//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara  (Read 367068 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline indra_ihong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: -11
  • Gender: Male
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #300 on: 26 April 2010, 10:40:27 AM »
setau g, yang namanya istilah penyebrangan arwah itu kek dukun dukun aja...
Setau anda. ga ada referensi, mengungkapkan berdasarkan pandangan anda sendiri ??????????????????????
Ujian Kehidupan itu adalah menjadi Sempurna. Cukup tau kebenaran. Hindari konflik yang tidak sependapat dengan anda. Hadapi Konflik yang tidak terhindarkan, hanya untuk membuktikan kebenaran di depan mata. Sampai ajal itu tiba dengan kedamaian, dan pikiran yang upeksa.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #301 on: 26 April 2010, 10:46:32 AM »
Attha sila  sila ke 8, tentang penggunaan tempat tidur dan tempat duduk yang tinggi dan mewah.

Mengenai sila ini, saya no comment. Umur ajaran Zhen Fo Zong belum berlangsung lama. Ada pembenahan yang di sampaikan Dakini putih kepada Mahaguru pada tulisan buku ke-214.

Pelanggaran sila ke-8 bukan pelanggaran yang serius. Hal ini dapat dibuktikan bahwa ada murid ZhenFoZong yang mencapai pencerahan.

Metode ajaran Tantrayana udah sangat berbeda dengan Theravada.

Apakah atthasila hanya untuk aliran ZhenFoZong ?
dan memang benarkah di dalam aliran tantra tibet juga menerapkan atthasila ?

yah.,.. kalo itu sih saya udah ngerti,,, karena pasti deh anda jawab dengan statement yang belum bisa dibuktikan juga.... ( <---- diskusi kek gini nih yang tidak sehat )

namun balik lagi kepertanyaan saya tentang sila ke 8 tadi
nampaknya anda gak melihat esensi dari pertanyaan saya...

saya jelaskan pelan pelan

1 sila 8 dalam atthasila adalah untuk melatih diri mencapai kesucian
2 seorang murid yg setia pasti berpanutan kepada gurunya
3 gurunya berkehidupan mewah
4 muridnya pasti berpanutan untuk berkehidupan mewah (karena statement 3)
5. maka guru tidak mencerminkan pengajaran kepada muridnya untuk melatih diri mencapai kesucian

kecuali dalam aliran anda, kepemilikan dan berkehidupan mewah adalah hal yang dapat menunjang diri untuk mencapai kesucian yah.. masa bodo deh.. :P
i'm just a mammal with troubled soul



Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #302 on: 26 April 2010, 10:47:42 AM »
setau g, yang namanya istilah penyebrangan arwah itu kek dukun dukun aja...
Setau anda. ga ada referensi, mengungkapkan berdasarkan pandangan anda sendiri ??????????????????????

memangnya lu ada refrensi jg??? jgn jadikan buku karangan mahaguru lu sbg referensi..itu mah sama aja bohong...peace ah..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #303 on: 26 April 2010, 10:48:27 AM »
setau g, yang namanya istilah penyebrangan arwah itu kek dukun dukun aja...
Setau anda. ga ada referensi, mengungkapkan berdasarkan pandangan anda sendiri ??????????????????????

bukankan si LSY juga mengungkapkan berdasarkan pandangan dia sendiri ??????????????????????

gak ada referensi tuh si LSY ??????????????????????

ada embel embel lainnya ??????????????????????
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #304 on: 26 April 2010, 10:50:42 AM »
neh cari disini http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
Quote
du·kun n orang yg mengobati, menolong orang sakit, memberi jampi-jampi (mantra, guna-guna, dsb);
-- beranak dukun yg pekerjaannya menolong perempuan melahirkan; -- calak bengkong; -- jampi dukun yg menggunakan tumbuhan dan berbagai ramuan alami untuk menyembuhkan penyakit; -- japa dukun yg mengandalkan mantra sbg sarana pengobatan; -- klenik dukun yg membuat dan memberi guna-guna atau kekuatan gaib lainnya; -- santet dukun yg memiliki kemampuan menggunakan kekuatan sihir thd manusia; -- siwer dukun yg mempunyai kekhususan mencegah terjadinya kesialan yg diakibatkan oleh peristiwa alami (hujan dsb); -- susuk dukun yg mempunyai keahlian khusus mengobati penyakit dng menusukkan jarum emas pd bagian bawah kulit; -- tenung dukun yg memiliki atau mampu menggunakan kekuatan gaib thd manusia; -- tiban orang yg dl waktu terbatas mempunyai kemampuan mengobati suatu penyakit krn adanya kekuatan gaib akibat kerasukan roh;
ber·du·kun v 1 berobat atau meminta pertolongan kpd dukun; 2 melakukan pekerjaan sbg dukun;
men·du·kun·kan v mengguna-gunai dsb dng meminta pertolongan dukun;
pen·du·kun·an n proses, cara, perbuatan mendukunkan: ~ thd orang itu mengakibatkan kematiannya;
per·du·kun·an n hal berdukun: mereka sudah tidak malu lagi berbicara ~ , horoskop, dan perhitungan hari-hari baik dan sejenisnya
i'm just a mammal with troubled soul



Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #305 on: 26 April 2010, 11:14:51 AM »
4. Menulis dalam forum diskusi harus disertai sumber referensi, dan alur penjelasan yang jelas.

BAgaimana ?????????????????????????????????????????????????????
wuokeh.. bagaimana jika point ke 4 itu karena anda yang mengusulkan.. anda yang dulu memulainya..
tolong cantumkan referensi dari penjelasan anda, yang tidak hanya mengatakan maha guru sudah mencapai tingkat kesucian blablabla tapi gak ada rujukan yang jelas.. dan tidak hanya mengatakan.. kita orang awam tidak akan bisa mengetahui yang sudah mencapai pencerahan..

kalau misal bro indra ihong tetep berpendapat begitu, bagus thread ini dilock saja, gak perlu didiskusikan dengan konklusi : manusia tidak ada yang bisa memahami pencapaian LSY.

simple kan ?
Referensi mahaguru mencapai pencerahan ada di Buku "Sebuah Jalan Menuju Terang" yang bagian subjudul-nya"Panca MahaBhutani".
Buku itu ditulis oleh Mahaguru Lian Shen.
Bila jawaban ini tidak memuaskan, saya mencari referensi yang sesuai tulisan anda ?

Jadi kesimpulan-nya semua thread dilock ?
=)) gw bisa bilang LSY itu penipu, pembohong mati nanti masuk neraka, kalau mau tahu referensinya ya liat aja postingan aye nanti aye bikin buku sumpah serapah ryu terhada LSY, itu referensinya boleh gak? valid gak? =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline indra_ihong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: -11
  • Gender: Male
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #306 on: 26 April 2010, 11:19:07 AM »
yah.,.. kalo itu sih saya udah ngerti,,, karena pasti deh anda jawab dengan statement yang belum bisa dibuktikan juga.... ( <---- diskusi kek gini nih yang tidak sehat )
namun balik lagi kepertanyaan saya tentang sila ke 8 tadi
nampaknya anda gak melihat esensi dari pertanyaan saya...
saya jelaskan pelan pelan
1 sila 8 dalam atthasila adalah untuk melatih diri mencapai kesucian
2 seorang murid yg setia pasti berpanutan kepada gurunya
3 gurunya berkehidupan mewah
4 muridnya pasti berpanutan untuk berkehidupan mewah (karena statement 3)
5. maka guru tidak mencerminkan pengajaran kepada muridnya untuk melatih diri mencapai kesucian
kecuali dalam aliran anda, kepemilikan dan berkehidupan mewah adalah hal yang dapat menunjang diri untuk mencapai kesucian yah.. masa bodo deh.. :P
Apakah hanya melaksanakan atthasila yang anda sebut melatih diri untuk mencapai kesucian ?

"Dan memang benarkah di dalam aliran tantra tibet juga menerapkan atthasila ?"
bagaimana dengan pertanyaan ini ???????????

Guru berkehidupan mewah lantas murid juga demikian ? Belum tentu.
Guru berkehidupan mewah bukan untuk menjatuhkan nilai moral ZhenFoZong.
Guru berkehidupan mewah karena telah sempurna, mencapai pencerahan.
Guru berkehidupan mewah karena prajna dan boddhicitta.

Murid yang belum mencapai pencerahan, terlebih dahulu melaksanakan sila.

Murid ZhenFoZong mengambil tulisan mahaguru Lian Shen, wejangan sutta Sakyamuni Buddha, wejangan guru-guru tantra sebagai referensi.

Bila para anggota DC tidak mengakui tulisan Mahaguru Lian Shen, diskusi ini tidak bisa lanjut.

Anda pasti mengerti mazhab tantrayana dengan jalan theravada udah sangat berbeda.
Di dalam mazhab tantrayana tibet metode latihan bukan hanya wejangan Sakyamuni Buddha, tetapi latihan yang tidak konvensional seperti guru padmasambhava. Ada lagi Yang Arya Asanga mencapai pencerahan melalui pengarahan Boddhisatva Maitreya. ( Buddha Yang akan Datang )
 
Saya mencoba menjelaskan bila ada yang tidak memuaskan.
Ujian Kehidupan itu adalah menjadi Sempurna. Cukup tau kebenaran. Hindari konflik yang tidak sependapat dengan anda. Hadapi Konflik yang tidak terhindarkan, hanya untuk membuktikan kebenaran di depan mata. Sampai ajal itu tiba dengan kedamaian, dan pikiran yang upeksa.

Offline indra_ihong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: -11
  • Gender: Male
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #307 on: 26 April 2010, 11:22:08 AM »
Guru Padmasambhava juga menerapkan ajaran tersendiri. apakah berdasarkan Wejangan Sakyamuni Buddha ?

Yang Arya Asanga mencapai pencerahan melalui pengarahan Boddhisatva Maitreya. Bukan berdasarkan wejangan SAkyamuni Buddha ?

Bagaimana ?????????????????????????????
Ujian Kehidupan itu adalah menjadi Sempurna. Cukup tau kebenaran. Hindari konflik yang tidak sependapat dengan anda. Hadapi Konflik yang tidak terhindarkan, hanya untuk membuktikan kebenaran di depan mata. Sampai ajal itu tiba dengan kedamaian, dan pikiran yang upeksa.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #308 on: 26 April 2010, 11:35:17 AM »
yah.,.. kalo itu sih saya udah ngerti,,, karena pasti deh anda jawab dengan statement yang belum bisa dibuktikan juga.... ( <---- diskusi kek gini nih yang tidak sehat )
namun balik lagi kepertanyaan saya tentang sila ke 8 tadi
nampaknya anda gak melihat esensi dari pertanyaan saya...
saya jelaskan pelan pelan
1 sila 8 dalam atthasila adalah untuk melatih diri mencapai kesucian
2 seorang murid yg setia pasti berpanutan kepada gurunya
3 gurunya berkehidupan mewah
4 muridnya pasti berpanutan untuk berkehidupan mewah (karena statement 3)
5. maka guru tidak mencerminkan pengajaran kepada muridnya untuk melatih diri mencapai kesucian
kecuali dalam aliran anda, kepemilikan dan berkehidupan mewah adalah hal yang dapat menunjang diri untuk mencapai kesucian yah.. masa bodo deh.. :P
Apakah hanya melaksanakan atthasila yang anda sebut melatih diri untuk mencapai kesucian ?

"Dan memang benarkah di dalam aliran tantra tibet juga menerapkan atthasila ?"
bagaimana dengan pertanyaan ini ???????????

Guru berkehidupan mewah lantas murid juga demikian ? Belum tentu.
Guru berkehidupan mewah bukan untuk menjatuhkan nilai moral ZhenFoZong.
Guru berkehidupan mewah karena telah sempurna, mencapai pencerahan.
Guru berkehidupan mewah karena prajna dan boddhicitta.

Murid yang belum mencapai pencerahan, terlebih dahulu melaksanakan sila.

Murid ZhenFoZong mengambil tulisan mahaguru Lian Shen, wejangan sutta Sakyamuni Buddha, wejangan guru-guru tantra sebagai referensi.

Bila para anggota DC tidak mengakui tulisan Mahaguru Lian Shen, diskusi ini tidak bisa lanjut.

Anda pasti mengerti mazhab tantrayana dengan jalan theravada udah sangat berbeda.
Di dalam mazhab tantrayana tibet metode latihan bukan hanya wejangan Sakyamuni Buddha, tetapi latihan yang tidak konvensional seperti guru padmasambhava. Ada lagi Yang Arya Asanga mencapai pencerahan melalui pengarahan Boddhisatva Maitreya. ( Buddha Yang akan Datang )
 
Saya mencoba menjelaskan bila ada yang tidak memuaskan.

apakah gak bisa melaksakan atthasila yang saya sebut itu dapat menunjang pencapaian kesucian?
apakah atthasila itu hanya milik theravada dan dilakukan oleh kaum theravada saja?

bagaimana dengan statement & pertanyaan ini

Guru berkehidupan mewah, tentuna murid (sebagai yg belum becus) gak bakal berpandangan salah? bisa jadi
Berkehidupan mewah tidak mencerminkan seseorang yang suci
Emangnya karena seseorang itu presiden maka dia bisa caci maki orang sembarangan?
Saat cowboy membunuh kudanya yang sedang sakit karena kasihan, tetap saja si cowboy itu dicap sebagai Pembunuh, walau apapun alasannya.

Bila anda gak bisa berpikir terbuka, tentunya diskusi ini sama aja kek tembok...

Saya coba menjelaskan, bila ada yang dianggap kurang benar...


i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #309 on: 26 April 2010, 11:37:25 AM »
Guru Padmasambhava juga menerapkan ajaran tersendiri. apakah berdasarkan Wejangan Sakyamuni Buddha ?

Yang Arya Asanga mencapai pencerahan melalui pengarahan Boddhisatva Maitreya. Bukan berdasarkan wejangan SAkyamuni Buddha ?

Bagaimana ?????????????????????????????


ada orang laen bunuh ibunya sendiri terus gak kena penjara

apa berarti elu bisa okeh okeh aja bunuh ibu kandung u sendiri ??????????????
i'm just a mammal with troubled soul



Offline indra_ihong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: -11
  • Gender: Male
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #310 on: 26 April 2010, 11:39:58 AM »
Yang bertanya itu paling mudah. Yang menjawab itu susah.

Saya balik bertanya :

Bagaimana dengan guru Padmasambhava ?

Bagaimana dengan Yang Arya Asanga ?
Ujian Kehidupan itu adalah menjadi Sempurna. Cukup tau kebenaran. Hindari konflik yang tidak sependapat dengan anda. Hadapi Konflik yang tidak terhindarkan, hanya untuk membuktikan kebenaran di depan mata. Sampai ajal itu tiba dengan kedamaian, dan pikiran yang upeksa.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #311 on: 26 April 2010, 11:42:26 AM »
Ada beberapa hal yang ingin saya tanya.

[...]

Mengenai mobil, saya tidak begitu mengetahui historis mahaguru tersebut.

Mengenai cincin berlian juga tidak begitu mengetahui, namun saya mencoba menjelaskan.

Jumlah Cincin Berlian ada 2 (kalau tidak salah), namun yang satu lagi dibuang ke api homa, saat mahaguru melakukan penyeberangan melalui apihoma untuk bencana 88 di Taiwan. Mahaguru tidak memiliki kemelekatan terhadap benda materi, namun memakainya karena persembahan yang tulus dari murid.

Referensi video tentang mahaguru membuang cincin berlian dan menyelamatkan arwah yang masuk di alam neraka. Peristiwa ini cukup lama terjadi, dan menjelaskan kekuatan spiritual mahaguru. 

http://www.tbsseattle.org/english/content/view/221/77/lang,en/
1. Dalam ajaran TBS, bagaimana "mekanisme"-nya membakar harta bisa menyelamatkan makhluk lain dari neraka?

2. Apakah ada terlintas dari Mahaguru LSY untuk membuang lagi lebih banyak hartanya untuk menyelamatkan lebih banyak lagi makhluk di neraka? Kalau tidak salah dibilang 'kan sudah tidak melekat.


Quote
Mengenai cincin berlian ataupun mobil ?

Ini adalah persembahan seorang murid terhadap mahaguru.
3. Jadi semua persembahan tidak dipilah antara yang cocok dengan kehidupan seorang Buddha Hidup dan manusia awam biasa. Jika diberi seperangkat Gitar Listrik yang baik, apakah Buddha Hidup LSY juga akan ber-"upaya kausalya" dengan menggunakannya untuk ber-heavy-metal?


Offline indra_ihong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: -11
  • Gender: Male
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #312 on: 26 April 2010, 11:46:33 AM »
off dulu ya.
nanti diskusi lagi.
Ujian Kehidupan itu adalah menjadi Sempurna. Cukup tau kebenaran. Hindari konflik yang tidak sependapat dengan anda. Hadapi Konflik yang tidak terhindarkan, hanya untuk membuktikan kebenaran di depan mata. Sampai ajal itu tiba dengan kedamaian, dan pikiran yang upeksa.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #313 on: 26 April 2010, 11:59:00 AM »
4. Menulis dalam forum diskusi harus disertai sumber referensi, dan alur penjelasan yang jelas.

BAgaimana ?????????????????????????????????????????????????????
wuokeh.. bagaimana jika point ke 4 itu karena anda yang mengusulkan.. anda yang dulu memulainya..
tolong cantumkan referensi dari penjelasan anda, yang tidak hanya mengatakan maha guru sudah mencapai tingkat kesucian blablabla tapi gak ada rujukan yang jelas.. dan tidak hanya mengatakan.. kita orang awam tidak akan bisa mengetahui yang sudah mencapai pencerahan..

kalau misal bro indra ihong tetep berpendapat begitu, bagus thread ini dilock saja, gak perlu didiskusikan dengan konklusi : manusia tidak ada yang bisa memahami pencapaian LSY.

simple kan ?
Referensi mahaguru mencapai pencerahan ada di Buku "Sebuah Jalan Menuju Terang" yang bagian subjudul-nya"Panca MahaBhutani".
Buku itu ditulis oleh Mahaguru Lian Shen.
Bila jawaban ini tidak memuaskan, saya mencari referensi yang sesuai tulisan anda ?

Jadi kesimpulan-nya semua thread dilock ?
=)) gw bisa bilang LSY itu penipu, pembohong mati nanti masuk neraka, kalau mau tahu referensinya ya liat aja postingan aye nanti aye bikin buku sumpah serapah ryu terhada LSY, itu referensinya boleh gak? valid gak? =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

gw juga pingin tau kalau gw kasih binik muda, cantik, mulus, wangi sebagai hadiah utk sang guru Ryuana... diterima atau ditolak (dgn asumsi istiri tua lagi ke Eropah jalan2).... hahhhahaha

paling2 gw dimarahin sama master Ryuana....
sebabnya....

jawaban Ryuana: ShowHide
yg sebagus ini koq kasih nya cuma satu =))
« Last Edit: 26 April 2010, 12:06:27 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Korban Pemerkosaan Lu Sheng Yen berbicara
« Reply #314 on: 26 April 2010, 03:47:00 PM »
4. Menulis dalam forum diskusi harus disertai sumber referensi, dan alur penjelasan yang jelas.

BAgaimana ?????????????????????????????????????????????????????
wuokeh.. bagaimana jika point ke 4 itu karena anda yang mengusulkan.. anda yang dulu memulainya..
tolong cantumkan referensi dari penjelasan anda, yang tidak hanya mengatakan maha guru sudah mencapai tingkat kesucian blablabla tapi gak ada rujukan yang jelas.. dan tidak hanya mengatakan.. kita orang awam tidak akan bisa mengetahui yang sudah mencapai pencerahan..

kalau misal bro indra ihong tetep berpendapat begitu, bagus thread ini dilock saja, gak perlu didiskusikan dengan konklusi : manusia tidak ada yang bisa memahami pencapaian LSY.

simple kan ?
Referensi mahaguru mencapai pencerahan ada di Buku "Sebuah Jalan Menuju Terang" yang bagian subjudul-nya"Panca MahaBhutani".
Buku itu ditulis oleh Mahaguru Lian Shen.
Bila jawaban ini tidak memuaskan, saya mencari referensi yang sesuai tulisan anda ?

Jadi kesimpulan-nya semua thread dilock ?
=)) gw bisa bilang LSY itu penipu, pembohong mati nanti masuk neraka, kalau mau tahu referensinya ya liat aja postingan aye nanti aye bikin buku sumpah serapah ryu terhada LSY, itu referensinya boleh gak? valid gak? =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

gw juga pingin tau kalau gw kasih binik muda, cantik, mulus, wangi sebagai hadiah utk sang guru Ryuana... diterima atau ditolak (dgn asumsi istiri tua lagi ke Eropah jalan2).... hahhhahaha

paling2 gw dimarahin sama master Ryuana....
sebabnya....

jawaban Ryuana: ShowHide
yg sebagus ini koq kasih nya cuma satu =))

:hammer: :hammer: :hammer: :hammer: :hammer: :hammer:
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))