Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?  (Read 30549 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.388
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #30 on: 10 September 2008, 07:49:18 PM »
kalo masih belon diapa2xin sih kurang asik. biasanya dikasih sirop dan es. jadinya asin manis gimana gituh...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #31 on: 10 September 2008, 11:30:44 PM »
oh iya .. ci Lily lom share
apa manfaat air kelapa ijo bagi wanita hamil?
apa benar ci ... jika melahirkan jadi lebih mudah? trus anaknya lebih putih? (kalo anaknya nergo, gimana  ;D)
kyknya ini kepercayaan masyarakat kita yaak?
bagi wanita hamil, menanam sugesti minum air kelapa ijo agar lbh mudah melahirkan, itu Baik  :)

Btw .... ci Lily mao titip kelapa ijo? ... aye udah ahli lohh, mana kelapa ijo mana kelapa biasa  ;D

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #32 on: 11 September 2008, 12:26:31 PM »
apa manfaat air kelapa ijo bagi wanita hamil?

Tidak panas dalam, menghilangkan dahaga.

apa benar ci ... jika melahirkan jadi lebih mudah?

MITOS.
Kalo minyak kelapa....mungkin (ya/tidak) bisa.

trus anaknya lebih putih?
MITOS
Waktu saya hamil...sy sering makan kelapa...tapi anak saya lahir itam juga dan sampai skrg tetap itam, bahkan warna kulit saya lebih putih daripada kulit anak saya.

kyknya ini kepercayaan masyarakat kita yaak?
Yaah...kepercayaan aja... turun temurun... ;D

Btw .... ci Lily mao titip kelapa ijo? ... aye udah ahli lohh, mana kelapa ijo mana kelapa biasa

Tiap hari ada tukang kelapa yang jual kelapa dengan sepedanya yang lewat depan rumah saya. harganya juga tidak mahal hanya  [at] Rp. 3.000,- doang berikut potong lho... ;D

_/\_ :lotus:

 
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #33 on: 26 September 2008, 01:42:35 AM »
ada tambahan .... biar komplit  :)

YANG orang tahu tentang air kelapa muda adalah bahwa air kelapa muda bisa memuaskan dahaga orang. Membuat orang segar kembali setelah kehausan dan kelelahan. Tapi selanjutnya tak hanya sebatas itu. Air kelapa muda malah punya banyak kandungan berharga untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja kandungannya? Apa saja manfaatnya?

Menurut dr Inayah Budiasti S,MS SpGK, spesialis gizi dari Hang Lekiu Medical Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pohon kelapa termasuk pohon yang serbaguna. Buah dan airnya bisa dikonsumsi, daunnya bisa dibuat hiasan janur atau sebagai kulit ketupat. Orang pedesaan biasa menggunakan batang pohon kelapa sebagai jembatan. Setelah buah dan airnya dikonsumsi, batoknya dapat digunakan sebagai arang pembakar. Sari buahnya diolah menjadi minyak.

Buah kelapa memiliki berbagai khasiat, antara lain, mengobati berbagai macam penyakit. "Air kelapa baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat membuat kulit jabang bayi menjadi putih dan bersih," terang dr Inayah. Selain itu, air kelapa juga bisa dibuat sebagai nata de coco dan kecap. Nata de coco dapat dikonsumsi sebagai minuman segar dengan campuran koktail, es buah, maupun pengganti kolang-kaling. Dan air kelapa yang sama ini bisa dibuat kecap dengan cara mencampurkannya dengan kedelai, gula merah, bawang putih, kemiri, daun salam, lengkuas, kluwak, dan natrium benzoat.

Ada kandungan mikro dan makro dalam air kelapa. Unsur makro yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi. Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut, antara lain, kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S). Kandungan mineral dalam air kelapa dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Tak heran, setelah orang minum air kelapa muda, tubuhnya kembali segar.

Air kelapa juga mengandung banyak vitamin, antara lain, vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7-2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian, air kelapa dijadikan bahan baku produk pangan. "Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran dan cuka," imbuhnya.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #34 on: 07 October 2009, 12:27:54 AM »
Manfaat air kelapa


-Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

-Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

-Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Diantaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

-Mencuci muka dengan air kelapa secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

-Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan menghilangkan akibat buruk gairah seksual berlebih.

-Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

-Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

-Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #35 on: 07 October 2009, 09:06:25 AM »
kalau mau mulus kulit bayi mulus minum air susu kedelai......itu sudah terbukti loh
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #36 on: 07 October 2009, 10:47:00 AM »
^
^

ada pro kontra seh.. tapi bagaimana pun juga kalau bisa ASI ya ASI
ada penelitian yang mengatakan air susu kedelai bisa menyebabkan penurunan sistem imunitas..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ajan

  • Teman
  • **
  • Posts: 71
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #37 on: 07 October 2009, 11:56:16 AM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #38 on: 07 October 2009, 09:37:40 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.
Kakakaka  ;D ......
ya , iyalah ..... bpk-emaknya negro masa bayinya bule
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline deasy

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 8
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #39 on: 14 October 2009, 06:37:08 PM »
air kelapa muda juga bisa untuk infus gak??
kalo bisa kenapa dan gimana prosesnya??

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #40 on: 14 October 2009, 11:04:21 PM »
^
^
waduuh, belom pernah denger tuch air kelapa bisa utk infus?  ::)

coba ntra tanya bro Forte ..... mungkin ada penjelasannya
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #41 on: 14 October 2009, 11:05:57 PM »
beli aja glukosa iv, lebih murah daripada komplikasi infeksi pake air kelapa
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #42 on: 15 October 2009, 09:19:41 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.

tah si Michael jakson itu bukti apa? toh bisa berubah warna dari hitam jadi putih