Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Komunitas => Keluarga & Teman => Topic started by: stephen chow on 16 January 2014, 03:59:50 PM

Title: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 16 January 2014, 03:59:50 PM
ayo pendapatnya...  ;D
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: dato' tono on 16 January 2014, 05:01:17 PM
ayo pendapatnya...  ;D

tidak...

jk ada yg berpendapat pantas, maka pantas pula jika ketika dia di lahirkan orang tua, kemudian orang tua nya menaruh dia ke panti asuhan...
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: allthingmustpass on 16 January 2014, 05:32:05 PM
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: cumi polos on 16 January 2014, 05:58:36 PM
Quote
Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?

bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: The Ronald on 16 January 2014, 06:59:16 PM
bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_

berarti harus siap2..bikin panti asuhan khayangan juga..biar org tuanya bisa naruh anaknya disana..dari pada di tempat sampah..ato di telantarkan..krn anak mungkin bakal taruh ortunya di panti asuahn (klo seandainya nemu ortunya juga)
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: kullatiro on 16 January 2014, 10:08:28 PM
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass

hal ini terjadi di negara maju dan disana rumah panti jompo nya juga sudah bagus  ada suster,  dokter, perawat yang membantu para orang tua ada kegiatan, hiburan hingga kesehatan mereka selalu di perhatikan dengan baik, sangat di sayang kan hal ini tidak bisa di terapkan di Indonesia karena kondisi rumah panti jompo nya sangat sangat memprihatinkan bisa dibilang tidak layak.
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Mas Tidar on 16 January 2014, 10:27:13 PM
tergantung dimana Anda tinggal, bagaimana pola hidup dan pola pikir ybs.


sekarang banyak tuh, anak yang dititipkan di penitipan anak pada saat ortu-nya bekerja karena si ortu ndak bisa menyediakan jasa pengasuh anak. biasanya kakek/nenek yg mengasuh cucu, dikaryakan oleh anaknya.
spertinya panti jompo sekarang bukan lagi panti jompo tapi panti anak (yes/no).


western culture, orang tua malah suka dengan kehidupan dengan orang seumuran/sepantarannya drpd dengan anak2/cucu2-nya (tidak semua & tidak bisa disamaratakan).
masalahnya panti jompo di negara maju, negara memiliki peranan dari tax payer. Sudah bayar pajak belum ?
seberapa besar pajak yang telah dibayarkan kepada negara ?

sedangkan di Indo panti jompo dikelola oleh yayasan (hidup enggan, mati pun segan). Jadi kalau eastern culture melihat panti jompo di Indo yang kondisinya memprihatinkan, yah wajar saja yang mau masuk jg miris.


^^^
pendapat pribadi.
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: andry on 16 January 2014, 10:33:39 PM
bagaimana mendesign panti jumpo yg jauh lebih nyaman, aman, dihargain, ada kegiatan, pengembangan hobi, dst ?

klo kita lihat orang2 membeli asuransi supaya klo sakit atao mati akan mendptkan preminya....

tapi spt orang2 juga lupa, kenapa tidak bermabung utk masa tua nya..supaya bila tua bisa
   menikmatin hari2 tua yg bahagia di PANTI JUMPO KAYANGAN ? nahhh....

 _/\_
cost untuk bidadari kayangan terlalu mahal rate nya...
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: suwarto8116f on 16 January 2014, 10:35:55 PM
pertanyaan nya mungkin ditujukan klo dari pandangan ajaran sang Buddha kah ?
klo iya gw lupa sutta mana ada yg sang Buddha ajarkan kewajiban seorang anak kpd ortu dan sebaliknya

klo diluar petunjuk dari sang Buddha menurut gw sih :
tetap saja lebih tenang klo ortu di urus ama anaknya masing2, kasian klo di urus di panti jompo dgn berbagai iklannya, klo ada masalah dgn pelayanan dan ortu memiliki keinginan2 khusus, ortu diem2 gak cerita kan kasian, mau cerita uda lupa ketika kita jenguk namanya juga uda jompo  ;D meskipun ortu bilang tdk ingin merepotkan dll  :-? tetap saja kita harus berusaha yg terbaik menjaga ortu di hari tua nya
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: gryn tea on 17 January 2014, 10:04:16 AM
Cb pertnyaan na dibalik,

"Pantas gx org tua menaruh anak na di panti asuhan , klo org tua na mampu ?? "
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Kristin_chan on 17 January 2014, 11:37:48 AM
Pantaskah seorang anak menaruh orang tuanya di Panti Jompo? Jawabannya ga pantas. Bagaimana pun itu ortu yg uda besarin kita n ga taruh kita dipanti asuhan waktu dia miskin. Waktu kecil kita dijagain, uda gede saatnya menjaga kembali. Salah satu berkah utama juga berbakti kepada ayah dan ibu. Kecuali kalo ortu yang minta sendiri mau ke rumah jompo. Itu juga palingan pagi antar dia kesitu biar banyak temen2, malam bawa pulang ke rumah.

Pantaskah orang tua menaruh anaknya di panti asuhan? Jawabannya ga pantas. Kaya kek, miskin kek... Kalo miskin n ga sanggup besarin anak ya jangan bikin... Kalo terlanjur bikin n jadi pula ya tanggung jawab lah...
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: cumi polos on 17 January 2014, 11:55:30 AM
cost untuk bidadari kayangan terlalu mahal rate nya...
jangan kwatir tinggal dibuat...beberapa kelas aja.....

mulai super premium, deluxe,... sampai kelas kambing tersedia....

mana tao disono dpt pacar baru lagi kan jadi semangat hidup.... nahhh ^:)^
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: cumi polos on 17 January 2014, 11:57:35 AM
Quote
Pantaskah orang tua menaruh anaknya di panti asuhan? Jawabannya ga pantas. Kaya kek, miskin kek... Kalo miskin n ga sanggup besarin anak ya jangan bikin... Kalo terlanjur bikin n jadi pula ya tanggung jawab lah...

titip pagi ambil sore....
karna kedua orang tua waktunya dipakai utk cari duit...
dan waktu yg dipakai cari duit akan lebih besar...dari pada bayaran utk org lain menjaganya....

tapi selain itu juga banyak home business yg sukses... nahhhh :P
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: dilbert on 17 January 2014, 12:20:11 PM
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass

Sekarang ini sudah mulai muncul bisnis penitipan orang tua... semacam taman bermain dan  berkumpul untuk orang tua... jadi pagi di-antar-in, ntar sore/malam di-jemput...

di sana para orang tua bisa bersosialisasi dan berkumpul sesama orang tua.
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Mr.Jhonz on 17 January 2014, 07:21:38 PM
tergantung kondisi nya dl,
kalo memang orang tuanya bersedia,dan kondisinya memaksa?
andai cuma tinggal berdua sama ayah/ibu,anaknya cuma karyawan yg sebagian waktunya dihabiskan di tempat kerja,bukankah lebih   baik ada orang yang mengurus orang tuanya?

jika orang tuannya di titipkan di panti jompo,bisa aja si anak komit tiap sore mengunjugi orang tuanya
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: The Ronald on 17 January 2014, 07:33:36 PM
klo nemu org tua di jalan.. terlantar..pantas ga di taruh di panti jompo?
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: cumi polos on 17 January 2014, 08:05:49 PM
klo nemu org tua di jalan.. terlantar..pantas ga di taruh di panti jompo?
ini orang tua kongomerat atao yg gimana ya ?
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Mas Tidar on 18 January 2014, 12:04:27 AM
sedikit OOT,

kondisi sekarang adalah panti asuhan itu sering dibawa masuk ke rumah untuk mengurus anak.
contoh:
1 anak diurus oleh seorang pembantu + babysitter dan orang tua kerja cari uang.
kalaupun ada kakek/nenek/mertua dikaryakan untuk membatu jadi babysitter,  yes/no ?
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: The Ronald on 18 January 2014, 12:03:29 PM
ini orang tua kongomerat atao yg gimana ya ?
wah ga tau..klo kongomerat gemana ..klo yg laen gimana?
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: The Ronald on 18 January 2014, 12:04:59 PM
sedikit OOT,

kondisi sekarang adalah panti asuhan itu sering dibawa masuk ke rumah untuk mengurus anak.
contoh:
1 anak diurus oleh seorang pembantu + babysitter dan orang tua kerja cari uang.
kalaupun ada kakek/nenek/mertua dikaryakan untuk membatu jadi babysitter,  yes/no ?

klo salah satu panti asuhan yg aku tau.. dulunya terima anak2 dari desa..buat diskolahin di sekolah dkt2 situ..., kadang ortunya dtg menegok anaknya... tp dgn begitu yayasan tsb juga dpt bantuan dari donatur dan pemerintah
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 21 January 2014, 03:00:44 PM
tidak...

jk ada yg berpendapat pantas, maka pantas pula jika ketika dia di lahirkan orang tua, kemudian orang tua nya menaruh dia ke panti asuhan...
jawaban yg sangat kena pukulan telak kepada seorang anak.  =D>
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 21 January 2014, 03:09:06 PM
tidak pantas jika orangtuanya tidak ridho dimasukkan ke panti jompo

pantas jika sebaliknya


jika saya tua nanti, saya malah ingin tinggal di rumah jompo saja. lebih nyaman, banyak orang seumuran dan ada pengurus. kalau tinggal di rumah anak saya nanti, saya bayangkan kehidupan kedepan akan jauh lebih sibuk.
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit...


ini pendapat pribadi berdasarkan pertimbangan diatas

salam metta
allthingmustpass
terlalu berat kali bro bayangannya, kalo keadaan ini sih sepertinya anaknya tidak perduli sama orang tuanya..
coba saya hayalkan..
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape (senin-jumat/sabtu)...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit... (senin-jumat/sabtu)..
nah di hari sabtu atau minggu dan liburan panjang maka anak dan cucu ajak jalan2 ke mall, ajak makan, temenin cucu bermain di tempat hiburan, ke tempat yg buat happy..

jika di panti jompot pasti sangat jarang sekali di kunjungi..  :??




Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: The Ronald on 21 January 2014, 03:17:24 PM
jawaban yg sangat kena pukulan telak kepada seorang anak.  =D>
tp klo anak yg di taruh di panti asuhan ..kesulitan buat naruh ortu kandungnya ke panti asuhan...soalnya kadang sulit nemu ortu kandungnya, apa lg yg di taruh diselokan atau tong sampah...atau di bawah pohon..makin sulit...
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: allthingmustpass on 21 January 2014, 05:31:06 PM
terlalu berat kali bro bayangannya, kalo keadaan ini sih sepertinya anaknya tidak perduli sama orang tuanya..
coba saya hayalkan..
cucu saya pulang sekolah terus les, pulang malam sudah cape (senin-jumat/sabtu)...
anak saya dan mantu saya pergi pagi pulang malam cari duit... (senin-jumat/sabtu)..
nah di hari sabtu atau minggu dan liburan panjang maka anak dan cucu ajak jalan2 ke mall, ajak makan, temenin cucu bermain di tempat hiburan, ke tempat yg buat happy..

jika di panti jompot pasti sangat jarang sekali di kunjungi..  :??

ada pengalaman pribadi, dimana seorang ibu yang sudah sepuh mempunyai anak-anak berbakti yang sudah pada mandiri.... dan anak-anak tersebut semuanya pasti sangat bahagia kalau ibunya mau tinggal bersama dia

dan memang si ibu tersebut secara "berotasi" tinggal di rumah anak-anaknya... ada yang di sumatra, jawa batam dll...

tapi setelah belasan tahun berotasi... si nenek tersebut malah pengen ke rumahnya yang dulu... padahal rumah tersebut sudah kosong (cuma dikontrakkan biar ada penunggu)... alhasil anak-anaknya menyewa seorang PRT supaya ada yang menemani ibunya tersebut.

setelah beberapa bulan tinggal dirumahnya si ibu tersebut malah pengen dimasukkan ke rumah jompo. Jelas anak-anak yang berbakti itu keberatan karena memang rumah jompo itu konotasinya begitu negatif... tapi si ibu tersebut bersikeras... dan akhirnya anak-anaknya dengan berat hati mengizinkan

alhasil si ibu tersebut sekarang tinggal di rumah jompo... kadang cabut juga dari rumah jompo beberapa saat seperti hari libur ke tempat anak-anaknya.

Apakah si anak tersebut durhaka? tentu tidak menurut pendapat saya...
dimasukkan atau tidak dimasukkan ke rumah jompo tidak bisa jadi patokan keberbaktian anak pada orangtua. bisa jadi si orangtua tersebut memang maunya ke rumah jompo...

jika orangtua kita ingin A, B atau C... selama itu membuat dia bahagia dan tidak merugikan siapapun saya rasa tidak masalah...
seperti saya pribadi (maupun saya masih dibawah 30 thn  ;D ;D) merasa kalau saya sudah sepuh dan pasangan saya sudah tiada, mending masuk panti jompo saja. hahaha

tapi ya kalau kebanyakan kasus seperti orangtua kita "dicampakkan" ke rumah jompo karena malas diurus jelas salah sekali secara moral.

begitu kira-kira pendapat saya

salam metta
Allthingmustpass
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: allthingmustpass on 21 January 2014, 05:37:28 PM
ini contoh rumah jompo eksklusif yang saya googling sebentar

lumayan ada tempat fitness, kegiatan rutin, kamar seperti hotel berbintang dan lain-lain.  :)) :))

http://www.rukunseniorliving.com/id/index.php
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: K.K. on 22 January 2014, 02:30:43 PM
ayo pendapatnya...  ;D
Kebanyakan orang masih berpendapat panti jompo = tempat buangan orangtua. Dari pola pikir ini maka muncul pandangan berbakti atau tidak adalah tergantung ortu dirawat di rumah (=berbakti) atau di panti jompo (=durhaka). Dengan begitu, walaupun memperlakukan ortu seperti binatang, asalkan dirawat di rumah, berarti berbakti, sementara walaupun ortu yang mau tinggal di panti jompo, tetap saja berarti anaknya durhaka.

Pantas atau tidaknya perlakuan terhadap ortu bukan ditentukan secara dangkal berdasarkan di mana ortu tinggal, tapi dilihat dari latar belakang dan motivasi perlakuan kita. Namun setiap masyarakat pasti punya pola pikir dan stigma masing-masing dan sulit mengubahnya. IMO urusan kita dengan ortu, yang penting ortu bahagia di jalan yang benar. Selama mampu dan positif, turuti aja maunya ortu, tidak perlu terlalu pusing dengan pendapat orang lain. Yang merasakan bakti/durhaka itu juga adalah ortu sendiri, bukan orang lain yang berkomentar itu.

Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 23 January 2014, 01:21:47 PM
ada pengalaman pribadi, dimana seorang ibu yang sudah sepuh mempunyai anak-anak berbakti yang sudah pada mandiri.... dan anak-anak tersebut semuanya pasti sangat bahagia kalau ibunya mau tinggal bersama dia

dan memang si ibu tersebut secara "berotasi" tinggal di rumah anak-anaknya... ada yang di sumatra, jawa batam dll...

tapi setelah belasan tahun berotasi... si nenek tersebut malah pengen ke rumahnya yang dulu... padahal rumah tersebut sudah kosong (cuma dikontrakkan biar ada penunggu)... alhasil anak-anaknya menyewa seorang PRT supaya ada yang menemani ibunya tersebut.

setelah beberapa bulan tinggal dirumahnya si ibu tersebut malah pengen dimasukkan ke rumah jompo. Jelas anak-anak yang berbakti itu keberatan karena memang rumah jompo itu konotasinya begitu negatif... tapi si ibu tersebut bersikeras... dan akhirnya anak-anaknya dengan berat hati mengizinkan

alhasil si ibu tersebut sekarang tinggal di rumah jompo... kadang cabut juga dari rumah jompo beberapa saat seperti hari libur ke tempat anak-anaknya.

Apakah si anak tersebut durhaka? tentu tidak menurut pendapat saya...
dimasukkan atau tidak dimasukkan ke rumah jompo tidak bisa jadi patokan keberbaktian anak pada orangtua. bisa jadi si orangtua tersebut memang maunya ke rumah jompo...

jika orangtua kita ingin A, B atau C... selama itu membuat dia bahagia dan tidak merugikan siapapun saya rasa tidak masalah...
seperti saya pribadi (maupun saya masih dibawah 30 thn  ;D ;D) merasa kalau saya sudah sepuh dan pasangan saya sudah tiada, mending masuk panti jompo saja. hahaha

tapi ya kalau kebanyakan kasus seperti orangtua kita "dicampakkan" ke rumah jompo karena malas diurus jelas salah sekali secara moral.

begitu kira-kira pendapat saya

salam metta
Allthingmustpass
cerita yg menarik bro..
spekulasi saya sih kenapa sang ibu begitu:
1. anak2 berbakti misal melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, ini anak memang berbakti tapi jarang sekali mengobrol sama ibunya, mengajak ibu jalan2, maka sang ibu merasa anaknya sibuk sekali tidak ada waktu dengannya makanya dia ingin pergi dari anaknya..

2. ini anak sudah berbakti+sering mengobrol sama ibunya, mengajak ibu jalan2, ibu sangat bahagia sekali tapi mungkin dalam benak sang ibu bahwa dirinya terlalu tua dan sangat merepotkan maka lebih baik dirinya yg pergi ke panti jompo ato tinggal sendiri karena tidak mau merepotkan anak2nya..

3. ini anak sudah berbakti+sering mengobrol sama ibunya, mengajak ibu jalan2, ibu sangat bahagia sekali tapi mungkin menantunya kurang suka dengan sang ibu (biasanya menantu jrg suka dengan mertua, biasanya loh) maka sang ibu merasa tidak enak makanya lebih baik keluar dari rumah itu...

tapi judul saya salah dan kurang mendetil, yg saya maksud itu seperti postingan bro di atas,,
'''tapi ya kalau kebanyakan kasus seperti orangtua kita "dicampakkan" ke rumah jompo karena malas diurus jelas salah sekali secara moral''''
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 23 January 2014, 01:26:40 PM
Kebanyakan orang masih berpendapat panti jompo = tempat buangan orangtua. Dari pola pikir ini maka muncul pandangan berbakti atau tidak adalah tergantung ortu dirawat di rumah (=berbakti) atau di panti jompo (=durhaka). Dengan begitu, walaupun memperlakukan ortu seperti binatang, asalkan dirawat di rumah, berarti berbakti, sementara walaupun ortu yang mau tinggal di panti jompo, tetap saja berarti anaknya durhaka.

Pantas atau tidaknya perlakuan terhadap ortu bukan ditentukan secara dangkal berdasarkan di mana ortu tinggal, tapi dilihat dari latar belakang dan motivasi perlakuan kita. Namun setiap masyarakat pasti punya pola pikir dan stigma masing-masing dan sulit mengubahnya. IMO urusan kita dengan ortu, yang penting ortu bahagia di jalan yang benar. Selama mampu dan positif, turuti aja maunya ortu, tidak perlu terlalu pusing dengan pendapat orang lain. Yang merasakan bakti/durhaka itu juga adalah ortu sendiri, bukan orang lain yang berkomentar itu.


postingan yang spektakuler om...  :lotus:

tapi judulnya saya kurang kata2 yg mendetail sih, tapi maksudnya saya itu..

kebanyakan kasus seperti orangtua kita "dicampakkan" ke rumah jompo karena malas diurus jelas salah sekali secara moral
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 23 January 2014, 01:29:02 PM
tergantung kondisi nya dl,
kalo memang orang tuanya bersedia,dan kondisinya memaksa?
andai cuma tinggal berdua sama ayah/ibu,anaknya cuma karyawan yg sebagian waktunya dihabiskan di tempat kerja,bukankah lebih   baik ada orang yang mengurus orang tuanya?

jika orang tuannya di titipkan di panti jompo,bisa aja si anak komit tiap sore mengunjugi orang tuanya
jika dirimu dalam kondisi ini sih tamat lah dirimu jhono..   [at] -) 8-} :-SS ~X( :>-
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: K.K. on 23 January 2014, 05:11:34 PM
postingan yang spektakuler om...  :lotus:

tapi judulnya saya kurang kata2 yg mendetail sih, tapi maksudnya saya itu..

kebanyakan kasus seperti orangtua kita "dicampakkan" ke rumah jompo karena malas diurus jelas salah sekali secara moral
Iya, kalo alasannya hanya karena "malas mengurus" sih, menurut saya error.

Tapi balik lagi tentang hubungan antar manusia, kalo dari orang ke tiga, tentu kita tidak begitu tahu karena tidak mengetahui secara langsung kondisinya, yang walaupun adalah ortu-anak, tidak selalu baik2 saja. Baik ortu dan anak, ada yang memang keterlaluan perlakuannya, jadi kalau saya pribadi sih tidak terlalu mau 'menghakimi', tapi untuk masukan bagi diri kita sendiri saja.

Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: kullatiro on 23 January 2014, 09:45:33 PM
soal kasus di Indonesia di Jakarta saja ada ribut ribut,  Ibu kandung di kirim ke penjara karena sengketa soal tanah warisan bapaknya.

ada lagi kasus setelah bapak nya membagi warisan dan rumah ke anak anak nya kemudian diusir dari rumah mya sendiri dan harus hidup mengelandang (jadi pengemis).
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: stephen chow on 24 January 2014, 03:21:15 PM
Iya, kalo alasannya hanya karena "malas mengurus" sih, menurut saya error.

Tapi balik lagi tentang hubungan antar manusia, kalo dari orang ke tiga, tentu kita tidak begitu tahu karena tidak mengetahui secara langsung kondisinya, yang walaupun adalah ortu-anak, tidak selalu baik2 saja. Baik ortu dan anak, ada yang memang keterlaluan perlakuannya, jadi kalau saya pribadi sih tidak terlalu mau 'menghakimi', tapi untuk masukan bagi diri kita sendiri saja.


setuju om,, memang hubungan anak dan ortu itu macam2 kaya gado2, orang ke tiga rumit sekali lihat dari luar.. cuma kebijaksaan yg bisa di lakukan...
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: cumi polos on 25 January 2014, 12:51:25 AM
bagaimana kalao sekelompok ortu yg kaya2 mendirikan panti jompo utk mereka...
perawat, tempat tinggal, tanaman, binatang piaraan... tentu menurut selera mereka...
dan mereka akan merasa nyaman sekali dari pada tinggal di rumah masing2...

 _/\_ ;D
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Gwi Cool on 18 November 2017, 02:33:43 PM
Panti jompo harus dianggap sebagai tempat-sementara bagi, anak-anaknya (yang sudah dewasa pastinya) yang benar-benar kesulitan ekonomi, bukan yang durhaka.
Artinya: boleh saja, tetapi harus dibawa pulang ketika ekonomi sudah membaik.

Pengecualian bahwa si orangtua tidak ada lagi keluarga utama. Boleh saja orangtua itu menetap di panti jompo, karena keluarga lainnya (Sepupu, dst.) mungkin tidak peduli padanya, aatu mungkin juga kesulitan ekonomi.
Title: Re: Pantas kah seorang anak menaruh orang tuanya di panti jompo?
Post by: Lex Chan on 20 November 2017, 01:01:07 PM
Sebenernya ada perbedaan budaya juga sih..

Kalo orang barat, cenderung lebih suka tinggal di rumah jompo pada saat tua
Kalo orang timur, cenderung lebih suka tinggal bersama keluarga pada saat tua

Jangan ambil keputusan sepihak.
Ada baiknya diskusi dulu dgn orangtua sebelum mengambil keputusan.

Kalaupun hasil diskusi adalah memilih rumah jompo, ada baiknya survei dulu langsung ke lokasi bersama orangtua.

------------------------------

Berikut ini dijelaskan positif dan negatifnya menitipkan orangtua di panti jompo:

Positif

1. Ada yang merawat

Salah satu alasan menitipkan orangtua di panti jompo adalah gak ada waktu untuk merawatnya. Saat orangtua dirawat di panti jompo, kelangsungan hidup mereka justru lebih terjamin.

menitipkan orangtua di panti jompo
Di panti jompo, jangan khawatir masalah perawatan. Perawatanya banyak (usia lanjut/micmrc)
Daripada di rumah mereka lebih sering terabaikan, mending dibawa ke panti wreda. Di sana, ada petugas yang memastikan semua kebutuhan mereka terpenuhi.

2. Ada teman

Kakek-nenek juga butuh sosialisasi. Di panti jompo, banyak teman sebaya yang bisa diajak ngobrol.

Kalau di rumah, mungkin teman mereka hanya televisi atau radio. Pasti bosen dong. Sosialisasi bisa membuat orang lebih bahagia lho.

3. Ada aktivitas atau kegiatan

Selain bersosialisasi, para orangtua bisa beraktivitas secara rutin di sini. Salah satunya adalah olahraga.

Para kakek dan nenek pun bisa terhindari dari kebosanan. Plus bisa lebih sehat karena dapat berolahraga secara rutin.

4. Fasilitas lebih lengkap untuk kebutuhannya

Panti jompo juga memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para opa dan oma. Di antaranya pengobatan.

Ketika di rumah tanpa perawatan intensif, mereka berisiko tak mendapat pengobatan yang diperlukan. Lain halnya dengan di panti jompo, yang punya catatan khusus tentang penghuninya dan apa saja yang dibutuhkan sehari-hari.

Negatif

1. Gak bisa ketemu tiap hari

Menitipkan mereka ke panti wreda berarti kita gak bisa menjumpai mereka tiap hari. Kunjungan hanya bisa dilakukan sesuai dengan jadwal, biasanya weekend.

Jadi, gak bisa sering-sering memantau langsung mereka. Meski begitu, kita bisa meminta laporan dari petugas panti jompo yang memberi perawatan.

2. Gak dikelilingi keluarga

Meski dikelilingi teman sebaya, para kakek dan nenek gak bisa menjumpai anak-cucu tiap hari. Keluarga jadi lebih jauh.

Itulah kenapa jadwal kunjungan mesti dimanfaatkan betul. Jangan sampai melewatkan waktu bertemu yang terbatas itu.

3. Ada biaya yang dikeluarkan

Panti jompo gratis ada, tapi sangat terbatas. Itu pun hanya untuk warga miskin, yang betul-betul berhak.

Sumber: https://blog.duitpintar.com/jangan-nyinyir-dulu-menitipkan-orangtua-panti-jompo-ada-positif-dan-negatifnya/ (https://blog.duitpintar.com/jangan-nyinyir-dulu-menitipkan-orangtua-panti-jompo-ada-positif-dan-negatifnya/)