Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Warna Pup Bayi Anda Berubah-ubah? Jangan Panik!  (Read 7072 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Warna Pup Bayi Anda Berubah-ubah? Jangan Panik!
« on: 04 October 2009, 07:04:51 AM »
KOMPAS.com - SELAMAT untuk para ibu yang memiliki bayi, karena kehadiran si kecil yang merupakan sosok baru bisa memeriahkan keluarga anda.

Untuk ibu yang sudah memiliki dua anak atau lebih, mungkin sudah tidak bingung menghadapi perubahan warna pup pada bayi anda. Tapi bagaimana dengan para ibu baru?

Mungkin masih ada kecanggungan dan kebingungan menghadapi si kecil satu ini, apalagi jika warna pupnya berubah-ubah. Apakah ini merupakan suatu kelainan? Apakah susunya basi? Kenapa pupnya berwarna hijau?

Jangan panik, tenangkan diri anda! Mari kita bahas bersama supaya anda lebih tahu mengenai bayi anda.

1. Sebenarnya bagaimana pup bayi pada umumnya?
Pup atau feses pertama pada bayi yang disebabkan oleh pergerakan ususnya yang pertama kali disebut "mekonium". Bentuknya akan terlihat seperti cairan kental dan lengket berwarna hijau kehitaman.

Setelah satu atau beberapa kali keluar, biasanya perlahan-lahan warna yang keluar tidak lagi seperti itu. Ketahuilah bahwa meski warnanya seperti itu, cairan kental ini tidak bau!--sekadar iseng, saya pernah mencium baunya untuk membuktikannya karena penasaran dengan teori yang bilang pupnya tidak bau!

2. Apa yang bayi makan = keluar juga seperti itu
Sebagai seorang ibu, tentu anda tahu, bahwa sang bayi meminum susu entah itu ASI ataupun susu formula. Saat susu itu berada di lambung bayi, maka akan terkena oleh asam lambung dan terbawa hingga ke usus halus.

Di sana akan terjadi penyerapan elemen nutrisi yang diperlukan tubuh dan sisanya seperti serat akan terbawa hingga ke usus besar dan tidak terserap sepenuhnya. Sepanjang saluran pencernaan, pup akan membawa berbagai macam variasi makanan yang ada di dalamnya, entah itu jus, bakteri, cairan lainnya, dan akan terlihat dampaknya pada pup si bayi dan juga baunya.

3. Efek dari Air Susu Ibu (ASI) vs Susu Formula
Idealnya, apa yang dimakan akan membuat perbedaan pada hasil akhir. ASI cenderung lebih diserap hampir seluruhnya dan bahkan kadangkala hanya sedikit sisa yang keluar, sehingga mungkin saja bayi tidak pup untuk beberapa hari. Akan tetapi banyak juga bayi yang mengeluarkan pup berwarna "kekuningan" setiap kali diberi ASI, setidaknya
mungkin pada beberapa kali pemberian.

Sedangkan pada bayi yang diberikan susu formula, mereka cenderung mempunyai pup yang berwarna agak gelap. Yang harus diingat adalah, bahwa setiap bayi itu berbeda dan ada banyak variasi pup yang normal.

4. Tip kecil untuk para orangtua
Jangan takut jika pup si kecil berubah-ubah, karena pergerakan saluran cernanya. Ini sangatlah normal pada bayi. pupnya akan berubah seiring dengan apa yang dimakannya dan dengan semakin berkembangnya si kecil diiringi pertumbuhan bakteri normal usus.

Sangatlah jarang bahwa perubahan warna pup menandakan adanya masalah pencernaan. Biasanya warna yang keluar menandakan ada banyak atau sedikitnya pigmen kekuningan, hijau, coklat, oranye yang diserap sepanjang saluran pencernaan.

5. Kapan saatnya untuk khawatir?
Anda boleh khawatir terhadap si bayi jika mendapatkan pupnya berwarna putih pucat untuk beberapa saat, karena bisa saja ini merupakan tanda adanya gangguan dari liver. Jika warna pup berubah menjadi hitam seperti ter, bisa saja mengarah adanya perdarahan saluran cerna bagian atas di mana darah sudah berubah menjadi warna hitam seiring pup berjalan sepanjang saluran cerna menuju ke bawah.

Jika warnanya berubah menjadi warna merah darah, mungkin saja ada perdarahan dekat saluran anus. Akan tetapi perhatikan juga bahwa warna merah bisa saja karena pengaruh obat dan pewarna makanan. Segera kontak dokter anak anda jika itu terjadi, karena mereka bisa memberitahu anda apakah benar ada darah di dalam pup si kecil.

Oleh dr. Intan Airlina Febiliawanti

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Warna Pup Bayi Anda Berubah-ubah? Jangan Panik!
« Reply #1 on: 15 October 2009, 09:03:50 PM »
pup berwarna hitam tidak hanya untuk bayi saja loh orang dewasa juga bisa, pup bisa berwarna hitam karena anda makan yang mengandung zat besi, tapi yang harus di waspadai adalah bila anda tidak makan berzat besi ternyata hitam sudah waktunya anda pergi ke dokter itu sebab bisa di karenakan pendarahan dalam, hingga menyebabkan pup berwarna hitam itu. 

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Warna Pup Bayi Anda Berubah-ubah? Jangan Panik!
« Reply #2 on: 15 October 2009, 09:17:52 PM »
wah trims banget.. _/\_

sayang GRP belum bisa berbuah.. :)
i'm just a mammal with troubled soul