Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?  (Read 18603 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« on: 16 January 2014, 03:59:50 PM »
ayo pendapatnya...  ;D
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #1 on: 16 January 2014, 05:01:17 PM »
ayo pendapatnya...  ;D

tidak...

jk ada yg berpendapat pantas, maka pantas pula jika ketika dia di lahirkan orang tua, kemudian orang tua nya menaruh dia ke panti asuhan...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline allthingmustpass

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 144
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • life is suffering
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #2 on: 16 January 2014, 05:32:05 PM »
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass
Do not pursue the past. Do not lose yourself in the future. The past no longer is. The future has not yet come. Looking deeply at life as it is. In the very here and now

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #3 on: 16 January 2014, 05:58:36 PM »
Quote
Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?

bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #4 on: 16 January 2014, 06:59:16 PM »
bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_

berarti harus siap2..bikin panti asuhan khayangan juga..biar org tuanya bisa naruh anaknya disana..dari pada di tempat sampah..ato di telantarkan..krn anak mungkin bakal taruh ortunya di panti asuahn (klo seandainya nemu ortunya juga)
...

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #5 on: 16 January 2014, 10:08:28 PM »
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass

hal ini terjadi di negara maju dan disana rumah panti jompo nya juga sudah bagus  ada suster,  dokter, perawat yang membantu para orang tua ada kegiatan, hiburan hingga kesehatan mereka selalu di perhatikan dengan baik, sangat di sayang kan hal ini tidak bisa di terapkan di Indonesia karena kondisi rumah panti jompo nya sangat sangat memprihatinkan bisa dibilang tidak layak.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #6 on: 16 January 2014, 10:27:13 PM »
tergantung dimana Anda tinggal, bagaimana pola hidup dan pola pikir ybs.


sekarang banyak tuh, anak yang dititipkan di penitipan anak pada saat ortu-nya bekerja karena si ortu ndak bisa menyediakan jasa pengasuh anak. biasanya kakek/nenek yg mengasuh cucu, dikaryakan oleh anaknya.
spertinya panti jompo sekarang bukan lagi panti jompo tapi panti anak (yes/no).


western culture, orang tua malah suka dengan kehidupan dengan orang seumuran/sepantarannya drpd dengan anak2/cucu2-nya (tidak semua & tidak bisa disamaratakan).
masalahnya panti jompo di negara maju, negara memiliki peranan dari tax payer. Sudah bayar pajak belum ?
seberapa besar pajak yang telah dibayarkan kepada negara ?

sedangkan di Indo panti jompo dikelola oleh yayasan (hidup enggan, mati pun segan). Jadi kalau eastern culture melihat panti jompo di Indo yang kondisinya memprihatinkan, yah wajar saja yang mau masuk jg miris.


^^^
pendapat pribadi.
« Last Edit: 16 January 2014, 10:29:30 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #7 on: 16 January 2014, 10:33:39 PM »
bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_
cost untuk bidadari kayangan terlalu mahal rate nya...
Samma Vayama

Offline suwarto8116f

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 202
  • Reputasi: 3
  • kilesa sebab akibat.
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #8 on: 16 January 2014, 10:35:55 PM »
pertanyaan nya mungkin ditujukan klo dari pandangan ajaran sang Buddha kah ?
klo iya gw lupa sutta mana ada yg sang Buddha ajarkan kewajiban seorang anak kpd ortu dan sebaliknya

klo diluar petunjuk dari sang Buddha menurut gw sih :
tetap saja lebih tenang klo ortu di urus ama anaknya masing2, kasian klo di urus di panti jompo dgn berbagai iklannya, klo ada masalah dgn pelayanan dan ortu memiliki keinginan2 khusus, ortu diem2 gak cerita kan kasian, mau cerita uda lupa ketika kita jenguk namanya juga uda jompo  ;D meskipun ortu bilang tdk ingin merepotkan dll  :-? tetap saja kita harus berusaha yg terbaik menjaga ortu di hari tua nya
« Last Edit: 16 January 2014, 10:38:13 PM by suwarto8116f »

Offline gryn tea

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.203
  • Reputasi: 34
  • Gender: Female
  • SABBE SANKHARA ANICCA
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #9 on: 17 January 2014, 10:04:16 AM »
Cb pertnyaan na dibalik,

"Pantas gx org tua menaruh anak na di panti asuhan , klo org tua na mampu ?? "
Bagaikan sekuntum bunga yang indah tetapi tidak berbau harum; demikian pula akan tdk b'manfaat kata-kata mutiara yg diucapkan oleh org yg tdk melaksanakannya

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #10 on: 17 January 2014, 11:37:48 AM »
Pantaskah seorang anak menaruh orang tuanya di Panti Jompo? Jawabannya ga pantas. Bagaimana pun itu ortu yg uda besarin kita n ga taruh kita dipanti asuhan waktu dia miskin. Waktu kecil kita dijagain, uda gede saatnya menjaga kembali. Salah satu berkah utama juga berbakti kepada ayah dan ibu. Kecuali kalo ortu yang minta sendiri mau ke rumah jompo. Itu juga palingan pagi antar dia kesitu biar banyak temen2, malam bawa pulang ke rumah.

Pantaskah orang tua menaruh anaknya di panti asuhan? Jawabannya ga pantas. Kaya kek, miskin kek... Kalo miskin n ga sanggup besarin anak ya jangan bikin... Kalo terlanjur bikin n jadi pula ya tanggung jawab lah...
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #11 on: 17 January 2014, 11:55:30 AM »
cost untuk bidadari kayangan terlalu mahal rate nya...
jangan kwatir tinggal dibuat...beberapa kelas aja.....

mulai super premium, deluxe,... sampai kelas kambing tersedia....

mana tao disono dpt pacar baru lagi kan jadi semangat hidup.... nahhh ^:)^
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #12 on: 17 January 2014, 11:57:35 AM »
Quote
Pantaskah orang tua menaruh anaknya di panti asuhan? Jawabannya ga pantas. Kaya kek, miskin kek... Kalo miskin n ga sanggup besarin anak ya jangan bikin... Kalo terlanjur bikin n jadi pula ya tanggung jawab lah...

titip pagi ambil sore....
karna kedua orang tua waktunya dipakai utk cari duit...
dan waktu yg dipakai cari duit akan lebih besar...dari pada bayaran utk org lain menjaganya....

tapi selain itu juga banyak home business yg sukses... nahhhh :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #13 on: 17 January 2014, 12:20:11 PM »
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass

Sekarang ini sudah mulai muncul bisnis penitipan orang tua... semacam taman bermain dan  berkumpul untuk orang tua... jadi pagi di-antar-in, ntar sore/malam di-jemput...

di sana para orang tua bisa bersosialisasi dan berkumpul sesama orang tua.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
« Reply #14 on: 17 January 2014, 07:21:38 PM »
tergantung kondisi nya dl,
kalo memang orang tuanya bersedia,dan kondisinya memaksa?
andai cuma tinggal berdua sama ayah/ibu,anaknya cuma karyawan yg sebagian waktunya dihabiskan di tempat kerja,bukankah lebih   baik ada orang yang mengurus orang tuanya?

jika orang tuannya di titipkan di panti jompo,bisa aja si anak komit tiap sore mengunjugi orang tuanya
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"