
8. Oreo, stick wafer, nomor registrasi ML 827109001450
9. Oreo, chocolate sandwich cookie, nomor registrasi ML 227109001552
10. M&M’s, kembang gula, nomor registrasi ML 237409005385
11. M&M’s, kembang gula, nomor registrasi ML 237409002385
12. Snickers, biskuit, nomor registrasi ML 227109009385
13. Dove Choc, kembang gula, nomor registrasi ML 237409001385
14. Dove Choc, kembang gula, nomor registrasi ML 237409003385
15. Dove Choc, kembang gula, nomor registrasi ML 237409004385
16. Merry X-Mas, kembang gula, nomor registrasi ML 238409003311
17. Penguin, kembang gula, nomor registrasi ML 238409005311
18. Nestle Nesvita Materna, makanan ibu hamil dan ibu menyusui, nomor registrasi ML 862109001322
19. Nestle Milkmaid, selai susu, nomor registrasi ML 234709002206
   
Namun produk dengan merek yang sama yang diproduksi di dalam negeri dengan kode nomor registrasi MD tetap boleh beredar dan dikonsumsi.

Selain mengeluarkan keterangan tentang merek produk China yang terdaftar, BPOM juga mengumumkan produk China mengandung melamin yang diumumkan oleh Agri-Food and Veterinary Authority (AVA) Singapura.
   
Ketigabelas produk tersebut adalah:
1. Natural Choice, Yoghurt Flavoured Ice Bar With Real Fruit
2. Yili Bean Club, Matcha Red Bean Ice Bar
3. Yili Bean Club, Red Bean Ice Bar
4. Yili Prestige Chocliz, Dark Chocolate Bar
5. Yili Super Bean, Red Bean Chestnut Ice Bar
6. Nestle Dairy Farm, susu UHT
7. Yili High Calcium, susu rendah lemak
8. Yili High Calcium, susu
9. Yili 250 ml, Pure Milk
10. Yili 1 liter, Pure Milk
11. Dutch Lady, Strawberry Flavoured Milk (Ex.Cina, Hongkong, Singapura)
12. White Rabbit, kembang gula
13. Yili Choice, Dairy Frozen Yoghurt Bar With Real Peach and Pineapple Fruit Pieces.

Kompas.


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline meichen

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 171
  • Reputasi: 4
  • Gender: Female
  • mencari jati diri
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #46 on: 25 September 2008, 04:06:44 PM »

Perlu Diketahui untuk Teman-teman "Isi sama Baju Beda"

Betul tuhh, dulu pengalaman beli susu bayi kode produksi di kardus beda dgn dalamnya, trus susunya berbusa, pas diminumin ke bayinya dia muntah2, untung ga napa2 tuh.
« Last Edit: 25 September 2008, 04:10:28 PM by meichen »

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #47 on: 25 September 2008, 04:09:07 PM »
Tolong Kepada Pada Teman-Teman janganlah mencoba hal yang bahaya, Ingat "Isi Sama Tapi Baju Beda" Saya sendiri telah melihat selama 5 tahun ini kecurangan yang terjadi di pasaran. semoga bermanfaat _/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #48 on: 26 September 2008, 07:29:33 AM »

Perlu Diketahui untuk Teman-teman "Isi sama Baju Beda"

Betul tuhh, dulu pengalaman beli susu bayi kode produksi di kardus beda dgn dalamnya, trus susunya berbusa, pas diminumin ke bayinya dia muntah2, untung ga napa2 tuh.
Ini biasanya permainan orang2 seh.. kardus yang berbeda dengan kode produksi dan expired date.
Mengenai Isi Sama tapi Baju Beda, kalau misal ganti kemasan sekunder sih bisa.. tapi jika ganti kemasan primer agak sulit.. karena harus kembali melakukan registrasi ke BPOM dll.
Jadi untuk kasus Meichen bisa jadi perhatian kita semua, teliti barang sebelum membeli, cek expired date agar tidak terjadi hal2 yang dapat merugikan konsumen.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #49 on: 26 September 2008, 07:33:20 AM »
food grade :-? maksudnya? sory agak lelet ;D

Kalo melamin gak mengikuti standar buat tempat makan, takutnya kalau kena panas keluar formalin (kasus heboh beberapa bulan yang lalu).
Food grade itu suatu ketentuan yang harus dipenuhi oleh semua bahan yang digunakan dalam proses produksi makanan baik yang langsung berkontak dengan makanan atau pun yang tidak langsung.
Contoh : untuk menerapkan standar HACCP di perusahaan tempat saya bekerja dulu, oli pelumas mesin juga menggunakan standar food grade. Jadi tidak hanya bahan2 makanan saja.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #50 on: 26 September 2008, 07:49:00 AM »
Melamin itu apa ya?
Melamin itu seperti yang sudah diuraikan adalah berupa zat organik dengan rumus kimia C3H6N6. Yang biasanya digunakan bersama formalin untuk menghasilkan resin. Selain itu melamin biasa juga digunakan sebagai polimer.

Melamin ini dilihat dari rumus kimiannya terdapat unsur Nitrogen yang cukup besar. Dan sini saya akan sedikit menjelaskan mengapa bisa sampai digunakan sebagai "protein".

Protein itu sendiri tersusun dari asam-asam amino. Ciri khas dari asam amino, dari namanya saja yang berbau amine, kita bisa mengetahui bahwa terdapat gugus amine di dalamnya. Dan ciri khas dari gugus amine adalah mengandung unsur Nitrogen. Oleh karena itu, protein memiliki ciri khas yang serupa dengan Melamine yaitu memiliki unsur N.

Dugaan saya mengapa kasus ini bisa sampai terjadi, karena penggunaan teknik penetapan kadar secara kuantitatif Nitrogen yang dianggap sebagai penetapan kadar protein secara kuantitatif (karena ciri khas protein tadi).

Jadi jumlah kadar Nitrogen yang diperoleh dari hasil penetapan kadar Nitrogen (baik itu dari protein susu, atau pun dari melamine, atau pun bahan2 lain) dikalkulasikan dengan rumus kimia protein dan diperoleh nilai perhitungan yang cepat berapa kadar protein yang ada dalam suatu bahan.
Biasanya digunakan penetapan kadar dengan menggunakan metoda Kjeldahl

Semoga bermanfaat
« Last Edit: 26 September 2008, 07:51:28 AM by FoxRockman »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #51 on: 26 September 2008, 09:00:38 AM »

Perlu Diketahui untuk Teman-teman "Isi sama Baju Beda"

Betul tuhh, dulu pengalaman beli susu bayi kode produksi di kardus beda dgn dalamnya, trus susunya berbusa, pas diminumin ke bayinya dia muntah2, untung ga napa2 tuh.
Ini biasanya permainan orang2 seh.. kardus yang berbeda dengan kode produksi dan expired date.
Mengenai Isi Sama tapi Baju Beda, kalau misal ganti kemasan sekunder sih bisa.. tapi jika ganti kemasan primer agak sulit.. karena harus kembali melakukan registrasi ke BPOM dll.
Jadi untuk kasus Meichen bisa jadi perhatian kita semua, teliti barang sebelum membeli, cek expired date agar tidak terjadi hal2 yang dapat merugikan konsumen.

memang sulit keliatan tapi mereka bisa loh, beberapa waktu yang lalu saya pernah masuk ke 1 toko pelanggang disana mereka ubah baju lokal ke import ;D and paling mudah saja, goni isi beras merk nya :jempol: tapi isinya :D
Smile Forever :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #52 on: 26 September 2008, 09:33:55 AM »
Kalau untuk goni mungkin bisa ya.. karena biasa yang dimasukkan ke goni adalah barang2 yang tidak perlu steril pengemasannya. Dan goni harga relatif murah dan pengerjaan juga gampang.. Tetapi yang perlu steril pengemasannya biasanya kemasan primernya sulit diubah, contohnya seperti produk2 yang menggunakan canning atau pun kemasan kotak seperti dari TetraPack kayak TBA dan TF mungkin sangat sulit dilakukan karena mesinnya saja sangat mahal. 

Tapi ada juga beberapa oknum nakal bisa saja mengubah expired date dari kemasan primer.. Jadi juga perlu diwaspadai.. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline huihui

  • Sebelumnya parahita
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.278
  • Reputasi: 109
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #53 on: 26 September 2008, 09:44:42 AM »
Bahaya Melamin...

1. mempengaruhi memperlancar pencernaan
2. Merusak organ-organ tubuh (jantung, paru-paru, hati, mata, telinga sampai kematian)

yah buat teman teman yang mau konfirmasi ke BPOM tentang Makanan Makanan mengandung melamin ini, hubungin aja Layanan Konsumen BPOM di 021-4263333

mudah mudah membantu dan bermanfaat....  _/\_

nb : tadi pagi nonton TV one "apa kabar Indonesia" bahas tentang makanan berbahaya itu, so semoga bermanfaat  _/\_ ... habis itu ada doremon di RCTI  ^-^ Doremon dan 3 Pendekar Fantasi   ;D hee...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #54 on: 26 September 2008, 10:54:49 AM »
Nice info..

Tambahan : Efek dari Melamine juga bisa mengakibatkan kerusakan dalam sistem reproduksi, dan menyerang sistem ekskresi ginjal di mana melamin dapat menyebabkan batu ginjal, dan berperan dalam pencetusan bladder cancer juga.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.435
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #55 on: 26 September 2008, 03:29:48 PM »
emangnya batu ginjal beda dengan bladder cancer ya?
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #56 on: 26 September 2008, 05:13:44 PM »
emangnya batu ginjal beda dengan bladder cancer ya?
beda.. biasanya batu ginjal dulu.. baru bladder cancer..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lienfang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #57 on: 26 September 2008, 08:08:08 PM »
 :o
hooooohh......
ada kayak gini yaaa...
padahal anak pangan nih aq... hehe.. tapi ga ngerti ada gini an... ketinggalan infooo.... hahaha... baru ni pulang rumah baca koran...
habis, di kos ga ada koran.... tipi nya burem", jadi males...
jadi ketinggalan berita dehh... maklum... hehe..
iya ni.. kalo buat bayi, bahaya banget yaaa?
bayi kan tiap brapa jam sekali harus minum tu susu... pasti kena di ginjal nya dong...... kalo orang dewasa, kan ga sesering bayi ngonsumsi nya... jadi mgkn masi gapapa ginjal nyaa.... kayak dlu heboh" bakso borax... ikan formalin...
kata dosenqu sih, aq lom gitu tau, maklum, masi MaBa..baru belajar dasar"nya aja... cuman kata dosenqu, orang isa keracunan ikan berformalin gitu, kalo orang itu mengkonsumsi (misalnya teri medan) 120 kg teri medan dalam seminggu... coba bayangin, mana ada orang makan teri sebanyak itu dalam seminggu?? hehe... jadi aslinya kalo banyak minum aer... makan nya dalam batas wajar, gapapa aja sih... jangan tiap hari aja.... kalo ada kayak gitu tu, yang kasian tu yang jualan ikan nya... jadi ga laku..... padahal kan kalo dikonsumsi dalam batas yang wajar juga gapapa... bakso borax juga... aq lupa, dosen nya bilang, dalam seminggu makan brapa kg bakso baru orang e isa keracunan... pokok nya ga mgkn banget 1 orang makan dalam jumlah sebanyak itu 1 minggu nya... jd kan kasian yang jualan bakso... hehehe.... tp aq tetep makan bakso sih pas heboh borax tu... enak banget siiihhh... hehe.. aduh.. maap.. malah jadi OOT..
tapi laen kalo susu ni... kalo buat bayi mah bahaya banget nihh..... la wong diminum terus koq tiap hari... sehari brapa banyak minum nyaaa...
wahhh.... parah ni cina.....
padahal permen rabbit, enak banget tuhhh.... uhhh... mama jadi ga mau beli in lagi..... huaaa.................
parahhh.. parahhh............................... cina kalo mau ngurangin kepadatan penduduknya, jgn gini ah caranya... tak elok... tak elok.... hahaha... juz kidding...
ck, ck... mikir apa ya yang masukin melamin dalem susu bayi..
bayi ga tau apa" gitu..... tega banget ihh.............

Offline lienfang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #58 on: 26 September 2008, 08:33:53 PM »
hehe... barusan liat jam ngereply qu... keren ih... 08:08:08.. hoho... hehehe...
o ya, ni baru baca nihh...

The Tolerable Daily Intake (TDI) of melamine as established by the US Food and
Drug Administration (FDA) is 0.63 mg/kg body weight. This means that an adult
weighing 60 kg or a child weighing 30 kg can ingest 37.8 mg of melamine and 18.9 mg
of melamine respectively every day over a lifetime without any appreciable health risk.

jadi gapapa nih.. selama ga berlebihan... boleh maem permen kelinci...
tadi aq baca sih.. kalo sehari ga makan mpe 47 biji tu permen... ga masalah... hohoho... aseekk....
tapi kalo buat bayi, tetep jadi masalah.... bayi kan minum susu per hari nya banyak, lebih banyak dari batas melamin dari FDA yang boleh dikonsumsi oleh bayi...  hmmm..... harus cepet diatasin ni masalah....
gila aja.. hehehe.... kasian tu bayi" nya.....

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [INFO] 28 Produk Makanan Berbahan Melamin Ditarik
« Reply #59 on: 26 September 2008, 08:36:20 PM »
ngomong2x piring dari melamin sering tuh yg "made in china" yg kualitas murah dan bukan "Food Grade".
Bahaya juga. masalahnya sering dipakai diluaran (baca: tempat makan)
There is no place like 127.0.0.1

 

anything