Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu  (Read 16504 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #30 on: 17 July 2012, 09:37:22 AM »
tugasnya panitia bikin dokumentasi kan,,, :whistle:
Benar juga ya, sudah dapat masukan banyak di forum tak ada salahnya posting beberapa foto kegiatan yang nanti dijalankan. Kita2 juga pengen lihat serunya seperti apa walaupun tak di Makasar  ;)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #31 on: 17 July 2012, 02:44:13 PM »
Benar juga ya, sudah dapat masukan banyak di forum tak ada salahnya posting beberapa foto kegiatan yang nanti dijalankan. Kita2 juga pengen lihat serunya seperti apa walaupun tak di Makasar  ;)
iya nanti om, bagaimana bisa ada fotonya sekarang wong kegiatannya saja belum.  ::)
Spoiler: ShowHide
sebenarnya udah ada sih dokumentasi yang lalu2, tapi idenya masih kurang nih ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #32 on: 17 August 2012, 05:13:52 PM »
 _/\_ Dhammacampnya akan dimulai besok. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #33 on: 23 August 2012, 12:43:22 PM »
_/\_ Dhammacampnya akan dimulai besok. :)

Sudah satu minggu, masih berlangsung apa sudah selesai?   ::)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #34 on: 23 August 2012, 02:36:00 PM »
Sudah satu minggu, masih berlangsung apa sudah selesai?   ::)
sudah selesai om. :)
setelah foto2nya ditangan saya pasti akan saya post disini, tenang saja om. :D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #35 on: 23 August 2012, 08:38:16 PM »
sudah selesai om. :)
selamat ya

setelah foto2nya ditangan saya pasti akan saya post disini, tenang saja om. :D
jangan lupa ya

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #36 on: 29 August 2012, 08:25:31 PM »
habis milih2 fotonya, lumayan melelahkan juga yah.
semoga besok bisa segera diposting. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #37 on: 29 August 2012, 11:59:46 PM »
kasih ++ biar semangat!! ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #38 on: 30 August 2012, 12:14:16 AM »
^ ta kasih ++ juga deh biar lebih semangat lagi ngasih semangat
(ngemeng2 ... apa lagi pdkt nih ... tau dah)

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #39 on: 30 August 2012, 08:13:01 AM »
kasih ++ biar semangat!! ;D
saya kasi - - deh. :))
+1sent.

^ ta kasih ++ juga deh biar lebih semangat lagi ngasih semangat
(ngemeng2 ... apa lagi pdkt nih ... tau dah)
:-?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Malino, 19-21 Agustus 2012
« Reply #40 on: 30 August 2012, 09:36:22 AM »
Nah sebelum mulai melihat foto, saya akan menceritakan sedikit tentang kegiatan DhammaCamp 4 ini.
Sama seperti kegiatan serupa sebelumnya yang berlangsung selama 4 hari 3 malam, pesertanya adalah anak-anak Sekolah Minggu Buddha yang berasal dari wilayah Sul-sel, yang tergabung kali ini adalah dari Makassar-Parepare-Bone.
Jumlah peserta pada DhammaCamp 4 ini adalah 37 orang yang terdaftar dan 2 orang tambahan anak kecil yang sebenarnya tidak termasuk peserta tapi iku bergabung, jadi total kesemuanya adalah 39 anak dengan panitia dan pembina  sebanyak 10 orang.
Selain itu juga ada 2 narasumber dan 2 bhikkhu yang turut memberikan materi dalam kegiatan ini.
Kegiatan ini berlangsung di puncak Malino, tempat yang udaranya cukup dingin, dan cukup untuk mandi sehari sekali juga. :))
Hari pertama diisi dengan pembagian kelompok dan pembina, serta sesi perkenalan, selanjutnya acara pembukaan oleh bhante.
Di hari kedua dan ketiga lah kegiatan intinya dimulai, selain pemberian materi juga ada games, lomba-lomba, dan sebagainya.
Baiklah, mari kita intip beberapa dokumentasinya. :)

puja bakti: ShowHide


kegiatan rutin disetiap pagi dan malam adalah puja bakti yang diikuti oleh peserta dan pembina.
pemimpin puja baktinya juga dipilih dari anak-anak secara bergantian, makassar-pare-bone. :)

olah raga pagi: ShowHide

setelah puja bakti, biar lebih segar mending olah raga.  ^-^
sangat salut dengan anak-anak yang walaupun suhu pagi itu masih sangat dingin tapi tetap semangat untuk goyang2 badan. ;D

debat kasus: ShowHide

ini merupakan salah satu kegiatan utama yang bertujuan untuk melatih keberanian anak dalam mengungkapkan pendapatnya.
dan juga terselip dhamma disetiap kasus yang dibahas.
setiap kelompok memilih satu kasus yang belum mereka ketahui sebelumnya, kemudian kasus itu dibahas dan coba dipecahkan dengan rekan2 kelompoknya.
foto diatas memperlihatkan situasi ketika setiap kelompok mulai membuka kasus mereka dan membahasnya.
debat kasus: ShowHide

setiap kelompok akan mendapat giliran untuk mengutarakan solusi yang mereka ambil, setelah itu kelompok yang lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi.
nah foto itu adalah keseruan pada saat setiap orang mulai mengemukakan pendapat yang berbeda.
dan pada akhirnya akan diambil satu kesimpulan oleh narasumber yang dapat menjadi pegangan bagi anak-anak.

latihan dhammapada: ShowHide


nah kalo ini lagi latihan dhammapada yang dibimbing oleh koko Dani.
ini akan menjadi salah satu kegiatan yang dilombakan di malam terakhir. :)

games: ShowHide

hayo, setelah capek dan ngantuk mendengarkan materi, mari kita main games dulu. ;D
spider web kayaknya seru nih. :D
pada pusing bagaimana mengurai jaringnya biar menjadi lingkaran. ^-^
juga ada games gajah-semut, dan ada lagi wah yang ini g tau apa nama gamesnya.
menjadi musuh dan teman mungkin begitu yah. ;D

lomba cerdas-cermat: ShowHide

waktunya uji kemampuan. ;D
ayo mari kita bertanding secara jurdil (jujur dan adil) dalam lomba cerdas-cermat. :D

lomba baca dhammapada: ShowHide

tiba waktunya melihat penampilan setiap kelompok dalam lomba baca dhammapada.
ayo tampilkan yang terbaik, jangan kecewakan ko dani. ;D

lumayan yah, hari terakhir cukup padat, keknya dari tadi kita belum makan deh. :))
kalo begitu sekarang makan dulu.
makan bersama: ShowHide

sebelum makan akan lebih baik kalo kita pindapata dulu, mumpung ada bhante. :)

malam terakhir diwarnai dengan ketegangan bagi para peserta puisi, keseruan dan kelucuan di lomba drama. ^-^
lomba baca puisi: ShowHide

wah, semuanya keren dan bagus2, cc jadi pusing kira-kira siapa yah pemenangnya. ;D
lomba drama: ShowHide

dengan segala keterbatasan, anak-anak dan para pembina ternyata sangat kreatif membuat dramanya menjadi seru, menarik dan pasti lucu. ;D
saya ceritakan sedikit, dari kiri ke kanan.
gambar yang pertama (kiri atas) adalah cerita tentang "Jovan si anak malas"  ^-^
diceritakan bahwa si Jovan ini malas ke vihara, tapi pada akhirnya menjadi rajin karna ajakan dari teman2nya.
gambar ke dua (kanan atas) adalah cerita tentang apa yah, lupa. ;D
oh, kayaknya ini tentang 3 anak preman yang akhirnya menjadi anak yang baik juga.
yang ke tiga tentang kisah angsa yang dipanah oleh devadata.
ke empat tentang kisah kelinci yang baik hati, yang rela mengorbankan dirinya terjun ke api.
ke lima tentang berdana di hari kathina.
ke enam tentang nah ini dia g jelas tentang apa. ;D

lomba drama merupakan lomba penutup dan sekarang waktunya menentukan kelompok mana yang menjadi juara umum. :)
malam terakhir ini ditutup dengan acara renungan yang mengharukan serta pesan dan kesan yang disampaikan oleh bhante, narasumber, panitia dan pembina. :)


sekarang acara bebas, hari terakhir anak-anak dibawa jalan2 ke hutan pinus, mari kita intip fotonya disana.
jalan-jalan ke hutan pinus: ShowHide


dan yang tidak boleh ketinggalan adalah sesi foto bersama.
cheeeeersss.... ;D
foto bersama: ShowHide



The End
Sampai ketemu di DhammaCamp selanjutnya...
_/\_
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #41 on: 30 August 2012, 10:41:30 AM »
well done cici :jempol:

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #42 on: 30 August 2012, 12:07:45 PM »
 :jempol: bagus

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #43 on: 30 August 2012, 01:43:49 PM »
keren yag acaranya
salut sama panitianya

job well done  ;D

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #44 on: 31 August 2012, 07:02:26 AM »
keren yag acaranya
salut sama panitianya

job well done  ;D
sebenarnya masih banyak kekurangan cc. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."