Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kopitiam  (Read 257158 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Harpuia

  • Teman
  • **
  • Posts: 97
  • Reputasi: 9
  • Harpy
Re: Kopitiam
« Reply #600 on: 11 April 2011, 12:51:50 PM »
oh ic..
cc landy ciak boi ?

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kopitiam
« Reply #601 on: 11 April 2011, 12:58:20 PM »
Logika nya ya memang gt.. tp kdg ya udah campur aduk~ gk terlalu full "EYD hokkien lagi"  :)) , misalnya aja nih :

" lu ai khi mana? atau " lu ai khi tiok?" atau " lu be khe to..?" atau "lu be khi tiok?" atau "lu be khe mana?"

tergantung kita mau gunakan yg mana aja..~  fullhokein medan.. hokkien bagan.. campur sari.. es campur..~  :))
cc hokkien bagan ato medan sih? 2-2nya bisa ya ebad...
kalo gw bilang lu ai khi talok, ato lu ai khu ti ko? wkwkwk....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #602 on: 11 April 2011, 03:17:25 PM »
forte siau lang~ *kabor*  :))
plak plak.. be tio pak ha ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #603 on: 11 April 2011, 03:39:19 PM »
plak plak.. be tio pak ha ?


kuda kena pukul ha  ??? ??? ???
mai kham heng be  :no: :no: :no:
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #604 on: 11 April 2011, 04:47:53 PM »
kuda kena pukul ha  ??? ??? ???
mai kham heng be  :no: :no: :no:
sis mala kalo bahasa hokkian pku or kepulauan
kata be tio pak sama dengan ai tio pak

Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #605 on: 11 April 2011, 05:13:46 PM »
 kalau katak bahasa hokkiennya apa?

kalau saya sebut "Kap po"
tapi ama anak Selatpanjang malah ditertawain. Kata mereka itu kasar~
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #606 on: 11 April 2011, 05:15:58 PM »
waduh kalo katak ga tau juga bis dari kecil bilangnya "kodok" :-[

iya sih mang kalo orang slp suka bilang hokkian medan terdengar kasar.. :-? padahal kalo saya dengar bahasa tiociu lebih kasar lho..
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #607 on: 11 April 2011, 05:25:13 PM »
cc Dewi Go sama pendapat teman saya dari Taiwan. Dia bilang orang Teochew kalo marah-marah bahasanya jauh lebih kasar~
tapi perasaan saya bahasa hokkien lebih maskulin, teochew lebih halus~  ^-^
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #608 on: 11 April 2011, 05:28:02 PM »
cc Dewi Go sama pendapat teman saya dari Taiwan. Dia bilang orang Teochew kalo marah-marah bahasanya jauh lebih kasar~
tapi perasaan saya bahasa hokkien lebih maskulin, teochew lebih halus~  ^-^

ada beberapa versi sih tiociunya..tergantung daerahnya kalo beberapa pulau disekitar batam mang lebih kasar bahasanya..

bro xiong asli tiociu or hokkian nih?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #609 on: 11 April 2011, 05:30:01 PM »
erm orang Hokkian sih,
tapi di Tanjungpinang bahasa de facto nya Teochew~
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Kopitiam
« Reply #610 on: 11 April 2011, 06:24:43 PM »
kalau katak bahasa hokkiennya apa?

kalau saya sebut "Kap po"
tapi ama anak Selatpanjang malah ditertawain. Kata mereka itu kasar~

kodok = cang kau ~ hokkien bagan~

kodok = cui ke ~ hokkien medan CMIIW~  :P

 
kuda kena pukul ha  ??? ??? ???
mai kham heng be  :no: :no: :no:

 e nya "bebas" KUDA --

 tapi e nya "bekerja"  ~~ MAU..

itu sih hokkien bagan..

Offline junxiong

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 940
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #611 on: 12 April 2011, 08:55:36 AM »
"Cui Ke" itu bukannya sejenis katak/kodok yang boleh di makan, tapi bukan kodok kan??
tapi gak yakin juga sih~ biasa ke restoran-restoran ada menu "Cui ke" yang dari luar penampilannya mirip kaki kodok
tapi kata bokap itu bukan katak/kodok yang biasa... gak tau deh  ???

kalau "cui ke" (pakai e bekerja) maksudnya mabuk yah?
"The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents." - Nathaniel Borenstein

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #612 on: 12 April 2011, 12:38:02 PM »
cui ke mang sejenis katak air yang boleh dimakan, kalo kodok kan yang kulitnya superkasar itu aku ga tau bahasa hokkiennya apa

maksud e bekerja apa y?
e=bisa?
bs dibantu?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kopitiam
« Reply #613 on: 12 April 2011, 12:41:42 PM »
cui ke mang sejenis katak air yang boleh dimakan, kalo kodok kan yang kulitnya superkasar itu aku ga tau bahasa hokkiennya apa

maksud e bekerja apa y?
e=bisa?
bs dibantu?
e kan ada 2 pengucapan
e bekerja maksudnya pengucapannya kaya elang, empuk, dll
e 1 lagi kaya bebek, bengkok, bel, dll hehe....

Offline Lu Dongbin

  • Sebelumnya: lu tong pin
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 112
  • Reputasi: -1
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kopitiam
« Reply #614 on: 13 April 2011, 08:32:23 PM »
mlam2 gini enaknya makan apa