Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?  (Read 9476 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #30 on: 20 December 2013, 02:15:01 PM »
Kalau di Tzu Chi, walaupun pakai "merk" Buddha, berusaha membuang sekat keagamaan, hanya berlandaskan kasih (maitri). Banyak Buddhis yang membanggakan hal ini. Tapi lucunya kalau panti asuhan pakai "merk" agama lain, langsung keluar semua teori karma, dana, dharma, bahkan teori konspirasi "penyebaran agama lain lewat panti", dsb. Teori maitrinya masuk tong sampah.

tapi inti-nya kalau mau mencapai kesucian ala buddhisme, tidak akan mengajarkan atau bergelut dengan 62 PS...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #31 on: 20 December 2013, 03:19:09 PM »
tapi inti-nya kalau mau mencapai kesucian ala buddhisme, tidak akan mengajarkan atau bergelut dengan 62 PS...
Baru tahu juga sih kalo memberikan dana untuk panti asuhan yang dikelola umat lain = bergelut dengan pandangan salah...

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #32 on: 21 December 2013, 01:35:48 PM »
Baru tahu juga sih kalo memberikan dana untuk panti asuhan yang dikelola umat lain = bergelut dengan pandangan salah...

Kalau berdana untuk panti asuhan yah tidak masalah... kalau panti asuhannya dikelola oleh penganut pandangan salah biasa-nya akan menyebarkan pandangan salah-nya ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #33 on: 21 December 2013, 02:15:35 PM »
atau supaya jelas dan terus terang... saya berdana, tapi anda tidak boleh menyebarkan pandangan salah... :)
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #34 on: 21 December 2013, 03:00:36 PM »
di upali sutta.. upali malah di sarankan pemberian (dana) kepada pertapa nigatha tetap dilakukan....

ternyata dah ada di halaman pertama (edit)

so far ga ada larangan untuk dana...
« Last Edit: 21 December 2013, 03:03:06 PM by The Ronald »
...

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #35 on: 21 December 2013, 03:02:07 PM »
di upali sutta.. upali malah di sarankan pemberian (dana) kepada pertapa nigatha tetap dilakukan....

kalau nyumbang ke FPI ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #36 on: 21 December 2013, 03:04:14 PM »
kalau nyumbang ke FPI ?

tetap baik lah.. pengecualian klo senjata, racun dll....
...

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #37 on: 21 December 2013, 03:20:30 PM »
AN 3.57: Vaccha Sutta

Pengembara Vacchagotta mendatangi Sang Bhagavā … dan berkata kepada Beliau:

“Guru Gotama, aku telah mendengar: ‘Petapa Gotama mengatakan: “Dana harus diberikan hanya kepadaKu, [161] bukan kepada orang lain, dana harus diberikan hanya kepada para siswaKu, bukan kepada para siswa orang lain. Hanya apa yang diberikan keapadaKu yang sangat berbuah, bukan apa yang diberikan kepada orang lain; hanya apa yang diberikan keapada para siswaKu yang sangat berbuah, bukan apa yang diberikan kepada para siswa orang lain.”’ Apakah mereka mengatakan apa yang telah dikatakan oleh Guru Gotama dan tidak salah menginterpretasikan Beliau dengan apa yang bertentangan dengan fakta? Apakah mereka menjelaskan sesuai Dhamma sehingga mereka tidak menimbulkan kritik yang logis atau dasar bagi celaan?<416> Karena kami tidak ingin salah menginterpretasikan Guru Gotama.”

“Mereka, Vaccha, yang mengatakan: ‘Petapa Gotama mengatakan: “Dana harus diberikan hanya kepadaKu … ; hanya apa yang diberikan keapada para siswaKu yang sangat berbuah, bukan apa yang diberikan kepada para siswa orang lain.”’ Tidak mengatakan apa yang telah dikatakanKu melainkan salah menginterpretasikan Aku  dengan apa yang bertentangan dengan fakta. Seorang yang mencegah orang lain memberikan dana menciptakan rintangan dan halangan bagi tiga orang. Siapakah tiga ini? Ia menciptakan sebuah rintangan kepada si penyumbang untuk memperoleh jasa, kepada penerima untuk memperoleh pemberian, dan ia telah mencelakai dan melukai dirinya sendiri. Seorang yang mencegah orang lain memberikan dana menciptakan rintangan dan halangan bagi ketiga orang ini.

“Tetapi, Vaccha, Aku katakan bahwa seseorang akan memperoleh jasa bahkan jika ia membuang air pencuci piring ke dalam tempat sampah atau saluran pembuangan dengan pikiran: ‘Semoga makhluk-makhluk hidup di sini bertahan hidup dengan ini!’ Apalagi, [jasa yang diperoleh seseorang] ketika ia memberikan kepada manusia! Akan tetapi, Aku katakan bahwa apa yang diberikan kepada seseorang yang berperilaku bermoral adalah lebih berbuah daripada [apa yang diberikan] kepada seorang yang tidak bermoral. Dan [penerima yang paling baik] adalah seorang yang telah meninggalkan lima faktor dan memiliki lima faktor.

“Lima faktor apakah yang telah ia tinggalkan? Keinginan indria, niat buruk, ketumpulan [162] dan kantuk, kegelisahan dan penyesalan, dan keragu-raguan. Ini adalah kelima faktor yang telah ia tinggalkan.

“Dan lima faktor apakah yang ia miliki? Perilaku bermoral, konsentrasi, kebijaksanaan, kebebasan, dan pengetahuan dan penglihatan pada kebebasan dari seorang yang melampaui latihan. Ini adalah kelima faktor yang ia miliki.

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,23775.msg433751.html#msg433751
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #38 on: 21 December 2013, 05:41:05 PM »
tetap baik lah.. pengecualian klo senjata, racun dll....

gimana maksud-nya senjata dan racun ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #39 on: 21 December 2013, 07:25:17 PM »
kek kmu liat fpi lagi rame2.. lg ribut2.. trus mikir..wah ini dana yg cock..yaitu kasih parang, ini ga baik....
ato kmu liat bhikhu tergangu dgn nyamuk..kmu kasih obay nyamuk (ravun serangga)..ini bhante..pakelah..supaya terbebas dari ganguan nyamuk... ini juga ga baik
...

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #40 on: 22 December 2013, 07:47:02 AM »
Kalau di organisasi Tzu Chi setahu saya mereka biasanya melakukan survey kasus dulu sebelum memberikan bantuan kepada seseorang.

Dalam kasus berdana kepada panti asuhan nonbuddhis ini, kalau patokan/alasannya tidak boleh dilakukan karena merupakan yayasan nonbuddhis (yang kemungkinan bergerak dalam penyebaran ajaran yang menurut pandangan tertentu adalah termasuk 62 PS), maka walaupun hanya berdana kepada pantinya saja, tapi bukankah kita bisa memprediksi kira-kira anak-anak tersebut bakal menyebarkan ajaran apa nantinya ketika sudah dewasa.

Bukankah ini sama saja kita ikut memupuk calon penyebar 62 PS?

Karena kelompok yang tidak setuju dalam topik ini mengatakan bahwa menyumbang kepada panti asuhannya adalah tidak apa-apa, tapi tidak baik menyumbang kepada panitia yang bergerak dibidang agamanya.

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #41 on: 22 December 2013, 07:53:27 AM »
??
cara pandang yg aneh, kalau ada biku kawin juga berarti ngikut ajaran lain ga apa2 ya.

mantap.
Biku kok kawin??

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 407
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #42 on: 22 December 2013, 11:42:29 AM »
Oh begitu... jadi kalau bukan bekas gurunya, pastinya tidak dianjurkan berdana. Ada kabar begini:

"... Petapa Gotama mengatakan sebagai berikut: ‘Persembahan harus diberikan hanya kepadaKu; persembahan tidak boleh diberikan kepada orang lain. Persembahan harus diberikan hanya kepada para siswaKu; persembahan tidak boleh diberikan kepada para siswa orang lain. Hanya persembahan yang diberikan kepadaKu yang menghasilkan buah, bukan apa yang diberikan kepada orang lain. Hanya persembahan yang diberikan kepada para siswaKu yang menghasilkan buah, bukan apa yang diberikan kepada para siswa orang lain.’"

Ternyata kabar itu benar adanya.


Kalau bukan bekas gurunya, gak akan muncul sutta tersebut.. wkwkwkwk
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Berdana utk penyebaran ajaran non-Buddhis?
« Reply #43 on: 22 December 2013, 11:51:20 AM »
Kalau bukan bekas gurunya, gak akan muncul sutta tersebut.. wkwkwkwk

Coba baca AN 3.57 di atas....

Btw, TS nya ke mana?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_