Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)  (Read 11183 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« on: 11 December 2017, 09:34:05 PM »
 Namo Buddhaya... _/\_

Tolong koreksi jika pemahaman saya salah.

1. Dhammacakkhu adalah sinonim dari Sotapatti Magga.

2. Sotapatti Magga terbagi menjadi dua jenis, yaitu Saddhanussari dan Dhammanussari.

3. Sotapatti Phala terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Ekabiji, Kolankola, dan Sattakkhattuparamassa.

CMIIW...  ;D _/\_
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #1 on: 12 December 2017, 08:29:26 AM »
Namo Buddhaya... _/\_

Tolong koreksi jika pemahaman saya salah.

1. Dhammacakkhu adalah sinonim dari Sotapatti Magga.

2. Sotapatti Magga terbagi menjadi dua jenis, yaitu Saddhanussari dan Dhammanussari.

3. Sotapatti Phala terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Ekabiji, Kolankola, dan Sattakkhattuparamassa.

CMIIW...  ;D _/\_

Lha pengertian anda tentang dhammacakkhu apa.buku  3 keranjang di lemari vihara.tulis dulu yang dimaksud dhammacakkhu apa.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #2 on: 12 December 2017, 12:17:07 PM »
Lha pengertian anda tentang dhammacakkhu apa.buku  3 keranjang di lemari vihara.tulis dulu yang dimaksud dhammacakkhu apa.

Jelaskan makna yang menurut anda benar jika menurut anda statement saya keliru...  ;D
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #3 on: 12 December 2017, 04:40:02 PM »
Jelaskan makna yang menurut anda benar jika menurut anda statement saya keliru...  ;D

Bagaima anda keliru, jika pada kenyataan nya anda tidak mengerti dhammacakkhu.begini saja.seandainya karniawan adalah sotapanna, apa yg anda kerjakan sehari hari.khan lebih enak melihat ciri orangnya daripada ciri sotapanna menurut buku.

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #4 on: 12 December 2017, 05:35:39 PM »
Bagaima anda keliru, jika pada kenyataan nya anda tidak mengerti dhammacakkhu.begini saja.seandainya karniawan adalah sotapanna, apa yg anda kerjakan sehari hari.khan lebih enak melihat ciri orangnya daripada ciri sotapanna menurut buku.
pada orang tertentu saya akan jawab,sangha itu kumpulan manusia egois dan tidak normal bahkan benar2 tidak normal.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #5 on: 12 December 2017, 05:39:56 PM »
Yang membotak2kan kepalanya itu manusia paling egois sedunia.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #6 on: 12 December 2017, 07:51:18 PM »
pada orang tertentu saya akan jawab,sangha itu kumpulan manusia egois dan tidak normal bahkan benar2 tidak normal.

mungkin benar mungkin tidak.kadang klaim sepihak.

sewaktu Buddha mengunjungi kapilavatthu, yasodara memanggil rahula.kemarin o pangeran.lihat samana agungberjubah kuning.itu ayahmu.kunjungi dan berilah hormat kepadanya.mintalah warisan sebagaimana seorang anak memohon berkat kepada orang tuanya.

sampai detik itu , jauh di dasar hatinya ia mengharap siddartha luluh dan kembali menjadi king setelah melihat anaknya.
namun apa yg terjadi.
rahula menjadi samanera.tangis yasodara meledak.tiada mampu menolak kehadiran Buddha.

Bagi penonton puthujana, itu egois.bagi yasodara , anaknya diambil.bagi rahula,  pintu terbuka, ini kelahiran terakhir, bagi sangha rahula kelak akan menjadi 1 diantara 80 siswa utama.memilki abinna dan kemampuan dibbha cakkhu yg baik sekali.hanya beda sedikit dgn siswa utama ke5, YA bhante anurudha.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #7 on: 12 December 2017, 08:23:56 PM »
Bagaima anda keliru, jika pada kenyataan nya anda tidak mengerti dhammacakkhu.begini saja.seandainya karniawan adalah sotapanna, apa yg anda kerjakan sehari hari.khan lebih enak melihat ciri orangnya daripada ciri sotapanna menurut buku.

Apakah anda mengerti Dhammacakkhu? Kok bisa menghakimi orang lain gak ngerti Dhammacakkhu? Kalo anda mengerti, silahkan koreksi. Apakah Dhammacakkhu muncul, berarti sudah menapai Sotapatti Magga atau Phala. Kita disini studi Sutta, bukan studi omong kosong, jika niatnya cuman ngetroll, dengan penuh hormat silahkan anda pergi dari thread ini...  :P
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #8 on: 12 December 2017, 08:53:43 PM »
Apakah anda mengerti Dhammacakkhu? Kok bisa menghakimi orang lain gak ngerti Dhammacakkhu? Kalo anda mengerti, silahkan koreksi. Apakah Dhammacakkhu muncul, berarti sudah menapai Sotapatti Magga atau Phala. Kita disini studi Sutta, bukan studi omong kosong, jika niatnya cuman ngetroll, dengan penuh hormat silahkan anda pergi dari thread ini...  :P

jika memang diskusi sutta,
1.mana nara sumber
2.saran.mana tulisan evam me suttam.

« Last Edit: 12 December 2017, 08:57:06 PM by madya »

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #9 on: 12 December 2017, 10:28:16 PM »
hahaha..terima kasih.masih ingat tentang pisau silet?silet fungsinya untuk membersihkan.musavada tuh.banyak postingan yang......
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #10 on: 12 December 2017, 10:37:22 PM »
DN berapa tuh yang isinya jaring untuk tangkap ikan.tafsirkanlah.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.185
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #11 on: 13 December 2017, 05:42:07 AM »
1. benar, demikianlah istilah di sutta, misalnya di Samanaphala sutta
2. benar, demikianlah tertulis di sutta
3. Ini ketemunya di komentar entah dimana. Karena di sutta hanya disebut tujuh maksimal
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #12 on: 13 December 2017, 07:30:01 AM »
1. benar, demikianlah istilah di sutta, misalnya di Samanaphala sutta
2. benar, demikianlah tertulis di sutta
3. Ini ketemunya di komentar entah dimana. Karena di sutta hanya disebut tujuh maksimal

1.nara sumber adalah sutta.padahal sutta itu sendiri sumber tidak langsung, para bhante menulisnya dgn pembuka evam me suttam, sehingga jika ada kesalahan mereka tidak kena karma.jika diskusi sutta tanpa menyertakan kalimat pembuka evam me suttam, apa tidak khawatir kena karma jika ada pandangan salah.

Sumbernya saja ditulis dgn hati hati.apakah diskusi sutta boleh sembarangan begitu saja.

2.mengapa seorang putujhana berdiskusi mengenai sotaphana, sesuatu yg berada diluar kemampuan dan pengalamannya. bagaimana caranya ikan di aquarium mengerti lautan jika ia tidak melompat ke laut.







Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #13 on: 13 December 2017, 09:34:00 AM »
1.nara sumber adalah sutta.padahal sutta itu sendiri sumber tidak langsung, para bhante menulisnya dgn pembuka evam me suttam, sehingga jika ada kesalahan mereka tidak kena karma.jika diskusi sutta tanpa menyertakan kalimat pembuka evam me suttam, apa tidak khawatir kena karma jika ada pandangan salah.

Sumbernya saja ditulis dgn hati hati.apakah diskusi sutta boleh sembarangan begitu saja.

2.mengapa seorang putujhana berdiskusi mengenai sotaphana, sesuatu yg berada diluar kemampuan dan pengalamannya. bagaimana caranya ikan di aquarium mengerti lautan jika ia tidak melompat ke laut.







Kenapa malu2 sih keluarin kata danda kamma?
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #14 on: 13 December 2017, 01:30:28 PM »
Kenapa malu2 sih keluarin kata danda kamma?

Jawab dulu bagaimana ikan di aquarium tahu tentang lautan.seringkali materi diskusi berada diluar jangkauan orang yg berdiskusi.setelah diperiksa ternyata tiap peserta diskusi mengajukan argumen dari sutta.yg berbahaya ya itu. Sumbernya selalu ditulis dengan hati hati, dengan kalimat pengaman evam me suttam. Lha kalian malah diskusi menggunakan nara sumber sutta tanpa kalimat itu.apa susahnya nulis evam me suttam di copas atau link yg disertakan.

apa yg dikhwatirkan para bhante yg menulis ulang sutta tersebut jika mengakui tulisan itu adalah karya mereka padahal subyek dari sutta sudah meninggal.belum lagi jika ada kesalahan.ya bahaya karma.

william.benar tidak tulisan diatas.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #15 on: 13 December 2017, 01:39:32 PM »
jika memang diskusi sutta,
1.mana nara sumber
2.saran.mana tulisan evam me suttam.

1. Gak perlu narsum, silahkan berikan referensi untuk menyanggah opini saya.
2. Kalo mau tulisan itu, bisa liat di Sutta. Disini kita diskusi doktrin, bukan ngomongin kata Evamme Suttam.

Kalo gak niat kassih jawaban, dengan penuh hormat gw katakan, keluar dari threadku!  :P
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #16 on: 13 December 2017, 01:42:38 PM »
1. benar, demikianlah istilah di sutta, misalnya di Samanaphala sutta
2. benar, demikianlah tertulis di sutta
3. Ini ketemunya di komentar entah dimana. Karena di sutta hanya disebut tujuh maksimal

Di beberapa Sutta sih ada untuk nomer 3.

Contoh: https://suttacentral.net/id/an10.64
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #17 on: 13 December 2017, 01:47:09 PM »
2.mengapa seorang putujhana berdiskusi mengenai sotaphana, sesuatu yg berada diluar kemampuan dan pengalamannya. bagaimana caranya ikan di aquarium mengerti lautan jika ia tidak melompat ke laut.

Darimana anda tau semua yg disini seorang Putujhana? Emangnya anda punya mata batin? Kalo nggak, mending diem aja deh daripada nyampah gak guna di thread ini...  :P
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #18 on: 13 December 2017, 02:38:07 PM »
1. Gak perlu narsum, silahkan berikan referensi untuk menyanggah opini saya.
2. Kalo mau tulisan itu, bisa liat di Sutta. Disini kita diskusi doktrin, bukan ngomongin kata Evamme Suttam.

Kalo gak niat kassih jawaban, dengan penuh hormat gw katakan, keluar dari threadku!  :P

sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #19 on: 13 December 2017, 02:49:30 PM »
Kenapa malu2 sih keluarin kata danda kamma?

mana button "thanks"?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #20 on: 13 December 2017, 02:51:31 PM »
sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

danda kamma maksud anda? atau apakah anda baru saja nabrak tiang listrik hingga geger otak dan amnesia?

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #21 on: 13 December 2017, 06:08:45 PM »
danda kamma maksud anda? atau apakah anda baru saja nabrak tiang listrik hingga geger otak dan amnesia?

kamma bhaya.kamma adalah karma
bhaya adalah bahaya.

karena itulah semua sutta dibuka dengan kalimat evam me suttam.

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #22 on: 13 December 2017, 07:26:41 PM »
dhammacakkhu
Dhamma adalah pengertian di atas duniawi
Cakkhu adalah mata yg melihat.
apa yg dimaksud dgn pengertian diatas duniawi, atau diatas pengertian orang biasa.

Contoh yg sederhana adalah bhaya kamma, bahaya karma.
Bagi orang biasa, tulisan evam me suttam itu biasa saja, sepertinya hanya kalimat pembuka agar tutur kata terdengar merendah dan santun.
Namun bagi mereka yg sudah mendengar dan tahu bahsya karma, itu adalah pengaman.jangan sampai berdiskusi, menulis berkenaan dgn para arya dan Buddha menimbulkan pandangan salah bagi yg membaca, yg mendengar ataupun yg berdiskusi.

bila ditulis kata evam me suttam di pembuka copas atau link atau sutta yg utuh, bila ada kesalahan maka ybs tidak kena bhaya kamma.

meski putujhana tdk memiliki dhammacakkhu, ia tetap harus berhati hati dan tahu malu.tdk agresif melebihi para ariya di masa lalu.bhaya kamma itu tidak terelakan, jika  masih serampangan copas, cuplik ataupun translate sutta tanpa tulisan evam me suttam.


Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #23 on: 13 December 2017, 07:37:21 PM »
mana button "thanks"?
Quote from sunkmanitu "menerima ucapan terima kasih dalam bentuk grp"
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #24 on: 13 December 2017, 09:50:01 PM »
sutta berbeda dengan doktrin, seperti halnya di ajaran agama lain.ciri khas sutta adalah kalimat evam me suttam.itu pengaman agar orang yg membaca mengerti jika para bhante yg menulisnya juga mendengar dari orang lain.sehingga bukan suatu mutlak dan bisa ada kesalahan.
namun para bhante yg menulis tidak kena bahaya karma krn adanya kalimat evam me suttam,

Nah sekarang anda mendiskusi kan sutta untuk thread ini.tanpa menyertakan kalimat evam me suttam, berarti anda terkena bahaya karma jika ada pandangan salah dari hasil diskusi.
Tirulah para bhante yg menulis 2500 tahun yg lalu.berhati hati krn ada bahaya karma.

Doktrin berada di Sutta. Dan gak ada bahaya karma kalo gak ngucapin Evam mayam sutram tiap kali mo diskusi Sutta. Justru yg nyiptain istilah sendiri yg aneh2 malah ada bahaya karma menyesatkan orang lain. :p
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #25 on: 13 December 2017, 10:00:49 PM »
dhammacakkhu
Dhamma adalah pengertian di atas duniawi
Cakkhu adalah mata yg melihat.
apa yg dimaksud dgn pengertian diatas duniawi, atau diatas pengertian orang biasa.

Nah ini satu contoh yg menyesatkan. Menginterpretasikan kata2 semau dewek tanpa perbandingan penggunaan kata di kanon khususnya Sutta. Hasilnya ya menyesatkan.

Quote
Contoh yg sederhana adalah bhaya kamma, bahaya karma.
Bagi orang biasa, tulisan evam me suttam itu biasa saja, sepertinya hanya kalimat pembuka agar tutur kata terdengar merendah dan santun.
Namun bagi mereka yg sudah mendengar dan tahu bahsya karma, itu adalah pengaman.jangan sampai berdiskusi, menulis berkenaan dgn para arya dan Buddha menimbulkan pandangan salah bagi yg membaca, yg mendengar ataupun yg berdiskusi.

bila ditulis kata evam me suttam di pembuka copas atau link atau sutta yg utuh, bila ada kesalahan maka ybs tidak kena bhaya kamma.

Nah, ini orang dah gak punya malu dan takut. Kerjaannya menyesatkan orang lain terus. Sekarang ciptain istilah baru "Bhaya Kamma"...  :))

Quote
meski putujhana tdk memiliki dhammacakkhu, ia tetap harus berhati hati dan tahu malu.tdk agresif melebihi para ariya di masa lalu.bhaya kamma itu tidak terelakan, jika  masih serampangan copas, cuplik ataupun translate sutta tanpa tulisan evam me suttam.
Masih mau nyesatin orang?

#Jhindra

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #26 on: 13 December 2017, 11:36:05 PM »
Darimana anda tau semua yg disini seorang Putujhana? Emangnya anda punya mata batin? Kalo nggak, mending diem aja deh daripada nyampah gak guna di thread ini...  :P

nyana jhana, lupa ya?

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #27 on: 14 December 2017, 12:02:55 AM »
nyana jhana, lupa ya?
bro,makasih ya karena 3 tongkat.jika pesan sudah disampaikan pada yang tepat,ada rasa beban yg berkurang.jika cuma kise tongkat pikiran,ucapan dan perbuatan kurang jelas.pelengkap kondisi.ya serasa berkelana turun gunung untuk menyampaikan kabar gembira.tapi kalau soal rasa memang susah diungkapkan dengan huruf.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #28 on: 14 December 2017, 12:47:46 AM »
pamit ya...."Saya mengerti"
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #29 on: 14 December 2017, 01:41:18 AM »
numpang catatan selagi ingat.bukunya kr dicuri orang.kr setiap kejadian aneh dulu saya catat.tolong jangan dihapus.saya sedang tidak berpikir dulu.tiba2 muncul pikiran spt ada pikiran org lain dan dia berpikir tentang media manusia yang akan dibunuh.kr terlalu sering dengar sy bingung.kemudian sya temukan caranya dengan menutup lubang telinga dia hilang.ada orang yg tidak suka saya belajar disini.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #30 on: 14 December 2017, 01:57:09 AM »
agenda tebal saya catat bahkan dengan bentuk gelombang.semua yg tidak alami.buku itu dan dengan buku dhamma dicuri.perampokan dll.jadi apa yg saya pelajari supaya hilang dan lupa.saya susah lupa perasaan media yg mau mati itu , maaf ya kalau nyampah.saya kecewa sekali kr buku tentang media2 itu dicuri.kalau tidak saya bisa mengingat dan mempelajarinya serta tempat dimana munculnya.setiap hari saya catat.plus pikiran2 orang.awalnya detektor bagus rasa seperti ini datang maka saya sudah tahu.hp aka. berubah begini.saya sudah ada curhat sedikit2 sama org mgkn mengerti sama spt menitip ingatan.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #31 on: 14 December 2017, 02:18:00 AM »
Di beberapa Sutta sih ada untuk nomer 3.

Contoh: https://suttacentral.net/id/an10.64
bukankah anda samanera?sotapana, sakadagami, anagami? kalau tidak salah ingat, sotapana 7kali, sakadagami 5, ANAGAMI 1.yg susah hilang dikepala saya kata anagami.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #32 on: 14 December 2017, 02:28:38 AM »
dhammacakkhu
Dhamma adalah pengertian di atas duniawi
Cakkhu adalah mata yg melihat.
apa yg dimaksud dgn pengertian diatas duniawi, atau diatas pengertian orang biasa.

Contoh yg sederhana adalah bhaya kamma, bahaya karma.
Bagi orang biasa, tulisan evam me suttam itu biasa saja, sepertinya hanya kalimat pembuka agar tutur kata terdengar merendah dan santun.
Namun bagi mereka yg sudah mendengar dan tahu bahsya karma, itu adalah pengaman.jangan sampai berdiskusi, menulis berkenaan dgn para arya dan Buddha menimbulkan pandangan salah bagi yg membaca, yg mendengar ataupun yg berdiskusi.

bila ditulis kata evam me suttam di pembuka copas atau link atau sutta yg utuh, bila ada kesalahan maka ybs tidak kena bhaya kamma.

meski putujhana tdk memiliki dhammacakkhu, ia tetap harus berhati hati dan tahu malu.tdk agresif melebihi para ariya di masa lalu.bhaya kamma itu tidak terelakan, jika  masih serampangan copas, cuplik ataupun translate sutta tanpa tulisan evam me suttam.
saya pernah melihat gaya2 tulisan anda sebelumnya.anda berteman dengan KK?seperti menyelidiki dia.id kardus atau apa itu ya.saya malas membaca2 apalagi setelah tahu posting suka dirubah2.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #33 on: 14 December 2017, 05:02:06 AM »
agenda tebal saya catat bahkan dengan bentuk gelombang.semua yg tidak alami.buku itu dan dengan buku dhamma dicuri.perampokan dll.jadi apa yg saya pelajari supaya hilang dan lupa.saya susah lupa perasaan media yg mau mati itu , maaf ya kalau nyampah.saya kecewa sekali kr buku tentang media2 itu dicuri.kalau tidak saya bisa mengingat dan mempelajarinya serta tempat dimana munculnya.setiap hari saya catat.plus pikiran2 orang.awalnya detektor bagus rasa seperti ini datang maka saya sudah tahu.hp aka. berubah begini.saya sudah ada curhat sedikit2 sama org mgkn mengerti sama spt menitip ingatan.
tahap pertama mendengarkan suara.itu lewat telinga.kemudian berkembang spt pola pikirnya lagi.kemudian sampai tahap keperasaan.jarak mempengaruhi ketika merasa aneh2 spt itu.disana anda bisa bedakan asli atau tidak keanehan yg dialami.saya baru teringat pagi ini.di satu tempat itu akan lebih jelas berbedanya.buku saya itu lengkap.pernah terlihat malah bentuk gelombangnya.awal pertama spt air hujan.itu kalau ga salah ingat efeknya ke mata.masa manusia itu ada yg dibujuk bakal bisa jadi punya cinta kasih besar dengan mengambil cinta kasih orang lain.org itu ditakut2i sampai titik tertentu supaya takut kehilangan cinta kasih dalam dirinya.awalnya lewat permainan spt saling mengorbankan dan menolong.katanya ga apa2 spt itu.ada ingatan yg mau muncul tapi ga bs waktu sy baca id d1c1 bahwa kalau itu untuk 1org.kl sya sedang stabil akan saya ajak diskusi.bagaimana cra lainnya.itu hal yg utama awalnya saya cari.masa kita pegang api orang yg lain yg sakit.sesaat diri kita berbeda.masa ada rasa manusia dipotong...ketika kejadian2 itu saya banyak merasakan perasaan2 manis yg beranekaragam.bahkan ada anak2 yg manis.anggap saja ini mimpi seseorg yg dititip disini.setiap saya hampir mengerti pasti gagal.tapi persahabatan mereka kuat walau tidak kenal.susah diuraikan.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #34 on: 14 December 2017, 05:17:11 AM »
mungkin itu yang membuat evolusi pada banyak hal ditubuh.seharusnya biarkan alami.saya tiba2 ingat 1malam keramat di sutta.tapi entah dimana lagi carinya.jangan membangkitkan masa lampau atau masa lalu ya?
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #35 on: 14 December 2017, 05:29:51 AM »
si hipnoterapi sudah bukan dia lagi waktu itu.nanti saya salah paham.saya yakin bukan dia.sebaiknya dunia maya tidak terlalu dipercaya.eh bro medho saya ingat wajah tuhan.yg baru maupun lama tolong jangan dihapus ini ya.mana tahu saya butuh suatu saat.sampai jumpa ya.karena saya baru ingat bahwa saya sudah lulus disini.mungkin saya pula membawa bencana di forum ini.semoga yg membuat fitnah sehingga orang beradu berbuah karma/kammanya pada kehidupan saat ini juga.saya menunggu dan menanti yg mengajak saya.tapi tidak pernah muncul.kalau sekarang sudah tidak cocok.keinginan tidak ada yg tercapai.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #36 on: 14 December 2017, 06:32:11 AM »
forte juga sudah bukan dia.karena dulu saya hafal rata2 gaya ketikan mereka.entah sejak kapan orang yg ini mengetik pakai  " .....".saya seperti mulai mengerti.mudah2an makin mengerti.permainan itu pada akhirnya menghabiskan semua pemainnya juga.hal tidak bermanfaat baik.berhenti sejenak dari permainan dan merenung.pasti ada cara yg baik.mengendalikan persepsi efeknya spt ini bagi pelaku.oya,tiba2 ingat.saya sempat pakai beebagai macam objek untuj atas dulu.sempat makan cabe rawit.ada yg cukup pakai selimut tebal saja.pengetahuan penting.nanti tiba2 mengerti sendiri.siapa tuh yg bersenang2 dengan penelitian.karma/kammamu mengerikan.apa motuvasi orang berpacaran?tidak persis spt itu kalimatnya.tapi itu masa penelitian awalnya.saya mulai merasa diteleti.agus sucipto.itu wayangnya.kamu membuat ikon2 sifat sya.terus siapa kamu korbankan?foto kalian ada pada saya.disini dc disana dc.itu awalnya.kr sya meneliti.oh punya bbm,itu si Kk sudah beda.mana tau menggiring persepsi org spy sya jadi korban.pantas dia tidak menjawab tentang beberapa hal waktu itu.bbmnya yg sangat beda.biasanya rapi spt ini tiba2 spt bertukar org.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #37 on: 14 December 2017, 06:35:19 AM »
nanti teringat juga saya urutannya.saya ga mau sampai salah.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #38 on: 14 December 2017, 06:42:04 AM »
trk lbs.pesawat tempur.pengarang.itu entah siapa tuh.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #39 on: 14 December 2017, 07:14:23 AM »
Doktrin berada di Sutta. Dan gak ada bahaya karma kalo gak ngucapin Evam mayam sutram tiap kali mo diskusi Sutta. Justru yg nyiptain istilah sendiri yg aneh2 malah ada bahaya karma menyesatkan orang lain. :p

kelihatan sekali anda tidak memiliki rasa takut , ottapa.bhaya kamma bisa terjadi secara berkelompok dgn anda sebagai trigger. Apa yg di tulis di sutta itu bukan doktrinasi, sesuatu yg kebenaran mutlak sebagaimana di agama lain.
itu adalah yg didengar para ariya di masa lalu ketika mereka menyusun tipitaka.krn bisa ada kesalahan dan bisa menimbulkan pandangan salah bagi pembacanya, maka mereka membuka sutta dgn kalimat evam me suttam.itu adalah pengaman agar jika kesalahan mereka yg menyusun terhindar dari bhaya kamma,bahaya karma.

Kenapa kerassekali.ya tentu para ariya memiliki ottapa, rasa takut bila terjadi kesalahan.
Bagi ygmemiliki dhammachakkhu, mereka tahu langsung bhaya kamma dan tidak ragu untuk hati hati dalam menulis, copas ataupun membuat link dari sutta.

Anda mungkin bisa membohongi diri sendiri dengan mengatakan bhaya kamma itu omong kosong, tidak ada.bahkan bisa menyebutkan, sudah berulang kali diskusi tanpa menyertakan evam me suttam, dan tidak ada kejadian apapun.

saya ingatkan kembali, bhaya kamma dari perbuatan seperti itu belum masak dan berbuah.bukan omong kosong.



« Last Edit: 14 December 2017, 07:23:02 AM by madya »

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #40 on: 14 December 2017, 07:30:03 AM »
medankan?cuma tinggal pasang foto org ini dan buat lokasi di medan.sampai hilang foto2 org itumobil itu kalian kan?bukan yg diforum.dan kamu buat saya sibuk dg beradu2.membanggakan tiba2 pintar.masa lalumu sudah pernah beradu dan diampuni.jadi"iblis" dalam diri sya ingin makan kamu.kamu yg di fb mengancam dlm dunia nyata maupun maya.itu gantian dimain2kan persepsinya entah spt apa tuh.makanya aku menjadi bodoh.oya di buku anggaran belanja.pikiran ini menjadi lunak dan lentur dan mengikuti keinginanku kl sudah melihat uang.begitu harusnya ceramah dibabarkan saat ini.jadi kehendakmu terpenuhi maka muncullah lampu lang ling lung.kenapa ada aturan malam suci.kenapa dlu kmu tdk bs membaca pikiranku teman?kr ūp. sudah tidak bisa membaca.apakah kamu terkejut teman?alami itu sangat2 menyenangkan.kenapalah ingatan tentang media ini jadi timbul sangat jelas?
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #41 on: 14 December 2017, 10:01:36 AM »
Pada bahas apa sih??? bahasannya ngalor ngidul tidak sesuai topik....ckkcckk
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #42 on: 14 December 2017, 10:08:12 AM »
Indra sostradanie karniawan setali 3 uang. yg pertama menolak,  yg kedua  marah marah.yang ketiga dari barat ke timurbicaranya.

kalian bertiga sebagai upasaka, tentu mengerti istilah cutti citta, kesadaran pemutus saat orang pindah alam.itulah bhaya kamma akibat terlalu banyak kesalahan.

ketika sudah ada yg memberitahu, jangan diulangi.itu yg terbaik yg bisa dikerjakan jika terlanjur berbuat salah.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #43 on: 14 December 2017, 03:16:53 PM »
bukankah anda samanera?sotapana, sakadagami, anagami? kalau tidak salah ingat, sotapana 7kali, sakadagami 5, ANAGAMI 1.yg susah hilang dikepala saya kata anagami.

Umat awam...  ;D Sakadagami 1x kembali ke alam manusia, anagami gak kembali lagi ke alam manusia.
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #44 on: 14 December 2017, 03:21:23 PM »
kelihatan sekali anda tidak memiliki rasa takut , ottapa.bhaya kamma bisa terjadi secara berkelompok dgn anda sebagai trigger. Apa yg di tulis di sutta itu bukan doktrinasi, sesuatu yg kebenaran mutlak sebagaimana di agama lain.
itu adalah yg didengar para ariya di masa lalu ketika mereka menyusun tipitaka.krn bisa ada kesalahan dan bisa menimbulkan pandangan salah bagi pembacanya, maka mereka membuka sutta dgn kalimat evam me suttam.itu adalah pengaman agar jika kesalahan mereka yg menyusun terhindar dari bhaya kamma,bahaya karma.

Kenapa kerassekali.ya tentu para ariya memiliki ottapa, rasa takut bila terjadi kesalahan.
Bagi ygmemiliki dhammachakkhu, mereka tahu langsung bhaya kamma dan tidak ragu untuk hati hati dalam menulis, copas ataupun membuat link dari sutta.

Anda mungkin bisa membohongi diri sendiri dengan mengatakan bhaya kamma itu omong kosong, tidak ada.bahkan bisa menyebutkan, sudah berulang kali diskusi tanpa menyertakan evam me suttam, dan tidak ada kejadian apapun.

saya ingatkan kembali, bhaya kamma dari perbuatan seperti itu belum masak dan berbuah.bukan omong kosong.

Kemarin Dandakamma, sekarang muncul istilah baru lagi "Bhaya Karma". Hey orang sesat, jangan suka nnyesatin orang lain dengan istilah2mu! Kau liat di kamus apa definisi "Bhaya". Dan ada kagak di kanon yg gunain istilah itu?   ;D

BRP mana BRP...  =))
#Jhindra

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #45 on: 14 December 2017, 04:27:13 PM »
kelihatan sekali anda tidak memiliki rasa takut , ottapa.bhaya kamma bisa terjadi secara berkelompok dgn anda sebagai trigger. Apa yg di tulis di sutta itu bukan doktrinasi, sesuatu yg kebenaran mutlak sebagaimana di agama lain.
itu adalah yg didengar para ariya di masa lalu ketika mereka menyusun tipitaka.krn bisa ada kesalahan dan bisa menimbulkan pandangan salah bagi pembacanya, maka mereka membuka sutta dgn kalimat evam me suttam.itu adalah pengaman agar jika kesalahan mereka yg menyusun terhindar dari bhaya kamma,bahaya karma.

Kenapa kerassekali.ya tentu para ariya memiliki ottapa, rasa takut bila terjadi kesalahan.
Bagi ygmemiliki dhammachakkhu, mereka tahu langsung bhaya kamma dan tidak ragu untuk hati hati dalam menulis, copas ataupun membuat link dari sutta.

Anda mungkin bisa membohongi diri sendiri dengan mengatakan bhaya kamma itu omong kosong, tidak ada.bahkan bisa menyebutkan, sudah berulang kali diskusi tanpa menyertakan evam me suttam, dan tidak ada kejadian apapun.

saya ingatkan kembali, bhaya kamma dari perbuatan seperti itu belum masak dan berbuah.bukan omong kosong.
masa manusia tidak punya rasa takut?saya teringat kata2 dalam dunia maya maupun nyata.jujur pikiran sya masih positif.kamu seperti butuh pembuktian.saya berusaha membuktikan sejauh yg saya mampu yg saya tangkap dari kalimat itu.tapi seperti hal yg sia2.maaf..sy jd mengerti pengorbanan yesus sampai tahap sejauh ini.sy mengerti kenapa dia berkata begini begitu.objek yang nyata.jika saya tidak mengalami atau menjalani ini tidak akan dapat pemahaman2 yg saya ingin tahu.bahkan berlebih2 sampai melimpah ruah mungkin karena keinginan terlalu besar atau kehendak.saya tidak tahu istilah tepatnya.kelihatan spt apa ya kalau mengetik dengan susunan kalimat spt diatas.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.789
  • Reputasi: 43
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #46 on: 14 December 2017, 04:42:12 PM »
saya teringat tulisan mgkn dari aliran zen.kr sptnya frekuensi pikirannya sangat pas.kr sya tidak tahu siapa.saya cuma bisa menyampaikan saya menghormatimu.kamu berbakat memahami manusia secara alami.memahami pikiran manusia secara alami.
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #47 on: 14 December 2017, 06:26:22 PM »
Kemarin Dandakamma, sekarang muncul istilah baru lagi "Bhaya Karma". Hey orang sesat, jangan suka nnyesatin orang lain dengan istilah2mu! Kau liat di kamus apa definisi "Bhaya". Dan ada kagak di kanon yg gunain istilah itu?   ;D

BRP mana BRP...  =))

bhaya artinya bahaya
kamma artinya karma.

bhikkhu itu namanya abhayasila artinya
moralitas sebagai penjaga dari bahaya.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #48 on: 14 December 2017, 10:23:37 PM »
bhaya artinya bahaya
kamma artinya karma.

bhikkhu itu namanya abhayasila artinya
moralitas sebagai penjaga dari bahaya.



mohon referensinya, jangan asal ngomong, atau anda yg akan dikutuk oleh bhaya karma itu

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #49 on: 15 December 2017, 08:58:44 AM »
mohon referensinya, jangan asal ngomong, atau anda yg akan dikutuk oleh bhaya karma itu

apa arti evam me suttam.khan sudah jelas. Semua sutta di tulis dgn kalimat yg sama.kenapa disebut sutta.apa benar kumpulan kotbah Buddha.bukannya kumpulan kotbah Buddha yg didengar para bhikkhu kemudian ditulis ulang setelah Buddha parinibbhana.

bhaya kamma indra seperti bayang bayang yg tidak meninggalkan bendanya.orang yg melakukan menulis sutta, copas sutta, membuat link sutta tanpa tulisan pengaman evam me suttam  yg kena.yg tidak melakukan tidak kena.itu bukan curse.itu kamma. Curse berarti semua kena, termasuk yg tidak melakukan tapi terlibat.

Misal forum ini.member bicara salah mengenaigod.maka dalam sistem curse, donatur kena, moderator kena, d1c1 kena.
« Last Edit: 15 December 2017, 09:10:00 AM by madya »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #50 on: 15 December 2017, 09:52:54 AM »
apa arti evam me suttam.khan sudah jelas. Semua sutta di tulis dgn kalimat yg sama.kenapa disebut sutta.apa benar kumpulan kotbah Buddha.bukannya kumpulan kotbah Buddha yg didengar para bhikkhu kemudian ditulis ulang setelah Buddha parinibbhana.

bhaya kamma indra seperti bayang bayang yg tidak meninggalkan bendanya.orang yg melakukan menulis sutta, copas sutta, membuat link sutta tanpa tulisan pengaman evam me suttam  yg kena.yg tidak melakukan tidak kena.itu bukan curse.itu kamma. Curse berarti semua kena, termasuk yg tidak melakukan tapi terlibat.

Misal forum ini.member bicara salah mengenaigod.maka dalam sistem curse, donatur kena, moderator kena, d1c1 kena.


sejauh ini bhaya karma itu hanyalah kata2 anda sendiri yg tidak ada dukungan dari sutta, silakan anda membuktikan dengan memberikan rujukan soal bhaya karma ini

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #51 on: 15 December 2017, 10:20:59 AM »
sejauh ini bhaya karma itu hanyalah kata2 anda sendiri yg tidak ada dukungan dari sutta, silakan anda membuktikan dengan memberikan rujukan soal bhaya karma ini

sutta mana yg tidak dibuka dgn evamme suttam.kemudian tidakkah anda melihat bhaya kamma karena tidak mencantumkan kalimat evam me suttam.
Bagaimana jika itu menjadi tulisan anda dan memberikan pandangan salah bagi yg membaca.
Bukankah itu bahaya dari karma perbuatan anda.

jika anda menambahkan evam me suttam, maka nara sumber sutta itu berubah maknanya.dari doktrin menjadi sutta, sesuatu yg didengar kmd ditulis ulang.bisa ada kesalahan karena penerjemahan, salah dengar, pergeseran makna, kemampuan yg menulis tidak sama dengan yg ditulis, dalam hal ini sang bhagava.

Karena itulah para ariya tidak serampangan, berhati hati, tahu malu dalam menulis ulang kisah Buddha. Agar tidak kena bahaya kamma, mereka selalu menambahkan evam me suttam.apa kamu tidak meniru teladan mereka indra.

Boleh tidak takut bhaya kamma krn itu sifatnya personal.
Namun jgn menyebarkan cara yg salah di forum atau dimana saja.bhaya kamma u pengguna jelas berbeda dengan bhaya kamma u pengedar.







Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #52 on: 15 December 2017, 10:36:44 AM »
bhaya artinya bahaya
'

Yakin? Referensi?  :P
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #53 on: 15 December 2017, 11:25:46 AM »
'

Yakin? Referensi?  :P

sulit meyakinkan anda.saya dengar anda tidak takut bhaya kamma.namun jika bisa jgn spread.banyak orang yg tidak mengerti jadi ikut kena bhaya kamma krn support anda.
Kalau berbuat hal yg menimbulkan bhaya kamma, jgn cari pendukung kmd bhaya kamma ditanggung bersama.



Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #54 on: 15 December 2017, 11:30:13 AM »
sulit meyakinkan anda.saya dengar anda tidak takut bhaya kamma.namun jika bisa jgn spread.banyak orang yg tidak mengerti jadi ikut kena bhaya kamma krn support anda.
Kalau berbuat hal yg menimbulkan bhaya kamma, jgn cari pendukung kmd bhaya kamma ditanggung bersama.




Setelah "danda" dan "bhaya", saya sungguh antusias menunggu -10 untuk penjelmaan anda selanjutnya, kira-kira istilah apa yang akan muncul berikutnya. Boleh diberikan bocoran, teaser, trailer sedikit?



Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #55 on: 15 December 2017, 02:26:21 PM »
Setelah "danda" dan "bhaya", saya sungguh antusias menunggu -10 untuk penjelmaan anda selanjutnya, kira-kira istilah apa yang akan muncul berikutnya. Boleh diberikan bocoran, teaser, trailer sedikit?

anda moderator.jika memang  setuju, anda bisa rubah postingan yg lalu sampai sekarang.tambahkan saja evam me sutta di sutta atau copas sutta atau link sutta.
Kasihan mereka yg bukan moderator.mereka locked by system.

itu saran yg benar.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #56 on: 15 December 2017, 04:53:25 PM »
sutta mana yg tidak dibuka dgn evamme suttam.kemudian tidakkah anda melihat bhaya kamma karena tidak mencantumkan kalimat evam me suttam.
Bagaimana jika itu menjadi tulisan anda dan memberikan pandangan salah bagi yg membaca.
Bukankah itu bahaya dari karma perbuatan anda.

jika anda menambahkan evam me suttam, maka nara sumber sutta itu berubah maknanya.dari doktrin menjadi sutta, sesuatu yg didengar kmd ditulis ulang.bisa ada kesalahan karena penerjemahan, salah dengar, pergeseran makna, kemampuan yg menulis tidak sama dengan yg ditulis, dalam hal ini sang bhagava.

Karena itulah para ariya tidak serampangan, berhati hati, tahu malu dalam menulis ulang kisah Buddha. Agar tidak kena bahaya kamma, mereka selalu menambahkan evam me suttam.apa kamu tidak meniru teladan mereka indra.

Boleh tidak takut bhaya kamma krn itu sifatnya personal.
Namun jgn menyebarkan cara yg salah di forum atau dimana saja.bhaya kamma u pengguna jelas berbeda dengan bhaya kamma u pengedar.








kenapa sulit sekali mengakui kego-blokan anda, akui saja bahwa anda memang tidak tahu referensi otentik untuk sebutan ciptaan anda itu. berhentilah mempermalukan diri anda lebih jauh lagi. walaupun seorang hina spt anda tentu memang tidak tahu malu

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #57 on: 15 December 2017, 07:21:21 PM »
sulit meyakinkan anda.saya dengar anda tidak takut bhaya kamma.namun jika bisa jgn spread.banyak orang yg tidak mengerti jadi ikut kena bhaya kamma krn support anda.
Kalau berbuat hal yg menimbulkan bhaya kamma, jgn cari pendukung kmd bhaya kamma ditanggung bersama.

Gampang aja... Kasih referensi arti Bhaya dari kamus itu apa dan darimana kamusnya itu. :D
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #58 on: 15 December 2017, 07:22:33 PM »
Setelah "danda" dan "bhaya", saya sungguh antusias menunggu -10 untuk penjelmaan anda selanjutnya, kira-kira istilah apa yang akan muncul berikutnya. Boleh diberikan bocoran, teaser, trailer sedikit?

BRP nya turunin biar lebih cepet... =))
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #59 on: 15 December 2017, 07:49:08 PM »
kenapa sulit sekali mengakui kego-blokan anda, akui saja bahwa anda memang tidak tahu referensi otentik untuk sebutan ciptaan anda itu. berhentilah mempermalukan diri anda lebih jauh lagi. walaupun seorang hina spt anda tentu memang tidak tahu malu

kenapa anda tidak membantah dgn menulis jika tidak ada bhaya kamma jika berdiskusi, menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam.itu khan lebih gentle daripada spt diatas.

Apa yg anda khwatirkan.

pendukung anda karniawan dan kloneng nya
« Last Edit: 15 December 2017, 07:52:50 PM by madya »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #60 on: 15 December 2017, 09:41:44 PM »
kenapa anda tidak membantah dgn menulis jika tidak ada bhaya kamma jika berdiskusi, menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam.itu khan lebih gentle daripada spt diatas.

Apa yg anda khwatirkan.

pendukung anda karniawan dan kloneng nya

anda benar, saya membantah adanya bhaya kamma jika berdiskusi menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam. frasa  itu sama sekali bukan kalimat pengaman, ini menjadi kalimat pengaman bersumber dari delusi anda sendiri yang tentu saja tidak layak diikuti.

supaya anda tambah cerdas sedikit, nih saya kasih bocoran, tidak semua sutta diawali dengan frasa itu. saya tidak akan memberikan contoh2 sulit mengingat kapasitas otak anda, jadi saya akan kasih contoh sederhana yg saya yakin anda sudah tau, karena terdapat di buku paritta. mangala sutta memang diawali dengan evam me suttam, tapi karaniya metta sutta tidak demikian, bisakah anda menjelaskan hal ini?

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #61 on: 15 December 2017, 10:16:21 PM »
pendukung anda karniawan dan kloneng nya

kapan gw punya klonengan? -.-
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #62 on: 16 December 2017, 10:18:13 AM »
anda benar, saya membantah adanya bhaya kamma jika berdiskusi menulis dengan nara sumber sutta, copas sutta atau link sutta tanpa menyertakan kalimat pengaman evam me suttam. frasa  itu sama sekali bukan kalimat pengaman, ini menjadi kalimat pengaman bersumber dari delusi anda sendiri yang tentu saja tidak layak diikuti.

supaya anda tambah cerdas sedikit, nih saya kasih bocoran, tidak semua sutta diawali dengan frasa itu. saya tidak akan memberikan contoh2 sulit mengingat kapasitas otak anda, jadi saya akan kasih contoh sederhana yg saya yakin anda sudah tau, karena terdapat di buku paritta. mangala sutta memang diawali dengan evam me suttam, tapi karaniya metta sutta tidak demikian, bisakah anda menjelaskan hal ini?

jika sudah dibantah maka hitam dan putihnya jelas.saya tidak memberitahu mereka yg tidak setuju, tidak memiliki keyakinan.namun anda tidak boleh menutup jalan saya memberitahu yg lain.bhaya kamma masak dan berbuah,  salah satu sebabnya adalah kebodohan, moha.

indra, gurumu pasti kecewa sekali jika engkau tidak mendiskusikan hal ini kepadanya.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #63 on: 16 December 2017, 11:17:08 AM »
jika sudah dibantah maka hitam dan putihnya jelas.saya tidak memberitahu mereka yg tidak setuju, tidak memiliki keyakinan.namun anda tidak boleh menutup jalan saya memberitahu yg lain.bhaya kamma masak dan berbuah,  salah satu sebabnya adalah kebodohan, moha.
oh saya sangat bisa dan boleh menutup jalan anda menyebarkan ajaran anda sendiri yg tidak sesuai dengan ajaran Sang Buddha, anda tidak dapat membuktikan dengan rujukan sah bahwa ajaran anda itu adalah ajaran Sang Buddha, bukan?

Quote
indra, gurumu pasti kecewa sekali jika engkau tidak mendiskusikan hal ini kepadanya.


guru saya tidak lagi merasa kecewa terhadap apapun, guru saya sudah parinibbana.

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #64 on: 16 December 2017, 01:20:37 PM »
oh saya sangat bisa dan boleh menutup jalan anda menyebarkan ajaran anda sendiri yg tidak sesuai dengan ajaran Sang Buddha, anda tidak dapat membuktikan dengan rujukan sah bahwa ajaran anda itu adalah ajaran Sang Buddha, bukan?

guru saya tidak lagi merasa kecewa terhadap apapun, guru saya sudah parinibbana.

1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.




Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #65 on: 16 December 2017, 02:31:23 PM »
Oh sudah -5
Minggu depan pikirin istilah baru lagi ya..
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #66 on: 16 December 2017, 03:38:19 PM »
Oh sudah -5
Minggu depan pikirin istilah baru lagi ya..

kamu juga pendukung indra.tapi minim argument. saya perhatikan anda selalu mengeluarkan koment di akhir diskusi.tapi dari awal dan pertengahan tidak muncul.

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #67 on: 16 December 2017, 08:55:15 PM »
1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.
Masalah sepele aja diperdebatin... Gak semua Sutta pakek kata Evamme Suttam. Contoh yg sederhana buka paritta biru terbitan STI. Liat ada berapa Sutta yg gak pakek kata itu. ;D

Nih orang antara udah gak ada urat malunya atau emang udah dongkol banget sama forum nih cz dulu junjungannya diperlakukan dengan tidak hormat... =))
#Jhindra

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #68 on: 16 December 2017, 09:18:35 PM »
1.bhaya kamma indra .menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg benar, kmd spread yg salah. tulisan evam me suttam sudah jelas.apa yg didengar itu menunjukkan tulisan itu bisa salah.




Saya tidak menghalangi siapapun menunjukkan sesuatu yg benar, tapi saya akan menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg tidak benar. dan anda sedang melakukan hal yg tidak benar, maka saya menghalangi anda.
saya akan berkompromi dengan anda, saya beri waktu kepada anda 2x24 jam untuk memberikan bukti bahwa bhaya kamma ini memang ada terdapat dalam sutta2, jika anda tidak memberikan rujukan otentik atas bhaya kamma ini maka anda akan saya tendang. Tetapi sebaliknya jika anda mampu memberikan bukti itu, kita lihat seberapa lama anda dapat mempertahankan reputasi anda yg saat ini sudah -6

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #69 on: 16 December 2017, 10:39:22 PM »
Saya tidak menghalangi siapapun menunjukkan sesuatu yg benar, tapi saya akan menghalangi orang lain menunjukkan sesuatu yg tidak benar. dan anda sedang melakukan hal yg tidak benar, maka saya menghalangi anda.
saya akan berkompromi dengan anda, saya beri waktu kepada anda 2x24 jam untuk memberikan bukti bahwa bhaya kamma ini memang ada terdapat dalam sutta2, jika anda tidak memberikan rujukan otentik atas bhaya kamma ini maka anda akan saya tendang. Tetapi sebaliknya jika anda mampu memberikan bukti itu, kita lihat seberapa lama anda dapat mempertahankan reputasi anda yg saat ini sudah -6

bener.anda kuat menerima bhaya kamma.saya rasa anda tidak akan kuat.manusa tidak kuat.sotapanna, sakadagami pun masih menangis.begini saja.
bagaimana jika setelah senin depan.


Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #70 on: 16 December 2017, 10:48:46 PM »
Masalah sepele aja diperdebatin... Gak semua Sutta pakek kata Evamme Suttam. Contoh yg sederhana buka paritta biru terbitan STI. Liat ada berapa Sutta yg gak pakek kata itu. ;D

Nih orang antara udah gak ada urat malunya atau emang udah dongkol banget sama forum nih cz dulu junjungannya diperlakukan dengan tidak hormat... =))

buku biru paritta tidak mencantumkan evam me suttam itu keliru. sti bhikkhu banyak.boleh ditulis disini atau di jepret kamera kata pengantar dari sti.kita baca sama sama.
sekalian kata pengantar dqri penerbit.

jelas mereka salah,  karena menghilangkan evam me suttam itu berarti tulisan di buku paritta itu bukan sutta, sesuatu yg didengar dan ditulis ulang. Sti ceroboh dan mungkin jika leader melihat hal ini pasti ada koreksi dan penerbitnya pasti didjewer.

Bila tidak ada kata evamme suttam, kemudian setelah membaca tulisan itu, timbul pandangan salah maka sangha bertanggung jawab secara kolektif.sangha dalam hal ini sti.
Tentu jika buku itu terbitan sti, yg memberi pengantar adalah leader, bukan bhikkhu biasa.

Bhaya kamma tetap ada pada sti secara kolektif, jika benar leader sti memberikan pengantar buku itu.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #71 on: 16 December 2017, 10:56:41 PM »
bener.anda kuat menerima bhaya kamma.saya rasa anda tidak akan kuat.manusa tidak kuat.sotapanna, sakadagami pun masih menangis.begini saja.
bagaimana jika setelah senin depan.



2x24 jam di mulai sekarang jam 22:55, 16 Desember 2017, berakhir pada jam 22:55, 18 Desember 2017

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #72 on: 16 December 2017, 10:59:15 PM »
buku biru paritta tidak mencantumkan evam me suttam itu keliru. sti bhikkhu banyak.boleh ditulis disini atau di jepret kamera kata pengantar dari sti.kita baca sama sama.
sekalian kata pengantar dqri penerbit.

jelas mereka salah,  karena menghilangkan evam me suttam itu berarti tulisan di buku paritta itu bukan sutta, sesuatu yg didengar dan ditulis ulang. Sti ceroboh dan mungkin jika leader melihat hal ini pasti ada koreksi dan penerbitnya pasti didjewer.

Bila tidak ada kata evamme suttam, kemudian setelah membaca tulisan itu, timbul pandangan salah maka sangha bertanggung jawab secara kolektif.sangha dalam hal ini sti.
Tentu jika buku itu terbitan sti, yg memberi pengantar adalah leader, bukan bhikkhu biasa.

Bhaya kamma tetap ada pada sti secara kolektif, jika benar leader sti memberikan pengantar buku itu.


terbukti anda memang tidak pernah membaca sutta, jika anda pernah membaca sutta, sumber lain bahkan langsung dari Suttanipata, Khuddaka Nikaya pun memang tidak mencantumkan kalimat itu, dalam hal ini STI hanya mengambil dari sumber yg sah, dan STI sudah benar dengan tidak menambah2kan apa yang tidak ada.

membacalah, membaca itu bisa bikin pintar.

waktu berjalan terus, cepatlah berusaha agar anda dapat bertahan hidup lebih lama di sini

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #73 on: 17 December 2017, 08:13:22 AM »
terbukti anda memang tidak pernah membaca sutta, jika anda pernah membaca sutta, sumber lain bahkan langsung dari Suttanipata, Khuddaka Nikaya pun memang tidak mencantumkan kalimat itu, dalam hal ini STI hanya mengambil dari sumber yg sah, dan STI sudah benar dengan tidak menambah2kan apa yang tidak ada.

membacalah, membaca itu bisa bikin pintar.

waktu berjalan terus, cepatlah berusaha agar anda dapat bertahan hidup lebih lama di sini

katanya sti.sekarang lain lagi.jika ada sutta yg ditulis tanpa evam me suttam, maka itu ada bagian dari sutta itu yg hilang.namanya sutta, masa pembuka evamme suttam tidak ada.berarti bukan sutta donk.kemungkinan ada something wrong.misal penerjemah kurang teliti, buku rusak secara fisik di masa lalu, di rubah oleh orang tdk bertanggung jawab dan mungkin kerajaan Buddhis hancur, bukunya dirusak dengan merubah isinya shg makna berubah.

Kamu indra.merubah makna dari sutta dari sesuatu yg didengar menjadi doktrin mutlak sepertiagamasamawi. Bahkan berani membantah kalimat pengaman evam me suttam.
bhaya kamma itu sama dengan pastu (hindu) atau azhab(islam) digama lain.bedanya bhaya kamma orang yg tidak melakukan tidak kena. Sedangkan pastu atau azhab yg tidak melakukan namun terlibat se cara tdk langsung spt pendanaan, konsumsi, tranportasi juga kena hukuman yg sama.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #74 on: 17 December 2017, 08:27:06 AM »
katanya sti.sekarang lain lagi.jika ada sutta yg ditulis tanpa evam me suttam, maka itu ada bagian dari sutta itu yg hilang.namanya sutta, masa pembuka evamme suttam tidak ada.berarti bukan sutta donk.kemungkinan ada something wrong.misal penerjemah kurang teliti, buku rusak secara fisik di masa lalu, di rubah oleh orang tdk bertanggung jawab dan mungkin kerajaan Buddhis hancur, bukunya dirusak dengan merubah isinya shg makna berubah.

Kamu indra.merubah makna dari sutta dari sesuatu yg didengar menjadi doktrin mutlak sepertiagamasamawi. Bahkan berani membantah kalimat pengaman evam me suttam.
bhaya kamma itu sama dengan pastu (hindu) atau azhab(islam) digama lain.bedanya bhaya kamma orang yg tidak melakukan tidak kena. Sedangkan pastu atau azhab yg tidak melakukan namun terlibat se cara tdk langsung spt pendanaan, konsumsi, tranportasi juga kena hukuman yg sama.



anda tidak pernah membaca sutta, adalah sewajarnya anda bodoh dan tidak mengetahui hal ini.
tapi yang luar biasa adalah dengan kebodohan anda itu, setelah dikasih tau anda masih ngeyel.
anda bisa coba melihat koleksi tipitaka di http://tipitaka.org/romn/, anda akan melihat bahwa ada banyak sutta yang memang tidak diawali dengan frasa itu. tentu saja, jika anda bisa membaca, yg mengingat jumlah sel anda yg tidak mencukupi tampaknya sulit.

dan tidak hanya sekedar bhaya kamma ciptaan anda itu. bahkan bagi anda yang telah mengatakan apa yang tidak diajarkan Sang Buddha sebagai diajarkan Sang Buddha dan apa yang diajarkan Sang Buddha sebagai tidak diajarkan Sang Buddha, maka selamat untuk anda, karena anda pasti masuk neraka.

waktu tersisa 38 jam lagi.
« Last Edit: 17 December 2017, 10:25:19 AM by Indra »

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #75 on: 17 December 2017, 04:14:54 PM »
buku biru paritta tidak mencantumkan evam me suttam itu keliru. sti bhikkhu banyak.boleh ditulis disini atau di jepret kamera kata pengantar dari sti.kita baca sama sama.
sekalian kata pengantar dqri penerbit.

jelas mereka salah,  karena menghilangkan evam me suttam itu berarti tulisan di buku paritta itu bukan sutta, sesuatu yg didengar dan ditulis ulang. Sti ceroboh dan mungkin jika leader melihat hal ini pasti ada koreksi dan penerbitnya pasti didjewer.

Bila tidak ada kata evamme suttam, kemudian setelah membaca tulisan itu, timbul pandangan salah maka sangha bertanggung jawab secara kolektif.sangha dalam hal ini sti.
Tentu jika buku itu terbitan sti, yg memberi pengantar adalah leader, bukan bhikkhu biasa.

Bhaya kamma tetap ada pada sti secara kolektif, jika benar leader sti memberikan pengantar buku itu.

Yaudah buku lain... Paritta coklat Vipassana Graha (STT) , buku paritta BMA, dll. Mau semua dibilang salah? =))
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #76 on: 17 December 2017, 08:18:19 PM »
Yaudah buku lain... Paritta coklat Vipassana Graha (STT) , buku paritta BMA, dll. Mau semua dibilang salah? =))
Setali tiga uang.sama saja.namanya sutta.tapi tidak ada evamme suttam.lha terus apa namanya.
buku buku itujika ada kata pengantarnya, jepret. Attach di forum.lama sy tidak ngobrol dgn b wongsin.sangha thai memang tidak sesuai dengan budaya indonesia.baik dhammayutha ataupun dhammanikay.itu sudah bercampur dgn budaya thai.tidak sesuai dengan budaya ing ngarso sung tulodo.
« Last Edit: 17 December 2017, 08:24:36 PM by madya »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #77 on: 17 December 2017, 09:06:13 PM »
Setali tiga uang.sama saja.namanya sutta.tapi tidak ada evamme suttam.lha terus apa namanya.
buku buku itujika ada kata pengantarnya, jepret. Attach di forum.lama sy tidak ngobrol dgn b wongsin.sangha thai memang tidak sesuai dengan budaya indonesia.baik dhammayutha ataupun dhammanikay.itu sudah bercampur dgn budaya thai.tidak sesuai dengan budaya ing ngarso sung tulodo.

waktu anda tinggal 25 jam 50 menit untuk memberikan bukti dengan referensi otentik atas bhaya kamma. alternatively, anda boleh mulai memikirkan istilah baru untuk reinkarnasi anda berikutnya

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #78 on: 18 December 2017, 12:09:43 AM »
Setali tiga uang.sama saja.namanya sutta.tapi tidak ada evamme suttam.lha terus apa namanya.
buku buku itujika ada kata pengantarnya, jepret. Attach di forum.lama sy tidak ngobrol dgn b wongsin.sangha thai memang tidak sesuai dengan budaya indonesia.baik dhammayutha ataupun dhammanikay.itu sudah bercampur dgn budaya thai.tidak sesuai dengan budaya ing ngarso sung tulodo.

Sorry, gak kenal sama Dhammayutha dan Dhammanikay. Dan gak ada hubungannya dengan "khas budaya" karena emang ada beberapa Sutta yg gak pake kata itu. :3
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #79 on: 18 December 2017, 12:06:25 PM »
Sorry, gak kenal sama Dhammayutha dan Dhammanikay. Dan gak ada hubungannya dengan "khas budaya" karena emang ada beberapa Sutta yg gak pake kata itu. :3
contoh.kenapa ada bhikkhu duduk kaya gitu.
Kenapa mengisap.cerutu.senior pula.bukankah di sutta tdk ada tulisan cerutu.vinaya juga tdk ada membahas cerutu.saya sudah periksa tipitaka pemberian indra.tidak ada satupun bagian tipitaka membahas cerutu. Bukti hitam atas putih tidak ada, dan di thai itu biasa bagian dari kehidupan sehari hari umat dana cerutu.mana ing ngarso sung tulada budaya indonesia.   

memang mereka tidak lalai dgn kewajibannya.sebagian top dlm samadhi.tapi kalau lihat sikap duduk dan pasang cerutu.aduh kalau sy jadi gurunya saya ancurkan dhyananya biar kapok.
Nol besar.masa bhikkhu seperti itu.bhaya kamma jika tidak menjadi teladan bagi yg lebih junior, kecuali dia mampu arahatta magga, arahatta phala dan anagami magga, anagami phala. sepertinya tidak mungkin mampu kalau sudah hisap cerutu dan tidak ing ngarso sungtulada.

benar khan sutta adalah yg didengar kemudian ditulis ulang.bukan doktrin mutlak.bisa ada kesalahan dan kekurangan.karena itu tulisan pengaman evam me suttam harus ada shg tidak kena  bhaya kamma.jika tidak ada, berarti nara sumber itu bukan sutta.sudah dirubah orang tidak bertanggung jawab atau lalai saat menerjemahkan.
« Last Edit: 18 December 2017, 12:30:23 PM by madya »

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #80 on: 18 December 2017, 12:10:50 PM »
contoh.kenapa ada bhikkhu duduk kaya gitu.
Kenapa mengisap.cerutu.senior pula.bukankah di sutta tdk ada tulisan cerutu.vinaya juga tdk ada membahas cerutu.saya sudah periksa tipitaka pemberian indra.tidak ada satupun bagian tipitaka membahas cerutu. Bukti hitam atas putih tidak ada, dan di thai itu biasa bagian dari kehidupan sehari hari umat dana cerutu.mana ing ngarso sung tulada budaya indonesia.   Nol besar.masa bhikkhu seperti itu.

benar khan sutta adalah yg didengar kemudian ditulis ulang.bukan doktrin mutlak.bisa ada kesalahan dan kekurangan.karena itu tulisan evam me suttam harus ada shg tidak kena  haya kamma.jika tida ada, berarti nara sumber itu bukan sutta.sudah dirubah orang tidak bertanggung jawab atau lalai saat menerjemahkan.

Makin kesini makin gak jelas pembahasannya... Berkali2 lu ngomong wajib tulis Evamme Suttam tapi kenapa lu gak mau melek kalo gak semua Sutta pake kata2 itu? :P Sekarang malah bahas cerutu. Terus apa hubungannya dengan Sotapanna?  :P
#Jhindra

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #81 on: 18 December 2017, 12:22:48 PM »
Makin kesini makin gak jelas pembahasannya... Berkali2 lu ngomong wajib tulis Evamme Suttam tapi kenapa lu gak mau melek kalo gak semua Sutta pake kata2 itu? :P Sekarang malah bahas cerutu. Terus apa hubungannya dengan Sotapanna?  :P

itu kenyataan saat ini, bahwa apa yg ditulis hitam atas putih dgn label sutta itu bukan hal mutlak.lihat sendiri kasus di thai.cerutu banyak jadi dana favorit u bhikkhu.tidak ada satupun di sutta yg membahas bhikkhu dan cerutu.jelas khan sutta bisa salah dan bisa ada kekurangan.evam me suttam mesti ditulis ulang u menghindari bhaya kamma.
Mau bahas sotapanna, ya silakan tapi copas sutta atau link sutta diisi pembuka dgn kalimat pengaman evam me suttam.

Jika tidak nanti kena bhaya kamma.

hati hati dgn tipitaka.2500 tahun sepanjang sejarah.jika ada lalai, maka generasi berikutnya akan memperoleh sumber yg lalai juga.
Jadi bhaya kamma juga.
Jika kalimat pengaman saat read diucapkan, maka arti sutta itu berubah maknanya. Seperti bumi dan langit.begitu caranya membaca sutta, copas sutta atau pun membaca link sutta.tambahkan kalimat evam me suttam jika tidak ditulis.

Namanya juga sutta, isinya sudahpasti yg didengar dan ditulis ulang.bukan doktrin mutlak.

« Last Edit: 18 December 2017, 12:27:08 PM by madya »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #82 on: 18 December 2017, 01:05:09 PM »
itu kenyataan saat ini, bahwa apa yg ditulis hitam atas putih dgn label sutta itu bukan hal mutlak.lihat sendiri kasus di thai.cerutu banyak jadi dana favorit u bhikkhu.tidak ada satupun di sutta yg membahas bhikkhu dan cerutu.jelas khan sutta bisa salah dan bisa ada kekurangan.evam me suttam mesti ditulis ulang u menghindari bhaya kamma.
Mau bahas sotapanna, ya silakan tapi copas sutta atau link sutta diisi pembuka dgn kalimat pengaman evam me suttam.

Jika tidak nanti kena bhaya kamma.

hati hati dgn tipitaka.2500 tahun sepanjang sejarah.jika ada lalai, maka generasi berikutnya akan memperoleh sumber yg lalai juga.
Jadi bhaya kamma juga.
Jika kalimat pengaman saat read diucapkan, maka arti sutta itu berubah maknanya. Seperti bumi dan langit.begitu caranya membaca sutta, copas sutta atau pun membaca link sutta.tambahkan kalimat evam me suttam jika tidak ditulis.

Namanya juga sutta, isinya sudahpasti yg didengar dan ditulis ulang.bukan doktrin mutlak.



sampai saat ini anda masih belum memberikan rujukan sah atas bhaya kamma, sedangkan waktu anda hampir habis.

sekedar mengingatkan waktu anda hanya sampai jam 22:55 malam ini

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #83 on: 18 December 2017, 04:02:44 PM »
sampai saat ini anda masih belum memberikan rujukan sah atas bhaya kamma, sedangkan waktu anda hampir habis.

sekedar mengingatkan waktu anda hanya sampai jam 22:55 malam ini

bhaya artinya bahaya
Kamma artinya karma

apakah perbuatan yg ceroboh, serampangan dengan meniadakan tulisan evam me suttam adalah   tidak berbahaya.tulisan itu ditambahkan oleh para bhante yg menulis ulang apa yg didengar.
bukan dari Buddha.
kamu belajar sutta tapi serampangan meniadakan kalimat pembuka evammesutttam.
indra akibat perbuatanmu itu adalah bhaya kamma.

Untuk sesuatu yg sederhana pun anda tidak mengerti.Tidak mungkin sang bhagava ceramah dengan kalimat pembuka evam me sutttam. Kamu benar benar dengkul otak.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #84 on: 18 December 2017, 04:08:57 PM »
bhaya artinya bahaya
Kamma artinya karma

apakah perbuatan yg ceroboh, serampangan dengan meniadakan tulisan evam me suttam adalah   tidak berbahaya.tulisan itu ditambahkan oleh para bhante yg menulis ulang apa yg didengar.
bukan dari Buddha.
kamu belajar sutta tapi serampangan meniadakan kalimat pembuka evammesutttam.
indra akibat perbuatanmu itu adalah bhaya kamma.

Untuk sesuatu yg sederhana pun anda tidak mengerti.Tidak mungkin sang bhagava ceramah dengan kalimat pembuka evam me sutttam. Kamu benar benar dengkul otak.


kami tidak butuh ajaran anda, kami sedang mempelajari ajaran Sang Buddha.
apa yg anda ajarkan itu tidak sesuai dengan apa yg diajarkan oleh Sang Buddha spt yg tercatat dalam Sutta2.

apapun yang anda katakan tidak akan memperlama umur anda di sini, kecuali anda bisa memberikan bukti yg saya minta itu

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #85 on: 18 December 2017, 04:16:08 PM »
kami tidak butuh ajaran anda, kami sedang mempelajari ajaran Sang Buddha.
apa yg anda ajarkan itu tidak sesuai dengan apa yg diajarkan oleh Sang Buddha spt yg tercatat dalam Sutta2.

apapun yang anda katakan tidak akan memperlama umur anda di sini, kecuali anda bisa memberikan bukti yg saya minta itu

rujukan yg anda pakai adalah sutta.sutta ditulis oleh para bhante.Bukan Buddha yg menambahkan evam me suttam.itu kebijaksanaan para ariya saat membaca, copas, menunjukkan link, diskusi agar terhindar dari bhaya kamma.

Anda tidak memiliki penyelidikan sama sekali.cara anda belajar sutta dengan find rujukan atau nara sumber adalah benar tapi salah.
bukti salah nya, di kalimat evam me suttam anda serampangan.

tidak takut bhaya kamma.setiap orang punya pilihan dlm kehidupan.
tapi bhaya kamma tetap berproses u mereka yg merubah dan serampangan belajar agama Buddha.


Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #86 on: 18 December 2017, 04:20:15 PM »
rujukan yg anda pakai adalah sutta.sutta ditulis oleh para bhante.Bukan Buddha yg menambahkan evam me suttam.itu kebijaksanaan para ariya saat membaca, copas, menunjukkan link, diskusi agar terhindar dari bhaya kamma.

Anda tidak memiliki penyelidikan sama sekali.cara anda belajar sutta dengan find rujukan atau nara sumber adalah benar tapi salah.
bukti salah nya, di kalimat evam me suttam anda serampangan.

tidak takut bhaya kamma.setiap orang punya pilihan dlm kehidupan.
tapi bhaya kamma tetap berproses u mereka yg merubah dan serampangan belajar agama Buddha.



dari mana anda tau yg bold itu? apakah anda membaca pikiran para arahat? kami tidak berdiskusi dengan merujuk pada khayalan

Offline madya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 48
  • Reputasi: -7
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #87 on: 18 December 2017, 05:14:19 PM »
tidak usah jadi begini begitu, orang biasa saja mudah mengerti arti kalimat

evam me suttam dan kenapa buku buku itu disebut sutta.


Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #88 on: 18 December 2017, 09:28:31 PM »
itu kenyataan saat ini, bahwa apa yg ditulis hitam atas putih dgn label sutta itu bukan hal mutlak.lihat sendiri kasus di thai.cerutu banyak jadi dana favorit u bhikkhu.tidak ada satupun di sutta yg membahas bhikkhu dan cerutu.jelas khan sutta bisa salah dan bisa ada kekurangan.evam me suttam mesti ditulis ulang u menghindari bhaya kamma.
Mau bahas sotapanna, ya silakan tapi copas sutta atau link sutta diisi pembuka dgn kalimat pengaman evam me suttam.

Jika tidak nanti kena bhaya kamma.

hati hati dgn tipitaka.2500 tahun sepanjang sejarah.jika ada lalai, maka generasi berikutnya akan memperoleh sumber yg lalai juga.
Jadi bhaya kamma juga.
Jika kalimat pengaman saat read diucapkan, maka arti sutta itu berubah maknanya. Seperti bumi dan langit.begitu caranya membaca sutta, copas sutta atau pun membaca link sutta.tambahkan kalimat evam me suttam jika tidak ditulis.

Namanya juga sutta, isinya sudahpasti yg didengar dan ditulis ulang.bukan doktrin mutlak.

Apa hubungannya dengan Sotapanna??? Wkakaka gak nyambung... =)) =)) =))
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #89 on: 18 December 2017, 09:30:07 PM »
sekedar mengingatkan waktu anda hanya sampai jam 22:55 malam ini
Waiting...  :-w
#Jhindra

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #90 on: 18 December 2017, 09:48:23 PM »
Waiting...  :-w

maaf mengecewakan, dia sudah menyeberang

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Tentang Sotapanna (Koreksi kalau salah)
« Reply #91 on: 19 December 2017, 09:33:34 AM »
maaf mengecewakan, dia sudah menyeberang
Sabbe Sankhara Anicca... Semoga sekarang dia berada di temppat yg lebih baik...  _/\_
#Jhindra