//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)  (Read 29292 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #60 on: 15 December 2017, 09:41:44 PM »
kenapa anda tidak membantah dgn menulis jika tidak ada bhaya kamma jika berdiskusi, menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam.itu khan lebih gentle daripada spt diatas.

Apa yg anda khwatirkan.

pendukung anda karniawan dan kloneng nya

anda benar, saya membantah adanya bhaya kamma jika berdiskusi menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam. frasa  itu sama sekali bukan kalimat pengaman, ini menjadi kalimat pengaman bersumber dari delusi anda sendiri yang tentu saja tidak layak diikuti.

supaya anda tambah cerdas sedikit, nih saya kasih bocoran, tidak semua sutta diawali dengan frasa itu. saya tidak akan memberikan contoh2 sulit mengingat kapasitas otak anda, jadi saya akan kasih contoh sederhana yg saya yakin anda sudah tau, karena terdapat di buku paritta. mangala sutta memang diawali dengan evam me suttam, tapi karaniya metta sutta tidak demikian, bisakah anda menjelaskan hal ini?

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #61 on: 15 December 2017, 10:16:21 PM »
pendukung anda karniawan dan kloneng nya

kapan gw punya klonengan? -.-
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #62 on: 16 December 2017, 10:18:13 AM »
anda benar, saya membantah adanya bhaya kamma jika berdiskusi menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam. frasa  itu sama sekali bukan kalimat pengaman, ini menjadi kalimat pengaman bersumber dari delusi anda sendiri yang tentu saja tidak layak diikuti.

supaya anda tambah cerdas sedikit, nih saya kasih bocoran, tidak semua sutta diawali dengan frasa itu. saya tidak akan memberikan contoh2 sulit mengingat kapasitas otak anda, jadi saya akan kasih contoh sederhana yg saya yakin anda sudah tau, karena terdapat di buku paritta. mangala sutta memang diawali dengan evam me suttam, tapi karaniya metta sutta tidak demikian, bisakah anda menjelaskan hal ini?

jika sudah dibantah maka hitam dan putihnya jelas.saya tidak memberitahu mereka yg tidak setuju, tidak memiliki keyakinan.namun anda tidak boleh menutup jalan saya memberitahu yg lain.bhaya kamma masak dan berbuah,  salah satu sebabnya adalah kebodohan, moha.

indra, gurumu pasti kecewa sekali jika engkau tidak mendiskusikan hal ini kepadanya.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #63 on: 16 December 2017, 11:17:08 AM »
jika sudah dibantah maka hitam dan putihnya jelas.saya tidak memberitahu mereka yg tidak setuju, tidak memiliki keyakinan.namun anda tidak boleh menutup jalan saya memberitahu yg lain.bhaya kamma masak dan berbuah,  salah satu sebabnya adalah kebodohan, moha.
oh saya sangat bisa dan boleh menutup jalan anda menyebarkan ajaran anda sendiri yg tidak sesuai dengan ajaran Sang Buddha, anda tidak dapat membuktikan dengan rujukan sah bahwa ajaran anda itu adalah ajaran Sang Buddha, bukan?

Quote
indra, gurumu pasti kecewa sekali jika engkau tidak mendiskusikan hal ini kepadanya.


guru saya tidak lagi merasa kecewa terhadap apapun, guru saya sudah parinibbana.

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #64 on: 16 December 2017, 01:20:37 PM »
oh saya sangat bisa dan boleh menutup jalan anda menyebarkan ajaran anda sendiri yg tidak sesuai dengan ajaran Sang Buddha, anda tidak dapat membuktikan dengan rujukan sah bahwa ajaran anda itu adalah ajaran Sang Buddha, bukan?

guru saya tidak lagi merasa kecewa terhadap apapun, guru saya sudah parinibbana.

1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.




Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #65 on: 16 December 2017, 02:31:23 PM »
Oh sudah -5
Minggu depan pikirin istilah baru lagi ya..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #66 on: 16 December 2017, 03:38:19 PM »
Oh sudah -5
Minggu depan pikirin istilah baru lagi ya..

kamu juga pendukung indra.tapi minim argument. saya perhatikan anda selalu mengeluarkan koment di akhir diskusi.tapi dari awal dan pertengahan tidak muncul.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #67 on: 16 December 2017, 08:55:15 PM »
1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.
Masalah sepele aja diperdebatin... Gak semua Sutta pakek kata Evamme Suttam. Contoh yg sederhana buka paritta biru terbitan STI. Liat ada berapa Sutta yg gak pakek kata itu. ;D

Nih orang antara udah gak ada urat malunya atau emang udah dongkol banget sama forum nih cz dulu junjungannya diperlakukan dengan tidak hormat... =))
#Jhindra

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #68 on: 16 December 2017, 09:18:35 PM »
1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.




Saya tidak menghalangi siapapun menunjukkan sesuatu yg benar, tapi saya akan menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg tidak benar. dan anda sedang melakukan hal yg tidak benar, maka saya menghalangi anda.
saya akan berkompromi dengan anda, saya beri waktu kepada anda 2x24 jam untuk memberikan bukti bahwa bhaya kamma ini memang ada terdapat dalam sutta2, jika anda tidak memberikan rujukan otentik atas bhaya kamma ini maka anda akan saya tendang. Tetapi sebaliknya jika anda mampu memberikan bukti itu, kita lihat seberapa lama anda dapat mempertahankan reputasi anda yg saat ini sudah -6

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #69 on: 16 December 2017, 10:39:22 PM »
Saya tidak menghalangi siapapun menunjukkan sesuatu yg benar, tapi saya akan menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg tidak benar. dan anda sedang melakukan hal yg tidak benar, maka saya menghalangi anda.
saya akan berkompromi dengan anda, saya beri waktu kepada anda 2x24 jam untuk memberikan bukti bahwa bhaya kamma ini memang ada terdapat dalam sutta2, jika anda tidak memberikan rujukan otentik atas bhaya kamma ini maka anda akan saya tendang. Tetapi sebaliknya jika anda mampu memberikan bukti itu, kita lihat seberapa lama anda dapat mempertahankan reputasi anda yg saat ini sudah -6

bener.anda kuat menerima bhaya kamma.saya rasa anda tidak akan kuat.manusa tidak kuat.sotapanna, sakadagami pun masih menangis.begini saja.
bagaimana jika setelah senin depan.


Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #70 on: 16 December 2017, 10:48:46 PM »
Masalah sepele aja diperdebatin... Gak semua Sutta pakek kata Evamme Suttam. Contoh yg sederhana buka paritta biru terbitan STI. Liat ada berapa Sutta yg gak pakek kata itu. ;D

Nih orang antara udah gak ada urat malunya atau emang udah dongkol banget sama forum nih cz dulu junjungannya diperlakukan dengan tidak hormat... =))

buku biru paritta tidak mencantumkan evam me suttam itu keliru. sti bhikkhu banyak.boleh ditulis disini atau di jepret kamera kata pengantar dari sti.kita baca sama sama.
sekalian kata pengantar dqri penerbit.

jelas mereka salah,  karena menghilangkan evam me suttam itu berarti tulisan di buku paritta itu bukan sutta, sesuatu yg didengar dan ditulis ulang. Sti ceroboh dan mungkin jika leader melihat hal ini pasti ada koreksi dan penerbitnya pasti didjewer.

Bila tidak ada kata evamme suttam, kemudian setelah membaca tulisan itu, timbul pandangan salah maka sangha bertanggung jawab secara kolektif.sangha dalam hal ini sti.
Tentu jika buku itu terbitan sti, yg memberi pengantar adalah leader, bukan bhikkhu biasa.

Bhaya kamma tetap ada pada sti secara kolektif, jika benar leader sti memberikan pengantar buku itu.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #71 on: 16 December 2017, 10:56:41 PM »
bener.anda kuat menerima bhaya kamma.saya rasa anda tidak akan kuat.manusa tidak kuat.sotapanna, sakadagami pun masih menangis.begini saja.
bagaimana jika setelah senin depan.



2x24 jam di mulai sekarang jam 22:55, 16 Desember 2017, berakhir pada jam 22:55, 18 Desember 2017

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #72 on: 16 December 2017, 10:59:15 PM »
buku biru paritta tidak mencantumkan evam me suttam itu keliru. sti bhikkhu banyak.boleh ditulis disini atau di jepret kamera kata pengantar dari sti.kita baca sama sama.
sekalian kata pengantar dqri penerbit.

jelas mereka salah,  karena menghilangkan evam me suttam itu berarti tulisan di buku paritta itu bukan sutta, sesuatu yg didengar dan ditulis ulang. Sti ceroboh dan mungkin jika leader melihat hal ini pasti ada koreksi dan penerbitnya pasti didjewer.

Bila tidak ada kata evamme suttam, kemudian setelah membaca tulisan itu, timbul pandangan salah maka sangha bertanggung jawab secara kolektif.sangha dalam hal ini sti.
Tentu jika buku itu terbitan sti, yg memberi pengantar adalah leader, bukan bhikkhu biasa.

Bhaya kamma tetap ada pada sti secara kolektif, jika benar leader sti memberikan pengantar buku itu.


terbukti anda memang tidak pernah membaca sutta, jika anda pernah membaca sutta, sumber lain bahkan langsung dari Suttanipata, Khuddaka Nikaya pun memang tidak mencantumkan kalimat itu, dalam hal ini STI hanya mengambil dari sumber yg sah, dan STI sudah benar dengan tidak menambah2kan apa yang tidak ada.

membacalah, membaca itu bisa bikin pintar.

waktu berjalan terus, cepatlah berusaha agar anda dapat bertahan hidup lebih lama di sini

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #73 on: 17 December 2017, 08:13:22 AM »
terbukti anda memang tidak pernah membaca sutta, jika anda pernah membaca sutta, sumber lain bahkan langsung dari Suttanipata, Khuddaka Nikaya pun memang tidak mencantumkan kalimat itu, dalam hal ini STI hanya mengambil dari sumber yg sah, dan STI sudah benar dengan tidak menambah2kan apa yang tidak ada.

membacalah, membaca itu bisa bikin pintar.

waktu berjalan terus, cepatlah berusaha agar anda dapat bertahan hidup lebih lama di sini

katanya sti.sekarang lain lagi.jika ada sutta yg ditulis tanpa evam me suttam, maka itu ada bagian dari sutta itu yg hilang.namanya sutta, masa pembuka evamme suttam tidak ada.berarti bukan sutta donk.kemungkinan ada something wrong.misal penerjemah kurang teliti, buku rusak secara fisik di masa lalu, di rubah oleh orang tdk bertanggung jawab dan mungkin kerajaan Buddhis hancur, bukunya dirusak dengan merubah isinya shg makna berubah.

Kamu indra.merubah makna dari sutta dari sesuatu yg didengar menjadi doktrin mutlak sepertiagamasamawi. Bahkan berani membantah kalimat pengaman evam me suttam.
bhaya kamma itu sama dengan pastu (hindu) atau azhab(islam) digama lain.bedanya bhaya kamma orang yg tidak melakukan tidak kena. Sedangkan pastu atau azhab yg tidak melakukan namun terlibat se cara tdk langsung spt pendanaan, konsumsi, tranportasi juga kena hukuman yg sama.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #74 on: 17 December 2017, 08:27:06 AM »
katanya sti.sekarang lain lagi.jika ada sutta yg ditulis tanpa evam me suttam, maka itu ada bagian dari sutta itu yg hilang.namanya sutta, masa pembuka evamme suttam tidak ada.berarti bukan sutta donk.kemungkinan ada something wrong.misal penerjemah kurang teliti, buku rusak secara fisik di masa lalu, di rubah oleh orang tdk bertanggung jawab dan mungkin kerajaan Buddhis hancur, bukunya dirusak dengan merubah isinya shg makna berubah.

Kamu indra.merubah makna dari sutta dari sesuatu yg didengar menjadi doktrin mutlak sepertiagamasamawi. Bahkan berani membantah kalimat pengaman evam me suttam.
bhaya kamma itu sama dengan pastu (hindu) atau azhab(islam) digama lain.bedanya bhaya kamma orang yg tidak melakukan tidak kena. Sedangkan pastu atau azhab yg tidak melakukan namun terlibat se cara tdk langsung spt pendanaan, konsumsi, tranportasi juga kena hukuman yg sama.



anda tidak pernah membaca sutta, adalah sewajarnya anda bodoh dan tidak mengetahui hal ini.
tapi yang luar biasa adalah dengan kebodohan anda itu, setelah dikasih tau anda masih ngeyel.
anda bisa coba melihat koleksi tipitaka di http://tipitaka.org/romn/, anda akan melihat bahwa ada banyak sutta yang memang tidak diawali dengan frasa itu. tentu saja, jika anda bisa membaca, yg mengingat jumlah sel anda yg tidak mencukupi tampaknya sulit.

dan tidak hanya sekedar bhaya kamma ciptaan anda itu. bahkan bagi anda yang telah mengatakan apa yang tidak diajarkan Sang Buddha sebagai diajarkan Sang Buddha dan apa yang diajarkan Sang Buddha sebagai tidak diajarkan Sang Buddha, maka selamat untuk anda, karena anda pasti masuk neraka.

waktu tersisa 38 jam lagi.
« Last Edit: 17 December 2017, 10:25:19 AM by Indra »